• 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tenis meja adalah olahraga populer di Indonesia yang dimainkan dengan sedikit orang. Hal yang penting dalam tenis meja adalah bet atau raket tenis meja. Banyaknya produsen, spesifikasi, tipe karet, dan lain sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung. Beberapa produsen yang terkenal dalam pembuatan bet tenis meja adalah Butterfly, DHS, dan Nittaku.

Dalam artikel berikut, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih raket tenis meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk raket tenis meja terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 12 November 2020
  • 46.770 Views
Daftar isi

Cara memilih raket tenis meja

Ada berbagai macam jenis raket tenis meja untuk pemula maupun pemain profesional. Para pemula sebaiknya berhati-hati saat memilih raket karena ada beberapa jenis yang sulit untuk dikontrol. Pilihlah raket tenis meja yang sesuai dengan level permainan Anda.

Perhatikan perbedaan pegangan pada jenis shake hand

Terdapat dua jenis pegangan pada bet yaitu shake hand (menggenggam) dan pen holder (menjepit). Jenis pegangan raket tenis meja yang paling sering digunakan adalah jenis shake hand. Jenis pegangan shake hand sangat mudah dikendalikan, bahkan oleh pemula sekalipun. Jadi, apabila Anda ragu untuk memilih pegangan bet, Anda dapat memulai dari jenis shake hand.

Pegangan berbentuk flare, mudah digunakan oleh pemula

Pegangan berbentuk flare, mudah digunakan oleh pemula

Pegangan flare adalah pegangan berbentuk ramping yang melebar pada bagian bawah. Jenis pegangan ini sangat direkomendasikan untuk pemula. Ketika Anda menggenggam bet pertama kali, genggamannya akan terasa pas di tangan. Jenis pegangan ini juga dapat digenggam dengan mudah oleh orang dengan tangan kecil seperti wanita atau anak-anak.


Kekurangannya adalah pukulan yang dihasilkan dengan jenis raket ini tidak bertenaga dan tidak cepat. Akan tetapi, Anda dapat mengontrol bola dengan sangat baik ketika menggunakan raket tenis meja ini.

Pegangan lurus, memiliki kekuatan dan kecepatan yang sesuai untuk pria

Pegangan lurus, memiliki kekuatan dan kecepatan yang sesuai untuk pria

Raket tenis meja berpegangan lurus kami rekomendasikan untuk Anda pemain profesional. Pegangan lurus akan sangat mudah digenggam Anda yang memiliki tangan besar sehingga cocok untuk pemain pria.


Tidak seperti pegangan flare yang pas di genggaman, pegangan lurus mungkin akan terasa lebih sulit untuk dikontrol. Akan tetapi, apabila sudah terbiasa, Anda dapat menambahkan kecepatan dan kekuatan pada bola Anda.

Pegangan anatomis, pas di tangan dan sesuai untuk latihan reli

Pegangan anatomis, pas di tangan dan sesuai untuk latihan reli

Pegangan dengan bentuk anatomis atau bergelombang sangat nyaman di tangan sehingga sempurna untuk melatih reli Anda. Pegangan anatomis berbentuk melebar di bagian bawah seperti pegangan flare dan juga bergelombang di tengah pegangan. 


Ketika digenggam, jenis pegangan ini sangat pas di telapak tangan Anda. Jenis pegangan ini kami rekomendasikan untuk pemula yang sudah mulai mahir dan dapat memukul lurus bola.

Pegangan tenaly, pegangan miring untuk para senior

Pegangan tenaly atau yang biasa disebut pistol merupakan pegangan yang berbentuk miring seperti pegangan pistol. Genggaman yang miring akan membuat bet stabil sehingga sesuai untuk Anda pemula yang berusia lanjut. Sekalipun cukup susah untuk mengontrolnya, genggaman yang stabil akan mampu meningkatkan skill Anda perlahan. 


Harganya yang cukup mahal membuat bet berpegangan tenaly tidak terlalu populer di Indonesia. Namun, apabila Anda memiliki budget lebih dan baru memulai pada usia senja, Anda dapat memilih raket ini.

Pilih pen holder apabila Anda fokus dengan cara memukul

Raket bertipe pen holder dipegang seperti memegang pena saat menulis. Cara memegang ini lebih sulit dibandingkan dengan shake hand. Cara memegang ini akan mudah dilakukan oleh orang Asia yang menggunakan sumpit sehari-hari. Akan tetapi, karena budaya di Indonesia tidak menggunakan sumpit untuk makan, raket jenis ini jarang ditemukan di pasaran.


Kami merekomendasikan tipe ini untuk Anda melatih skill Anda. Ada tiga bentuk pegangan yang dapat Anda pilih berdasarkan bagaimana cara Anda memukul bola.

Gaya Jepang: Memukul hanya di satu sisi raket

Salah satu cara memegang bet model pen holder adalah gaya Jepang. Pegangan pada bet gaya Jepang cukup menonjol dan karet hanya ditempelkan pada satu sisi saja. Jenis raket tenis meja ini sesuai untuk Anda yang bermain tanpa menggunakan sisi belakang.

Gaya Tiongkok: Untuk yang terbiasa memukul di dua sisi raket

Bet gaya Tiongkok sesuai untuk Anda yang suka menggunakan bagian depan dan belakang bet. Tidak seperti gaya Jepang, Anda dapat menempelkan karet pada kedua sisi bet. Anda dapat menggunakan karet dengan fungsi berbeda setiap sisinya.


Jenis raket tenis meja ini sedikit sulit digunakan untuk para pemula. Namun, karena merupakan kombinasi antara bet gaya Jepang dan shake hand, Anda dapat menggunakannya sesuai gaya Anda.

Gaya pena Jepang terbalik: Permainan teknik dengan berbagai skill

Gaya pena Jepang terbalik cocok untuk pemain profesional yang percaya diri dengan teknik permainannya. Bet model ini memiliki pegangan yang seperti dipahat. Anda dapat menggunakan bet ini untuk membelokkan bola sekaligus memberikan pukulan forehand dan backhand secara bergantian.


Jenis bet ini lebih sulit dikendalikan dibandingkan gaya Tiongkok. Dengan menggunakan bet ini, Anda harus bergantian menggunakan bagian depan dan belakang saat bermain. Karena itu, raket tenis meja ini sesuai untuk Anda yang sering berganti teknik bermain.

Cek bentuk raket

Cek bentuk raket

Ada dua bentuk raket tenis meja yaitu lingkaran dan persegi. Apabila Anda tipe pemain yang mengandalkan kecepatan dan kekuatan, gunakanlah bentuk persegi. Untuk Anda yang ingin mengontrol raket Anda dengan baik, bentuk lingkaran adalah yang terbaik.


Kebanyakan raket shake hand berbentuk lingkaran. Sementara itu, raket pen holder memiliki bentuk lingkaran, persegi, dan persegi dengan lingkaran di bagian atas. Bentuk persegi cocok untuk memukul dengan pukulan forehand yang cepat.


Apabila ingin mencoba bentuk selain lingkaran, Anda dapat memulai dengan bentuk persegi dengan lingkaran di bagian atas terlebih dahulu. Setelah mahir, Anda dapat menyesuaikan dengan cara memukul Anda, mau menggunakan bentuk persegi atau kembali ke lingkaran. 


Sayangnya, bet berbentuk persegi masih jarang ditemukan di Indonesia. Apabila Anda ingin memilikinya, Anda perlu memesannya dari luar negeri.

Perhatikan bahan raket tenis meja

Bahan raket tenis meja dibedakan tergantung banyak lapisan dan tipe pelat yang digunakan. Terdapat dua tipe pelat yang biasanya digunakan pada bet, yaitu veneer dan plywood. Anda dapat memilih berdasarkan teknik yang Anda gunakan dan cara Anda memukul bola. 

Veneer, untuk bola cepat

Veneer, untuk bola cepat

Veneer, atau finir dalam bahasa Indonesia, merupakan cara pemotongan kayu yang masih terlihat serat kayunya. Pelat finir sering ditemukan pada bet dengan gaya Jepang. Umumnya, makin banyak pelat yang digunakan, bola akan makin mudah memantul. Namun, bola juga akan lebih sulit untuk dikontrol. Pelat finir tunggal dapat menahan pantulan dengan lebih baik sehingga bola mudah untuk dikontrol.

Plywood, memiliki gaya tangkis tinggi

Plywood, memiliki gaya tangkis tinggi

Plywood merupakan kayu lapis yang biasanya terdiri dari beberapa lapis kayu. Pada raket tenis meja, ada berbagai lapisan plywood, mulai dari tiga lapis, lima lapis, dan tujuh lapis. Makin banyak lapisan, makin susah pula untuk mengontrol bola. Raket dengan tujuh lapis plywood paling susah untuk dikontrol, tetapi sesuai untuk bola yang cepat.


Untuk memulai, gunakanlah raket dengan lima lapis plywood. Apabila Anda ingin menggunakan raket dengan momentum pukulan yang kecil, Anda dapat memilih plywood tiga lapis.

Material spesial, ideal untuk pemain yang agresif

Material spesial, ideal untuk pemain yang agresif

Material spesial yang dimaksud adalah karbon, serat kaca, dan titanium yang diapit oleh lapisan kayu. Material-material ini juga populer digunakan pada raket tenis meja. Penggunaan material spesial ini digunakan untuk mendapatkan gaya tangkis yang tidak diperoleh dari bahan kayu.


Tergantung produsennya, material yang berbeda bisa menambah kecepatan bola setelah dipukul. Karena fungsinya yang berbeda, Anda dapat dengan mudah menemukan raket tenis meja yang sesuai untuk Anda.

Cari karet raket tenis meja yang sesuai dengan permainan Anda

Karet pada bet sangat penting karena berpengaruh pada kualitas pukulan Anda. Pilihlah karet yang sesuai untuk Anda karena tiap karet memiliki kecepatan, kontrol, dan kekuatan membelokkan bola yang berbeda. 

Karet bintik dan anti-spin, untuk bola cepat dan membelokkan

Karet bintik dan anti-spin, untuk bola cepat dan membelokkan

Karet bintik adalah karet empuk dengan bintik-bintik pendek pada permukaan. Karet jenis ini digunakan untuk mempercepat pergerakan bola. Karena kontak antara bola dan permukaan blade kecil, karet ini tidak menghasilkan banyak putaran pada bola.


Sementara itu, karet anti-spin berguna untuk mengurangi gesekan sehingga dapat menerima bola yang berputar keras dengan baik. Karena rotasi bola dari lawan tidak terjadi, Anda dapat mengembalikan bola ke berbagai arah.

Karet cepat dan bintik panjang, untuk spin dan kontrol yang baik

Karet cepat dan bintik panjang, untuk spin dan kontrol yang baik

Karet cepat adalah jenis karet empuk dengan bintik-bintik yang ditempelkan pada permukaan blade. Berbanding terbalik dengan karet bintik, menggunakan karet ini akan membuat bola Anda berputar. Jenis karet ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mampu mengontrol bola dengan baik. 


Sementara itu, karet bintik panjang merupakan karet dengan bintik-bintik panjang pada permukaannya. Karet ini bertujuan untuk mengembalikan bola berputar lawan kembali ke lawan. Karet ini sangat sesuai untuk Anda yang sudah memiliki teknik bermain baik.

Pilih bet beserta karet apabila ingin sekadar bermain

Pilih bet beserta karet apabila ingin sekadar bermain

Ketika membeli raket tenis meja, penjual biasanya menjual dua jenis bet, yaitu beserta karet atau hanya blade saja. Apabila Anda tipe orang yang tidak ingin serius terjun di bidang tenis meja, pilihlah bet yang sudah ditempel karet. 


Karet yang sejak awal terpasang pada bet biasanya tidak dapat diganti dengan karet lainnya sekalipun rusak. Akan tetapi, bet jenis ini sesuai apabila Anda yang hanya ingin mencoba merasakan permainan tenis meja.


Raket tenis meja dengan karet juga sesuai untuk Anda para pemula. Ketika Anda sudah mulai mahir, Anda dapat memilih membeli blade dan menyesuaikan karet dengan kemampuan Anda.

Cari yang beratnya sesuai untuk Anda

Cari yang beratnya sesuai untuk Anda

Berat raket tenis meja dipengaruhi oleh material, banyak lapisan, dan karet yang digunakannya. Berat ideal raket tenis meja setiap individu berbeda. Makin ringan bet tersebut, makin mudah gerakan memukul dilakukan. Akan tetapi, apabila Anda merasa hasil pukulan kurang keras, Anda dapat mencoba bet yang lebih berat.

10 Rekomendasi raket tenis meja terbaik

Pada bagian ini, kami akan memperkenalkan beberapa produk raket tenis meja yang dapat Anda pilih. Bandingkan harga serta karakter raket tenis meja yang kami rekomendasikan dan pilih yang sesuai untuk Anda.

10
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanPlywood 5 lapis
Material khususX
Jenis karetTidak dijelaskan
Karet setX
Berat80 gram
9
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanPlywood 5 lapis
Material khususArylate-carbon 2 lapis
Jenis karetTidak dijelaskan
Karet setX
Berat90 gram
8
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanKayu ayous 5 lapis dan finir 2 lapis
Material khususX
Jenis karetTidak dijelaskan
Karet setX
Berat90 gram
7
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanPlywood 5 lapis
Material khususX
Jenis karetCepat
Karet set
BeratTidak dijelaskan
6
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanPolymer
Material khusus
Jenis karetTidak dijelaskan
Karet set
BeratTidak dijelaskan
5
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanPlywood 5 lapis
Material khususX
Jenis karetCepat
Karet set
BeratTidak dijelaskan
4
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanTidak dijelaskan
Material khususX
Jenis karetTacky
Karet set
BeratTidak dijelaskan
3
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanPlywood 5 lapis
Material khususArylate-carbon 2 lapis
Jenis karetTidak dijelaskan
Karet setX
Berat89 gram
2
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanPlywood 5 lapis
Material khususX
Jenis karetCepat
Karet set
BeratTidak dijelaskan
1
TipeShake hand
BentukLingkaran
BahanPlywood 3 lapis
Material khususCarbon 2 lapis, crystal 2 lapis
Jenis karetCepat
Karet set
BeratTidak dijelaskan

Tabel perbandingan produk raket tenis meja terbaik

Gambar produk
1
Stiga  Pro Carbon 1

Stiga

2
Butterfly Stayer 3000 1

Butterfly

3
DHS Hurricane 301 1

DHS

4
Butterfly Timo Boll 2000 1

Butterfly

5
DHS R3002 1

DHS

6
Cornilleau Tacteo DUO Pack 1

Cornilleau

7
Butterfly  TBC 202 1

Butterfly

8
Andro Timber 7 Off/S 1

Andro

9
DHS B2-Fang Bo Carbon 1

DHS

10
Nittaku Resist II 1

Nittaku

Nama produk

Pro Carbon

Stayer 3000

Hurricane 301

Timo Boll 2000

R3002

Tacteo DUO Pack

TBC 202

Timber 7 Off/S

B2-Fang Bo Carbon

Resist II

Keunggulan

Pemukul high performance untuk permainan keras, lugas, dan cepat

Bet rakitan dengan kontrol bola yang baik

Range-nya luas dan powerful untuk atlet dengan permainan keras

Bet seri Timo Boll yang dirancang untuk pemain pemula

Performa terbaik untuk permainan cepat

Bet ekonomis yang dijual sepaket

Memakai karet cepat di kedua sisi, tangguh saat menyerang maupun bertahan

Untuk permainan yang mengandalkan power dan kecepatan

Menyerang lawan dengan cepat atau bola loop, semua bisa dilakukan

Bermain bertahan tidak akan cepat lelah dengan raket ini

HargaRp 1.479.000,00Rp 400.000,00Rp 900.000,00Rp 275.000,00Rp 260.000,00Rp 550.000,00Rp 300.000,00Rp 650.000,00Rp 1.012.500,00Rp 630.000,00
TipeShake handShake handShake handShake handShake handShake handShake handShake handShake handShake hand
BentukLingkaranLingkaranLingkaranLingkaranLingkaranLingkaranLingkaranLingkaranLingkaranLingkaran
BahanPlywood 3 lapisPlywood 5 lapisPlywood 5 lapisTidak dijelaskanPlywood 5 lapisPolymerPlywood 5 lapisKayu ayous 5 lapis dan finir 2 lapisPlywood 5 lapisPlywood 5 lapis
Material khususCarbon 2 lapis, crystal 2 lapisX Arylate-carbon 2 lapisXX XXArylate-carbon 2 lapisX
Jenis karetCepatCepatTidak dijelaskanTackyCepatTidak dijelaskanCepatTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan
Karet setXXXX
BeratTidak dijelaskanTidak dijelaskan89 gramTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan90 gram90 gram80 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan tenis meja lainnya di sini

Tenis meja adalah salah satu olahraga yang tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Akan tetapi, selain raket, hal penting lainnya yang harus Anda persiapkan adalah bola tenis meja. Agar Anda mudah untuk membawa bet dan bola, Anda juga dapat melihat tas atau case bet yang kami rekomendasikan.


Selain itu, tenis meja juga merupakan olahraga yang sangat mengandalkan footwork. Untuk menghindari terjadinya cedera saat Anda bermain tenis meja, pastikan Anda menggunakan sepatu yang tepat. Semua yang Anda butuhkan dapat Anda lihat pada produk rekomendasi lainnya di bawah ini. 

Kesimpulan

Anda sudah melihat beberapa produk yang kami rekomendasikan di atas. Anda dapat memilih raket berdasarkan jenis pegangan, karet, maupun bentuknya. Akan tetapi, apabila Anda seorang pemula, menggunakan bet rakitan dari produsen juga sudah cukup untuk dapat bermain.

Sebelum membeli raket tenis meja, ada baiknya Anda mengenali cara bermain Anda terlebih dahulu. Anda juga harus memastikan bahwa bet tersebut nyaman digunakan. Selamat berburu raket dan bermain tenis meja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pada saat Anda bermain tenis, sepatu tenis adalah salah satu item yang penting. Namun, banyaknya produsen sepatu tenis, seperti Yonex, Adidas, Prince, Diadora, dan sebagainya terkadang membuat kita bingung saat memilih sepatu tenis.Untuk itu, kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih sepatu tenis dan rekomendasi sepatu tenis yang dapat Anda beli secara online. Dengan memilih sepatu yang sesuai dengan lapangan tenis dan gaya bermain Anda, permainan tenis Anda akan semakin prima.
    Tenis
    4.864 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Soft tennis adalah olahraga tenis menggunakan soft ball yang populer di kalangan anak sekolah dan wanita. Olahraga ini memerlukan raket khusus yang disebut raket tenis berbobot ringan atau soft racket. Produsen seperti Yonex, HEAD, dan Wilson menyediakan berbagai pilihan raket yang mungkin akan menyulitkan Anda untuk memilih.Oleh karena itu, kami akan membandingkan spesifikasi beberapa soft racket untuk membantu Anda mendapatkan produk yang sesuai. Sebelumnya, kami akan menjelaskan poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih soft racket. Silakan disimak!
    Tenis
    4.035 Views
  • 10 Rekomendasi Case Bat Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Case Bat Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, olahraga tenis meja makin diminati. Untuk bermain tenis meja, tentu Anda akan membutuhkan bat atau pemukul bolanya. Case bat sangat krusial untuk menyimpan dan membawa bat andalan. Bahkan, ada juga case bat yang bisa digunakan untuk menyimpan dua bat sekaligus.Ada banyak jenis case bat yang dapat Anda temui di pasaran seperti keluaran Butterfly, Andro, dan Yazaka. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan beberapa poin yang dapat membantu Anda memilih case bat yang tebaik. Jika Anda mendapatkan case bat berkualitas, Anda juga akan lebih termotivasi untuk berolahraga!
    Tenis
    361 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat dan disimpan dalam bentuk yang ringkas. Banyak produsen sepeda lipat terkenal, seperti Polygon, United Bike, hingga Dahon yang menawarkan beragam model sepeda lipat. Masing-masing produk tentu saja memiliki karakter yang berbeda-beda.Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami akan membahas cara memilih sepeda lipat yang tepat. Simak juga rekomendasi produknya dan temukan sepeda lipat yang sesuai kebutuhan Anda. Daripada berdiam diri saja di rumah, marilah bersepeda untuk jiwa dan raga yang lebih sehat!
    Sepeda
    499.068 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi dalam memilih raket, baik untuk pemula ataupun profesional. Silakan disimak!
    Badminton
    213.356 Views
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ice pack adalah pengganti es batu yang bermanfaat untuk Anda yang sering menyimpan sesuatu pada cooler bag atau cooler box. Terdapat beragam merek ice pack, mulai dari Gabag, Rubbermaid, Coleman, dan lainnya yang beredar di pasaran. Hal ini tentunya akan membuat Anda bingung dalam memilih, bukan?Untuk Anda yang sedang mencari produk ice pack, artikel ini jangan sampai Anda lewatkan. Simak cara memilih ice pack yang tepat dan rekomendasi produknya di bawah ini. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan ice pack yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan outdoor
    19.033 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori