• 10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Plester berfungsi untuk menjaga luka dari bakteri serta membuat luka tetap lembap. Kelembapan akan membuat luka cepat sembuh. Plester hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, dan bahan. Namun, seperti apa plester yang Anda butuhkan untuk menutupi luka?

Kami akan mengulas tentang cara memilih plester untuk luka pada artikel kali ini. Berbagai merek, seperti Hansaplast, Nexcare, dan Ultrafix ada dalam rekomendasi kami. Kami juga akan membahas tentang merawat luka agar cepat sembuh. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 17 November 2020
  • 21.958 Views
Daftar isi

Cara memilih plester luka

Ada berbagai jenis plester luka yang ada di pasaran. Pilihlah jenis plester yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah tips cara memilih plester luka yang perlu Anda perhatikan.

Pilih model plester yang sesuai dengan jenis luka

Pilih model plester yang sesuai dengan jenis luka
Ada 2 jenis plester yang beredar di pasaran, plester dengan pad atau bantalan dan plester tanpa pad. Plester dengan bantalan cocok digunakan untuk luka ringan, seperti lecet, tergores, bekas suntikan, atau gigitan serangga. Bantalan tersebut berguna untuk menjaga luka ringan dari lem pada plester. Anda dapat menambahkan obat antiseptik pada bantalan ini untuk menjaga luka dari bakteri.
Plester tanpa bantalan biasanya digunakan untuk menutupi luka yang lebih besar dan lebih serius. Jenis luka yang biasanya ditutupi plester tanpa bantalan adalah luka operasi atau luka yang lebih besar. Anda harus menggunakan kasa atau kapas terlebih dahulu untuk menutupi luka. Plester ini berguna untuk menempelkan kasa agar tetap pada tempatnya.

Pilih ukuran plester sesuai ukuran luka

Pilih ukuran plester sesuai ukuran luka
Plester hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk, dari bulat, persegi, persegi panjang, sampai gulungan. Ukuran plester harus disesuaikan dengan ukuran luka Anda. Jika luka bekas gigitan serangga, Anda dapat memakai plester dengan ukuran bulat. Plester bulat juga cocok untuk menutupi bekas suntikan.
Luka lecet dapat ditutupi dengan plester berbentuk persegi atau persegi panjang. Sesuaikan ukuran plester bentuk ini dengan ukuran luka Anda. Sementara plester dalam bentuk gulungan tidak memliki bantalan pada bagian tengahnya. Plester ini biasanya digunakan untuk melekatkan kain kasa pada luka yang lebih serius. Anda dapat memotong plester ini sesuai dengan luas area yang harus ditutupi.

Perhatikan bahan plester

Perhatikan bahan plester
Tidak hanya bentuk dan ukurannya, bahan plester pun beragam. Plester dengan bahan kain memiliki harga yang lebih ekonomis. Namun, plester jenis ini tidak tahan air sehingga cocok digunakan untuk luka ringan yang cepat sembuh.
Sekarang juga banyak beredar plester luka antiair dengan bahan polyethylene atau PE. Plester antiair cocok digunakan saat Anda sedang memasak atau berenang. Pilih bahan antiair yang breathable agar tidak ada ruam pada kulit Anda.
Ada juga bahan non-woven dan silikon yang biasa digunakan pada plester tanpa bantalan. Bahan ini sangat ramah untuk kulit dan tidak menyebabkan alergi.

10 Rekomendasi plester luka terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan berbagai rekomendasi plester luka terbaik. Sesuaikan dengan jenis lukamu, ya!
10
BahanHydrocolloid
Ukuran0,37 mm
9
BahanPE
Ukuran24 mm
8
BahanNon-woven
Ukuran10 x 500 cm
7
BahanKain
Ukuran19 x 65 mm
6
BahanPE
Ukuran19 x 72 mm
5
BahanWrapping paper
UkuranBerbagai ukuran
4
BahanWaterproof film
Ukuran15,5 x 8,5 mm
3
BahanGel silikon
Ukuran12 x 15 cm
2
BahanTidak disebutkan
Ukuran60 x 70 mm
1
BahanPE
Ukuran30 x 72 mm

Cara merawat luka yang benar

Cara merawat luka yang benar
Agar luka Anda terhindar dari bakteri dan cepat sembuh, kami akan memberikan tips cara merawat luka. Saat menangani luka, baik pada diri sendiri maupun orang lain, cuci tangan terlebih dahulu. Jika tidak menemukan air, gunakan hand sanitizer untuk mengurangi bakteri pada tangan Anda. Tepuk-tepuk luka dengan kain bersih untuk menghentikan pendarahan. Jika Anda hanya mengalami luka gores, tahapan ini tidak perlu dilakukan.
Cuci luka dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran. Tepuk-tepuk dengan kain sampai area luka mengering. Jika masih ada kotoran pada area luka, ambil menggunakan pinset yang telah dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya oleskan salep antibiotik untuk mencegah infeksi. Salep antibiotik tidak diperlukan jika Anda hanya mengalami luka gores. Terakhir, tutup luka dengan perban atau plester untuk menjaga luka dari infeksi.
Ganti perban dan plester ketika basah untuk menjaga kebersihan luka. Bagi Anda yang mengalami luka bakar, segera pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Kesimpulan

Ternyata ada banyak jenis plester luka yang terdapat di pasaran. Perhatikan jenis luka Anda dengan plester yang akan Anda beli. Bahan plester dan ukurannya menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan. Jika Anda memilih plester untuk anak, pilih plester dengan gambar yang menarik.
Sekian artikel tentang plester ini. Semoga Anda mendapatkan plester yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga lekas sembuh!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang cukup sering digunakan khususnya ketika seseorang mengalami masalah kesehatan. Anda juga akan membutuhkan masker pelindung sekali pakai ketika berada di tempat berdebu atau dikelilingi zat-zat berbahaya.Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini antara lain Sensi, Skrineer, dan Nexcare. Untuk ulasan lengkapnya, silakan baca artikel berikut ini. 
    Alat medis
    202.633 Views
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pulse oximeter merupakan alat yang berfungsi untuk memeriksa kondisi jantung dan paru-paru. Alat ini juga digunakan untuk mendeteksi happy hypoxia, kondisi saat kadar oksigen dalam darah sangat rendah. Happy hypoxia dapat menyebabkan organ utama dalam tubuh mengalami gagal fungsi dan berakibat fatal. Pulse oximeter dibutuhkan untuk mencegah hal tersebut terjadi.Ada banyak produk pulse oximeter di pasaran, mulai dari Beurer, Contecmed, ChoiceMMed, dan lainnya. Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih pulse oximeter beserta rekomendasi produk terbaik. Perhatikan dengan saksama dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Alat medis
    49.045 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
    70.100 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan tubuh ideal.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui angka berat badan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang memilih timbangan badan digital. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti OneMed, Tanita, dan Idealife. Selamat membaca!
    Alat medis
    11.952 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal penting bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat cek gula darah yang kini banyak beredar di pasaran. Anda dapat memilih alat dari berbagai produsen, seperti Abbott, Roche atau Xiaomi. Pemilihannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih alat cek gula darah sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif!
    Alat medis
    54.284 Views
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Produsen ternama, seperti OneMed, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
    105.590 Views
  • 10 Rekomendasi Nebulizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Nebulizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Kadang, Anda membutuhkan bantuan nebulizer, yaitu alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Anda dapat memilih nebulizer dari beberapa produsen, seperti Omron, Philips, dan OneMed. Namun, dalam pemilihannya tentu Anda tidak dapat sembarangan. Ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaiannya dengan penyakit sampai kebisingan yang ditimbulkan. Di bawah ini, kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang tepat untuk Anda. Mari simak selengkapnya, ya!
    Alat medis
    539 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori