1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Makanan & susu bayi
  6. >
  7. 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023)

Selepas usia 6 bulan, bayi boleh diberi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Selain bubur dan puree, ibu juga bisa memberikan camilan berupa biskuit bayi. Karena itu, kami akan menjelaskan mengenai biskuit bayi, termasuk biskuit fortifikasi dan biskuit tinggi kalori yang bikin gemuk. Beragam biskuit untuk usia 6 bulan, 7 bulan, atau 8 bulan ke atas pun akan kami ulas.

Bidan Ony juga turut menambah tips memilih biskuit yang bagus untuk bayi. Ada pula rekomendasi beragam merek biskuit bayi, seperti Milna, Yummy Bites, Promina, dan lain-lain. Selamat membaca!

Diperbaharui 09-16-2022
Pakar
Bidan & educreator
Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di rumah sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Profil Ony Christy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih biskuit bayi

Mengingat organ pencernaan bayi masih rentan dibandingkan orang dewasa, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih biskuit bayi. Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebelum membeli biskuit untuk buah hati. Berikut ini kami jelaskan secara terperinci.

① Sesuaikan biskuit dengan usia bayi

Sesuaikan biskuit dengan usia bayi
Dalam memilih biskuit untuk bayi, sebaiknya Anda memerhatikan dengan teliti sasaran usia dari produk tersebut. Ada biskuit bayi yang ditujukan untuk bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun, 8 bulan ke atas, atau 1 tahun ke atas. Pembedaan peruntukan ini biasanya didasarkan pada komposisi, tekstur, serta nutrisi yang ditambahkan pada biskuit.

Oleh karena itu, pastikan Anda membeli produk yang sesuai dengan usia bayi. Jika tak sesuai sasaran usianya, bisa jadi tekstur atau komposisi biskuit tidak cocok dengan kemampuan bayi dalam mencerna. Jangan sampai, bukannya anak menjadi sehat, malah justru bisa mendapatkan gangguan pencernaan atau masalah lain akibat mengonsumsinya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sebelum berusia 6 bulan, pencernaan bayi belum siap untuk mencerna makanan meskipun kadang bayi sudah menunjukkan ketertarikan terhadap makanan. Pada usia 6 bulan, enzim yang berguna untuk mencerna pati makanan dan lipase untuk mencerna lemak mulai terbentuk. Karena itulah, sebaiknya Anda memilih makanan yang sesuai dengan usia bayi.

② Carilah biskuit yang mudah larut di mulut

Carilah biskuit yang mudah larut di mulut

Pada umumnya, bayi mengalami pertumbuhan gigi mulai usia 6 bulan. Namun, ada juga yang giginya belum tumbuh pada usia tersebut. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena proses tumbuh kembang tiap anak pastilah berbeda-beda.


Bayi yang giginya belum tumbuh masih mengandalkan gusi untuk menggigit makanan. Meski sudah tumbuh gigi, bayi juga masih perlu berlatih mengunyah makanan. Supaya mudah dikonsumsi oleh bayi, pilihlah biskuit yang mudah hancur dan larut ketika dikunyah atau dicampur dengan susu. Biskuit yang mudah larut juga lebih aman untuk bayi karena akan menghindarkan mereka dari bahaya tersedak.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Kemampuan menelan bayi di awal MPASI biasanya belum terlalu baik. Karena itu, sebaiknya Anda memberikan makanan dengan tekstur yang halus atau mudah larut. Dengan begitu, bayi mudah menelan makanan dan tidak mudah tersedak.


Namun, penting juga bagi orang tua untuk mengetahui pertolongan pertama saat bayi tersedak. Ini karena saluran nafasnya bisa tersumbat saat tersedak sehingga bayi sulit bernafas dan bisa membahayakan nyawanya.

③ Pilih yang ukurannya mudah digenggam

Pilih yang ukurannya mudah digenggam

Tak selamanya bayi makan dengan disuapi. Kelak, mereka akan berusaha makan sendiri menggunakan tangannya. Salah satu cara untuk melatih bayi makan sendiri adalah dengan memberikan makanan yang bisa mereka pegang. Memberikan biskuit kepada bayi merupakan langkah awal untuk mengajari bayi makan menggunakan tangannya.


Untuk itu, pilihlah biskuit dengan ukuran yang pas di tangan si kecil. Jangan sampai biskuit yang diberikan ukurannya terlalu besar sehingga sulit dipegang dan dimasukkan ke dalam mulut. Dengan memberikan biskuit yang ukurannya sesuai, bayi bisa menggenggamnya dengan mudah. Hal ini secara tidak langsung juga berguna untuk melatih kemampuan motorik halus mereka.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bayi mulai bisa mengambil dan menggenggam barang yang besar pada usia 5–7 bulan. Bayi makin bisa menggunakan tangannya, belajar menggenggam, dan meraih benda yang menarik perhatiannya.


Biskuit yang mudah digenggam tentu akan memudahkan bayi untuk makan dan membuatnya lebih tertarik untuk makan. Hal ini juga baik untuk stimulasi motorik bayi. Sebaliknya, ukuran yang terlalu besar akan menyebabkan bayi kesusahan menggenggam dan kesulitan untuk makan.

④ Pertimbangkan komposisi biskuit dengan kebutuhan dan kondisi bayi

Saat hendak membeli biskuit bayi, pastikan Anda memperhatikan komposisi yang terkandung dalam produk tersebut. Pasalnya, bahan baku biskuit bayi sangatlah beragam. Ada yang terbuat dari beras, tepung, umbi, kentang, buah-buahan, dan lain-lain.

Untuk bayi dengan alergi tertentu: Produk yang tidak mengandung bahan alergen

Untuk bayi dengan alergi tertentu: Produk yang tidak mengandung bahan alergen
Beberapa bayi mungkin memiliki alergi tertentu sehingga tidak semua produk akan cocok untuk bayi Anda. Sebagai contoh, jika bayi Anda memiliki alergi terhadap susu sapi, pilihlah produk yang tidak mengandung bahan tersebut.

Beberapa bahan makanan yang sering menyebabkan alergi adalah telur, susu, ikan, dan kacang-kacangan. Pastikan Anda memeriksa komposisi produk dengan teliti dan pilih yang tidak mengandung bahan pemicu alergi bayi Anda.

Untuk menambah energi: Biskuit yang mengandung kalori tinggi

Untuk menambah energi: Biskuit yang mengandung kalori tinggi

Komposisi biskuit bayi juga perlu diperiksa karena berhubungan dengan jumlah kalori yang dimilikinya. Kalori sendiri merupakan satuan yang menunjukkan nilai energi potensial yang terkandung di dalam makanan. Jumlah kalori dapat dilihat melalui tabel informasi nilai gizi yang tertera di bagian belakang kemasan produk. Makin banyak kalori yang dikonsumsi, makin besar pula energi yang dimiliki tubuh.


Bayi baru lahir sampai usia 6 bulan biasanya membutuhkan asupan kalori sebanyak 515–690 kkal. Sementara itu, bayi usia 8 bulan membutuhkan kalori sekitar 700 kkal per hari. Jadikanlah hal ini sebagai acuan saat Anda memilih biskuit bayi. Biskuit berkalori tinggi juga dapat membantu menambah berat badan bayi. Selain dari camilan, asupan kalori juga didapatkan dari konsumsi ASI dan MPASI.

Untuk membantu tumbuh kembang bayi: Penting untuk memeriksa kandungan nutrisinya

Untuk membantu tumbuh kembang bayi: Penting untuk memeriksa kandungan nutrisinya

Hal penting lainnya yang tak boleh terlewat adalah mengetahui kandungan nutrisi dalam biskuit bayi. Supaya pertumbuhan bayi dan balita usia 6–24 bulan berjalan maksimal, ada beberapa nutrisi yang harus hadir dalam makanannya. Biskuit fortifikasi umumnya sudah mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Berikut adalah nutrisi penting untuk bayi beserta manfaatnya.


  • Protein: Membentuk struktur sel, membantu sel menjalankan fungsinya, dan mengatur banyak fungsi di dalam jaringan tubuh dan organ.
  • Vitamin A, B, C, D, E, dan K: Menjaga kekebalan dan metabolisme tubuh, kesehatan mata dan kulit, serta meningkatkan penyerapan zat besi dan kalsium.
  • Kalsium: Bermanfaat untuk pertumbuhan tulang.
  • Zinc: Membantu pertumbuhan, meningkatkan pembentukan sistem imun, dan memengaruhi kepadatan tulang.
  • Zat besi: Membantu memproduksi hemoglobin serta memengaruhi perkembangan otak dan kemampuan motorik.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada usia 4–6 bulan, bayi memiliki usus terbuka yang memungkinkan protein masuk ke dalam aliran darah langsung ke usus kecil. Namun, hal ini juga menyebabkan patogen atau molekul besar bisa masuk ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan alergi.


Oleh karena itu, perhatikan komposisi makanan bayi dan hindari bahan makanan yang menyebabkan alergi. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi dapat melengkapi atau memenuhi kebutuhan nutrisi bayi agar tumbuh kembang bayi makin optimal.

Untuk menjaga keamanan: Biskuit dengan pemanis dan pengawet buatan lebih baik

Untuk menjaga keamanan: Biskuit dengan pemanis dan pengawet buatan lebih baik
Saat memilih biskuit untuk bayi, hindarilah produk dengan kandungan gula tambahan, bahan pewarna, dan pengawet buatan. Apabila biskuit bayi mengandung bahan tambahan, pilihlah yang tidak menggunakan bahan kimia atau zat aditif lainnya. Hal ini semata-mata demi kesehatan buah hati Anda supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Kabar baiknya, perusahaan makanan bayi biasanya memiliki standar yang cukup tinggi dalam proses pemilihan bahan, pembuatan, hingga pengemasan produknya. Hal ini untuk memastikan kualitas, keamanan, serta kebersihan dari produk yang dibuat lebih terjamin. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang saat memberikan biskuit kepada si kecil.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Penggunaan gula dan garam dalam MPASI diperbolehkan selama tidak berlebihan. Asupan gula yang terlalu banyak meningkatkan risiko bayi mengalami kegemukan atau obesitas. Asupan makanan manis sebaiknya diperoleh dari bahan makanan yang alami seperti buah-buahan atau sayuran. Penggunaan pemanis buatan atau pengawet yang terlalu banyak tentunya tidak baik bagi kesehatan.

10 Rekomendasi biskuit bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk biskuit bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ony Christy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Indofood

Promina Marie Roll New

Indofood Promina Marie Roll New 1枚目

Camilan nikmat yang bergizi tinggi dan rendah gula

2

Yummy Bites

Beberoll

Yummy Bites Beberoll 1枚目

Ada krim di tengahnya! Si kecil pasti makin suka

3

Kalbe

Milna Biskuit Bayi - Kacang Hijau

Kalbe Milna Biskuit Bayi - Kacang Hijau 1枚目

Membantu bayi belajar mengunyah dan menstimulasi pertumbuhan gigi

4

Indofood

SUN Milk Marie Biscuit 6+

Indofood SUN Milk Marie Biscuit 6+ 1枚目

Mau dinikmati sebagai biskuit atau sebagai bubur? Keduanya bisa!

5

ivenet

Grain Friend

ivenet Grain Friend 1枚目

Kaya akan kalsium, tinggi kalori pula!

6

Yummy Bites

Crackers Beras

Yummy Bites  Crackers Beras 1枚目

Biskuit rasa sayur dan buah yang bebas pengawet, perasa, dan alergen

7

HEINZ

Farley's Biskuit

HEINZ Farley's Biskuit 1枚目

Tambahkan air hangat atau susu, biskuit pun berubah menjadi puree

8

PUREELAND

Baby Cookies 9 - 12 Bulan

PUREELAND Baby Cookies 9 - 12 Bulan 1枚目

Kerenyahan biskuit lebih terjaga karena dikemas secara terpisah

9

Nestlé

CERELAC® Nutripuffs

Nestlé CERELAC® Nutripuffs 1枚目

Mengandung buah dan sayur asli, mudah dicerna oleh bayi

10

Alamii Food

Puffs

Alamii Food Puffs 1枚目

Tanpa tambahan gula dan garam, memberikan rasa enak yang alami untuk bayi

Perincian produk
Close
No.1

IndofoodPromina Marie Roll New

Mulai dari Rp19.600,00

Camilan nikmat yang bergizi tinggi dan rendah gula

Kelebihan:
  • Kandungan nutrisi cukup lengkap
  • Diklaim lebih rendah gula dibanding biskuit marie lainnya

Kekurangan:

  • Biskuit cukup mudah hancur, perlu lebih diperhatikan saat pembelian secara online

Biskuit marie banyak menjadi andalan orang tua untuk memperkenalkan makanan baru bagi buah hati seusai pemberian ASI eksklusif. Produk ini dibuat untuk bayi berusia 6 bulan ke atas sehingga disesuaikan dengan kemampuan organ cerna mereka. Kandungan gulanya lebih rendah dibandingkan biskuit marie yang lain.


Dilengkapi dengan fortifikasi dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi, produk ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Sebagai tambahan, terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 di dalamnya. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi dengan tumbuh kembang buah hati sebab biskuit ini bisa membantu mengoptimalkannya.
No.2

Ada krim di tengahnya! Si kecil pasti makin suka

Kelebihan:

  • Tanpa pengawet, pewarna, atau perasa buatan
  • Reviewer mengatakan anak mereka menyukai rasanya yang enak

Kekurangan:

  • Kandungan nutrisinya kurang lengkap, harus ditambahkan dari makanan lainnya

Produk dari Yummy Bites ini banyak disukai anak-anak karena rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah. Terlebih lagi, produk ini berbeda dari biskuit bayi kebanyakan karena memiliki krim di tengahnya. Anak pun akan makin semangat mengunyah snack ini. Jika Anda mencari camilan enak yang unik dan pasti disukai anak, coba saja memberikan Beberoll.

No.3

KalbeMilna Biskuit Bayi - Kacang Hijau

Mulai dari Rp17.000,00

Membantu bayi belajar mengunyah dan menstimulasi pertumbuhan gigi

Kelebihan:
  • Kandungan nutrisinya tergolong lengkap

Kekurangan:

  • Kandungan gulanya mencapai 5 gram per sajian (dua keping) sehingga Anda tidak boleh memberikannya berlebihan

Kacang hijau memiliki segudang manfaat. Sayangnya, orang tua sering kebingungan ketika harus mengolah dan menyajikannya untuk bayi. Kini, Anda tak perlu bingung sebab produk ini akan memberikan semua kebaikan kacang hijau.


Biskuit ini memiliki aroma wangi, seperti roti atau kue yang baru keluar dari oven. Teksturnya yang lunak dan lembut di mulut bisa membantu bayi belajar mengunyah sekaligus menstimulasi pertumbuhan gigi pertamanya. Jika bayi Anda bosan dengan rasa ini, masih tersedia varian rasa Original, Pisang, Jeruk, dan Beras Merah yang bisa dipilih.
No.4

IndofoodSUN Milk Marie Biscuit 6+

Mulai dari Rp9.300,00

Mau dinikmati sebagai biskuit atau sebagai bubur? Keduanya bisa!

Kelebihan:

  • Kandungan kalsium dari tiga kepingnya setara segelas susu

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan rasa

Siapa yang tidak kenal SUN? Produk ini sudah ada sejak 1980-an dan dijadikan menu pendamping ASI bagi buah hati yang menginjak usia 6 bulan. Biskuit bundar pipih ini bisa disajikan dalam bentuk bubur atau dalam bentuk biskuit utuh. Rasa susunya yang kuat membuat bayi menyukai biskuit ini. Bahkan, tiga buah biskuit SUN ini memiliki nutrisi yang setara dengan segelas susu, lho!

No.5

Kaya akan kalsium, tinggi kalori pula!

Kelebihan:

  • Tinggi kalsium yang baik untuk mendukung pertumbuhan anak
  • Teksturnya lembut untuk anak menurut review konsumen
  • Kalori per takaran saji cukup besar, yakni 210 kkal

Kekurangan:

  • Harga tergolong cukup pricey

Grain Friend adalah biskuit bayi yang terbuat dari delapan biji-bijian organik yang ditanam tanpa tambahan pestisida. Biskuit bayi asal Korea ini memiliki rasa yang manis, gurih, dan lembut. Bentuknya yang memanjang akan memudahkan anak saat memegang dan menggigitnya.


Selain tinggi kalori, produk ini kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk pembentukan tulang dan gigi anak. Kalsium juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan, mengoptimalkan tinggi badan, serta meningkatkan imun tubuh buah hati. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat biji-bijian untuk buah hati, jangan lewatkan produk ini, ya!

No.6

Yummy Bites Crackers Beras

Mulai dari Rp22.000,00

Biskuit rasa sayur dan buah yang bebas pengawet, perasa, dan alergen

Kelebihan:
  • Varian rasa lebih variatif
  • Bebas kandungan alergen (jagung, susu, gandum, telur, kacang, ikan, kedelai, kerang, biji wijen)
  • Tanpa pengawet dan perasa buatan

Kekurangan:

  • Kalori per sajiannya kecil

Banyak anak-anak yang tidak suka sayuran dan buah-buahan tertentu. Oleh karena itu, orang tua harus memperkenalkan rasa sayur dan buah kepada anak sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan memberi produk yang satu ini sebagai makanan pendamping ASI.


Biskuit Yummy Bites ini terbuat dari beras Jepang dan bahan berkualitas lainnya. Selain bebas pengawet dan perasa, biskuit ini juga bebas bahan alergen. Jadi, produk ini aman dikonsumsi oleh bayi yang mudah alergi terhadap makanan tertentu.
No.7

Tambahkan air hangat atau susu, biskuit pun berubah menjadi puree

Kelebihan:

  • Sudah difortifikasi cukup lengkap dengan multivitamin, kalsium, zat besi, iodium, dan zinc
  • Memiliki empat varian rasa, bayi jadi tidak mudah bosan

Kekurangan:

  • Masih mengandung gula, hindari pemberian berlebihan agar si kecil tidak obesitas

Membuat puree buah untuk bayi terkadang merepotkan. Terlebih lagi, jika ibu merupakan wanita karier dan harus melakukan banyak hal selain mengurus bayi. Tak usah bingung lagi, kini Anda bisa membuat puree rasa apel, jeruk, atau pisang dari biskuit bayi HEINZ.


Letakkan biskuit dalam wadah, kemudian campurkan dengan air hangat atau susu. Setelahnya, biskuit akan lumer dan berubah menjadi puree. Jika buah hati Anda sudah gemar menggigit makanan, berikan biskuit renyah ini sebagai camilan yang bisa langsung dimakan. Tersedia juga biskuit varian Original untuk bayi yang kurang menyukai rasa buah.

No.8

PUREELANDBaby Cookies 9 - 12 Bulan

Mulai dari Rp90.000,00

Kerenyahan biskuit lebih terjaga karena dikemas secara terpisah

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan-bahan organik 100%
  • Dikemas satuan sehingga biskuit tetap renyah dan higienis
  • Para konsumen mengaku cookies ini rasanya enak dan teksturnya halus

Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal dibandingkan biskuit bayi lainnya

Produk ini dirancang khusus untuk bayi yang sedang berada di fase tumbuh gigi (teething). Saat tumbuh gigi, gusi bayi akan terasa gatal dan tidak nyaman. Nah, produk ini akan membantu merangsang dan menenangkan gusi bayi ketika ia mengunyah biskuitnya.


Cookies ini juga difungsikan untuk melatih si kecil mengenal makanan padat dan menguatkan rahangnya. Baiknya lagi, setiap cookies dikemas secara terpisah. Oleh karena itu, biskuit ini tetap segar dan higienis. Psst, produk ini juga memiliki varian cookies untuk bayi pada tahapan usia lainnya, lho.

No.9

NestléCERELAC® Nutripuffs

Mulai dari Rp8.300,00

Mengandung buah dan sayur asli, mudah dicerna oleh bayi

Kelebihan:

  • Terdapat kandungan buah dan sayur asli
  • Kandungan zat besinya tergolong tinggi
  • Mudah lumer di mulut

Kekurangan:

  • Vitamin yang terkandung hanya vitamin B1, butuh makanan lainnya untuk melengkapi kebutuhan vitamin anak

Produk ini cocok untuk ibu yang khawatir bayinya mengalami sembelit atau diare saat menerima makanan baru. Pasalnya, camilan bayi ini terbuat dari buah asli sehingga mudah dicerna oleh bayi Anda. Meski teksturnya renyah, snack bayi ini akan mudah lumer di mulut dan gampang ditelan. Produk ini juga dibuat dengan cara dipanggang sehingga lebih aman untuk bayi Anda.

No.10

Tanpa tambahan gula dan garam, memberikan rasa enak yang alami untuk bayi

Kelebihan:
  • Dibuat tanpa gula dan garam

Kekurangan:

  • Tidak banyak diberikan fortifikasi vitamin dan mineral sehingga nutrisi yang dikandung cukup minim

Tahukah Anda, bayi hanya membutuhkan asupan garam dan gula yang sedikit pada makanannya? Langit-langit mulut bayi belum berkembang sempurna sehingga makanan yang hambar pun tak akan terasa hambar oleh mereka. Konsumsi gula dan garam berlebih pada bayi berisiko menimbulkan masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, hingga gangguan ginjal.


Bagi ibu yang sangat memperhatikan kesehatan buah hatinya, biskuit ini cocok dijadikan camilan bayi Anda. Biskuit ini tidak mengandung gula dan garam serta memberikan rasa yang lebih alami untuk indera perasa bayi. Tambahan lagi, biskuit bayi ini juga tidak mengandung susu sapi sehingga ideal untuk anak yang alergi terhadapnya.

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Saat memutuskan untuk memberikan finger food pada anak, Anda sebaiknya mempelajari cara melakukan pertolongan pertama saat bayi tersedak. Hal ini juga diperlukan apabila Anda mengizinkan anak untuk makan sendiri dengan metode baby led weaning tanpa disuapi.


Kemampuan menelan dan pencernaan setiap bayi berbeda dan belum berkembang sempurna. Karena itu, bayi rawan tersedak terutama jika tekstur makanan tidak sesuai dengan usia atau perkembangan pencernaannya.

Baca juga rekomendasi produk makanan bayi lainnya di sini

Kesimpulan

Biskuit bayi idealnya diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Ketika memberikan biskuit, sebaiknya Anda memperhatikan reaksi bayi. Cermatilah apakah bayi Anda menyukai biskuit yang diberikan, mengalami reaksi alergi, dan lain sebagainya. Jika tak ada reaksi negatif, Anda bisa melanjutkan pemberian biskuit.

Melalui artikel ini, kami telah merekomendasikan berbagai biskuit bayi beserta kelebihan dari tiap-tiap produk. Semoga Anda bisa menemukan biskuit yang tepat dan disukai buah hati, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer