• 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap produsen kulkas seperti Panasonic, Sharp, Samsung, dan LG tentunya memiliki kualitas dan konsumsi listrik yang berbeda.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan seperti ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda saat membeli kulkas 2 pintu. Untuk itu, simak artikel ini, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 05 Agustus 2020
  • 46.343 Views
Daftar isi

Cara memilih kulkas 2 pintu

Setiap produk kulkas 2 pintu pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tak jarang, orang merasa kecewa karena salah dalam memilih produk kulkas. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa hal. Jika saat ini Anda berencana untuk mengganti atau membeli kulkas baru, perhatikan beberapa poin ini, ya!

Perhatikan ukuran dan kapasitas penyimpanannya

Biasanya, alasan seseorang ingin membeli kulkas 2 pintu adalah kebutuhan ruang penyimpanan yang lebih besar. Namun, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan penggunaan. Seberapa banyak bahan makanan minuman yang akan disimpan ke dalam kulkas harus diperhitungkan sebelum membeli. Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan di bawah ini!

Ukuran 200-400 liter cocok untuk keluarga kecil Anda

Ukuran 200-400 liter cocok untuk keluarga kecil Anda
Jika Anda berpikir memilih kulkas 1 pintu adalah sesuatu yang tanggung, belilah kulkas 2 pintu. Dari segi ukuran, kulkas 2 pintu memiliki ruang penyimpanan yang sedikit lebih besar dibanding kulkas 1 pintu. Untuk itu, membeli kulkas 2 pintu merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang sudah berkeluarga.
Namun, berapa volume kulkas 2 pintu yang harus dimiliki untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari? Jika Anda menempati rumah dengan anggota keluarga di bawah 4 orang, pilihlah kulkas 2 pintu dengan kapasitas penyimpanan 200-400 liter. Dilihat dari segi ukuran, kulkas 2 pintu ini dapat menampung banyak persediaan bahan makanan maupun minuman. Di sisi lain, penggunaan kulkas berkapasitas 200-400 liter akan lebih menghemat penggunaan listrik.

Ukuran 400-600 liter cocok untuk keluarga besar

Ukuran 400-600 liter cocok untuk keluarga besar
Ukuran kulkas dengan kapasitas penyimpanan yang luas tentunya lebih cocok untuk Anda yang tinggal bersama keluarga menengah hingga besar (lebih dari 4 orang). Dengan anggota keluarga yang banyak, kebutuhan bahan makanan dan minuman tentu akan semakin bertambah. Dengan begitu, untuk dapat menyimpan persediaan bahan makanan dan minuman, dibutuhkan kulkas yang berukuran lebih lega.
Jika Anda menempati rumah dengan anggota keluarga lebih dari 4 orang, pilihlah kulkas dengan kapasitas minimal 400 liter. Kompartemen atau ruang penyimpanan dalam kulkas berkapasitas 400-600 liter umumnya tergolong sangat luas. Dalam sekali belanja, kulkas dapat menampung seluruh kebutuhan rumah tangga. Anda pun dapat menyimpan makanan minuman favorit dari masing-masing anggota keluarga.

Sesuaikan dengan golongan listrik rumah tangga Anda

Sebelum Anda menggunakan kulkas 2 pintu, ada baiknya untuk melihat kapasitas listrik rumah tangga Anda. Selain untuk menekan biaya konsumsi listrik, penggunaan kulkas yang sesuai dengan golongan listrik bertujuan untuk menghindari risiko konsleting.

Rumah tangga kecil, pilih kulkas 2 pintu dengan konsumsi listrik 100-115 watt

Rumah tangga kecil, pilih kulkas 2 pintu dengan konsumsi listrik 100-115 watt
Kulkas menjadi alat penyimpanan makanan yang digunakan selama 24 jam nonstop. Pemakaian yang terus menerus mengakibatkan penggunaan listrik menjadi cukup besar. Untuk itu, penggunaan kulkas 2 pintu haruslah menyesuaikan golongan listrik rumah tangga Anda.
Penggunaan listrik ini tentunya tidak hanya untuk menyalakan kulkas saja. Melainkan juga alat elektronik lain seperti televisi, mesin cuci, pompa air, dan sebagainya. Golongan listrik rumah tangga di Indonesia terbagi menjadi tiga, yakni kecil, menengah, dan besar. Untuk golongan listrik rumah tangga kecil, umumnya memiliki daya 900 VA dan 1.300 VA. Bagi Anda yang masih menggunakan listrik dengan daya kecil, gunakanlah kulkas 2 pintu dengan konsumsi listrik 100 -115 watt. Hal ini tentunya untuk menghemat pengeluaran dan menjaga kestabilan tegangan listrik di rumah Anda.

Rumah tangga menengah dan besar, pilih kulkas dengan konsumsi listrik 115-171 watt

Rumah tangga menengah dan besar, pilih kulkas dengan konsumsi listrik 115-171 watt
Golongan listrik rumah tangga menengah umumnya memiliki daya 3.500 hingga 5.500 VA. Sementara, untuk golongan listrik rumah tangga besar memiliki daya 6.600 VA ke atas. Jika kapasitas daya listrik Anda di atas 3.500 VA, menggunakan kulkas dengan konsumsi listrik 115 – 171 watt tidak menjadi masalah.
Selain melihat golongan listrik rumah, Anda dapat menonaktifkan beberapa fungsi tambahan pada kulkas. Contohnya adalah dengan menonaktifkan fungsi alarm pada pintu, pendinginan ekstra, dan lainnya. Dengan semakin banyaknya fungsi yang diaktifkan, semakin besar pula konsumsi energi yang diperlukan. Untuk itu, matikan beberapa fungsi yang tidak diperlukan, ya!

Perhatikan fitur yang ditawarkan

Membeli kulkas 2 pintu haruslah disesuaikan dengan target dan jangka waktu penggunaan. Kulkas yang berkualitas tentunya bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk itu, poin terakhir yang harus Anda pertimbangkan saat ingin membeli kulkas 2 pintu adalah dengan melihat fiturnya.

Fitur hemat energi bisa menekan biaya listrik rumah Anda

Fitur hemat energi bisa menekan biaya listrik rumah Anda
Kulkas merupakan peralatan elektronik yang menggunakan daya listrik cukup tinggi. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menghemat pengeluaran. Bagaimana caranya?
Saat ini, banyak produsen kulkas 2 pintu yang menawarkan teknologi pendingin yang hemat energi. Selain bermanfaat untuk kesehatan makanan yang Anda simpan, teknologi ini dapat menekan pengeluaran konsumsi listrik.
Kulkas dengan fitur hemat energi tersedia cukup banyak di pasaran. Biasanya, produsen akan memasang label Energy Saver atau Energy Star pada kulkas yang akan Anda beli. Label ini menjelaskan bahwa produk kulkas tersebut sudah menggunakan teknologi yang hemat energi. Untuk itu, jangan salah memilih, ya!

Fitur antibau untuk mencegah menyebarnya bau menyengat makanan dalam kulkas

Fitur antibau untuk mencegah menyebarnya bau menyengat makanan dalam kulkas
Ketika makanan atau minuman tersimpan melebihi batas waktunya, tentu akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Meskipun Anda sudah menyingkirkannya, terkadang bau yang tidak sedap tersebut masih tercium di dalam kulkas. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Beberapa produsen kulkas menyebutnya dengan nama fitur deodorizer. Fitur ini berguna untuk menetralisir bau tak sedap yang ada di dalam kulkas. Fitur antibau ini juga bekerja untuk menyegarkan udara di dalam kulkas secara jangka panjang. Dengan adanya fitur antibau ini, makanan yang Anda simpan di dalam kulkas akan tetap terjaga kesehatan dan kesegarannya.

Fitur pendingin untuk memastikan pendinginan bekerja secara merata

Fitur pendingin untuk memastikan pendinginan bekerja secara merata
Setiap produsen kulkas selalu menawarkan keunggulan fitur pendinginnya masing-masing. Namun, yang perlu Anda pastikan adalah fitur ini bekerja maksimal dan merata ke seluruh bagian ruang kulkas. Dengan berkembangnya teknologi pendinginan, banyak produsen yang menciptakan fitur pendingin terpisah. Satu di bagian utama, sedangkan sisanya pada bagian freezer yang berfungsi untuk membekukan. Hal ini tentunya ditujukan untuk memastikan seluruh makanan yang Anda simpan di dalam kulkas tetap terjaga kesegarannya.

10 Rekomendasi kulkas 2 pintu terbaik

Setelah membaca penjelasan cara memilih di atas, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Pilihlah berdasarkan poin-poin yang telah kami jelaskan sebelumnya, ya!
10
WarnaSilver
Volume256 liter
Tegangan220-240 V
Konsumsi listrik100 watt
9
WarnaSilver dan hitam
Volume266 liter
Tegangan220 V
Konsumsi listrik85 watt
8
WarnaElegant Inox / Silver dan Luxe Brown
Volume384 liter
TeganganTidak disebutkan
Konsumsi listrikTidak disebutkan
7
WarnaHitam
Volume230 liter
Tegangan220-240 V
Konsumsi listrik116 watt
6

PanasonicElectrostatic Touch Control

NR-BV328G-K1D

Rp 8.000.000,00

WarnaCrystal Jet Black dan Silver
Volume322 liter
Tegangan220-240 V
Konsumsi listrikTidak disebutkan
5
WarnaSilver
Volume425 liter
TeganganTidak disebutkan
Konsumsi listrik170 watt
4
WarnaPutih dan merah muda
Volume256 liter
Tegangan220-240 V
Konsumsi listrik100 watt
3
WarnaHitam
Volume600 liter
Tegangan220-240 V
Konsumsi listrik148 watt
2
WarnaEmas
Volume478 liter
TeganganTidak disebutkan
Komsumsi listrikTidak disebutkan
1
WarnaSilver, biru, hitam, dan coklat
Volume240 liter
Tegangan220 V
Konsumsi listrik115 watt

Tabel perbandingan produk kulkas 2 pintu terbaik

Gambar produk
1
Polytron Belleza 3 1

Polytron

2
LG  GN-C602HVCU 1

LG

3
Sharp  SJ-IG961PG-BK 1

Sharp

4
Sharp  SJ-316ND-FW/FP 1

Sharp

5
Aqua  AQR-460R 1

Aqua

6
Panasonic Electrostatic Touch Control 1

Panasonic

7
Sanken  SK-V231A-CB 1

Sanken

8
Samsung  Twin Cooling Plus™ 1

Samsung

9
Panasonic Econavi 1

Panasonic

10
Sharp  Nano Deodorizer 1

Sharp

Nama produk

Belleza 3

GN-C602HVCU

SJ-IG961PG-BK

SJ-316ND-FW/FP

AQR-460R

Electrostatic Touch Control

SK-V231A-CB

Twin Cooling Plus™

Econavi

Nano Deodorizer

KeunggulanTampil dengan pilihan warna...Berkat teknologi DoorCoolin...Ruang penyimpanannya ekstra...Sentuhan warna feminim deng...Dilengkapi rak es batu gand...Semakin canggih dan cantik ...Dindingnya tebal, desainnya...Listrik di rumah Anda padam...Fitur ECONAVI dan Night Eco...Berkat fitur Nano Deodorize...
HargaRp 2.049.000,00Rp 7.650.000,00Rp 9.499.000,00Rp 3.049.000,00Rp 5.975.000,00Rp 8.000.000,00Rp 2.689.900,00Rp 7.999.000,00Rp 4.679.000,00Rp 3.835.000,00
WarnaSilver, biru, hitam, dan coklatEmasHitamPutih dan merah mudaSilverCrystal Jet Black dan SilverHitamElegant Inox / Silver dan Luxe BrownSilver dan hitamSilver
Volume240 liter478 liter600 liter256 liter425 liter322 liter230 liter384 liter266 liter256 liter
Tegangan220 VTidak disebutkan220-240 V220-240 VTidak disebutkan220-240 V220-240 VTidak disebutkan220 V220-240 V
Konsumsi listrik115 wattTidak disebutkan148 watt100 watt170 wattTidak disebutkan116 wattTidak disebutkan85 watt100 watt
Tautan produk

Cara merawat kulkas 2 pintu agar tahan lama

Supaya kulkas 2 pintu yang Anda gunakan dapat digunakan dalam waktu yang lama, kami akan menyediakan beberapa tips perawatannya. Untuk itu, perhatikan dan lakukan perawatan ini secara rutin, ya!

Jangan memasukkan makanan atau minuman dalam keadaan panas

Jangan memasukkan makanan atau minuman dalam keadaan panas
Fungsi kulkas memang untuk mendinginkan makanan dan minuman. Namun, bukan berarti Anda dapat memasukkan makanan atau minuman yang panas ke dalam kulkas untuk berharap menjadi dingin. Saat ada makanan panas yang masuk, kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan tersebut. Jika hal ini terus dilakukan secara berulang-ulang, mesin pengatur temperatur suhu di dalam kulkas akan cepat rusak.
Akibat lain yang dapat ditimbulkan saat Anda memasukkan makanan panas ke dalam kulkas adalah rusaknya makanan. Uap air yang timbul dari makanan akan menyebabkan bau tak sedap sehingga berpotensi untuk bercampur dengan makanan lainnya. Untuk itu, agar kulkas tidak cepat rusak, dinginkan makanan atau minuman terlebih dahulu, ya!

Bersihkan karet pintu dan isi kulkas secara rutin

Bersihkan karet pintu dan isi kulkas secara rutin
Tidak maksimalnya kinerja mesin pendingin dan munculnya aroma tak sedap pada kulkas dapat disebabkan karena kulkas jarang dibersihkan. Untuk itu, sebagai tempat menyimpan berbagai jenis bahan makanan, kulkas harus sering Anda bersihkan. Bagaimana caranya?
Tentunya, Anda harus mengosongkan isi kulkas terlebih dahulu. Buanglah bahan makanan yang sudah kedaluwarsa dan tidak layak untuk dikonsumsi. Bersihkan semua rak dan laci kulkas dengan air bersih dan sabun. Bersihkan pula karet pada pintu agar kulkas dapat tertutup rapat sehingga proses pendinginan dapat bekerja secara maksimal. Bagaimana? Cukup mudah, bukan?

Baca juga rekomendasi produk kulkas di sini

Melalui artikel ini, kami telah menyiapkan beberapa produk kulkas lain untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Baik itu kulkas satu pintu, kulkas berkapasitas 200 liter, maupun kulkas untuk Anda yang tinggal sendiri telah kami siapkan melalui link di bawah ini. Untuk itu, silakan dibaca, ya!

Kesimpulan

Saat ini, telah banyak produsen yang menawarkan kulkas 2 pintu dengan teknologi dan fitur yang canggih. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih kulkas 2 pintu agar tidak menyesal di kemudian hari.
Selain harus hemat listrik, kulkas 2 pintu yang baik akan menyediakan fitur-fitur yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Cek juga ketersediaan garansi yang diberikan oleh produsen kulkas Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    209.590 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    139.137 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    80.514 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    89.718 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    112.346 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    97.925 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen, seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan lewatkan juga ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Sudah siap membuat dalgona coffee yang populer dengan hand mixer?
    Elektronik rumah tangga
    61.608 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori