• 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tenis meja adalah olahraga populer di Indonesia yang dimainkan dengan sedikit orang. Hal penting dalam tenis meja adalah bet atau raket tenis meja. Banyaknya produsen, spesifikasi, serta tipe karet, mungkin membuat Anda bingung dalam memilih raket tenis meja yang bagus.


Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih raket tenis meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk raket tenis meja terbaik untuk Anda. Temukan juga sejumlah produk buatan produsen bet tenis meja terkenal, seperti merek Butterfly, DHS, dan Nittaku. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih raket tenis meja

Ada banyak jenis raket tenis meja, baik untuk pemula maupun pemain profesional. Para pemula sebaiknya berhati-hati saat memilih raket karena ada beberapa jenis yang sulit untuk dikontrol. Pilihlah raket tenis meja yang sesuai dengan level permainan Anda.

Ketahui perbedaan pegangan pada jenis shake hand

Jenis pegangan raket tenis meja yang paling sering digunakan adalah jenis shake hand (menggenggam). Jenis pegangan shake hand sangat mudah dikendalikan, bahkan oleh pemula sekalipun. Jadi, apabila Anda ragu untuk memilih pegangan bet, Anda dapat memulai dari jenis shake hand.

Pegangan berbentuk flare, mudah digunakan oleh pemula

Pegangan berbentuk flare, mudah digunakan oleh pemula

Pegangan flare atau handle FL adalah pegangan berbentuk ramping yang melebar pada bagian bawah. Raket tenis meja yang dijual di marketplace Indonesia umumnya memiliki handle flare ini. Jenis handle ini sangat direkomendasikan untuk pemula. Ketika Anda menggenggam bet pertama kali, genggamannya akan terasa pas di tangan. 


Jenis pegangan ini juga mudah digenggam oleh orang bertangan kecil, seperti wanita atau anak-anak. Kekurangannya adalah pukulan yang dihasilkan tidak bertenaga dan tidak cepat. Akan tetapi, Anda dapat mengontrol bola dengan sangat baik ketika menggunakan raket tenis meja ini.

Pegangan lurus, memiliki kekuatan dan kecepatan yang sesuai untuk pria

Pegangan lurus, memiliki kekuatan dan kecepatan yang sesuai untuk pria

Selain handle FL (flare), Anda juga bisa menemukan raket tenis meja dengan handle ST (straight). Raket tenis meja berpegangan lurus ini kami rekomendasikan untuk pemain profesional. Pegangan lurus sangat mudah digenggam oleh Anda yang bertangan besar sehingga cocok untuk pemain pria.


Tidak seperti pegangan flare yang pas di genggaman, pegangan lurus mungkin akan terasa lebih sulit untuk dikontrol. Namun, jika sudah terbiasa, Anda dapat menambah kecepatan dan kekuatan pada bola.

Pegangan anatomis, pas di tangan dan sesuai untuk latihan reli

Pegangan anatomis, pas di tangan dan sesuai untuk latihan reli

Pegangan dengan bentuk anatomis atau bergelombang sangat nyaman di tangan sehingga sempurna untuk melatih reli. Pegangan anatomis berbentuk melebar di bagian bawah seperti pegangan flare, tetapi bergelombang di tengah pegangan


Ketika digenggam, jenis pegangan ini sangat pas di telapak tangan. Jenis pegangan ini pas untuk pemula yang sudah mulai mahir dan dapat memukul lurus bola. Meski demikian, bet jenis ini masih langka ditemukan di marketplace Indonesia.

Pegangan tenaly, pegangan miring untuk para senior

Pegangan tenaly atau yang biasa disebut pistol merupakan pegangan yang berbentuk miring seperti pegangan pistol. Genggaman yang miring akan membuat bet stabil sehingga sesuai untuk pemula yang berusia lanjut. Sekalipun cukup susah untuk mengontrolnya, genggaman yang stabil mampu meningkatkan skill perlahan. 


Harganya yang cukup mahal membuat bet berpegangan tenaly tidak terlalu populer di Indonesia. Namun, apabila memiliki budget lebih dan baru memulai pada usia senja, Anda dapat memilih raket ini.

Cobalah pen holder apabila Anda fokus dengan cara memukul

Cobalah pen holder apabila Anda fokus dengan cara memukul

Raket bertipe pen holder dipegang seperti memegang pena saat menulis. Cara memegang ini mudah dilakukan oleh orang Asia yang menggunakan sumpit untuk makan sehari-hari. Namun, karena budaya di Indonesia tidak demikian, raket jenis ini sulit digunakan. 


Selain itu, raket tipe pen holder juga jarang ditemukan di pasaran. Untuk itu, Anda hanya bisa membelinya di e-commerce luar negeri. Kami merekomendasikan tipe ini untuk Anda yang ingin melatih skill. Ada tiga bentuk pegangan yang dapat Anda pilih berdasarkan cara memukul bola.


  • Gaya Jepang

Pegangan pada bet gaya Jepang cukup menonjol dan karet hanya ditempelkan pada satu sisi saja. Jenis raket ini sesuai untuk Anda yang bermain tanpa menggunakan sisi belakang raket.


  • Gaya Tiongkok

Bet gaya Tiongkok sesuai untuk Anda yang suka menggunakan bagian depan dan belakang bet. Anda dapat menempelkan karet pada kedua sisi bet dengan fungsi yang berbeda. Jenis bet ini sedikit sulit digunakan untuk pemula. Namun, karena merupakan kombinasi bet gaya Jepang dan shake hand, bet ini dapat digunakan sesuai gaya Anda.


  • Gaya pena Jepang terbalik

Gaya ini cocok untuk pemain profesional yang percaya diri dengan teknik permainan. Bet model ini memiliki pegangan yang seperti dipahat. Anda dapat menggunakannya untuk membelokkan bola sekaligus memberi pukulan forehand dan backhand bergantian. Raket tenis meja ini sesuai untuk Anda yang sering berganti teknik bermain.

Cek bentuk raket

Cek bentuk raket

Ada dua bentuk raket tenis meja yaitu lingkaran dan persegi. 

  • Apabila Anda tipe pemain yang mengandalkan kecepatan dan kekuatan, gunakanlah bentuk persegi. 
  • Untuk Anda yang ingin mengontrol raket dengan baik, bentuk lingkaran adalah yang terbaik.

Kebanyakan raket shake hand berbentuk lingkaran. Sementara itu, raket pen holder memiliki bentuk lingkaran, persegi, dan persegi dengan lingkaran di bagian atas. Bentuk persegi cocok untuk memukul dengan pukulan forehand yang cepat.


Apabila ingin mencoba bentuk selain lingkaran, Anda dapat memulai dengan bentuk persegi dengan lingkaran di bagian atas terlebih dahulu. Setelah mahir, Anda dapat menyesuaikan dengan cara memukul. Sayangnya, bet berbentuk persegi masih jarang ditemukan di Indonesia.

Perhatikan bahan raket tenis meja

Bahan raket tenis meja dibedakan tergantung pada banyaknya lapisan dan tipe pelat yang digunakan. Terdapat dua tipe pelat yang biasanya digunakan pada bet, yaitu veneer dan plywood. Anda dapat memilih berdasarkan teknik yang Anda gunakan dan cara Anda memukul bola. 

Veneer: Untuk bola cepat

Veneer: Untuk bola cepat

Veneer, atau finir dalam bahasa Indonesia, merupakan cara pemotongan kayu yang masih terlihat serat kayunya. Pelat finir sering ditemukan pada bet gaya Jepang. Makin banyak pelat yang digunakan, bola umumnya akan makin mudah memantul. Akan tetapi, bola juga akan lebih sulit untuk dikontrol. Pelat finir tunggal dapat menahan pantulan dengan lebih baik sehingga bola mudah dikontrol.

Plywood: Memiliki gaya tangkis tinggi

Plywood: Memiliki gaya tangkis tinggi

Plywood merupakan kayu lapis yang biasanya terdiri dari beberapa lapis kayu. Pada raket tenis meja ada berbagai lapisan plywood, mulai dari 3 lapis, 5 lapis, hingga 7 lapis. Makin banyak lapisan, makin susah untuk mengontrol bola. 


  • Raket dengan tujuh lapis plywood paling susah dikontrol, tetapi sesuai untuk bola cepat
  • Untuk memulai, gunakanlah raket dengan lima lapis plywood
  • Jika ingin menggunakan raket dengan momentum pukulan kecil, Anda dapat memilih plywood tiga lapis

Material spesial: Ideal untuk pemain yang agresif

Material spesial: Ideal untuk pemain yang agresif

Material spesial yang dimaksud adalah karbon, serat kaca, dan titanium yang diapit oleh lapisan kayu. Material-material ini juga populer digunakan pada raket tenis meja. Penggunaan material spesial ini bertujuan untuk mendapatkan gaya tangkis yang tidak diperoleh dari bahan kayu.


Tergantung pada produsennya, material yang berbeda bisa menambah kecepatan bola setelah dipukul. Karena fungsinya yang berbeda, Anda lebih mudah menemukan raket tenis meja yang sesuai.

Cari karet raket tenis meja sesuai gaya permainan Anda

Karet pada bet sangat penting karena berpengaruh pada kualitas pukulan. Pilihlah karet yang sesuai karena tiap karet memiliki kecepatan, kontrol, dan kekuatan membelokkan bola yang berbeda. 

Karet bintik dan anti-spin, untuk bola cepat dan membelokkan

Karet bintik dan anti-spin, untuk bola cepat dan membelokkan

Karet bintik adalah karet empuk dengan bintik-bintik pendek pada permukaan. Karet jenis ini digunakan untuk mempercepat pergerakan bola. Karena kontak antara bola dan permukaan blade kecil, karet ini tidak menghasilkan banyak putaran pada bola.


Sementara itu, karet anti-spin berguna untuk mengurangi gesekan sehingga dapat menerima bola yang berputar keras dengan baik. Karena rotasi bola dari lawan tidak terjadi, Anda dapat mengembalikan bola ke berbagai arah.

Karet cepat dan bintik panjang, untuk spin dan kontrol yang baik

Karet cepat dan bintik panjang, untuk spin dan kontrol yang baik

Karet cepat adalah jenis karet empuk dengan bintik-bintik yang ditempelkan pada permukaan blade. Berbanding terbalik dengan karet bintik, menggunakan karet ini akan membuat bola Anda berputar. Jenis karet ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mampu mengontrol bola dengan baik. 


Sementara itu, karet bintik panjang merupakan karet dengan bintik-bintik panjang pada permukaannya. Karet ini bertujuan untuk mengembalikan bola berputar lawan kembali ke lawan. Karet ini sesuai untuk Anda yang sudah memiliki teknik bermain yang baik.

Pilih bet beserta karet apabila ingin sekadar bermain

Pilih bet beserta karet apabila ingin sekadar bermain

Ketika membeli raket tenis meja, penjual biasanya menjual dua jenis bet, yaitu beserta karet atau hanya blade saja. Apabila Anda tipe orang yang tidak ingin serius terjun di bidang tenis meja, pilihlah bet yang sudah ditempelkan karet. 


Karet yang sejak awal terpasang pada bet biasanya tidak dapat diganti dengan karet lainnya sekalipun rusak. Raket tenis meja dengan karet juga sesuai untuk para pemula. Ketika sudah mulai mahir, Anda dapat membeli blade dan menyesuaikan karet dengan kemampuan.

Pastikan beratnya sesuai untuk Anda

Pastikan beratnya sesuai untuk Anda

Berat raket tenis meja dipengaruhi oleh material, banyak lapisan, dan karet yang digunakan. Berat ideal raket tenis meja untuk setiap individu dapat berbeda. Makin ringan bet tersebut, makin mudah gerakan memukul dilakukan. Namun, apabila merasa hasil pukulan kurang keras, Anda dapat mencoba bet yang lebih berat.

10 Rekomendasi raket tenis meja terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk raket tenis meja terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 15 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Stiga Pro Carbon T1290 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Donic Waldner 500 memiliki angka penjualan tertinggi.

10
BahanPlywood 5 lapis
Material khususArylate-carbon 2 lapis
Jenis karet-
Karet setx
Berat90 g
9
BahanPlywood 5 lapis
Material khusus2 ultra-thin carbon
Jenis karet-
Karet setx
Berat85 g
8
BahanPolymer
Material khususMaterial komposit yang solid
Jenis karetTidak dijelaskan
Karet set
BeratTidak dijelaskan
7
BahanPlywood 5 lapis
Material khususx
Jenis karetCepat
Karet set
BeratTidak dijelaskan
6
BahanTidak dijelaskan
Material khususx
Jenis karetTacky
Karet set
Berat81 g
5

PongoriSet Bat Tennis Meja & Bola Ppr 100 Small Indoor

Mulai dari Rp 120.000,00

BahanPlywood
Material khususx
Jenis karetSlow rubber
Karet set
BeratTidak dijelaskan
4
BahanTidak dijelaskan
Material khususx
Jenis karetButterfly Yuki
Karet set
BeratTidak dijelaskan
3
BahanPlywood 5 lapis
Material khususx
Jenis karetCepat
Karet set
BeratTidak dijelaskan
2
BahanPlywood 5 lapis
Material khusus2 lapis karbon dan thin Limba veneers
Jenis karet-
Karet setx
Berat68 g
1
BahanPlywood 5 lapis
Material khususx
Jenis karetTidak dijelaskan
Karet set
Berat140 g

Tabel perbandingan produk raket tenis meja terbaik

Gambar produk
1
Donic Waldner 1

Donic

2
Yinhe T11s 1

Yinhe

3
Butterfly Stayer 3000 1

Butterfly

4
Butterfly  TBC 302 1

Butterfly

5
Pongori Set Bat Tennis Meja & Bola Ppr 100 Small Indoor 1

Pongori

6
Butterfly Timo Boll 2000 1

Butterfly

7
DHS R3002 1

DHS

8
Cornilleau Nexeo X70 1

Cornilleau

9
Nittaku Tribus Carbon 1

Nittaku

10
DHS B2-Fang Bo Carbon 1

DHS

Nama produk

Waldner

T11s

Stayer 3000

TBC 302

Set Bat Tennis Meja & Bola Ppr 100 Small Indoor

Timo Boll 2000

R3002

Nexeo X70

Tribus Carbon

B2-Fang Bo Carbon

Keunggulan

Ideal untuk pemain tingkat lanjut, baik pemain ofensif maupun defensif

Bobot bet ringan, cocok untuk all out attacker dan spiner

Bet rakitan dengan kontrol bola yang baik

Karet Butterfly Yuki di kedua sisi, menawarkan kemampuan spin yang tinggi

Bet ekonomis yang dijual sepaket, bisa untuk anak dan dewasa

Bet seri Timo Boll yang dirancang untuk pemain pemula

Performa terbaik untuk permainan cepat

Bet outdoor dengan material komposit yang kuat, tahan guncangan, dan cuaca

Ada tiga warna yang bisa dipilih sesuai preferensi

Menyerang lawan dengan cepat atau bola loop, semua bisa dilakukan

Harga mulai dariRp 190.000,00Rp 325.000,00Rp 345.000,00Rp 350.000,00Rp 120.000,00Rp 250.000,00Rp 239.000,00Rp 490.000,00Rp 850.000,00Rp 750.000,00
BahanPlywood 5 lapisPlywood 5 lapisPlywood 5 lapisTidak dijelaskanPlywoodTidak dijelaskanPlywood 5 lapisPolymerPlywood 5 lapisPlywood 5 lapis
Material khususx2 lapis karbon dan thin Limba veneersxxxxxMaterial komposit yang solid2 ultra-thin carbonArylate-carbon 2 lapis
Jenis karetTidak dijelaskan-CepatButterfly YukiSlow rubberTackyCepatTidak dijelaskan--
Karet setxxx
Berat140 g68 gTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan81 gTidak dijelaskanTidak dijelaskan85 g90 g
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan tenis meja lainnya di sini

Tenis meja adalah salah satu olahraga yang tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Nah, selain raket, perlengkapan lain yang harus Anda persiapkan adalah bola tenis meja, case bet, serta sepatu khusus. Klik tautan di bawah ini jika penasaran, ya!

Kesimpulan

Anda sudah melihat beberapa produk yang kami rekomendasikan di atas. Anda dapat memilih raket berdasarkan jenis pegangan, karet, ataupun bahannya. Namun, apabila Anda seorang pemula, menggunakan bet rakitan dari produsen juga sudah cukup untuk bermain.

Sebelum membeli raket tenis meja, ada baiknya mengenali cara bermain terlebih dahulu. Anda juga harus memastikan bahwa bet tersebut nyaman digunakan. Selamat berburu raket dan bermain tenis meja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, tenis menjadi salah satu cabang olahraga yang diminati banyak orang. Mulai dari anak-anak yang beranjak remaja hingga senior, banyak yang menggemari olahraga ini. Jika Anda hendak memulai olahraga tenis, raket tenis adalah perlengkapan yang wajib Anda miliki.Anda mungkin akan kebingungan dengan banyaknya raket yang tersedia dengan spesifikasi yang beragam. Jangan khawatir, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih raket tenis yang bagus. Kami juga akan memberi rekomendasi merek raket tenis terbaik, seperti Yonex, HEAD, dan Wilson. Pilihlah raket yang paling pas dengan kebutuhan Anda!
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Tenis Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pemain tenis, sepatu tenis adalah salah satu item yang penting untuk diperhatikan. Ada banyak produsen sepatu tenis lapangan, seperti adidas, Nike, Wilson, dan sebagainya. Namun, banyaknya merek dan model sepatu tenis mungkin malah membuat Anda bingung untuk memilih.Karena itu, pada artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih sepatu tenis. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi sepatu tenis yang bagus dan mudah didapatkan secara online. Jangan lewatkan informasinya dan pilihlah sepatu tenis yang tepat agar performa permainan Anda meningkat!
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket Tenis Berbobot Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket tenis yang digunakan pria dewasa dan pemain profesional memiliki bobot yang tergolong berat. Untuk pemain pemula, anak-anak, wanita, dan orang tua, diperlukan raket tenis berbobot lebih ringan. Di pasaran Anda akan menemukan beragam jenis raket dengan beragam pula bobotnya.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menunjukkan cara memilih raket tenis berbobot ringan yang bagus. Produk terbaik dari merek Yonex, Decathlon, dan Wilson ada dalam rekomendasi kami. Silakan simak artikel ini sampai habis agar Anda dapat menemukan raket tenis berbobot ringan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Bola Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Tenis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bola tenis adalah bola kecil yang terbuat dari karet dan dilapisi kain khusus berbahan nilon atau wol. Semua bola tenis dibuat dari bahan yang sama. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang membedakan tiap-tiap bola tenis tersebut, salah satunya adalah warna.Agar Anda tidak kebingungan saat memilih bola tenis, kami akan membahas cara memilih bola tenis terbaik. Setelah itu, kami akan merekomendasi sepuluh produk bola tenis dari berbagai merek, seperti Yonex, Wilson, dan Dunlop. Dengan begitu, Anda dapat membandingkan keunggulan dan harga dari setiap produk yang kami rekomendasikan. 
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Net Tenis Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tenis meja merupakan olahraga yang memerlukan net untuk bermain. Net pada olahraga tenis meja berguna sebagai pemisah area tiap-tiap pemain. Selain itu, net tenis meja juga berfungsi mengatur batas minimal tinggi pantulan bola saat bermain. Melihat pentingnya fungsi net pada olahraga tenis meja, Anda sebaiknya tidak salah pilih.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih net tenis meja terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek net tenis meja yang bagus, seperti Butterfly, DHS, dan speeds. Simak artikel ini sampai selesai agar Anda bisa mendapatkan net tenis meja terbaik!
    Tenis
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Tenis meja atau pingpong merupakan cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 hingga 4 orang pemain. Untuk memainkan olahraga ini, dibutuhkan peralatan penunjang seperti meja, net, bola pingpong, dan bet. Selain itu, menggunakan sepatu yang tepat juga sangat penting agar performa pemain lebih maksimal.Kali ini, kami akan membahas cara memilih sepatu tenis meja untuk wanita. Selanjutnya, kami juga akan membagikan rekomendasi produk sepatu tenis meja yang bagus untuk wanita. Berbagai produk sepatu terbaik yang original, seperti dari Xiom, Donic, dan Butterfly, akan kami ulas. Simak artikelnya sampai habis, yuk!
    Tenis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori