10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2019)

Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang membutuhkan perawatan ekstra. Penggunaan masker dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit Anda. Berbagai jenis masker, seperti sheet maskgel mask, dan cream mask dapat melembapkan kulit Anda.

Jangan lewatkan artikel ini karena kami akan memberikan tips cara memilih masker untuk kulit kering serta perawatannya. Berbagai merek masker ternama, seperti Laneige, Innisfree, Freeman, serta Mustika Ratu ada dalam rekomendasi kami. Tunggu apa lagi? Ayo simak artikel ini, ya.

Daftar isi

Penyebab kulit wajah menjadi kering

Kulit wajah yang kering dapat menyebabkan kerutan muncul lebih awal. Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi kering. Faktor lingkungan, seperti cuaca, dapat membuat kelembapan kulit berkurang. Terlalu lama bekerja di ruangan ber-AC juga dapat membuat kulit Anda kering.

Bagi Anda yang sering mandi dengan air panas juga perlu berhati-hati. Mandi dengan air yang terlalu panas dapat membuat kulit Anda kering. Penggunaan skin care juga harus diperhatikan. Produk yang tidak sesuai dapat membuat kulit Anda iritasi dan menjadi kering. Selain itu, terlalu sering melakukan eksfoliasi juga dapat mengikis minyak alami wajah Anda.

Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah faktor usia. Semakin bertambah usia, kandungan alami minyak pada wajah Anda juga akan berkurang. Faktor kesehatan, seperti psoriasis, juga dapat membuat kulit Anda semakin kering. Perhatikan perawatan kulit wajah Anda agar kelembapannya tetap terjaga.

Cara memilih masker untuk kulit kering

Memilih masker untuk kulit kering mungkin dapat dengan mudah Anda lakukan dengan melihat label hydrating pada kemasannya. Namun, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih masker untuk kulit kering. Berikut adalah tips yang perlu Anda perhatikan.

Pilih berdasarkan jenis masker yang nyaman digunakan

Masker memiliki berbagai jenis yang dapat Anda pilih. Namun, untuk pemilik kulit kering hindarilah masker berbahan dasar clay. Sebagai solusinya Anda dapat memilih jenis-jenis masker berikut ini.

Sheet mask, praktis digunakan kapan saja

Sheet mask, praktis digunakan kapan saja

Sheet mask merupakan jenis masker yang tergolong populer. Sheet mask adalah masker yang berbentuk lembaran serta mengandung serum maupun vitamin. Penggunaan sheet mask biasanya hanya untuk sekali pakai saja. Cukup gunakan masker ini selama 15 menit sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, kulit lembut dan lembap akan Anda dapatkan. Anda tidak perlu membilas wajah setelah menggunakan masker ini. Kemudahan dalam menggunakannya membuat masker ini menjadi favorit.

Wash-off mask, bilas setelah digunakan dan dapatkan sensasi kulit lembap

Wash-off mask, bilas setelah digunakan dan dapatkan sensasi kulit lembap

Masker ini merupakan masker yang dibilas setelah digunakan. Jenis masker ini terbagi lagi menjadi gel maskcream mask, dan overnight mask atau sleeping mask. Gel dan cream mask harus dibilas setelah digunakan selama 15 menit, sedangkan sleeping mask bisa digunakan semalaman.

Cream mask kaya akan minyak dan moisturizer yang baik untuk kulit kering. Sama seperti cream mask yang dapat menghidrasi, gel mask juga membantu meringankan iritasi pada kulit. Jenis gel mask dapat digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Bahan yang terkandung dalam sleeping mask akan terserap ke dalam kulit selama Anda tertidur. Varian water sleeping mask dengan kandungan air yang lebih banyak cocok untuk Anda yang berusia 30 tahun ke atas. Kulit Anda akan terasa kenyal setelah terbangun dari tidur.

Peel-off mask, membersihkan pori tanpa membuat kering

Peel-off mask, membersihkan pori tanpa membuat kering

Seperti namanya, jenis masker ini dikelupas setelah digunakan. Biasanya masker ini berbentuk gel yang akan mengering setelah dioleskan dan dikelupas setelah beberapa saat penggunaan. Masker ini dapat membersihkan mengangkat kotoran dengan baik, bahkan termasuk komedo Anda. Cukup gunakan masker ini sekali dalam seminggu karena penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Pastikan masker pilihan Anda mengandung bahan-bahan yang melembapkan

Pastikan masker pilihan Anda mengandung bahan-bahan yang melembapkan

Bahan-bahan masker yang dapat melembapkan kulit sangat penting untuk Anda yang memiliki kulit kering. Anda harus memperhatikan bahan utama pada masker tersebut. Pilihlah bahan-bahan seperti lactic acid, glycerin, dan hyaluronic acid yang dapat menjaga kelembapan kulit. Pelembap alami, seperti olive oiljojoba oilAloe vera, shea butter, dan madu juga patut dipertimbangkan.

Pilih bahan lainnya sesuai permasalahan kulit

Pilih bahan lainnya sesuai permasalahan kulit

Selain kulit kering, mungkin saja Anda memiliki permasalahan kulit lainnya. Jika Anda memiliki kulit kering dan kusam, pilihlah masker yang mengandung pencerah wajah. Bahan-bahan seperti beras, pearl, dan bunga sakura dapat mencerahkan kulit Anda.

Kulit yang berjerawat dan iritasi membutuhkan bahan yang menenangkan, seperti tea tree, madu, dan Aloe vera. Anda yang khawatir dengan tanda-tanda penuaan, pilihlah masker dengan kandungan collagen. Collagen mampu mengencangkan kulit Anda sehingga mencegah munculnya kerutan-kerutan halus.

10 Rekomendasi masker wajah terbaik untuk kulit kering

Setelah mengetahui tips memilih masker untuk kulit kering, berikutnya adalah rekomendasi masker untuk Anda. Berbagai jenis masker terbaik kami rekomendasikan untuk permasalahan kulit kering Anda!

10. Mustika Ratu Anti Pollution Zaitun Peel Off Mask

10. Mustika Ratu Anti Pollution Zaitun Peel Off Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 21.320

Wajah sehat bebas efek polusi!

Tinggal dan beraktivitas di kota metropolitan membuat kulit Anda sering terpapar polusi dan radikal bebas. Kondisi ini membuat kulit Anda kusam dan tidak glowing. Kembalikan sehat alami kulit Anda dengan peel-off mask dari Mustika Ratu ini. Kulit akan terasa lebih bersih, lembap, dan kencang seketika!

Moringa seed extract yang kaya akan antioksidan membantu merawat kulit dari radikal bebas. Meskipun bentuknya adalah peel-off mask, Anda tidak perlu khawatir kulit menjadi kering. Kandungan olive oil dan collagen membantu melembapkan dan mengencangkan kulit Anda.

Jenis Peel-off
Bahan utama Olive oil, Moringa seed extract, collagen

9. Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque

9. Kiehl's Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 300.000

Sampai jumpa kulit iritasi!

Pemilik kombinasi kulit kering serta sensitif tidak boleh ketinggalan produk yang satu ini. Masker dari Kiehl’s ini mengandung Calendula dan Aloe vera yang dapat meredakan kulit kemerahan akibat iritasi. Anda akan merasakan efek dingin ketika menggunakan masker ini untuk meredakan iritasi.

Anda juga dapat menggunakan masker ini jika sedang mengalami sunburn. Efek dinginnya akan membantu mengobati luka sunburn. Masker ini juga membantu meningkatkan kelembapan kulit Anda dengan kandungan Aloe vera yang kaya akan air.

Jenis Gel mask
Bahan utama Calendula, Aloe vera

8. Innisfree My Real Squeeze Mask EX Tea Tree

8. Innisfree My Real Squeeze Mask EX Tea Tree

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.800

Esens berlimpah hingga hari berikutnya!

Pemilik kulit kering dan berjerawat dapat mencoba produk yang satu ini. Kandungan tea tree membantu mengurangi iritasi serta menghilangkan jerawat. Teknologi cold brew squeeze membuat bahan-bahannya tetap terjaga kesegarannya.

Tidak seperti masker untuk kulit berjerawat lainnya, masker ini tetap membuat kulit Anda lembap dalam waktu yang lama. Kandungan esens yang berlimpah dapat menghidrasi kulit dan digunakan pada hari berikutnya. Apalagi harganya cukup ekonomis! Tunggu apa lagi?

Jenis Sheet mask
Bahan utama Tea tree leaf extract, glycerin

7. Hydrating Facial Masque

7. Hydrating Facial Masque

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 99.000

Kaya bahan alami yang melengkapi kebutuhan kulit Anda

Mencari masker dengan bahan-bahan alami? Sukin menghadirkan masker dengan ekstrak buah-buahan alami. Oleh karena berasal dari buah-buahan alami, cream mask ini memiliki aroma segar yang menenangkan. Me time dengan masker ini tentu sangat menyenangkan!

Enzim dari ekstrak buah pepaya dan nanas akan membuat kulit Anda lebih halus dan bercahaya. Kandungan ekstrak alpukat, olive fruit, dan jojoba oils akan memberikan kelembapan ekstra pada wajah Anda. Kulit wajah yang sangat dehidrasi akan kembali lembap dengan masker yang satu ini.

Jenis Cream mask
Bahan utama Jojoba oil, avocado, olive, papaya, pineapple fruit extract

6. Garnier Serum Mask Hydra Bomb Sakura White

6. Garnier Serum Mask Hydra Bomb Sakura White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.936

Wajah cerah lebih merona dengan ekstrak sakura

Sheet mask dari Garnier ini memiliki konsentrasi serum yang pekat. Kebutuhan serum selama satu minggu akan terpenuhi hanya dalam 15 menit penggunaan. Efisien dan praktis bagi Anda yang cukup sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu untuk perawatan.

Kandungan hyaluronic acid membantu membuat kulit Anda lebih lembap. Tidak hanya lembap, masker ini juga membuat kulit Anda lebih merona. Kandungan ekstrak sakura di dalamnya akan membuat kulit Anda cerah merona sepanjang hari.

Jenis Sheet mask
Bahan utama Ekstrak sakura, hyaluronic acid

5. Skinfood Rice Mask Wash Off

5. Skinfood Rice Mask Wash Off

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 87.999

Kulit setingkat lebih cerah, lebih percaya diri

Rice bran water sudah lama dikenal bermanfaat baik untuk kulit. Anda akan terbebas dari permasalahan kulit kusam dengan pemakaian rutin masker ini. Tidak hanya mencerahkan, rice bran water juga membuat kulit Anda halus. Kombinasi glycerin dan jojoba oil akan menambah kelembapan kulit Anda.

Jenis Cream mask
Bahan utama Rice bran water, glycerin, jojoba oil

4. Etude House 0.2 Therapy Air Mask Soothing Moisture Aloe

4. Etude House 0.2 Therapy Air Mask Soothing Moisture Aloe

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.500

Produksi masker ramah untuk kulit sensitif

Kulit Anda sensitif terhadap pewangi buatan? Gunakan sheet mask dari Etude House dengan Aloe vera ini. Masker ini bebas dari pewangi buatan dan aromanya berasal dari natural essence oil. Tentu aromanya tidak sekuat masker dengan pewangi tambahan.

Masker dengan ketebalan 0,2 mm ini terbuat dari sayur-sayuran. Ketebalan dan pori-porinya membuat kulit Anda tetap dapat bernafas ketika menggunakan masker ini. Rasakan kelembapan alami setelah menggunakan masker Aloe vera ini tanpa membuat kulit kemerahan.

Jenis Sheet mask
Bahan utama Aloe vera

3. Mediheal N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX

3. Mediheal N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.000

Inovasi teknologi membantu hasil lebih maksimal!

Masalah ketika menggunakan sheet mask adalah lembaran yang tidak menempel sempurna. Penggunaan teknologi clear fit effect dari Mediheal membuat lembaran masker pas di wajah Anda. Ada juga teknologi pressed logo pada lembarannya yang memberikan alarm kapan Anda harus melepaskan sheet mask. 

Masker dari Mediheal ini menggunakan water type essence yang menyerap lebih cepat ke dalam kulit. Anda yang sering bekerja di ruang AC tidak boleh ketinggalan produk yang satu ini. Kandungannya membuat kulit Anda lebih terhidrasi dengan cepat.

Jenis Sheet mask
Bahan utama Glycerin, hyaluronic acid, witch hazel extract

2. Freeman Hydrating Cream Mask Manuka Honey + Collagen

2. Freeman Hydrating Cream Mask Manuka Honey + Collagen

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Wajah plumping tampak lebih muda

Garis-garis halus pada wajah mulai tampak ketika memasuki usia 30-an. Segera cegah dengan menggunakan masker seri Beauty Infusion dari Freeman. Collagen akan membuat kulit Anda lebih kencang dan bebas kerutan.

Kandungan manuka honey tidak hanya melembapkan, tetapi juga memberikan efek plumping pada kulit wajah Anda. Rasakan kulit lembap, kenyal, dan kencang setelah menggunakan masker ini. Aroma manis madu yang manis juga membuat masker ini enak untuk digunakan.

Jenis Cream mask
Bahan utama Manuka honey, collagen

1. Laneige Water Sleeping Mask

1. Laneige Water Sleeping Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.500

Tidur lebih nyenyak, kulit lebih sehat

Water sleeping mask dari Laneige merupakan masker yang cukup digemari. Anda dapat menggunakannya selama beristirahat dan akan mendapatkan kulit kenyal keesokan harinya. Kelembapan kulit Anda juga akan terkunci setelah menggunakan masker ini.

Berbahan dasar air membuat masker ini lebih mudah diserap oleh kulit. Tidak hanya itu, masker ini juga mengandung sleepscent yang membantu Anda tidur lebih tenang. Sleepscent yang berasal dari ylang ylang, rose, sandalwood oil, dan orange flower berfungsi untuk relaksasi. Tidur lebih nyenyak adalah kunci kesehatan kulit Anda.

Jenis Water sleeping mask
Bahan utama Glycerin, hyaluronic acid, evening primrose root extract, apricot fruit extract

Hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit kering

Hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit kering

Tidak semua jenis masker cocok untuk pemilik kulit kering. Hindari penggunaan clay mask karena akan membuat kulit Anda semakin kering. Hindari juga produk-produk yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid, dan alpha-hydroxy acid (AHA). Produk yang mengandung bahan-bahan tersebut juga dapat membuat kulit Anda kering bahkan iritasi.

Agar kulit Anda tidak bertambah kering, gunakan air dengan suhu ruang ketika mencuci wajah. Setelah itu, gunakan pelembap dengan tekstur yang kental. Saat memilih pelembap, oleskan dahulu pada punggung tangan Anda. Jika pelembap tersebut menetes dari punggung tangan Anda, teksturnya belum cukup kental. Hindari juga terlalu sering eksfoliasi yang menyebabkan kulit menjadi semakin kering dan iritasi.

Baca juga rekomendasi masker lainnya di sini

Sheet mask dan sleeping mask memang sangat efektif untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kedua jenis masker tersebut, klik tautan di bawah ini. Dapatkan berbagai merek masker untuk membuat kulit Anda lebih terhidrasi.

Kesimpulan

Memilih masker untuk kulit kering memang tidak terlalu sulit. Anda dapat melihat langsung pada label produk tersebut. Selain itu, Anda harus memperhatikan jenis masker yang sesuai dengan kenyamanan penggunaannya. Perhatikan juga bahan-bahan serta kebutuhan kulit lainnya.

Perhatikan cara perawatan kulit kering Anda agar kelembapannya tetap terjaga. Selamat mendapatkan kulit sehat, lembap, dan kenyal!