• 10 Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Jerawat dapat menurunkan kepercayaan diri, apalagi bila yang muncul adalah jerawat batu. Namun, kini terdapat berbagai produk untuk mengatasinya. Ada masker untuk jerawat dan komedo, masker untuk jerawat dan beruntusan, serta lainnya. Masker ini biasanya juga ampuh meredakan jerawat meradang dan menghilangkan bekas jerawat.

Nah, kami akan menjelaskan cara memilih masker untuk kulit berjerawat. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto. Kami juga telah menyiapkan sepuluh produk yang bagus dari merk ternama. Innisfree, The Ordinary, hingga masker organik Utama Spice ada di dalamnya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Firda Nurharini
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Firda N. Kusdwiharto

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Firda N. Kusdwiharto

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Airlangga ini lebih dikenal sebagai "Dokterkulit Firda". Anggota PERDOSKI dan owner Hafira Skincare Surabaya dan Bangil, Pasuruan ini sering menjadi speaker dalam organisasi profesi dan organisasi sosial.


Melalui berbagai majalah populer tanah air, dokter Firda gencar mengedukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin serta dunia estetika anti-aging. Pemilik channel YouTube bernama "Dokterkulit Firda" ini juga aktif sebagai dosen di beberapa universitas.

Apa penyebab timbulnya jerawat?

Apa penyebab timbulnya jerawat?
Jerawat pada wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Namun, tahukah Anda apa yang menyebabkan kulit berjerawat? Salah satu penyebabnya adalah produksi sebum yang berlebih pada kulit wajah. Kulit yang berminyak dapat membuat kotoran mudah menempel di wajah. Akibatnya, pori-pori menjadi tersumbat oleh kotoran. Hal itu memicu munculnya jerawat.

Pada perempuan, jerawat dapat muncul akibat perubahan hormon dalam tubuh ketika memasuki masa PMS (Premenstrual Syndrome). Namun, jangan khawatir! Jerawat seperti ini akan hilang setelah Anda selesai menstruasi.


Selain itu, jerawat juga bisa timbul karena stres. Saat Anda stres, terjadi ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Kondisi seperti ini bisa memperbesar peluang munculnya jerawat di kulit wajah.


Kebiasaan yang salah dalam mencuci muka juga dapat merangsang munculnya jerawat. Begitu pula jika Anda terlalu sering mencuci muka. Proses pencucian muka yang berlebihan dapat mengurangi minyak alami kulit sehingga membuat kulit lebih kering. Akibatnya, kulit justru memproduksi minyak secara berlebih agar tidak kering lagi. Nah, produksi minyak yang berlebih itu pada akhirnya malah membuat jerawat mudah muncul.


Selain itu, kebersihan benda-benda yang kerap bersentuhan dengan kulit wajah juga tidak boleh diabaikan. Rambut, handphone, dan tangan merupakan beberapa hal yang rentan kotor dan membawa bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, pemakaian kosmetik, hair spray, dan minyak rambut ternyata juga berpotensi menimbulkan jerawat, lho.


Saat jerawat mulai muncul, Anda harus menggunakan produk perawatan khusus untuk kulit berjerawat. Silakan gunakan obat jerawat secara berkala, serta pakai pencuci wajah yang lembut di kulit. Setelah itu, jangan lupakan mengenai penggunaan masker. Masker wajah yang tepat dapat membantu mengeringkan jerawat Anda


Di sisi lain, hindari memencet jerawat karena akan merusak jaringan kulit. Selain itu, jika sedang berjerawat, usahakan untuk tidak menggunakan scrub. Hal tersebut berisiko membuat jerawat pecah sehingga kulit menjadi iritasi.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Jerawat atau Acne vulgaris disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, pada prinsipnya terdapat empat mekanisme yaitu:


  1. Hiperkeratinisasi folikuler
  2. Peningkatan produksi sebum atau minyak
  3. Reaksi radang atau inflamasi
  4. Peningkatan aktivitas bakteri Propionibacterium acnes

Terdapat pula faktor risiko yang menyebabkan peningkatan empat hal di atas. Contohnya seperti hormon, stres, makanan, kosmetik, genetik, dan pengaruh obat-obatan seperti pemakaian steroid yang tidak tepat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker terbaik untuk kulit berjerawat

Penggunaan masker dapat membantu mengatasi kulit berjerawat. Namun, Anda tidak bisa menggunakan sembarang masker. Supaya tidak salah dalam memilih produk, mari simak penjelasan kami dengan saksama!

Pilih berdasarkan jenis masker

Sama seperti masker wajah pada umumnya, masker untuk kulit berjerawat juga dibagi menjadi berbagai jenis. Clay mask, sheet mask, sleeping mask, exfoliating mask, hingga mud mask adalah beberapa contohnya. Di bawah ini kami akan menjelaskan keunggulan tiap-tiap masker untuk kulit berjerawat yang bisa Anda pilih.

Clay mask: Mengontrol produksi minyak sekaligus membersihkan secara menyeluruh

Clay mask: Mengontrol produksi minyak sekaligus membersihkan secara menyeluruh
Clay mask merupakan jenis masker paling populer untuk kulit berminyak dan berjerawat. Clay mask memanfaatkan tanah liat yang kaya akan kandungan mineral sebagai bahan dasarnya. Tidak heran jika jenis masker ini ampuh menyerap kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Hasilnya, pori-pori wajah akan tampak lebih bersih dan bebas sumbatan.
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Clay mask mengandung mineral seperti kaolin atau bentonit yang berfungsi untuk membersihkan (scrub) dan mengurangi produksi minyak pada wajah. Clay sendiri terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda, contohnya:

  • Clay bentonit atau abu vulkanis: Clay ini memiliki kemampuan untuk menyerap minyak yang sangat kuat. Kedua kemampuan tersebut cocok untuk tipe kulit normal hingga yang sangat berminyak.
  • Kaolin atau white clayJenis ini memiliki efek cleansing yang ringan dan kekuatan serap yang tidak terlalu tinggi. Sehingga cocok untuk kulit sensitif dan kulit kering.
  • Green clay (French atau Zeolite): Green clay dapat digunakan untuk detoks dan healing. Clay jenis ini cocok untuk tipe kulit normal hingga berminyak, kombinasi, dan acne-prone.
  • Rose atau pink clayClay jenis ini dapat digunakan untuk tipe kulit kering (dry skin).

Sheet mask: Mudah digunakan, serta memiliki kelembapan ekstra

Sheet mask: Mudah digunakan, serta memiliki kelembapan ekstra
Sheet mask merupakan masker dalam bentuk lembaran. Masker ini telah diperkaya serum. Oleh karena itu, sheet mask cocok untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat dan cenderung kering. Jenis masker ini paling praktis digunakan karena Anda tidak perlu repot membilasnya dengan air. Cukup tempelkan pada wajah, tunggu beberapa menit, lalu Anda bisa melepasnya. 
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Sheet mask adalah jenis masker yang paling banyak beredar di masyarakat. Selain memberikan kelembapan, sheet mask juga sangat mudah digunakan. 


Ada berbagai manfaat sheet mask yang dipercaya memberi efek positif untuk kecantikan kulit wajah. Manfaat tersebut antara lain adalah mengencangkan kulit, mencegah timbulnya jerawat, hingga menyamarkan garis-garis halus pada wajah. 


Manfaat utama sheet mask adalah melembapkan kulit wajah secara intensif. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam hyaluronate, ceramide, dan antioksidan yang paling banyak terdapat pada sheet mask.

Sleeping mask: Menutrisi kulit saat Anda tidur malam

Sleeping mask: Menutrisi kulit saat Anda tidur malam
Sesuai namanya, sleeping mask berfungsi untuk menutrisi kulit pada malam hari saat Anda tidur. Masker ini membuat wajah Anda terasa segar dan sehat saat bangun pagi. Dengan begitu, Anda lebih siap untuk menjalani aktivitas. Sama seperti sheet mask, sleeping mask juga direkomendasikan untuk kulit yang cenderung kering.
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Berbeda dengan masker lainnya, sleeping mask dapat digunakan satu malam penuh dan harus dibersihkan di pagi hari. Sleeping mask sebaiknya digunakan satu sampai dua kali seminggu. Fungsi utama sleeping mask yaitu untuk menjaga kelembapan kulit saat tidur. 


Pilih sleeping mask yang mengandung ceramide dan hyaluronic acid untuk sekaligus meremajakan kulit. Namun, jika kulit Anda sensitif, sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit sebelum memakai sleeping mask.

Exfoliating mask: Kikis kotoran dan sel kulit mati dengan lembut

Exfoliating mask: Kikis kotoran dan sel kulit mati dengan lembut

Meski tidak disarankan memakai scrub, bukan berarti Anda harus membiarkan sel kulit mati menempel pada wajah yang berjerawat. Untungnya, ada exfoliating mask yang dapat mengatasi hal ini. Exfoliating mask bekerja mengangkat kotoran dan kulit mati dengan butiran scrub yang lebih lembut dan alami. Jadi, kulit berjerawat Anda akan bersih tanpa mengalami luka atau iritasi.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Jenis masker ini perlu perhatian bila digunakan pada kulit sensitif karena mudah memicu iritasi. Jenis masker wajah ini diformulasikan untuk mengangkat sel kulit mati dengan bahan aktif untuk eksfoliasi. Bahan aktif tersebut bisa berasal dari bahan kimia atau bahan alami. 


Exfoliator bahan kimia meliputi AHA, BHA, retinol, dan asam laktat. Sementara itu, exfoliator alami biasanya mengandung butiran scrub yang berasal dari kopi, gula, atau gandum.

Mud mask: Melembapkan kulit dengan lumpur abu vulkanis

Mud mask: Melembapkan kulit dengan lumpur abu vulkanis

Mud mask memanfaatkan lumpur abu vulkanis atau lumpur laut sebagai bahan dasarnya. Oleh karenanya, masker jenis ini mengandung lebih banyak air dan mineral. Meski terlihat mirip dengan clay mask, sebenarnya kedua masker ini sangat berbeda. 


Clay mask bekerja dengan menyerap minyak, sedangkan mud mask justru memberikan kelembapan pada wajah. Dengan begitu, masker ini dapat digunakan oleh berbagai jenis kulit.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Lumpur abu vulkanis merupakan bahan aktif dari mud mask yang mengadung banyak mineral. Secara sekilas, mud mask mirip dengan clay mask. Akan tetapi, mud mask memiliki kandungan air lebih banyak sehingga mampu menghidrasi kulit lebih baik. Oleh karena itu, masker jenis ini cocok untuk semua jenis kulit.

Perhatikan kandungan bahan aktifnya

Perhatikan kandungan bahan aktifnya
Masker untuk kulit berjerawat biasanya mengandung bahan-bahan khusus yang dapat meredakan iritasi, serta mengempiskan jerawat. Tea tree oil, salicylic acid, dan niacinamide merupakan beberapa contoh bahan kandungan tersebut. Selain itu, ada pula masker yang memanfaatkan kaolin untuk mengeringkan jerawat.

Di samping untuk mengatasi jerawat, biasanya masker juga diperkaya bahan lain yang bermanfaat bagi kulit. Beberapa produk diperkaya dengan madu yang berfungsi sebagai antimikroba dan pelembap kulit. Ada juga yang mengandung ekstrak buah-buahan yang kaya akan antioksidan.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Komposisi bahan aktif masker dan fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Exfoliant: untuk mengangkat lapisan sel kulit mati, seperti alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA).
  • Moisturizer: untuk melembapkan kulit. Contohnya glycerin, propylene glycol, jojoba oil, dan marula oil.
  • Vitamin: sebagai antioksidan untuk proteksi kulit dan mencegah penuaan dini. Contohnya vitamin A, vitamin C (L-ascorbic acid), vitamin E (tocopherol), vitamin B3 (niacinamide).
  • Bahan pencerah atau brightening: untuk mencerahkan kulit. Beberapa contohnya seperti vitamin C dan E, azelaic acid, kojic acid, dan golongan retinoid.
  • Protein: untuk meremajakan atau rejuvenasi dan menguatkan pertahanan kulit. Beberapa contohnya seperti kolagen dan epidermal growth factor (EGF) yang memiliki fungsi kekebalan dan pengaturan diri. Kedua fungsi tersebut dapat mempercepat metabolisme susunan lapisan kulit dan menghidupkan sel-sel mati dan rusak.
  • Bahan alami: fungsinya bermacam-macam berdasarkan bahan-bahan yang terkandung. Seperti Aloe vera untuk melembapkan dan menjaga elastisitas kulit, green tea dan red rice bran sebagai antioksidan, serta parsley untuk mengontrol minyak.
  • Madu: sebagai pelembap, antioksidan, dan antibakterial.
  • Coenzyme Q10 (Ubiquinone): untuk stimulasi proses skin repairing dan mencegah penuaan dini.

Hindari masker yang mengandung bahan berbahaya

Hindari masker yang mengandung bahan berbahaya
Sama seperti produk skincare lainnya, beberapa produk masker juga mengandung bahan yang kurang baik bagi kulit. Jika kulit wajah Anda tak hanya berjerawat, tetapi juga sensitif, hindarilah bahan-bahan tersebut. Sebisa mungkin, pilihlah masker organik yang bahan kandungannya ramah untuk kulit.

Beberapa bahan kandungan yang sebaiknya dihindari adalah paraben, phenoxyethanol, hydroquinone, dan polyethylene glycol. Bahan-bahan tersebut berisiko mengiritasi kulit, membuat kulit kering dan mengalami hiperpigmentasi, bahkan memicu kanker.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Saat memilih produk masker, perhatikan ada tidaknya kandungan zat berbahaya dalam produk tersebut. Beberapa zat berbahaya tersebut antara lain paraben, phthalate esters, artificial fragrances, dan dyes yang dapat merusak kulit.


Paraben adalah bahan pengawet kimia yang teridentifikasi sebagai estrogenik dan mengganggu fungsi hormon normal. Phthalates juga dikenal sebagai bahan kimia peniru hormon yang mengganggu proses hormonal normal. Selain itu, phthalates dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

10 Rekomendasi masker terbaik untuk kulit berjerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker terbaik untuk kulit berjerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Firda N. Kusdwiharto.

10
JenisSheet mask
Bahan aktifTea tree leaf oil
Isi23 ml
9

InnisfreeGreen Barley Gommage Peeling Mask

Mulai dari Rp 120.000,00

JenisExfoliating mask
Bahan aktifGreen barley vinegar, cellulose, salycilic acid, glycolic acid, rice extract
Isi120 ml
8

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Facial Mask

Mulai dari Rp 120.000,00

JenisClay mask
Bahan aktifKaolin, charcoal, tea tree leaf oil, lemon peel oil, sunflower seed oil, Centella asiatica extract, peppermint oil, Averrhoa carambola fruit extract
Isi60 ml
7

Freeman BeautyDeep Clearing Manuka Honey + Tea Tree Oil

Mulai dari Rp 96.800,00

JenisClay mask
Bahan aktifManuka honey, tea tree oil, kaolin
Isi175 ml
6
JenisClay mask
Bahan aktif100% pure volcanic clay
Isi30 gr
5

AmorepacificLaneige Cica Sleeping Mask

Mulai dari Rp 450.000,00

JenisSleeping mask
Bahan aktifSqualane, shea butter, tea tree leaf oil, forest yeast
Isi60 ml
4
JenisClay mask
Bahan aktifKaolin, ground aduki beans, honey, peppermint oil, vanilla absolute
Isi125 gr
3

Dr. Jart+Dermask Micro Jet Clearing Solution

Mulai dari Rp 69.000,00

JenisSheet mask
Bahan aktifGlutathione, niacinamide, salicylic acid, tea tree leaf oil
Isi27 gr
2

The OrdinarySalicylic Acid 2% Masque

Mulai dari Rp 250.000,00

JenisClay mask
Bahan aktifSalicylic acid, vegetable chacoal, Amazonian clay, squalane
Isi50 ml
1

GlamglowSupermud Instant Clearing Treatment Mask

Mulai dari Rp 1.095.000,00

JenisMud mask
Bahan aktifKaolin, eucalyptus globulus leaf, mandelic acid, tartaric acid, pyruvic acid, lactic acid, salicylic acid, glycolic acid
Isi50 gr

Tabel perbandingan produk masker terbaik untuk kulit berjerawat

Gambar produk
1
Glamglow Supermud Instant Clearing Treatment Mask 1

Glamglow

2
The Ordinary Salicylic Acid 2% Masque 1

The Ordinary

3
Dr. Jart+ Dermask Micro Jet Clearing Solution 1

Dr. Jart+

4
Lush Mask of Magnaminty 1

Lush

5
Amorepacific Laneige Cica Sleeping Mask 1

Amorepacific

6
Utama Spice Face and Body Clay 1

Utama Spice

7
Freeman Beauty Deep Clearing Manuka Honey + Tea Tree Oil 1

Freeman Beauty

8
Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Mask 1

Sensatia Botanicals

9
Innisfree Green Barley Gommage Peeling Mask 1

Innisfree

10
Nature Republic Real Nature Tea Tree Mask Sheet 1

Nature Republic

Nama produk

Supermud Instant Clearing Treatment Mask

Salicylic Acid 2% Masque

Dermask Micro Jet Clearing Solution

Mask of Magnaminty

Laneige Cica Sleeping Mask

Face and Body Clay

Deep Clearing Manuka Honey + Tea Tree Oil

Tea Tree & Lemon Facial Mask

Green Barley Gommage Peeling Mask

Real Nature Tea Tree Mask Sheet

Keunggulan

Serap segala jenis kotoran dan racun dari kulit wajah

Kandungan salicylic acid terbanyak! Efektif ratakan tekstur kulit

Meratakan sekaligus mencerahkan warna kulit

Wajah berjerawat jadi terasa lebih adem

Perkuat lapisan pelindung kulit saat Anda tidur malam

Penggunaan 100% bahan alami untuk atasi jerawat

Cleanser dan masker jadi satu. Praktis!

Tenangkan jerawat meradang pada kulit

Tingkatkan kecepatan regenerasi kulit

Sheet mask dengan esens berlimpah

Harga mulai dariRp 1.095.000,00Rp 250.000,00Rp 69.000,00Rp 200.000,00Rp 450.000,00Rp 31.000,00Rp 96.800,00Rp 120.000,00Rp 120.000,00Rp 18.000,00
JenisMud maskClay maskSheet maskClay maskSleeping maskClay maskClay maskClay maskExfoliating maskSheet mask
Bahan aktifKaolin, eucalyptus globulus leaf, mandelic acid, tartaric acid, pyruvic acid, lactic acid, salicylic acid, glycolic acidSalicylic acid, vegetable chacoal, Amazonian clay, squalaneGlutathione, niacinamide, salicylic acid, tea tree leaf oilKaolin, ground aduki beans, honey, peppermint oil, vanilla absoluteSqualane, shea butter, tea tree leaf oil, forest yeast100% pure volcanic clayManuka honey, tea tree oil, kaolinKaolin, charcoal, tea tree leaf oil, lemon peel oil, sunflower seed oil, Centella asiatica extract, peppermint oil, Averrhoa carambola fruit extractGreen barley vinegar, cellulose, salycilic acid, glycolic acid, rice extractTea tree leaf oil
Isi50 gr50 ml27 gr125 gr60 ml30 gr175 ml60 ml120 ml23 ml
Tautan produk

Yuk, bikin masker sendiri di rumah!

Yuk, bikin masker sendiri di rumah!

Sebenarnya, perawatan kulit berjerawat dapat dilakukan sendiri di rumah. Tentu lebih ekonomis, ya. Anda bahkan bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di pasar.


Ada beberapa bahan yang terbukti ampuh mengobati jerawat, salah satunya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung asam alpha-hydroxy dan vitamin C yang efektif mengurangi produksi minyak berlebih, serta menghilangkan jerawat. 


Celupkan kapas pada air perasan jeruk nipis, lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Utamakan bagian wajah yang berjerawat dan berminyak. Tunggu sampai air jeruk nipis tersebut meresap, lalu bilas sampai bersih.


Berikutnya, Anda bisa memanfaatkan mentimun yang kaya akan mineral, serta dipercaya dapat mengurangi iritasi pada kulit. Kupas dan bersihkan mentimun dari kulitnya, potong kecil-kecil, kemudian haluskan dengan blender. Saring dan campurkan dengan perasan lemon. Oleskan pada wajah, lalu tunggu selama tiga puluh menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat.


Perpaduan tomat dan alpukat juga sangat baik bagi kulit berjerawat. Keduanya memiliki antioksidan dan vitamin E yang dapat membantu menghilangkan jerawat membandel di wajah Anda. Hilangkan biji tomat, lalu haluskan tomat. Campurkan dengan alpukat yang sudah dihaluskan, kemudian aplikasikan pada wajah serta diamkan selama lima belas menit. Selanjutnya, bilas masker sampai bersih.


Cuka apel juga dapat ditambahkan pada ramuan masker karena dapat mengempiskan jerawat, serta mengurangi produksi minyak berlebih. Selamat berkreasi!

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Anda bisa membuat masker sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami di sekitar kita seperti tomat, bengkuang, dan lain-lain. Yang penting pemakaian masker alami tidak boleh setiap hari. Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik karena akan membuat kulit menjadi kering.

Baca juga rekomendasi perawatan wajah lainnya untuk kulit berjerawat di sini

Untuk mengatasi kulit berjerawat, Anda tidak bisa hanya bergantung pada masker saja. Oleh sebab itu, kami telah menyajikan beberapa artikel yang membahas tentang produk perawatan lain untuk kulit berjerawat. Sabun cuci muka, pelembap, face emulsion, hingga sunscreen ada dalam pembahasan kami. Jika Anda tertarik, segera kunjungi artikel-artikel kami di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Memiliki kulit berjerawat bukan berarti Anda harus menghindari penggunaan masker. Terlebih, saat ini telah banyak masker yang ditujukan khusus untuk mengatasi jerawat. Anda hanya perlu mengetahui kebutuhan kulit Anda agar dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan bekas jerawat.


Bagaimana tanggapan Anda tentang artikel masker untuk kulit berjerawat kali ini? Semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa menentukan produk yang paling sesuai. Selamat memilih dan segera ucapkan selamat tinggal pada jerawat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Citra Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Citra Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Citra merupakan merk produk perawatan kulit yang menggunakan bahan alami seperti bengkuang dan teh hijau. Bahan-bahan tersebut bagus untuk membantu memutihkan wajah, mengatasi wajah kusam, bahkan menghilangkan jerawat dan bekasnya. Varian produk Citra juga cukup lengkap, mulai dari body lotion hingga sheet mask.Citra Fresh Glow Multifunction Gel dan Citra Glow Recipe Sheet Mask merupakan beberapa contoh produk terbaru dari Citra. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda mengenal produk Citra lebih jauh. Kami akan memberikan tips memilih produk Citra dan memaparkan review produk terbaiknya. Mari kita mulai pembahasannya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori