10 Rekomendasi Deterjen plus Pelembut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Deterjen plus Pelembut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Jika produk detergen dan pelembut dulu dikemas terpisah, sekarang tidak lagi. Anda dapat mempersingkat waktu mencuci pakaian dengan menggunakan detergen plus pelembut. Ada beberapa produk detergen plus pelembut yang cukup terkenal di pasaran, seperti Attack, Daia, dan So klin.

Namun, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih produk detergen plus pelembut? Di bawah ini kami akan membahasnya untuk Anda. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk detergen plus pelembut terbaik juga telah kami siapkan untuk membantu Anda menentukan pilihan.

Daftar isi

Cara memilih detergen plus pelembut

Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Anda membaca poin-poin cara memilih di bawah ini. Kami akan membahas beberapa tips penting yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih produk detergen plus pelembut.

Pilihlah produk berdasarkan jenisnya

Ada beberapa jenis detergen yang dapat Anda temukan di pasaran. Apa saja karakteristik dari setiap jenisnya?

Detergen bubuk: Ampuh membersihkan noda

Detergen bubuk: Ampuh membersihkan noda

Detergen bubuk memiliki kemampuan yang baik dalam menghilangkan noda, seperti noda minyak, noda asam, dan tumpahan makanan. Jika Anda kesulitan membersihkan pakaian yang terkena noda dengan detergen plus pelembut biasa, cobalah tipe bubuk.

Selain itu, Anda dapat memilih produk yang dilengkapi dengan bahan pemutih untuk mengembalikan warna pakaian yang terkena noda warna yang bersifat asam. Karena bahan pemutih bersifat basa, kekuatan alkali dalam detergen akan meningkat sehingga noda dapat dihilangkan.

Terkadang, pakaian yang belum bersih total dapat menyebabkan ruangan ikut berbau apek. Namun, jika Anda memilih detergen bubuk, Anda tidak akan terganggu dengan bau tidak sedap.

Anda juga dapat mencuci menggunakan air panas dengan suhu 35-45 derajat untuk meningkatkan kemampuan detergen dalam menghilangkan noda. Akan tetapi, air panas akan membuat bahan pemutih bekerja lebih kuat. Oleh sebab itu, saat mencuci pakaian yang bermotif atau berwarna dengan deterjen yang mengandung pemutih, sebaiknya Anda menggunakan air bersuhu normal.

Detergen cair: Hemat air karena tidak perlu dibilas

Detergen cair: Hemat air karena tidak perlu dibilas

Detergen cair adalah produk yang paling cocok dipilih jika Anda mencuci dengan mesin. Produk ini juga sesuai untuk Anda yang terbiasa mencuci dengan sedikit air atau menggunakan mesin cuci dengan fitur hemat air.

Perhatikan juga kandungannya!

Karena pakaian selalu menempel di tubuh, penting bagi Anda untuk memilih produk dengan kandungan yang aman. Selain itu, pilihlah detergen sesuai dengan hasil yang ingin Anda dapatkan.

Untuk mencuci pakaian bayi, pilih yang mengandung bahan alami

Untuk mencuci pakaian bayi, pilih yang mengandung bahan alami

Pada umumnya, detergen dengan pelembut biasa dapat membuat kulit bayi menjadi kasar. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk memilih produk dengan bahan-bahan alami, ekstrak tumbuh-tumbuhan, atau bahan yang tidak memicu iritasi.

Namun, bukan berarti menggunakan detergen berbahan alami membebaskan Anda dari iritasi. Iritasi mungkin saja tetap terjadi bagi sebagian orang. Jadi, hentikan pemakaian jika Anda menemukan gejala-gejala iritasi.

Seperti halnya kulit, Anda dapat memilih produk hypoallergenic untuk mengurangi kerusakan pada pakaian. Namun perlu diingat, bahwa semakin rendah stimulus, semakin rendah pula daya pembersihannya.

Menggunakan pakaian yang tidak bersih merupakan hal buruk untuk bayi dan kulit Anda. Jika Anda mengkhawatirkan kandungan di dalam detergen, Anda dapat mengurangi penggunaan detergen. Cobalah juga metode pencucian lain, seperti menggunakan air panas, menambah jumlah air saat mencuci dengan mesin, atau membilas ulang pakaian hingga benar-benar bersih dari detergen.

Hati-hati menggunakan detergen dengan kandungan fluorescent

Hati-hati menggunakan detergen dengan kandungan fluorescent

Kandungan yang membuat warna putih bersinar adalah kandungan fluorescent, yang dikenal sebagai optical brightener agents. Pemutih digunakan untuk menghilangkan noda, sedangkan bahan ini digunakan untuk menonjolkan tampilan warna putih.

Namun, detergen plus pelembut dengan kandungan fluorescent harus digunakan secara berhati-hati. Ketika Anda menggunakannya untuk mencuci pakaian berwarna krem atau yang bermotif warna-warni, sering kali warnanya berubah menjadi putih. Jika sudah telanjur berubah, akan sulit mengembalikan warnanya. Jadi, pastikan Anda menggunakan detergen ini hanya untuk pakaian berwarna putih saja.

Anda juga dapat memilih detergen berdasarkan aromanya

Anda juga dapat memilih detergen berdasarkan aromanya

Umumnya, Anda dapat menemukan detergen beraroma sabun, bunga, tumbuhan, atau aroma yang lembut. Karena terdapat banyak sekali variasi aroma, Anda dapat memilih berdasarkan aroma yang Anda sukai. Jika bingung memilih, Anda dapat mencoba tester atau sample-nya terlebih dahulu.

Namun, jika Anda memilih aroma yang terlalu kuat, hal tersebut dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Terlebih lagi saat Anda menggunakan parfum, aroma yang dikeluarkan akan semakin kuat. Bagi Anda yang kurang nyaman dengan aroma detergen, pilihlah yang tanpa pewangi atau yang menggunakan bahan alami sehingga aromanya ringan.

Selain itu, sebuah produk detergen plus pelembut tidak cocok untuk digunakan bersama produk pelembut lainnya. Mungkin Anda berpikir dua varian aroma yang enak apabila dicampur akan menghasilkan aroma terbaik. Namun, jika Anda mencampurnya akan menimbulkan aroma yang aneh.

10 Rekomendasi detergen plus pelembut terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi produk-produk detergen plus pelembut terbaik dari kami. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan aroma yang Anda sukai!

10. Total Putih + Softener

10. Total Putih + Softener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 14.000

Solusi mencuci untuk pakaian putih

Anda mencari detergen untuk pakaian putih? Jika iya, produk ini dapat dijadikan pilihan. Produk ini dilengkapi teknologi Optical White yang memaksimalkan pengangkatan kotoran untuk baju putih Anda. Warna putih tetap terjaga, bahan pakaiannya pun terasa lembut.

Jenis Bubuk
Kandungan utama Linear alkylbenzene sulfonate
Aroma Tidak disebutkan

9. My Baby Liquid Detergent

9. My Baby Liquid Detergent

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 19.600

Aman untuk kulit bayi dengan ekstrak chamomile sebagai kandungan anti-iritasi

Bagi Anda yang memiliki bayi atau balita di rumah, detergen ini kami sarankan untuk Anda. Ekstrak chamomile di dalam komposisinya akan mencegah iritasi bagi kulit anak. Di samping itu, kandungan ini juga berperan sebagai pelembut pakaian.

Karena berbentuk liquid, produk ini tentunya tidak meninggalkan residu di serat pakaian sehingga lebih aman untuk kulit bayi dan balita. Pakaian anak Anda pun terhindar dari bau apek berkat peran dari bahan antijamur dan antibakteri.

Jenis Cair
Kandungan utama Ekstrak chamomile
Aroma Tidak disebutkan

8. B29 Pink Detergent Plus Softener

8. B29 Pink Detergent Plus Softener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 14.900

Efektif membersihkan dengan harga terjangkau

Jika memilih produk ini, Anda akan memperoleh detergen berukuran 800 gram dengan harga terjangkau. Selain itu, butiran merah muda yang terkandung di dalamnya efektif mengangkat kotoran membandel tanpa mengubah warna pakaian. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari detergen berkualitas dengan harga ekonomis!

Jenis Bubuk
Kandungan utama Tidak disebutkan
Aroma Rose

7. Prowash Concentrated Matic Detergent

7. Prowash Concentrated Matic Detergent

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 30.000

Jadikan warna baju Anda tampak seperti baru lagi!

Prowash Concentrated Matic Detergent adalah jawaban bagi Anda yang mendambakan warna baju lebih cemerlang. Teknologi Nano Kleen dari produk ini akan mengembalikan warna asli pakaian Anda sehingga terlihat seperti baru. Selain itu, pakaian Anda juga terasa lebih halus karena peran softening agent dalam formulanya.

Jenis Bubuk
Kandungan utama Surfaktan anionik + non ionik 10,5%, Natrium karbonat, dan oksigen aktif. Optical brightener, softening agent
Aroma Tidak disebutkan

6. Beauty Barn Home Dirt-O Natural Liquid Cleaner

6. Beauty Barn Home Dirt-O Natural Liquid Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 250.000

Dibuat dari bahan alami yang ramah lingkungan

Detergen cair ini bebas kandungan chlorine atau bahan kimia lain yang dapat merusak lingkungan. Oleh sebab itu, busa hasil pencucian dari produk ini tidak mencemari lingkungan. Anda yang peduli terhadap kelestarian lingkungan tentu akan menyukai detergen ini!

Formulanya terdiri dari bahan-bahan alami. Dengan demikian, kemungkinan terjadinya iritasi kulit pun mengecil. Di samping itu, produk ini juga bebas dari bahan pewangi buatan sehingga cocok untuk Anda yang kurang menyukai wangi berlebihan dari produk detergen.

Jenis Cair
Kandungan utama Therapeutic essential oils
Aroma Therapeutic essential oils

5. Kao Attack Plus Softener Liquid

5. Kao Attack Plus Softener Liquid 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 18.500

Menawarkan formula baru yang membuat pakaian Anda bebas dari bau tak sedap

Berkat formula New 3D Clean Action, produk ini tidak hanya membersihkan dan melembutkan, tetapi juga bersifat antikuman dan antibau. Detergen cair ini juga mudah dibilas tanpa meninggalkan residu di serat pakaian Anda.

Oleh karena itu, Attack Plus Softener Liquid dapat dijadikan pilihan jika Anda menginginkan proses mencuci yang lebih cepat. Formula baru yang ditawarkan Attack juga dilengkapi dengan zat surfaktan biodegradable yang dikenal ramah lingkungan.

Jenis Cair
Kandungan utama 22% surfaktan, 33% Natrium karbonat, enzim, dan 8% pelembut.
Aroma Floral

4. P&G Tide Plus A Touch of Downy Liquid Laundry Detergent

4. P&G Tide Plus A Touch of Downy Liquid Laundry Detergent

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 265.000

Noda yang menempel di baju anak sulit dihilangkan? Sekarang tidak lagi!

Apabila Anda memiliki anak yang sedang aktif-aktifnya, kami rekomendasikan detergen ini untuk Anda. Menawarkan kemampuan membersihkan enam kali lebih besar, produk ini akan membantu Anda membersihkan pakaian dari noda membandel.

Di sisi lain, aromanya yang lembut dan tahan lama akan menjaga kesegaran pakaian anak Anda seharian. Mulai sekarang tidak perlu mencemaskan noda cokelat, kue, atau cipratan tanah di baju anak Anda. Detergen yang menduduki penjualan nomor satu di Amerika ini dapat menjadi solusinya!

Jenis Cair
Kandungan utama Sodium alcohol ethoxylate sulfate dan linear alkylbenzene
Aroma Pearls scent

3. Unilever Rinso Molto Deterjen Cair

3. Unilever Rinso Molto Deterjen Cair

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 14.800

Hanya sekali kucek, noda pun hilang!

Detergen cair dari Rinso ini diklaim dapat membersihkan noda hanya dengan sekali kucek. Produk ini juga membuat Anda lebih hemat air karena teknologi SmartFoam di dalamnya akan menghilangkan busa dengan cepat. Anda yang sedang menghemat penggunaan air dapat mencoba produk ini!

Produk ini juga tidak membuat kulit kering sehingga tetap nyaman meskipun Anda mencuci baju dengan tangan. Selain itu, perpaduan aroma bunga dan buah menjadi keunikan dari detergen ini karena tidak ditemukan pada produk lainnya.

Jenis Cair
Kandungan utama Natrium alkylbenzena sulfonate
Aroma Rose dan strawberry

2. Wings Daia Plus Softener Detergent

2. Wings Daia Plus Softener Detergent

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 17.100

Tampil percaya diri dengan pakaian wangi sepanjang hari

Dibuat dengan formula khusus, Daia Plus Softener Detergent menghasilkan keharuman bunga alami. Pakaian Anda pun tetap wangi seharian walaupun Anda banyak bergerak dan berkeringat di bawah terik matahari. Bagi Anda yang mencari detergen beraroma kuat dan tahan lama, produk ini kami rekomendasikan.

Jenis Bubuk
Kandungan utama Linear alkylbenzene sulfonate
Aroma Floral

1. Wings So Klin Softergent

1. Wings So Klin Softergent

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 14.500

Untuk pakaian yang lebih lembut, lebih wangi, dan bebas bau!

So Klin Softergent mampu membersihkan dan menjadikan pakaian Anda dua kali lebih lembut dan wangi. Formulanya pun efektif mengangkat kotoran yang menempel tanpa membuat pakaian menyusut. Dengan kandungan konsentrat 50% lebih tinggi dibandingkan produk sejenis, kotoran tentunya lebih mudah terangkat.

Jika Anda mencari variasi keharuman detergen plus pelembut, produk ini memiliki tiga varian yang dapat Anda pilih. Warna pink menawarkan aroma soft floral, biru beraroma fresh floral fruity, dan ungu memberikan aroma lavender. Pilihlah aroma yang Anda dan keluarga sukai!

Jenis Bubuk
Kandungan utama Sodium dodecyl alky dan benzene sulfonate
Aroma Soft floral, fresh floral fruity, dan lavender

Baca juga rekomendasi detergen terbaik lainnya di sini!

Tentu Anda tahu bahwa ada banyak sekali varian detergen saat ini. Oleh sebab itu, kami telah menyiapkan artikel lain yang membahas tentang rekomendasi detergen terbaik lainnya. Selain detergen, ada pula artikel yang membahas produk pelembut pakaian terbaik. Cek link berikut ini!

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membagi tips cara memilih detergen plus pelembut untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan mencuci pakaian di rumah? Anda dapat memilih berdasarkan aroma, formula, dan hasil yang ditawarkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk detergen plus pelembut yang tepat. Selamat mencoba!