• 10 Rekomendasi Tepung Bumbu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Bumbu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Bumbu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Bumbu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Bumbu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tepung Bumbu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Apakah gorengan yang renyah merupakan makanan favorit Anda? Saat ini, membuat gorengan jadi semakin mudah dengan adanya aneka tepung bumbu. Anda tak perlu ribet meracik, cukup masukkan bahan utama ke tepung bumbu, lalu tinggal digoreng. Voila, gorengan nikmat pun tersaji.

Ada banyak tepung bumbu yang mudah ditemui di pasaran, seperti Sajiku, Sasa, dan KOBE. Produk-produk tersebut menyajikan cita rasa yang berbeda-beda, mulai dari original hingga spicy. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi tepung bumbu yang nikmat, lengkap dengan cara memilihnya. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 23 Maret 2020
  • 2.008 Views
Daftar isi

Tepung bumbu, solusi praktis untuk memasak dengan cepat dan enak

Tepung bumbu, solusi praktis untuk memasak dengan cepat dan enak
Gorengan merupakan makanan favorit banyak orang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Tak heran jika menu gorengan hampir selalu hadir di meja makan, mulai dari tempe goreng, ayam goreng, bakwan, dan lain-lain. Untuk menciptakan gorengan yang nikmat, Anda membutuhkan racikan tepung dan bumbu yang pas. Tujuannya adalah supaya rasa yang dihasilkan seimbang dan menyatu dengan bahan masakan yang akan digoreng.
Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat adonan atau bumbu sendiri, saat ini tersedia tepung bumbu instan yang bisa langsung digunakan. Sesuai dengan namanya, tepung bumbu, tepung ini sudah dicampur dengan bumbu. Anda tinggal mencampurnya dengan air atau membalurkan pada bahan makanan yang Anda miliki. Dengan tepung bumbu, proses memasak aneka gorengan menjadi praktis dan cepat. Rasanya pun dijamin enak.

Cara memilih tepung bumbu

Saat ini, kami akan mengulas poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tepung bumbu. Dengan begitu, Anda bisa memilih dengan tepat. Masakan yang dihasilkan pun makin sedap.

Sesuaikan tepung bumbu dengan masakan yang hendak dibuat

Sesuaikan tepung bumbu dengan masakan yang hendak dibuat
Sebelum membeli tepung bumbu, Anda harus sudah tahu masakan apa yang hendak dibuat. Apakah Anda ingin membuat ayam goreng tepung? Tempe mendoan? Bakwan? Atau bakso goreng? Menentukan jenis masakan sangat penting karena akan memengaruhi pemilihan produk.
Jika Anda berniat memasak ayam goreng tepung, pilihlah tepung bumbu yang memang ditujukan untuk membuat fried chicken. Apabila ingin menggoreng mendoan, tentu tepung bumbu yang dipakai akan berbeda jenisnya dengan yang digunakan untuk membuat bakwan. Jangan sampai Anda salah memilih. Bisa-bisa, rasanya justru menjadi aneh.
Masing-masing tepung memiliki kandungan bumbu yang berbeda-beda. Bumbu untuk mendoan tentu berbeda dengan bumbu cumi goreng tepung. Bumbu ayam goreng akan berbeda dengan bumbu pisang goreng. Namun, jika ingin yang lebih praktis, Anda bisa membeli tepung bumbu serbaguna. Tepung jenis ini biasanya lebih fleksibel dalam hal penggunaan.

Tepung bumbu gurih atau pedas? Pastikan tidak salah rasa

Tepung bumbu gurih atau pedas? Pastikan tidak salah rasa
Ada orang yang gemar rasa pedas, ada juga yang gemar rasa gurih. Produsen tepung bumbu mengetahui perbedaan preferensi tersebut. Karena itu, mereka menciptakan dua jenis tepung bumbu yakni tepung gurih dan pedas. Pastikan Anda membeli tepung bumbu yang sesuai, ya! Apalagi jika hendak diberikan pada anak-anak. Jika buah hati Anda tidak menyukai rasa pedas, jangan sampai Anda memberikan ayam goreng berbalur tepung bumbu pedas kepada mereka. Bisa-bisa, mereka tidak menikmati makanannya dan malah menolak.

Perhatikan komposisi dan campuran bahan pembuatnya

Perhatikan komposisi dan campuran bahan pembuatnya
Tepung bumbu biasanya tidak terdiri dari tepung tunggal, melainkan campuran beberapa tepung seperti terigu, tapioka, maizena, bahkan tepung beras. Selain itu, ada tambahan bumbu lain semisal bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, cabai, dan lain-lain. Semua itu untuk menciptakan tepung bumbu dengan rasa dan kualitas yang prima. Saat membeli tepung bumbu, sebaiknya Anda memerhatikan komposisi dan kandungan bahan pembuatnya. Pastikan bahan-bahan yang dipakai adalah bahan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Usahakan menghindari produk yang menggunakan zat aditif berlebih

Usahakan menghindari produk yang menggunakan zat aditif berlebih
Zat aditif merupakan bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan. Jumlah zat aditif yang ditambahkan biasanya tidak banyak. Tujuannya adalah untuk memperbaiki cita rasa, tekstur, penampilan, hingga memperpanjang daya simpan. Terkadang, penambahan zat aditif juga bertujuan untuk meningkatkan nilai gizi makanan.
Jika tepung bumbu yang hendak Anda beli hanya ditambahkan sedikit zat aditif, hal itu masih bisa diterima. Namun, jika zat aditif digunakan secara berlebih, tentu bisa berdampak tidak baik pada tubuh. Demi keamanan, usahakanlah menghindari produk yang menggunakan banyak zat aditif, termasuk MSG dan pengawet.

Perhatikan masa penyimpanan dan tanggal kedaluwarsa

Perhatikan masa penyimpanan dan tanggal kedaluwarsa
Saat membeli produk yang berhubungan langsung dengan tubuh (baik untuk dimakan, diminum, maupun diaplikasikan pada kulit), Anda wajib memerhatikan tanggal kedaluwarsanya. Jangan sampai Anda membeli produk yang sudah expired atau terlewat masa pakainya. Tanggal kedaluwarsa ini tercetak di bungkus tepung, terkadang di tempat yang tersembunyi sehingga Anda harus melihatnya dengan saksama.
Selain tanggal kedaluwarsa, Anda juga harus memerhatikan lama masa penyimpanan. Semua tepung bumbu dibungkus dalam kemasan plastik. Jika tidak langsung habis dalam sekali pakai, Anda harus menyimpan di tempat kering dan tertutup. Menyimpannya di tempat terbuka berisiko mengundang kedatangan hewan kecil seperti semut atau kutu beras. Karena itu, belilah produk dengan ukuran yang sesuai kebutuhan.

10 Rekomendasi tepung bumbu terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi tepung bumbu terbaik untuk Anda, lengkap dengan kelebihan masing-masing. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
Isi90 gr
RasaGurih
PeruntukanMendoan
KomposisiTepung tapioka, tepung terigu, tepung beras, garam, ketumbar, dan bumbu lainnya
Isi75 gr
RasaPedas
PeruntukanSerbaguna
KomposisiTepung, rempah pilihan, dan ekstrak cabai
Isi200 gr
RasaGurih
PeruntukanBakso goreng
KomposisiTepung tapioka, bumbu, penguat rasa, garam, lada hitam, dan pengembang
Isi225 gr
RasaGurih
PeruntukanSeafood
KomposisiTepung terigu, tepung tapioka, garam, penguat rasa, rempah-rempah, pengembang natrium bikarbonat
Isi180 gr
RasaPedas lada hitam
PeruntukanSebaguna, aneka gorengan
KomposisiLada hitam dan bumbu lainnya
Isi100 gr
RasaGurih
PeruntukanSerbaguna
KomposisiTepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, bubuk kari, dan penguat rasa alami
Isi500 gr
RasaGurih
PeruntukanSerbaguna
KomposisiTepung terigu, tapioka, garam, gula, bawang, dan rempah-rempah
Isi150 gr
RasaGurih
PeruntukanSerbaguna
KomposisiTepung singkong, tepung beras, tepung maizena, garam, kaldu ayam, rempah-rempah alami
Isi250 gr
RasaGurih cenderung asin
PeruntukanSerbaguna, bisa ayam, ikan, udang, tempe, tahu, sayuran
KomposisiTepung terigu, tepung sagu, garam, penguat rasa, merica, bawang putih, bawang merah, pengembang, perisa bawang putih, pewarna
Isi210 gr
RasaGurih
PeruntukanKhususnya untuk ayam, tetapi juga bisa untuk bahan makanan lainnya seperti onion ring, cumi, jamur, dan lain-lain
KomposisiTepung terigu, bawang putih, gula, garam, ketumbar, bawang merah, penguat rasa, dan lada putih

Baca juga rekomendasi aneka tepung lainnya di sini!

Apabila Anda gemar memasak dan memiliki banyak waktu untuk berkreasi, bisa jadi Anda akan meracik tepung sendiri guna dijadikan bahan masakan dan kue. Berikut ini adalah artikel-artikel aneka tepung pilihan yang bisa dijadikan bahan utama untuk membuat hidangan lezat!

Kesimpulan

Melalui artikel di atas, sudah dijelaskan bahwa ternyata ada berbagai jenis tepung bumbu yang bisa digunakan untuk memasak. Untuk mendapatkan gorengan yang sempurna, Anda sebaiknya menggunakan tepung bumbu yang tepat.
Sekarang, apakah Anda sudah menemukan tepung bumbu yang tepat untuk hidangan yang hendak dibuat? Semoga artikel ini membantu Anda dalam mencari produk yang paling tepat, ya! Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    31.523 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    49.678 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    14.162 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    50.142 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    15.442 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    41.131 Views
  • 10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Permen Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permen gummy memiliki tekstur yang menyenangkan untuk dikunyah. Di pasaran, ada berbagai merek permen gummy seperti dari Haribo, Yupi, dan Trolli. Rasanya pun bervariasi, ada rasa buah yang klasik, super asam, cola, dan lainnya. Jadi, sekarang Anda memiliki banyak pilihan!Peminat permen gummy tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga mulai banyak yang suka. Oleh karena itu, kali ini kami akan merekomendasikan permen gummy terenak yang bisa Anda nikmati. Selamat mencoba!
    Makanan & minuman
    3.217 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori