10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pernahkan Anda merasa bahwa pekerjaan mencuci baju adalah pekerjaan tanpa henti? Pakaian kotor menumpuk membuat Anda merasa lelah bahkan sebelum mencucinya. Yang Anda butuhkan adalah mesin cuci otomatis yang bagus untuk meringankan pekerjaan rumah tangga Anda.

Mesin cuci tipe front loading sedang naik daun karena fitur yang ditawarkannya sangat menarik. Mulai dari hemat air dan listrik, mesin tahan lama, hingga cucian bersih, anti bakteri dan alergen. Silakan pelajari keunggulan dan kelemahannya, sehingga Anda bisa memilih yang terbaik!

Daftar isi

Cara memilih mesin cuci front loading

Mesin cuci merupakan alat elektronik yang biasanya digunakan hampir setiap hari. Anda akan membutuhkan mesin cuci yang berkualitas tinggi dengan hasil yang optimal, serta tahan lama. Mesin cuci Anda juga harus mudah digunakan, karena ini akan meringankan tugas rumah tangga Anda. Tidak hanya mudah untuk ibu, namun juga untuk seluruh anggota keluarga. Pekerjaan rumah tangga yang lebih ringan akan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Berapa kapasitas mesin cuci yang Anda butuhkan?

Berapa kapasitas mesin cuci yang Anda butuhkan?

Pakaian kotor selalu ada di rumah Anda, terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil. Selain itu, juga ada handuk, sprei, dan selimut. Rata-rata jumlah cucian kotor pada tiap rumah tangga adalah 1,5 kg per harinya. Hal ini bisa dijadikan acuan untuk memilih kapasitas mesin cuci yang Anda inginkan. Apakah Anda akan mencuci setiap hari? Atau Anda akan mencuci secara berkala? Jenis cucian yang akan dicuci juga mempengaruhi pemilihan kapasitas ini.

Menyesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah cucian dan frekuensi mencuci akan berguna dalam menjaga agar mesin cuci Anda tahan lama. Jika Anda bekerja dan hanya akan mencuci pakaian saat akhir pekan, maka sebaiknya Anda memilih mesin cuci dengan kapasitas besar. Kapasitas mesin cuci front loading sebesar 7 kg biasanya sesuai untuk keluarga dengan dua anak. Untuk keluarga lebih besar, sebaiknya pilih mesin cuci berkapasitas 10 kg.

Bukaan pintu, kanan atau kiri?

 

Bukaan pintu, kanan atau kiri?

Pada mesin cuci front loading, drum pencucian diletakkan secara horizontal sehingga bukaan mesin cuci terdapat di sisi depan. Saat hendak digunakan, kita harus membungkuk atau berjongkok untuk membuka pintunya. Ada dua pilihan bukaan pintu, yaitu bukaan ke kanan dan ke kiri. Pertimbangkan posisi di mana mesin cuci Anda akan diletakkan, pilih bukaan pintu berdasarkan hal tersebut. Pertimbangkan juga sisi dominan Anda, kanan atau kiri.

Bayangkan saat Anda menggunakan mesin cuci ini, jangan sampai bukaannya terhalang atau menghalangi kegiatan lainnya. Jika Anda bukan seorang kidal, tidak masalah dengan bukaan pintu mesin cuci ke arah kiri. Pintu jenis ini adalah yang paling banyak ditemui di pasaran. Jika Anda kidal, bukaan ke kiri akan menyulitkan Anda. Maka, pilihlah mesin cuci dengan bukaan ke kanan.

Suara mesin cuci

Suara mesin cuci

Tidak diragukan lagi, mesin cuci yang sedang beroperasi akan menghasilkan getaran dan menimbulkan suara. Jika Anda tinggal di apartemen atau memiliki bayi, maka Anda tidak ingin suara berisik mengganggu ketenangan di sekitar Anda atau bayi Anda. Tidak ada mesin cuci yang benar-benar tidak mengeluarkan suara, namun para produsen mesin cuci berusaha mengembangkan model yang minim suara.

Ambang kebisingan untuk “sepi” adalah 45 dB, sedangkan kisaran kebisingan dalam rumah tangga biasanya 50-60 dB. Kebisingan mesin cuci tergantung dari aktivitas yang dilakukan: mencuci, membilas, dan mengeringkan. Tingkat kebisingan juga tergantung dari jarak mesin cuci dengan area aktivitas Anda. Carilah mesin cuci dengan tingkat kebisingan yang bisa ditoleransi dengan tempat tinggal dan kegiatan sehari-hari Anda dan keluarga.

Tips dari kami: carilah mesin cuci dengan teknologi inverter,  teknologi ini akan membantu mengurangi kebisingan yang dihasilkan saat drum mesin cuci berputar.

Utamakan keamanan

Utamakan keamanan

Jika Anda memiliki anak, terutama anak balita, maka Anda harus mempertimbangkan keamanan untuknya. Anak balita memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, ia akan tertarik dengan mesin cuci jika melihatnya. Mesin cuci front loading memiliki bukaan yang cukup rendah sehingga bisa dibuka oleh anak kecil. Ada kemungkinan ia akan membuka pintu mesin cuci dan bermain dengan benda itu, bahkan masuk ke dalamnya.

Akan lebih baik jika mesin cuci front loading pilihan Anda memiliki fitur child lock sehingga aman untuk anak Anda. Pintu mesin cuci front loading saat beroperasi memang tidak bisa dibuka dari luar, karena saat mencuci, pintu akan otomatis terkunci dari dalam. Pintu akan terbuka saat proses mencuci selesai. Fitur child lock merupakan nilai lebih bagi mesin cuci front loading untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah.

Pilih yang hemat air dan listrik

Pilih yang hemat air dan listrik

Dibandingkan dengan tipe mesin cuci lainnya, mesin cuci front loading lebih hemat air. Selama pengoperasian, mesin cuci ini rata-rata membutuhkan sekitar 90 liter air, sementara mesin cuci top loading membutuhkan dua kali lipatnya. Pada mesin cuci dengan drum horizontal, cucian tidak perlu terendam secara penuh karena perputarannya memungkinkan pencucian dengan hasil yang optimal.

Bagaimana dengan hemat listrik? Banyak yang mengatakan bahwa mesin cuci front loading akan boros listrik. Hal ini tergantung dari fitur pencucian dan pengeringan pada mesin pilihan Anda. Ada mesin cuci yang memiliki fitur hot wash dan pengeringan dengan panas. Jika Anda menggunakan fitur-fitur ini, maka listrik yang dikonsumsi akan cukup besar.

Fitur unggulan dari produsen mesin cuci

Produsen mesin cuci front loading di Indonesia saat ini mayoritas berasal dari produsen-produsen besar yang sudah terkenal dalam pembuatan alat-alat elektronik.  Sebut saja Electrolux, LG, Sharp, dan Samsung. Setiap produsen memiliki karakteristik tersendiri dalam memproduksi mesin cuci front loading. Mari kita simak yang berikut ini.

Electrolux

Electrolux

Electrolux termasuk produsen alat elektronik yang populer di Indonesia, termasuk produk mesin cucinya. Mesin cuci Electrolux memiliki teknologi UltraMix yang membuat hasil cucian bersih secara optimal tanpa ada residu deterjen. Ini karena mesin cuci Electrolux akan melarutkan deterjen terlebih dahulu sebelum memulai pencucian dan menyemprotkan air ke pakaian kotor. Ini akan membuat pakaian Anda lebih bersih dan tampak lebih cerah.

Hal lain yang merupakan kekhasan Electrolux adalah teknologi perawatan kain dan bebas kusut dengan teknologi Vapour Refresh. Ini menghasilkan pakaian yang tidak terlalu kusut setelah proses pencucian dan pengeringan selesai. Anda akan merasa terbantu dengan tidak perlu menyetrika terlalu lama.

LG

LG

LG melengkapi semua jenis mesin cuci mereka dengan teknologi Inverter Direct Drive. Sebuah teknologi yang langsung menghubungkan motor penggerak dengan drum pencucian. Inverter menyeimbangkan mesin motor dengan getaran seminimal mungkin dan suara yang tidak berisik. Ditambah lagi dengan drum pencucian berbahan stainless steel membuat mesin cuci ini tahan lama.

Karakteristik lain yang dimiliki oleh mesin cuci front loading LG adalah TurboWash yang memungkinkan pakaian kotor dicuci dalam waktu sekejap. Dengan teknologi ini, saat pakaian dibilas tabung akan berputar bersamaan dengan penyemprotan air ke dalam drum pencucian.

Sharp

Sharp

Mesin cuci front loading dari Sharp memiliki karakter khas yaitu desain kabinet Boomerang yang meredam getaran dan suara saat proses pencucian. Mesin cuci Sharp ini juga dilengkapi dengan sistem Eco Logic, mesin cuci ini bisa memindai banyaknya cucian yang masuk dan menyesuaikan konsumsi energi yang digunakan untuk mencuci.

Dilengkapi dengan child lock, mesin cuci front loading Sharp akan aman untuk keluarga dengan anak kecil. Fitur lain dari mesin cuci Sharp adalah Allergy Safe yang menjaga cucian dari kontaminasi bakteri dan alergen penyebab alergi.

Samsung

Samsung

Mesin cuci front loading Samsung memiliki beberapa karakter yang khas. Diamond drum, tabung cuci pada mesin cuci Samsung memiliki permukaan tabung yang unik, menyerupai berlian dan memiliki lubang-lubang kecil pembuangan air sehingga pakaian tetap terawat. Selain itu, mesin cuci Samsung juga memiliki teknologi tabung inverter yang membuat drum lebih tahan lama.

Karakter EcoBubble membuat cucian lebih bersih karena busa mikro yang masuk melalui serat-serat kain 40x lebih  banyak. Beberapa jenis mesin cuci front loading keluaran Samsung bahkan memiliki teknologi Smart Check yang memungkinkannya terhubung dengan smartphone. Fitur ini membantu mendeteksi, mendiagnosa, dan memberi solusi apabila ada masalah dengan mesin cuci.

10 Rekomendasi mesin cuci front loading terbaik

Di bawah ini kami berikan 10 rekomendasi mesin cuci front loading terbaik, dengan fitur-fiturnya yang menarik dan bermanfaat. Anda bisa menjadikan rekomendasi ini sebagai referensi dalam memilih mesin cuci front loading. Selamat membaca!

10. Modena WF625

10. Modena WF652

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 3.099.000

Kapasitas kecil untuk cucian berkala Anda

Mesin cuci Modena WF652 merupakan mesin cuci front loading sederhana yang memiliki 8 program pencucian dan pengeringan. Mesin cuci ini memiliki kapasitas cuci 6 kg dengan penggunaan temperatur air yang bisa diatur, sehingga bisa membuat noda pada cucian Anda lebih mudah dibersihkan. Jika saat mencuci ada pakaian kotor yang lupa dimasukkan, ada tombol Start/Pause yang memudahkan Anda memasukkannya ke dalam tabung pencuci.

Mesin cuci front loading ini juga disertai dengan kaki-kaki yang bisa disesuaikan tingginya. Modena WF652 juga memiliki 2 + 2 per yang berfungsi sebagai peredam sehingga tidak berisik saat beroperasi. Kelemahan dari mesin cuci ini adalah perputaran drum saat mencuci tidak begitu kencang dan belum memiliki teknologi inverter.

9. Sharp ES-FL862

9. Sharp ES-FL862

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.255.000

Mesin cuci pintar dan hemat yang berfungsi dengan optimal

Mesin cuci Sharp ES-FL862 merupakan salah satu dari mesin cuci seri Boomerang. Mesin cuci front loading ini didesain kompak dan minimalis, dan memiliki Boomerang Body yang fungsinya menahan guncangan saat mencuci dan juga meminimalisir suara. Sasis mesin cuci ini terbuat dari bahan stainless steel, drum pencuciannya terbuat dari polypropylene yang awet. Pintu mesin cuci ini memiliki bukaan ke arah kiri.

Dengan kapasitas cuci sebesar 6 kg, mesin ini membutuhkan 42 liter air saat mencuci penuh. Namun dengan teknologi Eco Logic System yang dimilikinya, Sharp ES-FL862 bisa mendeteksi banyaknya cucian yang masuk. Jika jumlahnya tidak sampai 6 kg, ia akan menyesuaikan konsumsi listrik, konsumsi air, dan juga lama pencucian sesuai jumlah cucian yang dicuci. Mesin ini sesuai bagi Anda yang tinggal sendiri maupun keluarga kecil.

8. LG F8007NMCW

8. LG F8007NMCW

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 3.990.000

Tombol pengatur yang tidak ribet

Mesin cuci front loading LG F8007NMCW sangat cocok untuk penggunaan rumah tangga sehari-hari. Dengan drum pencucian yang bisa menampung 7 kg pakaian kotor Anda, mesin cuci ini menghilangkan kotoran dan noda dengan baik karena fitur 6 Motion. Motor penggeraknya berada di dalam mesin cuci, terhubung langsung dengan drum (Inverter Direct Drive) sehingga getarannya halus dan tidak bising.

Panel pegaturan pada mesin cuci ini belum menggunakan layar sentuh, melainkan dengan tombol putar yang klasik. Namun, hal ini tidak membuat pengaturan pencucian menjadi sulit. Ada 9 pengaturan otomatis yang memperhatikan perawatan kain cucian Anda, mulai pencucian pakaian bayi, selimut, hingga bahan wol. Bukaan pintu sangat lebar hingga 180°, Anda tidak perlu khawatir akan terhalang saat memuat cucian.

7. Electrolux EWW14012

7. Electrolux EWW14012

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 13.750.000

Irit listrik dan tidak berisik

Mesin cuci front loading Electrolux memiliki desain panel pengaturan berupa layar sentuh LCD yang besar dilengkapi dengan fitur hitung mundur digital. Anda bisa mengatur program cucian favorit Anda dan menyimpannya dengan mudah. Kapasitas mesin cuci ini 10 kg, cocok untuk Anda yang mencuci secara terjadwal. Tidak berisik, hanya dengan 49 dB saat mencuci dan 77 dB saat pengeringan.

Teknologi JetSpray mengefisienkan kerja deterjen, membuat cucian menjadi lebih bersih. Mesin cuci pintar ini bisa mendeteksi seberapa berat cucian Anda kemudian menyesuaikan air, deterjen, dan konsumsi listrik yang diperlukan. Dibandingkan dengan mesin cuci front loading Electrolux keluaran sebelumnya, konsumsi listrik mesin cuci EWW14012 75% lebih kecil.

6. Samsung WW70J4233KW/SE

6. SAMSUNG WW70J4233KW/SE

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.950.000

Sambungkan dengan smartphone Anda

Dengan kapasitas drum pencucian sebesar 7 kg, desain sisi tabung mesin cuci front loading Samsung ini berbentuk berlian yang lembut dan dapat mencegah serat kain tersangkut di tabung. Teknologi Digital Inverter milik Samsung membuat tabung lebih tahan lama, mesin tidak berisik (53 dB), dan proses pencucian lebih bersih. Samsung menyertakan garansi selama 11 tahun untuk mesin motor penggeraknya.

Jika Anda memiliki anak kecil, mesin cuci ini mungkin cocok untuk Anda karena disertai fitur child lock yang meningkatkan keamanan di rumah Anda. Samsung WW70J4233KW/SE ini mudah dioperasikan dan juga memiliki teknologi Smart Check, yaitu teknologi yang menyambungkan mesin cuci dengan smartphone Anda. Anda bisa mendeteksi masalah pada mesin cuci dan langsung mendapatkan solusinya tanpa harus memanggil teknisi.

5. Panasonic NA127VE5

5. Panasonic NA127VE5WNE

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga: Rp 3.800.000

Mesin cuci ramah lingkungan

Panasonic NA127VE5 menggunakan teknologi EcoNavi Inverter untuk memindai kondisi lingkungan Anda untuk mengefisienkan energi yang digunakan untuk pengoperasiannya. Mesin cuci ini mencuci lebih bersih dengan tiga tahapan: 1. Pembentukan busa dengan sistem ActiveFoam; 2. Semprotan air HydroActive; dan 3. Menghilangkan kotoran dengan tiga gerakan sistem Dancing Wash.

Proses pengeringan mesin cuci front loading ini juga tidak menggunakan banyak air dan listrik, serta menghemat waktu. Penggunaan refrigeran untuk mengambil energi panas dari atmosfer, membuat cucian lebih cepat kering. Kapasitas NA127VE5 adalah 7 kg, dilengkapi dengan panel layar sentuh LCD yang lebar dan memudahkan Anda dalam pengaturannya.

4. LG F2721STWV

4. LG F2721STWV

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 15.477.000

Berkapasitas besar dan mampu membersihkan noda dalam sekejap

Mesin cuci ini merupakan salah satu mesin cuci front loading dengan kapasitas sangat besar, yaitu 21 kg. Dengan kapasitas sangat besar, mesin cuci ini tetap awet karena disertai dengan Inverter Direct Drive yang langsung bekerja pada motor mesin dan tidak membuat bising (54 dB). Mesin ini memiliki program 6 gerakan tabung yang bisa Anda pilih saat mencuci, semuanya bekerja untuk memberikan hasil cucian terbaik untuk Anda.

Pencucian dengan mesin ini juga tidak memakan waktu lama, karena TurboWash membuat proses pembilasan pendek seiring menyemprotnya air dan berputarnya tabung. Mesin cuci ini juga sesuai untuk Anda yang berkulit sensitif, dengan adanya TrueSteam yang memanfaatkan uap panas untuk menghilangkan bakteri dan alergen pada pakaian Anda. Warna hitam dan abu mesin cuci LG F2721STWV ini membuatnya tampak elegan dan mewah.

3. Daewoo DWD-LD14012

3. Daewoo DWD-LD14012

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 9.808.000

Hemat waktu, hemat air, dan hemat deterjen!

Mesin cuci front loading Daewoo ini memiliki kapasitas cukup besar, yaitu 11 kg. Motor inverter dinamisnya berhubungan dengan tabung pencuci sehingga lebih hemat energi dan mengurangi kebisingan. Desain Emerald Drum pada tabung pencuci memberikan proses pencucian yang bertenaga namun tetap lembut, juga menjaga serat kain tidak tersangkut lubang air.

Semprotan air pada saat dioperasikan menggunakan sistem 3 Way CleanJet Shower ke seluruh ruangan tabung pencuci. Mesin cuci ini juga menggunakan teknologi Air Bubble yang membantu membersihkan kotoran secara cepat, jutaan gelembung udara dan air membantu melarutkan deterjen dan masuk ke serat kain. Dengan mesin cuci Daewoo ini, Anda akan menghemat waktu mencuci, air, maupun deterjen Anda.

2. Bosch WAP28480ID

2. BOSCH WAP28480ID

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 9.575.000

Dengan programming dan timing-nya, mesin cuci ini cocok untuk si sibuk!

Mesin cuci front loading Bosch WAP28480ID akan memberikan pengalaman mencuci yang berbeda untuk Anda. Mesin ini memiliki teknologi EcoSilence Drive, pencucian akan berjalan dengan sangat hening (47 dB), energi lebih efisien dan mesin tahan lama. Dengan VarioPerfect, Anda bisa memprogram mesin cuci untuk mencuci sesuai dengan jenis kain dan banyaknya cucian. Hal ini bisa mengurangi pemakaian energi hingga 50%.

Dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 9 kg, bukaan pintunya cukup lebar hingga 165°. Anda bisa dengan bebas mengatur kapan mesin ini mulai mencuci dengan adanya fitur penundaan 24 jam. Sangat fleksibel untuk digunakan, Anda bisa yakin mesin cuci ini akan selesai mencuci pada waktu yang Anda inginkan. Mesin cuci ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jadwal ketat.

1. Hitachi BD-W75TSP

1. Hitachi BD-W75TSP

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 6.150.000

Pakaian bersih tanpa kerak deterjen, mesin cuci pun bersih terawat

Hitachi BD-W75TSP dilengkapi dengan fitur Auto Self Clean, yang otomatis bekerja membersihkan lubang-lubang pada tabung dari sisa-sisa deterjen di antara proses pembilasan dan pengeringan. Hasil pencucian jadi lebih bersih dan tidak bernoda. Mesin cuci ini juga memiliki fitur 3D Sensor Control Wash yang bisa mengatur perputaran drum berdasarkan jenis cucian.

Didesain dengan pintu bukaan depan ke arah kiri sebesar 180°, mesin ini juga disertai dengan fitur child lock pada pintunya. Anti-vibration Sidewalls membuat mesin cuci front loading ini lebih stabil dan tidak banyak bergetar. Mesin cuci ini juga bisa mencuci dengan air panas hingga 90°C sehingga cucian lebih bersih. Cocok untuk Anda sekeluarga yang menginginkan mesin cuci dengan hasil maksimal!

Kesimpulan

Berbagai tipe mesin cuci front loading di atas memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. Panduan cara memilih yang kami tampilkan di atas bisa Anda jadikan acuan dalam memilih mesin cuci front loading.

Meskipun mesin cuci front loading memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada jenis mesin cuci lainnya, namun dilihat dari performanya, mesin cuci jenis ini memiliki ketahanan yang kuat. Mungkin Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak pada saat membelinya, tetapi Anda akan mengirit pengeluaran pada akhirnya. Mesin cuci front loading membantu Anda menghemat konsumsi air, listrik, dan juga deterjen dengan baik. Mari pilih yang cocok untuk kebutuhan Anda!