10 Rekomendasi Biskuit Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Biskuit Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Selepas usia 6 bulan, bayi sudah boleh mendapat MPASI alias Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Selain aneka bubur dan puree, ibu juga boleh memberikan camilan berupa biskuit khusus bayi. Fungsi biskuit ini adalah untuk menambah asupan gizi, serta menjadi stimulan pertumbuhan gigi.

Pada saat memilih biskuit bayi, Anda harus memperhatikan kandungan gizinya dengan saksama. Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih biskuit yang aman dan sehat untuk bayi. Tak lupa, ada juga rekomendasi biskuit bayi terbaik dari berbagai merek, seperti Milna, Yummy Bites, Promina, dan lain-lain. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih biskuit bayi

Mengingat organ pencernaan bayi masih rentan jika dibandingkan orang dewasa, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih biskuit bayi. Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih biskuit untuk buah hati. Berikut ini kami jelaskan secara terperinci.

Pilih biskuit yang sesuai dengan usia bayi

Pilih biskuit yang sesuai dengan usia bayi

Dalam memilih biskuit untuk bayi, sebaiknya Anda memperhatikan dengan teliti, produk tersebut ditujukan untuk anak usia berapa? Ada biskuit bayi yang ditujukan untuk anak usia 6 bulan hingga 1 tahun, usia 1 tahun ke atas, atau bahkan usia 2 tahun ke atas. Pembedaan peruntukan ini bisanya didasarkan pada komposisi, tekstur, serta nutrisi yang ditambahkan pada biskuit.

Sebaiknya, Anda membeli produk yang sesuai dengan usia bayi. Jika Anda membeli produk yang ditujukan untuk usia di atas usia bayi Anda, bisa jadi tekstur atau komposisinya tidak sesuai dengan kemampuan bayi dalam mencerna. Jangan sampai, bukannya anak menjadi sehat, malah justru bisa mendapatkan gangguan pencernaan atau masalah lainnya.

Pilih biskuit yang mudah larut di mulut

Pilih biskuit yang mudah larut di mulut

Pada umumnya, gigi bayi memang mulai tumbuh pada usia 6 bulan. Namun, setiap bayi mengalami proses tumbuh kembang yang berbeda-beda. Ada beberapa bayi yang belum tumbuh gigi ketika telah berusia 6 bulan.

Bayi yang giginya belum tumbuh masih mengandalkan gusinya untuk menggigit makanan. Bahkan jika sudah tumbuh gigi, bayi masih perlu berlatih mengunyah makanan. Karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih biskuit yang mudah hancur dan larut ketika berada di mulut atau saat dicampur dengan susu. Selain bisa ditelan dengan mudah, biskuit yang mudah larut juga akan menghindarkan bayi dari bahaya tersedak.

Pilih biskuit yang mudah digenggam oleh bayi

Pilih biskuit yang mudah digenggam oleh bayi

Tak selamanya bayi makan dengan disuapi, kelak mereka akan makan sendiri menggunakan tangannya. Salah satu cara untuk melatih bayi makan sendiri adalah dengan memberikan makanan yang bisa mereka pegang. Memberikan biskuit kepada bayi merupakan langkah awal untuk mengajari bayi makan dari tangannya sendiri.

Untuk itu, pilihlah biskuit dengan ukuran yang pas di tangan si kecil. Jangan sampai biskuit yang diberikan ukurannya terlalu besar sehingga sulit dipegang dan sulit masuk ke mulut. Dengan memberikan biskuit yang ukurannya sesuai, bayi bisa menggegamnya dengan mudah. Hal ini secara tidak langsung juga bisa melatih kemampuan motorik halusnya.

Perhatikan komposisi dan nutrisi yang terkandung dalam biskuit

Perhatikan komposisi dan nutrisi yang terkandung dalam biskuit

Saat hendak membeli biskuit bayi, pastikan Anda memperhatikan komposisi yang terkandung dalam produk tersebut. Bahan baku biskuit bayi sangat beragam. Ada yang berbahan dasar beras, tepung, umbi garut, kentang, buah-buahan dan lain-lain. Anda tentu ingin memilih yang terbaik bagi buah hati Anda.

Dengan mengetahui komposisi biskuit, Anda juga bisa mencegah terjadinya alergi. Misalnya, anak Anda memiliki alergi makanan tertentu, Anda bisa melakukan screening biskuit mana saja yang bisa dikonsumsi atau tidak bisa dikonsumsi olehnya. Pastikan produk yang Anda beli tidak memiliki kandungan bahan yang bisa membuat bayi alergi.

Selain komposisi makanan, hal penting lainnya yang tak boleh terlewat adalah mengetahui kandungan nutrisi dalam biskuit bayi. Supaya pertumbuhan bayi dan balita usia 6-24 bulan berjalan maksimal, ada beberapa nutrisi yang harus hadir dalam makanannya. Nutrisi penting tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Protein: membentuk struktur sel, membantu sel menjalankan fungsinya, dan mengatur banyak fungsi di dalam jaringan tubuh dan organ
  • Vitamin A, B, C, D, E, dan K: bermanfaat untuk kekebalan dan metabolisme tubuh, kesehatan mata, kesehatan kulit, serta meningkatkan penyerapan zat besi dan kalsium
  • Omega 3: membantu mendukung perkembangan mata dan otak, memengaruhi kecerdasan serta kemampuan bersosialisasi
  • Kalsium: bermanfaat dalam pertumbuhan tulang
  • Zinc: membantu pertumbuhan, meningkatan pembentukan sistem imun, serta memengaruhi kepadatan tulang
  • Zat besi: membantu memproduksi hemoglobin, memengaruhi perkembangan otak serta kemampuan motorik

Untuk mengetahui informasi komposisi dan nutrisi biskuit, Anda bisa mengeceknya di internet, baik melalui marketplace maupun langsung di situs resminya. Adanya informasi mengenai bahan baku dan kandungan nutrisi yang terkandung di dalam biskuit akan membuat Anda merasa lebih aman saat memberikannya kepada buah hati Anda.

Hindari biskuit dengan kandungan pemanis dan pengawet buatan

Hindari biskuit dengan kandungan pemanis dan pengawet buatan

Saat memilih makanan untuk dikonsumsi bayi, tentunya produk dengan kandungan gula tambahan, bahan pewarna, serta pengawet buatan harus dihindari. Andai kata dalam biskuit tersebut mengandung bahan tambahan, sebaiknya pilihlah yang tidak menggunakan bahan kimia atau zat aditif lainnya. Hal ini semata-mata demi kesehatan buah hati Anda supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Akan tetapi, perusahaan yang memproduksi makanan bayi biasanya memiliki standar yang cukup tinggi dalam proses pemilihan bahan dan pembuatan produknya. Bahkan, dalam pengemasannya pun mereka tidak main-main. Kualitas produk, keamanan, serta kebersihannya lebih terjamin. Beranjak dari hal ini, Anda pun bisa lebih tenang saat memberikan biskuit kepada si kecil.

10 Rekomendasi biskuit bayi terbaik

Setelah menjelaskan tentang cara memilih biskuit bayi, selanjutnya kami akan memberikan sepuluh rekomendasi biskuit bayi terbaik. Silakan pilih yang paling disukai oleh bayi Anda!

10. Milna Toddler Biskuit Keju

10. Milna Toddler Biskuit Keju

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 13.250

Mengandung DHA untuk menunjang kreativitas si kecil

Selain memproduksi biskuit untuk bayi berusia 6 bulan, Milna juga memproduksi biskuit untuk bayi berusia di atas 1 tahun. Meski komposisi Milna Toddler lebih kompleks, biskuit ini tetap mudah dicerna oleh perut bayi.

Milna Toddler mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk DHA yang mampu menunjang perkembangan otak anak untuk terus berkreasi. Rasa keju yang gurih akan membuat bayi Anda tidak mudah bosan. Biskuit ini bisa dijadikan makanan pendamping untuk anak yang suka ngemil.

Rasa Keju
Komposisi utama Tepung terigu, lemak nabati, keju bubuk, konsentrat protein whey
Nutrisi DHA, inulin, zat besi, kalsium, vitamin D, C, E
Usia 1 tahun ke atas

9. SUN Marie Biscuit

9. SUN Marie Biscuit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.800

Mau dinikmati sebagai biskuit atau sebagai bubur? Semuanya bisa!

Siapa sih yang tidak kenal SUN? Produk ini sudah ada sejak tahun 1980-an dan dijadikan menu pendamping ASI bagi buah hati yang menginjak usia 6 bulan. Biskuit bundar pipih ini bisa disajikan dalam bentuk bubur atau dalam bentuk biskuit utuh. Rasa susu yang kuat membuat bayi menyukai biskuit ini.

Rasa Susu
Komposisi utama Tepung terigu, tapioka, susu bubuk
Nutrisi Kalsium, zat besi, protein
Usia 6 bulan ke atas

8. Promina Biskuit Arrowroot

 

8. Promina Biskuit Arrowroot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 15.500

Terbuat dari umbi garut yang rendah gluten

Anak penyandang autis sangat sensitif dengan gluten. Itu sebabnya, orang tua harus menjaga pola makan buah hati. Meski begitu, anak dengan gejala autis tetap boleh menikmati biskuit, kok! Hanya saja, Anda wajib mencari produk yang rendah gluten.

Arrowrot Biscuit produksi Milna ini terbuat dari umbi garut yang mudah dicerna di dalam perut. Kandungan glutennya juga lebih sedikit dibandingkan biskuit sejenis sehingga baik untuk kelompok anak berkebutuhan khusus. Yang paling penting, biskuit ini difortifikasi dengan makro dan mikro nutrien sehingga gizinya lengkap.

Rasa Susu
Komposisi utama Umbi garut
Nutrisi Zat besi, kalsium, 7 vitamin, omega 3, omega 6
Usia 1 tahun ke atas

7. SUN Baby Rusk Biscuit Rasa Pisang

7. SUN Baby Rusk Biscuit Rasa Pisang

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 8.000

Tinggi kalsium dan zat besi, baik untuk tumbuh kembang buah hati

Sebagai salah satu produk makanan bayi yang terpercaya di Indonesia, SUN biskuit bayi memiliki kandungan yang lengkap dan seimbang. Kalsium dan zat besi dapat membantu pertumbuhan tulang dan pembentukan sel darah merah. Sementara itu, susu dan proteinnya baik untuk tumbuh kembang. Jika bayi Anda suka pisang, biskuit ini bisa dijadikan pilihan.

Rasa Pisang
Komposisi utama Tepung terigu, puree pisang
Nutrisi Protein, kalsium, zat besi
Usia 6 – 24 bulan

6. Heinz Farley’s Biskuit Bayi

6. Heinz Farley's Biskuit Bayi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 16.000

Tambahkan air hangat atau susu, biskuit pun berubah menjadi puree

Membuat puree buah untuk bayi terkadang merepotkan. Apalagi jika ibu merupakan sosok yang sibuk dan harus melakukan banyak hal selain mengurus bayi. Namun, kini Anda tak usah bingung lagi, Anda bisa membuat puree apel dari biskuit bayi Heinz Farley’s.

Letakkan biskuit dalam wadah, kemudian campurkan dengan air hangat atau susu. Setelahnya, biskuit akan lumer dan berubah menjadi puree. Sementara, jika buah hati Anda sudah gemar menggigit makanan, berikan biskuit renyah ini sebagai camilan yang bisa langsung dimakan.

Rasa Apel
Komposisi utama Tidak ada keterangan
Nutrisi Protein, vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, niacin, kalsium, zat besi, zinc, yodium
Usia 6 – 24 bulan

5. Bebenice Rusks

5. Bebenice Rusks

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 30.000

Mudah dicerna oleh si kecil

Beberapa makanan baru terkadang sulit dicerna oleh si kecil akibat organ pencernaannya yang belum sempurna. Hal itulah yang berisiko membuat bayi sembelit atau justru diare saat menerima makanan baru untuk pertama kalinya.

Akan tetapi, Anda tak usah khawatir lagi. Camilan bayi produksi Singapura ini terbuat dari bahan alami yang berkualitas dan dijamin mudah dicerna oleh bayi Anda. Meski teksturnya renyah, snack ini akan mudah lumer di mulut sehingga gampang ditelan.

Rasa Pisang
Komposisi utama Beras, tepung kentang, bubuk pisang
Nutrisi Protein, vitamin A, C, kalsium, zat besi
Usia 6 bulan ke atas

4. Gerber Puff Cereal Snack, Blueberry

4. Gerber Puff Cereal Snack, Blueberry

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 55.200

Produk Non-GMO yang terbuat dari gandum utuh berserat tinggi

Dibandingkan dengan produk biskuit lain, tampilan Gerber Puff ini paling berbeda. Biskuit ini berbentuk bintang dengan ukuran mini yang bisa digenggam erat oleh bayi usia 8 bulan ke atas. Terbuat dari gandum utuh, biskuit ini kaya serat dan gizi.

Meski ukurannya mini, orang tua tak perlu takut anak tersedak. Begitu masuk di mulut, biskuit ini langsung lumer. Jika Anda adalah orang tua yang mengutamakan kealamian suatu produk, Gerber adalah produk yang tepat. Biskuit ini adalah produk non-GMO yang artinya tidak dibuat dengan bahan-bahan rekayasa genetika.

Rasa Blueberry
Komposisi utama Gandum utuh, beras
Nutrisi Kalsium, zat besi, vitamin E, B6, thiamin, niacin
Usia 8 bulan ke atas

3. Milna Biskuit Bayi

3. Milna Biskuit Bayi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 14.700

Membantu bayi belajar mengunyah dan menstimulasi pertumbuhan gigi

Kacang hijau memiliki segudang manfaat, sayangnya orang tua sering kebingungan ketika harus mengolah dan menyajikannya untuk bayi. Kini, Anda tak perlu bingung sebab ada Milna Biskuit Bayi yang akan memberikan semua kebaikan kacang hijau.

Biskuit ini memiliki aroma wangi seperti kue yang baru keluar dari oven. Tekturnya yang lunak dan lembut di mulut bisa membantu bayi belajar mengunyah sekaligus menstimulasi pertumbuhan gigi pertamanya.

Rasa Kacang hijau
Komposisi utama Susu bubuk (susu bubuk full krim, susu bubuk skim), beras putih, tepung kacang hijau
Nutrisi AA dan DHA, prebiotik FOS, kalsium, vitamin D, C, E
Usia 6 – 12 bulan

2. Yummy Bites Baby Rice Crackers

2. Yummy Bites Baby Rice Crackers

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 28.000

Biskuit rasa sayuran yang bebas pengawet dan perasa

Banyak anak-anak yang tidak suka sayuran. Oleh karena itu, orang tua harus memperkenalkan rasa sayuran kepada anak sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan memberi biskuit dengan rasa sayuran sebagai makanan pendamping ASI.

Bikuit Yummy Bites ini terbuat dari beras Jepang dan bahan berkualitas lainnya. Selain bebas pengawet dan perasa, biskuit ini juga bebas gluten, bebas telur, serta bebas kacang. Aman dikonsumsi untuk bayi yang mudah alergi terhadap makanan tertentu.

Rasa Sayuran
Komposisi utama Japonica rice, potato starch, pumpkin powder, carrot powder, spinach powder, cabbage powder
Nutrisi Vitamin A, E, K, protein
Usia 6 bulan ke atas

1. Promina Marie Susu

1. Promina Marie Susu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 14.000

Camilan nikmat dengan kandungan gizi yang tinggi dan gula yang rendah

Biskuit marie selalu menjadi andalan orang tua untuk memperkenalkan makanan baru bagi buah hati seusai pemberian ASI eksklusif. Promina Marie Susu diproduksi untuk bayi berusia 6 bulan ke atas sehingga disesuaikan dengan kemampuan organ cerna mereka. Kandungan gulanya lebih rendah dibandingkan biskuit marie yang lain.

Dilengkapi dengan fortifikasi dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi, produk ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Plus, terdapat tambahan minyak ikan di dalamnya. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi dengan tumbuh kembang bayi Anda. Biskuit ini bisa membantu mengoptimalkannya.

Rasa Susu
Komposisi utama Tepung terigu, susu bubuk full cream
Nutrisi Zat besi, vitamin A, protein, kalsium, minyak ikan
Usia 6 bulan ke atas

Lihat rekomendasi bubur bayi dan makanan pendamping lainnya di sini

Tak hanya biskuit bayi, kami juga memiliki rekomendasi makanan pendamping untuk bayi usia 6 bulan ke atas, serta bubur bayi dengan segudang manfaat. Simak ulasannya lengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Biskuit bayi dapat diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Ketika memberikan biskuit, sebaiknya Anda memperhatikan reaksi bayi. Perhatikan apakah dia suka atau tidak, apakah ada reaksi alergi atau tidak. Jika tidak ada reaksi negatif, Anda bisa melanjutkan pemberian biskuit.

Di atas, kami telah merekomendasikan berbagai produk biskuit bayi berdasarkan kelebihannya masing-masing. Semoga Anda bisa menemukan biskuit yang tepat dan disukai buah hati, ya!