10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Awal 20-an (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Awal 20-an (Terbaru Tahun 2019)

Menginjak usia awal 20-an, masalah kulit yang dialami tentunya berbeda dengan saat remaja. Essence yang selama ini Anda gunakan mungkin sudah tidak mencukupi untuk perawatan kulit. Namun, dari sekian banyak essence yang tersedia dengan berbagai manfaat untuk kulit, tahukah Anda fungsi mana yang paling Anda butuhkan?

Jadi, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih essence yang tepat untuk usia awal 20-an, memperkenalkan produk terbaik, sekaligus menjelaskan efek yang diberikan masing-masing produk tersebut. Temukanlah produk yang tepat untuk mempertahankan keremajaan kulit sejak dini!

Daftar isi

Cara memilih essence untuk usia awal 20-an

Pertama, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih essence yang tepat untuk usia awal 20-an. Pilihlah sesuai dengan jenis kulit, pertimbangan cost and performance, dan juga berdasarkan siklus hormonal Anda.

Pilih sesuai masalah kulit yang dihadapi

Jika Anda mengalami masalah pada kulit, pilihlah essence yang sesuai untuk mengatasinya. Berikut kami bahas dua masalah kulit yang paling sering terjadi pada usia awal 20-an.

Untuk mengatasi jerawat, pilih yang mengandung vitamin C derivatif atau bahan antiinflamasi

Untuk mengatasi jerawat, pilih yang mengandung vitamin C derivatif atau bahan antiinflamasi

Tidak seperti jerawat yang muncul pada usia pubertas, jerawat yang muncul pada usia awal 20-an cenderung lambat untuk disembuhkan. “Jerawat dewasa” seperti ini sering disebabkan oleh gangguan kebiasaan makan, stres, kulit kering, paparan sinar ultraviolet, gangguan keseimbangan hormon, dan sebagainya.

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah kondisi kulit yang kering. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba menggunakan essence yang mampu memberikan kelembapan pada kulit. Selain itu, pilihlah produk dengan kandungan bahan yang efektif untuk membasmi jerawat, seperti vitamin C derivatif atau glycyrrhizic acid yang memiliki manfaat antiinflamasi.

Untuk mengatasi kulit kering, pilih yang mengandung hyaluronic acid atau kolagen

Untuk mengatasi kulit kering, pilih yang mengandung hyaluronic acid atau kolagen

Mungkin banyak di antara Anda yang mulai mengalami kulit kering di usia awal 20-an. Jika kondisi kulit kering, makeup akan terlihat cakey (tampak pecah) pada bagian tertentu di wajah, atau tidak menempel dengan baik. Kulit kering juga bisa menyebabkan timbulnya masalah kulit, seperti jerawat, keriput, atau garis halus di wajah.

Untuk mengatasi masalah kulit kering, pilihlah essence yang mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid dan kolagen. Atau jika Anda menginginkan kelembapan yang lebih lagi, Anda bisa memilih essence dengan kandungan ceramide yang sangat bagus untuk melembapkan kulit.

Pilih yang harganya ekonomis untuk pemakaian rutin

Pilih yang harganya ekonomis untuk pemakaian rutin

Pada usia awal 20-an, mungkin kondisi ekonomi belum begitu mapan. Sebagian orang yang memiliki masalah kulit pastinya menginginkan essence terbaik yang mungkin cukup mahal harganya. Namun, jika memilih produk yang terlalu mahal, bisa jadi Anda akan menggunakannya sedikit-sedikit untuk menghemat pemakaian.

Tidak peduli seberapa bagus essence yang Anda miliki, jika tidak menggunakannya sesuai anjuran pemakaian, Anda tidak akan mendapatkan efek yang signifikan. Untuk memperoleh perawatan kulit terbaik, pilihlah essence yang harganya sesuai dengan budget agar pemakaian bisa lebih rutin dengan takaran yang sesuai.

Pilih yang formulanya ringan dan fokus pada efek melembapkan

Pilih yang formulanya ringan dan fokus pada efek melembapkan

Saat memilih essence di usia awal 20-an, efek melembapkan adalah poin yang penting. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kulit kering dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Sebelum hal itu terjadi, Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan essence yang mengandung ceramide, asam amino, hyaluronic acid, atau kolagen yang memiliki kekuatan melembapkan yang tinggi.

Bila kulit terjaga kelembapannya, masalah seperti jerawat atau pori-pori besar bisa teratasi. Kulit yang lembap akan menjadikannya lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Selain itu, kulit pada usia awal 20-an bisa dikatakan masih muda, dan efek yang memadai dapat diperoleh dari essence yang formulanya sederhana. Memang cukup banyak produk essence untuk usia 30-an dan 40-an yang kaya akan kandungan bahan pelembap. Namun, di dalamnya bisa jadi terdapat kandungan lain yang belum dibutuhkan untuk perawatan kulit usia awal 20-an.

Hal ini kemungkinan malah akan mengakibatkan timbulnya masalah kulit. Oleh karena itu, pilihlah essence dengan formula yang ringan untuk perawatan yang memaksimalkan fungsi kulit di usia awal 20-an.

Gunakan dengan benar sesuai siklus hormonal

Gunakan dengan benar sesuai siklus hormonal

Karena wanita mengalami perubahan kondisi kulit sesuai siklus fisiologis, produk essence yang sama sekali pun bisa memberikan efek berbeda pada kulit tergantung pada siklus hormonal. Misalnya, sebelum dan selama menstruasi, kulit cenderung menjadi kering dan mudah timbul masalah kulit seperti jerawat. Saat kulit menjadi sangat sensitif seperti ini, lindungilah kulit Anda dengan menggunakan essence yang mengandung bahan pelembap, seperti ceramide dan asam amino.

Di luar dari periode itu, keseimbangan antara kelembapan dan kadar minyak pada kulit wajah biasanya cenderung lebih baik. Pada saat seperti ini, Anda bisa menggunakan jenis essence untuk whitening care yang mengandung vitamin C derivatif atau lainnya. Bagi Anda yang kondisi kulitnya cenderung berubah karena siklus hormonal, ada baiknya untuk membedakan pemakaian essence sesuai kondisi kulit saat itu.

10 Rekomendasi essence terbaik untuk usia awal 20-an

Sekarang kami akan memperkenalkan sepuluh essence yang direkomendasikan untuk usia awal 20-an. Kami akan membahas bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, manfaat yang diberikan, serta memberikan pertimbangan cost and performance dari produk-produk tersebut.

10. Nature Republic California Aloe Vera 80% Gel Essence

10. Nature Republic California Aloe Vera 80% Gel Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Menenangkan dan melindungi kulit secara maksimal dari dampak lingkungan

Produk yang ideal untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif ini terbuat dari 80% ekstrak aloe vera yang banyak mengandung bahan aktif yang bermanfaat bagi kulit. Termasuk di antaranya kandungan vitamin A, C, dan E yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari berbagai dampak dari lingkungan.

Kandungan organic aloe vera dalam essence ini juga efektif untuk menenangkan serta melembapkan kulit secara maksimal. Perlindungan yang diberikannya terhadap sinar UV, serta kemampuannya menekan pertumbuhan melanin akan menjadikan wajah terlihat lebih cerah. Jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor, silakan coba produk ini!

Volume 35 ml
Kandungan bahan aktif Organic aloe vera
Tekstur Gel

9. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

9. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 31.000

Kelembapan kulit terjaga dan terhindar dari produksi minyak berlebih

Penggunaan tiga jenis hyaluronic acid dalam essence keluaran Hada Labo yang satu ini efektif untuk meningkatkan kelembapan kulit sekaligus menguncinya agar kulit tetap terhidrasi. Dengan menggunakan produk ini, kulit akan terasa lebih segar, elastis, dan lembut.

Meski memiliki kandungan pelembap yang tinggi, produk yang ditujukan untuk kulit berminyak ini mampu mencegah sekresi sebum berlebih. Bagi Anda yang sering kesulitan mencari essence yang tidak merangsang produksi minyak pada wajah, produk ini jawabannya!

Volume 100 ml
Kandungan bahan aktif Tiga jenis hyaluronic acid
Tekstur Lotion

8. Etude House Wonder Pore Tightening Essence

8. Etude House Wonder Pore Tightening Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 168.000

Atasi sepuluh permasalahan kulit wajah dengan satu produk!

Bagi Anda yang memiliki masalah pori-pori wajah yang terbuka, penggunaan Etude House Wonder Pore Tightening Essence bisa menjadi solusinya! Adanya kandungan glycerin menjadikan produk ini efektif untuk melembapkan serta mengecilkan pori-pori agar terlihat lembut dan halus.

Essence ini diformulasikan ampuh mengatasi sepuluh permasalahan yang sering muncul pada kulit, seperti untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berminyak, dan menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, dapatkan juga kulit yang lebih cerah cukup dengan menggunakan satu produk ini secara teratur!

Volume 50 ml
Kandungan bahan aktif Glycerin
Tekstur Gel

7. Skinfood Premium Lettuce & Cucumber Watery Essence

7. Skinfood Premium Lettuce & Cucumber Watery Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 160.000

Manfaat ketimun untuk memulihkan kelembapan wajah dan menjadikannya lebih bening

Komposisi 30% air ketimun, 10% ekstrak ketimun, dan 10% ekstrak selada pada essence dari Skinfood ini menjadikannya mampu melembapkan dan menghidrasi kulit hingga lapisan kulit yang terdalam. Dengan manfaat kelembapannya yang tinggi, produk ini tentu sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering atau pecah-pecah.

Selain itu, tekstur yang seperti air menghasilkan produk yang cepat diserap oleh kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket sehingga nyaman dipakai dan memberikan efek dingin pada kulit. Untuk Anda yang menginginkan kulit lebih halus dan bening, produk ini bisa menjadi pilihan!

Volume 50 ml
Kandungan bahan aktif Ekstrak selada, ekstrak ketimun, air ketimun
Tekstur Watery

6. Innisfree Green Tea Seed Essence in Lotion

6. Innisfree Green Tea Seed Essence in Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 218.000

Untuk perlindungan kulit dari polusi dan radikal bebas

Produk ini diformulasikan dengan bahan pelembap khusus Beauty Green Tea yang dikembangkan oleh Innisfree lewat studi berbagai varietas teh hijau. Dengan diperkaya 16 amino acid di dalam Beauty Green Tea tersebut, essence ini mampu menghidrasi dan memberikan kelembapan maksimal pada kulit!

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, kulit Anda juga akan terlindung dari dampak polusi, atau radikal bebas. Selain itu, tekstur lotion-nya sendiri juga halus dan tahan lama menempel pada kulit sehingga sangat pas digunakan untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit sehari-hari.

Volume 100 ml
Kandungan bahan aktif Beauty Green Tea dengan 16 jenis amino acid
Tekstur Milky lotion

5. Cosrx Galactomyces 95 Tone Balancing Essence

5. Cosrx Galactomyces 95 Tone Balancing Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 189.000

Efektif mengatasi bercak di wajah dan menjadikannya lebih mulus

Jika Anda memiliki masalah bercak di wajah, misalnya akibat bekas jerawat yang terlihat kering, tidak ada salahnya mencoba essence dari Cosrx yang satu ini. Diformulasikan dengan 95% galactomyces ferment filtrate, produk ini efektif memperbaiki kondisi kulit agar lebih lembut dan mulus.

Essence ini bekerja dengan cara menutrisi, melembapkan, dan menyehatkan kulit sehingga tampak lebih bercahaya. Selain ampuh untuk mengencangkan dan menyegarkan kulit, produk ini juga secara alami dapat memperlambat penuaan kulit. Cocok bagi Anda yang ingin menjaga keremajaan kulit sejak dini.

Volume 100 ml
Kandungan bahan aktif Galactomyces ferment filtrate
Tekstur Watery

4. Etude House Moistfull Collagen Essence

4. Etude House Moistfull Collagen Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 150.000

Dapatkan kulit lembut dan kenyal seperti jelly dengan produk yang kaya kolagen ini!

Perpaduan antara new aqua stream complex, super collagen water, dan baobab oil di dalam produk keluaran Etude House yang satu ini dapat menghasilkan kulit lembut dan kenyal seperti jelly! Jadi, bila Anda ingin memperbaiki dan menyehatkan kondisi kulit yang kering, produk ini bisa menjadi pilihan!

Produk ini dapat memberikan kelembapan kulit yang tahan lama ini sehingga tentunya cocok juga untuk Anda yang memiliki aktivitas padat sepanjang hari. Formulanya yang pekat, tetapi juga ringan akan memberikan sensasi nyaman saat dipakai tanpa meninggalkan rasa lengket pada kulit.

Volume 80 ml
Kandungan bahan aktif New aqua stream complex, collagen, baobab oil
Tekstur Gel

3. Garnier Light Complete White Speed Super Essence

3. Garnier Light Complete White Speed Super Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.800

Hilangkan noda hitam dan atasi masalah kulit kusam

Untuk Anda yang memiliki keluhan noda hitam pada wajah, silakan coba menggunakan essence dari Garnier yang satu ini! Kandungan vitamin C yang tinggi pada di dalamnya efektif untuk mengatasi jerawat dan mengurangi munculnya melanin pada kulit akibat polusi atau sinar matahari.

Dengan formulasi yang ringan, essence ini mudah diserap oleh kulit sehingga mampu bekerja dengan lebih cepat. Kulit Anda akan terasa lebih halus dan cerah dalam 6 hari, solusi tepat untuk Anda yang segera menginginkan hasil nyata!

Volume 10 ml
Kandungan bahan aktif vitamin C
Tekstur watery

2. Cosrx Hyaluronic Acid Hydra Power Essence

2. Cosrx Hyaluronic Acid Hydra Power Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 195.000

Menutrisi dan melembapkan kulit hingga ke lapisan terdalam

Jika Anda ingin menyehatkan kulit kering secara mendalam, COSRX Hyaluronic Acid Hydra Power Essence adalah solusinya! Tingginya kadar hyaluronic acid dalam produk ini mampu menutrisi dan menghidrasi hingga ke lapisan terdalam kulit.

Essence yang ditujukan untuk jenis kulit kering dan normal ini akan menjadikan kulit tampak lebih lembut, halus, dan kenyal. Sementara itu, teksturnya yang watery memungkinkan penyerapan lebih cepat sehingga dapat memaksimalkan fungsinya dalam melembapkan kulit.

Volume 100 ml
Kandungan bahan aktif Hyaluronic acid
Tekstur Watery

1. The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Essence Lotion

1. The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Essence Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 169.000

Memberikan kelembapan pada kulit hingga 48 jam!

The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Essence Lotion merupakan essence yang formulanya ringan sehingga mudah meresap dan tidak lengket pada kulit wajah. Adanya kandungan biofermented hyaluronic acid di dalamnya, menjadikan essence ini mampu menyegarkan dan melembapkan kulit hingga 48 jam! Pilihan tepat bagi Anda yang sibuk.

Produk ini juga kaya akan antioksidan yang ampuh melindungi dari polusi dan radikal bebas sehingga cocok juga untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, essence ini juga diformulasikan untuk mempersiapkan kulit agar dapat menerima rangkaian skincare selanjutnya dengan maksimal. Manfaat yang lengkap bagi kulit, bukan?

Volume 160 ml
Kandungan bahan aktif Biofermented hyaluronic acid, vitamin E, dan wheatgerm oil
Tekstur Gel

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya untuk usia 20-an!

Untuk melengkapi perawatan wajah di usia 20-an, artikel serum dan essence lainnya berikut ini mungkin akan menarik bagi Anda. Langsung saja cek pembahasan lebih lanjutnya di bawah ini!

Kesimpulan

Kali ini kami telah memperkenalkan sepuluh essence yang direkomendasikan untuk perawatan kulit usia awal 20-an. Bagaimana? Kami harap Anda bisa menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan, terutama untuk mencegah terjadinya berbagai masalah kulit sejak dini.

Essence memiliki peran penting dalam merawat dan melembapkan kulit. Dengan mempertimbangkan kandungan bahan aktifnya, harga, jenis kulit, serta masalah kulit yang ingin diatasi, mari temukan essence yang mampu mempertahankan keremajaan kulit Anda!