10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)

Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.

Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!

Daftar isi

Penyebab timbulnya jerawat membandel

Penyebab timbulnya jerawat membandel

Jerawat pada wajah tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Namun, tahukah apa yang menyebabkan wajah Anda berjerawat? Bagi perempuan, jerawat biasanya muncul ketika PMS atau masa sebelum menstruasi. Jerawat yang muncul ketika PMS disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh dan biasanya jerawat akan hilang setelah menstruasi.

Selain itu, peluang timbulnya jerawat dapat terjadi saat Anda mengalami stres. Saat Anda stres, terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang menyebabkan perubahan pola hidup. Keadaan ini menyebabkan peluang munculnya jerawat lebih besar.

Terlalu sering mencuci muka juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Mencuci muka yang berlebihan dapat mengurangi minyak alami pada kulit sehingga kulit lebih sensitif. Cara mencuci muka pun harus benar agar kulit tetap sehat.

Selanjutnya, jerawat juga dapat muncul karena rambut kotor, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai, hair spray, dan minyak rambut. Penggunaan handphone juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Handphone yang penuh dengan kotoran serta sering bersentuhan dengan wajah, membuat Anda lebih rentan terhadap bakteri penyebab jerawat. Hindari juga menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Gunakan obat jerawat secara berkala ketika jerawat timbul. Pakai pencuci wajah yang lembut di kulit. Penggunaan masker yang sesuai juga membantu mengeringkan jerawat. Hindari memencet jerawat karena akan merusak jaringan kulit. Selain itu, jika sedang jerawatan usahakan jangan menggunakan scrub ya untuk menghindari jerawat pecah.

Cara memilih masker terbaik untuk kulit berjerawat

Masker juga dapat membantu mengatasi kulit berjerawat. Agar Anda mendapatkan masker yang sesuai, berikut tips memilih masker untuk kulit berjerawat.

Pilih berdasarkan jenis masker

Masker untuk kulit berjerawat dijual dalam berbagai jenis, seperti clay mask, sheet mask, dan sleeping mask. Berikut adalah keunggulan masing-masing masker untuk kulit berjerawat yang bisa Anda pilih.

Clay mask, masker mineral yang membersihkan secara menyeluruh

Clay mask, masker mineral yang membersihkan secara menyeluruh

Clay mask merupakan jenis masker paling populer untuk kulit berjerawat. Clay mask kaya akan kandungan mineral dari letusan gunung api. Kandungan mineral ini dapat membantu mengeringkan jerawat serta mengontrol produksi minyak pada wajah Anda. Biasanya masker ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori secara menyeluruh.

Sheet mask, lebih mudah digunakan dan memberi kelembapan ekstra

Sheet mask, lebih mudah digunakan dan memberi kelembapan ekstra

Masker lembaran dengan serum ini merupakan jenis masker yang paling praktis. Anda tidak perlu mengoleskan dan membilas masker. Cukup tempelkan pada wajah, tunggu beberapa menit, dan tidak perlu dibilas. Sheet mask cocok untuk Anda dengan kulit berjerawat yang cenderung kering.

Sleeping mask, pakai semalaman dan rasakan kulit segar di pagi hari

Sleeping mask, pakai semalaman rasakan kulit segar di pagi hari

Sesuai dengan namanya, sleeping mask merupakan masker gel yang dipakai saat tidur. Masker jenis ini berfungsi untuk menutrisi kulit saat Anda tertidur. Anda dapat membilas wajah keesokan paginya dan rasakan manfaatnya. Sama seperti sheet masksleeping mask cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Masker ini membuat wajah Anda segar di pagi hari untuk berbagai acara penting.

Perhatikan kandungan bahan aktifnya

Perhatikan kandungan bahan aktifnya

Bahan-bahan aktif yang biasa ada di dalam masker berjerawat adalah tea tree oil, salicylic acid, dan niacinamide. Bahan tersebut bermanfaat untuk meredakan iritasi serta mengempiskan jerawat. Selain bahan-bahan di atas, ada juga clay yang bermanfaat untuk mengeringkan jerawat Anda.

Selain untuk jerawat, masker juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kulit. Contohnya adalah madu yang berfungsi sebagai antimikroba dan melembapkan kulit wajah. Ada juga masker jerawat yang dapat meratakan warna kulit serta memberikan asupan antioksidan untuk kulit.

Hindari masker dengan bahan berbahaya

Hindari masker dengan bahan berbahaya

Beberapa produk kecantikan mengandung bahan pengawet yang berbahaya. Sebisa mungkin hindari masker dengan paraben, phenoxyethanol, hydroquinone, polyethylene, dan retinol. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit, membuat kulit menjadi kering, hiperpigmentasi, sampai kanker. Jika kulit Anda sensitif, pilihlah masker dengan kandungan bahan-bahan organik yang ramah untuk kulit.

10 Rekomendasi masker terbaik untuk kulit berjerawat

Setelah mengetahui cara memilih masker terbaik untuk kulit berjerawat, kami akan memberikan rekomendasi untuk Anda. Kami akan memberikan berbagai jenis masker, seperit clay masksheet mask, dan sleeping mask.

10. Nature Republic Real Nature Tea Tree Mask Sheet

10. Nature Republic Real Nature Tea Tree Mask Sheet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.000

Sheet mask dengan esens berlimpah

Selama ini mungkin Anda mengenal Nature Republic dengan produk lidah buayanya. Namun, Nature Republic juga memiliki produk sheet mask yang tidak boleh Anda lewatkan untuk perawatan wajah. Selain bermanfaat untuk kulit, masker ini memiliki esens berlimpah yang merawat kulit hingga keesokan harinya.

Masker dari Nature Republic ini mampu mengatasi jerawat dan meredakan iritasi pada wajah. Masker ini juga hypoallergenic sehingga aman untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Buktikan segera keampuhan sheet mask yang satu ini.

Jenis masker Sheet mask
Bahan aktif Tea tree extract

9. Garnier Pure Active Matcha Onsen Clay Mask

9. Garnier Pure Active Matcha Onsen Clay Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.500

Ekonomis untuk dua kali pakai!

Masker dari Garnier ini memiliki harga yang sangat ekonomis. Di dalam 1 pak terdapat 2 saset clay mask untuk 2 kali pemakaian. Kemasannya yang praktis juga dapat menemani perjalanan Anda tanpa memakan banyak tempat di dalam tas.

Kandungan matcha memberikan asupan antioksidan dan memiliki aroma menenangkan. Saat menggunakan masker ini, Anda akan merasakan hangat di wajah Anda. Efek hangat akan membantu membuka pori-pori untuk membersihkan lebih dalam. Masker ini dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit berjerawat.

Jenis masker Clay mask
Bahan aktif Matcha

8. Cosrx Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask

8. Cosrx Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

87% propolis alami ampuh atasi iritasi jerawat

Masker wajah dari Cosrx mengandung 87% ekstrak propolis dan beeswax alami. Keduanya merupakan bahan yang efektif melembapkan kulit. Selain itu, keduanya juga merupakan antimikroba dan antiinflamasi alami yang membantu menumpas jerawat dan mengurangi iritasi. Tidak hanya jerawat, sunburn pun dapat diatasi.

Selain sebagai sleeping mask, Anda juga dapat menggunakannya sebagai krim. Magic ya! Cara penggunaannya berbeda antara menjadi masker atau sebagai krim. Jika Anda menggunakannya sebagai masker, oleskan masker ini lebih tebal pada wajah Anda. Saat digunakan sebagai krim, bahannya cepat menyerap ke dalam kulit.

Jenis masker Night mask
Bahan aktif Propolis extract, castor oil, Cassia obtusifolia seed extract

7. Dr. Jart+ Dermask Micro Jet Clearing Solution

7. Dr. Jart+ Dermask Micro Jet Clearing Solution

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 34.900

Jerawat hilang, warna kulit lebih merata

Anda memiliki masalah warna kulit tidak merata selain berjerawat? Masker ini mengandung glutathione yang dapat mengurangi hiperpigmentasi. Dengan begitu warna kulit Anda akan jadi lebih merata.

Kandungan salicylic acidtea tree oil, serta niacinamide telah teruji untuk mengurangi timbulnya jerawat. Selain itu mengurangi timbulnya jerawat, bekas jerawat juga lebih cepat memudar dengan bahan-bahan ini.

Jenis masker Sheet mask
Bahan aktif Glutathione, niacinamide, salicylic acid, tea tree leaf oil

6. Glamglow Supermud Clearing Treatment

6. Glamglow Supermud Clearing Treatment

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 725.000

Membersihkan setiap lapisan kulit secara menyeluruh

Masker ini mengandung enam campuran asam yang membantu eksfoliasi kulit mati. Perpaduan alpha hydroxy acids dan beta hydroxy acids akan membersihkan setiap lapisan kulit Anda. Anda akan merasakan kulit yang ekstra bersih setelah menggunakan masker ini. Eksfoliasi kimia ini ramah untuk kulit berjerawat.

Masker ini juga mengandung daun eucalyptus yang memberikan phytoactives ke dalam kulit Anda. Kandungan karbon aktifnya mendetoks kulit Anda serta membantu membersihkan pori. Kulit bersih, bebas jerawat, dan ternutrisi!

Jenis masker Clay mask
Bahan aktif Kaolin clay, activated charcoal, super six acid blend, teaoxi eucalyptus leaves

5. Lush Mask of Magnaminty

5. Lush Mask of Magnaminty

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 117.000

Wajah berjerawat menjadi lebih adem

Lelah bekerja seharian? Santai sejenak dengan masker dari Lush ini. masker ini mengandung peppermint oil. Anda akan mendapatkan sensasi dingin pada wajah Anda yang menyegarkan setelah lelah bekerja. Masker ini juga mengandung vanilla absolute dan madu untuk meredakan iritasi serta melembapkan.

Efek eksfoliasi untuk kulit kering dan bertekstur juga akan Anda dapatkan dari kandungan aduki beans tumbuk. Selain sebagai masker wajah, Lush juga dapat digunakan sebagai masker badan. Masker ini sangat praktis bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu.

Jenis masker Clay mask
Bahan aktif Kaolin,  ground aduki beans, honey, peppermint oil, vanilla absolute

4. Freeman Feeling Beautiful Deep Clearing Manuka Honey + Tea Tree Oil

4. Freeman Feeling Beautiful Deep Clearing Manuka Honey + Tea Tree Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 76.000

Cleanser dan masker jadi satu? Praktis!

Produk dari Freeman ini merupakan perawatan wajah 2 in 1 yang praktis. Produk ini dapat digunakan sebagai masker sekaligus cleanser. Jangan lewatkan produk ini ketika Anda sedang bepergian karena sangat praktis dibawa ke mana saja.

Produk ini mengandung manuka honey yang dapat melembapkan kulit kering. Selain itu, kandungan tea tree oil sudah lama dipercaya dapat mengurangi jerawat pada wajah Anda. Wajah bebas jerawat dan tetap lembap terjaga.

Jenis masker Clay mask
Bahan aktif Manuka honey, tea tree oil

3. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

3. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 80.000

Rasakan 10 manfaat dalam satu masker!

Anda memiliki alergi terhadap mineral oil? Produk ini sangat aman bagi Anda yang memiliki alergi terhadap mineral oil karena tidak mengandung bahan tersebut. Selain abu vulkanik, ada kandungan walnut shell yang membuat Anda merasakan eksfoliasi ringan ketika membilas masker ini.

Abu vulkanik tidak hanya untuk menghilangkan jerawat dan membersihkan pori, tetapi juga mengontrol sebum, menghilangkan komedo, dan mengencangkan pori. Masker ini juga memberikan cooling effect, melembutkan tekstur kulit, mencerahkan, dan meningkatkan elastisitas. Banyak sekali manfaatnya, ya!

Jenis masker Clay mask
Bahan aktif Volcanic ash, kaolin, bentonite, walnut shell

2. Aztec Secret Indian Healing Clay

2. Aztec Secret Indian Healing Clay

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Yuk, berkreasi dengan 100% bentonite clay mask!

Produk ini mengandung 100% calcium bentonite clay alami dari aktivitas gunung api. Kandungan clay dalam masker ini membantu mengeringkan jerawat, mengontrol produksi minyak, serta membersihkan pori-pori dari bakteri penyebab jerawat.

Tidak mengandung bahan tambahan membuat Anda dapat berkreasi dengan masker ini. Anda dapat mencampurkan satu sendok teh masker dengan satu sendok makan cuka apel sampai menjadi pasta. Perpaduan dengan cuka apel membuat efeknya lebih maksimal. Anda juga dapat mencampurkan masker dengan essential oil untuk memberikan efek relaksasi.

Jenis masker Clay mask
Bahan aktif Bentonite clay

1. Himalaya Herbals Purifying Neem Mask

1. Himalaya Herbals Purifying Neem Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.000

Hilangkan jerawat dan noda bekas jerawat dengan sempurna

Hal menyebalkan selain jerawat adalah noda hitam bekas jerawat. Gunakan Himalayan Herbal Purifying Neem Mask untuk menghilangkan jerawat dan noda hitam. Kandungan neem membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Neem juga berperan sebagai antibakteri untuk mengempiskan jerawat.

Jenis clay pada masker ini adalah fuller’s earth yang dapat mendinginkan serta meredakan iritasi. Masker ini juga mengandung turmeric yang berperan mencegah bakteri penyebab jerawat datang kembali. Perpaduan bahan ini membuat aroma herbalnya sangat menenangkan ketika Anda gunakan.

Jenis masker Clay mask
Bahan aktif Fuller’s earth, neem, turmeric,

Yuk, bikin masker sendiri di rumah!

Yuk, bikin masker sendiri di rumah!

Perawatan kulit berjerawat dapat dilakukan sendiri di rumah dan tentunya lebih ekonomis. Bahan-bahan yang digunakan juga alami tanpa tambahan lainnya. Bahan tersebut dapat dengan mudah Anda temui di pasar.

Ada beberapa bahan yang terbukti efektif dapat mengobati jerawat. Bahan pertama adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung asam alpha-hydroxy dan juga vitamin C yang efektif mengurangi produksi minyak berlebih serta menghilangkan jerawat. Celupkan kapas pada air perasan jeruk nipis dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Utamakan bagian wajah yang berjerawat dan berminyak. Tunggu sampai air jeruk nipis tersebut meresap dan bilas sampai bersih.

Berikutnya adalah mentimun yang kaya akan mineral. Kupas dan bersihkan mentimun dari kulitnya, potong kecil-kecil, kemudian diblender. Saring dan campurkan dengan perasan lemon. Oleskan pada wajah Anda dan tunggu selama 30 menit. Terkahir, bilas wajah dengan air hangat. Mentimun dipercaya dapat mengurangi iritasi pada kulit.

Anda juga dapat menggunakan perpaduan tomat dan alpukat. Keduanya memiliki antioksidan dan vitamin E yang dapat membantu menghilangkan jerawat membandel di wajah Anda. Hilangkan biji tomat dan haluskan tomat. Campurkan dengan alpukat yang sudah dihaluskan dan aplikasikan pada wajah serta diamkan selama 15 menit. Selanjutnya bilas masker sampai bersih.

Cuka apel juga dapat ditambahkan pada ramuan masker Anda. Cuka apel dipercaya dapat mengempiskan jerawat serta mengurangi produksi minyak berlebih. Selamat berkreasi!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan masker favorit untuk mengatasi kulit berjerawat? Masker untuk kulit berjerawat hadir dalam berbagai bentuk. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Perhatikan juga bahan aktif pada masker tersebut dan hindari masker dengan bahan berbahaya.

Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran produk yang sesuai dengan kebutuhan? Jangan lupa ucapkan selamat tinggal pada jerawat!