1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Tampilan pori-pori yang besar bisa mengganggu penampilan. Untungnya, saat ini tersedia produk masker untuk mengecilkan pori-pori wajah. Ada yang berbentuk peel off mask, sheet mask, sampai clay mask. Anda juga bisa menemukan beragam merek masker yang bagus untuk mengecilkan pori-pori, seperti Whitelab, Emina, hingga Bioaqua.

Nah, kali ini kami akan berbagi tips memilih masker untuk menyamarkan pori-pori. Rekomendasi masker pengecil pori-pori terbaik juga telah kami siapkan. Yuk, langsung saja baca ulasannya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Diperbaharui 01-13-2023
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan lulusan Program Studi Akuntansi, Universitas Islam Indonesia. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Berbekal pengalaman tersebut, kini wanita penyuka olahraga ini memberanikan diri untuk bergabung bersama mybest sebagai writer. Di sela-sela kesibukannya, Sonya selalu menyempatkan diri untuk berburu kuliner atau traveling. Ia juga sedang mendalami fotografi dan videografi.

Profil Sonya Kovaleswani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker untuk menyamarkan pori-pori

Agar menemukan masker yang ampuh mengecilkan pori-pori, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati. Ketahuilah bahan yang dapat membersihkan pori-pori, jenis masker, serta kandungan yang harus dihindari.

① Cermati bahan-bahan yang dapat membersihkan pori

Langkah pertama dalam memilih masker wajah yang bagus untuk mengecilkan pori-pori adalah mencermati kandungan di dalamnya. Yuk, kenali kandungan penting dalam produk masker untuk mengecilkan pori-pori wajah di bawah ini!

Activated charcoal, serap kotoran dan minyak berlebih

Activated charcoal, serap kotoran dan minyak berlebih

Masker charcoal merupakan masker berbahan arang yang dipanaskan hingga berbentuk bubuk. Proses pemanasan inilah yang diklaim membuat arang memiliki daya serap tinggi terhadap minyak dan kotoran.


Activated charcoal dipercaya dapat membersihkan kulit secara menyeluruh serta mendetoksifikasi kulit. Charcoal menarik kotoran dan minyak dengan lebih efektif. Hal ini karena charcoal diikat oleh komponen detergen pada produk sabun sehingga akan terangkat dari permukaan kulit saat pembilasan.


Itu sebabnya masker charcoal disebut-sebut paling cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Beberapa manfaat charcoal untuk wajah yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

  • Mengangkat kotoran dan menyerap debu di wajah
  • Mengatasi kulit berminyak dan berjerawat
  • Mengangkat sel kulit mati dan komedo
  • Membersihkan pori-pori tersumbat dan mengecilkan pori-pori

Clay, mengikat kotoran dan racun dalam kulit

Clay, mengikat kotoran dan racun dalam kulit

Anda pasti sudah akrab dengan istilah clay atau tanah liat pada masker wajah. Clay merupakan tanah liat alami yang kaya akan mineral sehingga baik untuk kulit


Clay memiliki daya serap tinggi terhadap minyak dan kotoran, serta memiliki efek detoks. Ada beberapa kandungan clay yang ada pada masker. Namun, umumnya Anda akan menemukan kandungan bentonite clay dan kaolin clay


  • Bentonite clay

Bentonite clay mengandung mineral, seperti kalsium, zat besi, dan magnesium. Clay ini kerap disebut sebagai healing clay karena kemampuannya menyembuhkan masalah kulit. Jenis clay ini mengatasi masalah jerawat, pori-pori tersumbat, mengontrol minyak berlebih, hingga gatal karena eczema.


  • Kaolin clay

Kaolin clay punya manfaat dan kandungan mineral yang tidak jauh berbeda dari bentonite clay. Namun, kaolin clay diklaim lebih mild dan bersahabat untuk kulit sensitif. Clay ini lebih lembut dan memberi efek menenangkan kulit, serta tidak membuat kulit kering. Selain membersihkan kulit secara mendalam, kaolin clay juga bisa meratakan warna kulit.

Glycolic acid dan salicylic acid, kandungan eksfoliasi untuk mempercepat proses regenerasi kulit

Glycolic acid dan salicylic acid, kandungan eksfoliasi untuk mempercepat proses regenerasi kulit

Kandungan pembersih lain yang perlu dipertimbangkan dalam masker pengecil pori-pori adalah glycolic acid dan salicylic acid. Kedua kandungan ini merupakan golongan eksfoliasi yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mengendalikan produksi minyak.


  • Glycolic acid

Glycolic acid merupakan golongan alpha hydroxy acid (AHA) yang berasal dari tebu. Glycolic acid memiliki molekul yang sangat kecil dan larut dalam air sehingga dapat diserap kulit. Fungsi glycolic acid adalah memecah sel kulit mati sehingga regenerasi kulit bisa lebih cepat. Manfaat glycolic acid, di antaranya:

- Mengatasi jerawat dan bekasnya

- Mencerahkan kulit

- Melawan tanda penuaan.


  • Salicylic acid

Sementara itu, salicylic acid tergolong dalam beta hydroxy acid (BHA). Salicylic acid memiliki sifat molekul yang larut dalam minyak sehingga dapat menembus lapisan minyak yang memenuhi pori-pori. Dengan begitu, salicylic acid dapat membersihkan kotoran, partikel polusi, dan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Manfaat salicylic acid di antaranya:

- Mengangkat sel kulit mati

- Mencegah komedo whitehead dan blackhead

- Menyembuhkan jerawat

② Gunakan jenis masker sesuai dengan kebutuhan kulit

Gunakan jenis masker sesuai dengan kebutuhan kulit

Produk masker wajah untuk pori-pori besar yang beredar saat ini banyak jenisnya. Beberapa jenis masker untuk menyamarkan pori-pori yang sering ditemui adalah clay mask, sheet mask, dan peel-off mask.


  • Clay mask merupakan jenis masker yang paling ampuh membersihkan kotoran dan minyak pori secara menyeluruh. Jenis masker ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat.
  • Sheet mask cenderung lebih cocok untuk kulit kering. Masker ini dapat membersihkan pori sekaligus memberikan kelembapan ekstra pada wajah dengan esens melimpah.
  • Peel-off mask cocok untuk semua jenis kulit, tergantung pada bahannya. Sesuai dengan namanya, Anda perlu melepaskan masker yang menempel pada wajah sehingga kotoran-kotoran juga ikut terangkat.

③ Hindari bahan berbahaya

Hindari bahan berbahaya

Selain memilih berdasarkan kandungannya, jangan lupa untuk mencermati zat berbahaya dalam masker. Hindarilah bahan berisiko, seperti paraben, phenoxyethanol, hydroquinone, dan polyethylene.


Jika Anda sedang dalam kondisi tertentu, misalnya masa kehamilan, hindari kandungan retinol pada masker wajah. Bahan yang sudah disebutkan di atas berpotensi mengiritasi atau menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

10 Rekomendasi masker terbaik untuk menyamarkan pori-pori

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker terbaik untuk menyamarkan pori-pori yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Skintific

Alaska Volcano Clay Mask

Skintific Alaska Volcano Clay Mask 1枚目

Pori-pori bebas kotoran meski sering berada di luar ruangan

2

ELFORMULA

Intensive Pore Clarifying Mask

ELFORMULA Intensive Pore Clarifying Mask 1枚目

Tekstur clay mask-nya superbuttery, lembut di kulit

3

Whitelab

Mugwort Pore Clarifying Face Treatment

Whitelab  Mugwort Pore Clarifying Face Treatment 1枚目

Masker untuk mengecilkan pori yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

4

Innisfree

Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 1枚目

Solusi komplet untuk beragam masalah pori-pori

5

Wardah

Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Wardah  Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask 1枚目

Masker murah untuk mengecilkan pori-pori

6

SOME BY MI

Real Super Matcha Pore Care Mask

SOME BY MI Real Super Matcha Pore Care Mask 1枚目

Sheet mask yang bagus untuk mengecilkan pori-pori dalam sekejap!

7

Unilever

Pond's Men Pore Vacuum Peel Off Mask

Unilever Pond's Men Pore Vacuum Peel Off Mask 1枚目

Sahabat terbaik bagi kulit para pria

8

Bioaqua

Pore-Minimizer Mask with Salicylic Acid

Bioaqua Pore-Minimizer Mask with Salicylic Acid 1枚目

Masker untuk kulit berminyak dan pori besar

9

Pore Hero

Matcha Clay Face Mask

Pore Hero Matcha Clay Face Mask 1枚目

Aromanya menenangkan, bikin makin betah merawat wajah

10

Emina

Capsule Treat Clay Mask Pomegranate

Emina Capsule Treat Clay Mask Pomegranate 1枚目

Kemasan mini plus kukuh, pas dibawa-bawa!

Perincian produk
Close
No.1

SkintificAlaska Volcano Clay Mask

Mulai dari Rp139.000,00

Pori-pori bebas kotoran meski sering berada di luar ruangan

Kelebihan:

  • Membersihkan sekaligus menjaga skin barrier
  • Clay mask yang tidak membuat kulit kering
  • Tidak menimbulkan sensasi cekit-cekit di wajah

Kekurangan:

  • Agak susah dibilas bila didiamkan lebih dari 15 menit

Apabila Anda sering menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, kami merekomendasikan masker untuk mengecilkan pori-pori merek Skintific. Produk ini memanfaatkan Alaska volcano clay yang secara alami dapat mengangkat partikel-partikel polutan yang menempel di kulit. Kulit pun akan mengalami detoksifikasi sehingga terasa lebih bersih.


Produk ini juga diperkaya dengan probiotics complex yang bertugas untuk menjaga skin barrier sekaligus merangsang proses regenerasi kulit. Pemakaian produk ini bisa membuat kulit terlihat makin sehat. Uniknya lagi, clay mask untuk mengecilkan pori-pori ini tidak membuat kulit kering setelah pemakaian, justru makin lembap.

No.2

ELFORMULAIntensive Pore Clarifying Mask

Mulai dari Rp160.000,00

Tekstur clay mask-nya superbuttery, lembut di kulit

Kelebihan:

  • Teksturnya buttery sehingga terasa lembut di kulit
  • Membantu meredakan jerawat
  • Menyerap minyak berlebih pada kulit

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna kurang menyukai aromanya

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba masker untuk mengecilkan pori-pori, jatuhkanlah pilihan pada produk ini. Clay mask untuk komedo dan pori-pori besar ini mempunyai tekstur buttery sehingga lebih mudah menyebar saat diaplikasikan ke kulit. Saking lembutnya, beberapa reviewers bahkan merasa seperti memakai pelembap saat mengoleskan produk ini.


Meski lembut, masker untuk komedo dan pori besar ini mampu membersihkan kulit dengan maksimal. Komedo dan debu bisa terangkat, jerawat pun lebih cepat kering setelah menggunakan produk ini.

No.3

Whitelab Mugwort Pore Clarifying Face Treatment

Mulai dari Rp76.000,00

Masker untuk mengecilkan pori yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Kelebihan:

  • Formulanya aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui
  • Membantu membersihkan pori-pori
  • Menenangkan jerawat dan radang

Kekurangan:

  • Ketidakcocokan bisa menimbulkan jerawat


Ketika memasuki masa kehamilan atau menyusui, biasanya kondisi kulit terasa lebih sensitif. Misalnya saja, kulit jadi mudah berjerawat, terasa kering, muncul komedo, hingga pori pori terlihat besar.


Untungnya, tersedia masker merek Whitelab yang formulanya aman bagi ibu hamil dan menyusui. Jadi, Anda bisa lebih tenang saat merawat wajah. Kandungan produk ini juga bisa membantu menenangkan jerawat yang mungkin muncul selama masa penting tersebut.

No.4

InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask 2X

Mulai dari Rp192.000,00

Solusi komplet untuk beragam masalah pori-pori

Kelebihan:

  • Membantu mengatasi sepuluh jenis masalah kulit
  • Memberikan sensasi dingin di wajah
  • Clay-nya dapat menyerap sebum lebih kuat

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menilai produk ini agak susah dibersihkan

Masker wajah merek Innisfree ini mampu membantu mengatasi 10 jenis masalah kulit. Anda bisa mengandalkannya untuk mengangkat sel kulit mati dan debu, mengencangkan pori-pori, menghilangkan komedo, serta mencerahkan kulit. Anda yang sedang mencari produk masker untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan bekas jerawat dapat memilih produk ini.


Berkat isinya yang tergolong banyak, Anda bisa menggunakan masker ini bersama seluruh anggota keluarga. Apa pun masalah kulitnya, percayakan saja pada clay mask yang bagus untuk mengecilkan pori-pori ini. Menurut review, Anda bahkan bisa merasakan khasiat produk ini pada kulit sejak pemakaian pertama.

No.5

Wardah Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Mulai dari Rp19.500,00

Masker murah untuk mengecilkan pori-pori

Kelebihan:

  • Harganya paling terjangkau
  • Membuat wajah terasa bersih dan segar setelah pemakaian

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menilai aromanya terlalu tajam

Anda ingin memberikan perawatan ekstra pada pori-pori wajah, tetapi terkendala dana? Cobalah masker Wardah untuk mengecilkan pori-pori wajah ini. Produk ini dipasarkan dengan harga yang paling terjangkau sehingga tidak akan membuat kantong bolong.


Meski harganya murah, masker Wardah untuk pori-pori besar ini memiliki kandungan CarboActiv Formula yang dapat membantu menyerap polutan. Hasilnya, kulit wajah akan terasa segar setelah menggunakan masker ini. Pori-pori pun akan lebih bersih sehingga terlihat lebih samar.

No.6

SOME BY MIReal Super Matcha Pore Care Mask

Mulai dari Rp17.880,00

Sheet mask yang bagus untuk mengecilkan pori-pori dalam sekejap!

Kelebihan:

  • Mengandung banyak essence untuk memberikan hasil instan
  • Sheet-nya tipis dan superlembut, makin nyaman dipakai
  • Lembaran sheet-nya tersertifikasi vegan sehingga lebih aman untuk kulit

Kekurangan:

  • Beberapa user menilai kulit terasa agak lengket setelah pemakaian

Apabila Anda harus tampil sempurna di acara penting, aplikasikanlah SOME BY MI Real Super Matcha Pore Care Mask sebelumnya. Sheet mask untuk mengecilkan pori-pori ini diperkaya dengan essence yang melimpah sehingga dapat memberikan hasil instan. Kulit pun akan terlihat makin kenyal sehingga tampilan pori-pori besar Anda bisa lebih tersamarkan.


Ditambah dengan lembaran masker yang tipis, lembut, dan berukuran pas di wajah wanita Indonesia, produk ini makin nyaman dipakai. Tak ada lagi, deh, gelembung-gelembung udara yang biasa muncul saat menempelkan sheet mask ke wajah. Dengan begitu, kandungan sheet mask untuk pori-pori ini bisa lebih maksimal diserap oleh kulit.

No.7

UnileverPond's Men Pore Vacuum Peel Off Mask

Mulai dari Rp20.000,00

Sahabat terbaik bagi kulit para pria

Kelebihan:

  • Diformulasikan untuk kulit pria
  • Membantu mengangkat komedo dan membersihkan pori-pori
  • Menyerap minyak berlebih

Kekurangan:

  • Isinya mungkin tergolong sedikit bagi beberapa orang

Tampilan pori-pori besar tak hanya dialami oleh wanita, tetapi juga pria. Sayangnya, kebanyakan produk masker untuk mengecilkan pori-pori wajah hanya ditujukan bagi kulit wanita. Untungnya, masker peel-off untuk mengecilkan pori merek Pond's ini bisa menjadi solusi bagi para pria.


Produk ini diformulasikan untuk kulit pria sehingga kandungannya mampu menembus bagian kulit yang tebal. Dengan menggunakan masker ini, komedo pun bisa terangkat sehingga pori-pori akan tersamarkan Tak perlu takut ribet karena tekstur masker untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo ini mudah diratakan serta dibersihkan.

No.8

BioaquaPore-Minimizer Mask with Salicylic Acid

Mulai dari Rp15.999,00

Masker untuk kulit berminyak dan pori besar

Kelebihan:

  • Membantu mengurangi jerawat sekaligus memperbaiki kondisi kulit berjerawat
  • Membuat kulit terasa bersih dan lembut

Kekurangan:

  • Kurang praktis sebagai sheet mask karena perlu dibilas setelah pengaplikasian

Kulit yang mudah berjerawat biasanya membuat pori-pori terlihat lebih besar. Jika Anda mengalami keluhan yang sama, cobalah sheet mask Bioaqua untuk mengecilkan pori-pori ini.


Selain mengandung salicylic acid, masker Bioaqua untuk pori-pori besar ini diperkaya calendula extract yang berfungsi untuk menenangkan jerawat. Dengan begitu, jerawat bisa lebih cepat sembuh. Adanya witch hazel extract membuat sheet mask Bioaqua ini dapat membantu mengatasi komedo dan pori-pori besar.

No.9

Pore HeroMatcha Clay Face Mask

Mulai dari Rp25.000,00

Aromanya menenangkan, bikin makin betah merawat wajah

Kelebihan:

  • Aroma teh hijaunya menenangkan
  • Terdapat butir-butir teh hijau seperti scrub yang berfungsi sebagai exfoliator

Kekurangan:

  • Menimbulkan sensasi cekit-cekit pada awal pemakaian

Bagi Anda yang selalu sibuk beraktivitas seharian, penggunaan Pore Hero Matcha Clay Face Mask setelah berkegiatan adalah langkah tepat. Produk ini menawarkan aroma teh hijau yang menenangkan sehingga akan membuat kulit dan pikiran Anda lebih relaks.


Produk ini juga diperkaya dengan butir-butir teh hijau yang berfungsi sebagai exfoliator. Setelah menggunakan masker untuk membersihkan pori-pori ini, wajah akan terasa langsung bersih.

No.10

EminaCapsule Treat Clay Mask Pomegranate

Mulai dari Rp21.000,00

Kemasan mini plus kukuh, pas dibawa-bawa!

Kelebihan:

  • Ukurannya mini, lebih travel friendly
  • Kemasannya kukuh sehingga isinya tidak mudah tumpah
  • Membuat wajah terasa lembut dan plumpy

Kekurangan:

  • Perlu digunakan secara rutin dalam jangka panjang untuk memberi efek mengencangkan pori-pori yang optimal

Masker Emina untuk mengecilkan pori-pori ini memiliki ukuran yang paling mini yakni 10 ml. Karena itu, produk ini sangat pas dipilih oleh Anda yang sering traveling. Terlebih, menurut ulasan, produk ini bisa memberikan efek bersih sekaligus lembap pada kulit.


Kemasan clay mask untuk mengecilkan pori ini juga tergolong kukuh sehingga Anda tak perlu khawatir isinya tumpah. Dengan selalu membawa produk ini, Anda bisa merawat kulit di mana pun berada.

Pertanyaan seputar pori-pori besar

Pertanyaan seputar pori-pori besar

Tampilan pori-pori pada wajah tiap orang berbeda-beda. Faktor apa yang memengaruhinya? Bisakah ukuran pori-pori mengecil? Berikut jawaban dari pertanyaan di atas.

Kenapa pori-pori tampak besar?

Pori besar akibat produksi minyak berlebih merupakan mekanisme alami kulit. Kulit menyesuaikan diameter pori dengan banyaknya jumlah sebum yang keluar melewati pori. Hal ini karena pori-pori merupakan jalan keluar sebum dari kelenjar ke permukaan kulit.


Pori akan membesar sesuai banyaknya sebum yang melewatinya, terutama bila terjadi secara kronis dalam jangka waktu lama. Karena itu, pori besar jarang tampak pada anak sebab aktivitas produksi sebum sedikit atau belum berjalan kronik.

Apakah menggunakan sunscreen dapat mengecilkan pori-pori?

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar ultraviolet (UV). Meski bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, penggunaan sunscreen tidak dapat memperkecil ukuran pori-pori.

Apa yang menyebabkan pori pori wajah membesar?

Pori-pori wajah yang besar memang mengganggu penampilan. Makeup bisa membantu memperbaiki tampilan pori-pori secara instan, tetapi skincare adalah solusi jangka panjang.


Namun, sebelum memilih skincare, seperti masker wajah untuk mengecilkan pori-pori, mari pahami penyebab pori-pori membesar. Beberapa penyebab ukuran pori membesar adalah:

  • Genetik
  • Perubahan hormon
  • Iritasi kulit akibat terlalu sering mencuci muka
  • Jenis kelamin
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sebum, dan kulit mati
  • Sebum yang tidak terkontrol
  • Faktor penuaan yang membuat struktur pori kehilangan sokongan kekuatan dari kolagen dan elastin

Apakah pori-pori dapat dikecilkan?

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, ukuran pori-pori seseorang dipengaruhi oleh banyak hal. Beberapa orang dilahirkan dengan ukuran pori-pori besar. Sementara itu, gaya hidup yang kurang sehat dan kurang menjaga kebersihan juga turut andil memengaruhi ukuran pori-pori Anda. 

Kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori membuat tampilannya makin jelas. Paparan sinar UV juga berpotensi mengikis kolagen dan elastin sehingga kulit mengendur dan membuat pori-pori membesar.


Ukuran pori-pori tidak dapat diubah. Namun, tampilan pori-pori bisa diperbaiki dengan cara membersihkan wajah (deep cleansing) dan mengontrol produksi minyak. Ada juga tindakan antiaging yang menstimulasi regenerasi kolagen, contohnya laser ablatif, peeling, microneedling+ growth factor, PRP, dan lainnya.


Lalu, bagaimana dengan produk dengan klaim dapat mengecilkan pori-pori? Sebenarnya produk-produk tersebut berfungsi untuk membersihkan kulit mati dan minyak berlebih. Pori-pori yang lebih bersih membuat tampilan kulit lebih cerah dan tampak lebih halus.


Pori-pori sangat penting untuk menjaga kulit Anda tetap lembap dengan mengeluarkan minyak dari kelenjar sebum. Pori-pori juga tidak seperti pintu yang dapat dibuka tutup. Jadi, skincare hanya membantu merawat pori-pori agar tampak lebih tersamarkan.

Lakukan hal berikut agar wajah flawless bebas pori-pori besar

Lakukan hal berikut agar wajah flawless bebas pori-pori besar

Mau wajah tampak flawless? Lakukan hal berikut agar wajah flawless bebas pori-pori besar.


  • Pilihlah skincare berlabel noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.
  • Bersihkan wajah dengan benar dan optimal, hindari produk yang oily, khususnya sebelum tidur. Saat mencuci muka, pijat lembut pembersih wajah pada bagian wajah dan leher dengan gerakan melingkar selama 30–60 detik. Bilas dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk.
  • Gunakan toner astringent berpelembap dan lakukan anti-aging treatment berkala sesuai kebutuhan kulit.
  • Lakukan eksfoliasi dan gunakan masker untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Gunakan dengan bijaksana sebab jika berlebihan, kulit Anda akan kering. Setelahnya, lengkapi dengan pelembap dan tabir surya, ya.
  • Jaga pola makan. Anda bisa mengontrol minyak kulit pada dengan cara mengurangi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan produksi sebum. Sebagai contoh, camilan yang mengandung susu beserta turunannya (keju, yoghurt, cokelat, roti, kue, dan lainya). Selain itu, hindari juga makanan tinggi lemak dan gula karena keduanya tidak baik untuk kesehatan kulit. 

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk perawatan pori-pori di sini

Kesimpulan

Bagaimana tips memilih masker untuk menyamarkan pori-pori wajah? Mudah, bukan? Pori-pori yang besar memang tidak bisa sepenuhnya mengecil secara permanen. Perawatan dan gaya hidup yang tepat adalah kunci kulit tampak sehat.


Rutin menggunakan masker yang dapat menyamarkan pori-pori adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Temukan beragam merek masker untuk mengecilkan pori-pori wajah bersama kami. Bagikan ulasan ini ke teman Anda dan selamat mencoba!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer