10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.

Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.

Daftar isi

Cara memilih piano digital

Sebenarnya apa saja yang harus diperhatikan sewaktu memilih piano digital? Berikut adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan sewaktu memilih piano digital. Semoga bermanfaat.

Pilih kisaran harga yang sesuai

Pilih kisaran harga yang sesuai

Harga piano digital bervariasi, tergantung dari keunggulan dan fungsinya. Terdapat piano digital yang mempunyai suara yang sangat menyerupai suara piano akustik. Terdapat juga piano digital yang mempunyai banyak fungsi, seperti fungsi recording, variasi berbagai suara alat musik, dan sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan Anda.

Apabila Anda adalah seorang musisi atau profesional dalam bidang piano, meskipun harganya agak mahal, piano digital yang memiliki touch dan suara persis dengan grand piano akustik adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Apabila Anda adalah seorang pianis pemula dan hanya ingin mencoba pengalaman baru, pilihlah piano digital dengan harga yang lebih terjangkau. Pilihlah kisaran harga yang sesuai dengan budget dan tujuan Anda.

Pilih suara yang diinginkan

Pilih suara yang diinginkan

Suara piano digital dibuat dengan cara merekam atau sampling suara piano akustik. Masing-masing produsen mempunyai suara piano yang khas dan berbeda satu sama lain. Pilihlah piano digital yang bisa mengeluarkan suara yang Anda inginkan.

Anda bisa mencoba langsung piano digital di toko instrumen terdekat. Cobalah dengan menekan tuts bagian kiri (bass) dan bagian kanan (treble) masing-masing produk. Anda dapat merasakan perbedaan suara yang signifikan dari masing-masing produk. Pilihlah suara yang Anda inginkan.

Pilih touch yang mendekati piano akustik

Pilih touch yang mendekati piano akustik
Dikarenakan mekanisme pembuatan suara pada piano digital dan akustik berbeda, berat dan kecepatan kembalinya tuts setelah ditekan pun menjadi berbeda. Touch sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan penyesuaian jari dalam permainan piano.

Kebanyakan piano digital mempunyai tuts yang lebih ringan daripada piano akustik. Apabila Anda ingin bermain dan berlatih layaknya seperti pada piano akustik, pilihlah piano digital dengan ukuran dan berat tuts yang hampir menyerupai tuts piano akustik.

Pilih yang di atas 64 notes-polyphony

Pilih yang di atas 64 note-polyphony

Untuk memainkan sebuah lagu, pianis banyak menekan not secara bersamaan. Di dalam piano digital, 64 notes-polyphony menunjukkan banyaknya not, speaker, dan pedal yang bisa menghasilkan suara secara serentak. Apabila Anda memakai piano digital yang di bawah 64 notes-polyphony, ada kemungkinan beberapa suara yang dikeluarkan hilang dan terdengar tidak natural.

Sekarang ini, kebanyakan piano digital mempunyai kapasitas di atas 64 notes-polyphony. 64 notes-polyphony tidak akan bermasalah bagi seorang pianis pemula. Akan tetapi, apabila Anda adalah pianis dengan level yang cukup tinggi dan telah memakai pedal dalam permainan, sebaiknya Anda menggunakan piano digital yang mempunyai kapasitas lebih dari 64 notes-polyphony untuk memastikan tidak ada suara yang hilang.

Cek fungsi lainnya

Kelebihan dari piano digital adalah fungsi-fungsi lainnya yang tidak bisa didapatkan pada piano akustik. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fungsi recording atau playback

Fungsi recording atau playback

Hampir semua piano digital mempunyai fungsi recording atau playback. Dengan adanya fungsi recording, Anda bisa merekam permainan Anda. Setelah itu, Anda juga bisa mendengar rekaman tersebut langsung dengan tombol playback. Fungsi ini cocok untuk Anda yang giat berlatih dan ingin agar permainan Anda lebih baik lagi.

Fungsi tone color conversion

Fungsi tone color conversion

Dengan fungsi ini, Anda bisa mengubah warna tone jika diinginkan. Anda bisa mengubah suara concert grand piano ke jazz organ. Anda juga bisa beralih ke suara instrumen lain seperti gitar dan vibraphone. Meskipun Anda memainkan lagu yang sama, fungsi ini bisa Anda gunakan untuk bereksperimen dan menghasilkan mood yang berbeda.

Fungsi demo performance

Fungsi demo performance

Melalui fungsi demo performance, Anda bisa mendengar permainan yang telah direkam sebelumnya sewaktu proses produksi piano digital. Selain bisa menikmati lagu-lagu favorit kita, Anda juga tentunya lebih terdorong untuk berlatih lebih giat lagi untuk bisa bermain piano dengan baik.

Jumlah pedal

Jumlah pedal

Piano akustik biasanya memiliki 3 pedal, yaitu sustain (samper) pedal, soft pedal, dan sustenuto pedal. Namun demikian, jumlah pedal pada piano digital bervariasi. Terdapat piano digital dengan hanya 1 pedal. Terdapat juga piano digital dengan 2 atau 3 pedal. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cari tahu keunggulan masing-masing produsen

Sekarang ini, terdapat 5 produsen utama yang memproduksi piano digital dan memasarkan produknya di Indonesia. Karakteristik dan keunggulan masing-masing produk pun berbeda-beda. Ayo cari tahu lebih banyak lagi.

Yamaha: merek ternama yang terjamin kualitasnya

Yamaha: merek ternama yang terjamin kualitasnya

Tidak dapat dipungkiri merek Yamaha telah dikenal oleh kalangan banyak. Produsen alat musik paling besar di Jepang ini membuat piano digital dan piano akustik dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, Yamaha juga memproduksi banyak variasi jenis produk, sehingga Anda mempunyai banyak pilihan sewaktu memilih.

Kawai: karakter suara yang mirip dengan grand piano

Kawai: karakter suara yang mirip dengan grand piano

Kawai merupakan salah satu produsen utama piano setelah Yamaha. Keunggulan utama dari piano digital Kawai adalah tone dan touch yang mirip dengan grand piano. Piano ini cocok untuk Anda yang ingin mengeluarkan suara layaknya piano klasik.

Demi mencapai tone dan touch yang mirip dengan grand piano, Kawai bahkan menggunakan kayu asli untuk membuat tuts atau keyboard pada piano digital yang harganya terjangkau. Kawai adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin bermain seperti pada grand piano.

Casio: teknologi khas produsen elektronik

Casio: teknologi khas produsen elektronik

Bermula dari perusahaan alat-alat elektronik, Casio mengembangkan sayapnya dalam pembuatan alat musik eletronik. Piano digital Casio terbuat dari teknologi terbaru dan unik yang khas produsen elektronik.

Selain fitur yang ditawarkan menarik, harga piano digital Casio pun relatif terjangkau. Merek ini cocok untuk Anda yang ingin hemat dan on budget.

Roland: pionir piano digital dengan karakter suara menyerupai piano akustik

Roland: pionir piano digital dengan karakter suara menyerupai piano akustik

Roland merupakan salah satu produsen terbesar di Jepang yang memproduksi alat musik elektronik. Ciri khas utama dari piano digital Roland adalah terdapat banyaknya fungsi lain, namun mempunyai karakter suara yang dihasilkan tetap terjaga dan mirip dengan piano akustik.

Roland adalah produsen piano digital pertama di Jepang dan telah berkontribusi dalam menemukan fungsi baru pada digital piano. Salah satunya adalah touch yang bisa mengekspresikan kuat lembutnya suara yang menyerupai piano akustik.

Korg: desain yang stylish dengan harga yang terjangkau

Korg: desain yang stylish dengan harga yang terjangkau

Korg merupakan produsen piano digital utama setelah Roland. Karakteristik utama dari piano digital Korg adalah desainnya yang stylish dan penawaran harga yang menarik. Piano digital Korg cocok untuk Anda yang tidak ingin membuat kantong bolong.

10 Rekomendasi piano digital terbaik

Berikut adalah 10 rekomendasi piano digital terbaik dari kami. Pilihlah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Yamaha Arius YDP-143

10. Yamaha Arius YDP-143
Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 8.560.000

Piano digital dengan standar Yamaha

Anda ingin merasakan piano digital yang hampir sama dengan piano akustik, akan tetapi harganya terjangkau? Yamaha Arius adalah jawabannya. Graded hammer standard keyboard membuat tuts piano digital ini hampir sama dengan tuts pada piano akustik. Touch control-nya pun terdiri dari 4 tingkat, yang memungkinkan pianis untuk bermain layaknya pada piano akustik yang sebenarnya.

Suara piano digital ini terbuat dari rekaman atau sampling suara concert grand piano Yamaha CFIIIS. Dengan 192 notes-polyphony, Anda bisa memainkan komposisi yang cukup kompleks tanpa ada not yang hilang. Terdiri dari 10 variasi suara instrumen lain, Anda juga bisa bereksperimen sesuai dengan mood. Piano digital ini cocok untuk pianis pemula.

9. Casio Privia PX760

9. Casio Privia PX760
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.600.000

Teknologi AiR sound source yang membuat suara lebih kaya

Karakteristik utama dari piano digital ini adalah teknologi AiR sound source, yang membuat suara yang dikeluarkan lebih kaya dan variatif. Dengan teknologi ini, pianis bisa mengekspresikan nada selembut dan sekeras mungkin, layaknya pada piano akustik yang sebenarnya.

Dengan tri-sensored scaled hammer action keyboard II yang dikombinasikan dengan lapisan kayu arang dan gading, tuts piano digital ini lembut dan menyerupai tuts grand piano. Lengkap dengan 3 pedal dan fungsi recording, piano digital dengan harga yang cukup terjangkau ini cocok untuk Anda yang ingin bereksperimen dengan berbagai warna suara.

8. Yamaha Clavinova CLP-565GP

8. Yamaha Clavinova CLP-565GP
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 34.500.000

Grand piano digital yang membuat interior rumah mewah

Anda ingin memiliki grand piano digital di rumah Anda? Ini adalah produk yang cocok untuk Anda. Desainnya yang menyerupai grand piano akustik bisa membuat interior rumah Anda begitu mewah dan indah. Dengan bagian tutup yang bisa dibuka, suara yang dikeluarkan pun lebih menggema dan terasa lebih dalam.

Dengan graded hammer 3x keyboard khas Clavinova, touch pada tuts menyerupai piano akustik yang asli, sehingga jari Anda tetap nyaman meski berlatih selama berjam-jam. Dilengkapi dengan multi-track song recorder dan USB audio recorder, Anda juga bisa merekam dan menikmati playback permainan Anda. Pilihan tepat untuk Anda yang ingin membuat interior rumah Anda menjadi mewah.

7. Korg LP-380

7. Korg LP-380
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.525.000

Piano digital slim & stylish dengan kualitas asli Jepang

Keunggulan utama dari piano digital ini adalah desainnya yang ramping, akan tetapi mempunyai suara yang mirip dengan piano akustik. Selain tidak memakan tempat, pilihan warna yang variatif bisa membuat interior rumah Anda lebih stylish dan ceria.

Dibuat oleh pengrajin yang mahir di Kyoto, seluruh bagian dari piano ini detail dan berkualitas tinggi. Selain bisa menghasilkan suara yang berkualitas, Anda pun bisa mengekspresikan dinamika yang bervariasi. Lengkap dengan 3 buah pedal, piano digital ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan piano digital dengan kualitas premium asli dari Jepang.

6. Kawai CA97

6. Kawai CA97

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.500.000

Piano digital dengan Kawai soundboard speaker system

Kawai CA97 terbuat dari sampling suara 3 grand piano Kawai yang ternama, yaitu tipe SK-EX, SK-5, dan EX. Selain mempunyai suara yang mirip dengan grand piano asli, teknologi harmonic imaging XL juga memungkinkan permainan dinamika yang kontras dan bisa memperkaya ekspresi lagu. Grand feel pedal system pun bisa membuat penggunaan pedal lebih variatif.

Dengan Kawai soundboard speaker system, bass terasa lebih deep dan treble pun terasa lebih menggema, seperti pada piano akustik yang sebenarnya. Terdiri dari 80 jenis suara dan colokan USB, Anda pun bisa dengan bebas bereksperimen tergantung mood. Ditambah dengan desainnya yang mewah dan elegan, produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang sudah mahir.

5. Roland RP401R

5. Roland RP401R
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.100.000

Piano digital dengan teknologi tinggi

Keunggulan utama dari piano digital ini adalah teknologinya yang tinggi. Selain terdapat colokan USB yang bisa merekam permainan Anda pada USB memory, Anda juga bisa mencolok headphone untuk latihan pribadi. Anda juga bisa mengunduh aplikasi piano partner dan air performer, yang bisa membuat permainan Anda semakin menyenangkan.

Teknologi SuperNATURAL piano dari Roland bisa merealisasikan suara grand piano yang otentik. Selain itu, teknologi progressive damper action bisa memperkaya cara penggunaan pedal, seperti half-pedaling. Ditambah dengan fitur ritmik dan banyaknya jenis suara yang bisa Anda eksplor, piano digital ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang suka bereksperimen dengan musik.

4. Yamaha P-45

4. Yamaha P-45

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.940.000

Piano digital yang compact dan portable

Anda sering nge-band bersama teman? Bagi Anda yang sedang mencari piano digital yang portable dan bisa dibawa ke mana saja, Yamaha P-45 adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan graded hammer standard keyboard dan teknologi AVM, Anda bisa merasakan touch dan tone yang hampir sama dengan grand piano asli.

Piano digital ini mempunyai tombol-tombol yang simpel, sehingga Anda bisa mengganti suara, menghidupkan metronome, dan memutar lagu demo dengan mudah. Desainnya yang compact, portable, dan ringan membuat Anda bisa tampil di mana saja.

3. Korg B1-SP

3. Korg B1-SP
Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.300.000

Piano digital yang cocok untuk pianis pemula

Piano digital ini cocok untuk Anda pianis pemula dan ingin serius berlatih piano. Piano digital ini mempunyai tubuh yang stabil yang menyerupai piano akustik. Selain itu, piano digital ini juga telah lengkap dengan music stand dan 3 buah pedal. Harganya yang terjangkau pun menjadi nilai plus dari produk ini.

Dengan natural weighted hammer keyboard, tuts bagian bass lebih berat dibandingkan dengan tuts bagian treble. Ditambah dengan 3 tingkat touch control, Anda bisa bermain layaknya pada piano akustik. Mempunyai 8 suara yang berbeda, Anda juga bisa mengubah mood permainan Anda dengan mengganti ke suara instrumen yang Anda inginkan.

2. Kawai MP11SE

2. Kawai MP11SE

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.750.000

Stage piano dengan fitur virtual technician

Kawai MP11SE ini cocok untuk Anda pianis profesional yang sering manggung. Disebut sebagai “the pianist’s stage piano”, piano digital ini mempunyai variasi suara piano akustik dan elektrik yang riil. Selain itu, tuts piano yang terbuat dari kayu yang menyerupai tuts piano akustik ini membuat jari Anda nyaman meski bermain dalam jangka waktu yang lama.

Fitur virtual technician pada piano digital ini memungkinkan Anda melakukan stretch tuning, string resonance, touch curve, dan masih banyak lagi. Terdiri dari 40 variasi suara, 6 tipe reverb, dan 129 effect lainnya, Anda bisa dengan bebas mengekspresikan permainan Anda. Lengkap dengan colokan USB dan MIDI, piano digital ini bisa menjadi teman terbaik Anda dalam bermusik.

1. Yamaha Clavinova CLP-625

1. Yamaha Clavinova CLP-625
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.100.000

Yamaha Clavinova yang kualitasnya tidak diragukan lagi

Terbuat dari sampling suara grand piano Yamaha CFX dan Bösendorfer Imperial, Yamaha Clavinova CLP-625 bisa membuat Anda lupa bahwa Anda sedang bermain piano digital. Dibuat dengan menggunakan graded hammer 3x keyboard, tuts yang Anda tekan akan kembali ke posisi semula secara natural, layaknya hammering system pada piano akustik.

Tuts yang terbuat dari kayu arang dan gading sintesis ini juga menjadikan tekstur tuts lembut dan nyaman meski Anda latihan selama berjam-jam. Selain terdapat colokan USB dan Audio output untuk penggunaan headphone, produk ini juga mempunyai fungsi recording dan playback. Piano digital ini cocok untuk semua pianis, dari pianis pemula sampai dengan pianis profesional!

Opsi untuk memilih piano digital bekas

Opsi untuk memilih piano digital bekas

Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu besar, membeli piano digital bekas (secondhand) adalah opsi yang boleh dipertimbangkan. Namun demikian, sebaiknya sebelum membeli, Anda mengecek kondisi produk dengan teliti. Perhatikan apabila semua fitur produk dapat berfungsi dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga relatif terjangkau.

Kesimpulan

Perkembangan piano digital telah begitu pesat, dan memungkinkan suara dan touch yang menyerupai piano akustik. Selain itu, fungsi lainnya pada piano digital juga membuat para pianis dan musisi bebas mengekspresikan musik. Bagaimana menurut Anda?

Sebelum Anda membeli piano digital, sebaiknya Anda mencobanya dulu di toko instrumen terdekat. Pilihlah piano digital yang bisa mengeluarkan suara yang Anda inginkan. Pilihlah juga sesuai dengan tujuan dan budget Anda. Semoga Anda bisa mendapatkan piano digital yang cocok. Selamat bermusik!