10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Meskipun tidak sepopuler bulu tangkis dan sepak bola, tenis meja merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dimainkan oleh masyarakat Indonesia dalam lingkup kecil seperti komplek perumahan, instansi pendidikan, serta lingkungan kantor. Skill dan strategi memang menjadi kunci utama bermain, namun untuk membuat itu semua berjalan dengan baik, diperlukan juga bat (sebutan umum raket tenis meja) yang mumpuni.

Dalam artikel berikut, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih raket tenis meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai lanjutan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk raket tenis meja terbaik yang telah kami himpun berdasarkan bentuk, ukuran, serta harganya. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Daftar isi

Cara memilih raket tenis meja

Sepertinya tidak ada perbedaan yang mencolok jika kita melihat sekilas raket tenis meja yang digunakan oleh pemula maupun pemain profesional. Namun dalam penggunaannya, bat untuk pemain pemula lebih mudah untuk diarahkan, sehingga bola tidak mudah keluar dari area permainan. Untuk itu, pilihlah raket tenis meja yang sesuai dengan level permainan Anda.

Bagian-bagian yang perlu diketahui oleh pemain

Bagian-bagian yang perlu diketahui oleh pemain

Ada bagian yang perlu diketahui berkaitan dengan raket tenis meja. Raket tenis meja sendiri terdiri dari dua bagian penting yakni, papan plus bagian pegangan yang biasa disebut dengan blade, serta lapisan karet berwarna merah dan hitam pada papan yang biasa disebut dengan rubber.

Beberapa bat yang dijual secara terpisah papan dan alas karetnya, namun ada juga yang menjualnya menjadi satu bundle. Bat yang satu bundle ini cocok untuk digunakan para pemula, karena lebih siap pakai.

Jika sudah lama dipakai, bagian rubber biasanya kehilangan ‘sentuhannya’, sehingga bola yang kita pukul menjadi sulit untuk dikontrol karena umur dari rubber sudah habis. Dalam kasus yang seperti ini, Anda harus mengganti bagian rubber bat Anda dengan yang baru.

Sesuaikan raket tenis meja dengan jenis ‘pegangan’ yang Anda gunakan

Sesuaikan raket tenis meja dengan jenis 'pegangan' yang Anda gunakan

Seperti halnya bulu tangkis dan tenis lapangan, permainan tenis meja juga memiliki cara tersendiri untuk memegang alat pemukulnya (raket). Ada dua tipe cara memegang yang umum dalam permainan tenis meja yakni, shake hand (layaknya berjabat tangan), dan penhold (seperti halnya menggunakan pena).

Cara memegang jenis shake hand lebih akrab dipakai oleh para pemain profesional karena dapat menghasilkan tenaga lebih kencang dibanding dengan cara penhold. Meski begitu, tidak sedikit juga pemain profesional yang menggunakan cara memegang penhold. Kita dapat melihatnya pada beberapa atlet asal China yang masih menggunakan cara pegangan tersebut.

Sebelum membeli, ada baiknya untuk mencoba bat dengan pegangan yang biasa Anda gunakan. Pilihlah bat yang nyaman dengan jenis pegangan Anda.

Pilih berdasarkan bentuknya

Pilih berdasarkan bentuknya

Raket tenis meja dibagi menjadi dua tipe berdasarkan bentuknya, yakni bulat (berbentuk mirip lingkaran) serta bentuk kotak (berbentuk seperti persegi panjang). Para pengguna pegangan shake hand pada umumnya menggunakan bat berjenis bulat. Sedangkan para pengguna pegangan penhold, ada yang menggunakan bat berbentuk kotak, ada pula yang menggunakan bat berbentuk bulat.

Ada perbedaan karakter dari kedua jenis bentuk bat tersebut. Bat kotak dapat memberikan power yang lebih saat melakukan pukulan forehand. Sedangkan bat berbentuk bulat, sangat sempurna untuk melakukan kontrol bola, melakukan ayunan dengan cepat, serta dapat menimbulkan pukulan dengan efek melengkung. Di Indonesia sendiri, bat yang lebih sering ditemui dan digunakan adalah bat berbentuk bulat.

10 Rekomendasi raket tenis meja terbaik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam bagian ini Anda akan kami perkenalkan dengan beberapa produk raket tenis meja yang telah kami himpun. Anda dapat membandingkan harga, serta karakter raket tenis meja tersebut, sesuai dengan kebutuhan permainan yang Anda inginkan.

10. Butterfly TBC202

10. Butterfly TBC202

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 308.000

Bat untuk kontrol bola dan pukulan efek kelas pemula

Untuk Anda yang ingin mendapatkan kontrol bola serta pukulan efek yang baik, Anda bisa mengamati lebih jauh produk berikut. Butterfly TBC-202 dipersenjatai dengan dua Butterfly Yuki rubber pada masing-masing sisinya. Yuki rubber merupakan alas karet yang dapat menimbulkan efek bola yang baik jika digunakan secara tepat.

Ketebalan rubber yang tercatat 2,0 mm dapat membuat pukulan terarah. Sangat cocok untuk para pemula yang menginginkan raket dengan performa baik. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan cover raket jika membeli produk ini.

9. Cornilleau Tacteo Pack Duo

9. Cornilleau Tacteo Pack Duo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Bat ekonomis yang dijual sepaket

Tak ada salahnya membeli produk yang dibuat dalam bentuk paket. Cornilleau Tacteo Duo dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mencari raket tenis meja dengan harga ekonomis, namun dengan performa yang cukup baik. Produk ini berisikan 2 bat dan 3 bola yang siap untuk langsung digunakan dalam permainan.

Mengenai performa, bat ini sudah lebih dari cukup untuk keperluan pemain pemula. Karetnya solid, sehingga baik untuk mengontrol bola. Warnanya yang catchy dan bentuknya yang trendi, paket ini sangat sempurna untuk dipakai bermain bersama keluarga dan sahabat, serta cocok digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dengan menggunakan bat ini, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan pegangan yang nyaman dan tidak mudah lepas, karena pegangannya terbuat dari material full karet.

8. Butterfly Timo Boll 2000

8. Butterfly Timoboll 2000

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 325.000

Bat seri Timo Boll yang dirancang untuk pemain pemula

Produsen peralatan tenis meja populer, Butterfly, membuat bat seri khusus dari pemain tenar asal Jerman, Timo Ball. Raket berikut dirancang untuk para pemain pemula yang ingin mengembangkan skill permainannya.

Untuk karakter, bat berikut mempunyai kemampuan speed dan spin yang seimbang. Jadi, Anda dapat melakukan pukulan-pukulan efek serta drive cepat ketika menggunakan bat berikut. Harganya juga terbilang masuk akal untuk kantong para pemain non profesional.

7. DHS A3002

7. DHS A3002

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Raket tenis meja ekonomis keluaran DHS

Satu lagi pilihan yang menarik bagi para pemula yang ingin mendapatkan bat dengan performa baik. DHS A3002 memiliki papan kayu yang terbuat dari 5 lapis yang memadahi dalam urusan speed, balance dan power.

Rubber yang menempel sebagai alas bat dapat menjadi media kontrol bola yang memadahi permainan Anda. Karena pegangannya yang cukup panjang, produk berikut pas untuk Anda yang terbiasa menggunakan pegangan shake hand. Harganya yang ekonomis juga membuatnya menarik untuk dibeli.

6. Butterfly Stayer 3000

6. Butterfly Stayer 3000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Bat rakitan untuk pemula sampai pemain kelas menengah

Butterfly Stayer 3000 FL merupakan bat rakit untuk pemain yang biasa menggunakan pegangan shake hand. Bagian rubber yang menjadi alas papan sudah lolos persetujuan dari ITTF, lembaga tenis meja internasional.

Secara khusus, Butterfly merancang bat ini untuk Anda yang ingin mengedepankan kontrol bola yang baik. Produk berikut cocok digunakan untuk pemain tenis meja dari kelas pemula, hingga pemain kelas menengah. Dengan harga yang cukup terjangkau, produk ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengganti bat lama Anda dengan yang baru. 

5. DHS Hurricane 301 FL

5. DHS Hurricane 301 FL

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Raket pemukul dengan range luas dan powerful

Bagi Anda yang mencari raket untuk penunjang permainan ‘keras’, DHS Hurricane 301 FL dapat menjadi opsi yang memungkinkan. Sebagai papan pemukul, DHS Hurricane 301 FL terbilang tipis namun lebar, sehingga pas untuk dijadikan landasan bola.

Bahan utama dari papan ini adalah kayu pilihan, serta lapisan karbon. Ditambahkannya karbon pada produk ini menyebabkan bat lebih elastis, sehingga mampu mengeluarkan tenaga lebih ketika diayunkan. Bat ini dijual tanpa rubber, jadi Anda bisa mengaplikasikan rubber sesuai dengan karakter permainan yang ingin Anda tonjolkan.

4. Stiga Titan

4. Stiga Titan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 871.000

Bat ringan yang cocok untuk kontrol bola

Stiga Titan dapat menjadi andalan jika Anda ingin melakukan kontrol bola lebih jauh dalam permainan. Bagian rubber-nya sudah di-approve oleh Interational Table Tennis Federation (ITTF) untuk permainan kelas turnamen.

Untuk bagian pegangan, bat berikut menggunakan teknologi WRB yang cocok untuk mengarahkan bola, berfungsi untuk recovery pemain saat permainan, serta stabil untuk pegangan. Karena terbuat dari bahan kayu balsa, raket ini memiliki bobot yang ringan, sehingga cocok untuk digunakan saat rally cepat.

3. Palio Expert 2

3. Palio Expert 2

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.096.000

Raket yang dirancang oleh para ahli untuk top spin dan kontrol bola menawan

Palio menggandeng para ahli untuk menciptakan produk yang diberi nama Palio Expert 2. Sebagai alas, rubber yang dipilih masih tidak berubah jika dibanding Palio Expert yang pertama, yakni rubber Palio CJ8000. Rubber tersebut mempunyai kekuatan untuk memberikan efek putaran bola yang baik dan telah disetujui oleh ITTF.

Bentuk dan susunan papan pada produk ini akan memberikan kontrol bola yang baik pada pemain. Jadi, untuk Anda yang ingin menekankan karakter top spin dan kontrol bola yang baik, Palio Expert 2 adalah barang yang dapat Anda jadikan opsi.

2. Stiga Pro Carbon

2. Stiga Pro Carbon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.479.000

Pemukul high performance untuk permainan lugas dan cepat

Karbon memang cocok untuk menjadi tambahan dalam lapisan bat tenis meja untuk mendukung permainan keras dan cepat. Hal ini juga yang diberikan oleh Stiga pada produknya yang bernama Pro Carbon. Termasuk dalam kategori high end, produk ini mumpuni untuk segala jenis permainan. Spesialisasinya ada pada power dan speed yang dihasilkan. Produk ini cocok untuk para pemain yang berkarakter energik dan penuh tenaga dalam bermain.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa teknologi tambahan seperti nano composite technology untuk mendukung speed dan top spin, ACS untuk mendukung kontrol bola yang baik, WRB untuk menjaga keseimbangan, serta crystal dan penggunaan kayu balsa untuk mendukung peningkatan kecepatan pukulan. Produk yang high performance!

1. Killerspin Jet800 Combo

1. Killerspin Jet800 Combo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.342.000

Raket dengan high perfomance untuk segala jenis permainan

Produk yang satu ini masuk sebagai raket yang digunakan oleh para profesional. Tebuat dari 7 lapis kayu pilihan sebagai bahan utama papan, Jet800 merupakan produk yang paling baik digunakan untuk segala jenis permainan dibanding raket-raket yang dikeluarkan oleh Killerspin yang lain.

Sangat menawan ketika digunakan untuk pengembalian bola efek dari musuh. Anda juga dapat menggunakannya untuk pukulan-pukulan tricky maupun pukulan keras. Secara garis besar, produk ini pas untuk segala jenis permainan. Killerspin Jet800 Combo dijual sepaket dengan case yang muat untuk dua bat serta tiga bola bintang empat.

Kesimpulan

Dari beberapa produk di atas dapat disimpulkan bahwa tiga karakter kemampuan yang dilihat dari bat yakni speed dan power, top spin, serta kontrol bola. Kami sarankan Anda memilih produk yang sesuai dengan permainan yang ingin Anda bangun. Namun yang lebih dasar lagi, kenalilah gaya permainan Anda, karena dari situ Anda dapat menutupi kelemahan dengan mengandalkan kelebihan yang Anda miliki. Akhir kata, selamat berburu dan bermain.