• 10 Rekomendasi Rendang Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Rendang Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Rendang Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Rendang Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Rendang Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Rendang Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Siapa tidak kenal rendang? Masakan khas Minangkabau ini selalu masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia versi CNN. Tak hanya daging sapi, Anda juga dapat menemui rendang dengan bahan lain, seperti ayam, jengkol, jamur, dan paru. Sekarang, tersedia rendang dalam kemasan yang bisa Anda nikmati kapan pun dan di mana pun.

Ada berbagai merek rendang kemasan paling enak, mulai dari Rendang GadihUninam, Restu Mande, hingga Restoran Sederhana. Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih rendang kemasan serta rekomendasinya. Terdapat pula resep membuat rendang yang tidak boleh Anda lewatkan!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih rendang kemasan

Di antara banyaknya ragam rendang kemasan, mungkin Anda sedikit bingung menentukan mana rendang kemasan yang paling enak. Karena itu, kami akan memberikan tips memilih rendang kemasan. Perhatikan poin-poin di bawah ini untuk mendapatkan rendang kemasan yang sesuai selera Anda.

Ketahui bahan dasar rendang yang dijual dalam kemasan

Ketahui bahan dasar rendang yang dijual dalam kemasan

Rendang sangat identik dengan daging sapi. Namun, Anda bisa menemukan rendang kemasan yang terbuat dari bahan dasar lainnya. Bagi Anda yang vegetarian, Anda dapat mengonsumsi rendang dengan bahan dasar jamur, telur, atau jengkol. Meski bukan berasal dari daging, rendang kemasan ini sama nikmatnya dengan daging sapi.


Untuk Anda yang bosan dengan rendang daging sapi, tersedia rendang kemasan yang terbuat dari paru atau ayam. Lalu, Anda juga bisa memilih rendang kemasan berbentuk potongan utuh atau yang sudah disuwir. Anda pun dapat mengeksplorasi berbagai rasa rendang yang unik dan berbeda secara praktis dengan membeli rendang kemasan.

Pilih berdasarkan jenisnya

Rendang dalam kemasan umumnya dapat tahan selama tujuh hari dalam suhu ruang atau enam bulan di dalam kulkas. Namun, faktor lain seperti jenis rendang dan bentuk kemasan juga dapat memengaruhi ketahanannya. Ada dua jenis rendang yang biasa dijual dalam kemasan, yaitu rendang basah (berkuah) dan kering (tanpa kuah). Untuk mengetahui perbedaannya, simak penjelasan di bawah ini.

Rendang basah: Lebih terasa bumbu rempahnya

Rendang basah: Lebih terasa bumbu rempahnya

Jenis rendang dalam kemasan yang paling banyak ditemui adalah rendang basah. Orang Minang sering menyebutnya sebagai kalio. Proses memasak rendang ini membutuhkan waktu sekitar delapan hingga sepuluh jam. Rendang basah berwarna cokelat muda dan memiliki tekstur yang empuk. Jenis rendang ini hadir dengan kuah bumbu dan minyak yang kaya akan rempah-rempah khas Minangkabau.


Ada dua cara untuk mengonsumsinya, yaitu dengan menyiramkannya ke atas nasi panas atau mencocolkan nasi ke dalam bumbunya. Apa pun caranya, rendang kemasan ini dijamin akan membuat nafsu makan Anda bertambah!

Rendang kering: Aman dibawa bepergian dan bisa dijadikan camilan

Rendang kering: Aman dibawa bepergian dan bisa dijadikan camilan

Rendang kering dimasak dengan waktu yang lebih lama dibandingkan rendang basah. Cara ini diperlukan untuk menyusutkan kuah rendang sampai habis sehingga hanya tersisa bumbu keringnya saja. Rendang kering biasanya memiliki warna cokelat kehitaman yang pekat. Jenis rendang kemasan ini umumnya memiliki ketahanan atau umur simpan yang lebih lama.


Rendang kering ideal dibawa bepergian karena Anda tak perlu khawatir kuahnya tumpah saat disimpan di dalam tas. Beberapa produk rendang kering dalam kemasan dijual berbentuk suwir untuk memudahkan Anda saat memakannya. Bahkan, Anda juga bisa menjadikannya sebagai camilan, misalnya rendang telur yang renyah layaknya keripik.

Sesuaikan tingkat kepedasannya

Sesuaikan tingkat kepedasannya

Makanan asal Padang ini memang terkenal memiliki rasa yang pedas. Sebelum membeli rendang kemasan, pastikan Anda membaca ulasannya. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda kurang menyukai rasa pedas. Beberapa toko menyediakan produk sesuai tingkat rasa pedas yang diminta pembeli. Anda pun dapat membeli rendang kemasan dengan tingkat kepedasan yang sesuai selera.

Pertimbangkan bobot dan bentuk kemasannya

Kemasan rendang instan hadir dalam berbagai ukuran. Jika Anda ingin mengonsumsinya sendiri, pilihlah ukuran kemasan yang kecil dengan bobot sekitar 100–250 gram. Ingin menyajikan rendang kemasan untuk seluruh keluarga? Anda dapat memilih produk dengan bobot di atas 250 gram. Di samping ukuran, jenis kemasan rendang juga beragam. Berikut kami berikan penjelasan singkatnya untuk Anda.


  • Vakum
Kemasan plastik kedap udara atau vacuum pack bertujuan untuk menjaga kualitas rendang dengan baik. Bentuk kemasan ini dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme sehingga rendang dapat tahan lebih lama. Pengemasannya dilakukan dengan menyedot udara yang ada di dalam plastik sampai habis.

Rendang dalam kemasan vakum lebih mudah disimpan dan dibawa bepergian karena tidak memakan banyak tempat. Meski begitu, rendang dalam kemasan ini sulit disimpan saat sudah dibuka dan sebaiknya dihabiskan dalam satu kali santap.


  • Pouch ziplock
Rendang dalam kemasan pouch ziplock adalah solusi tepat untuk Anda yang tidak bisa menghabiskannya sekaligus. Meski kemasan sudah dibuka, Anda dapat menutup dan menyimpannya kembali dengan menekan klip zipper-nya. Kemasan ini biasanya didesain berbentuk standing pouch yang dapat disimpan secara vertikal untuk mencegah isinya tumpah.


  • Kaleng
Serupa dengan kemasan vakum, rendang kemasan dalam wadah kaleng juga perlu langsung dihabiskan setelah dibuka. Keunggulannya, kemasan ini memiliki daya tahan yang tinggi dan tidak mudah bocor. Selain itu, rendang kemasan kaleng juga biasanya lebih tahan lama meski disimpan dalam suhu ruang.

  • Stoples

Apabila Anda hendak membeli rendang dalam jumlah banyak, pilihlah yang dikemas di dalam stoples atau jar. Kemasan stoples membuat rendang dapat dikonsumsi lebih dari sekali. Anda pun dapat tetap menyimpan rendang di dalam stoples saat menyajikannya di meja makan. Selain hemat wadah, Anda juga dapat memanfaatkan stoplesnya untuk menyimpan makanan lain saat rendang sudah habis.

Perhatikan asal produksinya untuk mendapatkan rasa rendang terbaik

Perhatikan asal produksinya untuk mendapatkan rasa rendang terbaik
Rendang merupakan makanan khas Sumatra Barat. Jika Anda mencari rendang kemasan, pilihlah yang berasal dari Padang dan sekitarnya. Rendang yang berasal dari Padang menggunakan bumbu dan rempah asli Padang sehingga rasanya lebih autentik.

Namun, ada juga rendang kemasan yang diproduksi di kota lain, misalnya Bandung dan Yogyakarta. Tak masalah jika Anda ingin membeli rendang kemasan yang bukan berasal dari Padang. Biasanya, rendang yang diproduksi di daerah lain juga menggunakan resep warisan turun temurun asli Padang. Rasanya pun dapat disandingkan dengan rendang yang berasal dari Padang.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi rendang kemasan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rendang kemasan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Bahan dasarParu
Jenis rendangKering
Bobot250 gram
KemasanVakum
Asal produksiDepok
Ketahanan produk6 bulan
9
Bahan dasarTelur
Jenis rendangKering (crispy)
Bobot100 gram, 150 gram, 225 gram, 450 gram, 500 gram
KemasanStoples dan plastik
Asal produksiPayakumbuh
Ketahanan produk6 bulan
8
Bahan dasarDaging sapi
Jenis rendangKering
Bobot125 gram
KemasanPouch ziplock
Asal produksiSolok
Ketahanan produk4 bulan
7
Bahan dasarDaging ayam
Jenis rendangKering
Bobot200 gram
KemasanPlastik
Asal produksiTidak disebutkan
Ketahanan produk1–2 bulan
6

Mak TuoRendang Kering Hitam Rendang Sapi

Mulai dari Rp 149.900,00

Bahan dasarDaging sapi
Jenis rendangKering
Bobot550 gram
KemasanStoples dan plastik
Asal produksiDepok
Ketahanan produk7 hari di suhu ruang atau 3 bulan di dalam kulkas
5
Bahan dasarJengkol
Jenis rendangBasah
Bobot300 gram
KemasanVakum
Asal produksiBandung
Ketahanan produk8 bulan
4
Bahan dasarJamur
Jenis rendangBasah
BobotBerat bersih: 180 gram・Bobot tuntas: 128,88 gram
KemasanKaleng
Asal produksiYogyakarta
Ketahanan produk12 bulan
3
Bahan dasarDaging sapi
Jenis rendangBasah
Bobot200 gram x 2 pcs
KemasanKaleng
Asal produksiDenpasar
Ketahanan produk24 bulan
2

Restoran SederhanaRendang Daging Sederhana – Daging Sapi

Mulai dari Rp 100.000,00

Bahan dasarDaging sapi
Jenis rendangBasah
Bobot250 gram
KemasanVakum
Asal produksiTangerang Selatan
Ketahanan produkTidak disebutkan
1

Rendang GadihRendang Daging Sapi Iris

Mulai dari Rp 95.000,00

Bahan dasarDaging sapi
Jenis rendangKering
Bobot300 gram
KemasanVakum
Asal produksiPayakumbuh
Ketahanan produk6 bulan

Tabel perbandingan produk rendang kemasan terbaik

Gambar produk
1
Rendang Gadih Rendang Daging Sapi Iris 1

Rendang Gadih

2
Restoran Sederhana Rendang Daging Sederhana – Daging Sapi 1

Restoran Sederhana

3
Pronas Beef Rendang 1

Pronas

4
Jejamuran Rendang Jamur 1

Jejamuran

5
Restu Mande Rendang Jengkol 1

Restu Mande

6
Mak Tuo Rendang Kering Hitam Rendang Sapi 1

Mak Tuo

7
Yolanda Rendang Suir Ayam 1

Yolanda

8
Nak Taraso Rendang Suwir for Kids 1

Nak Taraso

9
Uninam Rendang Telur 1

Uninam

10
Rendang Den Lapeh Rendang Paru 1

Rendang Den Lapeh

Nama produk

Rendang Daging Sapi Iris

Rendang Daging Sederhana – Daging Sapi

Beef Rendang

Rendang Jamur

Rendang Jengkol

Rendang Kering Hitam Rendang Sapi

Rendang Suir Ayam

Rendang Suwir for Kids

Rendang Telur

Rendang Paru

Keunggulan

Mau yang pedas atau yang tidak pedas? Bebas pilih!

Rendang dari restoran Padang yang terkenal nikmat

Hadir dalam kemasan easy-open-end yang kuat sekaligus praktis

Rendang dari jamur untuk penderita kolesterol dan vegetarian

Perpaduan jengkol dan bumbu rempahnya ciptakan cita rasa yang unik

Isinya banyak, cocok dimakan bersama keluarga

Mudah dikunyah dan bisa dikonsumsi dengan beragam cara

Produk asli Padang yang diolah dengan memperhatikan kebutuhan gizi untuk si kecil

Renyah layaknya keripik dan hadir dalam ukuran yang bervariasi

Bumbu rendang tiga generasi yang terjamin kelezatannya

Harga mulai dariRp 95.000,00Rp 100.000,00Rp 58.800,00Rp 26.150,00Rp 60.000,00Rp 149.900,00Rp 70.000,00Rp 62.000,00Rp 35.000,00Rp 79.000,00
Bahan dasarDaging sapiDaging sapiDaging sapiJamurJengkolDaging sapiDaging ayamDaging sapiTelurParu
Jenis rendangKeringBasahBasahBasahBasahKeringKeringKeringKering (crispy)Kering
Bobot300 gram250 gram200 gram x 2 pcsBerat bersih: 180 gram・Bobot tuntas: 128,88 gram300 gram550 gram200 gram125 gram100 gram, 150 gram, 225 gram, 450 gram, 500 gram250 gram
KemasanVakumVakumKalengKalengVakumStoples dan plastikPlastikPouch ziplockStoples dan plastikVakum
Asal produksiPayakumbuhTangerang SelatanDenpasarYogyakartaBandungDepokTidak disebutkanSolokPayakumbuhDepok
Ketahanan produk6 bulanTidak disebutkan24 bulan12 bulan8 bulan7 hari di suhu ruang atau 3 bulan di dalam kulkas1–2 bulan4 bulan6 bulan6 bulan
Tautan produk

Resep membuat rendang enak untuk pemula

Resep membuat rendang enak untuk pemula
Membuat rendang sendiri tentu dapat disesuaikan dengan selera Anda. Meski Anda belum pernah memasak rendang, kami akan memberikan resep rendang yang sederhana dan enak untuk Anda.

Bahan-bahan:

  • 600 gram daging sapi (dapat diganti daging ayam, jamur, dan bahan lainnya)
  • 1.500 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
  • 1.000 ml santan dari perasan santan kental
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 2 lembar daun kunyit
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 2 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu halus:

  • 15 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai merah besar
  • 15 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 1 sendok teh merica
  • 2 1/2 sendok teh ketumbar

Cara memasak:

  1. Rebus bumbu halus, lengkuas, serai, daun kunyit, daun jeruk, garam, dan gula pasir di dalam santan encer hingga mendidih.
  2. Masukkan daging dan masak dengan api kecil sampai mengering.
  3. Tuangkan santan kental dan masak hingga santan berkurang separuhnya. Anda dapat menambahkan bahan lainnya, seperti kentang dan kacang merah sesuai selera. 
  4. Masak rendang sampai kuahnya menyusut dan berminyak, lalu sajikan.

Catatan:

Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasannya sesuai selera dengan mengurangi atau menambahkan cabai dalam bumbu halusnya. Mudah sekali untuk dibuat di rumah, bukan?

Baca juga rekomendasi produk makanan instan lainnya di sini

Makanan instan sangatlah praktis, terutama bagi Anda yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Selain rendang Padang kemasan, masih ada berbagai makanan instan lainnya yang tidak kalah lezat. Jika Anda ingin mengetahui aneka makanan instan lainnya, klik tautan di bawah ini untuk informasi lengkapnya.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai rendang kemasan. Apakah berguna untuk Anda? Tips paling penting saat membeli rendang kemasan adalah memilih bahan dasar yang sesuai dengan selera Anda. Periksa juga sertifikasi keamanan dan kehalalannya agar Anda merasa aman saat mengonsumsinya.


Terakhir, periksa harga rendang kemasan dan pilih yang sesuai dengan dana yang tersedia di dompet Anda. Semoga Anda terbantu dengan artikel ini. Selamat menikmati rendang lezat pilihan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Gulai merupakan masakan khas Indonesia yang kaya akan rempah dengan berbagai bahan dasar. Mulai dari gulai kambing, sapi, ikan, ayam, hingga daun singkong membuat banyak orang ketagihan menyantap gulai. Memasak gulai sapi atau gulai kambing untuk Iduladha pun tak perlu repot jika menggunakan bumbu gulai instan. Kami akan membagikan tips memilih dan merekomendasi bumbu gulai terbaik. Bumbu gulai merek Buleg, Indofood, Bamboe, Mamasuka, dan Sajiku ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi. Simak artikelnya dan temukan bumbu gulai sesuai resep dan selera Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori