mybest
Oil

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan badan
  4. 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)

Banyak orang masih enggan mencoba face oil. Padahal, face oil punya banyak manfaat, bahkan untuk kulit berminyak, lho. Untuk menemukan face oil yang tepat, Anda hanya perlu memilih berdasarkan kebutuhan kulit Anda.


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih face oil yang bagus. Berbagai rekomendasi merek face oil terbaik, seperti Haple, SOMETHINC, dan OASEA ada di sini. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Dian Pratiwi. Penasaran dengan face oil? Yuk, simak ulasannya!

Diperbaharui 14/07/2023
dr. Dian Pratiwi
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Lanjut membaca
Ucha Candra
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ucha Candra

Ucha Candra, atau akrab dipanggil Ucha, adalah konten kreator yang sering membuat konten review produk-produk skincare di akun Instagram miliknya. Lulusan Universitas Brawijaya jurusan Sastra Jepang ini bergabung dengan mybest Indonesia sejak 2017. Selain menjadi content writer, kecintaannya pada dunia tulis-menulis mengantarkannya menjadi editor konten-konten skincare mybest Indonesia. Kesempatan ini membawanya untuk meng-explore hobinya lebih jauh, yakni dunia skincare dan fashion.

Profil Ucha Candra
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Mengenal face oil

Sebelum menjelaskan cara memilih dan mengulas produk face oil, kami akan menguraikan tentang apa itu face oil dan manfaatnya. Disimak, ya.

Apa itu face oil dan apa saja manfaatnya?

Apa itu face oil dan apa saja manfaatnya?

Facial oil atau face oil adalah minyak perawatan wajah dengan kandungan minyak esensial yang berasal dari tumbuhan. Asam lemak esensial inilah yang berfungsi menjaga sel-sel dari kerusakan dan mempertahankan elastisitas kulit.


Face oil bisa digunakan oleh semua jenis wajah, baik yang kering hingga berminyak. Manfaat face oil untuk wajah juga sangat banyak, di antaranya:

  • Bekerja sebagai emolien yang mengunci kelembapan, menghidrasi, dan menutrisi kulit
  • Membantu mengontrol produksi minyak
  • Membantu mengurangi munculnya kerutan dengan kandungan antioksidannya
  • Melindungi kulit dengan memperkuat skin barrier
  • Mengatasi beragam masalah kulit, seperti jerawat, kemerahan, dan pori-pori besar
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Selain berfungsi sebagai pelembap, face oil juga mempunyai manfaat sebagai berikut:

  • Membantu toleransi kulit lebih baik. Gunakan face oil di malam hari sebelum krim malam yang mengandung bahan-bahan yang risiko iritatif (retinol, AHA, BHA). Dengan demikian, kulit dapat beradaptasi lebih nyaman, dan risiko iritasi berkurang.
  • Membantu penyerapan bahan aktif krim lain. Menggunakan face oil sebelum krim malam akan membuat penyerapan bahan aktif krim lebih baik dan lebih dalam.
  • Sebagai sumber bahan aktif natural. Face oil mengandung berbagai minyak nabati yang merupakan sumber asam lemak esensial (asam linoleat, asam oleat, dan lain lain). Selain itu, sumber konstituen aktif yang ada dalam essential oil dapat bersifat anti-aging, brightening, anti-inflamasi, dan lain-lain. 

Perbedaan face oil dengan face serum

Perbedaan face oil dengan face serum

Sekilas, face oil dan face serum memiliki tampilan yang mirip. Namun, dua skincare ini punya perbedaan, baik dari segi tekstur maupun fungsi. Berikut perbedaan face oil dan face serum.


  • Ukuran molekul

Ukuran molekul face oil umumnya lebih besar dari serum dan hanya menembus lapisan kulit terluar. Itulah mengapa, face oil cocok digunakan sebagai pelembap. Sementara itu, face serum memiliki molekul yang sangat kecil sehingga mampu menembus lapisan kulit terdalam.


  • Fungsi

Face oil dirancang untuk melembapkan, menghidrasi, serta menjaga keseimbangan kulit wajah. Tingkat kelembapan yang baik merupakan kunci dalam menjaga kesehatan kulit serta memaksimalkan penyerapan nutrisi untuk kulit. Sementara itu, face serum bekerja lebih aktif untuk mengatasi masalah kulit intensif.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih face oil

Skincare oil bisa digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit berminyak sekalipun. Lalu, bagaimana memilih produk face oil terbaik? Apa saja rekomendasi face oil lokal? Kami akan ulas selengkapnya di bawah ini!

1

Pilih face oil sesuai dengan kebutuhan kulit Anda

Pilih face oil sesuai dengan kebutuhan kulit Anda

Face oil memiliki kandungan fatty acid yang disebut oleic acid dan linoleic acidKedua jenis fatty acid inilah yang menentukan apakah face oil pilihan Anda sudah tepat. Oleic acid berfungsi mengunci kelembapan, sementara linoleic acid berfungsi mengurangi kelebihan sebum. 


Untuk lebih mudahnya, simak cara memilih dari kami berikut ini:

  • Face oil untuk kulit normal

Kulit normal memiliki kadar air dan minyak serta linoleic acid dan oleic acid yang seimbang. Untuk merawat kulit normal, Anda bisa memilih jojoba oil, tamanu oil, dan argan oil.


  • Face oil untuk kulit berminyak

Kulit berminyak memiliki kadar linoleic acid yang rendah sehingga memerlukan face oil dengan kandungan linoleic acid tinggi. Rekomendasi face oil untuk kulit berminyak di antaranya grapeseed oil, calendula oil, dan rosehip oill. Untuk kulit berminyak, pilihlah face oil bertekstur ringan yang cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket.


  • Face oil untuk kulit kering

Berbanding terbalik dengan kulit berminyak, kulit kering memiliki kadar oleic acid yang rendah. Face oil yang direkomendasikan, yaitu avocado oil, macadamia oil, dan apricot kernel oil. Face oil ini cenderung punya tekstur thick yang sangat lembap.


  • Face oil untuk kulit sensitif

Kulit sensitif rentan iritasi dan kemerahan. Salah satu face oil terbaik untuk kulit sensitif adalah camellia oil dan evening primrose oil. Face oil ini mengandung antioksidan serta asam lemak yang berguna melembapkan, melembutkan, dan menenangkan kulit sensitif.


  • Face oil untuk kulit berjerawat

Kulit berjerawat sangat cocok dengan face oil yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. Untuk kulit acne-prone, pilihlah face oil dari tea tree oil, squalane, dan rosehip oil. Kandungan ini membantu melawan jerawat dengan tekstur yang ringan sekaligus mengontrol produksi sebum.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kulit normal, Anda dapat memilih face oil dengan kandungan yang balanced antara asam linoleat dan asam oleat, misalnya tamanu dan baobab oil. Pilih yang teksturnya ringan dan cepat menyerap sehingga nyaman digunakan sehari-hari.


Untuk kulit berminyak, sebaiknya memilih face oil yang teksturnya ringan, tipis, cepat menyerap, dan nonkomedogenik. Pilih minyak nabati yang kaya kandungan asam linoleat, misalnya rosehip, grapeseed, hempseed, dan safflower seed oil.


Untuk kulit kering, sebaiknya menggunakan face oil yang kaya kandungan asam oleat, misalnya argan, marula, sea buckthorn, dan neem oil. Khusus untuk kulit yang sangat kering, Anda dapat memilih almond, olive, avocado oil, dan VCO. Anda bahkan dapat memilih face oil yang memiliki kandungan plant butter, seperti shea butter dan cocoa/mango butter yang kaya asam palmitat.


Tips penting untuk kulit sensitif adalah selalu melakukan patch test sebelum menggunakan produk skin care termasuk face oil. Oleskan sedikit face oil di belakang telinga dan tunggu setelah 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi. Pilih face oil yang mengandung minyak nabati atau essential oil yang bersifat anti-inflamasi, misalnya moringa atau marula oil, serta essential oil lavender, frankincense, dan helichrysum.


Untuk kulit berjerawat, pilih face oil yang minyak nabatinya bersifat nonkomedogenik dan tipis/ringan, seperti rosehip dan grapeseed oil. Lalu pilih juga yang mengandung essential oil maupun bahan herbal lain yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi, misalnya tea tree oil dan calendula. Jojoba oil yang strukturnya mirip sebum juga sesuai untuk kulit acne karena akan mengurangi produksi sebum alami di kulit.


Pemilihan face oil pada kulit kombinasi sedikit lebih sulit daripada kulit lainnya. Secara umum, pemilik kulit kombinasi dapat mengikuti panduan pemilihan face oil untuk kulit normal. Anda dapat memilih face oil dengan kandungan yang balanced antara asam linoleat dan asam oleat, misalnya tamanu dan baobab oil.


Bila kesulitan menemukan yang nyaman untuk seluruh wajah, Anda dapat memilih dan menggunakan face oil untuk area kulit wajah yang kering saja, misalnya di pipi. Hindari penggunaan pada area oily di T-zone.

2

Periksa komposisi face oil

Periksa komposisi face oil

Ada dua jenis face oil yang beredar di pasaran, yaitu yang komposisinya hanya satu bahan dan face oil yang digabungkan dengan bahan lainFace oil dengan single ingredients umumnya bisa dikombinasikan dengan face oil lain. Sementara itu, face oil yang mengandung beberapa bahan sekaligus biasanya tidak memberikan tips untuk mencampur face oil lain.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Selain bermanfaat untuk relaksasi karena wanginya, essential oil dalam face oil juga memiliki berbagai manfaat tambahan sesuai konstituen yang dikandung. Manfaat tambahan tersebut misalnya efek anti-inflamasi, anti-aging, dan lain-lain. Essential oil akan bekerja sinergis dengan minyak nabati dan bahan herbal lain yang terkandung dalam face oil untuk mengoptimalkan kinerja face oil di kulit.

3

Ketahui proses pembuatan face oil Anda

Ketahui proses pembuatan face oil Anda

Selain bahan face oil, ada baiknya Anda juga memahami proses pembuatan face oil pilihan Anda. Ada dua jenis proses pembuatan face oil, yaitu cold-pressed dan steamed distilled.


Metode cold-pressed merupakan metode paling baik untuk menghasilkan face oil tanpa proses pemanasan. Metode ini membuat hasil minyak tidak kehilangan nutrisi serta antioksidan yang dimiliki. Selain metode cold-pressed, metode steamed distilled juga dikenal baik dalam menjaga nutrisi face oil.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Perhatikan komposisi face oil yang ada di label kemasan. Minyak nabati yang baik umumnya diperoleh secara cold-pressed tanpa proses kimia atau pemanasan. Sementara itu, essential oil yang dapat diperoleh secara cold-pressed ataupun steam-distilled berdasarkan jenisnya. Perhatikan juga tambahan bahan herbal lainnya.


Selain itu, hal terpenting adalah pastikan face oil yang digunakan sudah memiliki ijin edar dari BPOM, ya!

4

Perhatikan cara penyimpanan yang tepat

Perhatikan cara penyimpanan yang tepat

Face oil terdiri dari konsentrat bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini sensitif terhadap cahaya, udara, dan suhu panas yang paparannya dapat menurunkan efektivitas face oil Anda.


Pilihlah face oil yang dikemas dalam botol berwarna gelap atau opaque yang bisa menghalangi cahaya matahari mengenai isinya. Kemudian, simpan face oil dalam ruangan yang tidak terkena suhu panas dan cahaya langsung. Setelah dibuka, pastikan kemasannya tertutup rapat untuk menghindari kontaminasi udara.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Penyimpanan face oil yang baik akan membuat kualitas kandungan minyak nabati dan essential oil di dalamnya bertahan lebih lama. Pilih face oil yang dikemas dalam botol kaca amber atau gelap yang akan membuatnya lebih tahan terhadap cahaya atau sinar matahari.


Jauhkan dari tempat yang terlalu panas. Selain itu, karena beberapa konstituen essential oil tertentu dapat menguap, pastikan selalu menutup rapat botol face oil setelah digunakan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi face oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk face oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK. 
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

SOMETHINC

BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum

SOMETHINC BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum 1

Rp89.000

Agak Murah

Alternatif retinol untuk semua jenis kulit termasuk bumil dan busui

2

Haple

Grapeseed Oil

Haple Grapeseed Oil  1

Rp49.000

Lebih Murah

Atasi beragam masalah kulit berminyak

3

Bio Beauty Lab

Luxurious Facial Oil Serum

Bio Beauty Lab Luxurious Facial Oil Serum 1

Rp120.000

Menengah

Face oil yang bisa meningkatkan produksi kolagen

4

The Bath Box

Rose Drops Brightening Facial Oil

The Bath Box Rose Drops Brightening Facial Oil 1

Rp158.000

Agak Mahal

Dapatkan wajah lebih cerah dan halus dalam 20 hari!

5

SKINTIFIC

Barrier Booster Facial Oil

SKINTIFIC Barrier Booster Facial Oil 1

Rp179.000

Agak Mahal

Intensif memperbaiki pertahanan kulit yang rusak

6

Studio Tropik

Studio Tropik x Archangela Chelsea: Glaze Skin Precious Oil

Studio Tropik Studio Tropik x Archangela Chelsea: Glaze Skin Precious Oil 1

Rp99.000

Menengah

Dapat dipakai sebagai skincare sekaligus primer makeup!

7

Natur

Miracle Face Oil Serum Tea Tree Oil & Jojoba Oil

Natur Miracle Face Oil Serum Tea Tree Oil & Jojoba Oil 1

Rp140.000

Menengah

Face oil serum untuk mengobati jerawat

8

KLEVERU

Ceramide Glow Organic Face Oil

KLEVERU Ceramide Glow Organic Face Oil 1

Rp59.940

Agak Murah

Kaya akan bahan alami untuk mencerahkan kulit

9

Wardah

Crystallure Supreme Revitalizing Oil Serum

Wardah Crystallure Supreme Revitalizing Oil Serum 1

Rp265.000

Lebih Mahal

Nutrisi ekstra untuk melawan tanda penuaan

10

Oasea

Oceanus Squalane + Salicylic Acne Control Face Oil Serum

Oasea Oceanus Squalane + Salicylic Acne Control Face Oil Serum 1

Rp100.000

Menengah

Face oil serum dual-phase pertama di Indonesia, teksturnya sangat ringan!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SOMETHINCBAKUCHIOL Skinpair Oil Serum

BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum 1
Sumber: somethinc.com
Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah

Alternatif retinol untuk semua jenis kulit termasuk bumil dan busui

Kelebihan:

  • Harganya cukup terjangkau
  • Boleh dipakai oleh remaja, bumil, dan busui

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa aroma alaminya kurang menyenangkan


Retinol dikenal sebagai salah satu bahan aktif antiaging yang sangat efektif. Sayangnya, retinol cukup sensitif untuk beberapa orang serta tidak dianjurkan dipakai oleh bumil dan busui. Nah, kini ada retinol alternatif berbahan vegan yang bisa digunakan siapa pun, yaitu bakuchiol!


Bakuchiol punya manfaat yang sama seperti retinol, tetapi aman untuk semua jenis kulit dan bahkan bisa digunakan sejak usia 12 tahun. Jika retinol tidak dianjurkan pada siang hari, bakuchiol bisa Anda pakai kapan saja. Bakuchiol bekerja sebagai antioksidan, anti-inflammatory, menstimulasi collagen, dan memperbaiki tekstur kulit.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

HapleGrapeseed Oil

Harga referensi
Rp49.000
Lebih Murah

Atasi beragam masalah kulit berminyak

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau
  • Dapat dipakai pada kulit kepala dan rambut

Kekurangan:

  • Tekturnya dirasa thick oleh beberapa pengguna

Jika Anda mencari brand face oil dengan banyak varian, kami rekomendasikan Haple. Brand skincare natural ini menyediakan dua belas varian face oil dengan komposisi tunggal. Anda bebas mengombinasikan face oil Haple sesuai kebutuhan kulit Anda.


Salah satu varian face oil tersebut adalah Grapeseed Oil. Face oil ini dapat mengatasi masalah kulit berminyak, mulai dari jerawat, pori-pori besar, dan mengontrol produksi minyak. Selain itu, face oil noncomedogenic ini juga mampu menyamarkan bekas jerawat dan mengatasi blackheads. Face oil ini cocok untuk pemilik kulit berminyak, acne-prone, dan sensitif.

No.3

Bio Beauty LabLuxurious Facial Oil Serum

Harga referensi
Rp120.000
Menengah

Face oil yang bisa meningkatkan produksi kolagen

Salah satu cara untuk melawan tanda penuaan adalah dengan meningkatkan kolagen pada kulit. Untuk Anda yang ingin melawan tanda penuaan, cobalah face oil dari Bio Beauty Lab. Face oil ini menggunakan ingredients utama squalane oil yang melembapkan, memperlambat proses penuaan, mencerahkan, serta meningkatkan produksi kolagen.


Kandungan squalane juga dipercaya bagus untuk memperbaiki skin barrier kulit. Tekstur face oil-nya ringan, cepat menyerap, dan tidak greasy. Produk ini sangat cocok dipakai bersama face roller.

No.4

The Bath BoxRose Drops Brightening Facial Oil

Harga referensi
Rp158.000
Agak Mahal

Dapatkan wajah lebih cerah dan halus dalam 20 hari!

Kelebihan:

  • Manfaatnya multifungsi bisa menghidrasi, merawat kulit berjerawat, antiaging, dan mencerahkan

Kekurangan:

  • Teksturnya sedikit thick dan aroma mawarnya cukup kuat

Punya masalah wajah kusam dan kasar? Facial oil The Bath Box bisa jadi solusi Anda. Rose Drops Brightening Facial Oil ini menjamin kulit Anda akan lebih cerah dalam 20 hari. 


Selain memberikan hasil kulit yang lebih cerah, face oil ini juga mampu mengurangi melasma serta flek hitam. Face oil ini juga menyimpan manfaat antioksidan sehingga cocok untuk Anda yang kerap terpapar polusi dan sinar UV. Dengan pemakaian teratur, tekstur kulit Anda akan berangsur-angsur membaik dan bebas kusam.

No.5

SKINTIFICBarrier Booster Facial Oil

Harga referensi
Rp179.000
Agak Mahal

Intensif memperbaiki pertahanan kulit yang rusak

Kelebihan:

  • Bisa dipakai untuk wajah, badan, dan rambut
  • Teksturnya ringan dan tidak lengket
  • Bebas alkohol, paraben, mineral oil, dan pewarna

Kekurangan:

  • Untuk ukuran 10 ml, harganya terbilang pricey

Untuk Anda yang bermasalah dengan kulit kering, bertekstur, dan kemerahan, kami merekomendasikan face oil SKINTIFIC. Facial oil untuk kulit kering ini bisa menghidrasi, melembutkan, menenangkan kulit, dan memperbaiki skin barrier secara intensif. 


Untuk masalah beruntusan, face oil ini juga bisa membantu memulihkan beruntusan Anda. Selain dipakai pada wajah, Anda bisa mencampur face oil ini dengan body lotion, lho. Bahkan, Anda juga bisa menjadikan face oil ini sebagai DIY mask.

No.6

Studio TropikStudio Tropik x Archangela Chelsea: Glaze Skin Precious Oil

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Dapat dipakai sebagai skincare sekaligus primer makeup!

Kelebihan:

  • Berfungsi sebagai skincare dan makeup complexion booster
  • Bebas alkohol dan pewangi

Kekurangan:

  • Perlu cermat dalam takaran pemakaiannya karena jika terlalu banyak malah akan mengganggu makeup

Rekomendasi face oil berikut cocok untuk Anda yang suka makeup. Face oil Studio Tropik dirancang khusus sebagai complexion booster untuk menghasilkan makeup yang lebih nempel dan antigeser. Dengan face oil ini, Anda juga bisa membuat glaze skin effect dengan lebih effortless!


Face oil ini bisa dipakai bersama toner atau moisturizer dengan teknik scramble. Bisa juga dicampur dengan foundation atau dipakai sebagai single product. Sebagai skincare, superfood ingredients-nya kaya akan antioksidan untuk mencerahkan dan menjaga keremajaan kulit.

No.7

NaturMiracle Face Oil Serum Tea Tree Oil & Jojoba Oil

Harga referensi
Rp140.000
Menengah

Face oil serum untuk mengobati jerawat

Kelebihan:

  • Bebas alkohol, pewangi, paraben dan bahan iritan
  • Tekstur ringan dan mudah meresap

Kekurangan:

  • Aroma tea tree oil-nya cukup kuat sehingga dianggap mengganggu bagi beberapa pengguna

Selain terkenal dengan produk perawatan rambut, Natur juga mengeluarkan lini skincare, yaitu face oil. Produk ini terdiri dari tiga varian. Salah satunya variannya, Miracle Face Oil Serum Tea Tree Oil & Jojoba Oil, ditujukan untuk kulit berjerawat.


Face oil ini memiliki formula ringan tanpa kandungan alkohol, pewangi, paraben, dan bahan yang memicu iritasi. Tea tree dan jojoba oil-nya membersihkan pori-pori dari bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan. Hasilnya, jerawat akan mengempis tanpa efek kering, gatal, maupun iritasi.

No.8

KLEVERUCeramide Glow Organic Face Oil

Harga referensi
Rp59.940
Agak Murah

Kaya akan bahan alami untuk mencerahkan kulit

Kelebihan:

  • Bersertifikat organik, diklaim ramah untuk kulit sensitif, ibu hamil, dan menyusui

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa tekstur oil-nya cukup greasy sehingga lebih cocok untuk kulit sangat kering dan dipakai malam hari

Punya masalah dengan kulit kusam? Cobalah KLEVERU. Face oil yang satu ini diperkaya dengan 17 ingredients yang dapat mencerahkan, memperbaiki tekstur, dan membuat kulit lebih glowing.


Perpaduan bahannya tersebut diklaim mampu memelihara skin barrier, memudarkan bekas jerawat, mempercepat regenerasi kulit, dan mengurangi inflamasi. Formulanya juga lembut untuk kulit sensitif, ibu hamil dan ibu menyusui.

No.9

WardahCrystallure Supreme Revitalizing Oil Serum

Harga referensi
Rp265.000
Lebih Mahal

Nutrisi ekstra untuk melawan tanda penuaan

Kelebihan:

  • Formulanya noncomedogenic dan nonacnegenic
  • Teksturnya ringan dan cepat menyerap

Kekurangan:

  • Mengandung fragrance sehingga untuk kulit sensitif disarankan melakukan patch test dahulu

Tak ketinggalan dengan brand lain, Wardah juga punya oil serum, lho. Face oil Wardah adalah oil serum bertekstur halus yang formulanya ringan, cepet meresap, dan tidak memicu komedo maupun jerawat.


Face oil Wardah cocok untuk Anda yang punya masalah tanda penuaan. Perpaduan kandungannya memberikan nutrisi ekstra untuk wajah tampak lebih muda. Kemampuan melembapkannya juga cukup tinggi sehingga cocok juga untuk kulit kering.

No.10

OaseaOceanus Squalane + Salicylic Acne Control Face Oil Serum

Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Face oil serum dual-phase pertama di Indonesia, teksturnya sangat ringan!

Kelebihan:

  • Teksturnya ringan, cepat meresap, dan tidak greasy seperti tidak memakai oil
  • Berfungsi ganda untuk mengeksfoliasi kulit dan mengunci makeup

Kekurangan:

  • Jika dihitung per ml, harganya terbilang pricey dibandingkan produk lainnya

Rekomendasi face oil untuk kulit berminyak dan berjerawat ini berasal dari brand lokal. Face oil Oasea merupakan serum dengan formula dual-phase yang menggabungkan tekstur air dan minyak. Formula ini membuat teksturnya ringan dan cepat meresap sehingga nyaman dipakai pada siang/malam hari.


Face oil ini dapat merawat kulit berjerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru. Selain mengunci kelembapan, face oil ini juga bisa mengeksfoliasi kulit dan mengunci makeup supaya lebih tahan lama dan tidak cakey.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Kapan sebaiknya menggunakan face oil dalam urutan skincareGunakan prinsip mudah: lightest to thickest (paling ringan/cair/encer ke paling tebal/kental). Face oil digunakan setelah serum dan sebelum moisturizer pagi serta sunscreen pada pagi hari. Pada malam hari, gunakan face oil setelah serum dan sebelum moisturizer malam.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya di sini

Selain menggunakan face oil, mari lengkapi rangkaian skincare Anda lainnya. Maksimalkan perawatan wajah Anda untuk tampilan kulit sehat dan terawat dengan rekomendasi skincare terbaik di bawah ini!

Kesimpulan

Dalam rangkaian skincare, fungsi face oil sangatlah penting. Selain menutrisi, face oil mengunci kelembapan dengan baik. Sayangnya, face oil masih sering dihindari oleh kulit berminyak. Padahal, face oil juga dapat mengontrol produksi sebum. Jadi, face oil bisa digunakan oleh semua jenis kulit.


Anda tak perlu bingung memilih face oil yang bagus. Ikuti saja tips dari kami dan temukan beragam produk tepercaya bersama kami. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Face Oil terbaik

No. 1: SOMETHINCBAKUCHIOL Skinpair Oil Serum

No. 2: HapleGrapeseed Oil

No. 3: Bio Beauty LabLuxurious Facial Oil Serum

No. 4: The Bath BoxRose Drops Brightening Facial Oil

No. 5: SKINTIFICBarrier Booster Facial Oil

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan badan
  4. 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.