• 8 Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 8 Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 8 Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 8 Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 8 Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 5

8 Jas Hujan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)

Jas hujan merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dibawa ketika Anda akan mendaki gunung. Raincoat dapat melindungi Anda jika hujan turun saat sedang mendaki. Ada banyak produk jas hujan yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Jenisnya pun cukup beragam.

Sebelum Anda memilih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Kami akan mengulasnya khusus untuk Anda. Setelah itu, kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beberapa merek ternama. Anda bisa menemukan produk dari Consina, Avtech, Arei, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 03 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih jas hujan untuk mendaki gunung

Ketika memilih jas hujan untuk mendaki gunung, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan. Di artikel ini, kami akan mengulas beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memesan jas hujan untuk mendaki gunung.

Carilah jas hujan yang berupa setelan

Terdapat dua jenis jas hujan, yaitu jenis ponco dan setelan. Untuk mendaki gunung, Anda disarankan memilih jas hujan berjenis setelan. Jas hujan ini terdiri dari dua bagian yakni jaket dan celana panjang.

Ketika turun gerimis, Anda bisa memakai hanya jaketnya saja. Namun, jika terjadi hujan deras, Anda dapat mengenakan jaket dan celananya. Di samping itu, jas hujan setelan akan membuat Anda lebih leluasa bergerak ketika sedang mendaki.


Meski demikian, jas hujan ponco juga bagus untuk digunakan saat berkegiatan di luar ruangan, terutama di daerah terbuka (bukan hutan). Jas hujan ponco bisa digunakan sebagai tempat berteduh sementara atau bermalam sekalipun (bivak) jika dibentangkan.

Pastikan jas hujannya tahan air dan mudah kering

Jas hujan yang Anda pakai saat mendaki gunung berfungsi untuk menjaga tubuh Anda agar tidak basah. Oleh karena itu, pastikan bahwa jas hujan yang Anda beli terbuat dari bahan yang antiair dan mudah kering.

Bahan yang memiliki ketahanan terhadap tekanan air: Mencegah rembesnya air hujan

Bahan yang memiliki ketahanan terhadap tekanan air: Mencegah rembesnya air hujan
Meskipun sama-sama antiair, setiap bahan yang tahan air memiliki nilai yang berbeda-beda. Nilai daya tahan air mengindikasikan kemampuan bahan untuk mencegah air masuk dan terserap ke dalamnya.

  • Ketika hujan tidak terlalu deras, Anda bisa memakai jas hujan yang nilai daya tahan airnya antara 1.000–5.000 mm.
  • Jika hujannya deras, Anda sebaiknya menggunakan jas hujan yang nilai daya tahan airnya minimal 10.000 mm.
  • Untuk mendaki gunung, kami menyarankan Anda memilih bahan yang nilai daya tahan airnya sebesar 20.000 mm. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi hujan lebat dan badai berangin kencang yang mungkin terjadi ketika sedang mendaki gunung.

Akan tetapi, tidak banyak produsen jas hujan di Indonesia yang mencantumkan keterangan mengenai nilai daya tahan air. Untuk itu, Anda sebaiknya membaca review dari pembeli lain sebelum membeli. Selain itu, tergantung pada bahannya, makin tahan air, bobot jas hujan biasanya makin berat.

Jas hujan yang permeabilitasnya tinggi: Menentukan kenyamanan penggunaan

Jas hujan yang permeabilitasnya tinggi: Menentukan kenyamanan penggunaan
Setelah terkena hujan, jas hujan akan menjadi lembap. Hal tersebut tentu akan membuat tubuh terasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, untuk kegiatan mendaki, Anda disarankan memilih jas hujan yang permeabilitasnya tinggi.

Permeabilitas adalah kemampuan suatu material untuk meloloskan cairan yang menembusnya. Dengan kata lain, jika jas hujan Anda memiliki permeabilitas yang tinggi, jas hujan tersebut akan mudah kering kembali setelah terkena air.


Supaya lebih nyaman, Anda dapat menggunakan produk yang permeabilitasnya sekitar 10.000–20.000 g/m²/24 jam. Dengan demikian, Anda tetap merasa nyaman, bahkan ketika cuaca sedang buruk. Sayangnya, sama seperti nilai daya tahan air, di Indonesia juga sulit untuk mendapat informasi mengenai permeabilitas jas hujan yang hendak Anda beli.

Periksa kualitas bahannya

Ada beberapa bahan yang dikenal sangat tahan air dan memiliki permeabilitas yang baik, misalnya Gore-Tex. Selain itu, ada juga bahan taslan yang tak kalah bagusnya. Silakan simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui info yang lebih detail.

Bahan Gore-Tex, tipe tiga lapisan adalah pilihan terbaik

Bahan Gore-Tex, tipe tiga lapisan adalah pilihan terbaik
Gore-Tex adalah bahan yang antiair dan memiliki permeabilitas tinggi. Terdapat beberapa tipe bahan ini, yaitu yang terdiri dari 2 lapis, 2,5 lapis, dan 3 lapis. Tipe 3 lapis mempunyai kemampuan antiair terbaik, serta permukaan kain yang bagus. Saat ini, nilai daya tahan airnya telah mencapai 45.000 mm, sedangkan laju transmisi uap airnya hingga 13.000 g/m2/24 jam.

Selain itu, ada juga material kain terbaru dari Gore-Tex, yakni C-KNIT yang memiliki daya kerenggangan kain yang lebih baik. Bahan ini juga lebih breathable dan lebih nyaman ketika digunakan.


Pada dasarnya, bahan Gore-Tex memang dikenal memiliki kualitas yang sangat baik. Namun, harganya pun relatif lebih mahal. Jika Anda termasuk baru dalam kegiatan mendaki gunung, Anda tidak perlu langsung memilih produk ini. Anda bisa mempertimbangkan membeli produk ini setelah Anda terbiasa dan menginginkan produk dengan kualitas yang lebih baik.

Bahan taslan, kualitas bagus dengan harga terjangkau

Jika produk berbahan Gore-Tex dirasa terlalu mahal, Anda bisa memilih jas hujan yang dibuat dari bahan taslan. Meskipun harganya lebih ramah di kantong, kain taslan yang terbuat dari serat sintetis ini memiliki kualitas yang tinggi.

Dirancang dengan menggunakan teknologi canggih, kain taslan memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Dikenal tahan air
  • Mampu menyerap keringat
  • Cepat kering
  • Bobotnya ringan
  • Tidak mudah sobek
  • Antijamur dan antiminyak sehingga lebih awet dan mudah dibersihkan

Ada dua jenis kain taslan yang kerap digunakan untuk membuat jas hujan, yaitu taslan lateks dan taslan balon.


  • Taslan lateks: Dapat Anda andalkan untuk digunakan ketika hujan tidak terlalu deras. Jika terlalu lama terekspos air, kain ini kemudian akan basah.

  • Taslan balon: Bahan ini lebih dapat menahan air. Cocok untuk digunakan ketika sedang hujan lebat. Jika Anda menggunakan jaket yang terbuat dari taslan balon, lalu turun hujan, air hujannya akan mengalir di permukaan kain. Jadi, jaket Anda tidak akan menjadi basah.

Cek detail ventilasi di sisi kiri dan kanannya

Cek detail ventilasi di sisi kiri dan kanannya
Bahan yang permeabilitasnya tinggi akan membantu Anda terbebas dari rasa pengap. Anda juga bisa memilih produk dengan fitur ventilasi pada sisi kiri dan kanannya. Adanya ventilasi tersebut membuat udara panas di dalam jas hujan bisa mengalir ke luar. Biasanya, ventilasi tersebut berada tepat di bawah ketiak memanjang sampai ujung bawah dengan ritsleting sebagai alat penguncinya.

Ada beberapa jas hujan yang mempunyai ventilasi di bagian punggungnya. Namun, tentunya hal ini kurang berguna karena ketika sedang mendaki, bagian belakang akan tertutup oleh tas ransel yang dibawa.


Sementara itu, untuk tubuh bagian bawah, Anda bisa memilih jas hujan yang celananya dilengkapi ventilasi di bagian bawah. Hal tersebut bisa membantu mengurangi rasa pengap di kaki sehingga Anda tetap nyaman meskipun udara sedang lembap.

Pastikan ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran tubuh

Ketika mendaki gunung, ada kalanya cuaca menjadi sangat dingin sehingga mungkin Anda akan memakai lebih dari satu lapis baju. Jika jas hujan Anda berupa setelan, fleksibilitas gerakan (terutama langkah kaki) sangat berpengaruh terhadap ukuran.

Jika jas hujan Anda ukurannya pas dengan tubuh, tentu jadi terasa sempit saat Anda menggunakan pakaian dobel. Karena itu, pilihlah jas hujan yang ukurannya sedikit lebih besar, mungkin Anda bisa melebihkan sekitar 1 atau 2 nomor.


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jas hujan yang bahannya dapat diregangkan atau stretch. Bahan tersebut akan membuat Anda lebih leluasa bergerak, khususnya di bagian lutut dan siku. Jadi, dalam memilih jas hujan, pertimbangkan juga daya tahan dan kenyamanan produk.

Agar lebih ringkas, pilih saja yang ringan dan mudah dilipat

Saat mendaki gunung, cuaca memang mudah berubah, jadi Anda belum tentu akan membutuhkan jas hujan. Namun, tentu lebih baik jika Anda selalu membawanya di dalam tas. Jadi, Anda selalu berjaga-jaga kalau tiba-tiba turun hujan.

Nah, agar lebih praktis, kami menyarankan Anda memilih jas hujan yang bisa dilipat atau digulung kecil. Jadi, jas hujan Anda tidak menghabiskan banyak ruang di dalam tas. Bahkan, ada produk yang bisa dilipat hingga seukuran telapak tangan. Oleh sebab itu, sebelum membeli, periksalah terlebih dahulu dimensi jas hujan ketika dilipat.

8 Rekomendasi jas hujan terbaik untuk mendaki gunung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan delapan produk jas hujan terbaik untuk mendaki gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 1 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Respiro The Challenger R2.0 masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Tromax Citarum Evo Series muncul sebagai produk terlaris kedua.

Disclaimer: Delapan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus

Gambar produk
1
Respiro The Challenger R2.0 1

Respiro

2
Tromax Citarum Evo Series 1

Tromax

3
Arei  Raincoat Leopard 1

Arei

4
Zacro Jas Hujan Premium 1

Zacro

5
Winpu Raincoat RWE-084S 1

Winpu

6
Avtech Rainwear Moluccas 1

Avtech

7
Consina Nordvik 1

Consina

8
Triple Outdoor Raincoat Kangguru 3L 1

Triple Outdoor

Nama produk

The Challenger R2.0

Citarum Evo Series

Raincoat Leopard

Jas Hujan Premium

Raincoat RWE-084S

Rainwear Moluccas

Nordvik

Raincoat Kangguru 3L

Keunggulan

Jas hujan pendaki gunung yang banyak dicari di e-commerce

Praktis, cepat kering, dan mudah dibersihkan

Compact saat dilipat, jadi hemat tempat

Desain stylish dengan pelindung wajah antibasah

Dilengkapi eye protector, go away mata merah!

Raincoat gunung model build up yang ampuh menahan rembesan air

Bebas gerah dan sumpek berkat Inconitex membrane

Jas hujan ringan yang pas untuk pendaki pemula

Harga mulai dariRp 357.500,00Rp 345.000,00Rp 235.000,00Rp 268.000,00Rp 350.000,00Rp 495.000,00Rp 595.000,00Rp 315.000,00
WarnaMaroon, navy, black, yellow, orange, oliveAbu-abu, hitam, biru, kuning, orangeBlue, blackDark blueMaroon, dark green, glass green, dark blueHitam, navu, hijau stabilo, abu-abu, ungu, merah, kuning, hijau muda, hijau, ungu tuaRed, grey, blue, black, turquoise Cokelat, biru, turquoise
MaterialTidak ada keteranganPolyvinyl choloride full coated 0,15 mmPolymer of vinly chlorideHidrofobik oxford cloth, latex100% polyester cloth with PVC coatingTaslan balonInconitex, 100% PES atau hydrophilicGore-Tex 3 layer
UkuranM, L, XL, XXLM, L, XLM, L, XL, XXLL, XL, XXLXL, 2XL, 3XLM, L, XL, XXLM, L, XLM, L, XL
Berat0,9 kg0,63 kg1 kg0,8 kg1 kg1 kg0,7 kg0,45 kg
PermeabilitasTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan7000 g/m²/ 24hrTidak ada keterangan
Ketahanan airTidak ada keterangan6.000 mmTidak ada keterangan10.000 mmTidak ada keteranganTidak ada keterangan10.000 mmTidak ada keterangan
Tautan produk
8

Triple OutdoorRaincoat Kangguru 3L

Mulai dari Rp 315.000,00

WarnaCokelat, biru, turquoise
MaterialGore-Tex 3 layer
UkuranM, L, XL
Berat0,45 kg
PermeabilitasTidak ada keterangan
Ketahanan airTidak ada keterangan
7
WarnaRed, grey, blue, black, turquoise
MaterialInconitex, 100% PES atau hydrophilic
UkuranM, L, XL
Berat0,7 kg
Permeabilitas7000 g/m²/ 24hr
Ketahanan air10.000 mm
6
WarnaHitam, navu, hijau stabilo, abu-abu, ungu, merah, kuning, hijau muda, hijau, ungu tua
MaterialTaslan balon
UkuranM, L, XL, XXL
Berat1 kg
PermeabilitasTidak ada keterangan
Ketahanan airTidak ada keterangan
5
WarnaMaroon, dark green, glass green, dark blue
Material100% polyester cloth with PVC coating
UkuranXL, 2XL, 3XL
Berat1 kg
PermeabilitasTidak ada keterangan
Ketahanan airTidak ada keterangan
4
WarnaDark blue
MaterialHidrofobik oxford cloth, latex
UkuranL, XL, XXL
Berat0,8 kg
PermeabilitasTidak ada keterangan
Ketahanan air10.000 mm
3
WarnaBlue, black
MaterialPolymer of vinly chloride
UkuranM, L, XL, XXL
Berat1 kg
PermeabilitasTidak ada keterangan
Ketahanan airTidak ada keterangan
2
WarnaAbu-abu, hitam, biru, kuning, orange
MaterialPolyvinyl choloride full coated 0,15 mm
UkuranM, L, XL
Berat0,63 kg
PermeabilitasTidak ada keterangan
Ketahanan air6.000 mm
1
WarnaMaroon, navy, black, yellow, orange, olive
MaterialTidak ada keterangan
UkuranM, L, XL, XXL
Berat0,9 kg
PermeabilitasTidak ada keterangan
Ketahanan airTidak ada keterangan

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Saat ini banyak jas hujan yang bersifat repellent atau tidak menyerap air. Jas hujan tipe ini dilapisi oleh bahan seperti lilin sehingga air tidak menyerap atau langsung terjatuh. Namun, bahan pelapis ini biasanya akan luntur seiring dengan waktu dan pemakaian. Perlu Anda ketahui juga bahwa waterproof berbeda dengan repellent.


Perhatikan pula sambungan atau jahitan pada tiap bagian jas hujan karena daerah tersebut rentan terhadap robek atau bahkan rembes. Jas hujan harus dilengkapi dengan penutup kepala dan sangat dianjurkan dengan tali yang dapat dikencangkan pada bagian wajah.


Hal tersebut agar air lebih terjaga untuk tidak masuk, misalnya ke kuping. Pengikat di bagian depan wajah ini juga sangat berguna jika Anda sedang berada di tempat dengan angin yang kencang.

Baca juga rekomendasi perlengkapan mendaki gunung lainnya di sini

Selain jas hujan, masih ada beragam peralatan lainnya yang perlu Anda persiapkan untuk mendaki gunung. Anda mungkin membutuhkan tenda, sleeping bag, botol minum, dan lainnya. Untuk mendapatkan produk-produk terbaiknya, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Mengingat suhu dan cuaca di gunung cenderung mudah berubah, Anda sebaiknya selalu menyiapkan jas hujan meskipun cuaca sedang cerah. Pastikan juga bahwa Anda memilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan agar kegiatan mendaki Anda berjalan dengan nyaman.

Kami telah menjelaskan berbagai hal mengenai jas hujan untuk mendaki gunung, serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memilih jas hujan terbaik untuk mendaki. Selamat bertualang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, SPEEDS, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang, dan ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada yang mahal, ada juga yang ekonomis. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)
    Jam tangan pendaki gunung menjadi alat penting dalam mendukung kegiatan outdoor Anda. Ada beberapa fitur penting dari jam tangan untuk mendaki gunung, seperti GPS, altimeter, barometer, dan termometer. Produknya pun kukuh dan kedap air sehingga aman untuk kegiatan outdoor.Ada banyak merek jam tangan gunung yang bagus, seperti Suunto dan Casio. Eiger, Arei, dan Consina yang merupakan merek lokal juga tak kalah berkualitas. Jika Anda mencari jam tangan outdoor terbaik, simaklah artikel ini karena kami akan membagikan cara memilihnya. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Eiger, Consina, dan Naturehike adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome yang bagus. Anda akan menemukan tenda pop up untuk satu orang hingga tenda dome 4 orang/8 orang. Bahkan, ada juga tenda dome double layer.Setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya. Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih tenda dome. Kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu hiking. Sepatu hiking adalah sepatu yang aman digunakan ketika Anda harus melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu hiking yang bagus untuk pemula. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu hiking yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu hiking yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur angin merupakan kasur yang banyak diminati orang-orang belakangan ini. Selain harganya lebih murah dibanding spring bed, kasur angin juga memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dibawa bepergian. Anda dapat menggunakan kasur angin untuk travelling, camping, atau bahkan di rumah. Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih kasur angin yang bagus agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek kasur angin terbaik, di antaranya INTEX dan Bestway. Simak terus informasinya dan temukan kasur angin yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tenda menjadi perlengkapan yang harus ada bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor seperti hiking, camping, dan lainnya. Apabila Anda ingin membeli tenda buatan produsen perlengkapan outdoor lokal, Consina bisa menjadi pilihan. Tenda produksi Consina merupakan salah satu produk yang sering digunakan di Indonesia.Ada berbagai tipe tenda yang diproduksi oleh Consina, seperti Hiker, Summer Time, Tunnel, dan lainnya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda. Nah, kami akan mengulas dan memberi rekomendasi tenda Consina terbaik yang bisa dijadikan referensi. Silakan simak dengan teliti dan temukan produk yang Anda butuhkan.
    Camping & hiking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori