• 10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Piano Digital Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2021)

Dengan piano digital, Anda bisa menggunakan headphone untuk berlatih sehingga suara piano tidak akan mengganggu orang lain. Harganya juga lebih terjangkau sehingga bisa cocok untuk anak-anak yang ingin belajar piano. Anda juga bisa explore berbagai genre musik.

Nah, kami akan mengulas cara memilih piano digital. Setelah itu, kami juga akan mengulas sepuluh produk piano digital yang bagus. Ada piano digital dari merek terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda saat memilih!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Joshua Pandu
  • Pembaharuan terakhir: 14 Oktober 2021
  • 62.279 Views
Daftar isi

Profil pakar: Music composer dan arranger, Joshua Pandu

Profil pakar: Music composer dan arranger, Joshua Pandu
Joshua Pandu
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang.

Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih piano digital

Sebelum mengulas produk piano digital yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilihnya. Simak dengan saksama penjelasan kami berikut ini, ya.

Pastikan maximum polyphony-nya 64 not ke atas

Untuk memainkan sebuah lagu, pianis banyak menekan not secara bersamaan. Polyphony menunjukkan banyaknya not, speaker, dan pedal yang bisa menghasilkan suara secara serentak. Apabila memakai piano digital dengan maximum polyphony di bawah 64 not, ada kemungkinan beberapa suara hilang. Alhasil, suara piano akan terdengar tidak natural.

Sekarang ini kebanyakan piano digital mempunyai maximum polyphony di atas 64 not. Kapasitas ini sudah cukup bagi pianis pemula. Namun, apabila level permainan Anda sudah cukup tinggi, carilah piano digital dengan maximum polyphony di atas 64 not. Kapasitas ini juga disarankan apabila Anda sudah memakai pedal dalam permainan piano.

Cek fungsi lainnya

Kelebihan dari piano digital adalah fungsi-fungsi lainnya yang tidak bisa didapatkan pada piano akustik. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fungsi recording atau playback: Membantu latihan dan meningkatkan permainan

Hampir semua piano digital mempunyai fungsi recording atau playback. Dengan adanya fungsi recording, Anda bisa merekam permainan Anda. Setelah itu, Anda juga bisa mendengar rekaman tersebut langsung dengan tombol playback.


Fungsi ini cocok untuk Anda yang giat berlatih dan ingin me-review permainan Anda sendiri. Hal ini disebabkan oleh ketika bermain, kita cenderung tidak mendengar detail permainan kita sendiri.

Fungsi tone color conversion: Bisa memainkan lagu yang sama dengan mood yang bervariasi

Dengan fungsi ini, Anda bisa mengubah warna tone piano. Anda bisa mengubah suara concert grand piano ke jazz organ. Anda juga bisa beralih ke suara instrumen lain seperti gitar dan vibraphone. Meskipun Anda memainkan lagu yang sama, fungsi ini bisa Anda gunakan untuk bereksperimen dan menghasilkan mood yang berbeda.

Fungsi demo performance: Makin semangat untuk berlatih piano

Melalui fungsi demo performance, Anda bisa mendengar permainan yang telah direkam sebelumnya sewaktu proses produksi piano digital. Selain bisa menikmati lagu-lagu favorit, Anda juga tentunya lebih terdorong untuk berlatih lebih giat lagi untuk bisa bermain piano dengan baik.

Jumlah pedal: Pilih piano digital dengan tiga pedal untuk sensasi bermain piano akustik

Piano akustik biasanya memiliki tiga pedal, yaitu sustain atau damper pedal, soft pedal, dan sostenuto pedal. Namun demikian, jumlah pedal pada piano digital bervariasi. Terdapat piano digital dengan hanya satu pedal. Ada juga piano digital dengan dua atau tiga pedal. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cari tahu keunggulan masing-masing produsen

Sekarang ini, terdapat lima produsen utama yang memproduksi piano digital dan memasarkan produknya di Indonesia. Karakteristik dan keunggulan masing-masing produk pun berbeda-beda. Ayo cari tahu lebih banyak lagi.

Yamaha: Merek ternama yang terjamin kualitasnya

Tidak dapat dimungkiri merek Yamaha telah dikenal oleh kalangan banyak. Produsen alat musik paling besar di Jepang ini membuat piano digital dan piano akustik dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, Yamaha juga memproduksi banyak variasi jenis produk sehingga Anda mempunyai banyak pilihan sewaktu memilih.

Kawai: Karakter suaranya mirip dengan grand piano

Kawai merupakan salah satu produsen utama piano setelah Yamaha. Keunggulan utama dari piano digital Kawai adalah tone dan touch yang mirip dengan grand piano. Piano ini cocok untuk Anda yang ingin mengeluarkan suara layaknya piano klasik.
Demi mencapai tone dan touch yang mirip dengan grand piano, Kawai bahkan menggunakan kayu asli untuk membuat tuts atau keyboard pada piano digital yang harganya terjangkau. Kawai adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin bermain seperti pada grand piano.

Casio: Dilengkapi teknologi khas produsen elektronik

Bermula dari perusahaan alat-alat elektronik, Casio mengembangkan sayapnya dalam pembuatan alat musik elektronik. Piano digital Casio terbuat dari teknologi terbaru dan unik yang khas produsen elektronik. Selain fitur yang ditawarkan menarik, harga piano digital Casio pun relatif terjangkau. Merek ini cocok untuk Anda yang ingin hemat dan on budget.

Roland: Pioneer piano digital dengan karakter suara menyerupai piano akustik

Roland merupakan salah satu produsen terbesar di Jepang yang memproduksi alat musik elektronik. Ciri khas utama dari piano digital Roland adalah memiliki banyak fungsi. Namun, piano digital Roland mempunyai karakter suara yang terjaga dan mirip dengan piano akustik.

Roland adalah produsen piano digital pertama di Jepang dan telah berkontribusi dalam menemukan fungsi baru pada digital piano. Salah satunya adalah touch yang bisa mengekspresikan kuat lembutnya suara yang menyerupai piano akustik.

Korg: Piano berdesain stylish dengan harga yang terjangkau

Korg merupakan produsen piano digital utama setelah Roland. Karakteristik utama dari piano digital Korg adalah desainnya yang stylish dan harganya yang menarik. Piano digital Korg cocok untuk Anda yang tidak ingin membuat kantong bolong.

10 Rekomendasi piano digital terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk piano digital terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Joshua Pandu.

10
Maximum polyphony128 not
Fungsi recording atau playbackTidak disebutkan
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceTidak disebutkan
PedalTidak disebutkan
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)Tidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Perlengkapan/aksesoriPower adapter, music rest, user guide, safety & warranty manual
9
Maximum polyphony64 not
Fungsi recording atau playbackTidak disebutkan
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceTidak disebutkan
PedalDamper
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)1.326 mm x 295 mm x 154 mm
Berat11,5 kg
Perlengkapan/aksesoriMusic rest, footswitch, AC adaptor
8
Maximum polyphony192 not
Fungsi recording atau playbackYa
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceYa
PedalDamper, soft, sostenuto
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)Tanpa music rest: 1.360 mm x 405 mm x 860 cm・Dengan music rest: 1.360 mm x 405 mm x 102 cm
Berat43 kg
Perlengkapan/aksesoriWarranty card, owner's manual, power cable, AC adaptor
7
Maximum polyphony64 not
Fungsi recording atau playbackTidak disebutkan
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceTidak disebutkan
PedalDamper
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)1.322 mm x 232 mm x 99 mm
Berat10,5 kg
Perlengkapan/aksesoriPedal (SP-3), stand partitur, AC adaptor (AD-A12150LW)
6
Maximum polyphony128 not
Fungsi recording atau playbackYa
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceYa
PedalDamper, soft (optional), sostenuto (optional)
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)Tanpa music rest: 1.300 mm x 284 mm x 150 mm・Dengan music rest dan stand: 1.300 mm x 324 mm x 925 mm
BeratTanpa music rest: 14,1 kg・Dengan music rest dan stand: 23 kg
Perlengkapan/aksesoriOwner's manual, music rest, AC adaptor, power cord (for connecting AC adaptor), damper pedal
5
Maximum polyphony192 not
Fungsi recording atau playbackYa
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceYa
PedalSustain
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)Tanpa keyboard stand: 1.397 mm x 445 mm x 146 mm・Dengan keyboard stand: 1.399 mm x 445 mm x 761 mm
BeratTanpa keyboard stand: 21 kg・Dengan keyboard stand: 28 kg
Perlengkapan/aksesoriOwner's manual, data list, keyboard stand, footswitch, music rest, AC power adaptor, warranty, online member product registration
4
Maximum polyphony256 not
Fungsi recording atau playbackYa
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceYa
PedalDamper, soft, sostenuto
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)1.380 mm x 453 mm x 188 mm
Berat34 kg
Perlengkapan/aksesoriGFP-3 triple pedal unit (with half-damper support), music rest, power cable, owner’s manual
3
Maximum polyphony120 not
Fungsi recording atau playbackTidak disebutkan
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceYa
PedalDamper, soft, sostenuto
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)1.355 mm x 351 mm x 772 mm
Berat37 kg
Perlengkapan/aksesoriAC adapter, stand
2
Maximum polyphony192 not
Fungsi recording atau playbackYa
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceYa
PedalDamper, soft, sostenuto
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)1.322 mm x 232 mm x 102 mm
Berat11,2 kg
Perlengkapan/aksesoriPedal (SP-3), AC adaptor (AD-A12150LW), stand partitur
1
Maximum polyphony128 not
Fungsi recording atau playbackTidak disebutkan
Fungsi tone color conversionYa
Fungsi demo performanceYa
PedalDamper
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)1.284 mm x 258 mm x 159 mm
Berat13,9 kg
Perlengkapan/aksesoriOwner's manual, leaflet "USING THE UNIT SAFELY", AC adaptor, power cord, pedal switch

Tabel perbandingan produk piano digital terbaik

Gambar produk
1
Roland RD-88 1

Roland

2
Casio  Privia PX-S1000 1

Casio

3
Korg LP-380 1

Korg

4
Kawai  MP11SE 1

Kawai

5
Yamaha  DGX-660 1

Yamaha

6
Roland FP-30 1

Roland

7
Casio CDP-S100 1

Casio

8
Kawai CN29 1

Kawai

9
Yamaha P-45 1

Yamaha

10
Alesis Recital 1

Alesis

Nama produk

RD-88

Privia PX-S1000

LP-380

MP11SE

DGX-660

FP-30

CDP-S100

CN29

P-45

Recital

Keunggulan

Dibekali tuts yang halus bertekanan alami, pilihan keyboardist kelas dunia!

Desainnya simpel dan bening berkat touch panel untuk operasi fungsinya

Piano digital slim & stylish dengan kualitas asli Jepang

Stage piano dengan fitur Virtual Technician

Hobi main piano sambil bernyanyi? Colokkan saja mic Anda!

Bodinya ringkas, suara yang dihasilkannya high-class!

Ramping dan ringan, pilihan pas untuk pianis yang mobile

Ada fungsi lesson, pemula bisa lebih cepat menguasai permainan piano

Ramping dan portabel, pas untuk pertunjukan solo piano di acara keluarga

Dilengkapi lesson mode, dapat dua area dengan suara dan pitch yang sama dalam satu piano

Harga mulai dariRp 18.350.000,00Rp 11.090.000,00Rp 13.525.000,00Rp 39.300.000,00Rp 9.980.000,00Rp 8.500.000,00Rp 7.010.000,00Rp 13.000.000,00Rp 6.600.000,00Rp 4.950.000,00
Maximum polyphony128 not192 not120 not256 not192 not128 not64 not192 not64 not128 not
Fungsi recording atau playbackTidak disebutkanYaTidak disebutkanYaYaYaTidak disebutkanYaTidak disebutkanTidak disebutkan
Fungsi tone color conversionYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Fungsi demo performanceYaYaYaYaYaYaTidak disebutkanYaTidak disebutkanTidak disebutkan
PedalDamperDamper, soft, sostenutoDamper, soft, sostenutoDamper, soft, sostenutoSustainDamper, soft (optional), sostenuto (optional)DamperDamper, soft, sostenutoDamperTidak disebutkan
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)1.284 mm x 258 mm x 159 mm1.322 mm x 232 mm x 102 mm1.355 mm x 351 mm x 772 mm1.380 mm x 453 mm x 188 mmTanpa keyboard stand: 1.397 mm x 445 mm x 146 mm・Dengan keyboard stand: 1.399 mm x 445 mm x 761 mmTanpa music rest: 1.300 mm x 284 mm x 150 mm・Dengan music rest dan stand: 1.300 mm x 324 mm x 925 mm 1.322 mm x 232 mm x 99 mmTanpa music rest: 1.360 mm x 405 mm x 860 cm・Dengan music rest: 1.360 mm x 405 mm x 102 cm1.326 mm x 295 mm x 154 mmTidak disebutkan
Berat13,9 kg11,2 kg37 kg34 kgTanpa keyboard stand: 21 kg・Dengan keyboard stand: 28 kgTanpa music rest: 14,1 kg・Dengan music rest dan stand: 23 kg10,5 kg43 kg11,5 kgTidak disebutkan
Perlengkapan/aksesoriOwner's manual, leaflet "USING THE UNIT SAFELY", AC adaptor, power cord, pedal switchPedal (SP-3), AC adaptor (AD-A12150LW), stand partiturAC adapter, standGFP-3 triple pedal unit (with half-damper support), music rest, power cable, owner’s manualOwner's manual, data list, keyboard stand, footswitch, music rest, AC power adaptor, warranty, online member product registrationOwner's manual, music rest, AC adaptor, power cord (for connecting AC adaptor), damper pedalPedal (SP-3), stand partitur, AC adaptor (AD-A12150LW)Warranty card, owner's manual, power cable, AC adaptorMusic rest, footswitch, AC adaptorPower adapter, music rest, user guide, safety & warranty manual
Tautan produk

Opsi untuk memilih piano digital bekas

Opsi untuk memilih piano digital bekas

Apabila tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu besar, membeli piano digital bekas (secondhand) adalah opsi yang boleh dipertimbangkan. Namun, tetap periksa kondisi produk dengan teliti sebelum membeli. Pastikan semua fitur produk dapat berfungsi dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga relatif terjangkau.

Baca juga rekomendasi alat musik lainnya di sini

Selain piano, kami juga sudah mengulas rekomendasi alat musik lainnya, seperti gitar, bass, clarinet, dan sebagainya. Bahkan, ada MIDI keyboard dan DJ controller juga, lho. Jangan lewatkan artikel-artikel ini barang kali Anda ingin membentuk band dengan keluarga. Penasaran? Klik saja link di bawah ini!

Kesimpulan

Perkembangan piano digital telah begitu pesat, dan memungkinkan suara dan touch yang menyerupai piano akustik. Selain itu, fungsi lainnya pada piano digital juga membuat para pianis dan musisi bebas mengekspresikan musik. Bagaimana menurut Anda?
Sebelum Anda membeli piano digital, sebaiknya Anda mencobanya dulu di toko instrumen terdekat. Pilihlah piano digital yang bisa mengeluarkan suara yang Anda inginkan. Pilihlah juga sesuai dengan tujuan dan budget Anda. Semoga Anda bisa mendapatkan piano digital yang cocok. Selamat bermusik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    69.437 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
    29.631 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk terbaik seperti dari Martin, Elixir, dan D'Addario. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
    62.848 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    195.963 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi terutama gitaris, Anda tentunya membutuhkan perlengkapan musik yang memadai. Salah satu benda yang sangat penting saat bermain gitar adalah amplifier. Amplifier merupakan peralatan untuk memperkuat sinyal sehingga hasil suara lebih baik dan lebih keras.Ada beberapa merek amplifier yang terkenal seperti Marshall, Roland, dan Fender. Akan tetapi, untuk Anda yang seorang pemula tentunya akan sulit untuk menemukan amplifier yang terbaik. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan Anda tips memilih amplifier terbaik serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Simak artikel kami berikut ini!
    Musik
    52.748 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    57.698 Views
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa jenis alat musik seperti gitar, bass, ukulele, dan lainnya perlu disetem dengan nada yang tepat agar tidak sumbang. Namun, terkadang menyetem peralatan musik tidak selalu mudah karena ada gangguan dari suara di sekitar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan tuner supaya dapat menyetem alat musik dengan lebih mudah dan akurat.Ada beragam merek tuner seperti D'Addario, KORG, dan sebagainya yang bisa ditemukan di pasaran. Masing-masing merek mempunyai fitur dan desain yang berbeda. Agar tidak membingungkan Anda, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih tuner yang tepat. Selanjutnya, kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa dijadikan pilihan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!
    Musik
    4.704 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori