10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Latar belakang dreamy, detail memesona, bahkan untuk menangkap subjek yang bergerak cepat, semua bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Namun sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon harganya cukup mahal sehingga banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.

Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma yang memiliki rating tinggi sebagai produsen third party lenses atau ‘lensa pihak ketiga’. Kami memilih berdasarkan performance yang tidak kalah dengan lensa dari merek yang sama dengan kameranya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma yang sesuai kebutuhan fotografi Anda.

Daftar isi

Perusahaan seperti apakah Sigma itu?

Perusahaan seperti apakah Sigma itu?

Sigma adalah perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang pembuatan lensa dan kamera. Sigma berkomitmen menjaga kualitas “Made in Japan” pada setiap produk yang mereka produksi. Mulai dari cetakan hingga finishing, semua dioperasikan di pabrik Aizu.

Hingga saat ini, Sigma menjadi salah satu dari segelintir perusahaan yang masih mempertahankan semua bagian dari produknya “Made in Japan”.

Dalam pembuatan lensa, Sigma telah memiliki penggemar tersendiri karena menawarkan fungsi lensa yang hampir setara dengan yang dihasilkan oleh pabrik asli namun ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, Sigma terus melakukan inovasi sehingga mampu menciptakan produk lensa dan kamera dengan kemampuan yang tidak dimiliki oleh perusahaan yang lain.

Cara memilih lensa Sigma

Sebelum memberikan rekomendasi produk lensa Sigma, kami ingin menjelaskan poin penting dalam memilih lensa Sigma.

Sebagai tambahan, Sigma menjual baik lensa untuk kamera full frame maupun kamera dengan sensor APS-C. Nama pada produk lensa untuk kamera full frame biasanya ditandai dengan kode ‘DG’, sementara lensa untuk sensor APS-C ditandai dengan ‘DC’. Lensa yang bisa digunakan untuk kamera full frame memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh lensa untuk kamera tipe APS-C, yaitu lensa ini juga dapat digunakan pada bodi kamera APS-C. Sementara jika Anda menggunakan lensa APS-C pada bodi kamera full frame, keempat sudut layarnya akan menjadi hitam sehingga tidak akan maksimal dalam menghasilkan gambar.

Pilih berdasarkan tiga konsep penggunaan

Sebelumnya Sigma tidak membagi kategori di antara lensa yang mereka jual. Akan tetapi, saat ini Sigma mengembangkan dan menjual setiap lensa dengan membaginya berdasarkan tiga konsep. Ketiga konsep ini adalah contemporary, art, dan sport. Yang membedakannya bukan berarti lensa dengan konsep yang satu memiliki kelebihan dibandingkan konsep lainnya, tetapi menunjukkan konsep pengembangan dan penggunaan yang berbeda. Dengan menggunakan lensa sesuai dengan konsep yang diinginkan, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Mari mengenal masing-masing dari tiga konsep tersebut secara singkat.

Contemporary

Contemporary

Jika diekspresikan dengan satu kata, contemporary adalah keseimbangan. Lensa ini menggabungkan kinerja optik dan elemen pendukung lain untuk menghasilkan lensa berkinerja tinggi yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan fotografi. Lensa contemporary dilambangkan dengan huruf ‘C’ pada badan lensa.

Lensa berkualitas tinggi biasanya cenderung berat karena ukuran elemennya bertambah. Jika Anda ingin mengambil gambar yang bagus, tentu sangat penting memiliki lensa dengan kualitas tinggi. Tetapi jika Anda menggunakan lensa yang sulit untuk dibawa karena berat, orang yang menggunakannya akan terbatas, dan kesempatan membawa lensa ini keluar akan menipis.

Lensa contemporary direkomendasikan untuk pemula karena selain pilihan lensanya jauh lebih murah dibandingkan dua konsep lainnya, lensa ini dirancang memiliki keseimbangan antara kinerja lensa yang baik dan portabilitas. Selain pemula, lensa contemporary juga disukai oleh fotografer amatir dan profesional.

Art

Art

Lensa dengan konsep art ini menekankan kinerja optik yang canggih untuk memaksimalkan kualitas foto seperti daya resolusi dan ekspresi. Perlu diperhatikan bahwa lensa art ini kebanyakan berukuran besar dan berat sehingga penggunaannya pun cukup sulit. Namun, jika Anda ingin menangkap subjek atau mengambil gambar dengan kualitas tinggi, Anda dapat memilih lensa dalam kategori art.

Pengguna lensa jenis art ini kebanyakan adalah fotografer amatir dan profesional. Lensa art dilambangkan dengan huruf ‘A’ pada badan lensa.

Sport

Sport

Saat ini hanya ada tiga lensa yang diproduksi untuk konsep sport, dan kebanyakan adalah lensa tele. Sesuai dengan namanya, lensa ini dirancang untuk mengoptimalkan sport photography terutama untuk menangkap benda bergerak yang membutuhkan autofokus atau fokus yang cepat.

Jenis lensa sport direkomendasikan untuk mereka yang sering memotret terutama sport photography, bird photography, railway photography. Lensa dengan konsep sport ini dilambangkan dengan huruf ‘S’ pada badan lensa.

Pilih lensa Sigma yang memiliki fitur unik

Pilih lensa Sigma yang memiliki fitur unik

Fitur yang paling penting dari lensa Sigma saat ini adalah mereka mengembangkan lensa dengan spesifikasi yang belum pernah diproduksi perusahaan lain. Sebagai contoh, lensa 50-100 mm f/1.8 yang direkomendasikan untuk mereka yang sering mengambil foto potret, dan lensa 10-35 mm f/1.8 direkomendasikan untuk mereka yang senang mengambil foto candid.

Lensa-lensa seperti ini hanya dikeluarkan oleh Sigma tidak akan ditemukan pada lensa produksi perusahaan lain.

Pilih lensa yang memungkinkan penggantian mount

Pilih lensa yang memungkinkan penggantian mount

Sigma memiliki layanan penggantian mount. Biasanya lensa dari merek yang sama dengan kamera SLR hanya dapat digunakan untuk kamera merek itu saja. Jadi, jika Anda ingin mengganti kamera ke merek lain, Anda tidak akan dapat menggunakan semua lensa yang Anda miliki saat ini. Sigma melihat peluang ini dan memulai layanan penggantian mount dengan konsep bahwa lensa adalah aset yang harus bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Namun, tidak semua lensa Sigma kompatibel dengan layanan penggantian mount. Kami merekomendasikan Anda membeli lensa kompatibel jika ada kemungkinan untuk mengganti kamera dengan merek lain di masa depan. Namun, jika Anda tidak akan menggunakan merek lain dari yang Anda pakai sekarang, tidak ada masalah jika membeli lensa yang non-kompatibel.

10 Rekomendasi lensa Sigma terbaik

Setelah mengetahui cara memilih lensa Sigma, kami akan memberikan 10 rekomendasi lensa Sigma terbaik yang mungkin dapat Anda pilih. Temukanlah lensa Sigma yang paling sesuai dengan kebutuhan fotografi Anda.

10. Sigma 17-70mm f/2.8-4 DC Macro OS HSM Lens

10. Sigma Lens 17-70mm f/2.8-4 DC Macro OS HSM

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.020.000

Lensa serbaguna yang fleksibel

Jika Anda masih pemula dalam mempelajari fotografi namun sudah bosan dengan kit lens yang menempel pada kamera Anda, lensa Sigma 17-70mm f/2.8-4.5 DC Macro OS HSM bisa menjadi pilihan. Kualitas foto yang dihasilkan oleh lensa Sigma ini cukup tajam dan dreamy.

Anda juga dapat melakukan fotografi makro dengan lensa Sigma ini pada jarak pengambilan gambar 22 cm. Lensa compact dan ringan ini didesain untuk menjadi lensa ideal bagi semua tujuan fotografi Anda. Dengan kemampuan tinggi dan ukuran yang fleksibel, lensa ini cocok digunakan sehari-hari.

9. Sigma 18-35mm f/1.8 DC HSM Lens

9. Sigma 18-35mm f/1.8 DC HSM Lens

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 11.220.000

Lensa artistik yang dapat digunakan di tempat yang kurang cahaya

Lensa 18-35mm f/1.8 DC HSM adalah salah satu lensa Sigma dengan konsep art. Lensa ini merupakan lensa wide-angle Sigma pertama yang dapat mencapai aperture 1.8. Dengan memiliki aperture 1.8, lensa zoom dengan bukaan besar ini mampu menghasilkan bokeh yang estetik.

Selain itu lensa Sigma ini, dapat menghasilkan gambar yang jelas dalam kondisi kurang cahaya. Lensa yang sangat cocok bagi Anda yang senang mengambil gambar dengan sentuhan artistik. Bagi Anda pengguna kamera dengan sensor APS-C, lensa ini dapat menjadi pilihan untuk melengkapi gear kamera Anda.

8. Sigma 24-70mm f/2.8 DG OS HSM Lens

8. Sigma 24-70mm f/2.8 DG OS HSM Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.250.000

Lensa premium dengan penahan goncangan

Lensa Sigma 24-70mm f/2.8 DG OS HSM merupakan pengganti lensa Sigma 24-70mm f/2.8 EX DG Macro. Dibandingkan dengan pendahulunya, lensa ini lebih compact karena memiliki desain optik baru dan dilengkapi dengan hypersonic motor yang membuat fokus lebih cepat dan lebih halus.

Lensa zoom ini sangat cocok bagi Anda yang sering mengambil gambar dengan latar belakang pemandangan yang indah. dan bisa dibilang ditujukan bagi Anda yang memiliki kamera SLR dengan megapixel tertinggi dan terbaru. Dilengkapi dengan optical stabilization, lensa ini dapat meredam guncangan pada kamera dan menghasilkan gambar dengan kualitas menakjubkan dan bokeh yang indah!

7. Sigma 10-20mm f/4.5-5.6 EX DC HSM Lens

7. Sigma 10-20mm f/4.5-5.6 EX DC HSM Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.550.000

Lensa ultra wide angle untuk kamera APS-C

Salah satu lensa yang paling populer dari Sigma adalah lensa 10-20mm f/4.5-5.6 EX DC HSM. Lensa ini populer karena memiliki harga yang relatif murah dengan kemampuan ultra wide angle-nya. Lensa yang saat ini ditawarkan dengan harga 5 jutaan ini diperuntukkan untuk kamera dengan format APS-C.

Meski belum dilengkapi dengan hypersonic motor, ultrasonic motor yang ditanam pada lensa ini mampu menghasilkan gambar yang cukup tajam. Namun sayang sekali, lensa yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 ini sudah dihentikan produksinya sehingga yang tersisa di pasaran adalah lensa dari periode terakhir produksinya.

6. Sigma 17-70mm f/2.8-4 DC Macro OS HSM Lens

6. Sigma 17-70mm f/2.8-4 DC Macro OS HSM Lens

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.919.730

Lensa wide angle untuk penggunaan sehari-hari

Lensa Sigma 17-70mm f/2.8-4 DC Macro OS HSM termasuk yang cocok digunakan untuk kamera SLR dengan sensor APS-C. Lensa zoom standar yang diproduksi oleh Sigma ini mampu menghasilkan gambar dengan proporsi wide angle hingga potrait angle dan mencakup focal length yang paling sering digunakan sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Selain itu, lensa ini dilengkapi dengan optical stabilizer untuk mengurangi efek guncangan pada kamera. Dengan aperture yang lebih cepat daripada kit lens, lensa Sigma 17-70mm f/2.8-4 Macro OS HSM ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin meng-upgrade lensa bawaan kamera Anda.

5. Sigma 24-105mm f/4 DG OS HSM Lens

5. Sigma 24-105mm f/4 DG OS HSM Lens

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 12.350.000

Lensa yang menghasilkan video berkualitas tinggi

Lensa Sigma 24-105mm f/4 DG OS HSM merupakan lensa premium yang masuk dalam konsep art. Lensa yang berada di kelas lensa zoom wide angle ini mampu menghasilkan gambar secara maksimal apabila terpasang pada bodi kamera dengan sensor full frame. Namun, Anda tetap dapat memasang lensa ini pada kamera bersensor APS-C dengan focal length yang disesuaikan.

Sebagai salah satu lensa konsep art, Sigma 24-105mm f/4 DG OS HSM ini dapat menghasilkan gambar dengan warna yang tajam dan jelas serta memiliki kontras yang tinggi. Lensa ini cocok digunakan untuk Anda yang sering melakukan pengambilan gambar secara terus-menerus atau merekam video.

4. Sigma 15mm f/2.8 EX DG Fisheye Lens

4. Sigma 15mm f/2.8 EX DG Fisheye Lens

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.575.000

Lensa mungil dengan kemampuan canggih!

Bagi Anda yang menginginkan lensa yang tidak memakan banyak tempat, lensa Sigma 15mm f/2.8 EX DG Fisheye bisa menjadi pilihan. Meskipun ukurannya mungil, lensa fisheye ini dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan, dramatis, dan memiliki warna yang optimal.

Penggabungan antara keunikan angle 180 derajat, fleksibilitas dan kemampuan optik yang tinggi, akan menyuguhkan sudut pandang baru pada hasil foto Anda. Mesin micromotor yang ditanam dalam lensa ini cukup cepat apabila digunakan saat pencahayaan kurang.

3. Sigma 85mm f/1.4 DG HSM Lens

3. Sigma 85mm f/1.4 DG HSM Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.305.000

Lensa dengan detail tajam untuk pengambilan gambar potrait

Sebagai salah satu lensa art terbaru, lensa Sigma 85mm f/1.4 ini dirancang untuk menghasilkan gambar yang tidak tertandingi! Dilengkapi dengan desain optik yang baru dan terbuat dari komponen premium, menjadikan lensa ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dan detail. Benar-benar pasangan sempurna untuk kamera DSLR full frame yang memiliki resolusi 50 MP atau lebih.

Lensa Sigma ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan fotografi terutama untuk pengambilan gambar potrait, baik di dalam maupun luar ruang. Anda tidak perlu meragukan bokeh yang dihasilkan dari lensa dengan aperture 1.4 ini. Objek foto Anda akan terisolasi dan ditonjolkan secara sempurna oleh latar belakang yang indah!

2. Sigma 50mm f/1.4 DG HSM Lens

2. Sigma 50mm f/1.4 HSM Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.720.000

Lensa prime dengan ketajaman gambar yang luar biasa

Diperkenalkan pertama kali di tahun 2014, lensa Sigma 50mm f/1.4 HSM ini sudah memiliki banyak peminat. Lensa ini akan menghasilkan gambar yang maksimal apabila dipasangkan pada kamera SLR profesional dengan sensor terbaru. Hypersonic motor yang melengkapi lensa ini memastikan autofocus yang tenang dan akurat.

Pada aperture f/1.4, lensa dalam konsep art ini menghasilkan gambar yang lebih tajam daripada lensa dari merek produsen kamera terkemuka sekalipun. Menariknya, lensa ini tersedia di pasaran dengan harga yang jauh lebih murah daripada lensa sejenis dari merek kamera tersebut. Lensa Sigma 50mm f/1.4 merupakan lensa prime dengan standar yang luar biasa!

1. Sigma 150-600mm f/5-6.3 DG OS HSM Lens

1. Sigma 150-600mm f/5-6.3 DG OS HSM Lens

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 15.020.000

Lensa yang cocok untuk pecinta wildlife photography

Lensa Sigma 150-600mm f/5-6.3 DG OS HSM pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014. Lensa yang merupakan lensa dengan konsep sport ini dilengkapi dengan ultrasonic motor dan lens stabilized sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi goncangan saat pengambilan gambar.

Dengan kinerja optik tinggi yang dapat mencapai 600 mm, weather sealing, serta konstruksi lensa yang anti debu dan percikan, menjadikan lensa ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang menyukai wildlife photography yang sering dihadapkan dengan keadaan atau cuaca ekstrem. Lensa dengan fitur canggih dan tangguh ini dijual dengan harga 15 jutaan dan merupakan yang termurah di kelasnya!

Kesimpulan

Foto yang dihasilkan oleh kamera akan sangat bergantung pada lensa yang digunakan. Anda dapat menggunakan satu kamera dan memasangkan beberapa lensa untuk menghasilkan foto dengan atmosfer yang berbeda-beda. Namun sayangnya, lensa khusus dari produsen kamera dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Sigma hadir sebagai produsen lensa pihak ketiga yang menawarkan lensa dengan kualitas bersaing dan harga yang lebih terjangkau. Bagaimana pendapat Anda tentang 10 rekomendasi lensa Sigma yang kami berikan? Semoga Anda menemukan lensa Sigma idaman Anda, ya!