• 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Kulit kering merupakan jenis kulit yang membutuhkan perawatan ekstra. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan masker wajah. Berbagai jenis masker, seperti sheet mask, gel mask, dan clay mask dapat Anda gunakan untuk melembapkan wajah.

Melalui artikel ini, kami akan membagikan tips memilih masker yang cocok untuk kulit kering. Berbagai merek masker wajah untuk kulit kering yang bagus, seperti COSRX, Innisfree, Freeman, dan Garnier ada dalam rekomendasi kami. Tak ketinggalan, baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Firda Nurharini
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Firda N. Kusdwiharto

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Firda N. Kusdwiharto

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Airlangga ini lebih dikenal sebagai "Dokterkulit Firda". Anggota PERDOSKI dan owner Hafira Skincare Surabaya dan Bangil, Pasuruan ini sering menjadi speaker dalam organisasi profesi dan organisasi sosial.


Melalui berbagai majalah populer tanah air, dokter Firda gencar mengedukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin serta dunia estetika anti-aging. Pemilik channel YouTube bernama "Dokterkulit Firda" ini juga aktif sebagai dosen di beberapa universitas.

Penyebab kulit wajah menjadi kering

Penyebab kulit wajah menjadi kering
Kulit wajah yang kering dapat menyebabkan kerutan muncul lebih awal. Faktor eksternal yang menyebabkab berkurangnya kelembapan kulit adalah perubahan cuaca, sering mandi menggunakan air panas, atau terlalu lama terkena AC. Selain itu, salah memilih produk skincare dan terlalu sering melakukan eksfoliasi juga dapat membuat kulit menjadi kering.

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab kulit kering adalah usia. Seiring bertambahnya usia, kandungan alami minyak pada kulit wajah akan berkurang sehingga kulit menjadi kering. Lalu, faktor kesehatan, seperti psoriasis, juga dapat menjadi penyebabnya. Untuk mencegah kulit mengering, selalu rawat kulit wajah Anda agar kelembapannya tetap terjaga.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kulit wajah kering bisa dipicu banyak hal. Seseorang mungkin memiliki tipe kulit wajah kering sejak lahir. Namun, beberapa faktor juga dapat menjadi penyebab kulit wajah kering. Penyebab kulit wajah kering dapat diklasifikasikan dalam faktor eksternal dan internal.


Faktor eksternal terdiri dari suhu dingin, kelembapan udara, cara perawatan kulit, hingga penggunaan produk perawatan yang salah. Sementara itu, faktor internal meliputi kesehatan secara keseluruhan seperti usia, genetika seperti adanya penyakit dermatitis atopik, psoriasis, dan lain-lain.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker wajah untuk kulit kering

Cara cepat memilih masker untuk kulit kering adalah dengan melihat label hydrating atau moisturizing pada kemasannya. Meski begitu, terdapat beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih masker pelembap wajah ini. Simak penjelasan kami berikut ini.

Pilih berdasarkan jenis masker yang nyaman digunakan

Ada banyak jenis masker yang dapat melembapkan wajah. Hal utama yang menjadi pembeda di antara jenis-jenis masker tersebut adalah cara pemakaian atau kepraktisannya. 

Sheet mask, praktis digunakan kapan saja

Sheet mask, praktis digunakan kapan saja
Sheet mask adalah jenis masker populer yang berbentuk lembaran serta mengandung serum dan vitamin. Masker sekali pakai ini sangat praktis karena tak perlu dibilas setelah memakainya. Gunakan masker selama 15–25 menit sebanyak 2–3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang lembut dan lembap. Kemudahan dalam menggunakannya membuat sheet mask disukai oleh banyak orang.
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Masker ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit terutama kulit kering. Namun, hal ini tergantung pada varian sheet mask yang dipilih. Penggunaannya yang mudah dan praktis membuat masker ini paling digemari. Hasil instan dan seketika membuat wajah menjadi lembap, terasa halus, dan cerah.

Wash-off mask, bilas setelah digunakan dan dapatkan sensasi kulit lembap

Wash-off mask, bilas setelah digunakan dan dapatkan sensasi kulit lembap
Wash-off mask merupakan masker yang perlu dibilas setelah digunakan. Jenis masker ini terbagi lagi menjadi gel mask, cream mask, clay mask, dan overnight atau sleeping mask. Cream mask kaya akan minyak dan moisturizer yang baik untuk kulit kering. Sedangkan gel mask mampu menghidrasi, membantu meringankan iritasi pada kulit, serta aman untuk kulit sensitif. 

Selanjutnya, formula pada sleeping mask akan terserap ke dalam kulit selama Anda tidur. Sementara itu, clay mask berperan melembapkan sekaligus membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah Anda. Untuk pemakaiannya, gel, clay, dan cream mask harus dibilas setelah 15 sampai 20 menit pemakaian. Di sisi lain, overnight mask bisa dipakai semalaman dan dibilas keesokan harinya.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Sesuai namanya, wash off mask digunakan dengan cara mengoleskannya ke kulit, lalu membilasnya dengan air hangat. Masker jenis ini bisa berupa krim, gel, atau bubuk yang dilarutkan dengan air.


Sebelum memilih wash off mask, perhatikan terlebih dahulu kandungannya. Kandungan asam salisilat, asam glikolat, sulfur, dan charcoal pada masker lebih cocok digunakan untuk kulit berminyak. Sementara itu, masker wajah dengan bahan asam hyaluronic, shea butter, dan lidah buaya lebih cocok untuk kulit kering.

Peel-off mask, membersihkan pori tanpa membuat kering

Peel-off mask, membersihkan pori tanpa membuat kering

Peel-off mask adalah masker yang akan mengering dan perlu dikelupas beberapa saat setelah penggunaan. Masker ini dapat membersihkan dan mengangkat kotoran dengan baik, termasuk komedo. Bagi pemilik kulit kering, gunakanlah peel-off mask yang daya rekatnya tidak terlalu kuat untuk mencegah iritasi. Sebagai catatan, gunakan masker ini maksimal sekali dalam seminggu supaya kulit tidak menjadi kering.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Masker jenis ini berbentuk gel atau krim. Peel-off mask biasanya akan mengering dalam waktu beberapa menit setelah dioleskan pada kulit wajah. Ketika sudah kering, peel-off mask akan berubah teksturnya menjadi seperti karet yang elastis saat dikelupas.


Peel-off mask umumnya digunakan untuk mengangkat komedo yang membandel. Namun, masker ini juga memiliki kemampuan mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati tergantung pada kandungannya.


Peel-off mask tidak disarankan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Hal ini disebabkan oleh proses pengelupasan masker yang terkadang membuat kulit perih dan iritasi.

Pastikan masker mengandung bahan-bahan yang melembapkan

Pastikan masker mengandung bahan-bahan yang melembapkan
Bagi Anda pemilik kulit kering, sebaiknya gunakan masker yang mengandung lebih banyak bahan-bahan pelembap. Ada dua jenis pelembap pada masker wajah, yaitu bahan aktif dan alami. Supaya tidak bingung, mari simak perbedaannya dan kandungan apa saja yang termasuk di dalamnya.

  • Pelembap bahan aktif
Pelembap bahan aktif adalah bahan kimia yang bekerja secara aktif untuk melembapkan wajah dalam rentang waktu yang relatif cepat. Bahan aktif yang berfungsi untuk melembapkan kulit kering di antaranya adalah niacinamide, glycerin, dan hyaluronic acid. Selain itu, allantoin, betaine, dimethicone, dan butylene glycol juga bisa dijadikan pilihan. 

Bagi pemilik kulit sensitif, pastikan Anda memeriksa kandungan bahan aktif ini dengan lebih teliti. Pasalnya, kandungan tersebut mungkin dapat memicu reaksi alergi pada kulit Anda.


  • Pelembap bahan alami

Masker wajah dengan pelembap dari bahan alami atau organik relatif aman untuk semua masalah dan jenis kulit. Contoh bahan alami yang dapat melembapkan wajah kering adalah rice bran oil, lavender oil, dan palm oil. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, hindari masker wajah dengan kandungan minyak yang tinggi. Sebagai gantinya, pilih produk yang mengandung Aloe vera untuk melembapkan wajah Anda.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Sebetulnya masker digunakan untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah sekaligus membersihkan wajah dari sisa kotoran dan kulit mati. Oleh karena itu, pilihlah masker yang mengandung bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Contohnya masker yang mengandung ceramides, hyaluronic acid, atau glycerin untuk melembapkan.

Sesuaikan kandungan bahan lainnya dengan permasalahan kulit yang dimiliki

Sesuaikan kandungan bahan lainnya dengan permasalahan kulit yang dimiliki
Selain kulit kering, mungkin saja Anda memiliki permasalahan kulit lainnya. Oleh karena itu, kandungan bahan lain selain pelembap juga perlu Anda perhatikan. Untuk memudahkan Anda, simak contoh yang kami berikan berikut ini.

  • Untuk kulit kering dan kusam: Ekstrak beras dan bunga sakura.
  • Untuk menyamarkan tanda penuaan, meremajakan, dan mengencangkan kulit: Silica, lactic acid, dan ekstrak buah pepaya.
  • Untuk melindungi kulit dari radikal bebas: Vitamin C, ekstrak buah mangga, dan trehalose.
  • Sebagai antiinflamasi dan untuk kulit sensitif: Air mawar, Aloe vera, stroberi, semangka, dan tomat.
  • Untuk kulit kering, berminyak, berjerawat, dan beruntusan: Mentimun, charcoal, dan lauric acid.
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Pemilihan kandungan bahan yang tepat dalam komposisi masker akan membantu permasalahan kulit kita. Begitu juga sebaliknya. Apabila kita salah memilih bahan kandungan masker, yang ada malah permasalahan kulit kita makin bertambah.


Sebagai contoh, kulit berjerawat tidak sesuai bila diberikan masker yang mengandung collagen. Hal ini disebabkan oleh collagen lebih diutamakan untuk pengencangan dan mengurangi kerutan halus.

10 Rekomendasi masker wajah terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker wajah terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Firda N. Kusdwiharto.

10
JenisSheet mask
Isi28 g
Bahan pelembapButylene glycol, glycerin, dan sodium hyaluronate
Bahan lainnyaEkstrak bunga sakura
9
JenisPeel-off mask
Isi45 g
Bahan pelembapNiacinamide (brightening) serta allantoin dan goat milk (rejuve)
Bahan lainnyaVitamin C (brightening) serta salicylic acid dan tea tree (acne)
8

Holika HolikaWatermelon Mask Sheet

Mulai dari Rp 26.000,00

JenisSheet mask
Isi25 ml
Bahan pelembapButylene glycol, glycerin, betaine, dan allantoin
Bahan lainnyaEkstrak buah semangka, apel, strawberry, tomat, Schisandra chinensis, dan Punica granatum
7

Freeman® BeautyHYDRATING Glacier Water + Pink Peony Gel Cream Mask

Mulai dari Rp 96.800,00

JenisGel cream mask
Isi175 ml
Bahan pelembapGlycerin, dimethicone, sodium hyaluronate, lavender oil, dan ekstrak Marrubium vulgare
Bahan lainnyaPaeonia albiflora root extract dan lactic acid
6

SNPCharcoal Mineral Black Ampoule Sheet Mask

Mulai dari Rp 39.000,00

JenisSheet mask
Isi25 ml
Bahan pelembapHyaluronic acid
Bahan lainnyaChamomile, Caulerpa Lentilifera, chesnut shell, dan charcoal powder
5

ERHA X AQUARe-Fresh Hydrating Overnight Mask

Mulai dari Rp 137.500,00

JenisSleeping mask
Isi28 g
Bahan pelembapDimethicone, glycerin, niacinamide, panthenol, allantoin, sodium hyaluronate, dan butylene glycol
Bahan lainnyaTrehalose, ekstrak Nymphaea alba flower, dan ekstrak Matricaria
4

I Trust NatureFRUIT GEL MASK – Purifying & Hydrating

Mulai dari Rp 179.000,00

JenisGel mask
Isi60 ml
Bahan pelembapGlycerin, rice bran oil, Aloe vera, dan sodium hyaluronate
Bahan lainnyaEkstrak buah pepaya, mangga, mentimun, dan lauric acid
3

MedihealN.M.F Aquaring Ampoule Mask EX

Mulai dari Rp 29.000,00

JenisSheet mask
Isi24 ml
Bahan pelembapGlycerin, hyaluronic acid, betaine, allantoin, dan butylene glycol
Bahan lainnyaTrehalose, air mawar, ekstrak witch hazel, mushroom, sweet almond seed, Ortulaca oleracea, Aloe vera, willow bark, dan Boswellia serrata resin
2

COSRXUltimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask

Mulai dari Rp 240.000,00

JenisOvernight mask
Isi60 ml
Bahan pelembapDimethicone, niacinamide, butylene glycol, glycerin, betaine, allantoin, serta minyak biji bunga matahari dan kelapa
Bahan lainnyaEkstrak beras
1

InnisfreeJeju Volcanic Color Clay Mask [Hydrating]

Mulai dari Rp 120.000,00

JenisClay mask
Isi70 ml
Bahan pelembapGlycerin, dimethicone, dan sodium hyaluronate
Bahan lainnyaKaolin, silica, bentonite, dan volcanic ash

Tabel perbandingan produk masker wajah terbaik untuk kulit kering

Gambar produk
1
Innisfree Jeju Volcanic Color Clay Mask [Hydrating] 1

Innisfree

2
COSRX Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask 1

COSRX

3
Mediheal N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX 1

Mediheal

4
I Trust Nature FRUIT GEL MASK – Purifying & Hydrating 1

I Trust Nature

5
ERHA X AQUA Re-Fresh Hydrating Overnight Mask 1

ERHA X AQUA

6
SNP Charcoal Mineral Black Ampoule Sheet Mask 1

SNP

7
Freeman® Beauty HYDRATING Glacier Water + Pink Peony Gel Cream Mask 1

Freeman® Beauty

8
Holika Holika Watermelon Mask Sheet 1

Holika Holika

9
Saturday Looks 15 Minutes Peel Off Mask 1

Saturday Looks

10
Garnier Serum Mask Hydra Bomb Sakura White 1

Garnier

Nama produk

Jeju Volcanic Color Clay Mask [Hydrating]

Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask

N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX

FRUIT GEL MASK – Purifying & Hydrating

Re-Fresh Hydrating Overnight Mask

Charcoal Mineral Black Ampoule Sheet Mask

HYDRATING Glacier Water + Pink Peony Gel Cream Mask

Watermelon Mask Sheet

15 Minutes Peel Off Mask

Serum Mask Hydra Bomb Sakura White

Keunggulan

Perpaduan Jeju volcanic dan hyaluronic acid untuk menghasilkan wajah yang lembap

Kaya akan ekstrak beras, membuat kulit kusam jadi lebih cerah dalam semalam!

Dilengkapi inovasi berbagai teknologi yang akan memberikan hasil lebih maksimal

Menyamarkan flek hitam dan mengeksfoliasi kulit tanpa membuat iritasi

Dibekali teknologi 24-Hour Hydration Lock, kulit tetap lembap sepanjang hari

Mengandung karbon aktif yang efektif membersihkan dan mengecilkan pori

Bertekstur ringan dan praktis karena tak perlu dibilas

Rasakan kesegaran dan manfaat dari buah semangka!

Masker peel-off lembut yang tidak akan menyakiti kulit

Jadikan wajah cerah merona dengan ekstrak bunga sakura

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 240.000,00Rp 29.000,00Rp 179.000,00Rp 137.500,00Rp 39.000,00Rp 96.800,00Rp 26.000,00Rp 65.000,00Rp 20.900,00
JenisClay maskOvernight maskSheet maskGel maskSleeping maskSheet maskGel cream maskSheet maskPeel-off maskSheet mask
Isi70 ml60 ml24 ml60 ml28 g25 ml175 ml25 ml45 g28 g
Bahan pelembapGlycerin, dimethicone, dan sodium hyaluronateDimethicone, niacinamide, butylene glycol, glycerin, betaine, allantoin, serta minyak biji bunga matahari dan kelapaGlycerin, hyaluronic acid, betaine, allantoin, dan butylene glycolGlycerin, rice bran oil, Aloe vera, dan sodium hyaluronateDimethicone, glycerin, niacinamide, panthenol, allantoin, sodium hyaluronate, dan butylene glycolHyaluronic acidGlycerin, dimethicone, sodium hyaluronate, lavender oil, dan ekstrak Marrubium vulgareButylene glycol, glycerin, betaine, dan allantoinNiacinamide (brightening) serta allantoin dan goat milk (rejuve)Butylene glycol, glycerin, dan sodium hyaluronate
Bahan lainnyaKaolin, silica, bentonite, dan volcanic ashEkstrak berasTrehalose, air mawar, ekstrak witch hazel, mushroom, sweet almond seed, Ortulaca oleracea, Aloe vera, willow bark, dan Boswellia serrata resinEkstrak buah pepaya, mangga, mentimun, dan lauric acidTrehalose, ekstrak Nymphaea alba flower, dan ekstrak MatricariaChamomile, Caulerpa Lentilifera, chesnut shell, dan charcoal powderPaeonia albiflora root extract dan lactic acidEkstrak buah semangka, apel, strawberry, tomat, Schisandra chinensis, dan Punica granatumVitamin C (brightening) serta salicylic acid dan tea tree (acne)Ekstrak bunga sakura
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit kering

Hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulit kering
Tak semua jenis masker cocok untuk kulit kering. Jika Anda memiliki kulit kering, hindarilah produk yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid, dan alpha-hydroxy acid (AHA). Hal ini karena bahan-bahan tersebut dapat membuat kulit Anda makin kering bahkan iritasi.

Selanjutnya, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena akan menyebabkan hal serupa. Agar kulit Anda tidak bertambah kering, gunakan air dengan suhu ruang ketika mencuci wajah. Terakhir, gunakan moisturizer atau pelembap yang teksturnya kental karena mampu melembapkan kulit lebih lama.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kulit kering sebenarnya mudah diatasi kalau kita mengerti kebutuhan kulit kita. Yang penting pakailah produk kosmetik yang tepat dengan menghindari produk yang berbasis alkohol dan asam retinoat. Selain itu, hindari mencuci muka yang terlalu sering dan usahakan banyak mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang membutuhkan perawatan ekstra. Oleh karena itu, hindari bekerja terlalu lama di ruangan ber-AC. Kurangi juga mandi dengan air panas. Karena mandi dengan air yang terlalu panas dapat membuat kulit Anda makin kering. Hindari skincare yang terlalu sering melakukan eksfoliasi.

Baca juga rekomendasi produk masker wajah lainnya di sini

Di samping masker untuk kulit kering, kami juga telah mengulas berbagai jenis masker lainnya untuk Anda. Jika Anda berminat, silakan baca ulasan lengkapnya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Memilih masker untuk kulit kering tidaklah terlalu sulit. Pasalnya, Anda bisa melihat manfaat masker langsung pada label produk tersebut. Meski begitu, Anda tetap harus memerhatikan beberapa hal, misalnya kandungan pelembap dan bahan lainnya. 


Jenis masker dan kenyamanan saat dipakai juga bisa menjadi nilai tambah dari produk yang akan dibeli. Jika Anda memiliki kulit kering, perhatikan cara perawatannya agar kelembapan wajah tetap terjaga. Selamat mendapatkan kulit yang sehat, lembap, dan kenyal!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Permasalahan kulit wajah terjadi saat memasuki masa kehamilan, bahkan berlanjut ketika menyusui. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan penggunaan cream wajah secara rutin. Sayangnya, tidak semua kandungan cream wajah aman untuk masa krusial ini. Terlebih jika krim tersebut mengandung pelembap dan pemutih kimia.Kami akan menjelaskan cara memilih cream wajah yang aman untuk masa-masa ini. Produk-produk merek terbaik juga telah kami siapkan. Ada cream wajah lokal yang bagus, seperti Sensatia Botanicals dan Mama's Choice, hingga produk internasional seperti Avene. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori