• 10 Rekomendasi Tepung Kentang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Kentang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Kentang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Kentang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Kentang Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tepung Kentang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Penggunaan tepung kentang dapat memberikan tekstur crunchy pada makanan yang digoreng. Selain itu, tepung kentang banyak dipakai untuk aneka masakan Jepang, China, dan Western food. Namun, karena tepung kentang pada umumnya sama-sama berwarna putih, banyak orang yang jadi sulit memilih.

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memilih tepung kentang yang sesuai. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapat rekomendasi tepung kentang terbaik, seperti Lentera Naga Tepung Kentang, Knorr Potato Flakes, Mr. Food Potato Starch, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa membuat hidangan di rumah menjadi semakin lezat.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.222 Views
Daftar isi

Cara memilih tepung kentang

Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui ketika akan memilih tepung kentang. Kami akan menjelaskannya bagi Anda. Silakan disimak agar Anda dapat memilih tepung kentang yang sesuai dengan kebutuhan.

Periksa kualitas kentang yang dijadikan bahan bakunya

Bahan baku tepung kentang adalah kentang. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu memeriksa kualitas kentang yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

Untuk produk impor, pilih produsen yang terpercaya

Untuk produk impor, pilih produsen yang terpercaya
Sebagian besar tepung kentang yang dijual terbuat dari kentang dalam negeri. Namun, ada pula yang terbuat dari kentang impor. Selain itu, beberapa produk tepung kentang adalah hasil produksi luar negeri. Jika Anda ingin membeli tepung kentang produksi luar negeri, sebaiknya pastikan produk tersebut dibuat oleh perusahaan yang terpercaya, serta memiliki rute distribusi yang jelas.

Kentang organik, lebih terjamin kualitasnya

Kentang organik, lebih terjamin kualitasnya
Kentang termasuk salah satu hasil tanaman dengan residu pestisida yang relatif tinggi. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memilih tepung kentang yang terbuat dari kentang organik karena biasanya tidak terpapar pestisida.
Umumnya, tepung kentang lokal memiliki harga yang relatif lebih murah. Meski demikian, bukan berarti produk tersebut telah terpapar pestisida dan zat kimia lainnya. Baik tepung kentang produksi lokal maupun impor, pastikan bahwa Anda selalu mengecek kandungan bahan bakunya, apakah kentang organik atau bukan.

Pilih tepung kentang sesuai kebutuhan

Terdapat beberapa tipe tepung kentang. Di antaranya adalah tepung kentang yang tidak perlu dilarutkan dalam air dan tepung kentang yang di dalamnya mengandung tepung beras. Anda dapat memilih tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan masakan, juga yang paling mudah digunakan oleh Anda.

Tepung kentang yang tidak perlu dilarutkan dalam air akan menghemat waktu

Tepung kentang yang tidak perlu dilarutkan dalam air akan menghemat waktu
Ada jenis tepung kentang yang bisa mengentalkan tekstur masakan hanya dengan menaburkannya di atas makanan yang sedang dimasak. Biasanya, Anda perlu terlebih dahulu mengaduk tepung kentang dengan sedikit air di wadah terpisah. Setelah tepung dan air sudah tercampur rata, baru bisa dimasukkan ke dalam masakan.
Namun, tidak demikian dengan jenis yang ini. Tepung kentang jenis ini dapat langsung Anda campurkan ke masakan. Tentu jadi lebih menghemat waktu. Selain untuk mengentalkan, tepung ini juga bisa dipakai untuk mengolah masakan yang digoreng. Sayangnya, tepung kentang yang dijual di toko online Indonesia biasanya tidak mencantumkan keterangan mengenai hal ini.

Tepung kentang yang mengandung tepung beras akan membuat gorengan jadi lebih crunchy

Tepung kentang yang mengandung tepung beras akan membuat gorengan jadi lebih crunchy
Tepung kentang bisa juga dipakai untuk memasak gorengan supaya lebih renyah dan garing. Kerenyahan gorengan Anda bahkan akan bertambah jika Anda menggunakan tepung kentang yang mengandung tepung beras. Tepung beras tidak mudah menyerap minyak sehingga membuat masakan Anda jadi lebih garing, bahkan jika sudah tidak hangat lagi. Jika ingin membuat fried chicken, kami menyarankan Anda menggunakan tepung kentang tipe ini. Hanya saja, cukup sulit menemukan tepung kentang seperti ini di toko online Indonesia.

Pilih produk dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Pilih produk dengan kapasitas sesuai kebutuhan
Tepung kentang memiliki karakteristik mudah menyerap uap air sehingga tidak tahan terhadap suhu tinggi dan kelembapan. Agar terasa lebih menguntungkan. beberapa orang memilih untuk membeli produk berukuran besar. Padahal, jika terlalu lama disimpan, tepung kentang akan menghitam dan muncul tungau atau jamur di dalamnya. Jadi, Anda disarankan memilih produk yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan Anda saat itu.
Usia simpan tepung kentang adalah satu setengah tahun. Setelah bungkusnya dibuka, tepung akan mudah berbau. Jadi, pindahkan tepung kentang ke dalam food container kedap udara atau simpan di dalam ziplock dengan penutup dobel. Anda juga bisa membagi-bagi tepung kentang tersebut ke dalam beberapa tempat, lalu menyimpannya di dalam freezer.

10 Rekomendasi tepung kentang terbaik

Sekarang, saatnya Anda memilih tepung kentang yang sesuai dengan kebutuhan. Kami telah mengumpulkan beberapa jenis tepung kentang, mulai dari tepung kentang lokal, impor, organik, dan lainnya. Semoga salah satunya bisa menjadi pilihan Anda.
Isi500 gram
Asal negaraIndonesia
Organik/Non-organikNon-organik
Isi500 gram
Asal negaraJerman
Organik/Non-organikNon-organik
Isi25 kg, repackage 500 gram
Asal negaraPerancis
Organik/Non-organikNon-organik
Isi 25 kg, repackage 1 kg
Asal negaraBelanda
Organik/Non-organikNon-organik
Isi25 kg, repackage berbagai ukuran
Asal negaraBelanda
Organik/Non-organikNon-organik
Isi300 gram
Asal negaraIndonesia
Organik/Non-organikNon-organik
Isi1 kg, repackage 500 gram
Asal negaraTidak diketahui
Organik/Non-organikNon-organik
Isi25 kg, repackage 1 kg
Asal negaraDenmark
Organik/Non-organikOrganik
Isi250 gram
Asal negaraIndonesia
Organik/Non-organikOrganik
Isi150 gram
Asal negaraPolandia
Organik/Non-organikNon-organik

Hal yang perlu diketahui tentang tepung kentang

Mungkin ada beberapa hal yang belum Anda ketahui tentang tepung kentang. Berikut ini, kami akan jelaskan beberapa kegunaan dari tepung kentang. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai variasi masakan.

Bahan baku utamanya adalah ekstrak kentang

Bahan baku utamanya adalah ekstrak kentang
Di Indonesia, tepung kentang masih belum sepopuler tepung terigu. Meskipun produksi kentang cukup melimpah, tetapi pasokan tepung kentang di Indonesia masih terbatas. Baru beberapa tahun terakhir ini petani lokal mulai mencoba memproduksi tepung kentang.
Sama seperti tepung maizena yang berbahan baku dari ekstrak jagung, bahan baku tepung kentang adalah ekstrak dari umbi kentang. Untuk mendapatkannya, kentang dilumatkan, kemudian disaring dan butiran ekstraknya diambil. Setelahnya, ekstrak tersebut dikeringkan hingga menjadi bubuk.

Apa perbedaan tepung gandum, tepung kentang, dan tepung jagung?

Apa perbedaan tepung gandum, tepung kentang, dan tepung jagung?
Tepung gandum, tepung jagung, dan tepung kentang terlihat sama karena sama-sama berupa bubuk. Akan tetapi, fungsi dan cara pemakaiannya sebenarnya berbeda. Tepung kentang terbuat dari 100% ekstrak kentang, tetapi tepung gandum terbuat dari gandum yang diberi tambahan protein dan gluten.
Sementara tepung jagung, sama seperti tepung kentang, terbuat dari 100% ekstrak jagung. Namun, tepung jagung biasa dipakai untuk membuat krim custard atau camilan yang manis. Kekentalan tepung jagung agak sedikit menurun ketika dicampur dengan air dingin, tetapi meningkat ketika dicampur air hangat. Jadi, sebaiknya jangan langsung memasukkan tepung jagung ke dalam masakan karena akan membuat kuah masakan menggumpal.

Anda bisa membuat masakan lezat, mulai dari sup sampai aneka gorengan

Anda bisa membuat masakan lezat, mulai dari sup sampai aneka gorengan
Tepung kentang memiliki warna putih bersih dan tetap tidak berubah walau terkena suhu panas. Alhasil, tepung ini cocok untuk mengentalkan sup. membuat adonan donat menjadi empuk, dan sebagainya.
Selain itu, jika ditaburkan di atas bahan masakan, tepung kentang akan menahan kelembapan dan rasa masakan tersebut. Karena itu, tepung ini juga sempurna untuk membuat ayam goreng tepung. Anda akan mendapatkan tekstur yang ringan sekaligus renyah.

Baca juga rekomendasi aneka tepung di sini

Di artikel ini, kami telah menjelaskan tentang perbedaan tepung kentang dengan tepung gandum dan tepung jagung. Semuanya memiliki karakteristik yang berbeda, jadi sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dan jika Anda ingin mencari rekomendasi tepung lainnya, Anda bisa membaca tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai hal tentang tepung kentang, serta memberi rekomendasi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masakan. Baik untuk membuat masakan serba goreng, sup yang kental, maupun bakso yang kenyal, semuanya bisa.
Rasa masakan Anda pun akan semakin istimewa. Apalagi, harganya juga masih terjangkau. Jadi, selamat bereksperimen meracik aneka masakan dengan tepung kentang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    36.334 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    15.400 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    50.833 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    42.137 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    51.217 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    16.428 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pembuat Kopi Press Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Pembuat Kopi Press Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Membuat kopi dengan cara manual memiliki kenikmatan tersendiri bagi para pencinta kopi. Berbagai alat pembuat kopi secara manual kini banyak dijual secara online, salah satunya adalah coffee press. Dengan menggunakan coffee press, Anda bisa membuat kopi yang nikmat dalam waktu singkat.Namun, coffee press memiliki kapasitas, desain dan kegunaan yang berbeda, tergantung jenis produknya sehingga membuat banyak orang bingung mau memilih yang mana. Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk coffee press terbaik. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih produk yang tepat. Simak penjelasan kami ini ya!
    Makanan & minuman
    2.003 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori