10 Rekomendasi Kikir Kuku Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kikir Kuku Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Perawatan kuku bayi adalah hal yang harus segera dilakukan setelah bayi lahir. Namun, banyak ibu khawatir menggunakan gunting kuku karena kuku jari bayi masih begitu kecil. Itulah sebabnya Anda memerlukan kikir kuku yang bisa merapikan dan menghaluskan ujung kuku bayi. 

Ada dua jenis kikir kuku bayi yang bisa Anda gunakan yaitu kikir kuku elektrik dan kikir kuku manual. Berikut ini kami akan membahas sepuluh urutan kikir kuku terbaik, seperti Oonew, Chicco, Baby Safe, dan Zo-li. Pilihlah kikir kuku yang sesuai dan ramah untuk bayi demi memperlancar perawatan Anda.

Daftar isi

Alasan Anda memerlukan kikir kuku untuk bayi

Alasan Anda memerlukan kikir kuku untuk bayi

Sebagian orang merasa bahwa penggunaan gunting kuku sudah cukup untuk merawat kuku bayi. Padahal, setelah dipotong, bagian ujung kuku biasanya menjadi kasar dan agak tajam. Bagian tajam tersebut bisa saja menimbulkan luka ketika bayi sedang menggaruk wajahnya.

Untuk itu, Anda sebaiknya juga menggunakan kikir kuku untuk merawat kuku bayi. Cara menggunakan kikir kuku adalah menggosokannya ke kuku dengan arah tertentu agar ujung kuku yang sudah dipotong menjadi halus. Dengan demikian, kulit wajah bayi tidak akan terluka walau tidak sengaja tergaruk.

Kikir kuku bayi juga disarankan untuk para ibu yang takut memotong kuku bayinya. Dengan kikir kuku bayi, Anda dapat memendekkan kuku tanpa khawatir akan terlalu dalam atau terlalu banyak memotong. Bahkan jika Anda kesulitan memindahkan bayi atau khawatir mengganggu tidurnya saat memotong kuku, Anda tetap bisa merapikan kukunya dengan aman dan tenang.

Cara memilih kikir kuku bayi

Sebelum memilih kikir kuku untuk bayi Anda, simaklah terlebih dahulu tips dari kami agar Anda bisa menemukan produk terbaik.

Kikir kuku elektrik atau manual? Pilihlah yang sesuai kebutuhan

Ada dua tipe kikir kuku bayi yaitu elektrik dan manual. Kikir kuku elektrik biasanya lebih mudah digunakan, tetapi yang manual memiliki harga relatif lebih murah. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di bawah ini, kami akan menjelaskannya.

Kikir kuku elektrik: merapikan kuku menjadi lebih mudah, hanya dengan satu sentuhan

Kikir kuku elektrik: merapikan kuku menjadi lebih mudah, hanya dengan satu sentuhan

Kikir kuku elektrik terdiri dari beberapa jenis, ada yang hanya memiliki satu macam bantalan kikir, ada pula yang dijual satu set. Dalam setiap set, terdapat beberapa macam bantalan kikir. Anda tinggal mengganti bantalan kikir yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk menggunakannya, Anda cukup menekan satu tombol. Nyaman dan mudah bagi Anda yang tidak ingin menggunakan gunting kuku.

Namun, kikir kuku elektrik biasanya menghasilkan getaran dan suara. Jadi, berhati-hatilah menggunakannya ketika bayi sedang tidur supaya dia tidak terbangun. Akan baik juga jika Anda memiliki tipe elektrik dan manual untuk dipakai bergantian. Saat bayi tertidur, gunakan tipe manual, sebaliknya pakailah tipe elektrik ketika dia sedang tidak tidur.

Kikir kuku manual: untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan kikir kuku bayi

Kikir kuku manual: untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan kikir kuku bayi

Namun, beberapa orang mungkin tidak nyaman memakai kikir elektrik yang terdiri dari banyak bantalan karena bingung harus menggunakan yang mana. Harganya pun relatif lebih mahal. Jika Anda juga berpikir demikian, Anda dapat menggunakan kikir kuku manual karena lebih compact dan harganya lebih murah. Akan tetapi, karena tipe manual hanya memiliki satu bantalan kikir, pilihlah produk yang memang dirancang untuk bayi.

Selain itu, kikir kuku bayi tipe manual juga kerap digunakan dengan gunting kuku. Pertama, kuku bayi dipotong dengan gunting kuku. Setelahnya, bagian ujung kuku dirapikan dengan kikir kuku supaya tidak tajam.

Sesuaikan kekasaran kikir dengan kondisi kuku dan usia bayi

Sesuaikan kekasaran kikir dengan kondisi kuku dan usia bayi

Untuk mengikir kuku bayi yang masih kecil dan kukunya masih sangat lembut, Anda sebaiknya menggunakan bantalan kikir yang lebih halus supaya tetap aman dalam pengaplikasiannya.

Namun, seiring bayi Anda tumbuh besar, kukunya pasti akan semakin keras. Pada saat itu, Anda akan membutuhkan dua model kikir yaitu yang kasar dan halus.

Cara menggunakannya, pertama-tama bentuk kuku dengan kikir kasar. Setelah itu, rapikan ujung kuku dengan kikir halus supaya tidak tajam dan lebih bersih. Karena itu, jika Anda memiliki produk yang terdiri dari beberapa model bantalan kikir, Anda bisa menggunakannya untuk waktu yang lama.

Anda juga bisa membeli manicure set, lengkap dengan guntingnya

Anda juga bisa membeli manicure set, lengkap dengan guntingnya

Di antara berbagai macam produk kikir kuku bayi, terdapat pula manicure set yang dalam satu wadah berisi gunting kuku, kikir, dan pinset. Manicure set ini ideal untuk Anda yang ingin mendapatkan perawatan kuku menyeluruh dalam satu rangkaian.

Biasanya, manicure set ini tersimpan dalam sebuah wadah yang tertata rapi dan mudah disimpan. Namun, mungkin saja ada peralatan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Jadi, sebelum memutuskan membeli, perhatikan dahulu apakah isinya sesuai dengan kebutuhan Anda dan apakah semua alat dalam manicure set tersebut akan terpakai.

Untuk digunakan di ruangan gelap, pilihlah kikir kuku yang dilengkapi lampu

Untuk digunakan di ruangan gelap, pilihlah kikir kuku yang dilengkapi lampu

Jika bayi Anda sangat aktif, mungkin akan lebih mudah merawat kukunya ketika dia sedang tertidur. Untuk merawat kuku bayi yang sedang tidur di ruangan gelap, sebaiknya Anda menggunakan kikir kuku eletrik yang dilengkapi dengan lampu.

Beberapa bayi juga lebih nyenyak ketika sedang tidur malam di ruang gelap dibandingkan tidur siang. Karena itu, cahaya lampu dari kikir kuku akan sangat mempermudah Anda. Cahaya tersebut hanya menerangi bagian tangan bayi sehingga tidak akan mengganggu tidurnya.

Selain itu, jika Anda akan membersihkan kukunya di ruangan yang terang, penggunaan lampu di kikir elektrik tetap sangat berguna. Ujung jari si kecil terlihat lebih jelas sehingga proses perawatan kukunya makin aman. Jadi, jika ingin membeli kikir kuku elektrik, sebaiknya pertimbangkan pula fitur cahaya lampu ini.

10 Rekomendasi kikir kuku bayi terbaik 

Berikut ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kikir kuku bayi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bacalah satu per satu. Siapa tahu, salah satu di antaranya adalah yang Anda butuhkan.

10. Emery Board Motif Ayam

10. Emery Board Motif Ayam

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.000

Papan kikir lucu dengan harga ekonomis

Dengan motifnya yang lucu, papan kikir berwarna kuning cerah ini akan disukai oleh anak-anak. Selain itu, materialnya juga ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Harganya pun relatif lebih ekonomis, lho. Cocok untuk Anda yang ingin trial menggunakan kikir kuku bayi.

Tipe Manual
Jumlah bantalan kikir 1 bantalan
Fitur tambahan

9. Béaba Electric Nail File

9. Béaba Electric Nail File

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 144.000

Dilengkapi penutup bantalan kikir sehingga aman dari gesekan benda lain

Bantalan kikir adalah kunci utama dalam memilih kikir kuku elektrik untuk bayi. Karena itu, Béaba Electric Nail File sudah dilengkapi dengan penutup bantalan yang akan melindungi bantalan kikir dari gesekan benda lain. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir bantalan kikirnya akan mudah rusak.

Tipe Elektrik
Jumlah bantalan kikir 3 bantalan
Fitur tambahan Penutup bantalan, 2 kecepatan rotasi

8. Tweezerman Baby Nail Clipper with Bear File

8. Tweezerman Baby Nail Clipper with Bear File

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 80.000

Dua tahap perawatan untuk kuku yang lebih bersih

Kuku bayi semakin lama akan semakin keras sehingga bayi Anda tidak hanya membutuhkan kikir saja, melainkan juga nail clipper. Untuk itu, cobalah produk ini. Anda bisa melakukan memotong kukunya lebih dahulu dengan nail clipper, lalu merapikan ujungnya dengan kikir supaya tidak tajam.

Tweezerman Baby Nail Clipper with Bear File terbuat dari bahan yang lembut, tetapi tetap dapat menghaluskan tepian kuku. Sementara, nail clipper-nya dirancang dengan handel yang pas dan nyaman agar memudahkan Anda dalam memotong kuku bayi. Anda dapat lebih percaya diri merawat kuku si kecil tanpa khawatir membuatnyta terluka.

Tipe Manual
Jumlah bantalan kikir 1 bantalan
Fitur tambahan

7. OONEW Nail Trimmer Set for Baby and Adult

7. OONEW Nail Trimmer Set for Baby and Adult

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 242.500

Kikir kuku untuk bayi dan ibu

Tidak hanya bayi saja yang membutuhkan perawatan kuku. Orang dewasa juga memerlukannya agar kuku selalu sehat dan terlihat cantik. Oleh sebab itu, beberapa orang mencari kikir kuku yang bisa dipakai bersama, seperti OONEW Nail Trimmer Set for Baby and Adult ini contohnya.

Bantalan kikirnya cukup lengkap, sebagian ditujukan untuk bayi, sebagian lainnya untuk dewasa. Anda bisa menggantinya sesuai kebutuhan. Jadi, baik kuku Anda maupun bayi sama-sama bersih dan terawat dengan baik.

Tipe Elektrik
Jumlah bantalan kikir 6 bantalan (3 untuk anak, 3 untuk dewasa)
Fitur tambahan 2 mode kecepatan, 2 arah rotasi

6. LollaBaby Nail Trimmer Manicure Set

6. Lollababy Nail Trimmer Manicure Set

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 480.000

Mengikir kuku bayi di tengah gelap? Tentu bisa!

Bagi Anda yang memilih untuk mengikir kuku bayi ketika mereka sedang tidur di ruangan gelap, produk ini cocok untuk Anda. Dilengkapi dengan senter LED, produk ini akan membantu Anda memberi pencahayaan yang cukup sehingga bisa mengikir kuku dengan tepat. Kuku bayi bersih, tidurnya pun tidak terganggu.

Tipe Elektrik
Jumlah bantalan kikir 6 bantalan (3 untuk anak, 3 untuk dewasa)
Fitur tambahan Low noise, lampu LED, 2 mode kecepatan, 2 arah rotasi

5. Kandila Baby’s Electric Manicure Set Nail Trimmer

5. Kandila Baby’s Electric Manicure Set Nail Trimmer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 115.000

Bayi Anda sensitif terhadap suara? Tenang saja, ada produk ini

Selain cahaya, tidur bayi juga bisa terganggu oleh suara bising. Nah, hal tersebut bisa diatasi oleh produk ini. Kandila Baby’s Electric Manicure Set Nail Trimmer memiliki mesin dengan suara yang ultra quiet sehingga tidak akan mengganggu tidur bayi. Anda bisa dengan leluasa merapikan kukunya.

Tipe Elektrik
Jumlah bantalan kikir 6 bantalan (3 untuk anak, 3 untuk dewasa)
Fitur tambahan Ultra quite, lampu LED, 2 mode kecepatan, 2 arah rotasi

4. Baby Blue Giraffe Baby Nail File

4. Baby Blue Giraffe Baby Nail File

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 228.000

Bisa dicuci dan dipakai lagi

Anda membutuhkan kikir kuku yang bisa dibersihkan hingga tidak ada sisa kotoran yang melekat di kikir? Jika ya, Anda bisa mencoba kikir kuku manual Baby Blue Giraffe. Papan kikir ini terbuat dari logam Ceko berkualitas sehingga Anda bisa mencucinya dengan air tanpa merusaknya.

Meski demikian, kikir kuku ini tidak mengandung zat timbal yang berbahaya untuk bayi. Selesai dipakai, Anda tinggal mencucinya bersih dengan air, lalu dikeringkan. Praktis dan tidak merepotkan. Tingkat kekasaran kikirnya pun sudah disesuaikan untuk kuku bayi.

Tipe Manual
Jumlah bantalan kikir 2 bantalan
Fitur tambahan

3. Zo-li Buzz B

3. Zo-li Buzz B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukapalak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 625.000

Bantalan kikir yang aman untuk kuku si kecil

Zo-li Buzz B Electric Nail Trim adalah kikir kuku bayi elektrik yang bantalannya dirancang khusus untuk kuku bayi dan balita. Tidak hanya lembut, tetapi materialnya juga sangat aman untuk bayi. Untuk Anda yang mengutamakan faktor keamanan untuk bayi Anda, produk ini dapat menjadi pilihan tepat.

Tipe Elektrik
Jumlah bantalan kikir 4 bantalan
Fitur tambahan BPA free

2. Baby Safe Manicure Set 103

2. Baby Safe Manicure Set 103

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Perlengkapan komplet dalam wadah tertutup

Karena warnanya yang menarik, sering kali anak-anak tertarik untuk memainkan manicure set mereka. Padahal, alat-alat ini cukup berbahaya. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan wadah yang aman untuk menyimpan perangkat manicure set.

Baby Safe Manicure Set menawarkan wadah yang aman. Semua peralatan yang Anda butuhkan ada di produk ini, mulai dari gunting kuku dengan ujung yang bulat, nail clipper, kikir, hingga pinset kuku. Empat peralatan dalam satu wadah tertutup yang tetap aman walau dijangkau oleh anak-anak.

Tipe Manual
Jumlah bantalan kikir 1 bantalan
Fitur tambahan Gunting kuku, nail clipper, pinset kuku

1. Chicco Happy Hands Manicure Set


1. Chicco Happy Hands Manicure Set 

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 117.000

Perawatan lengkap dalam satu tas

Chicco Happy Hands Manicure Set memberikan perawatan kuku bayi yang sangat lengkap. Ada gunting kuku lengkung, nail clipper anti-slip, dan enam kikir kuku. Bukan itu saja, Anda juga mendapatkan sikat berbahan nilon lembut yang bersifat antialergi untuk membersihkan kuku bayi.

Anda tidak perlu bingung mengenai cara menyimpannya semua peralatan tersebut. Semua produk perawatan kuku ini dikemas dalam satu tas kecil sehingga tidak mudah tercecer dan praktis dibawa bepergian. Jadi, ketika sedang jalan-jalan pun, Anda tetap bisa merawat kuku bayi Anda.

Tipe Manual
Jumlah bantalan kikir 6 bantalan
Fitur tambahan Nail clipper, gunting kuku, sikat kuku

Tips menggunakan kikir kuku bayi

Kuku bayi masih sangat tipis dan lembut, jadi berhati-hatilah saat mengaplikasikan kikir kuku. Untuk kikir kuku manual, gosokkan kikir dengan kemiringan sekitar  60 derajat, lalu gerakkan perlahan ke atas dan ke bawah. Bukan ke kiri dan ke kanan karena hal itu justru akan melukai kuku kecilnya.

Untuk kikir kuku elektrik, jauh lebih mudah lagi. Anda tinggal menempelkannya di kuku dan menyalakan alatnya, lalu kikir kuku akan bekerja memutar sampai bersih.

Anda bisa mengikir kuku bayi setelah si kecil mandi. Setelah mandi, kuku bayi menjadi lebih lunak sehingga mudah dipotong dan dikikir. Akan tetapi, ingatlah untuk berhati-hati agar tidak memotong atau mengikir kuku hingga terlalu pendek.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bayi lainnya di sini!

Kikir kuku bayi digunakan saat si kecil masih bayi dan kuku-kukunya masih sangat lembut. Namun, pada saatnya nanti Anda akan membutuhkan gunting kuku bayi jika kukunya semakin panjang. Selain itu, mungkin Anda juga membutuhkan rekomendasi kikir kuku dewasa. Kami telah menyediakan artikelnya bagi Anda. Anda bisa membacanya di link ini.

Kesimpulan

Kikir kuku bayi adalah salah satu peralatan penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bayi. Oleh karena itu, Anda harus memilih dengan jeli dan hati-hati. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan mudah diaplikasikan di kuku bayi.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa lebih mudah dan tepat dalam memilih kikir kuku terbaik untuk si kecil kesayangan, ya.