• 10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Tepung Bumbu Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda suka dengan gorengan yang renyah? Saat ini, membuat gorengan jadi makin mudah dengan adanya aneka tepung bumbu yang enak. Anda tak perlu repot meracik. Cukup masukkan bahan utama ke tepung bumbu, lalu digoreng. Voila, gorengan crispy pun tersaji!

Ada banyak merek tepung bumbu yang bagus, seperti Sajiku, Sasa, dan Kobe. Produk-produk tersebut bisa digunakan untuk berbagai sajian, seperti fried chicken, pisang goreng, bakwan, dan lainnya. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan rekomendasi tepung bumbu. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari cooking influencer kami, Inov Pelawi!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Inov Pelawi
  • Pembaharuan terakhir: 15 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak yang saat ini tinggal di Nagoya, Jepang. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun.

Kegemarannya terhadap dunia masak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun Instagram-nya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa kontennya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu.

Tepung bumbu, solusi praktis untuk memasak dengan cepat dan enak

Tepung bumbu, solusi praktis untuk memasak dengan cepat dan enak
Gorengan merupakan makanan favorit banyak orang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Tak heran jika menu gorengan hampir selalu hadir di meja makan, mulai dari tempe goreng, ayam goreng, bakwan, dan lain-lain. 

Untuk menciptakan gorengan yang enak, Anda membutuhkan racikan tepung dan bumbu yang pas. Tujuannya adalah supaya rasa yang dihasilkan seimbang dan menyatu dengan bahan masakan yang akan digoreng.


Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat adonan atau bumbu sendiri, saat ini tersedia tepung bumbu instan yang bisa langsung digunakan. Sesuai dengan namanya, tepung bumbu, tepung ini sudah dicampur dengan bumbu. 


Anda tinggal mencampurnya dengan air atau membalurkan pada bahan makanan yang Anda miliki. Dengan tepung bumbu, proses memasak aneka gorengan menjadi praktis dan cepat. Rasanya pun dijamin enak.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Selain menggunakan tepung bumbu, pastikan Anda menggunakan minyak yang cukup banyak. Gorengan Anda dijamin akan lebih renyah dan enak! Sebelum menggoreng, panaskan minyak terlebih dahulu, lalu goreng bahan gorengan hingga kuning kecokelatan. Ingat, rasa gorengan juga akan lebih maksimal jika langsung disajikan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tepung bumbu

Berikut ini kami akan mengulas poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tepung bumbu. Dengan begitu, Anda bisa memilih dengan tepat. Masakan yang dihasilkan pun dijamin akan makin sedap.

Sesuaikan tepung bumbu dengan masakan yang hendak dibuat

Sesuaikan tepung bumbu dengan masakan yang hendak dibuat

Sebelum membeli tepung bumbu, Anda harus tahu masakan apa yang hendak dibuat. Apakah Anda ingin membuat ayam goreng tepung? Tempe mendoan? Bakwan? Atau bakso goreng? Menentukan jenis masakan sangat penting karena akan memengaruhi pemilihan produk.


Jika Anda berniat memasak ayam goreng tepung, pilihlah tepung bumbu yang bagus untuk membuat fried chicken. Apabila ingin menggoreng tempe mendoan, tentu tepung bumbu yang dipakai akan berbeda jenisnya dengan yang digunakan untuk membuat bakwan. Jangan sampai Anda salah memilih. Bisa-bisa, rasanya justru menjadi tidak sedap.


Masing-masing tepung memiliki kandungan bumbu yang berbeda-beda. Bumbu untuk mendoan tentu berbeda dengan bumbu cumi goreng tepung. Bumbu ayam goreng akan berbeda dengan bumbu pisang goreng. Namun, jika ingin yang lebih praktis, Anda juga bisa membeli tepung bumbu serbaguna. Tepung jenis ini biasanya lebih fleksibel dalam hal penggunaan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Berbeda dengan tepung bumbu untuk satu jenis masakan, tepung bumbu serbaguna cocok digunakan untuk berbagai macam olahan makanan. Dengan tepung bumbu serbaguna, Anda bisa membuat sajian, seperti ayam, udang, cumi, tahu, tempe, dan lainnya.

Tepung bumbu gurih atau pedas? Pastikan tidak salah rasa

Tepung bumbu gurih atau pedas? Pastikan tidak salah rasa
Ada orang yang gemar rasa pedas, ada juga yang gemar rasa gurih. Produsen tepung bumbu mengetahui perbedaan preferensi tersebut. Karena itu, mereka menciptakan dua jenis tepung bumbu, yakni tepung gurih dan pedas. 

Pastikan Anda membeli tepung bumbu yang sesuai, apalagi jika hendak diberikan pada anak-anak. Jika buah hati Anda tidak menyukai rasa pedas, jangan sampai Anda memberikan ayam goreng berbalur tepung bumbu pedas kepada mereka. Bisa-bisa, mereka tidak menikmati makanannya dan malah menolak.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Makanan dengan cita rasa pedas selalu menggugah selera. Untuk penyuka atau penikmat makanan pedas, tepung bumbu pedas merupakan pilihan tepat. Dengan tepung bumbu ini, Anda bisa menyajikan beberapa variasi makanan pedas. Anda pun tidak perlu repot lagi untuk menghaluskan bumbu dan cabai.

Perhatikan komposisi dan campuran bahan pembuatnya

Perhatikan komposisi dan campuran bahan pembuatnya
Tepung bumbu biasanya tidak hanya terdiri dari tepung tunggal, tetapi campuran beberapa tepung, seperti terigu, tapioka, maizena, bahkan tepung beras. Selain itu, ada tambahan bumbu lain semisal bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, cabai, dan lain-lain.

Semua itu untuk menciptakan tepung bumbu dengan rasa dan kualitas yang prima. Saat membeli tepung bumbu, sebaiknya Anda memperhatikan komposisi dan kandungan bahan pembuatnya. Pastikan bahan-bahan yang dipakai adalah bahan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Campuran beberapa tepung di dalam tepung bumbu memiliki fungsi masing-masing. Contohnya, perpaduan antara tepung maizena dan tepung terigu akan menjadi pelapis yang membuat gorengan lebih renyah.

Usahakan menghindari produk yang menggunakan zat aditif berlebih

Usahakan menghindari produk yang menggunakan zat aditif berlebih
Zat aditif merupakan bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan. Jumlah zat aditif yang ditambahkan biasanya tidak banyak. Tujuan penambahan zat aditif adalah untuk memperbaiki cita rasa, tekstur, penampilan, hingga memperpanjang daya simpan. Terkadang, penambahan zat aditif juga bertujuan untuk meningkatkan nilai gizi makanan.

Jika tepung bumbu yang hendak Anda beli hanya ditambahkan sedikit zat aditif, hal itu masih bisa diterima. Namun, jika zat aditif digunakan secara berlebih, tentu bisa berdampak tidak baik pada tubuh. Demi keamanan, usahakanlah menghindari produk yang menggunakan banyak zat aditif, termasuk MSG dan pengawet.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Reaksi negatif yang terjadi apabila Anda mengonsumsi zat aditif berlebihan adalah sakit kepala, mual, jantung berdebar cepat, dan lainnya. Karena itu, untuk mencegahnya, ada baiknya Anda mengurangi atau bahkan menghindari makanan-makanan yang mengandung zat aditif ini.

Perhatikan cara penyimpanannya

Perhatikan cara penyimpanannya

Umumnya, tepung bumbu dibungkus dalam kemasan plastik. Beberapa merek tepung bumbu juga menyediakan ukuran kemasan yang berbeda-beda, mulai dari yang kecil hingga besar. Jika tidak langsung habis dalam sekali pakai, Anda harus menyimpan tepung bumbu di tempat kering dan tertutup


Menyimpan tepung bumbu di tempat terbuka berisiko mengundang kedatangan hewan kecil seperti semut atau kutu beras. Anda pun bisa memanfaatkan karet gelang untuk menutup kemasan tepung bumbu agar kedap udara dan lebih tahan lama. Jika ingin lebih rapi, pertimbangkan untuk memindahkannya ke wadah lain yang rapat. Dengan begitu, tepung bumbu Anda tidak akan mudah rusak. 

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Jika ada sisa tepung bumbu, Anda sebaiknya memindahkannya ke dalam wadah plastik atau wadah kaca yang tertutup rapat. Hal ini untuk mencegah tepung menjadi lembap sehingga isinya rusak. 

10 Rekomendasi tepung bumbu terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi tepung bumbu terbaik untuk Anda yang sudah kami urutkan berdasarkan popularitasnya. Produk-produk di bawah ini adalah pilihan kami dan tidak ada hubungannya dengan Inov Pelawi. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10

Jico AgungMamasuka Tepung Pisang Goreng Vanila

Mulai dari Rp 2.600,00

Isi80 gr
RasaVanila
PeruntukanPisang goreng
KomposisiTepung beras, gula, tapioka, telur, garam, perisa sintetik vanila, dan bumbu lainnya
9

AjinomotoSajiku® Tepung Bumbu Pedas

Mulai dari Rp 2.500,00

Isi70 gr
RasaPedas
PeruntukanSerbaguna
KomposisiTepung, rempah pilihan, dan ekstrak cabai
8

Tamaddun Inti Perkasa (TIP)Halawa Tepung Bumbu Probiotik Serbaguna

Mulai dari Rp 3.500,00

Isi100 gr
RasaGurih
PeruntukanSerbaguna
KomposisiTepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, bubuk kari, dan penguat rasa alami
7
Isi850 gr
RasaGurih
PeruntukanKhususnya untuk ayam, tetapi juga bisa untuk bahan makanan lainnya seperti onion ring, cumi, jamur, dan lain-lain
KomposisiTepung terigu, bawang putih, gula, garam, ketumbar, bawang merah, penguat rasa, dan lada putih
6
Isi210 gr
RasaGurih
PeruntukanSebaguna, aneka gorengan
KomposisiTepung tapioka, tepung beras, penguat rasa (MSG), garam, lada putih bubuk, essential oil
5
Isi200 gr
RasaGurih
PeruntukanBakso goreng
KomposisiTepung tapioka, bumbu, penguat rasa, garam, lada hitam, dan pengembang
4
Isi90 gr
RasaGurih
PeruntukanTempe mendoan
KomposisiTepung tapioka, tepung terigu, tepung beras, garam, ketumbar, dan bumbu lainnya
3
Isi235 gr
RasaGurih
PeruntukanBakwan
KomposisiTepung terigu, gula, garam, perisa alami bawang putih, lada, ketumbar bubuk, penguat rasa mononatrium glutamat, dan pengembang natrium bikarbonat
2
Isi150 gr
RasaGurih
PeruntukanSerbaguna
KomposisiTepung singkong, tepung beras, tepung maizena, garam, kaldu ayam, rempah-rempah alami
1

Citra PutriTepung Bumbu Goreng Ayam Serba Guna

Mulai dari Rp 8.000,00

Isi250 gr
RasaGurih
PeruntukanAyam goreng, serbaguna
KomposisiTepung terigu, sagu, lada, garam, dan bumbu penyedap

Tabel perbandingan produk tepung bumbu terbaik

Gambar produk
1
Citra Putri Tepung Bumbu Goreng Ayam Serba Guna 1

Citra Putri

2
Agung Bumi Agro Ladang Lima Tepung Bumbu 1

Agung Bumi Agro

3
Sasa Inti Sasa Tepung Bumbu Bakwan 1

Sasa Inti

4
Aira Krispi Kana Tepung Mendoan 1

Aira Krispi

5
Pondan Tepung Bumbu Bakso Goreng 1

Pondan

6
Kobe Boga Utama Kobe Tepung Bumbu Putih  1

Kobe Boga Utama

7
Kobe Boga Utama Kobe Super Crispy Kentucky 1

Kobe Boga Utama

8
Tamaddun Inti Perkasa (TIP) Halawa Tepung Bumbu Probiotik Serbaguna 1

Tamaddun Inti Perkasa (TIP)

9
Ajinomoto Sajiku® Tepung Bumbu Pedas 1

Ajinomoto

10
Jico Agung Mamasuka Tepung Pisang Goreng Vanila 1

Jico Agung

Nama produk

Tepung Bumbu Goreng Ayam Serba Guna

Ladang Lima Tepung Bumbu

Sasa Tepung Bumbu Bakwan

Kana Tepung Mendoan

Tepung Bumbu Bakso Goreng

Kobe Tepung Bumbu Putih

Kobe Super Crispy Kentucky

Halawa Tepung Bumbu Probiotik Serbaguna

Sajiku® Tepung Bumbu Pedas

Mamasuka Tepung Pisang Goreng Vanila

Keunggulan

Praktis untuk menggoreng apa saja, bahkan aman bagi para vegetarian

Bebas gluten dan MSG, bisa makan enak tanpa mengabaikan kesehatan

Konsumsi gorengan bakwan jadi menyehatkan berkat tepung bumbu bervitamin

Obati kerinduan akan tempe mendoan goreng yang lezat

Membuat bakso goreng tak pernah semudah ini!

Hasilkan gorengan yang lebih renyah dengan formula tepung kristal

Untuk kerenyahan yang bertahan hingga 8 jam

Lebih aman berkat komposisi bahan-bahan alami

Sensasi pedasnya membuat mulut tak berhenti mengunyah, mau lagi dan lagi!

Pisang goreng jadi makin nikmat dengan rasa vanila

Harga mulai dariRp 8.000,00Rp 18.000,00Rp 6.700,00Rp 2.000,00Rp 12.500,00Rp 6.400,00Rp 17.500,00Rp 3.500,00Rp 2.500,00Rp 2.600,00
Isi250 gr150 gr235 gr90 gr200 gr210 gr850 gr100 gr70 gr80 gr
RasaGurihGurihGurihGurihGurihGurihGurihGurihPedasVanila
PeruntukanAyam goreng, serbagunaSerbagunaBakwanTempe mendoanBakso gorengSebaguna, aneka gorenganKhususnya untuk ayam, tetapi juga bisa untuk bahan makanan lainnya seperti onion ring, cumi, jamur, dan lain-lainSerbagunaSerbagunaPisang goreng
KomposisiTepung terigu, sagu, lada, garam, dan bumbu penyedapTepung singkong, tepung beras, tepung maizena, garam, kaldu ayam, rempah-rempah alamiTepung terigu, gula, garam, perisa alami bawang putih, lada, ketumbar bubuk, penguat rasa mononatrium glutamat, dan pengembang natrium bikarbonatTepung tapioka, tepung terigu, tepung beras, garam, ketumbar, dan bumbu lainnyaTepung tapioka, bumbu, penguat rasa, garam, lada hitam, dan pengembangTepung tapioka, tepung beras, penguat rasa (MSG), garam, lada putih bubuk, essential oilTepung terigu, bawang putih, gula, garam, ketumbar, bawang merah, penguat rasa, dan lada putihTepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, bubuk kari, dan penguat rasa alamiTepung, rempah pilihan, dan ekstrak cabaiTepung beras, gula, tapioka, telur, garam, perisa sintetik vanila, dan bumbu lainnya
Tautan produk

Tips dari cooking influencer kami, Inov Pelawi

Tips dari cooking influencer kami, Inov Pelawi

Tepung bumbu biasanya sudah dilengkapi dengan rempah-rempah. Meskipun begitu, rasa dan aroma masakan akan lebih spesial jika Anda menambahkan rempah lainnya. Anda bisa memasukkan bahan lain, seperti daun jeruk, daun salam, lengkuas, atau serai. Namun, pastikan penambahan bumbu atau rempahnya sesuai dengan jenis masakan yang Anda buat.

Baca juga rekomendasi aneka tepung bumbu lainnya di sini

Apabila Anda gemar memasak, mungkin Anda akan sering melakukan eksperimen memasak aneka makanan. Nah, berikut ini adalah artikel tentang aneka tepung bumbu pilihan yang bisa dijadikan bahan untuk membuat hidangan lezat!

Kesimpulan

Melalui artikel di atas, sudah dijelaskan bahwa ternyata ada berbagai jenis tepung bumbu yang bisa digunakan untuk memasak. Untuk mendapatkan gorengan yang sempurna, Anda sebaiknya menggunakan tepung bumbu yang tepat.

Sekarang, apakah Anda sudah menemukan tepung bumbu yang sesuai untuk hidangan yang hendak dibuat? Semoga artikel ini membantu Anda dalam mencari produk paling tepat untuk hidangan yang hendak dibuat. Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merk, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori