• 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Tepung Kentang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)

Penggunaan tepung kentang dapat memberikan tekstur crunchy pada makanan yang digoreng. Selain itu, tepung kentang banyak dipakai untuk aneka masakan Jepang, China, dan Western food. Namun, karena tepung kentang pada umumnya sama-sama berwarna putih, banyak orang yang mengalami kesulitan untuk memilihnya.

Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih tepung kentang yang bagus. Anda juga akan mendapat rekomendasi tepung kentang terbaik, seperti merek tepung kentang Knorr, Lentera Naga, Mr. Food, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, disimak sampai selesai!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
  • Pembaharuan terakhir: 08 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tepung kentang

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui ketika akan memilih tepung kentang. Kami akan menjelaskannya untuk Anda. Silakan disimak agar Anda dapat memilih tepung kentang yang sesuai dengan kebutuhan.

Ketahui jenis-jenis tepung kentang

Ketika Anda hendak membeli tepung kentang, Anda perlu tahu bila tepung kentang memiliki beberapa jenis. Tepung kentang yang digunakan untuk baking berbeda dengan tepung yang digunakan untuk roasting. Agar tidak salah memilih produk yang akan digunakan untuk memasak, mari simak jenis-jenis tepung kentang berikut ini.

Starchy: Memiliki kandungan sari pati kentang tinggi

Starchy: Memiliki kandungan sari pati kentang tinggi

Jenis tepung starchy mengandung sari pati kentang tinggi, kelembapan rendah, dan bertekstur tepung dari daging kentang putih yang creamy. Tepung kentang starchy memiliki tekstur cukup empuk dan punya sifat sebagai absorben yang baik. 


Kelebihan ini pun membuatnya cocok digunakan untuk baking dan frying. Anda bisa menggunakan tepung starchy untuk membuat keripik kentang yang renyah, hot chips, dan mashed potato cake.

Waxy: Memiliki kandungan sari pati kentang rendah

Waxy: Memiliki kandungan sari pati kentang rendah

Jenis tepung waxy memiliki sari pati kentang yang rendah, tetapi mengandung lebih banyak gula dan uap air sehingga lebih lembap. Keunggulan dari tepung waxy adalah dapat mempertahankan bentuknya dengan baik setelah dimasak. 


Tepung kentang jenis waxy sangat bagus untuk boiling, roasting dan slicing. Anda dapat menggunakannya untuk membuat casserole, sup, atau salad kentang. Namun, jenis waxy tidak cocok untuk mashed potato karena bentuknya tahan lama dan dapat menghasilkan mashed potato yang chunky.

All-purpose: Memiliki kandungan sari pati kentang medium

All-purpose: Memiliki kandungan sari pati kentang medium

Jenis tepung kentang all-purpose memiliki kandungan sari pati kentang medium, yaitu di antara starchy dan waxy. Jenis tepung ini lebih lembap daripada starchy dan dapat bertahan bila dimasukkan ke dalam air mendidih. Anda dapat menggunakan tepung all-purpose untuk roasting, boiling, pan frying, serta membuat sup dan potato dauphinoise.


Anda juga masih dapat menggunakan tepung ini untuk baking, membuat mashed potato, atau deep frying. Namun, hasilnya tidak akan memiliki tekstur lembut. Tepung all-purpose memang dapat digunakan untuk membuat banyak menu makanan. Namun, bila Anda memiliki hidangan spesifik yang cocok dengan jenis tepung starchy atau waxy, pilihlah jenis tepung tersebut.

Periksa kualitas kentang yang dijadikan bahan bakunya

Bahan baku tepung kentang adalah kentang. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu memeriksa kualitas kentang yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Dengan demikian, olahan makanan yang Anda buat memiliki rasa yang enak.

Produk impor: Pilih produsen yang tepercaya

Produk impor: Pilih produsen yang tepercaya

Kentang termasuk umbi-umbian. Sebagian besar tepung kentang yang dijual terbuat dari kentang dalam negeri. Namun, ada pula yang terbuat dari kentang impor. Selain itu, beberapa produk tepung kentang adalah hasil produksi luar negeri. 


Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 34 Tahun 2019 tentang Kategori Pangan, tepung umbi lainnya (tepung kentang, tepung ubi jalar, tepung garut, tepung ganyong, dan lain-lain) adalah tepung yang diperoleh dari penggilingan atau penumbukan umbi. Umbi yang digunakan adalah yang aman dikonsumsi. 


Dengan kata lain, BPOM sudah menetapkan bahwa umbi yang digunakan adalah wajib yang aman dikonsumsi. Karena itu, saat membeli produk impor, pastikan terdapat sertifikasi yang jelas sehingga terjamin keamanan pangannya. Pastikan pula produk tersebut dibuat oleh perusahaan tepercaya serta memiliki rute distribusi yang jelas.

Kentang organik: Kualitasnya lebih terjamin

Kentang organik: Kualitasnya lebih terjamin
Kentang termasuk salah satu hasil tanaman dengan residu pestisida yang relatif tinggi. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memilih tepung kentang yang terbuat dari kentang organik karena biasanya tidak terpapar pestisida.

Mendapatkan sertifikasi atau label organik tidak mudah karena suatu produk harus memenuhi beberapa kriteria ketat. Adanya beberapa kriteria ketat tersebut menjamin kualitas produk tersebut aman bagi kesehatan.


Umumnya, tepung kentang lokal memiliki harga yang relatif lebih murah. Meski demikian, bukan berarti produk tersebut telah terpapar pestisida dan zat kimia lainnya. Baik tepung kentang produksi lokal maupun impor, pastikan bahwa Anda selalu mengecek kandungan bahan bakunya, apakah kentang organik atau bukan.

Pilih tepung kentang sesuai kebutuhan

Di pasaran, ada tersedia beberapa tipe tepung kentang. Di antaranya adalah tepung kentang yang tidak perlu dilarutkan dalam air dan tepung kentang yang mengandung tepung beras. Anda dapat memilih tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan masakan dan paling mudah digunakan oleh Anda.

Tepung kentang yang tidak perlu dilarutkan dalam air, menghemat waktu memasak

Tepung kentang yang tidak perlu dilarutkan dalam air, menghemat waktu memasak

Ada jenis tepung kentang yang bisa mengentalkan tekstur masakan hanya dengan menaburkannya di atas makanan yang sedang dimasak. Biasanya, Anda perlu mengaduk tepung kentang terlebih dahulu dengan sedikit air di wadah terpisah. Setelah tepung dan air tercampur rata, baru bisa dimasukkan ke dalam masakan.


Namun, tidak demikian dengan jenis yang ini. Tepung kentang jenis ini dapat langsung Anda campurkan ke masakan. Tentu jadi lebih menghemat waktu. Selain untuk mengentalkan, tepung ini juga bisa dipakai untuk mengolah masakan yang digoreng. 


Tepung kentang seperti ini akan menghasilkan produk makanan yang lengket. Tepung jenis ini lebih baik digunakan dalam jumlah sedikit untuk memperbanyak campuran tepung lainnya. Sayangnya, tepung kentang yang dijual di toko online Indonesia biasanya tidak mencantumkan keterangan mengenai hal ini.

Tepung kentang yang mengandung tepung beras, membuat gorengan lebih crunchy

Tepung kentang yang mengandung tepung beras, membuat gorengan lebih crunchy
Berdasarkan informasi dari Litbang Pertanian, tepung dapat dibagi ke dalam dua jenis, yaitu tepung tunggal dan tepung komposit. Tepung komposit adalah tepung yang dibuat dari dua atau lebih bahan pangan. Tepung ini dibuat untuk mendapatkan karakteristik bahan yang sesuai bagi produk olahan atau untuk mendapatkan sifat fungsional tertentu.

Salah satu contoh tepung komposit adalah tepung kentang yang mengandung tepung beras. Tepung beras memiliki karakter tidak mudah menyerap minyak. Karena itu, tepung kentang yang mengandung tepung beras bisa dipakai untuk membuat makanan lebih renyah dan garing.


Jika ingin membuat fried chicken, kami menyarankan Anda menggunakan tepung kentang yang dicampur tepung beras. Hanya saja, cukup sulit menemukan tepung kentang seperti ini di toko online Indonesia.

Pilih produk dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Pilih produk dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Tepung kentang memiliki karakter mudah menyerap uap air sehingga tidak tahan terhadap suhu tinggi dan kelembapan. Agar terasa lebih menguntungkan, beberapa orang memilih membeli produk berukuran besar. Padahal, jika terlalu lama disimpan, tepung kentang akan menghitam dan muncul tungau atau jamur. Jadi, Anda disarankan memilih produk dengan kapasitas sesuai kebutuhan Anda saat itu.


Usia simpan tepung kentang adalah satu setengah tahun. Setelah bungkusnya dibuka, tepung akan mudah berbau. Jadi, pindahkan tepung kentang ke dalam food container kedap udara atau simpan di dalam ziplock dengan penutup dobel. Anda juga bisa membagi-bagi tepung kentang tersebut ke dalam beberapa tempat, lalu menyimpannya di dalam freezer.

10 Rekomendasi tepung kentang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung kentang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

10
Isi250 gram
Asal negaraIndonesia
Organik/Non-organikOrganik
9
Isi300 gram
Asal negaraIndonesia
Organik/Non-organikNon-organik
8
Isi25 kg, repackage 1 kg
Asal negaraDenmark
Organik/Non-organikOrganik
7
Isi25 kg, repackage 1 kg
Asal negaraBelanda
Organik/Non-organikNon-organik
6
Isi 25 kg, repackage 1 kg
Asal negaraBelanda
Organik/Non-organikNon-organik
5
Isi25 kg, repackage 1 kg, repackage 500 gram
Asal negaraPrancis
Organik/Non-organikNon-organik
4

Papatos Long Potato Powder Original Flavor

Mulai dari Rp 110.000,00

Isi1 kg
Asal negaraTidak diketahui
Organik/Non-organikNon-organik
3
Isi150 gram
Asal negaraPolandia
Organik/Non-organikNon-organik
2
Isi500 gram
Asal negaraJerman
Organik/Non-organikNon-organik
1
Isi500 gram
Asal negaraIndonesia
Organik/Non-organikNon-organik

Tabel perbandingan produk tepung kentang terbaik

Gambar produk
1
Lentera Naga  Tepung Kentang 1

Lentera Naga

2
Knorr  Potato Flakes 1

Knorr

3
Mr. Food  Potato Starch 1

Mr. Food

4
Papatos  Long Potato Powder Original Flavor 1

Papatos

5
Roquette  Potato Starch 1

Roquette

6
Windmill  Potato Starch 1

Windmill

7
Avebe  Potato Starch 1

Avebe

8
KMC Superior Potato Starch 1

KMC

9
Mamata Potato Starch 1

Mamata

10
Iels Organic  Food Tepung Kentang Organik 1

Iels Organic

Nama produk

Tepung Kentang

Potato Flakes

Potato Starch

Long Potato Powder Original Flavor

Potato Starch

Potato Starch

Potato Starch

Superior Potato Starch

Potato Starch

Food Tepung Kentang Organik

Keunggulan

Sajikan dim sum ala Hongkong di rumah Anda

Kini, Anda bisa memasak perkedel tanpa perlu mengupas kentang

Tepung kentang kemasan ekonomis, pas untuk Anda yang tinggal sendiri

Makanan kekinian untuk ide bisnis rumahan

Kemasan besarnya mampu mendukung bisnis kuliner Anda

Membuat mie menjadi lebih tebal dan kenyal

Bahan baku dan seluruh proses pembuatannya sesuai dengan standar internasional

Tepung kentang bebas pestisida, aman dikonsumsi buah hati Anda!

Tepung kentang rendah lemak, pilihan tepat untuk diet sehat

Lebih sehat dengan tepung kentang organik produksi lokal

Harga mulai dariRp 22.000,00Rp 30.000,00Rp 8.000,00Rp 110.000,00Rp 15.000,00Rp 35.880,00Rp 24.000,00Rp 25.000,00Rp 16.000,00Rp 35.000,00
Isi500 gram500 gram150 gram1 kg25 kg, repackage 1 kg, repackage 500 gram 25 kg, repackage 1 kg25 kg, repackage 1 kg25 kg, repackage 1 kg300 gram250 gram
Asal negaraIndonesiaJermanPolandiaTidak diketahuiPrancisBelandaBelandaDenmarkIndonesiaIndonesia
Organik/Non-organikNon-organikNon-organikNon-organikNon-organikNon-organikNon-organikNon-organikOrganikNon-organikOrganik
Tautan produk

Hal yang perlu diketahui tentang tepung kentang

Barangkali, ada beberapa hal yang belum Anda ketahui tentang tepung kentang. Misalnya, apa itu tepung kentang dan tepung kentang untuk apa saja, ya? Berikut ini, kami akan jelaskan beberapa kegunaan tepung kentang dan menjelaskan pertanyaan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai variasi masakan.

Bahan baku utamanya adalah kentang

Bahan baku utamanya adalah kentang

Di Indonesia, tepung kentang masih belum sepopuler tepung terigu. Meskipun produksi kentang cukup melimpah, tetapi pasokan tepung kentang di Indonesia masih terbatas. Baru beberapa tahun terakhir ini petani lokal mulai mencoba memproduksi tepung kentang.


Sama seperti tepung maizena yang berbahan baku jagung, bahan baku tepung kentang adalah umbi kentang. Untuk mendapatkannya, kentang dilumatkan, kemudian disaring dan dikeringkan hingga menjadi bubuk.

Apa perbedaan tepung gandum, tepung kentang, dan tepung jagung?

Apa perbedaan tepung gandum, tepung kentang, dan tepung jagung?
Tepung gandum, tepung jagung, dan tepung kentang terlihat sama karena sama-sama berupa bubuk. Akan tetapi, fungsi dan cara pemakaiannya berbeda. Tepung kentang terbuat dari 100% kentang, tetapi tepung gandum terbuat dari gandum yang diberi tambahan protein dan gluten. Sementara itu, tepung jagung terbuat dari 100% jagung. 

Namun, tepung jagung biasa dipakai untuk membuat krim custard atau camilan yang manis. Kekentalan tepung jagung agak sedikit menurun ketika dicampur dengan air dingin, tetapi meningkat ketika dicampur air hangat. Jadi, sebaiknya jangan langsung memasukkan tepung jagung ke dalam masakan karena akan membuat kuah masakan menggumpal.

Anda bisa membuat masakan lezat, mulai dari sup sampai aneka gorengan

Anda bisa membuat masakan lezat, mulai dari sup sampai aneka gorengan

Tepung kentang memiliki warna putih bersih dan tetap tidak berubah walau terkena suhu panas. Dengan karakter tersebut, fungsi tepung kentang ini cocok untuk mengentalkan sup, membuat adonan donat menjadi empuk, dan sebagainya.


Selain itu, jika ditaburkan di atas bahan masakan, tepung kentang akan menahan kelembapan dan rasa masakan tersebut. Hal ini karena tepung kentang dapat mengikat air. 


Tepung kentang juga dapat dibuat menjadi tepung komposit bersama tepung beras. Tepung komposit yang terbuat dari tepung kentang dan tepung beras ini sempurna untuk membuat ayam goreng tepung. Anda akan mendapatkan tekstur yang ringan sekaligus renyah.

Pertanyaan umum seputar tepung kentang

Pertanyaan umum seputar tepung kentang

Anda mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan terkait tepung kentang. Simak jawaban Evrina untuk pertanyaan-pertanyaan umum seputar tepung kentang di bawah ini!

Apakah tepung kentang termasuk gluten-free?

Ya. Tepung kentang merupakan salah satu tepung bebas gluten yang dapat menjadi substitusi tepung terigu.

Apakah tepung kentang cocok untuk diet?

Ya. Kentang mengandung karbohidrat yang mengenyangkan dan juga bergizi. Karena itu, kentang dapat dijadikan makanan pengganti nasi bagi orang yang sedang berdiet. Namun, cara memasaknya perlu diperhatikan, ya.

Baca juga rekomendasi tepung lainnya di sini

Selain tepung kentang, kami sudah membahas jenis tepung lainnya, seperti tepung beras, tepung MOCAF, dan tepung maizena. Disimak juga, yuk!

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai hal tentang tepung kentang, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masakan. Baik untuk membuat masakan serba goreng, dim sum, mashed potato, sup yang kental, maupun bakso yang kenyal, semuanya bisa.

Rasa masakan Anda pun akan semakin istimewa. Apalagi, harga tepung kentang ini cukup terjangkau. Jadi, selamat berkreasi di dapur dengan meracik aneka masakan dengan tepung kentang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sejak dahulu, cuka buah umum digunakan sebagai bumbu. Bahkan, sebagian jenis cuka buah, seperti cuka apel, dimanfaatkan juga untuk kesehatan dan skincare. Kandungannya yang tanpa alkohol membuat cuka memiliki rasa yang enak sehingga sering digunakan dalam berbagai makanan atau diminum langsung.Apakah Anda juga sedang mencari cuka buah? Mungkin adanya berbagai produk di pasaran, seperti merek KUHNE, Heinz, dan Bragg malah membuat Anda bingung memilihnya. Tenang saja, kami akan menjelaskan cara memilih cuka buah terbaik serta memberikan rekomendasi produk cuka buah untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori