mybest
Foundation

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik
  • 10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik  5

10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik

Foundation atau alas bedak merupakan dasar riasan yang penting agar hasil riasan tampak flawless. Namun, tidak semua alas bedak cocok dengan kondisi kulit Anda. Saat ini, mineral foundation lebih digemari karena kandungan formula berbahan mineralnya yang natural dan lembut. Terlebih, produknya ramah untuk kulit sensitif.

Sederet merek terkenal, seperti Y.O.U Beauty, Wardah, dan Revlon mengeluarkan produk mineral foundation yang bagus untuk Anda. Simak artikel ini dan pilih mineral foundation terbaik agar riasan wajah Anda makin memukau! Jangan lupa, gunakan produk yang sudah memiliki BPOM, ya!
Diperbaharui 22/08/2023
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu mineral foundation?

Apa itu mineral foundation?

Mineral foundation adalah jenis alas bedak yang memiliki kandungan lebih ringan dibandingkan dengan foundation biasa. Beberapa perbedaan dengan foundation pada umumnya akan kami jelaskan berikut ini.


  • Mineral foundation dibuat dari bahan alami, seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Kedua kandungan tersebut mampu melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

  • Karena minim bahan tambahan kimia, mineral foundation direkomendasikan bagi orang dengan kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi. Mineral foundation juga biasanya tidak mengandung talc sehingga tidak menyumbat pori.


  • Kandungan minyaknya terbilang hanya sedikit, bahkan ada yang tidak mengandung minyak sama sekali. Karena itu, produk ini cocok dipakai oleh kulit berminyak atau yang rentan berjerawat.

Cara memilih mineral foundation

Meski banyak pilihan produk mineral foundation yang berkualitas, ada baiknya jika Anda menyesuaikannya dengan warna kulit Anda. Selain itu, perhatikan juga daya coverage dari produk favorit Anda. Simaklah poin-poin berikut ini agar alas bedak yang Anda pilih dapat digunakan secara efektif.
1

Temukan mineral foundation dengan hasil akhir yang diinginkan: Dewy, semi-matte, atau matte

Temukan mineral foundation dengan hasil akhir yang diinginkan: Dewy, semi-matte, atau matte
Ada beberapa jenis hasil akhir dari mineral foundation yang bisa Anda pilih, seperti dewy finish, semi-matte, dan matte finish. Untuk hasil optimal, sebaiknya pilihlah finishing yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Berikut ini akan kami ulas berbagai macam hasil akhir mineral foundation.

  • Dewy finish

Dewy finish mampu memberikan kesan cerah dan transparan berkat kandungan mika dan mutiara di dalamnya. Masalah kulit seperti keriput akan tertutup secara alami dengan efek kilau yang dihasilkan. Hasil akhir ini cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan makeup yang terlihat alami dan tidak terlalu tebal.


  • Semi-matte

Mineral foundation dengan hasil akhir semi-matte dapat menjadi pilihan bagi pemilik kulit kombinasi. Hasil akhir ini bisa membantu mengontrol minyak berlebih dan memberikan tampilan yang lebih tahan lama. Tentunya, tanpa sepenuhnya menghilangkan kilau alami kulit.


  • Matte finish

Hasil riasan matte finish dapat menutupi warna kulit yang tidak rata dan menjadikan kulit wajah terlihat semulus porselen. Pilihlah mineral foundation dengan hasil akhir matte jika Anda menginginkan kulit wajah mulus dan daya coverage tinggi.

2

Untuk kulit sensitif, pilih mineral foundation yang minim bahan iritan, seperti pewarna, pengawet, dan parfum, supaya lebih nyaman digunakan

Untuk kulit sensitif, pilih mineral foundation yang minim bahan iritan, seperti pewarna, pengawet, dan parfum, supaya lebih nyaman digunakan
Memilih mineral foundation yang cocok untuk kulit sensitif adalah penting guna menghindari iritasi. Karena itu, prioritaskan produk berbahan alami, serta hindari kandungan pewarna, pengawet, dan parfum yang dapat memicu reaksi negatif. 

Meskipun begitu, di pasaran belum banyak mineral foundation yang bebas talc, minyak, parfum, pengawet, sekaligus pewarna. Jadi, apabila tingkat sensitivitas kulit tidak begitu parah, penggunaan produk yang bebas talc dan minyak juga sudah cukup.

3

Carilah mineral foundation dengan bentuk liquid atau cream untuk pemilik kulit kering; Kedua jenis tersebut juga memiliki coverage yang tinggi

Carilah mineral foundation dengan bentuk liquid atau cream untuk pemilik kulit kering; Kedua jenis tersebut juga memiliki coverage yang tinggi
Bagi pemilik kulit kering, produk dalam bentuk cair atau krim dapat memberikan hidrasi ekstra sekaligus memberikan coverage tinggi. Di bawah ini, kami akan menjelaskan kelebihan dari dua bentuk mineral foundation tersebut.

  • Cair (liquid)

Tingkat kepekatan bentuk ini cukup bervariasi, mulai dari yang encer hingga yang kental. Pada umumnya, produk yang memiliki tekstur kental mengandung banyak pelembap sehingga ideal untuk kulit yang mudah keringMeski memiliki fungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembap, pengaplikasian jenis ini sedikit sulit untuk pemula. Riasan wajah juga akan terlihat lebih tebal dan cenderung kurang merata. Jika Anda belum mahir, sebaiknya pilih produk dengan hasil akhir yang tipis.


  • Krim (cream)

Bentuk krim cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil riasan wajah cantik tanpa takut kulit dehidrasi. Riasan wajah Anda juga tidak mudah luntur oleh keringat dan sebum jika dibandingkan mineral foundation bubuk. Meskipun begitu, mineral foundation bentuk krim sedikit sulit dibersihkan dengan air atau cleanser. Anda perlu membersihkan wajah lebih saksama untuk mencegah tersumbatnya pori-pori.

4

Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak? Dapatkan mineral foundation berbentuk powder, baik pressed powder maupun loose powder

Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak? Dapatkan mineral foundation berbentuk powder, baik pressed powder maupun loose powder

Berbicara tentang mineral foundation, Anda mungkin lebih sering membayangkan produk ini dalam wujud bubuk, seperti bedak tabur. Namun, ada dua jenis mineral foundation bentuk powder yang saat ini beredar di pasaran, yakni pressed powder dan loose powder. Keduanya cocok untuk Anda yang memiliki wajah cenderung berminyak.


Mineral foundation berwujud loose powder dinilai lebih lembut dan tidak menimbulkan iritasi. Jenis ini umumnya dikemas dalam wadah jar yang bersekat. Sementara itu, produk pressed powder memiliki bentuk padat yang dilengkapi dengan spons bawaan sehingga ideal untuk retouchPressed powder pun biasanya memberikan coverage yang lebih tinggi daripada loose powder.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Mineral Foundation Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Mineral Foundation terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 22 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Coverage
Varian warna
Varian isi
Hasil akhir
UV protection
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Kandungan pencerah
Kandungan anti-aging
Kandungan tambahan
Keunggulan lain
BPOM
Jenis kulit
Warna kulit
Seri
1

Wardah

Colorfit Matte Foundation

Wardah Colorfit Matte Foundation 1

Rp76.000

Lebih Murah

Foundation cair dengan efek oil control untuk kulit berminyak

Liquid

Medium to high

Light Ivory, Pink Fair, Neutral Sand, Almond, Olive Beige, Golden Sand, Warm Ivory, Neutral Beige

25 ml

Matte

SPF 30/PA+++

Tidak diketahui

Glycerin

Tidak diketahui

Tocopheryl acetate

Centella asiatica extract

Mengontrol minyak hingga 12 jam

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Somethinc

Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

Somethinc Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation 1

Rp131.000

Menengah

Ada dua belas pilihan shade untuk tampil poreless tanpa cakey

Liquid

Full

Perle, Bijoux, Nina, Serene, Charlotte, Eclair, Coco, Alter, Goddess, Tiffany, Fawn, Penny

30 ml

Satin

Tidak diketahui

Vitamin E, vitamin B5

Glycerin, panthenol

Tidak diketahui

Tocopheryl acetate

Tidak diketahui

Tidak oksidasi

Tidak diketahui

Kulit berminyak

3

Make Over

Hydrastay Glow Fluid Foundation

Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation 1

Rp189.000

Agak Mahal

Membuat kulit kering menjadi mulus tanpa pecah-pecah

Liqiud

Medium to full

Marble, Warm Ivory, Pink Ivory, Natural Beige, Coral Sand, Warm Sand, Honey Beige, Tan

20 ml

Smooth glow

SPF 30/PA+++

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Aqua, diphenylsiloxy phenyl trimethicone, ethylhexyl methoxycinnamate, propanediol, caprylyl methicone, titanium dioxide

Trehalose, sodium hyaluronate

Tidak diketahui

Tocopheryl acetate, tocopherol

Allantoin

Bebas alkohol, memberi efek melembapkan hingga 24 jam

Tidak diketahui

Kulit kering

Tidak diketahui

Hydrastay

4

Jacquelle

Blur Effect Foundation

Jacquelle Blur Effect Foundation 1

Rp179.000

Agak Mahal

Skincare in foundation, menjadikan wajah tampak natural dan flawless

Liquid

Tidak diketahui

Shell, Golden, Sun, Vanilla, Sand, Warm Tan, Tan

30 ml

Satin

Ya

Niacinamide, allantoin, caffeine

Glycerin, sodium hyaluronate

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Allantoin, caffeine

Aman untuk ibu hamil

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Y.O.U Beauty

NoutriWear+ Silky Pressed Foundation

Y.O.U Beauty NoutriWear+ Silky Pressed Foundation 1

Rp105.000

Agak Murah

Mampu mengontrol minyak tanpa membuat kulit kering

Pressed powder

Full

Warm Ivory, Pink Nude, Yellow Beige, Medium Beige, Nude Tan, Buff Beige

7 gram

Matte

SPF 25/PA+++

French immortelle flower extract, Centella asiatica extract

Glycerin, Centella asiatica extract

Tidak diketahui

French immortelle flower extract

Bisabolol, Aloe barbadensis leaf juice, Caesalpinia spinosa fruit pod extract, Halidrys siliquosa extract, Kappaphycus alvarezii extract, Helichrysum stoechas extract, Moringa pterygosperma seed extract

Mengontrol minyak hingga 24 jam

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

6

Dazzle Me

Day by Day Foundation

Dazzle Me Day by Day Foundation 1

Rp112.300

Agak Murah

Kulit tampak mulus sempurna sepanjang hari!

Liquid

Medium

Pink Nude, Yellow Beige, Warm Beige, Deep Sand

25 ml

Matte

SPF 25/PA+++

French immortelle flower extract, Centella asiatica

Glycerin, squalane, sodium hyaluronate

Tidak diketahui

French immortelle flower extract, tocopheryl acetate

Helichrysum stoechas extract, honey extract, Kappaphycus alvarezii extract, Caesalpinia spinosa fruit extract

Diklaim transferproof, smudgeproof, dan maskproof

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Revlon

ColorStay Longwear Makeup for Combination/Oily Skin

Revlon ColorStay Longwear Makeup for Combination/Oily Skin 1

Rp159.000

Menengah

Dapatkan tampilan matte flawless tahan lama dengan kontrol minyak optimal!

Liquid

Tidak diketahui

Ivory, Natural Beige, Golden Beige, True Beige

30 ml

Matte

SPF 15

Vitamin E

Butylene glycol

Tidak diketahui

Tocopheryl acetate, tocopherol

Salicylic acid, hydrolyzed vegetable protein

Tahan panas, keringat, dan kelembapan

Tidak diketahui

Kulit kombinasi, kulit berminyak

8

Dear Me Beauty

Airy Poreless Fluid Foundation

Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation 1

Rp179.000

Agak Mahal

Sempurnakan riasan wajah tanpa khawatir pori-pori tersumbat

Liquid

Medium to full

Creme Porcelain, Creme Ivory, Creme Beige, Creme Sand, Creme Caramel, Nude Porcelain, Nude Ivory, Nude Beige, Nude Sand, Nude Caramel, Golden Porcelain, Golden Ivory, Golden Beige, Golden Sand, Golden Caramel, NED

30 gram

Satin

SPF 18

Allantoin, caffeine, betaine

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

9

Paragon Technology and Innovation

Emina Bare with Me Mineral Mild Foundation

Paragon Technology and Innovation Emina Bare with Me Mineral Mild Foundation 1

Rp80.500

Agak Murah

Lembut dan ringan untuk kulit remaja yang sensitif

Liquid

Medium

Light, Natural, Caramel, Mocca

30 ml

Semi-matte

SPF 25/PA+++

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Aqua

Butylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, allantoin

Tidak ada

Tocopheryl acetate

Isododecane, cyclopentasiloxane, caprylyl methicone, dll.

Non-acnegenic

(Light: NA18190305624・Natural: NA18190305625・Caramel: NA18190305626・Mocca: NA18190305627)

Semua jenis kulit

Cerah, kuning langsat, sawo matang

Tidak diketahui

10

Luxcrime

2in1 Breathable Color Stay: Foundation & Concealer

Luxcrime 2in1 Breathable Color Stay: Foundation & Concealer 1

Rp169.000

Agak Mahal

Foundation dan concealer dalam satu produk

Liquid

Tidak diketahui

Cool Porcelain, Warm Ivory, Natural Beige, Warm Beige, Warm Honey, Warm Bronze, Natural Tan

4 ml/25ml

Satin

Ya

Methylpropanediol, capric triglyceride, ethylhexyl methoxycinnamate, dimethicone, sodium hyaluronate

Methylpropanediol, sodium hyaluronate

Tidak diketahui

Capric triglyceride, ethylhexyl methoxycinnamate

Tidak diketahui

Termasuk concealer dalam satu produk sehingga lebih praktis

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

WardahColorfit Matte Foundation

Colorfit Matte Foundation 1
Sumber: wardahbeauty.com
Colorfit Matte Foundation 2
Sumber: shopee.co.id
Colorfit Matte Foundation 3
Sumber: shopee.co.id
Colorfit Matte Foundation 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp76.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp76.000
Lebih Murah

Foundation cair dengan efek oil control untuk kulit berminyak

Foundation cair ini memiliki tekstur yang ringan dengan coverage yang tahan lama. Menariknya lagi, produk ini juga memberi efek oil control pada wajah. Riasan pun makin awet dan wajah tidak terlihat mengilap.


Foundation ini memiliki delapan pilihan shades yang cocok untuk beragam skintone wanita Indonesia. Produk ini pas untuk Anda yang mencari foundation dengan finishing matte dan efek oil controlSkinMatch Technology juga menjadikan warnanya terlihat alami dan menyatu dengan kulit.

JenisLiquid
CoverageMedium to high
Varian warnaLight Ivory, Pink Fair, Neutral Sand, Almond, Olive Beige, Golden Sand, Warm Ivory, Neutral Beige
Varian isi25 ml
Hasil akhirMatte
UV protectionSPF 30/PA+++
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utamaTidak diketahui
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate
Kandungan tambahanCentella asiatica extract
Keunggulan lainMengontrol minyak hingga 12 jam
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulitTidak diketahui
SeriTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SomethincBadass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

Harga referensi
Rp131.000
Menengah

Ada dua belas pilihan shade untuk tampil poreless tanpa cakey

Kelebihan:

  • Menghasilkan tampilan makeup yang poreless
  • Banyak pilihan shade sesuai skintone wanita Indonesia
  • Formulanya waterproof, sweatproof, dan transferproof

Kekurangan:

  • Mengandung pewarna dan pewangi stearic acid
  • Mungkin Anda akan membutuhkan effort lebih untuk menghapus makeup yang waterproof

Inilah foundation yang recommended untuk Anda yang sehari-hari harus tampil full makeup. Produk dari Somethinc ini memiliki klaim waterproof, sweatproof, dan tentunya transferproof. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan foundation yang transfer ke masker Anda.


Selain diklaim tahan hingga 12 jam, formulanya juga mampu menyempurnakan makeup Anda menjadi poreless tanpa cakey dan oksidasi. Pilihan shade-nya juga sangat variatif. Ada dua belas shade yang terinspirasi dari ragam warna kulit wanita Indonesia.

JenisLiquid
CoverageFull
Varian warnaPerle, Bijoux, Nina, Serene, Charlotte, Eclair, Coco, Alter, Goddess, Tiffany, Fawn, Penny
Varian isi30 ml
Hasil akhirSatin
UV protectionTidak diketahui
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utamaVitamin E, vitamin B5
Kandungan pelembapGlycerin, panthenol
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate
Kandungan tambahanTidak diketahui
Keunggulan lainTidak oksidasi
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitKulit berminyak
Warna kulit
Seri
View all
No.3

Make OverHydrastay Glow Fluid Foundation

Harga referensi
Rp189.000
Agak Mahal

Membuat kulit kering menjadi mulus tanpa pecah-pecah

Seiring pertambahan usia, kulit cenderung menjadi lebih kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan foundation yang memiliki kandungan pelembap supaya riasan dapat bertahan lama. Nah, Anda bisa mencoba produk yang satu ini. Produk ini dibekali dengan Deep Hydrating Actives sehingga sempurna untuk digunakan pada kulit kering.


Formulanya mampu membuat kulit terhidrasi dengan baik selama 24 jam. Teksturnya yang ringan mudah menyatu dengan kulit wajah. Meski begitu, produk ini belum menggunakan formula yang transferproof sehingga Anda perlu melakukan retouch berkala jika menggunakan masker.

JenisLiqiud
CoverageMedium to full
Varian warnaMarble, Warm Ivory, Pink Ivory, Natural Beige, Coral Sand, Warm Sand, Honey Beige, Tan
Varian isi20 ml
Hasil akhirSmooth glow
UV protectionSPF 30/PA+++
Non-comedogenic
SmudgeproofTidak diketahui
Waterproof
SweatproofTidak diketahui
Dermatology tested
Kandungan utamaAqua, diphenylsiloxy phenyl trimethicone, ethylhexyl methoxycinnamate, propanediol, caprylyl methicone, titanium dioxide
Kandungan pelembapTrehalose, sodium hyaluronate
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate, tocopherol
Kandungan tambahanAllantoin
Keunggulan lainBebas alkohol, memberi efek melembapkan hingga 24 jam
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitKulit kering
Warna kulitTidak diketahui
SeriHydrastay
View all
No.4

JacquelleBlur Effect Foundation

Harga referensi
Rp179.000
Agak Mahal

Skincare in foundation, menjadikan wajah tampak natural dan flawless

Kelebihan:
  • Tidak hanya berfungsi sebagai foundation, tetapi juga skincare
  • Tekstur cair dan ringan di kulit
  • Mengandung bahan aktif untuk merawat dan mencerahkan kulit

Kekurangan:

  • Area dry patches makin terlihat saat menggunakan foundation ini
  • Mengandung pewarna

Produk ini merupakan skincare in foundation pertama hasil kolaborasi dari Jacquelle Beaute x Jacquelle Skin. Blur Effect Foundation mengandung 2% niacinamide, allantoin, dan caffeine yang dapat merawat dan mencerahkan kulit.


Produk ini diklaim dapat menyamarkan pori-pori dengan daya tahan premium dan tidak mudah teroksidasi. Hasil makeup Anda akan tampak natural dan flawless. Kami rekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin tampil dengan wajah mulus natural.

JenisLiquid
CoverageTidak diketahui
Varian warnaShell, Golden, Sun, Vanilla, Sand, Warm Tan, Tan
Varian isi30 ml
Hasil akhirSatin
UV protectionYa
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utamaNiacinamide, allantoin, caffeine
Kandungan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan tambahanAllantoin, caffeine
Keunggulan lainAman untuk ibu hamil
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitTidak diketahui
Warna kulit
Seri
View all
No.5

Y.O.U BeautyNoutriWear+ Silky Pressed Foundation

Harga referensi
Rp105.000
Agak Murah

Mampu mengontrol minyak tanpa membuat kulit kering

Kelebihan:

  • Kemasannya tampak elegan dan eksklusif
  • Mampu mengontrol sebum hingga 24 jam
  • Kandungan Centella asiatica-nya dapat menghidrasi dan menenangkan kulit

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, ketahanannya kurang baik
  • Mengandung pewarna dan pewangi phenoxyethanol


Pressed foundation yang satu ini termasuk dalam kategori hybrid makeup. Artinya, produk ini bukan sekadar makeup, tetapi juga mengandung skincare untuk merawat kulit. Terdapat dua kandungan skincare yang bagus untuk kulit, yakni ekstrak immortelle flower dan Centella asiatica


Bedak ini juga memiliki formula noncomedogenic, non-acnegenic, dan telah teruji secara dermatologis. Jika kulit Anda termasuk berminyak, acne-prone, mudah berjerawat, atau berkomedo, powder foundation ini bisa dipertimbangkan. NoutriWear+ Silky Pressed Foundation juga diklaim mampu mengontrol minyak di wajah selama 24 jam tanpa membuat kulit kering.

JenisPressed powder
CoverageFull
Varian warnaWarm Ivory, Pink Nude, Yellow Beige, Medium Beige, Nude Tan, Buff Beige
Varian isi7 gram
Hasil akhirMatte
UV protectionSPF 25/PA+++
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utamaFrench immortelle flower extract, Centella asiatica extract
Kandungan pelembapGlycerin, Centella asiatica extract
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingFrench immortelle flower extract
Kandungan tambahanBisabolol, Aloe barbadensis leaf juice, Caesalpinia spinosa fruit pod extract, Halidrys siliquosa extract, Kappaphycus alvarezii extract, Helichrysum stoechas extract, Moringa pterygosperma seed extract
Keunggulan lainMengontrol minyak hingga 24 jam
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulit
Seri
View all
No.6

Dazzle MeDay by Day Foundation

Harga referensi
Rp112.300
Agak Murah

Kulit tampak mulus sempurna sepanjang hari!

Kelebihan:

  • Diklaim tahan lama hingga 24 jam
  • Tidak mengandung alkohol, paraben, dan mineral oil 

Kekurangan:

  • Terdapat review pembeli yang menyebutkan bahwa produk mudah transfer pada masker dan tisu
  • Mengandung fragrance

Bila Anda mencari DD cream dengan hasil akhir matte dan membuat wajah Anda tampak mulus natural, cobalah produk yang satu ini. Day by Day Foundation memiliki tekstur yang ringan dan mudah di-build tanpa membuat wajah tampak cakey.


Tidak hanya itu, krim ini juga mengandung skin loving ingredients, seperti ekstrak bunga French immortelle dan Centella asiatica. Kulit wajah Anda akan tampak lebih kencang serta terjaga kelembapannya berkat kandungan tersebut. Kandungan SPF 25/PA+++ dalam produk ini juga melindungi wajah Anda dari paparan sinar UV.

JenisLiquid
CoverageMedium
Varian warnaPink Nude, Yellow Beige, Warm Beige, Deep Sand
Varian isi25 ml
Hasil akhirMatte
UV protectionSPF 25/PA+++
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utamaFrench immortelle flower extract, Centella asiatica
Kandungan pelembapGlycerin, squalane, sodium hyaluronate
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingFrench immortelle flower extract, tocopheryl acetate
Kandungan tambahanHelichrysum stoechas extract, honey extract, Kappaphycus alvarezii extract, Caesalpinia spinosa fruit extract
Keunggulan lainDiklaim transferproof, smudgeproof, dan maskproof
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitTidak diketahui
Warna kulit
Seri
View all
No.7

RevlonColorStay Longwear Makeup for Combination/Oily Skin

Harga referensi
Rp159.000
Menengah

Dapatkan tampilan matte flawless tahan lama dengan kontrol minyak optimal!

Kelebihan:

  • Tahan lama sepanjang hari tanpa retouch
  • Formula matte yang memberikan hasil akhir halus dan natural
  • Mampu mengontrol minyak berlebih pada kulit

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa formula agak kering pada kulit kering
  • Pilihan warna yang terbatas, sulit menemukan shade yang cocok
  • Mengandung pewarna dan pewangi ethylene brassylate

Dipersembahkan oleh Revlon, foundation unggulan ini dirancang khusus untuk kulit berminyak dan kombinasi. Formulanya yang tahan lama mampu memberikan hasil makeup yang sempurna sepanjang hari. Teksturnya ringan dan mudah meresap, memberikan hasil matte yang halus tanpa kilap berlebih.


Formulanya yang inovatif juga membantu mengontrol minyak berlebih serta menjaga makeup tetap segar dan tahan lama. Foundation ini cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan flawless dan matte yang bertahan lama. Dapatkan hasil makeup profesional dengan Revlon ColorStay Longwear Makeup!

JenisLiquid
CoverageTidak diketahui
Varian warnaIvory, Natural Beige, Golden Beige, True Beige
Varian isi30 ml
Hasil akhirMatte
UV protectionSPF 15
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utamaVitamin E
Kandungan pelembapButylene glycol
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate, tocopherol
Kandungan tambahan Salicylic acid, hydrolyzed vegetable protein
Keunggulan lainTahan panas, keringat, dan kelembapan
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitKulit kombinasi, kulit berminyak
Warna kulit
Seri
View all
No.8

Dear Me BeautyAiry Poreless Fluid Foundation

Harga referensi
Rp179.000
Agak Mahal

Sempurnakan riasan wajah tanpa khawatir pori-pori tersumbat

Kelebihan:

  • Diklaim noncomedogenic sehingga tidak berpotensi menyumbat pori-pori
  • Tahan terhadap air, tetapi mudah diratakan di wajah

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan foundation teroksidasi
  • Mengandung pewangi trietilheksanoin

Liriklah foundation ini jika wajah Anda berminyak, berjerawat, dan berkomedo. Airy Poreless Fluid Foundation diklaim noncomedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, foundation ini juga mengandung shine controlling dan oil absorbing untuk mengontrol minyak di wajah Anda.


Meskipun teksturnya ringan, foundation ini memiliki coverage yang tergolong medium. Coverage-nya sudah cukup untuk membantu menutupi tekstur yang tidak diinginkan pada kulit wajah Anda.

JenisLiquid
CoverageMedium to full
Varian warnaCreme Porcelain, Creme Ivory, Creme Beige, Creme Sand, Creme Caramel, Nude Porcelain, Nude Ivory, Nude Beige, Nude Sand, Nude Caramel, Golden Porcelain, Golden Ivory, Golden Beige, Golden Sand, Golden Caramel, NED
Varian isi30 gram
Hasil akhirSatin
UV protectionSPF 18
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utamaAllantoin, caffeine, betaine
Kandungan pelembapTidak diketahui
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan tambahanTidak diketahui
Keunggulan lainAman untuk ibu hamil dan ibu menyusui
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulit
Seri
View all
No.9

Paragon Technology and InnovationEmina Bare with Me Mineral Mild Foundation

Harga referensi
Rp80.500
Agak Murah

Lembut dan ringan untuk kulit remaja yang sensitif

Inilah foundation pilihan bagi remaja yang ingin tampil dengan no-makeup makeup look. Formula foundation ini sangat ringan dan nyaman digunakan sehari-hari. Kulit pun akan terlihat flawless alami dan riasan tidak terlihat menor. Produk ini juga tergolong mineral foundation sehingga ramah untuk kulit sensitif. Dilengkapi SPF 25 dengan PA+++, kulit kamu pun akan terlindungi dari dampak buruk sinar matahari.

JenisLiquid
CoverageMedium
Varian warnaLight, Natural, Caramel, Mocca
Varian isi30 ml
Hasil akhirSemi-matte
UV protectionSPF 25/PA+++
Non-comedogenicTidak diketahui
SmudgeproofTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
SweatproofTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaAqua
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, allantoin
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate
Kandungan tambahanIsododecane, cyclopentasiloxane, caprylyl methicone, dll.
Keunggulan lainNon-acnegenic
BPOM(Light: NA18190305624・Natural: NA18190305625・Caramel: NA18190305626・Mocca: NA18190305627)
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulitCerah, kuning langsat, sawo matang
SeriTidak diketahui
View all
No.10

Luxcrime2in1 Breathable Color Stay: Foundation & Concealer

Harga referensi
Rp169.000
Agak Mahal

Foundation dan concealer dalam satu produk

Produk ini mungkin akan memikat mata Anda yang tidak ingin ribet menggunakan riasan. Hal tersebut karena bedak Luxcrime ini merupakan foundation dan juga concealer. Manfaat 2in1 Breathable Color Stay: Foundation & Concealer tidak hanya untuk meratakan warna wajah. Anda pun dapat menggunakannya untuk menutupi flek hitam dan noda-noda yang kecil. Produk yang sangat praktis, bukan?

JenisLiquid
CoverageTidak diketahui
Varian warnaCool Porcelain, Warm Ivory, Natural Beige, Warm Beige, Warm Honey, Warm Bronze, Natural Tan
Varian isi4 ml/25ml
Hasil akhirSatin
UV protectionYa
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utamaMethylpropanediol, capric triglyceride, ethylhexyl methoxycinnamate, dimethicone, sodium hyaluronate
Kandungan pelembapMethylpropanediol, sodium hyaluronate
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingCapric triglyceride, ethylhexyl methoxycinnamate
Kandungan tambahanTidak diketahui
Keunggulan lainTermasuk concealer dalam satu produk sehingga lebih praktis
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitTidak diketahui
Warna kulit
Seri
View all

5 Rekomendasi Mineral Foundation terbaik

No. 1: WardahColorfit Matte Foundation

No. 2: SomethincBadass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

No. 3: Make OverHydrastay Glow Fluid Foundation

No. 4: JacquelleBlur Effect Foundation

No. 5: Y.O.U BeautyNoutriWear+ Silky Pressed Foundation

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Rekomendasi Mineral Foundation Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.