mybest
Setrika & laundry

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebutuhan rumah
  4. 10 Rekomendasi Meja Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Meja Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Meja Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Meja Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Meja Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Meja Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Meja Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Meja setrika atau ironing board adalah alat yang penting untuk menyetrika pakaian. Saat ini meja setrika memiliki banyak variasi. Ada yang kaki mejanya tinggi, dapat dilipat, serta memiliki tempat khusus untuk meletakkan setrika.

Agar Anda makin mudah mengenali produk yang diinginkan, kami akan menjelaskan poin-poin cara memilih meja setrika yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi meja setrika terbaik keluaran merek ternama, seperti IKEA, Informa, dan Olympic. Selamat membaca dan memilih produk!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih meja setrika

Pertama-tama, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai cara memilih meja setrika yang tepat. Anda bisa menjadikan poin-poin pembahasan dari kami berikut sebagai acuan agar tidak salah pilih.

1

Pilih tipenya sesuai kebiasaan menyetrika Anda

Secara umum, terdapat dua tipe meja setrika, yaitu tipe duduk dan tipe berdiri. Dengan mengetahui karakteristik setiap tipenya, Anda pun bisa memilih tipe yang paling tepat dan nyaman untuk digunakan.

Tipe duduk: Apabila Anda hanya menyetrika sedikit pakaian atau hanya menyetrika sesekali

Tipe duduk: Apabila Anda hanya menyetrika sedikit pakaian atau hanya menyetrika sesekali

Tipe ini nyaman dan cocok digunakan oleh Anda dengan kondisi berikut:

  • Anda yang ingin menyetrika sedikit pakaian untuk waktu yang tidak lama. 
  • Anda yang sering menyetrika, tetapi dengan jumlah setrikaan yang sedikit.

Jika tipe ini dilengkapi kaki pendek, Anda bisa menggunakannya di lantai. Sementara itu, jika desainnya flat tanpa kaki, Anda dapat langsung meletakkannya di meja. Namun, bisa jadi Anda cepat lelah saat menyetrika menggunakan tipe ini di lantai. Hal tersebut juga membuat Anda sulit menyetrika hingga ke bagian-bagian detail pada pakaian.


Itulah salah satu alasan meja setrika duduk sebaiknya tidak ditujukan untuk menyetrika pakaian dalam jumlah banyak. Jika setrikaan banyak, Anda dapat merasa pegal karena harus duduk dalam jangka waktu lama.


Kelebihan lain tipe ini adalah pemasangannya yang mudah dan bisa dilakukan dalam sekejap. Hal itu menjadikannya tepat dipilih oleh Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaan.

Tipe berdiri: Apabila Anda menyetrika banyak pakaian dalam satu waktu

Tipe berdiri: Apabila Anda menyetrika banyak pakaian dalam satu waktu

Kelebihan meja setrika tipe berdiri adalah sebagai berikut:

  • Nyaman digunakan bagi Anda yang lebih suka menyetrika sambil berdiri atau duduk di kursi.
  • Tidak membuat postur tubuh Anda terlalu membungkuk saat menyetrika sehingga tubuh tidak mudah lelah.


Poin kedua di atas menjadi alasan utama tipe ini tepat dipilih oleh Anda yang sering menyetrika banyak pakaian sekaligus. Namun, pastikan meja setrika berdiri yang Anda pilih memiliki tempat atau tatakan untuk meletakkan setrika. Dengan begitu, Anda tidak harus ribet meletakkan meja ini di dekat meja lain.


Penting diperhatikan bahwa kaki meja tipe ini tergolong panjang sehingga Anda perlu menyediakan space khusus untuk menyimpannya. Selain itu, apabila ketinggian mejanya tidak pas, Anda akan lebih cepat lelah. Anda dapat memilih produk yang tingginya bisa disesuaikan sebagai solusinya. Dengan demikian, Anda bisa menyetrika dengan lebih nyaman.
2

Sesuaikan bentuknya dengan pakaian yang sering Anda setrika

Setidaknya ada dua bentuk meja setrika yang tersedia di pasaran. Bentuk meja ini akan memengaruhi kemudahan menyetrika pakaian. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Boat type: Jika Anda sering menyetrika beragam jenis pakaian

Boat type: Jika Anda sering menyetrika beragam jenis pakaian

Anda mencari meja setrika yang bisa digunakan untuk menyetrika berbagai jenis pakaian berbeda? Boat type adalah solusi yang tepat. Tipe ini juga sekaligus merupakan tipe meja setrika yang paling umum ditemui.


Sesuai namanya, tipe ini memiliki bentuk layaknya perahu. Ujungnya menyempit dan berbentuk seperti moncong perahu. Menyetrika kemeja, rok, saputangan, dan sebagainya bisa dilakukan menggunakan tipe ini. Selain itu, area permukaan yang lebar juga memungkinkan Anda untuk menyetrika seprai dengan lebih mudah.

Human body type: Apabila Anda lebih sering menyetrika blus dan kemeja

Human body type: Apabila Anda lebih sering menyetrika blus dan kemeja
Sumber: ruparupa.com

Untuk Anda yang banyak menyetrika blus, kemeja, atau kaus, ada baiknya Anda mempertimbangkan produk bertipe human body. Hal tersebut karena produk tipe ini memiliki bentuk seperti torso manusia.


Anda hanya perlu meletakkan pakaian di area yang menyerupai torso. Setelah itu, Anda bisa dengan mudah menarik dan menyetrika area yang membulat, semisal bagian bahu. Anda juga dapat menggunakan area ujungnya untuk menyetrika kerah atau lengan baju. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh hasil yang jauh lebih rapi.
3

Perhatikan fitur-fitur lainnya

Seiring berkembangnya zaman, banyak produsen yang menawarkan meja setrika dengan fitur-fitur tambahan. Fitur-fitur, seperti sleeve board dan tempat khusus untuk setrika, tentu akan mendukung aktivitas menyetrika Anda.

Sleeve board: Untuk mempermudah saat menyetrika bagian yang melengkung

Sleeve board: Untuk mempermudah saat menyetrika bagian yang melengkung
Sumber: ruparupa.com

Anda ingin menyetrika dengan lebih nyaman? Cobalah untuk membeli meja setrika yang dilengkapi sleeve board. Sleeve board, atau ada juga yang menyebutnya finish horse, adalah tambahan pada meja setrika berupa meja kecil. Sleeve board berfungsi untuk membantu menyetrika bagian yang melengkung pada pakaian, misalnya lengan baju dan pundak.


Fitur ini tepat dimiliki untuk Anda yang ingin memperoleh hasil menyetrika super-rapi dan halus tanpa repot. Ada juga produk yang sleeve board-nya bisa diputar atau dilepas. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh area menyetrika yang lebih luas saat tidak menggunakan sleeve board. Sayangnya, produk dengan fitur ini sangat terbatas stoknya di e-commerce.

Space untuk meletakkan setrika ataupun baju

Meja setrika yang memiliki tempat khusus untuk meletakkan baju setrikaan tentu akan terasa lebih fungsional. Baju setrikaan Anda pun akan tetap rapi dan tidak gampang tersenggol. Bahkan, ada beberapa produk yang memiliki gantungan. Dengan begitu, Anda bisa langsung menggantungkan busana, seperti jas, hem, atau jaket, yang sering dipakai.


Selain space untuk baju, saat ini sudah banyak produk yang menyediakan tempat khusus untuk setrika. Adanya tempat tersebut membuat setrika yang panas bisa lebih aman diletakkan. Jadi, Anda tak perlu khawatir setrika bakal mengenai tangan Anda.

4

Pastikan ukurannya tepat

Pastikan ukurannya tepat

Meja setrika memiliki beragam ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Meja setrika di pasaran rata-rata memiliki ukuran panjang sekitar 75–110 cm dan lebar 30–35 cm. Anda ingin menyetrika beragam jenis pakaian dengan lebih leluasa? Kalau begitu, produk dengan panjang 110 cm dan lebar 35 cm adalah pilihan tepat.

Di sisi lain, jika mejanya terlalu kecil, Anda akan terlalu sering memutar-mutar pakaian saat menyetrika. Hal ini tentunya kurang efisien. Oleh sebab itu, pastikan meja setrika tidak memiliki panjang di bawah 75 cm dan lebar di bawah 30 cm.

Ukuran produk juga turut memengaruhi kemudahan penyimpanan. Makin besar meja setrika, makin besar pula area penyimpanan yang dibutuhkan. Karena itu, ada baiknya Anda memilih meja setrika yang dapat dilipat. Selain memudahkan penyimpanan, meja setrika lipat juga tidak memakan banyak tempat untuk disimpan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi meja setrika terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja setrika terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Stora

Meja Setrika Powder Coating

Stora Meja Setrika Powder Coating 1

Rp349.900

Menengah

Tampilannya cantik, fleksibel dan adjustable juga!

2

Meja Setrika Lipat Kayu Serbaguna

 Meja Setrika Lipat Kayu Serbaguna 1

Rp64.000

Lebih Murah

Meja setrika kayu fungsional yang ramah di kantong

3

IKEA

JÄLL Meja Setrika

IKEA JÄLL Meja Setrika 1

Rp99.900

Agak Murah

Minimalis dan bisa digantung, ringkas serta tak banyak makan tempat

4

Mistermoto

Meja Khusus Setrika Uap

Mistermoto Meja Khusus Setrika Uap 1

Rp750.000

Agak Mahal

Meja setrika uap andalan untuk usaha laundry Anda

5

Prima Unggul Jaya Sentosa

LIVEO Ironing Board LV-808

 Prima Unggul Jaya Sentosa  LIVEO Ironing Board  1

Rp528.000

Menengah

Kover meja menggunakan 100% katun yang bisa dicuci

6

Informa

Bloomy Meja Setrika Klasik

Informa Bloomy Meja Setrika Klasik 1

Rp549.000

Menengah

Hadir dengan kualitas prima khas Informa

7

Olympic

Meja Setrika MS Eira

Olympic Meja Setrika MS Eira 1

Rp1.218.749

Agak Mahal

Sudah plus gantungan dan rak penyimpanan baju

8

Selma

Aiden Meja Setrika

Selma  Aiden Meja Setrika  1

Rp379.000

Menengah

Meja setrika duduk lipat dengan motif unyu

9

IKEA

DÄNKA Ironing Board

IKEA DÄNKA Ironing Board 1

Rp499.000

Menengah

Bidang lebih luas untuk menyetrika dengan lebih leluasa

10

Dazzl

Meja Setrika Lipat Flip Side10229547

Dazzl  Meja Setrika Lipat Flip Side 1

Rp1.349.000

Lebih Mahal

Bisa diputar 360 derajat, sangat praktis dan efisien digunakan!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

StoraMeja Setrika Powder Coating

Meja Setrika Powder Coating 1
Sumber: ruparupa.com
Meja Setrika Powder Coating 2
Sumber: ruparupa.com
Meja Setrika Powder Coating 3
Sumber: ruparupa.com
Meja Setrika Powder Coating 4
Sumber: ruparupa.com
Harga referensi
Rp349.900
Menengah
Harga referensi
Rp349.900
Menengah

Tampilannya cantik, fleksibel dan adjustable juga!

Kelebihan:
  • Bisa dilipat dan disesuaikan tingginya
  • Dilengkapi dengan tempat setrika berbahan silikon tahan panas
  • Besi penyangganya kokoh menurut sejumlah pengguna


Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan kaki meja tidak rata sehingga goyang saat digunakan

Meja setrika bermotif cantik dengan warna-warna pastel tentu akan menjadikan Anda lebih semangat menggosok pakaian dalam jumlah banyak. Jika ini yang Anda cari, jatuhkan pilihan pada produk ini. Selain kovernya didesain cantik dan cerah, meja setrika berangka besi ini juga sangat fleksibel. Produk ini tak hanya bisa dilipat. Tinggi meja setrika ini pun dapat diatur, dari 23–80 cm. Mau dijadikan meja setrika duduk dan berdiri, ayo saja!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Meja Setrika Lipat Kayu Serbaguna

Harga referensi
Rp64.000
Lebih Murah

Meja setrika kayu fungsional yang ramah di kantong

Kelebihan:
  • Penyangganya terbuat dari kayu, mampu tonjolkan kesan rustic
  • Dapat dilipat
  • Dilengkapi meja kecil di bawahnya untuk tempat menaruh pakaian yang telah disetrika

Kekurangan:

  • Kaki meja bergoyang-goyang menurut sejumlah review

Bila Anda mencari meja setrika berdiri kayu dengan harga bersahabat, produk ini bisa dipilih. Dengan harga terjangkau, produk ini sudah dilengkapi dengan meja atau rak kecil untuk meletakkan pakaian. Jadi, sebelum disimpan di lemari, pakaian yang sudah disetrika bisa Anda letakkan di sini. Karena penyangganya terbuat dari kayu, produk dengan tinggi 60 cm ini dapat menambah kesan rustic di ruangan Anda. 

No.3

IKEAJÄLL Meja Setrika

Harga referensi
Rp99.900
Agak Murah

Minimalis dan bisa digantung, ringkas serta tak banyak makan tempat

Kelebihan:

  • Desainnya minimalis
  • Bisa digantung sehingga lebih hemat tempat saat disimpan
  • Kerangka terbuat dari baja, lebih tahan lama

Kekurangan:
  • Menurut beberapa reviewer, lapisan alasnya tipis 

Ruangan yang tak begitu lapang bukan halangan untuk memiliki meja setrika. Dengan produk satu ini, Anda tak akan bingung menaruhnya saat tidak digunakan. Meja setrika IKEA ini dilengkapi pengait sehingga Anda tinggal menggantungnya saja. Benar-benar hemat tempat! Meja setrika minimalis ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang mengutamakan keringkasan. 

No.4

MistermotoMeja Khusus Setrika Uap

Harga referensi
Rp750.000
Agak Mahal

Meja setrika uap andalan untuk usaha laundry Anda

Kelebihan:

  • Ukurannya luas, dengan panjang 120 cm dan lebar 60 cm
  • Lengkap dengan tiang untuk menggantung kabel setrika
  • Busa rebonded sudah disertakan 

Kekurangan:

  • Ada rangka besi yang kurang tebal menurut beberapa ulasan

Bagi Anda yang memiliki usaha laundry, meja setrika uap ini layak dimiliki.  Dengan produk ini, aktivitas menyetrika pakaian akan makin cepat karena ukurannya yang lapang. Pakaian pun bebas basah karena uap akan merembes ke bawah melalui busa yang menjadi lapisan alasnya. Namun, karena sistem meja setrika laundry ini bongkar-pasang dengan mur dan baut, pastikan Anda mengetahui cara pemasangannya. 

No.5

Prima Unggul Jaya Sentosa LIVEO Ironing Board LV-808

Harga referensi
Rp528.000
Menengah

Kover meja menggunakan 100% katun yang bisa dicuci

Kelebihan:

  • Produk dapat dilipat dan tinggi penyangganya dapat diatur sesuai keinginan
  • Kover meja terbuat dari katun 100% serta dapat dicuci

Kekurangan:

  • Rentang pengaturan ketinggiannya tidak disebutkan

Produk ini akan sesuai bila Anda mencari meja setrika dengan kover 100% katun yang dapat dicuci dan berbusa tebal. Tingginya pun bisa disesuaikan serta sudah dilengkapi karet antiselip bagi bagian kaki mejanya. Alas setrika (iron rest) juga ada untuk mempermudahkan pekerjaan menyetrika Anda. Warnanya netral, cocok untuk Anda penyuka barang dengan warna basic.

No.6

InformaBloomy Meja Setrika Klasik

Harga referensi
Rp549.000
Menengah

Hadir dengan kualitas prima khas Informa

Kelebihan:

  • Bisa dilipat dan diatur ketinggiannya
  • Kover meja bisa dilepas dan dicuci


Kekurangan:

  • Tidak bisa request warna

Informa tentu harus masuk daftar saat membahas peralatan dan perlengkapan rumah tangga yang terkenal. Jika Anda mencari meja setrika Informa yang bagus, produk ini patut dilirik. Selain materialnya berkualitas, meja setrika ini menggunakan lapisan luar tahan panas. Anda bisa nyaman menggosok baju tanpa khawatir kover ini sobek gegara terpapar suhu sangat panas dari setrika.  

Harga referensi
Rp1.218.749
Agak Mahal

Sudah plus gantungan dan rak penyimpanan baju

Kelebihan:

  • Dilengkapi gantungan dan dua buah rak penyimpanan baju
  • Bagian meja dapat dilipat

Kekurangan:

  • Perakitan cukup rumit

Karena sudah disertai dua rak penyimpanan dan gantungan pakaian, produk ini pas bagi Anda yang memprioritaskan efisiensi waktu dan tenaga. Anda tak perlu mondar-mandir untuk menaruh ataupun menggantung hasil setrikaan Anda. Rak penyimpanannya bisa pun Anda manfaatkan sebagai tempat untuk menaruh tas atau buku. Meja setrika multifungsi ini juga ideal dipilih untuk mempertegas industrial vibe di hunian Anda.  

No.8

Selma Aiden Meja Setrika

Harga referensi
Rp379.000
Menengah

Meja setrika duduk lipat dengan motif unyu

Kelebihan:

  • Dapat dilipat
  • Dilengkapi dengan tempat setrika 
  • Desain mejanya cute


Kekurangan:
  • Alasnya tipis sehingga perlu diberi lapisan kain tambahan

Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang butuh meja setrika duduk dengan motif menarik. Meski tipenya duduk, produk ini sudah dilengkapi tempat setrika untuk memudahkan pekerjaan Anda. Ironing board ini pun cukup stabil, lho, berkat rangkanya yang terbuat dari besi dan baja. Tinggi produk ini sekitar 15 cm. Anda bisa meletakkannya di lantai atau meja, sesuai dengan posisi nyaman Anda.

No.9

IKEADÄNKA Ironing Board

Harga referensi
Rp499.000
Menengah

Bidang lebih luas untuk menyetrika dengan lebih leluasa

Kelebihan:
  • Dapat dilipat 
  • Bidang mejanya luas
  • Ketinggiannya bisa disesuaikan, dari 60–95 cm

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang menyebutkan produk kurang kokoh

Meja setrika berdiri IKEA ini pantas dipertimbangkan oleh Anda yang mencari produk dengan bidang yang luas untuk menyetrika. Dengan ukuran 120 cm × 37 cm, Anda bisa lebih mudah dan leluasa dalam menyetrika pakaian. Terlebih lagi, tatakan setrika pada produk ini dilengkapi dengan bantalan silikon tahan panas. Bantalan tersebut sekaligus berfungsi untuk mencegah goresan pada permukaan setrika. Pakaian mulus, setrika pun tetap mulus!

No.10

Dazzl Meja Setrika Lipat Flip Side10229547

Harga referensi
Rp1.349.000
Lebih Mahal

Bisa diputar 360 derajat, sangat praktis dan efisien digunakan!

Kelebihan:

  • Human body type dengan papan meja yang bisa diputar 360°
  • Dilengkapi penjepit untuk celana
  • Dapat diatur ketinggiannya (20–89 cm) dan dapat dilipat

Kekurangan:

  • Cukup sulit digunakan jika belum terbiasa

Karena dibentuk menyerupai badan manusia, Anda dapat memasangkan blus, kemeja, jas, kaus, hingga celana. Dibandingkan harus membalikkan pakaiannya, Anda cukup membalikkan papan setrika ini saja! Hal ini karena papannya dapat diputar hingga 360 derajat. Lebih praktis tentunya. Produk ini juga dilengkapi penjepit celana, lho. Anda tinggal jepit ujung celana untuk berikan luncuran setrika bebas hambatan. Produk ini adalah pilihan profesional untuk tampilan supernecis Anda. 

Baca juga rekomendasi gantungan baju di sini

Selain meja setrika, Anda juga tentu membutuhkan gantungan baju untuk menjaga kerapian setrikaan. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengecek rekomendasi gantungan baju dan standing hanger terbaik dari kami.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai meja setrika yang telah kami rekomendasikan di atas? Lebih tertarik memilih produk dengan tipe duduk atau berdiri? Barangkali salah satunya cocok dengan kebutuhan Anda.

 
Menyetrika adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang berat dan terkadang membosankan. Namun, jika Anda menggunakan meja setrika yang sesuai, menyetrika pun akan terasa lebih ringan. Dengan artikel ini, semoga Anda dapat memperoleh inspirasi untuk memilih meja setrika terbaik sesuai kebutuhan!

5 Rekomendasi Meja Setrika terbaik

No. 1: StoraMeja Setrika Powder Coating

No. 2: Meja Setrika Lipat Kayu Serbaguna

No. 3: IKEAJÄLL Meja Setrika

No. 4: MistermotoMeja Khusus Setrika Uap

No. 5: Prima Unggul Jaya Sentosa LIVEO Ironing Board LV-808

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebutuhan rumah
  4. 10 Rekomendasi Meja Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.