5 Rekomendasi Fujifilm Kamera Instax Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

5 Rekomendasi Fujifilm Kamera Instax Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Beberapa tahun belakangan, kamera yang bisa mencetak foto secara langsung di kertas khusus dengan ukuran beragam semakin banyak digemari. Di pasaran kamera ini disebut ‘kamera Instax’. Hasil cetak foto tersebut, bisa langsung dipajang untuk dijadikan koleksi pribadi.

Sebuah produsen kamera terkenal di Jepang, yaitu Fujifilm adalah salah satu yang mempelopori kamera jenis ini. Selain bisa mencetak foto secara langsung, kamera jenis ini juga tersedia dalam berbagai desain yang unik dan memberikan kesan retro. Untuk Anda yang tertarik dan ingin membelinya, pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara memilih kamera Instax yang sesuai dengan keinginan Anda, dan merekomendasikan berbagai seri dari kamera tersebut.

Daftar isi

Kelebihan kamera Instax dibandingkan kamera digital atau DSLR

Saat ini lebih banyak orang yang memiliki kamera digital atau DSLR dibandingkan yang menggunakan kamera Instax. Mungkin hanya sebagian kecil orang yang menggunakan kamera digital atau DSLR sekaligus kamera Instax dan memisahkan penggunaannya sesuai kebutuhan. Jadi, sebenarnya apa kelebihan yang ditawarkan kamera Instax ini?

Anda bisa langsung mencetak foto!

Anda bisa langsung mencetak foto!

Kelebihan utama yang menjadi salah satu daya tarik kamera Instax adalah kamera ini bisa mencetak langsung foto yang baru saja Anda potret. Bagi sebagian orang yang lebih menyukai mengoleksi foto liburan mereka secara pribadi tanpa perlu memuatnya di media sosial, atau untuk Anda yang ingin mmeberikan foto kenang-kenangan pada acara tertentu, pastinya akan sangat cocok menggunakan kamera ini.

Beragam desain yang unik!

Beragam desain yang unik!

Hal kedua yang menjadi daya tarik kamera Instax adalah desainnya. Kamera ini memiliki berbagai pilihan desain, mulai dari yang bergaya retro, yang imut dengan warna-warna ceria, atau yang berkolaborasi dengan karakter-karakter populer. Ada pula yang diberikan sentuhan warna gelap yang elegan.

Penampilannya yang unik dan stylish ini menjadi salah satu alasan mengapa kamera Instax semakin populer.

Siapa saja bisa menggunakannya dengan mudah!

Ukuran kamera Instax ini berkisar antara 200 hingga 600 gram. Dengan ukuran seperti itu, akan sangat mudah dibawa-bawa, bahkan untuk anak kecil sekalipun.

Meskipun ada juga kamera Instax yang memiliki fitur beragam, secara umum pengoprasian kamera Instax ini juga tergolong gampang. Anda cukup menekan tombol shutter yang ada pada bodi kamera, maka foto Anda akan langsung tercetak.

Berbagai pilihan film yang tersedia

Berbagai pilihan film yang tersedia

Pilihan film yang bisa Anda beli untuk kamera Instax ini sangat beragam, mulai dari ukuran hingga motif bingkainya. Anda bisa memilih sesuai selera, mulai dari film putih polos yang paling standar, film dengan frame karakter animasi kesukaan Anda, atau motif warna-warni. Bahkan ada juga film yang bisa menghasilkan foto hitam putih untuk memberikan kesan foto zaman dulu. Dengan berbagai pilihan film yang tersedia ini, tentunya Anda jadi bisa lebih menikmati saat mengambil foto serta saat mencetaknya.

Cara memilih kamera Instax

Saat ini terdapat tujuh seri kamera Instax yang ada di pasaran dengan spesifikasi yang beragam pada masing-masing seri kamera. Agar Anda tidak bingung sebelum membeli, kami akan memberikan informasi bagaimana memilih kamera Instax untuk menyesuaikan dengan keinginan dan kesukaan Anda.

Pilihlah yang dilengkapi self-shot mirror

Pilihlah yang mempunyai self-shot mirror

Sebagian pengguna kamera Instax tidak terlepas dari selfie. Bahkan ada juga yang sering mengambil gambar bersama teman-teman atau keluarga agar berada dalam satu frame. Oleh karena itu pastikan kamera Instax yang akan Anda beli memiliki fitur self-shot mirror yang biasanya terletak di samping lensa. Pastikan juga apakah pada kamera itu tersedia fungsi self-timer agar Anda tidak perlu menekan tombol shutter saat akan mengambil foto selfie.

Pilih berdasarkan ukuran foto yang dihasilkan

Pilih berdasarkan ukuran foto yang dihasilkan

Ukuran film yang diproduksi di pasaran sudah disesuaikan dengan tipe masing-masing kamera Instax. Sebagian kamera Instax ukuran mini bisa mencetak foto dengan ukuran 86 × 54 mm. Akan tetapi ada juga tipe Instax Wide yang hasil fotonya berukuran 86 × 108 mm.

Ukuran foto ini tidak bisa diubah karena sudah ditetapkan sesuai dengan seri masing-masing kamera. Oleh karena itu, sejak awal pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan tampilan dan fitur yang ditawarkan

Masing-masing kamera Instax menawarkan berbagai fitur berbeda dan beragam pilihan penampilan yang menarik. Oleh karena itu, pastikan apakah Anda ingin memprioritaskan fitur yang ditawarkan dari suatu kamera, atau lebih mementingkan tampilan dan warnanya yang unik.

Untuk Anda yang mementingkan fitur kamera

Untuk Anda yang mementingkan fitur kamera

Di antara beberapa seri kamera Instax, Instax Mini 90 Neo Classic dan Instax Wide 300 adalah yang paling direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengambil foto dengan hasil terbaik dari berbagai fitur yang tersedia pada kamera. Kedua seri kamera Instax ini bisa mencetak foto untuk film yang berukuran lebar.

Selain itu, kebanyakan penggemar kamera Instax memilih seri ini karena tampilannya yang terkesan sangat retro dan membuat Anda seolah bernostalgia.

Untuk Anda yang ingin merasakan keseruan kamera Instax

Untuk Anda yang ingin merasakan keseruan kamera Instax

Bagi Anda yang menyukai selfie, menyukai warna-warna ceria, dan ingin menikmati keseruan menggunakan kamera Instax, kami merekomendasikan kamera Instax Mini 70 dan Instax Mini 8+. Harganya tergolong murah dan pasti dapat membuat Anda menikmati penggunaan kamera Instax dengan menyenangkan. Pastikan Anda memilih sesuai dengan warna kesukaan!

Untuk Anda yang menyukai karakter animasi

Untuk Anda yang menyukai karakter animasi

Jika Anda menyukai sebuah karakter animasi, Fujifilm juga mengeluarkan kamera Instax seri karakter, lho! Beberapa karakter lucu yang menghiasi bodi kamera di antaranya adalah Gudetama, Hello Kitty, dan Rilakkuma, dan karakter-karakter lainnya. Kamera Instax seri karakter ini juga sangat cocok dijadikan kado untuk buah hati Anda.

5 Rekomendasi Fujifilm kamera Instax terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan 5 Fujifilm kamera Instax yang sangat populer. Meskipun mempunyai fungsi yang hampir sama, masing-masing seri kamera Instax berikut ini juga mempunyai beberapa perbedaan. Jadi, pilihlah sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda!

5. Fujifilm Kamera Instax Mini 8 Gudetama Character – White

5. Fujifilm Kamera Instax Mini 8 Gudetama Character - White

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.049.000

Kamera Instax untuk Anda yang menyukai karakter animasi

Kamera Instax Mini 8 dengan motif karakter yang satu ini mempunyai kecepatan shutter 1/60 sec serta dibekali dengan auto exposure. Anda cukup menekan tombol shutter-nya maka lensa akan mengambil gambar dengan focus dan flash yang otomatis.

Di samping itu, dengan adanya fitur high-key dan low-key yang tersedia pada kamera ini, Anda bisa mengatur tampilan yang lebih lembut atau lebih gelap pada foto Anda. Kekurangan dari kamera Instax seri ini adalah belum dilengkapi dengan self-shot mirror, poin penting yang perlu dipertimbangkan untuk Anda yang ingin menggunakan kamera Instax untuk mengambil foto selfie.

4. Fujifilm Kamera Instax Mini 9 – Ice Blue

4. Fujifilm Kamera Instax Mini 9 - Ice Blue

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 949.000

Seri Instax dengan warna-warni yang ceria

Unggul dibandingkan seri pendahulunya, Instax Mini 9 ini sudah dilengkapi dengan fitur self-shot mirror! Produk yang satu ini dibekali dengan lensa yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar close up dengan jarak 35 cm. Kamera Instax seri ini juga dilengkapi dengan fitur target spot pada viewfinder-nya untuk memudahkan Anda memfokuskan objek yang ingin difoto.

Produk ini tersedia dalam beberapa warna-warni ceria yang bisa Anda pilih sesuai dengan warna favorit Anda. Di antaranya warna flamingo pink, lime green, smoky white, cobalt blue, dan ice blue. Di samping itu, seri ini tetap mempertahankan fitur auto exposure yang sudah ada dari seri sebelumnya.

3. Fujifilm Kamera Instax Mini 70 – Merah

3. Fujifilm Kamera Instax Mini 70 - Merah

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.710.000

Fitur smart selfie untuk hasil yang lebih mengagumkan!

Kamera Instax Mini 70 ini dibekali dengan sistem yang bisa mengatur pencahayaan secara otomatis pada saat ingin mengambil gambar. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur smart selfie yang menyesuaikan pengaturan kamera untuk mendapatkan hasil foto selfie Anda yang lebih maksimal.

Dengan adanya fitur high-key dan flash otomatis pada kamera ini, foto yang dihasilkan juga menjadi lebih terang. Di samping itu, jika Anda ingin menggunakan tripod, kamera Instax ini sudah didesain dengan adanya dudukan untuk tripod Anda.

2. Fujifilm Kamera Instax Wide 300 – Hitam

2. Fujifilm Kamera Instax Wide 300 - Hitam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.599.000

Kamera Instax dengan hasil foto lebih lebar dan tampilan retro

Kamera Instax seri ini hadir dengan desain yang retro dan terlihat seperti kamera digital biasa karena letak shuttershot dan viewfinder-nya yang menonjol di bagian luar bodi kamera. Ukuran bodinya yang tergolong besar ini menggunakan film dengan lebar 86 x 108 mm. Cocok untuk foto bersama, misalnya pada acara kumpul keluarga atau dengan teman-teman Anda.

Kamera ini memiliki kecepatan hingga shutter 1/200 sec dan dilengkapi dengan LCD yang berfungsi menampilkan jumlah exposure saat pengambilan foto. Selain itu, kamera seri ini dilengkapi optical viewfinder dengan konsumsi daya baterai rendah yang membantu Anda menentukan fokus foto bahkan dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

1. Fujifilm Kamera Instax Mini 90 – Cokelat

1. Fujifilm Kamera Instax Mini 90 - Cokelat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.999.000

Fitur double exposure untuk hasil foto yang lebih artistik

Seri Instax Mini 90 ini hadir dengan desain klasik yang stylish dan dibekali dengan fitur double exposure untuk menggabungkan dua gambar dalam satu frame dan mendapatkan foto yang artistik. Kamera ini juga memiliki fitur bulb exposure yang memungkinkan Anda menekan tombol shutter hingga 10 detik untuk mendapatkan hasil foto dengan pencahayaan yang unik.

Di samping itu, dengan kecepatan shutter mulai dari 1,8 hingga 1/400 sec, kamera Instax ini mampu menangkap dengan sangat baik sebuah objek foto yang bergerak cepat. Terdapat beberapa mode pengambilan gambar yang bisa Anda pilih, di antaranya party, kids, landscape, brightness, dan bahkan mode macro!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memperkenalkan berbagai seri dari kamera Instax yang menjadi produk andalan dari Fujifilm. Hadir dengan harga cukup terjangkau serta memiliki keunikan pada masing-masing kamera, tidak ada salahnya memasukkan salah satu seri dari kamera Instax ini ke dalam koleksi Anda!