1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Lensa & aksesori
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sigma adalah merek lensa buatan Jepang dengan kualitas hasil yang tajam. Lensa Sigma sendiri dapat digunakan untuk berbagai merek kamera, seperti Sony, Fujifilm, Canon, ataupun Nikon. Di pasaran Anda dapat menjumpai produk lensa Sigma dengan focal length yang beragam. 

Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih lensa Sigma terbaik yang dapat diberi secara online. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa Sigma yang bagus untuk kamera DSLR ataupun mirrorless. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa Sigma, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 10-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keunggulan lensa Sigma

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu lensa Sigma? Di kalangan fotografer, Sigma merupakan merek lensa yang sudah cukup sering dipasangkan untuk kamera DLSR ataupun mirrorless. Untuk dapat bersaing dengan merek lensa yang ada di pasaran, Sigma telah melengkapi produknya dengan fitur-fitur yang canggih.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan lensa Sigma adalah akurasi atau kecepatan autofokusnya. Selain itu, terdapat beberapa pertimbangan lain yang membuat banyak fotografer memilih lensa Sigma. Berikut adalah beberapa keunggulan lensa Sigma: 


  • Produk lensa fix atau prime-nya menawarkan aperture besar sehingga mampu menghasilkan gambar yang tajam dan bokeh. 

  • Desain konstruksi lensa Sigma lebih kokoh sehingga lebih awet

  • Pilihan focal length-nya beragam, baik untuk kebutuhan landscape, portrait, hingga jarak jauh

Cara memilih lensa Sigma

Salah satu alasan menambah koleksi lensa adalah untuk memenuhi kebutuhan memotret. Namun, bagaimana cara menentukan dan memilih lensa Sigma yang tepat? Nah, mari simak lebih jauh agar tidak salah memilih.

① Perhatikan tipe lensanya

Untuk memenuhi kebutuhan fotografi dan videografi, Sigma melalui project Sigma Global Vision telah memproduksi tiga tipe lensa. Tiga pilihan tipe lensa Sigma tersebut, yakni Contemporary (C), Art (A), dan Sport (S). Berikut ini spesifikasi dan keunggulan dari tiap-tiap tipe lensa Sigma. 

Contemporary: Lensa standar untuk penggunaan harian

Lensa tipe Contemporary merupakan jenis lensa Sigma dengan harga yang terjangkau. Lensa Sigma Contemporary dapat dijumpai pada lensa-lensa zoom dan prime standar, seperti 16 mm, 30 mm, atau 18–50 mm. Jenis lensa ini juga kerap digunakan untuk penggunaan harian atau sekadar memenuhi hobi.


Jika dibandingkan tipe Art dan Sport, bodi lensa Sigma Contemporary didesain lebih compact dan ringan. Di samping itu, meski harga yang ditawarkan terjangkau, kualitas hasil lensa Sigma Contemporary tentu tidak diragukan. Anda dapat dengan mudah menghasilkan gambar terang, tajam, dan minim blur. 

Art: Lensa fix dengan autofokus tinggi

Lensa Sigma tipe Art didesain dengan teknologi autofokus yang cepat dan kinerja optik yang canggih. Focal length yang ditawarkan oleh lensa Sigma tipe Art umumnya adalah tunggal atau prime. Untuk itu, fungsi lensa Sigma ini lebih banyak digunakan untuk foto portrait dan dokumentasi video.


Dari sisi desain, bagian bodinya dilengkapi material yang kokoh dan sedikit lebih berat dibanding lensa Sigma Contemporary. Tak heran, pengguna lensa ini rata-rata adalah fotografer profesional yang sudah menjadikan fotografi sebagai pekerjaan. 

Sport: Lensa tele untuk kebutuhan memotret jarak jauh

Sport merupakan tipe lensa Sigma yang difungsikan untuk memotret objek jarak jauh. Lensa Sigma tipe Sport juga biasa disebut sebagai lensa telephoto karena memiliki focal length minimal 135 mm. Sesuai namanya, lensa ini juga dikhususkan untuk Anda yang ingin mendokumentasikan aktivitas sport ataupun kehidupan satwa liar


Dari segi ukuran, lensa Sigma tipe Sport tentunya lebih besar dibandingkan lensa Sigma Contemporary ataupun Art. Di samping itu, lensa ini memang cukup andal untuk memotret gambar yang membutuhkan fokus cepat

② Periksa panjang focal length lensa

Periksa panjang focal length lensa

Kebutuhan fotografi setiap orang tentunya berbeda-beda. Hal inilah yang membuat fotografer lebih memilih membeli banyak lensa dibanding memiliki banyak kamera. Saat ingin membeli lensa baru, pilihlah produk dengan focal length yang sesuai kebutuhan Anda


Focal length merupakan kemampuan seberapa jauh lensa dalam merekam objek gambar. Ukuran focal length pada lensa ditulis dalam satuan milimeter (mm). Makin pendek angka focal length pada lensa, makin jauh jarak objek gambar yang dapat terekam. Sebaliknya, makin panjang focal length, jarak objek gambar yang dapat Anda lihat tentu makin dekat. 


Sebagai panduan saat memilih focal length lensa Sigma, silakan simak penjelasan berikut ini. 


  • 8 mm–16 mm: Untuk mode foto panorama, skyscapes, interior, dan artistik.

  • 24–35 mm: Dapat difungsikan untuk memotret pemandangan alam.

  • 50–135 mm: Ideal untuk fotografi portrait atau candid.

  • 135–300 mm: Untuk genre fotografi action dan sports.

  • >300 mm: Cocok untuk sport jarak jauh, wildlife, nature, dan astronomy.

③ Sesuaikan dengan merek dan mount kamera Anda

Sesuaikan dengan merek dan mount kamera Anda

Hal yang tak boleh terlewatkan saat ingin membeli lensa Sigma adalah menyesuaikan dengan bodi kamera yang saat ini Anda gunakan. Selain itu, pastikan lensa Sigma yang Anda pilih kompatibel dengan ukuran sensor dan dudukan mount kamera. Untuk memudahkan Anda dalam memilih lensa Sigma, silakan simak ulasan berikut ini.


  • E-Mount: Merupakan dudukan lensa pada kamera mirrorless Sony. 

  • X-Mount: Merupakan dudukan lensa untuk kamera mirrorless Fujifilm.

  • EF-Mount: Dudukan lensa untuk kamera DSLR Canon.

  • F-mount: Dudukan lensa untuk kamera DSLR Nikon. 

Lantas, bagaimana jika Anda terpaksa menggunakan lensa Sigma dengan jenis mount yang berbeda? Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan converter lensa. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini. 

④ Cek nilai aperture-nya

Cek nilai aperture-nya

Aperture atau bukaan lubang diafragma pada sebuah lensa sangat memengaruhi kualitas gambar yang Anda hasilkan. Aperture pada lensa berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor. Nilai aperture sendiri ditandai dengan kode huruf F. Makin kecil angka yang mengikuti aperture, makin banyak cahaya yang dapat ditangkap lensa


Selain itu, nilai aperture yang kecil dapat memberikan efek bokeh pada gambar. Sebagai contoh, lensa dengan aperture F1.4 dapat menangkap cahaya lebih banyak dibanding lensa dengan aperture F2.2. Hal ini tentunya sangat menguntungkan Anda saat memotret di lokasi yang minim cahaya. 

⑤ Pertimbangkan lensa yang dilengkapi fitur autofokus

Pertimbangkan lensa yang dilengkapi fitur autofokus

Umumnya terdapat dua jenis pengaturan fokus pada sebuah lensa, yakni manual dan otomatis. Fungsi ini dapat Anda pilih melalui pengaturan pada kamera ataupun pada sakelar yang ada di lensa. 


Saat Anda ingin memotret objek gambar yang bergerak, seperti sebuah peristiwa, olahraga, ataupun hewan, fitur autofocus sangat dibutuhkan. Dengan fitur autofocus, lensa dapat secara otomatis mengunci objek gambar dengan cepat sehingga dapat meminimalkan blur

10 Rekomendasi lensa Sigma terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lensa Sigma terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sigma

30mm F1.4 DC DN | Contemporary Sony E-Mount

Sigma 30mm F1.4 DC DN | Contemporary Sony E-Mount 1枚目

Compact dan ramping, kualitasnya pun mumpuni

2

Sigma

16mm F1.4 DC DN | Contemporary Sony E-Mount

Sigma 16mm F1.4 DC DN | Contemporary Sony E-Mount 1枚目

Perspektif lebih luas dengan hasil yang terang

3

Sigma

35mm F1.4 DG HSM | Art Canon EF Mount

Sigma 35mm F1.4 DG HSM | Art Canon EF Mount 1枚目

Cegah chromatic aberration dengan kaca FLD dan SLD

4

Sigma

150-600mm F5-6.3 DG OS HSM | Contemporary Nikon F Mount

Sigma 150-600mm F5-6.3 DG OS HSM | Contemporary Nikon F Mount 1枚目

Lensa telephoto dengan ketahanan luar biasa

5

Sigma

50mm F1.4 DG HSM | Art Sony E-Mount

Sigma 50mm F1.4 DG HSM | Art Sony E-Mount 1枚目

Lensa supertajam dengan performa wide-open F1.4

6

Sigma

56mm F1.4 DC DN | Contemporary FUJIFILM X Mount

Sigma 56mm F1.4 DC DN | Contemporary FUJIFILM X Mount 1枚目

Kinerja low-light dengan efek bokeh maksimal

7

Sigma

85mm F1.4 DG HSM | Art Canon EF Mount

Sigma 85mm F1.4 DG HSM | Art Canon EF Mount 1枚目

Hasilkan background bokeh natural dan memukau

8

Sigma

24-70mm F2.8 DG DN | Art Sony E-Mount

Sigma 24-70mm F2.8 DG DN | Art Sony E-Mount 1枚目

Focal length tak mudah bergeser berkat zoom lock

9

Sigma

15mm F2.8 EX DG DIAGONAL FISHEYE Canon EF Mount

Sigma 15mm F2.8 EX DG DIAGONAL FISHEYE Canon EF Mount 1枚目

Hasilkan foto 180 derajat yang kreatif

10

Sigma

150–600mm F5–6.3 DG OS HSM | Sports

Sigma 150–600mm F5–6.3 DG OS HSM | Sports 1枚目

Menangkap gerakan cepat dan lincah dengan sempurna

Perincian produk
Close
No.1

Sigma30mm F1.4 DC DN | Contemporary Sony E-Mount

Mulai dari Rp3.869.000,00

Compact dan ramping, kualitasnya pun mumpuni

Kelebihan:

  • Bukaan atau aperture sangat besar sehingga bisa menghasilkan foto yang tajam dan bokeh

Kekurangan:

  • Lensa belum dibekali Image Stabilization sehingga saat proses pengambilan video disarankan menggunakan gimbal 

Produk ini dibekali dengan aperture F1.4 yang dapat menangkap gambar dengan terang meskipun dalam keadaan low light. Efek bokeh yang dihasilkan pada gambar mode portrait tak kalah bagus dari lensa profesional. Lensa ini juga memiliki AF motor sehingga autofocus-nya dapat bekerja dengan tenang tanpa suara. 


Dari sii desain, lensa ini memiliki bentuk yang compact dan ramping. Untuk urusan perekaman video pun tentu makin memudahkan Anda. Bagi Anda yang gemar mendokumentasikan art installation ataupun kesenian kontemporer, produk ini adalah pilihan tepat. 

No.2

Sigma16mm F1.4 DC DN | Contemporary Sony E-Mount

Mulai dari Rp4.679.000,00

Perspektif lebih luas dengan hasil yang terang

Kelebihan:

  • Aperture besar dan bisa diandalkan untuk memotret di ruangan minim cahaya

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi Image Stabilization sehingga saat memotret di shutter speed rendah disarankan menggunakan tripod

Bagi Anda yang menekuni fotografi interior ruangan, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini. Dengan perspektif yang luas, Anda dapat mengabadikan seluruh bagian dari ruangan. Hal tersebut didukung pula dengan aperture F1.4 yang superterang.


Selain itu, lensa ini dibekali dengan material bodi yang tahan debu dan percikan air. Dari sisi ukuran, lensa ini didesain memiliki bodi yang compact dan cukup ringan. Saat menggunakan lensa ini, hasil foto Anda akan terhindar dari flare dan ghosting berkat Super Multi-Layer Coating.

No.3

Sigma35mm F1.4 DG HSM | Art Canon EF Mount

Mulai dari Rp8.549.000,00

Cegah chromatic aberration dengan kaca FLD dan SLD

Kelebihan:

  • Autofokusnya sudah memakai teknologi HSM sehingga lebih cepat dan tidak berisik

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal dibanding lensa merek lain dengan focal length yang sama

Persebaran cahaya berlebihan atau chromatic aberration dapat membuat hasil foto tak maksimal. Untuk mencegahnya, produk ini hadir dengan kaca FLD ("F" Low Dispersioan) dan SLD (Special Low Dispersion). Kaca tersebut akan membantu menyebarkan cahaya yang optimal.


Lensa fix Sigma untuk kamera Canon ini juga menggunakan Hyper Sonic Motor Untuk menghasilkan kinerja autofocus yang cepat, halus, dan senyap. Jika Anda bergerak di bidang fotografi wedding, jatuhkanlah pilihan pada produk ini. Anda dapat menghasilkan foto portrait yang tentunya mengagumkan dan tajam.

No.4

Sigma150-600mm F5-6.3 DG OS HSM | Contemporary Nikon F Mount

Mulai dari Rp14.950.000,00

Lensa telephoto dengan ketahanan luar biasa

Kelebihan:

  • Dilengkapi teknologi Hyper Sonic Motor yang memastikan kinerja autofokus yang tenang dan cepat

Kekurangan:

  • Kemampuan menghasilkan foto bokeh cenderung terbatas 

Jika Anda memiliki hobi dalam bidang fotografi alam liar, lensa tele Sigma ini wajib menjadi pilihan Anda. Untuk mendukung wildlife photography, lensa ini dibekali dengan ketahanan yang luar biasa. Bagian coating-nya juga didesain tahan air sehingga tak perlu khawatir dibawa ke mana saja. 


Lensa yang kokoh ini didukung dengan material TSC atau Thermally Stable Composite. Material tersebut dapat dijumpai pada produk-produk bermutu tinggi. Dari segi pengoperasian, zoom lock switch lensa ini dapat digunakan pada semua ukuran atau tipe focal length.

No.5

Sigma50mm F1.4 DG HSM | Art Sony E-Mount

Mulai dari Rp10.899.000,00

Lensa supertajam dengan performa wide-open F1.4

Kelebihan:

  • Desain kokoh dan terlihat classy
  • Kinerja autofokus sangat cepat sehingga bisa diandalkan saat memotret dalam kondisi bergerak
  • Mampu menghasilkan latar bokeh seperti human vision atau penglihatan manusia

Kekurangan:

  • Harga cukup pricey dibanding lensa bawaan Sony E-Mount
  • Bobotnya cukup berat sehingga membebani bagian depan kamera

Lensa ini dibekali dengan aperture F1.4 dengan performa pemotretan wide-open yang mengagumkan. Hasil foto yang akan Anda dapatkan tentunya tajam dengan latar bokeh yang sempurna. Bagi Anda pengguna kamera Sony mirrorless APS-C yang ingin memiliki lensa performa tinggi, produk ini adalah pilihan pas.


Lensa ini mampu meminimalkan aberration dan menggantinya dengan kinerja optik level tinggi. Aperture F1.4 membuat sudut pandang gambar layaknya penglihatan manusia. Dalam kondisi terang ataupun gelap, lensa ini tentu dapat diandalkan.

No.6

Sigma56mm F1.4 DC DN | Contemporary FUJIFILM X Mount

Mulai dari Rp6.600.000,00

Kinerja low-light dengan efek bokeh maksimal

Kelebihan:

  • Dapat menghasilkan foto dan video yang sangat bokeh 

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi teknologi dan fitur penstabilan gambar optik bawaan

Lensa ini memiliki kemampuan aperture maksimum F1.4 yang dapat bekerja dengan luar biasa meskipun dalam kondisi minim cahaya. Efek bokehnya memperlihatkan objek yang terpisah dengan latar belakang secara jelas. Jika Anda senang mengabadikan video cinematic, produk ini adalah pilihan tepat.


Selain tajam dan jelas, hasil video Anda akan minim dari optical aberration. Lensa ini bekerja secara cepat dan tenang tanpa suara yang mengganggu. Dari segi ketahanan, lensa ini resisten terhadap debu dan percikan air. Jadi, Anda bisa membawanya dengan tenang di segala cuaca. 

No.7

Sigma85mm F1.4 DG HSM | Art Canon EF Mount

Mulai dari Rp14.629.000,00

Hasilkan background bokeh natural dan memukau

Kelebihan:

  • Dapat diandalkan untuk memotret di tempat yang minim cahaya

Kekurangan:

  • Untuk foto portrait, objek gambar harus berada pada jarak minimal 3–5 meter sehingga tidak cocok untuk ruangan sempit

Kami rekomendasikan lensa ini untuk Anda yang suka mengambil gambar portrait. Pada foto portrait, efek bokeh yang ditampilkan begitu smooth sehingga tampak natural. Memotret ekspresi wajah seseorang pun akan terlihat berkualitas dan memukau. 


Menariknya lagi, selain autofocus-nya dapat bekerja dengan cepat, kinerja lensa ini juga tak menimbulkan suara berisik. Hal tersebut merupakan fungsi dari Hyper Sonic Motor yang tenang saat dioperasikan. Untuk pencahayaan, hasil jepretan Anda akan minim dari gangguan aberration

No.8

Sigma24-70mm F2.8 DG DN | Art Sony E-Mount

Mulai dari Rp14.999.000,00

Focal length tak mudah bergeser berkat zoom lock

Kelebihan:

  • Dilengkapi motor stepping AF yang membuat fokus otomatisnya lebih cepat
  • Dilengkapi sakelar AF/MF khusus pada bodi lensa sehingga pengaturan modenya jadi lebih mudah

Kekurangan:

  • Harga lensa cukup pricey
  • Bobot cukup berat saat dipasangkan pada kamera mirrorless APS-C

Untuk dipasangkan pada kamera Sony mirrorless fullframe, lensa Sigma ini tentu dapat diandalkan, tetapi akan mengalami penyesuaian ukuran. Dari sisi kualitas, lensa ini dapat menghasilkan gambar yang jernih sekalipun Anda menggunakan fitur zoom


Untuk pengambilan foto close up ataupun macro, lensa ini dapat melakukannya dengan baik. Selain itu, lensa ini dilengkapi dengan sakelar zoom lock. Fungsinya untuk menjaga lensa tidak tergeser sendiri karena beban lensa yang lumayan berat. Bagi Anda yang mencari opsi lensa standar dengan hasil yang tajam, produk ini dapat diandalkan.

No.9

Sigma15mm F2.8 EX DG DIAGONAL FISHEYE Canon EF Mount

Mulai dari Rp13.225.000,00

Hasilkan foto 180 derajat yang kreatif

Kelebihan:

  • Ukuran compact, bobotnya ringan

Kekurangan:

  • Adanya potensi noise pada gambar, terlebih lagi jika menggunakan ISO tinggi

Jika Anda ingin memproyeksikan sudut pandang 180 derajat dan menghasilkan gambar melingkar, produk ini pilihannya. Saat sedang menonton pertunjukan band kesayangan Anda, gunakanlah lensa ini untuk mengabadikan momen. Pemain dan penontonnya pun akan berada dalam satu frame


Di sisi lain, berkat teknologi Multi-layer Coating, hasil foto Anda akan tampak tajam. Untuk pemotretan di cuaca cerah, hasil jepretan Anda tak akan terganggu oleh flare dan ghosting. Selain itu, warna foto juga menjadi lebih akurat.

No.10

Sigma150–600mm F5–6.3 DG OS HSM | Sports

Mulai dari Rp25.350.000,00

Menangkap gerakan cepat dan lincah dengan sempurna

Kelebihan:

  • Selain untuk sport, focal length yang panjang dapat diandalkan untuk genre astrofotografi

Kekurangan:

  • Lensa sangat berat sehingga disarankan selalu membawa tripod 
  • Tudung lensa atau hood tidak dapat dibalik

Bagi Anda yang bergerak dalam bidang dokumentasi olahraga dengan gerakan cepat, produk ini adalah pilihan tepat. Mengabadikan momen olahraga, seperti sepak bola, badminton, atletik, hingga balap motor dan mobil dapat ditangkap dengan sempurna. Hal tersebut didukung dengan kehadiran lensa zoom hyper-telephoto pada produk ini.


Lensa jarak jauh ini bahkan dilengkapi dengan 2 FLD dan 3 SLD glass elements untuk pengoptimalan cahayanya. Hasil foto Anda tentunya akan bebas dari ghosting dan flare. Menariknya lagi, lensa ini dapat bertahan pada cuaca sedikit lembap seperti gerimis.

Baca juga rekomendasi lensa lainnya di sini

Lensa menjadi salah satu komponen kamera yang menentukan kualitas hasil bidikan. Nah, jika Anda membutuhkan lensa dengan focal length tertentu, kami telah menyiapkan artikelnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan lensa yang sesuai dengan kebutuhan memotret Anda. 

Kesimpulan

Foto yang dihasilkan oleh kamera sangat bergantung pada lensa yang digunakan. Anda dapat menggunakan beberapa lensa untuk menghasilkan foto dengan gaya berbeda-beda. 

Sigma hadir sebagai produsen lensa pihak ketiga yang menawarkan produk dengan kualitas bersaing. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Kami telah mengulas tiga tipe lensa Sigma dengan fungsi yang berbeda-beda. Semoga Anda sudah menemukan lensa Sigma yang tepat, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer