• 10 Plester Luka Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Plester Luka Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Plester Luka Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Plester Luka Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Plester Luka Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Plester Luka Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Plester berfungsi untuk menjaga luka dari bakteri dan kotoran. Ada banyak jenis plester, misalnya plester luka terbuka, plester luka bakar, dan plester luka sobek. Ada juga jenis plester antiair untuk luka jahitan. 

Di sini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan plester luka yang bagus. Produk-produk dari 3M, Hansaplast, dan Betadine bisa Anda temukan di list berikut. Plester luka bening, plester luka anak, dan plester luka antiair juga ada! Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna. Mari baca sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Afriyani Khusna
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Afriyani Khusna

Profil pakar: Dokter umum, dr. Afriyani Khusna
dr. Afriyani Khusna
Dokter umum
dr. Afriyani Khusna

dr. Afriyani Khusna adalah dokter umum yang sudah aktif berpraktik sejak 2016. Pengalaman kerjanya meliputi dokter IGD dan dokter ruangan di RSUD Embung Fatimah dan Puskesmas Batu Aji Kota Batam. dr. Afri juga pernah bertugas di Klinik Melati, Klinik Abditama Kabupaten Tangerang, klinik perusahaan Mattel Indonesia, dan ICU RSUD Meuraxa Banda Aceh.


Saat ini dr. Afri bekerja sebagai staf NGO lokal yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS di Jakarta. Pemilik akun @doctorafree ini juga aktif memberikan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat melalui Instagram dan YouTube-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih plester luka

Ada berbagai jenis plester luka yang ada di pasaran. Pilihlah jenis plester yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan jenis plester dengan luka

Agar plester bekerja dengan lebih efektif, sebaiknya Anda menyesuaikan jenis plester dengan luka yang Anda alami. Berikut ini adalah dua jenis plester yang sering ditemui di pasaran. 

Plaster dengan pad, praktis untuk luka ringan

Plaster dengan pad, praktis untuk luka ringan
Plester dengan pad ini dilengkapi bantalan di bagian tengah perekatnya. Bantalan ini bertugas untuk menyerap cairan pada luka sehingga luka lebih cepat menutup dan mengering. Selain itu, bantalan ini juga dapat meredam benturan pada luka. Anda juga dapat menambahkan antiseptik tambahan ke bantalan tersebut untuk mencegah infeksi. 

Plester ini efektif untuk menutup luka dengan cepat. Berkat adanya bantalan, plester ini dapat ditempelkan secara langsung ke luka tanpa perlu kapas atau kasa. Karakteristik tersebut menjadikannya cocok untuk jenis luka ringan, seperti luka gores, luka sayatan kecil, luka lecet, atau luka suntikan.

Plaster tanpa pad, efisien untuk luka berat

Plaster tanpa pad, efisien untuk luka berat

Plester luka jenis ini tidak dilengkapi dengan bantalan, hanya terdiri dari perekat saja. Untuk menggunakannya, Anda harus menambahkan kapas atau kasa. Produk jenis ini lebih cocok digunakan untuk menutup luka besar dan dalam, misalnya luka operasi. Luka dengan pendarahan yang banyak juga akan lebih efektif diatasi menggunakan plester ini dibandingkan plester dengan pad. 


Dari segi fungsionalitas, plester tanpa pad tergolong lebih fleksibel. Pasalnya, plester jenis ini mudah dimodifikasi bentuknya dan dapat dikombinasikan dengan material lain, seperti kasa, perban, dan kapas. Oleh karena itu, plester jenis ini sering juga dimanfaatkan untuk merekatkan peralatan medis seperti infus atau kateter. 

Cek ukuran dan warnanya

Cek ukuran dan warnanya

Penting juga untuk mempertimbangkan ukuran plester. Untuk area luka yang luas, sebaiknya Anda memilih plester besar dengan lebar minimal 5 cm. Produk seperti ini biasanya mudah dibentuk dengan gunting sehingga dapat Anda sesuaikan dengan bentuk luka. 


Sementara itu, untuk luka ringan yang tidak terlalu besar, Anda cukup memilih plester dengan lebar 2–4 cm. Plester ukuran kecil ini dapat menjangkau bagian lipatan tubuh atau area sempit seperti jari dan mata kaki. Selain itu, produk dengan ukuran kecil juga ringkas dibawa kemana-mana sehingga tidak makan tempat saat dimasukkan ke dalam tas.


Selain ukuran, warna plester juga perlu Anda perhatikan. 

  • Plaster berwarna cokelat: Terlihat jelas di kulit, Anda dapat dengan mudah memantau kondisi plester
  • Plester warna-warni dengan motif atau gambar tertentu: Lebih disukai oleh anak-anak dan remaja.
  • Plester bening: Cocok untuk area yang terekspos, seperti wajah dan leher. Selain itu, umumnya teksturnya juga lebih tipis sehingga lebih ringan di kulit. Beberapa produk juga mudah disamarkan dengan riasan wajah. 

Kenali bahan plesternya

Ada banyak jenis bahan yang digunakan untuk membuat plester. Berikut adalah beberapa jenis bahan yang umum digunakan oleh produk plester luka. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Plester berbasis polimer, lebih kedap udara

Plester berbasis polimer, lebih kedap udara

Polimer adalah bahan serba guna yang saat ini paling banyak digunakan untuk bahan plester luka. Bahan polimer unggul dalam elastisitasnya. Penutup luka modern biasanya terbuat dari polimer sintetik dan dikelompokkan menjadi tiga kategori: pasif, interaktif, dan bioaktif.

  • Penutup pasif yang bersifat non-oklusif (seperti kasa dan tule), digunakan untuk menutup luka sehingga bisa mengembalikan fungsi sel di bawahnya. Bahan ini biasanya dikombinasikan dengan plester untuk menyerap cairan pada luka.
  • Penutup luka interaktif ada yang bersifat semioklusif dan oklusif, terdiri dari berbagai bentuk seperti film, foam, dan hydrocolloids. Penutup luka ini berperan sebagai penghalang untuk mencegah bakteri masuk dan mengontaminasi luka.
  • Terakhir adalah penutup luka bioaktif. Bahan polimer ini dihasilkan dari biomaterial yang memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. Beberapa sumber penutup luka bioaktif adalah kolagen, hyaluronic acid chitosan, alginate, dan elastin.

Plester dengan turunan bahan polimer, seperti plastik dan silikon juga terkenal kedap udara. Polyacrylate, hydrocolloid, dan hydrophilic polyurethane adalah turunan polimer yang juga sering dijadikan bahan plester luka.


Non-woven polyester adalah bahan mirip kain yang juga terbentuk dari polimer. Bahan non-woven ini juga sering disebut bahan tekstil yang tidak dianyam. Ciri khasnya terletak pada teksturnya yang lembut dengan sedikit serat. Bahan ini juga memiliki kerapatan pori-pori yang kecil sehingga udara dan partikel kecil tidak mudah tembus. Bakteri atau kuman pun sulit masuk ke dalam luka. 


Ultrafix dan Hypafix adalah produk terkenal yang terbuat dari bahan non-woven. Kedua produk ini secara garis besar memiliki fungsi yang sama, salah satunya untuk menutup luka berat. Bedanya, Hypafix cenderung memiliki daya rekat yang lebih kuat sehingga cocok untuk pengunci balutan luka atau menempelkan alat medis. Sementara itu, Ultrafix unggul pada teksturnya yang lebih fleksibel dan memiliki pori-pori sehingga baik untuk sirkulasi udara di kulit. 

Plester berbasis tekstil, unggul dalam daya tahan

Plester berbasis tekstil, unggul dalam daya tahan

Tekstil adalah bahan yang terbentuk dari hasil susunan benang atau serat. Kain adalah salah satu hasil jadi dari material tekstil ini. Plester dengan bahan kain ini umumnya unggul dalam segi daya tahan. Jadi, jika Anda mencari plester luka yang tidak mudah robek saat dipakai, pilihlah yang berbahan kain. 


Tidak hanya itu, plester dengan bahan kain ini biasanya juga lebih lentur sehingga mudah mengikuti bentuk tubuh. Selain itu, bahan kain juga memiliki pori-pori sehingga baik untuk menjaga kelembapan alami kulit di area luka. Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa plester dengan bahan kain ini biasanya tidak antiair.

Plester berbasis kertas, tipis dan ringan

Plester berbasis kertas, tipis dan ringan

Ada juga plester luka berbahan kertas. Secara kekuatan plester ini cenderung inferior dibandingkan kedua bahan lainnya. Namun, dari segi kenyamanan plester berbahan kertas adalah juaranya. Plester dengan bahan kertas tergolong tipis sehingga tidak gerah dan mengganjal di kulit.


Selain itu, teksturnya lebih lembut sehingga ramah di kulit. Oleh karena itu, plester berbahan kertas cukup aman untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Hebatnya lagi, plester kertas juga mudah dilepas.

Pertimbangkan plester antiair agar luka cepat kering

Pertimbangkan plester antiair agar luka cepat kering

Luka yang terkena air terus-menerus dapat luka menjadi basah dan terlalu lembap. Hal itu dapat membuat luka menjadi lembek dan rentan terhadap gesekan. Jika dibiarkan, luka dapat menjadi infeksi dan timbul nanah. Untuk itu, apabila area yang terluka sering kontak dengan air, sebaiknya Anda memilih plester luka yang antiair. 


Plester luka antiair tidak menyerap air, luka pun lebih cepat kering. Selain itu, Anda tetap dapat melakukan aktivitas yang melibatkan air, misalnya mencuci tangan.

10 Rekomendasi plester luka terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk plester luka terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini adalah murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Afriyani Khusna.

10
Jenis plester Tanpa pad
Ukuran10 cm x 5.000 cm
BahanNon-woven
Warna Putih
Jenis luka Semua jenis luka terutama persendian
Antiair Tidak ada keterangan
9

3MNexcare Micropore Paper Tape 1/2 inch x 10 yard

7000040223

Mulai dari Rp 12.800,00

Jenis plester Tanpa pad
Ukuran1,27 cm x 8.140 cm
BahanKertas
Warna Putih
Jenis luka Semua jenis luka
Antiair Tidak ada keterangan
8

3MNexcare Tegaderm+Pad Transparent Dressing

7000047844

Mulai dari Rp 26.700,00

Jenis plester Dengan pad
Ukuran5,8 cm x 10,1 cm
BahanTegaderm waterproof transparent dressing
Warna Transparan
Jenis luka Luka bakar, luka lecet, luka terisis, luka pascaoperasi
Antiair ✔︎
7

Mundipharma Betadine Plaster Waterproof Transparent

Mulai dari Rp 10.100,00

Jenis plester Dengan pad
Ukuran1,8 cm x 7,2 cm
BahanTidak ada keterangan
Warna Transparan
Jenis luka Luka teriris, luka goresan, luka lecet, dan luka ringan lainnya
Antiair ✔︎
6
Jenis plester Tanpa pad
Ukuran5 cm x 1.000 m
BahanNon-woven
Warna Putih
Jenis luka Semua jenis luka
Antiair Tidak ada keterangan
5
Jenis plester Tanpa pad
Ukuran5 cm x 6 cm dan 6 cm x 10 cm
BahanGel silikon medis
Warna Cokelat
Jenis luka Bekas luka terbakar, luka tergores, luka jahitan/operasi
Antiair
4

Beiersdorf IndonesiaHansaplast Aqua Protect Steril XL

Mulai dari Rp 9.000,00

Jenis plester Dengan pad
Ukuran6 cm x 7 cm
BahanPolyacrylate
Warna Transparan
Jenis luka Luka pascaoperasi, luka sayat, luka lecet
Antiair ✔︎
3
Jenis plester Dengan pad
UkuranTidak disebutkan
BahanHydrocolloid
Warna Transparan
Jenis luka Luka lecet di kaki
Antiair ✔︎
2
Jenis plester Dengan pad
Ukuran6,5 cm x 5 cm
BahanHydrophilic polyurethane
Warna Transparan
Jenis luka Luka pascaoperasi, luka potong, luka bakar minor, luka robek, luka lecet, luka dengan eksudat ringan atau sedang
Antiair ✔︎
1

Beiersdorf Indonesia Hansaplast Kain Elastis FUN 10 Lembar

Mulai dari Rp 6.000,00

Jenis plester Dengan pad
Ukuran1,9 cm x 0,65 cm
BahanKain
Warna Multicolor (gambar hewan)
Jenis luka Luka gores, luka sayat
Antiair Tidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk plester luka terbaik

Gambar produk
1
Beiersdorf Indonesia  Hansaplast Kain Elastis FUN 10 Lembar 1

Beiersdorf Indonesia

2
Smith&Nephew  OPSITE Post-Op 1

Smith&Nephew

3
Hycocare  Foot Plast 1

Hycocare

4
Beiersdorf Indonesia Hansaplast Aqua Protect Steril XL 1

Beiersdorf Indonesia

5
Pharos  Keloplast Silicone Keloid Reduction  1

Pharos

6
BSN Medical  Hypafix 5cm x 1 m  1

BSN Medical

7
Mundipharma  Betadine Plaster Waterproof Transparent 1

Mundipharma

8
3M Nexcare Tegaderm+Pad Transparent Dressing 1

3M

9
3M Nexcare Micropore Paper Tape 1/2 inch x 10 yard 1

3M

10
OneMed  Ultrafix 10cmx5m 1

OneMed

Nama produk

Hansaplast Kain Elastis FUN 10 Lembar

OPSITE Post-Op

Foot Plast

Hansaplast Aqua Protect Steril XL

Keloplast Silicone Keloid Reduction

Hypafix 5cm x 1 m

Betadine Plaster Waterproof Transparent

Nexcare Tegaderm+Pad Transparent Dressing

Nexcare Micropore Paper Tape 1/2 inch x 10 yard

Ultrafix 10cmx5m

Keunggulan

Lebih fun dengan motif hewan menggemaskan

Transparan dan antibakteri, pas menutupi luka operasi

Solusi mudah untuk memulihkan luka lecet di kaki

Steril dan kuat melekat meski tersiram air

Plester ajaib yang mampu mengatasi bekas luka

Awet dan menempel erat ke kulit

Pertolongan pertama untuk luka ringan

Luka bakar akan cepat kering dengan plester antiair ini

Bahannya ramah di kulit, tidak akan menimbulkan alergi

Plester multifungsi untuk berbagai macam jenis luka

Harga mulai dariRp 6.000,00Rp 11.000,00Rp 18.715,00Rp 9.000,00Rp 51.599,00Rp 17.500,00Rp 10.100,00Rp 26.700,00Rp 12.800,00Rp 23.000,00
Jenis plester Dengan pad Dengan pad Dengan pad Dengan pad Tanpa pad Tanpa pad Dengan pad Dengan pad Tanpa pad Tanpa pad
Ukuran1,9 cm x 0,65 cm6,5 cm x 5 cmTidak disebutkan6 cm x 7 cm 5 cm x 6 cm dan 6 cm x 10 cm5 cm x 1.000 m1,8 cm x 7,2 cm5,8 cm x 10,1 cm1,27 cm x 8.140 cm10 cm x 5.000 cm
BahanKainHydrophilic polyurethane HydrocolloidPolyacrylateGel silikon medis Non-woven Tidak ada keterangan Tegaderm waterproof transparent dressing Kertas Non-woven
Warna Multicolor (gambar hewan)TransparanTransparanTransparan CokelatPutihTransparanTransparanPutihPutih
Jenis luka Luka gores, luka sayatLuka pascaoperasi, luka potong, luka bakar minor, luka robek, luka lecet, luka dengan eksudat ringan atau sedang Luka lecet di kaki Luka pascaoperasi, luka sayat, luka lecetBekas luka terbakar, luka tergores, luka jahitan/operasiSemua jenis lukaLuka teriris, luka goresan, luka lecet, dan luka ringan lainnya Luka bakar, luka lecet, luka terisis, luka pascaoperasi Semua jenis luka Semua jenis luka terutama persendian
Antiair Tidak ada keterangan✔︎✔︎✔︎Tidak ada keterangan✔︎✔︎Tidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar plester luka

Pertanyaan umum seputar plester luka

Di artikel ini, kami juga telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait plester luka. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut adalah jawabannya. 

Apa perlunya menutup luka dengan plester?

Plester luka dapat mencegah luka dari kontaminasi kotoran, kuman, dan bakteri. Dengan demikian, risiko munculnya infeksi dapat berkurang dan luka pun lebih cepat pulih. 

Berapa lama plester luka dibuka?

Disarankan mengganti plester luka setidaknya dua hari sekali. Apabila plester basah terkena air atau sudah tidak merekat sempurna, sebaiknya diganti dengan yang baru. Namun, untuk perawatan luka pascaoperasi disarankan mengikuti petunjuk atau arahan dari dokter.

Cara merawat luka yang benar

Cara merawat luka yang benar

Agar luka Anda terhindar dari bakteri dan cepat sembuh, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah tips dalam menangani luka, baik pada diri sendiri maupun orang lain.

  • Cuci tangan terlebih dahulu. Jika tidak menemukan air, gunakan hand sanitizer untuk mengurangi bakteri pada tangan Anda. 
  • Tekan luka dengan kain bersih untuk menghentikan pendarahan. Jika Anda hanya mengalami luka gores, tahapan ini tidak perlu dilakukan.
  • Cuci luka dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran. Tepuk-tepuk dengan kain steril sampai area luka mengering. Jika masih ada kotoran pada area luka, ambil menggunakan pinset yang telah dibersihkan dengan alkohol.
  • Oleskan salep antibiotik untuk mencegah infeksi (tidak diperlukan jika Anda hanya mengalami luka gores). 
  • Tutup luka dengan perban atau plester untuk menjaga luka dari infeksi.
  • Ganti perban dan plester ketika basah untuk menjaga kebersihan luka. 

Penanganan luka bakar atau luka dengan pendarahan yang tidak kunjung berhenti segera dilakukan di klinik atau rumah sakit terdekat.

Baca juga rekomendasi produk perawatan luka lainnya di sini

Selain plester luka, masih ada banyak produk yang dapat digunakan untuk merawat dan mengobati luka. Apabila Anda membutuhkan referensi, kami telah mengulas beberapa rekomendasi produk perawatan luka lainnya.

Kesimpulan

Ternyata ada banyak jenis plester luka yang terdapat di pasaran. Sesuaikan jenis plester dengan luka yang dialami. Bahan plester dan ukurannya juga merupakan hal yang penting untuk Anda perhatikan. 


Jika Anda memilih plester untuk anak, pilihlah plester dengan gambar yang menarik. Kami harap artikel ini memudahkan Anda menemukan produk yang tepat. Semoga luka Anda lekas sembuh!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui bobot tubuh. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih timbangan badan digital. Kami juga akan memberi rekomendasi timbangan badan digital yang bagus dan akurat, seperti merek OneMed, GEA, Krisbow, dan Omron. Selamat menemukan timbangan digital terbaik!
    Alat medis
  • 10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Terkadang, Anda membutuhkan bantuan alat nebulizer. Nebulizer adalah alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Ada beberapa tipe nebulizer dari merek populer, seperti Philips, Omron, dan OneMed sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian dengan penyakit, harga, sampai kebisingan yang ditimbulkan. Kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang bagus dan tepat untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak selengkapnya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Merek-merek ternama, seperti Beurer, Omron, dan Polygreen juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang bagus dan tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Kalung Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kalung Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalung kesehatan adalah kalung yang mengandung material tertentu dan diklaim bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Gelombang elektromagnetik yang terpancar dari kalung tersebut dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, kalung kesehatan juga bisa dijadikan terapi alternatif untuk membuang racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.Kalung kesehatan dari batu germanium, gwisamunsok, tourmaline banyak diminati orang. Apabila Anda sedang mencari kalung kesehatan, artikel ini adalah artikel yang tepat. Kami akan membahas kalung kesehatan yang bagus dari berbagai merek, seperti MCI, Ginsamyong, dan Alsyva. Bacalah ulasan kami dan dapatkan produk terbaik!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi penderita gangguan mobilitas, kursi roda merupakan alat bantu penting untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, dari banyaknya model kursi roda, manakah yang tepat untuk Anda? Apakah kursi roda tipe manual atau elektrik?Kali ini, kami akan berbagi cara memilih kursi roda terbaik berdasarkan tipe, harga, dan fungsi tambahannya. Sepuluh produk kursi roda dari merek yang bagus, seperti AVICO, GEA, dan Speeds juga akan kami ulas. Anda juga bisa memilih kursi roda ringan yang pas untuk traveling. Simak penjelasan di bawah ini dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu model masker yang paling banyak dicari saat ini ialah masker duckbill. Masker yang bentuknya menyerupai paruh bebek ini memiliki potongan yang pas di wajah dengan desain yang stylish. Masker ini tersedia dalam beragam pilihan, misalnya masker duckbill hitam, putih, warna-warni, hingga untuk anak-anak dan wanita berhijab.Khusus untuk Anda, kami akan memberikan tips memilih masker duckbill beserta rekomendasi produknya. Selain Sensi, kami juga akan membagikan merek masker duckbill yang bagus, seperti Alkindo, Mouson, dan Careion. Silakan baca review lengkapnya di bawah, ya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Timbangan badan merupakan alat untuk mengukur berat badan seseorang. Dengan adanya timbangan, Anda dapat mengontrol berat badan setiap hari supaya tetap berada di angka ideal. Secara umum, timbangan badan terbagi menjadi dua jenis, yakni timbangan badan analog dan timbangan badan digital. Keduanya dapat dijumpai dengan mudah di toko-toko atau di e-commerce.Guna membantu Anda menentukan produk yang hendak dibeli, kami akan menjelaskan cara memilih timbangan badan untuk Anda. Tak ketinggalan, kami pun telah menyiapkan sepuluh rekomendasi timbangan badan terbaik, mulai dari merk OneMed, Oxone, dan sebagainya. Simak terus artikel ini!
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori