mybest
Essence

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Essence bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak karena mampu mencegah kulit wajah menjadi lengket akibat minyak berlebih. Untuk mengatasi minyak berlebih, Anda bisa memilih essence yang mampu menekan produksi sebum. Ada beberapa merek essence yang bagus, seperti COSRX, Wardah, Emina, dan MS GLOW .

Kami akan menjelaskan cara memilih yang disusun bersama dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani Ramadhan. Di sini, kami akan membahas bahan dan formula yang disarankan untuk kulit berminyak dengan berbagai permasalahan kulit. Yuk, baca artikel ini hingga selesai untuk menemukan essence terbaik sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. 

Diperbaharui 28/09/2023
dr. Annisa Anjani
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Lanjut membaca
Dona Handayani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Dona Handayani

Dona Handayani merupakan lulusan dari Universitas Multimedia Nusantara jurusan jurnalistik. Kecintaannya terhadap kegiatan riset dan menulis sudah melekat sejak masih duduk di bangku SMA. Selain pernah bekerja di bidang perhotelan dan perusahaan startup fashion, saat ini, ibu satu anak ini menjadi content writer di mybest Indonesia. Berbekal pengalaman riset dan jam terbang penulisannya, Dona banyak berkontribusi untuk penulisan topik kecantikan, ibu & anak, fesyen, serta artikel pakar dengan topik lainnya.

Profil Dona Handayani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah essence cocok untuk kulit berminyak?

Apakah essence cocok untuk kulit berminyak?

Essence cocok untuk kulit berminyak karena terbuat dari larutan berbasis air. Essence mengandung bahan pelarut seperti humektan atau bahan aktif lain yang larut dalam air. Jadi, teksturnya ringan sehingga banyak diminati pemilik kulit berminyak. Selain itu, essence juga berperan dalam membantu menghidrasi kulit berminyak secara optimal.


Perlu diketahui bahwa kulit berminyak dapat mengalami dehidrasi karena produksi berlebihan dari kelenjar minyaknya. Sementara itu, hidrasi kulit berhubungan dengan kadar air di antara sel-sel kulit. Meskipun kulit berminyak memproduksi sebum lebih banyak, hal ini tidak menjamin kulit memiliki cukup kandungan air.


Karena itu, gunakanlah essence untuk menjaga kadar air dalam kulit. Kandungan air yang cukup juga mempersiapkan kulit menyerap dengan baik bahan-bahan aktif dari produk perawatan kulit berikutnya.

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Berdasarkan hasil penelitian terbaru dari Eropa, ada tiga bahan aktif yang terbukti bisa mengurangi produksi minyak. Bahan-bahan tersebut yaitu Saccharomyces/zinc ferment, Cleome gynandra leaves, dan Extractepilobium fleischeri extract. Namun, saat artikel ini dibuat, ketiga bahan tersebut masih dalam tahap penelitian yang telah terpublikasi.

Cara memilih essence untuk kulit berminyak

Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih essence untuk kulit berminyak. Ada lima poin cara memilih yang perlu Anda perhatikan. Hal ini agar Anda bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit berminyak. Dengan memilih produk yang sesuai, tentu Anda bisa mengatasi permasalahan pada kulit secara lebih efektif.
1

Utamakan bahan yang dapat mengontrol sebum, seperti zinc, AHA, atau essence yang disertai formula oil-control

Menambahkan essence dalam skincare harian Anda mungkin membuat Anda khawatir kulit akan menjadi makin oily. Maka dari itu, Anda harus mencari bahan yang tepat agar wajah Anda tidak tampak makin berkilau karena produksi minyak berlebihan. Cari essence dengan kandungan bahan zinc, AHA, atau formula oil-control

Zinc atau AHA: Membantu mengurangi produksi minyak berlebih

Zinc atau AHA: Membantu mengurangi produksi minyak berlebih
Essence dengan kandungan zinc atau alpha hydroxy acid (AHA) adalah pilihan tepat jika Anda ingin mengatasi masalah minyak berlebih. Keduanya bekerja dengan cara berbeda, tetapi efektif untuk mengurangi produksi minyak wajah.

  • Zinc
Zinc memiliki efek astringen yang memiliki kemampuan untuk menyempitkan atau mengencangkan pori-pori kulit. Dengan menyempitkan pori-pori, zinc dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di permukaan kulit. 

Selain itu, jika digunakan secara teratur, zinc dapat membantu mengendalikan produksi kelenjar sebum. Dengan begitu, zinc dapat membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan mencegah kilap berlebihan di wajah.


  • AHA
AHA membantu mencerahkan kulit dengan merangsang pergantian sel kulit lebih cepat. AHA juga memiliki kemampuan eksfoliasi sehingga membantu menguraikan lapisan atas sel kulit mati. Dengan begitu, AHA dapat membantu membersihkan pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Komedo dan jerawat pun dapat dicegah.

Formula oil control: Untuk mengurangi risiko penumpukan minyak berlebih

Formula oil control: Untuk mengurangi risiko penumpukan minyak berlebih
Formula oil control memiliki tujuan untuk mengurangi risiko penumpukan minyak berlebih di kulit yang bisa memicu masalah kulit lainnya. Dalam konteks ini, penting untuk menghindari penggunaan produk yang mengandung minyak, seperti coconut oil. Bahan tersebut dapat menyebabkan penumpukan minyak yang membuat kulit terlihat lebih berminyak.

Namun, Anda masih bisa menggunakan kandungan rose oil. Meskipun rose oil adalah minyak, sifatnya berbeda karena memiliki potensi antiperadangan. Rose oil juga umumnya aman digunakan pada kulit yang berminyak atau berjerawat.
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Untuk memeriksa bahan aktif dalam produk perawatan kulit, Anda bisa melihat pada label kemasan. Biasanya, bahan yang memiliki konsentrasi tertinggi atau persentase terbesar akan ditempatkan paling depan dalam daftar bahan. Jika bahan yang Anda cari terdaftar di akhir komposisi, hal ini menandakan bahwa konsentrasinya mungkin rendah dalam produk tersebut.

2

Apabila Anda juga bermasalah dengan pori-pori besar, cari produk non-comedogenic dengan pelembap humektan; Retinol juga bisa dipertimbangkan untuk pemakaian malam hari

Apabila Anda juga bermasalah dengan pori-pori besar, cari produk non-comedogenic dengan pelembap humektan; Retinol juga bisa dipertimbangkan untuk pemakaian malam hari

Pelembap humektan adalah jenis pelembap yang dirancang khusus untuk menjaga kelembapan kulit. Cara kerja pelembap humektan dengan menarik air di permukaan dan lapisan kulit. Ada beberapa pelembap humektan yang bisa Anda pilih, seperti glycerin 20%, hyaluronic acid, glycosaminoglycans (GAGs), dan sorbitol.


Pelembap humektan dapat membantu menyamarkan tampilan pori-pori menjadi lebih kecil. Hal ini karena cara kerja pelembap humektan yang menarik kelembapan ke kulit sehingga membuat kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, pelembap humektan juga tidak menyumbat pori-pori. Dengan begitu, kulit pun lebih elastis dan terlihat lebih sehat.

Anda juga dapat mempertimbangkan kandungan retinol yang digunakan pada malam hari. Tujuannya untuk menstimulasi kolagen lebih efektif sehingga kolagen dan pori-pori kulit menjadi lebih rapat. Perlu diingat, penggunaan retinol lebih efektif pada malam hari karena retinol akan terdegradasi jika terkena sinar matahari.
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Pastikan Anda memilih essence yang tidak membuat kulit Anda makin berminyak sehingga kerutan atau pori-pori yang membesar tidak terlalu tampak. Sebaiknya, gunakan produk yang memberikan tampilan matte. Namun, pastikan produk tetap mengandung pelembap humektan yang bersifat anti-oily, tetapi tidak menyebabkan kulit kekeringan.
3

Jika Anda memiliki kulit berminyak yang tampak kusam, gunakan essence dengan kandungan brightening agent, seperti AHA, BHA, vitamin C, atau niacinamide

Jika Anda memiliki kulit berminyak yang tampak kusam, gunakan essence dengan kandungan brightening agent, seperti AHA, BHA, vitamin C, atau niacinamide
Selain penggunaan bahan aktif seperti AHA, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan aktif yang merupakan brightening agent di bawah ini:

  • Asam salisilat (BHA)
BHA adalah pilihan yang baik untuk kulit yang sensitif karena sifatnya lebih lembut dibandingkan AHA. BHA bekerja dengan mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Dengan menghilangkan sel-sel kulit mati ini, BHA dapat membantu mengungkapkan lapisan kulit yang lebih segar sehingga kulit Anda lebih cerah.

  •  Vitamin C 
Vitamin C bekerja dengan cara menghambat pembentukan melanin. Melanin itu sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit. Penggunaan vitamin C secara teratur dapat membantu mengurangi noda gelap, hiperpigmentasi, dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah. Namun, gunakan dengan konsentrasi di bawah 10% agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

  • Niacinamide
Niacinamide adalah bentuk dari vitamin B3 dan memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk mengurangi peradangan dan meratakan warna kulit. Niacinamide juga bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih.
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

Umumnya, bahan pencerah yang digunakan dalam essence memiliki kesamaan dengan bahan pencerah yang digunakan dalam produk perawatan kulit lainnya. Untuk mendapatkan hasilnya, Anda perlu memakai produk essence secara rutin. Beberapa bahan seperti AHA memerlukan waktu 1-2 minggu untuk memberikan perubahan yang signifikan pada kulit Anda.

4

Kulit berminyak rentan berjerawat? Pilih yang memiliki kandungan soothing agent, seperti Aloe vera, atau kandungan asam salisilat < 2%

Kulit berminyak rentan berjerawat? Pilih yang memiliki kandungan soothing agent, seperti  Aloe vera, atau kandungan asam salisilat < 2%
Kulit berminyak memang lebih rentan terhadap masalah jerawat. Namun, pemilihan essence yang tepat dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan seperti Aloe vera atau asam salisilat dengan konsentrasi kurang dari 2%.

  • Asam salisilat
Perlu diperhatikan bahwa efek dari penggunaan asam salisilat pada kulit bervariasi tergantung pada konsentrasinya. Asam salisilat di bawah konsentrasi 2% dapat berfungsi untuk meredakan peradangan jerawat. Namun, ketika konsentrasi asam salisilat melebihi 3%, efeknya menjadi lebih kuat. Efek tersebut termasuk mengikis lapisan sel-sel kulit mati dan memicu reaksi iritasi pada kulit.

  • Aloe vera
Aloe vera memiliki manfaat untuk kulit berjerawat, termasuk memberikan hidrasi, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Tidak hanya itu, Aloe vera juga memiliki efek antioksidan dan memiliki sifat antibakteri yang membantu mengatasi jerawat.

Dari hasil penelitian terbaru, ada bahan-bahan yang berasal dari alam untuk melawan bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes. Ketiga bahan tersebut adalah allantoin, glucoside, tetrasodium glutamate diacetate.

Cara kerjanya adalah mengurangi produksi minyak dengan menghambat 5alfa reduktase. 5alfa reduktase merupakan enzim yang mengubah testosteron menjadi dihidrotestosteron yang lebih sensitif dalam menstimulasi kelenjar minyak. Nah, mikrobiome yang seimbang akan otomatis menekan pertumbuhan bakteri, virus, atau jamur penyebab penyakit di kulit dan menekan peradangan. 

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Penggunaan essence akan memberikan efek jika digunakan secara rutin. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar mendapatkan manfaat essence secara optimal.

1. Bersihkan kulit dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit.
2. Gunakan essence tanpa kapas, cukup gunakan telapak tangan saja. Keluarkan essence secukupnya dan tepuk-tepuk ke seluruh wajah, Anda tidak perlu menggosoknya, cukup angin-anginkan sebentar agar menyerap sempurna.
3. Jika essence yang Anda gunakan mengandung pelembap yang mild, boleh aplikasikan essence hingga ke leher.
4. Lanjutkan ke tahap penggunaan skincare berikutnya, misalnya krim pagi atau serum.
5

Cari bahan aktif zinc dan niacinamide untuk kulit berminyak cenderung sensitif, hindari kandungan yang bersifat asam dengan konsentrasi tinggi dan kandungan oil

Cari bahan aktif zinc dan niacinamide untuk kulit berminyak cenderung sensitif, hindari kandungan yang bersifat asam dengan konsentrasi tinggi dan kandungan oil
Pada dasarnya, bila Anda memiliki kulit berminyak cenderung sensitif, cari essence dengan bahan aktif zinc dan niacinamide karena sifatnya less iritatif. Lalu, Anda perlu menghindari essence dengan kandungan oil agar tidak memicu reaksi sensitif. Hindari juga kandungan yang bersifat asam. Namun, jika Anda ingin menggunakan kandungan AHA, pastikan persentasenya tidak terlalu tinggi

Anda juga bisa menggunakan essence dengan kandungan asam salisilat. Secara teori asam salisilat tidak memicu reaksi iritasi. Namun, jika kulit Anda sangat sensitif, tentu saja penggunaan AHA dan BHA dapat memicu iritasi. Untuk amannya, hindari semua kandungan yang bersifat asam, gunakan essence dengan kandungan pelembap saja.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi essence terbaik untuk kulit berminyak

Berikut ini adalah rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 27 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Kandungan pencerah
Kandungan anti-aging
Kandungan lainnya
Pilihan ukuran
Jenis kulit
Permasalahan kulit
Rekomendasi usia
Bahan pengawet
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOM
Manfaat
Bentuk kemasan
1

L'Oreal Paris

Revitalift Crystal Micro Essence

L'Oreal Paris Revitalift Crystal Micro Essence 1

Rp187.000

Agak Mahal

Samarkan tampilan pori-pori besar hanya dalam 7 hari

Salicylic acid, adenosine, yeast extract

Butylene glycol, caprylyl glycol

Adenosine

Adenosine, tocopherol

Tidak diketahui

22 ml, 65 ml, 130 ml

Semua jenis kulit

Kulit kusam, pori-pori besar

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA11230100214

Mencerahkan kulit wajah

Tidak diketahui

2

COSRX

Advanced Snail Mucin 96 Power Essence

COSRX  Advanced Snail Mucin 96 Power Essence 1

Rp275.000

Agak Mahal

Redakan iritasi dengan manfaat anti-inflamasinya

Snail secretion filtrate

Sodium hyaluronate, allantoin

Arginine

Arginine

Tidak diketahui

100 ml

Semua jenis kulit

Kulit terasa kering

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA26180105971

Melembapkan kulit

Tidak diketahui

3

SOMETHINC

SKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner

SOMETHINC SKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner 1

Rp82.500

Agak Murah

Essence non-comedogenic dan hypoallergenic yang cocok digunakan mulai usia remaja

Korean propolis, New Zealand manuka honey, provitamin B5

Manuka honey, provitamin B5, glycerin

Vitamin C

Tidak ada

Tidak diketahui

40 ml, 100 ml

Semua jenis kulit

Kulit kusam, terdapat bekas jerawat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18221201169

Memudarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit

Tidak diketahui

4

Wardah

Crystal Secret Pure Treatment Essence

Wardah Crystal Secret Pure Treatment Essence 1

Rp53.000

Agak Murah

Dapatkan kulit cerah sebening kristal dengan ekstrak edelweiss dan alpha arbutin

Edelweiss extract, alpha arbutin, silvervine, niacinamide

Propanediol, methyl gluceth-20, glycerin, allantoin, sodium hyaluronate, Leontopodium alpinum extract

Niacinamide, alpha arbutin

Niacinamide, Leontopodium alpinum extract, Actinidia polygama fruit extract, adenosine

Hydroxypropyl cyclodextrin, citric acid

30 ml, 50 ml, 100 ml

Semua jenis kulit

Kulit kusam, tedapat bekas jerawat, noda hitam

Tidak diketahui

Phenoxyethanol, chlorphenesin, sodium metabisulfite, potassium sorbate, sodium benzoate, caprylhydroxamic acid, ethylhexylglycerin

NA18210100440

Menghidrasi kulit, mencerahkan kulit, menyamarkan hiperpigmentasi

Botol ulir

5

Emina

Natura Pal Toner Essence

Emina Natura Pal Toner Essence 1

Rp45.500

Agak Murah

Essence toner dengan formula bebas alkohol dan pewarna, ramah untuk kulit sensitif

Natural pea extract, niacinamide, sodium hyaluronate

Glycerin, sodium hyaluronate

Niacinamide

Tidak ada

Tidak diketahui

100 ml

Semua jenis kulit

Kulit kering

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18211203427

Menghidrasi kulit, melawan radikal bebas

Tidak diketahui

6

N'Pure

Cica Biome Acne Serum Essence

N'Pure Cica Biome Acne Serum Essence 1

Rp100.000

Menengah

Perawatan intensif untuk jerawat meradang

8 Anti-acne plant extracts, acne biome technology

Centella asiatica

Niacinamide

Tidak ada

Tidak diketahui

20 ml

Kulit berminyak, kulit kombinasi

Kulit berjerawat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18220102657

Memudarkan bekas jerawat, merawat kulit berjerawat, memperbaiki tekstur kulit

Tidak diketahui

7

MS GLOW

Deep Treatment Essence with DNA Salmon

MS GLOW Deep Treatment Essence with DNA Salmon 1

Rp175.000

Menengah

Membantu regenerasi sel-sel kulit Anda dengan kandungan DNA salmon

Ceramide, hyaluronic acid, niacinamide, salmon DNA

Ceramide, hyaluronic acid, Centella asiatica, Aloe vera extract

Niacinamide

Tidak ada

Tidak diketahui

100 ml

Semua jenis kulit

Kulit kusam, kulit menua, kulit dehidrasi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18221901231

Mencerahkan kulit, memperkuat skin barrier, menghidrasi kulit, dan mengencangkan kulit

Tidak diketahui

8

Avoskin

Essence Toner Miraculous Divine Aura

Avoskin  Essence Toner Miraculous Divine Aura 1

Rp329.000

Agak Mahal

Kombinasi essence dan toner untuk kulit berminyak dan berjerawat

Niacinamide, 3-O-ethyl ascorbic acid, hyaluronic acid, birch extract

Glycerin, propylene glycol, sodium PCA, butylene glycol, hydrolyzed hyaluronic acid

Niacinamide, 3-O-ethyl ascorbic acid

Lactic acid

Zinc PCA, Rosa canina fruit extract, Betula alba leaf extract

30 ml, 100 ml

Semua jenis kulit

Kulit kusam, bekas jerawat, noda di wajah

Mulai dari 15 tahun

Potassium sorbate, sodium benzoate

NA18211208525

Mencerahkan warna kulit, menyamarkan tampilan noda hitam dan pori-pori, merawat kulit berjerawat

Botol pump

9

Secret Key

Starting Treatment Essence Rose Edition

Secret Key Starting Treatment Essence Rose Edition 1

Rp225.000

Agak Mahal

Essence dengan galactomyces yang mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit

Galactomyces ferment filtrate, Rosa centifolia flower water

Glycerin, niacinamide, galactomyces ferment filtrate, Rosa centifolia flower water

Niacinamide, adenosine

Adenosine

Tidak diketahui

150 ml

Semua jenis kulit

Kulit iritasi, kulit beruntusan

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA26181203934

Melembapkan kulit, mencerahkan kulit wajah

Tidak diketahui

10

Ella Skin Care

Niacinamide Botanical Cica Essence with Centela Asiatica Extract

Ella Skin Care Niacinamide Botanical Cica Essence with Centela Asiatica Extract 1

Rp62.500

Agak Murah

Ampuh mengatasi jerawat, kulit berminyak, dan mencerahkan kulit dengan formula bebas iritan

Niacinamide, Centella asiatica, tranexamic acid

Glycerin, trehalose, Centella asiatica, urea

Niacinamide

Tranexamic acid, sodium hyaluronate

Tidak diketahui

100 ml

Semua jenis kulit

Kulit berjerawat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

NA18201901657

Menghidrasi, meredakan peradangan akibat jerawat

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

L'Oreal ParisRevitalift Crystal Micro Essence

Revitalift Crystal Micro Essence 1
Sumber: loreal-paris.co.id
Revitalift Crystal Micro Essence 2
Sumber: blibli.com
Revitalift Crystal Micro Essence 3
Sumber: shopee.co.id
Revitalift Crystal Micro Essence 4
Sumber: shopee.co.id
Revitalift Crystal Micro Essence 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp187.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp187.000
Agak Mahal

Samarkan tampilan pori-pori besar hanya dalam 7 hari

Revitalift Crystal Micro Essence diklaim memberikan hasil yang tampak nyata hanya dalam 7 hari penggunaan. Produk ini menjanjikan kulit yang halus dan sebening kristal. Hero ingredients dari essence ini adalah salicylic acid dan Centella asiatica.


Salicylic acid membantu mengatasi permasalahan produksi sebum berlebih sehingga menyamarkan tampilan pori-pori besar. Formulanya juga diperkaya dengan sulfonic acid yang membantu eksfoliasi. Jadi, tekstur kulit akan tampak lebih halus dan cerah. Sementara itu, kandungan Centella asiatica membantu merawat elastisitas kulit Anda.

Kandungan utamaSalicylic acid, adenosine, yeast extract
Kandungan pelembapButylene glycol, caprylyl glycol
Kandungan pencerahAdenosine
Kandungan anti-agingAdenosine, tocopherol
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran22 ml, 65 ml, 130 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam, pori-pori besar
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA11230100214
ManfaatMencerahkan kulit wajah
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

COSRX Advanced Snail Mucin 96 Power Essence

Harga referensi
Rp275.000
Agak Mahal

Redakan iritasi dengan manfaat anti-inflamasinya

Mucin atau snail secretion filtrate akhir-akhir ini banyak ditemui di berbagai produk kosmetik berkat manfaatnya yang luar biasa. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kelembapan dan mengembalikan vitalitas kulit. Nah, produk perawatan kulit dari COSRX ini diformulasikan dengan 96% mucin.


Selain melembapkan, essence ini juga mengandung allantoin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Hasilnya, produk ini tidak hanya bisa dipakai oleh pemilik kulit kering, tetapi juga kulit yang sedang iritasi atau berjerawat. Dengan efek dingin yang dihasilkan, kulit akan terasa nyaman seharian!

Kandungan utamaSnail secretion filtrate
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, allantoin
Kandungan pencerahArginine
Kandungan anti-agingArginine
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit terasa kering
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA26180105971
ManfaatMelembapkan kulit
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.3

SOMETHINCSKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner

Harga referensi
Rp82.500
Agak Murah

Essence non-comedogenic dan hypoallergenic yang cocok digunakan mulai usia remaja

SOMETHINC menawarkan produk essence yang bisa digunakan oleh para remaja sejak usia 11 tahun. Kandungan vitamin C-nya membantu mencerahkan kulit dalam waktu 28 hari. Korean propolis-nya membantu merawat kulit dari bakteri penyebab jerawat, termasuk pada kulit berminyak.


SKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner tersertifikasi non-comedogenic, fungal acne-friendly, serta hypoallergenic. Jadi, Anda yang berkulit sensitif, berminyak, dan acne-prone tidak perlu khawatir menggunakan produk lokal ini.

Kandungan utamaKorean propolis, New Zealand manuka honey, provitamin B5
Kandungan pelembapManuka honey, provitamin B5, glycerin
Kandungan pencerahVitamin C
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran40 ml, 100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam, terdapat bekas jerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18221201169
ManfaatMemudarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.4

WardahCrystal Secret Pure Treatment Essence

Harga referensi
Rp53.000
Agak Murah

Dapatkan kulit cerah sebening kristal dengan ekstrak edelweiss dan alpha arbutin

Wardah Crystal Secret Pure Treatment Essence diformulasikan untuk Anda yang memiliki tipe kulit berminyak dan kusam. Formulanya mengandung niacinamide dan natural AHA untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit. Teksturnya yang ringan pun cukup nyaman di kulit.


Sebagai brightening agent, produk ini mengandung alpha arbutin, niacinamide, dan brightening peptide. Brightening agent membantu mencerahkan kulit kusam dan mengatasi noda hitam bekas jerawat. Kemudian, ekstrak edelweiss dan silver vine ikut mencerahkan dan memperkuat skin barrier Anda.

Kandungan utamaEdelweiss extract, alpha arbutin, silvervine, niacinamide
Kandungan pelembapPropanediol, methyl gluceth-20, glycerin, allantoin, sodium hyaluronate, Leontopodium alpinum extract
Kandungan pencerahNiacinamide, alpha arbutin
Kandungan anti-aging Niacinamide, Leontopodium alpinum extract, Actinidia polygama fruit extract, adenosine
Kandungan lainnyaHydroxypropyl cyclodextrin, citric acid
Pilihan ukuran30 ml, 50 ml, 100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam, tedapat bekas jerawat, noda hitam
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetPhenoxyethanol, chlorphenesin, sodium metabisulfite, potassium sorbate, sodium benzoate, caprylhydroxamic acid, ethylhexylglycerin
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18210100440
ManfaatMenghidrasi kulit, mencerahkan kulit, menyamarkan hiperpigmentasi
Bentuk kemasanBotol ulir
View all
No.5

EminaNatura Pal Toner Essence

Harga referensi
Rp45.500
Agak Murah

Essence toner dengan formula bebas alkohol dan pewarna, ramah untuk kulit sensitif

Emina mengeluarkan produk toner essence yang teksturnya cair dan nyaman untuk kulit, bahkan kulit berminyak. Toner essence ini mengandung 100% natural pea extract. Kemudian, produknya juga mengandung formula dengan pH seimbang, bebas alkohol, dan bebas pewarna.


Toner essence ini pun diklaim hypoallergenic dan dermatologically tested. Terlebih lagi, formulanya non-comedogenic dan non-acnegenic. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak dan sensitif, pertimbangkan produk yang satu ini.

Kandungan utamaNatural pea extract, niacinamide, sodium hyaluronate
Kandungan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kering
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18211203427
ManfaatMenghidrasi kulit, melawan radikal bebas
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.6

N'PureCica Biome Acne Serum Essence

Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Perawatan intensif untuk jerawat meradang

Jerawat yang meradang membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Untuk itu, kami merekomendasikan Cica Biome Acne Serum Essence. Produk N'Pure untuk jerawat ini membantu perawatan pada jerawat yang meradang dengan teknologi Acne Biome.


Selain sebagai anti-inflamasi, essence ini juga menghidrasi dan membantu memberikan kehalusan dan kelembutan kulit. Untuk hasil yang lebih sempurna, gunakan essence ini sesudah menggunakan N'Pure Centella Asiatica Face Toner, ya.

Kandungan utama8 Anti-acne plant extracts, acne biome technology
Kandungan pelembapCentella asiatica
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran20 ml
Jenis kulitKulit berminyak, kulit kombinasi
Permasalahan kulitKulit berjerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18220102657
ManfaatMemudarkan bekas jerawat, merawat kulit berjerawat, memperbaiki tekstur kulit
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.7

MS GLOWDeep Treatment Essence with DNA Salmon

Harga referensi
Rp175.000
Menengah

Membantu regenerasi sel-sel kulit Anda dengan kandungan DNA salmon

MS Glow Deep Treatment Essence with DNA Salmon adalah essence wajah yang mengandung DNA salmon, niacinamide, dan Centella asiatica extract. Produk ini dapat digunakan untuk Anda yang menginginkan produk anti-aging untuk kulit berminyak.


Kandungan niacinamide membantu mengatasi produksi minyak berlebih dan mencerahkan kulit. Sementara itu, DNA salmon akan membantu regenerasi sel-sel kulit. Terakhir, Centella asiatica dapat menenangkan kulit Anda dan melembapkan dengan ringan.

Kandungan utamaCeramide, hyaluronic acid, niacinamide, salmon DNA
Kandungan pelembapCeramide, hyaluronic acid, Centella asiatica, Aloe vera extract
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam, kulit menua, kulit dehidrasi
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18221901231
ManfaatMencerahkan kulit, memperkuat skin barrier, menghidrasi kulit, dan mengencangkan kulit
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.8

Avoskin Essence Toner Miraculous Divine Aura

Harga referensi
Rp329.000
Agak Mahal

Kombinasi essence dan toner untuk kulit berminyak dan berjerawat

Essence Toner Miraculous Divine Aura merupakan hasil kolaborasi antara Avoskin dan influencer Paola Serena. Produk ini memadukan essence dan toner untuk mengatasi berbagai masalah kulit berminyak. Jadi, Anda yang ingin meringkas rangkaian skincare harian dapat memilih essence ini.


Produk ini memiliki kandungan utama niacinamide, vitamin C, hyaluronic acid, dan birch extract. Perpaduan bahan-bahan tersebut membantu mencerahkan warna kulit, menyamarkan flek hitam, merawat kulit berminyak, dan berjerawat. Selain itu, essence ini dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan menyamarkan tampilan pori-pori.

Kandungan utamaNiacinamide, 3-O-ethyl ascorbic acid, hyaluronic acid, birch extract
Kandungan pelembapGlycerin, propylene glycol, sodium PCA, butylene glycol, hydrolyzed hyaluronic acid
Kandungan pencerahNiacinamide, 3-O-ethyl ascorbic acid
Kandungan anti-agingLactic acid
Kandungan lainnyaZinc PCA, Rosa canina fruit extract, Betula alba leaf extract
Pilihan ukuran30 ml, 100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam, bekas jerawat, noda di wajah
Rekomendasi usiaMulai dari 15 tahun
Bahan pengawetPotassium sorbate, sodium benzoate
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA18211208525
ManfaatMencerahkan warna kulit, menyamarkan tampilan noda hitam dan pori-pori, merawat kulit berjerawat
Bentuk kemasanBotol pump
View all
No.9

Secret KeyStarting Treatment Essence Rose Edition

Harga referensi
Rp225.000
Agak Mahal

Essence dengan galactomyces yang mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit

Produk essence dari Secret Key ini mengandung 94% galactomyces. Galactomyces merupakan fermentasi filtrate ragi yang memiliki lebih dari 50% protein, vitamin B, niacinamide, dan asam folat. Jadi, komposisi utamanya dapat membantu menjaga kesehatan skin barrier Anda.


Tak hanya itu, kandungan bahan-bahan alaminya juga membantu mengatasi produksi minyak berlebih dan meratakan tekstur kulit. Formulanya pun bebas bahan-bahan kimia yang mencetus alergi. Anda yang memiliki tipe kulit berminyak, beruntusan, dan sensitif bisa mencoba essence ini.

Kandungan utamaGalactomyces ferment filtrate, Rosa centifolia flower water
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide, galactomyces ferment filtrate, Rosa centifolia flower water
Kandungan pencerahNiacinamide, adenosine
Kandungan anti-agingAdenosine
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran150 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit iritasi, kulit beruntusan
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanol
Pewangi
BPOMNA26181203934
ManfaatMelembapkan kulit, mencerahkan kulit wajah
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all
No.10

Ella Skin CareNiacinamide Botanical Cica Essence with Centela Asiatica Extract

Harga referensi
Rp62.500
Agak Murah

Ampuh mengatasi jerawat, kulit berminyak, dan mencerahkan kulit dengan formula bebas iritan

Centella asiatica (cicasejak dulu telah dikenal sebagai kandungan yang mampu mengatasi jerawat dan beruntusan dengan baik. Essence dengan kandungan cica ini mampu meredakan jerawat yang meradang, mencegah bakteri penyebab jerawat, dan mengontrol minyak berlebih.


Di samping cica, essence ini juga mengandung tranexamic acid dan licorice extract yang dapat mencerahkan kulit. Produk ini aman untuk semua jenis kulit, termasuk remaja, ibu hamil, dan menyusui. Formulanya juga bebas bahan iritan sehingga aman untuk kulit sensitif.

Kandungan utamaNiacinamide, Centella asiatica, tranexamic acid
Kandungan pelembapGlycerin, trehalose, Centella asiatica, urea
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan anti-agingTranexamic acid, sodium hyaluronate
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Pilihan ukuran100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit berjerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Bahan pengawetTidak diketahui
Alkohol/ethanolTidak diketahui
PewangiTidak diketahui
BPOMNA18201901657
ManfaatMenghidrasi, meredakan peradangan akibat jerawat
Bentuk kemasanTidak diketahui
View all

5 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak terbaik

No. 1: L'Oreal ParisRevitalift Crystal Micro Essence

No. 2: COSRX Advanced Snail Mucin 96 Power Essence

No. 3: SOMETHINCSKIN GOALS Vita Propolis Glow Essence Toner

No. 4: WardahCrystal Secret Pure Treatment Essence

No. 5: EminaNatura Pal Toner Essence

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Essence untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.