• 10 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kotoran yang menempel di kaca mobil terkadang sulit dihilangkan hanya dengan dicuci biasa, contohnya saja bercak hujan, debu, serta lapisan minyak. Untuk membersihkan jenis-jenis kotoran tersebut, gunakanlah pembersih kaca mobil. Terdapat beragam jenis pembersih untuk kaca mobil bagian dalam dan luar baik dalam bentuk cairan maupun lembaran.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pembersih kaca mobil yang tepat sekaligus merekomendasikan beberapa produk populer dari merek Kit, Meguiars, dan lainnya. Pastikan Anda menemukan pembersih yang dapat membuat kaca mobil Anda tampak seperti mobil baru!
  • Pembaharuan terakhir: 17 Juli 2020
  • 10.533 Views
Daftar isi

Mengapa Anda membutuhkan pembersih kaca mobil? Apakah tidak bisa menggunakan alat seadanya di rumah?

Mengapa Anda membutuhkan pembersih kaca mobil? Apakah tidak bisa menggunakan alat seadanya di rumah?
Apakah Anda berpikir kaca mobil dapat dibersihkan hanya dengan air atau handuk basah saja? Bagaimanapun juga, noda di kaca mobil muncul karena adanya lapisan minyak dan bercak hujan. Noda-noda ini tidak dapat hilang jika hanya dibersihkan dengan cara dilap atau menggunakan air.
Biasanya, orang menggunakan pembersih kaca hanya untuk membersihkan kaca di rumah saja. Namun, jenis pembersih kaca biasa umumnya tidak mampu menghilangkan lapisan minyak. Di sisi lain, pembersih kaca khusus mobil dapat menghilangkan lapisan minyak dan kotoran yang menempel di kaca tanpa meninggalkan bekas gores.
Kaca yang kotor tidak hanya sulit dilihat secara kasatmata, tetapi juga sangat berbahaya karena dapat mengganggu penglihatan saat hujan turun. Demi alasan keselamatan juga untuk memperindah penampilan mobil Anda, gunakanlah pembersih kaca khusus mobil.

Cara memilih pembersih kaca khusus mobil

Pertama-tama, kami akan membagikan tips cara memilih pembersih kaca khusus mobil.

Pilih berdasarkan jenis kotoran yang ingin Anda hilangkan

Meskipun sepintas kaca mobil Anda terlihat bersih, jenis kotoran yang menempel di kaca bagian dalam dan luar mobil tidaklah sama. Untuk itu, pilihlah pembersih berdasarkan kaca mobil bagian mana yang ingin dibersihkan dan jenis kotoran yang ingin Anda hilangkan.

Gunakan alkohol untuk menghilangkan kotoran, debu, dan noda rokok

Gunakan alkohol untuk menghilangkan kotoran, debu, dan noda rokok
Untuk menghilangkan kotoran ringan, kami merekomendasikan produk berbahan alkohol. Salah satu kelebihan alkohol sebagai pembersih adalah dapat membersihkan noda secara merata dan tidak meninggalkan bekas gores saat dibersihkan. Tipe ini adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan noda dan kotoran jenis bercak air di bagian dalam dan luar kaca mobil.
Selain itu, alkohol sangat efektif untuk menghilangkan kotoran seperti debu dan minyak, serta noda bekas rokok. Karena sifatnya yang cepat kering, kotoran jadi tidak mudah tertinggal di kaca. Alkohol juga dapat menghindari bercak putih saat pembersihan dan membuat kaca terlihat lebih jelas setiap saat.

Untuk membersihkan noda oli dan bercak air, pakailah cairan pelarut dan detergen

Untuk membersihkan noda oli dan bercak air, pakailah cairan pelarut dan detergen
Untuk jenis noda seperti bercak air dan minyak oli, gunakanlah cairan pembersih yang dapat larut dalam minyak dan surfaktan. Bahan pembersih ini tentunya juga efektif membersihkan kotoran padat di kaca mobil.
Tidak seperti jenis pembersih yang hanya memberikan efek bersih sementara, jenis minyak dan kotoran bisa dihilangkan dengan bantuan dari bahan pelarut dan detergen. Anda dapat membersihkan langsung dari permukaan kaca. Kami sangat merekomendasikan produk yang dapat langsung mengangkat minyak dalam sekali usap.

Untuk kotoran yang membandel, pilih jenis kompon

Untuk kotoran yang membandel, pilih jenis kompon
Jika Anda ingin menghilangkan kotoran membandel seperti noda minyak atau kotoran burung, pilihlah produk berbahan kompon. Kompon adalah senyawa kimia yang memiliki sifat mengelupas atau mengikis, serta berguna untuk menghilangkan kotoran saat digosokkan ke kaca.
Kompon terbilang efektif untuk jenis kotoran yang tidak dapat dihilangkan dengan pembersih kaca lainnya, seperti bercak air yang sudah menahun atau lapisan kaca (glass coating) yang sudah lama.
Namun, jika pembersihan dilakukan terlalu sering, hal itu dapat berisiko meninggalkan bekas gores di permukaan kaca. Jadi bersihkanlah kaca sesuai petunjuk penggunaan.

Pilih pembersih yang sesuai dengan kebutuhan

Terdapat dua jenis pembersih kaca yaitu cairan dan lembaran. Kami akan mengenalkan kelebihan dari masing-masing jenis ini. Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis lembaran: praktis dan mudah digunakan kapan saja

Jenis lembaran: praktis dan mudah digunakan kapan saja
Jenis lembaran merupakan jenis yang paling mudah digunakan. Karena pembersihnya sudah meresap di dalam lembaran, Anda tinggal membuka bungkusnya, lalu langsung usapkan ke kaca mobil untuk menghilangkan kotoran yang ada.
Beberapa produk dapat juga digunakan untuk membersihkan dashboard. Namun, pembersih jenis lembaran tidak dapat membersihkan kotoran membandel. Jenis ini hanya cocok untuk membersihkan kotoran-kotoran ringan di dalam mobil.
Sayangnya, jenis pembersih ini masih sulit ditemukan di toko online di Indonesia. Anda mungkin bisa mencarinya di toko-toko barang impor atau sejenisnya.

Jenis cairan: cocok untuk Anda yang ingin langsung menghilangkan kotoran

Jenis cairan: cocok untuk Anda yang ingin langsung menghilangkan kotoran
Jika Anda ingin membersihkan kaca dengan baik, pilihlah pembersih jenis cairan. Pembersih jenis cairan, baik yang berbentuk botol maupun spray, akan bersentuhan langsung dengan kotoran sehingga mampu membersihkan lebih maksimal. Anda memang membutuhkan kain, spons, atau sarung tangan untuk mengelap kaca dengan pembersih ini. Namun, pembersih jenis cairan jauh lebih efektif menghilangkan kotoran membandel dibandingkan jenis lembaran.
Di samping itu, tipe ini biasa dijual dalam bentuk botol penyemprot sekaligus dengan spons. Produk semacam ini sangat berguna untuk Anda yang ingin membersihkan kotoran tanpa mengotori tangan.

Pilih produk yang mengandung bahan coating untuk mencegah kotoran menempel

Pilih produk yang mengandung bahan coating untuk mencegah kotoran menempel
Apabila kotoran atau noda di permukaan kaca bisa dicegah, perawatan akan menjadi lebih mudah. Untuk menjaga kaca mobil tetap bersih dalam waktu lama setelah dibersihkan, pilihlah produk yang mengandung bahan coating.
Selain itu, untuk menghindari bercak air hujan, kami rekomendasikan pembersih yang mengandung bahan resin dan silikon. Kemudian, untuk menghindari kotoran membandel seperti kerak atau jamur, carilah pembersih yang mengandung bahan glycol ether. Kandungan tersebut mampu mencegah kotoran menempel di kaca sehingga lebih mudah dibersihkan.

10 Rekomendasi pembersih kaca untuk mobil

Berikut ini adalah beberapa pembersih kaca terbaik yang kami rekomendasikan. Silakan memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
Digunakan untukKaca dalam & luar mobil
Fungsi lainnyaMembersihkan kotoran akibat asap knalpot dan air hujan
JenisCairan (spray)
Digunakan untukKaca luar mobil
Fungsi lainnyaMembersihkan noda oksidasi dan memoles kaca
JenisCairan
Digunakan untukKaca luar mobil
Fungsi lainnyaMelindungi dari kotoran akibat serangga, lumpur, debu, dan lainnya
JenisCairan
Digunakan untukKaca dalam & luar mobil
Fungsi lainnyaMembersihkan noda ringan di kaca gedung dan lainnya
JenisCairan (oles)

6. Meguiars Glass Science Rain Clear Glass Cleaner & Repellent by Unelco

Rp 110.000,00

Digunakan untukKaca dalam & luar mobil
Fungsi lainnyaMembersihkan sekaligus melindungi permukaan kaca dan plastik
JenisCairan (spray)
Digunakan untukKaca dalam & luar mobil
Fungsi lainnyaMembersihkan noda cat, minyak, tetesan air, dan lainnya
JenisCairan
Digunakan untukKaca luar mobil
Fungsi lainnyaMembersihkan noda serangga dan kotoran
JenisCairan (spray)
Digunakan untukKaca dalam & luar mobil, dashboard, jok, karpet, mesin, ban, velg
Fungsi lainnyaMembersihkan noda membandel di seluruh bagian eksterior dan interior mobil
JenisCairan (spray)
Digunakan untukKaca dalam & luar mobil
Fungsi lainnyaMembersihkan debu berat, oli, kotoran, dan lainnya
JenisCairan (spray)
Digunakan untukKaca dalam & luar mobil
Fungsi lainnyaMembersihkan noda akibat getah pohon, kabut, debu jalanan, abu rokok, kotoran burung, dan lainnya
JenisCairan (spray)

Pelajari cara mudah menggunakan pembersih kaca mobil

Pelajari cara mudah menggunakan pembersih kaca mobil
Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan pembersih kaca untuk mobil, mungkin Anda masih kurang paham dengan cara penggunaannya. Cobalah tips berikut ini untuk membersihkan kaca mobil lebih baik.
Pertama-tama, cucilah mobil Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan pembersih kaca. Akan lebih efektif jika Anda mencuci mobil menggunakan sampo khusus mobil sebelum menggunakan pembersih kaca.
Sangat penting untuk menggunakan pembersih kaca sesuai dengan kotoran yang ingin dibersihkan. Gunakan kompon untuk membersihkan lapisan minyak dan alkohol untuk menghapus bekas sidik jari. Setelah menggunakan pembersih kaca, usaplah kaca menggunakan handuk kering untuk hasil yang benar-benar bersih. Ikuti langkah-langkah di atas bagi Anda yang baru pertama kali membersihkan kaca mobil dengan pembersih.

Baca juga rekomendasi produk perawatan mobil lainnya di sini!

Menghilangkan noda di kaca mobil tentu membuat mobil Anda senantiasa terlihat indah bak mobil baru. Namun, tidak sampai di situ saja, Anda pun harus merawat kilau dan warna mobil Anda menggunakan sampo mobil, produk penghilang goresan mobil, dan pelindung cat mobil yang pas. Simak artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah mengenalkan dan merekomendasikan pembersih kaca untuk mobil. Bagaimana menurut Anda?
Kaca mobil yang bersih dan jernih dapat meningkatkan keamanan saat menyetir, juga dapat membuat mobil Anda terlihat lebih menarik. Tentunya, produk pembersih kaca yang tepat akan membuat hari-hari berkendara Anda lebih baik, bukan? Jadi, ayo jaga kaca mobil favorit Anda dengan pembersih kaca khusus mobil!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    94.232 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Mobil & motor
    72.347 Views
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    Oli mesin sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, ternyata banyak sekali jenis oli mesin di pasaran. Manakah oli yang tepat untuk mobil Anda?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mesin terbaik, seperti Shell, Castrol, atau Pertamina, serta menjelaskan bagaimana cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Jadi, jangan lewatkan dan simak baik-baik artikel di bawah ini!
    Mobil & motor
    28.539 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Namun, ada begitu banyak produk berkualitas di pasaran seperti merek Mothers, Meguiar's, dan Turtle Wax. Mungkin Anda jadi sedikit bingung menentukan pilihan, bukan?Untuk itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk penghilang goresan mobil berjenis compound, wax, serta touch pen. Sebelumnya, simak cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    54.544 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Dengan adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana, pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, Kenwood dan lainnya. Mari temukan speaker mobil yang pas untuk menemani Anda berkendara!
    Mobil & motor
    10.376 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    33.551 Views
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sarung tangan motor menjadi barang penting saat berkendaraan karena dapat melindungi tangan jika terjadi kecelakaan. Banyak produk berbahan kulit dan neoprene yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada juga tipe pendek, panjang, balap, dan off-road yang bisa Anda pilih.Anda tidak perlu bingung dengan ragam sarung tangan yang ada di pasaran. Kami akan membantu Anda menentukan pilihan dengan merekomendasikan produk terbaik, seperti Eiger, Fox, Respiro, Madbike, dan Scoyco. Simak tips cara memilih untuk mengetahui tipe yang cocok untuk Anda. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan sarung tangan terbaik Anda!
    Mobil & motor
    21.156 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori