• 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Face oil kerap dilewatkan dalam rangkaian perawatan wajah. Banyak orang belum memahami manfaat face oil, sebagian lagi khawatir face oil akan memperparah kondisi kulit berminyak. Nyatanya, face oil justru dapat menjadi pelengkap skincare untuk kulit berminyak, lho.

Face oil perlu dipilih berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih face oil yang bagus. Berbagai rekomendasi merek face oil terbaik, seperti Haple, SOMETHINC, Purivera, dan AUBREE SKIN ada di sini. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Dian Pratiwi. Penasaran dengan face oil? Yuk, simak ulasannya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 16 September 2021
  • 68.154 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Mengenal face oil

Sebelum menjelaskan cara memilih dan mengulas produk face oil, kami akan menguraikan tentang apa itu face oil dan manfaatnya. Kami juga akan memaparkan perbedaan face oil dan face serum. Disimak, ya.

Apa itu face oil?

Face oil atau facial oil adalah salah satu skincare bertekstur minyak kental yang dibuat dari ekstrak tumbuhan. Kandungan utama di dalam face oil merupakan lemak esensial yang baik bagi kulit.


Asam lemak esensial inilah yang berfungsi menjaga sel-sel dari kerusakan dan mempertahankan elastisitas kulit. Secara garis besar, face oil bekerja sebagai emolien dengan mengunci kelembapan dan memperkuat lapisan kulit teratas.


Selain melembapkan, face oil juga bisa mengontrol minyak dan mengatasi berbagai masalah kulit. Skincare ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit berminyak sekalipun. Lalu, apa saja manfaat face oil? Kemudian, apa bedanya face oil dengan serum wajah? Simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat face oil

Manfaat face oil

Untuk memahami fungsi face oil, ketahui terlebih dahulu fakta berikut ini. Secara alami, kulit menghasilkan minyak dan lipid yang mencegah hilangnya kadar air pada kulit. Nah, fungsi face oil adalah memaksimalkan kerja minyak alami tersebut.


Selain melembapkan, face oil juga menghidrasi dan kaya akan nutrisi. Jadi, sayang sekali kalau Anda melewatkan manfaat face oil dalam skincare rutin Anda. Apa saja fungsi face oil?


  • Mengurangi kemunculan kerutan

Kandungan esensial alami dalam face oil kaya akan antioksidan. Antioksidan berperan dalam menangkal efek buruk dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Face oil membantu Anda mencegah munculnya kerutan dan garis halus di wajah. 


  • Melindungi kulit

Face oil bekerja menembus lapisan terluar kulit dan mempertahankan keseimbangan antara kelembapan dan hidrasi kulit. Face oil memperkuat skin barrier sehingga kulit terlindungi dari efek polusi dan sinar matahari penyebab masalah kulit.


  • Mengatasi berbagai masalah kulit

Face oil juga bisa mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, kemerahan, dan pori-pori besar. Beberapa kandungan face oil bermanfaat mengangkat kotoran pada pori-pori yang tersumbat sehingga dapat mengecilkan pori. Selain itu, ada juga kandungan antiradang alami untuk mengatasi kulit kemerahan serta jerawat.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Selain berfungsi sebagai pelembap, face oil juga mempunyai manfaat sebagai berikut:

  • Membantu toleransi kulit lebih baik. Gunakan face oil di malam hari sebelum krim malam yang mengandung bahan-bahan yang risiko iritatif (retinol, AHA, BHA). Dengan demikian, kulit dapat beradaptasi lebih nyaman, dan risiko iritasi berkurang.
  • Membantu penyerapan bahan aktif krim lain. Menggunakan face oil sebelum krim malam akan membuat penyerapan bahan aktif krim lebih baik dan lebih dalam.
  • Sebagai sumber bahan aktif natural. Face oil mengandung berbagai minyak nabati yang merupakan sumber asam lemak esensial (asam linoleat, asam oleat, dan lain lain). Selain itu, sumber konstituen aktif yang ada dalam essential oil dapat bersifat anti-aging, brightening, anti-inflamasi, dan lain-lain. 

Perbedaan face oil dengan face serum

Perbedaan face oil dengan face serum

Perbedaan face oil dan serum yang utama terletak pada ukuran molekulnya. Ukuran molekul face oil umumnya lebih besar dari serum dan hanya menembus lapisan kulit terluar. Itulah mengapa, face oil cocok digunakan sebagai pelembap. 


Face oil dirancang untuk melembapkan, menghidrasi, serta menjaga keseimbangan kulit wajah. Tingkat kelembapan yang baik merupakan kunci dalam menjaga kesehatan kulit serta memaksimalkan penyerapan nutrisi untuk kulit.


Sementara itu, dilansir dari Harper's BAZAARserum merupakan skincare konsentrasi tinggi yang mengandung hingga 70% bahan aktif. Selain itu, molekul serum sangatlah kecil hingga mampu menembus lapisan kulit terdalam. Serum bekerja lebih aktif untuk mengatasi masalah kulit intensif.


Baik face oil dan serum bekerja saling melengkapi rangkaian skincare lainnya. Khusus face oil, jika kulit Anda kering, Anda bisa mencampurkannya dengan moisturizer, contohnya seperti face oil SOMETHINC.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih face oil

Skincare oil bisa digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit berminyak sekalipun. Lalu, bagaimana memilih produk face oil terbaik? Apa saja rekomendasi face oil lokal? Kami akan ulas selengkapnya di bawah ini!

Pilih face oil sesuai dengan kebutuhan kulit Anda

Pilih face oil sesuai dengan kebutuhan kulit Anda

Sejatinya, kulit memiliki kandungan minyak alami, yaitu ceramide, kolesterol, dan fatty acid. Face oil sendiri memiliki kandungan fatty acid yang disebut oleic acid dan linoleic acid. Kedua jenis fatty acid inilah yang menentukan apakah face oil pilihan Anda sudah tepat.


Oleic acid berfungsi mengunci kelembapan, sementara linoleic acid berfungsi mengurangi kelebihan sebum. Untuk lebih mudahnya, simak cara memilih dari kami berikut ini.


  • Face oil untuk kulit normal

Jika kulit Anda tidak terlalu berminyak dan tidak juga kering, berarti Anda termasuk pemilik kulit normal. Kulit normal memiliki kadar air dan minyak serta linoleic acid dan oleic acid yang seimbang. Rekomendasi face oil untuk kulit normal contohnya jojoba oil, tamanu oil, argan oil, dan rice bran oil.


  • Face oil untuk kulit berminyak

Kulit berminyak memiliki kadar linoleic acid yang rendah sehingga memerlukan face oil dengan kandungan linoleic acid tinggi. Sebaiknya, Anda memilih face oil bertekstur ringan yang cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket. Rekomendasi face oil untuk kulit berminyak di antaranya grapeseed oil, calendula oil, rosehip oil, dan safflower oil.


  • Face oil untuk kulit kering

Berbanding terbalik dengan kulit berminyak, kulit kering memiliki kadar oleic acid yang rendah. Rekomendasi face oil untuk kulit kering, yaitu avocado oil, macadamia oil, dan apricot kernel oil. Face oil ini cenderung punya tekstur thick yang sangat lembap.


  • Face oil untuk kulit sensitif

Kulit sensitif rentan iritasi, kemerahan, dan kering yang berlebihan. Salah satu face oil terbaik untuk kulit sensitif adalah camellia oil dan evening primrose oil. Face oil ini mengandung antioksidan serta asam lemak yang berguna melembapkan, melembutkan, dan menenangkan kulit sensitif.


  • Face oil untuk kulit berjerawat

Kulit berjerawat sangat cocok dengan face oil yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. Tea tree oil, pomegranate oil, squalene, dan rosehip oil adalah beberapa face oil untuk acne prone. Kandungan ini membantu melawan jerawat dengan tekstur yang ringan sekaligus mengontrol produksi sebum.


  • Face oil untuk kulit kombinasi

Kulit kombinasi memerlukan face oil yang dapat memenuhi kebutuhan area berminyak dan area kering. Jenis kulit ini cocok dengan marula oil, grapeseed oil, green tea seed oil, dan chamomile oil. Minyak tersebut membantu mengurangi iritasi pada kulit kering, bersifat antibakteri, dan anti-inflamasi.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kulit normal, Anda dapat memilih face oil dengan kandungan yang balanced antara asam linoleat dan asam oleat, misalnya tamanu dan baobab oil. Pilih yang teksturnya ringan dan cepat menyerap sehingga nyaman digunakan sehari-hari.


Untuk kulit berminyak, sebaiknya memilih face oil yang teksturnya ringan, tipis, cepat menyerap, dan nonkomedogenik. Pilih minyak nabati yang kaya kandungan asam linoleat, misalnya rosehip, grapeseed, hempseed, dan safflower seed oil.


Untuk kulit kering, sebaiknya menggunakan face oil yang kaya kandungan asam oleat, misalnya argan, marula, sea buckthorn, dan neem oil. Khusus untuk kulit yang sangat kering, Anda dapat memilih almond, olive, avocado oil, dan VCO. Anda bahkan dapat memilih face oil yang memiliki kandungan plant butter, seperti shea butter dan cocoa/mango butter yang kaya asam palmitat.


Tips penting untuk kulit sensitif adalah selalu melakukan patch test sebelum menggunakan produk skin care termasuk face oil. Oleskan sedikit face oil di belakang telinga dan tunggu setelah 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi. Pilih face oil yang mengandung minyak nabati atau essential oil yang bersifat anti-inflamasi, misalnya moringa atau marula oil, serta essential oil lavender, frankincense, dan helichrysum.


Untuk kulit berjerawat, pilih face oil yang minyak nabatinya bersifat nonkomedogenik dan tipis/ringan, seperti rosehip dan grapeseed oil. Lalu pilih juga yang mengandung essential oil maupun bahan herbal lain yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi, misalnya tea tree oil dan calendula. Jojoba oil yang strukturnya mirip sebum juga sesuai untuk kulit acne karena akan mengurangi produksi sebum alami di kulit.


Pemilihan face oil pada kulit kombinasi sedikit lebih sulit daripada kulit lainnya. Secara umum, pemilik kulit kombinasi dapat mengikuti panduan pemilihan face oil untuk kulit normal. Anda dapat memilih face oil dengan kandungan yang balanced antara asam linoleat dan asam oleat, misalnya tamanu dan baobab oil.


Bila kesulitan menemukan yang nyaman untuk seluruh wajah, Anda dapat memilih dan menggunakan face oil untuk area kulit wajah yang kering saja, misalnya di pipi. Hindari penggunaan pada area oily di T-zone.

Periksa komposisi face oil

Periksa komposisi face oil

Ada dua jenis face oil yang beredar di pasaran. Ada face oil yang komposisinya hanya mengandung satu bahan dan face oil yang menggabungkan beberapa bahan lain.


Face oil yang hanya mengandung satu bahan umumnya bisa dikombinasikan dengan face oil lain. Contohnya, face oil Haple yang kebanyakan produknya mengandung satu jenis oil saja. Face oil Haple dapat dicampurkan dengan varian lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada website-nya, Haple juga memberikan tips mencampur face oil yang benar.


Sementara face oil yang mengandung beberapa bahan sekaligus, biasanya tidak memberikan tips untuk mencampur face oil lain. Namun, ada beberapa face oil yang penggunaannya bisa dicampur langsung dalam moisturizer atau boleh di-layer dengan serum. Untuk face oil semacam ini bisa Anda temui dalam produk SOMETHINC.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Selain bermanfaat untuk relaksasi karena wanginya, essential oil dalam face oil juga memiliki berbagai manfaat tambahan sesuai konstituen yang dikandung. Manfaat tambahan tersebut misalnya efek anti-inflamasi, anti-aging, dan lain-lain. Essential oil akan bekerja sinergis dengan minyak nabati dan bahan herbal lain yang terkandung dalam face oil untuk mengoptimalkan kinerja face oil di kulit.

Ketahui proses pembuatan face oil Anda

Ketahui proses pembuatan face oil Anda

Selain bahan face oil, ada baiknya Anda juga memahami proses pembuatan face oil Anda. Ada dua jenis proses pembuatan face oil, yaitu cold-pressed dan steamed distilled.


Metode cold-pressed merupakan metode paling baik untuk menghasilkan face oil tanpa proses pemanasan. Metode ini membuat hasil minyak tidak kehilangan nutrisi serta antioksidan yang dimiliki. Selain metode cold-pressed, metode steamed distilled juga dikenal baik dalam menjaga nutrisi face oil. 

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Perhatikan komposisi face oil yang ada di label kemasan. Minyak nabati yang baik umumnya diperoleh secara cold-pressed tanpa proses kimia atau pemanasan. Sementara itu, essential oil yang dapat diperoleh secara cold-pressed ataupun steam-distilled berdasarkan jenisnya. Perhatikan juga tambahan bahan herbal lainnya.


Selain itu, hal terpenting adalah pastikan face oil yang digunakan sudah memiliki ijin edar dari BPOM, ya!

Perhatikan cara penyimpanan yang tepat

Perhatikan cara penyimpanan yang tepat

Face oil terdiri dari konsentrat bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini sensitif terhadap cahaya, udara, dan suhu panas. Paparan langsung ketiga hal tersebut dapat menurunkan keefektifan face oil Anda.


Saat memilih produk face oil, pilihlah face oil yang dikemas dalam botol berwarna gelap atau opaque. Kemasan ini membantu menghalangi cahaya mengenai isi face oil Anda. 


Simpan face oil dalam ruangan yang tidak terkena suhu panas dan cahaya langsung. Setelah menggunakan face oil, pastikan kemasannya tertutup rapat untuk menghindari kontaminasi udara.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Penyimpanan face oil yang baik akan membuat kualitas kandungan minyak nabati dan essential oil di dalamnya bertahan lebih lama. Pilih face oil yang dikemas dalam botol kaca amber atau gelap yang akan membuatnya lebih tahan terhadap cahaya atau sinar matahari.


Jauhkan dari tempat yang terlalu panas. Selain itu, karena beberapa konstituen essential oil tertentu dapat menguap, pastikan selalu menutup rapat botol face oil setelah digunakan.

10 Rekomendasi face oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk face oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK. 

10

The Body Shop®Oils Of Life Intensely Revitalising Facial Oil

Mulai dari Rp 599.000,00

KomposisiBlack cumin seed oil, camellia seed oil, dan rosehip seed oil
Jenis kulitSemua jenis kulit (aging skin)
KlaimAntiaging, membantu memperbaiki elastisitas, dan kekencangan kulit
Isi30 ml & 50 ml
9

Sensatia BotanicalsCalming Chamomile Facial Hydrate

Mulai dari Rp 165.000,00

KomposisiMinyak biji borage, chamomile, dan minyak argan
Jenis kulitSensitif
KlaimMelembapkan dan menenangkan kulit sensitif
Isi30 ml
8
KomposisiBrocolli seed oil, jojoba seed oil, dan vitamin E
Jenis kulitSemua jenis kulit
KlaimMenenangkan, melembabkan, dan menutrisi kulit
Isi20 ml
7
Komposisi100% Minyak marula
Jenis kulitSemua jenis kulit (aging skin)
KlaimAntioksidan dan antiaging
Isi-
6

NaturMiracle Face Oil Serum Tea Tree Oil & Jojoba Oil

Mulai dari Rp 140.000,00

KomposisiTea tree & jojoba oil
Jenis kulitBerjerawat
KlaimMembersihkan pori-pori dari bakteri penyebab jerawat, meredakan peradangan, dan mengempeskan jerawat
Isi30 ml
5

Purivera Botanicals Everlasting Tamanu Serum Oil

Mulai dari Rp 110.000,00

KomposisiBakuchiol 1% dan tamanu oil
Jenis kulitSemua jenis kulit
KlaimMengurangi bekas luka jerawat bopeng
Isi20 ml
4

AUBREE SKINAlmond & Rosehip Oil Blend

Mulai dari Rp 89.000,00

KomposisiAlmond oil & 5% rosehip oil
Jenis kulitKulit kering
KlaimMelembapkan, mencegah penuaan dini, dan mencerahkan kulit wajah
Isi120 g
3

The Bath BoxRose Drops Brightening Facial Oil

Mulai dari Rp 259.000,00

KomposisiRose oil & squalane
Jenis kulitSemua jenis kulit
KlaimAntioksidan, mencerahkan, melembapkan, dan mengurangi tekstur kasar
Isi15 ml & 30 ml
2
Komposisi100% Grapeseed oil
Jenis kulitBerjerawat, berminyak, dan sensitif
KlaimMengobati jerawat mengencangkan pori-pori, mengontrol minyak,
Isi30 ml
1

SOMETHINCBAKUCHIOL Skinpair Oil Serum

Mulai dari Rp 89.000,00

KomposisiBakuchiol, sunflower seed oil, apple seed oil, salicylic acid, tocopherol, dan calophyllium inophyllum oil
Jenis kulitSemua jenis kulit
KlaimAntioksidan, antiaging, anti-inflamasi, memperbaiki skin barrier, mengobati jerawat, dan membersihkan pori-pori
Isi20 ml

Tabel perbandingan produk face oil terbaik

Gambar produk
1
SOMETHINC BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum 1

SOMETHINC

2
Haple Grapeseed Oil  1

Haple

3
The Bath Box Rose Drops Brightening Facial Oil 1

The Bath Box

4
AUBREE SKIN Almond & Rosehip Oil Blend 1

AUBREE SKIN

5
Purivera Botanicals  Everlasting Tamanu Serum Oil 1

Purivera Botanicals

6
Natur Miracle Face Oil Serum Tea Tree Oil & Jojoba Oil 1

Natur

7
Westcare Pure Marula Luxury Oil 1

Westcare

9
Sensatia Botanicals Calming Chamomile Facial Hydrate 1

Sensatia Botanicals

10
The Body Shop® Oils Of Life Intensely Revitalising Facial Oil 1

The Body Shop®

Nama produk

BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum

Grapeseed Oil

Rose Drops Brightening Facial Oil

Almond & Rosehip Oil Blend

Everlasting Tamanu Serum Oil

Miracle Face Oil Serum Tea Tree Oil & Jojoba Oil

Pure Marula Luxury Oil

Calming Chamomile Facial Hydrate

Oils Of Life Intensely Revitalising Facial Oil

Keunggulan

Alternatif retinol untuk semua jenis kulit termasuk bumil dan busui

Atasi beragam masalah kulit berminyak

Dapatkan wajah lebih cerah dan halus dalam 20 hari!

Wajah lembap dan cerah bebas tanda penuaan

Pulihkan bekas jerawat bopeng

Face oil serum untuk mengobati jerawat

Tinggi antioksidan untuk melawan radikal bebas

Kombinasi bahan alami untuk kebutuhan kulit sensitif

Intensif melawan tanda penuaan

Harga mulai dariRp 89.000,00Rp 49.000,00Rp 259.000,00Rp 89.000,00Rp 110.000,00Rp 140.000,00Rp 270.000,00Rp 165.000,00Rp 599.000,00
KomposisiBakuchiol, sunflower seed oil, apple seed oil, salicylic acid, tocopherol, dan calophyllium inophyllum oil100% Grapeseed oilRose oil & squalaneAlmond oil & 5% rosehip oilBakuchiol 1% dan tamanu oilTea tree & jojoba oil100% Minyak marulaMinyak biji borage, chamomile, dan minyak arganBlack cumin seed oil, camellia seed oil, dan rosehip seed oil
Jenis kulitSemua jenis kulitBerjerawat, berminyak, dan sensitifSemua jenis kulitKulit keringSemua jenis kulitBerjerawatSemua jenis kulit (aging skin)SensitifSemua jenis kulit (aging skin)
KlaimAntioksidan, antiaging, anti-inflamasi, memperbaiki skin barrier, mengobati jerawat, dan membersihkan pori-poriMengobati jerawat mengencangkan pori-pori, mengontrol minyak,Antioksidan, mencerahkan, melembapkan, dan mengurangi tekstur kasarMelembapkan, mencegah penuaan dini, dan mencerahkan kulit wajahMengurangi bekas luka jerawat bopengMembersihkan pori-pori dari bakteri penyebab jerawat, meredakan peradangan, dan mengempeskan jerawatAntioksidan dan antiagingMelembapkan dan menenangkan kulit sensitifAntiaging, membantu memperbaiki elastisitas, dan kekencangan kulit
Isi20 ml30 ml15 ml & 30 ml120 g20 ml30 ml-30 ml30 ml & 50 ml
Tautan produk

Urutan pemakaian face oil yang benar

Urutan pemakaian face oil yang benar

Untuk merasakan hasil yang nyata, face oil harus digunakan dengan cara yang tepat. Sebelum menggunakan rangkaian skincare, pastikan tangan dan wajah Anda sudah bersih, ya.


Face oil disarankan digunakan setelah toner. Namun, ada catatan yang harus Anda perhatikan. Jika face oil Anda tergolong ringan, pakailah face oil sebelum moisturizer. Tekstur face oil yang mudah diserap kulit akan mempersingkat waktu Anda untuk melanjutkan step skincare berikutnya.


Jika face oil Anda terasa berat, sebaiknya gunakan pada step terakhir atau tepatnya setelah moisturizer. Tekstur face oil yang thick akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meresap ke dalam kulit. Selain itu, face oil yang thick umumnya memiliki sifat mengunci kelembapan dengan sangat baik.


Saat menggunakan face oil, Anda bisa memijat wajah Anda dengan lembut. Hal ini akan menstimulasi peredaran darah di wajah Anda agar penyerapan skincare makin maksimal.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Kapan sebaiknya menggunakan face oil dalam urutan skincare? Gunakan prinsip mudah: lightest to thickest (paling ringan/cair/encer ke paling tebal/kental). Face oil digunakan setelah serum dan sebelum moisturizer pagi serta sunscreen pada pagi hari. Pada malam hari, gunakan face oil setelah serum dan sebelum moisturizer malam.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya di sini

Selain menggunakan face oil, mari lengkapi rangkaian skincare Anda lainnya. Maksimalkan perawatan wajah Anda untuk tampilan kulit sehat dan terawat dengan rekomendasi skincare terbaik di bawah ini!

Kesimpulan

Dalam rangkaian skincare, fungsi face oil sangatlah penting. Selain menutrisi, face oil mengunci kelembapan dengan baik. Sayangnya, face oil masih sering dihindari oleh kulit berminyak. Padahal, face oil juga dapat mengontrol produksi sebum. Jadi, face oil bisa digunakan oleh semua jenis kulit.


Anda tak perlu bingung memilih face oil yang bagus. Ikuti saja tips dari kami dan temukan beragam produk tepercaya bersama kami. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merek terbaik yang ada di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
    126.917 Views
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    211.469 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
    390.132 Views
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
    206.828 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    238.503 Views
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan masalah serius, seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Lakukan perawatan dari luar untuk mengatasinya, yaitu memakai lotion dengan formula khusus yang mengatasi kulit kering. Namun, mungkin Anda akan kesulitan memilih merek yang bagus untuk kulit Anda.Kami akan memandu Anda menemukan lotion yang bagus untuk kulit kering. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Kami juga mempunyai rekomendasi produk dari merek ternama, seperti L'Occitane, Innisfree, dan Cetaphil. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    204.076 Views
  • 10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deodoran Terbaik yang Tidak Membuat Baju Kuning (Terbaru Tahun 2021)
    Deodoran sejak lama dikenal ampuh melawan bau badan. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih deodoran karena beberapa produk dapat meninggalkan noda kuning di pakaian. Selain tidak enak dipandang, noda kuning tersebut dapat merusak pakaian. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?Untuk itu, artikel kali ini akan membahas deodoran yang tidak membuat baju kuning. Kami juga akan membagikan tips yang memudahkan Anda saat membelinya. Ada juga rekomendasi deodoran yang tidak membuat baju kuning dari merek terkenal, seperti Rexona, Dove, dan Nivea. Jadi, baca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
    22.637 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori