• 10 Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Ibu menyusui membutuhkan nutrisi lebih banyak dibandingkan wanita biasanya. Agar kesehatan busui dan bayi tetap optimal, asupan nutrisi haruslah seimbang dan terjaga dengan baik. Karena itu, tidak jarang busui membutuhkan suplemen penambah ASI atau suplemen pelancar ASI untuk menyokong tumbuh kembang bayi. 


Nah, melalui artikel ini, kami akan memaparkan tips memilih suplemen yang bagus untuk ibu menyusui. Berbagai suplemen terbaik untuk ibu menyusui dari berbagai merek, seperti Mom Uung, AsifitBlackmores, dan banyak lagi. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Mochammad Rizal. Jadi, simaklah pembahasannya hingga tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Mochammad Rizal
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal
Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah ahli gizi yang memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Rizal aktif mengedukasi masyarakat terkait diet dan gizi melalui media sosial, seminar, buku, dan media lainnya. Dalam keorganisasian, Rizal merupakan pengurus Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), yaitu organisasi profesi gizi bidang olahraga dan kebugaran.

Suplemen ibu menyusui agar ASI banyak dan bayi sehat

Kebutuhan nutrisi ibu menyusui berbeda dengan wanita dewasa biasa. Pasalnya, ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan gizi bayi dan juga dirinya sendiri. Untuk itu, suplemen khusus ibu menyusui diperlukan pada masa-masa ini.

Pentingnya mencukupi nutrisi bagi ibu menyusui

Pentingnya mencukupi nutrisi bagi ibu menyusui

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, ibu menyusui membutuhkan kalori 450–500 kkal lebih banyak. Anda dapat menyiasati kebutuhan ini dengan mengonsumsi lebih banyak makanan bergizi. Busui biasanya juga akan sering cepat lapar pada masa laktasi ini.


Ibu menyusui membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih banyak. Pemenuhan kebutuhan zat gizi ibu menyusui berperan penting dalam status gizi ibu serta tumbuh kembang bayi. Pastikan Anda memperhatikan hal tersebut karena defisiensi mineral dan vitamin berisiko memicu masalah medis tertentu pada anak.


Asupan gizi sangat erat hubungannya dengan produksi air susu ibu (ASI). Tidak sedikit ibu menyusui mengeluh soal ASI yang sedikit. Sebenarnya, masalah ini dapat diatasi dengan memperhatikan beberapa hal, termasuk pola makan, kondisi psikologis, dan cara menyusui. Suplemen untuk ibu menyusui juga dapat menjadi pilihan agar ASI lebih lancar.

Perlukah ibu menyusui mengonsumsi suplemen?

Perlukah ibu menyusui mengonsumsi suplemen?
Jika Anda memiliki permasalahan dalam produksi ASI, suplemen untuk ibu menyusui tentu bisa dipertimbangkan. Suplemen multivitamin dan mineral perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu menyusui. Sebut saja vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, mineral kalsium, zat besi, serta asam lemak omega 3.

Beberapa jenis suplemen mungkin memiliki efek samping yang beragam. Sebagian ibu menyusui juga memiliki kondisi medis yang membuatnya tidak cocok dengan suplemen tertentu. Karena itu, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen apa pun, ya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen untuk ibu menyusui

Selanjutnya, kami akan memaparkan tips memilih suplemen untuk ibu menyusui. Pilihlah suplemen berdasarkan bahannya, nutrisinya, serta bentuknya. Anda juga perlu berhati-hati dengan suplemen yang mengandung zat aditif.

Ketahui bahan yang berkhasiat memperlancar ASI

Beberapa suplemen ibu menyusui berkhasiat melancarkan produksi ASI. Untuk tujuan ini, pilihlah yang mengandung bahan-bahan, seperti daun katuk, fenugreek, dan daun kelor. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Daun katuk: Mengandung lactagogue yang tinggi

Daun katuk: Mengandung lactagogue yang tinggi

Anda tentu sudah sangat akrab dengan daun katuk. Daun ini termasyhur sebagai bahan alami yang efektif meningkatkan produksi ASI. Ya, daun katuk memang mengandung senyawa perangsang ASI yang disebut lactagogue.


Riset juga sudah membuktikan daun katuk berkhasiat meningkatkan produksi ASI. Dilansir dari penelitian dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat, biskuit yang mengandung daun katuk dapat meningkatkan serum hormon prolaktin. Hormon ini berperan penting dalam produksi ASI serta merangsangnya agar mengalir dari payudara.

Fenugreek: Melancarkan ASI dan menambah berat badan bayi

Fenugreek: Melancarkan ASI dan menambah berat badan bayi
Fenugreek atau kelabat merupakan rempah yang biasa digunakan di daerah Timur Tengah. Biji dari tanaman ini mengandung beragam zat gizi, seperti mangan, zat besi, hingga magnesium. Fenugreek juga menawarkan khasiat kesehatan yang melimpah, termasuk dapat merangsang produksi ASI.

Menurut riset dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, teh yang mengandung fenugreek membantu meningkatkan kuantitas ASI. Kelompok ibu yang mengonsumsi teh herbal ini memiliki volume rata-rata ASI lebih tinggi dibandingkan ibu yang tidak meminumnya. Suplementasi teh ini juga berefek baik pada kenaikan berat badan bayi.

Daun kelor: Meningkatkan hormon prolaktin

Daun kelor: Meningkatkan hormon prolaktin

Tumbuhan lain yang sering ditemukan dalam suplemen untuk ibu menyusui adalah daun kelor. Daun ini dikenal sebagai galactagogue yang mampu memengaruhi produksi ASI. Khasiat tersebut diberikan daun kelor karena bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin yang berperan dalam produksi ASI. Jumlah hormon ini akan makin banyak seiring dengan bertambahnya frekuensi ibu menyusui.


Daun kelor juga kaya akan nutrisi esensial. Bahan alami ini menawarkan vitamin B6, vitamin C, hingga provitamin A. Beberapa mineral, seperti magnesium dan zat besi, juga terkandung dalam daun kelor. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh bayi dan ibu menyusui.

Pertimbangkan suplemen yang mengandung nutrisi spesifik

Selain melihat bahan yang meningkatkan produksi ASI, Anda juga dapat memilih suplemen berdasarkan nutrisinya. Terdapat sejumlah nutrisi penting dalam suplemen yang bisa Anda pilih. Simak ulasannya di bawah ini.

DHA: Pilihan tepat agar bayi cerdas

DHA: Pilihan tepat agar bayi cerdas

Docosahexaenoic acid (DHA) merupakan asam lemak omega-3 yang krusial untuk bayi dan orang dewasa. Pada bayi, DHA berperan penting dalam perkembangan otak, mata, dan sistem sarafnya. Agar bayi Anda mendapatkan DHA dengan cukup, Anda disarankan rutin mengonsumsi makanan tertentu, seperti telur, daging, dan ikan. 


Suplemen yang mengandung DHA juga bisa dikonsumsi jika Anda sulit mencukupinya dari makanan. Salah satu suplemen yang bisa dipertimbangkan adalah Almond Powder dari Mama's Choice. Suplemen ini menawarkan DHA untuk membantu anak menjadi cerdas.

Kalsium dan vitamin D: Penting untuk menjaga kepadatan tulang

Kalsium dan vitamin D: Penting untuk menjaga kepadatan tulang

Selama masa laktasi, sebagian nutrisi dari ibu akan diserap oleh bayi. Menyusui juga dapat memengaruhi kesehatan tulang ibu karena bayi yang sedang tumbuh membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak. Agar kepadatan tulang ibu tetap terjaga, pilihlah suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D. 


Kalsium yang cukup akan membantu menurunkan risiko osteoporosis, jenis penyakit yang rentan menyerang wanita. Sementara itu, vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tulang. Dalam hal ini, produk dari Milkapalooza dapat dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

Vitamin C: Membantu bunda tetap fit

Vitamin C: Membantu bunda tetap fit

Ibu menyusui kerap harus terbangun pada tengah malam untuk menyusui buah hatinya. Si kecil juga perlu menyusu beberapa kali dalam sehari. Untuk menjaga imun busui tetap sehat dan fit, suplemen dengan vitamin C dapat dipertimbangkan. 


Manfaat lain vitamin C untuk ibu menyusui adalah meningkatkan penyerapan zat besi yang memiliki manfaat baik dalam ASI. Selain itu, vitamin C juga mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Suplemen Bossi ASI bisa dicoba karena mengandung vitamin C.

Asam folat: Merangsang pembentukan sel

Asam folat: Merangsang pembentukan sel
Asam folat (vitamin B9) merupakan zat gizi yang vital selama kehamilan. Namun, ibu menyusui pun ternyata perlu mencukupi kebutuhan vitamin ini. Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel baru para ibu. Vitamin ini juga dikatakan dapat membantu perkembangan otak anak.

Selain mendapatkannya dari makanan, Anda dapat mempertimbangkan suplemen yang mengandung asam folat. Pregnancy and Breast-feeding Gold dari Blackmores adalah salah satu contoh suplemen yang memiliki asam folat dalam produknya.

Pilih berdasarkan bentuk suplemen

Suplemen untuk ibu menyusui hadir dalam beragam bentuk. Anda akan menemukan bentuk konvensional, seperti tablet dan kapsul. Suplemen bentuk bubuk dan teh juga ada. Dalam hal ini, Anda dapat memilih sesuai dengan selera.

Kapsul, tablet, dan kaplet: Cara minum suplemen konvensional

Kapsul, tablet, dan kaplet: Cara minum suplemen konvensional

Banyak suplemen untuk ibu menyusui hadir dalam bentuk ini. Suplemen bentuk kapsul, tablet, dan kaplet dapat diminum langsung dengan air putih. Anda dapat meminumnya sebelum atau sesudah makan, sesuai aturan pakai di kemasannya. Untuk menikmati suplemen dalam bentuk kapsul, Anda bisa mencoba ASI Booster dari Mom Uung. Sementara itu, Lactamor dari Kalbe Farma tersedia dalam bentuk kaplet.

Bubuk dan teh: Bisa dicampurkan dalam makanan atau minuman

Bubuk dan teh: Bisa dicampurkan dalam makanan atau minuman

Beberapa suplemen ibu menyusui juga hadir dalam bentuk teh atau bubuk dengan zat gizi yang tidak kalah bagus. Suplemen dalam bentuk ini bisa Anda konsumsi secara santai. Suplemen berbentuk bubuk dapat dinikmati bersama makanan, seperti smoothie dan bubur. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen bubuk dalam bentuk seduhan teh. 

Berhati-hatilah dengan zat aditif

Berhati-hatilah dengan zat aditif

Semua zat yang Anda konsumsi akan diserap oleh bayi melalui ASI. Pada saat Anda mengonsumsi zat aditif dalam suplemen dan produk lain, si kecil juga akan terpapar zat-zat tersebut. Jadi, usahakan untuk mencari suplemen yang bebas bahan tambahan, seperti zat pengawet, pewarna, pemanis, dan perasa buatan. 

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk ibu menyusui

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen terbaik untuk ibu menyusui yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 14 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Mom Uung Asi Booster (Pelancar ASI) memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.

Gambar produk
1
Mom Uung Asi Booster (Pelancar Asi) 1

Mom Uung

2
Mamabear  Teh Pelancar ASI 1

Mamabear

3
Blackmores  Pregnancy and Breast-Feeding Gold 1

Blackmores

4
Mama's Choice Almond Milk Powder (ASI Booster) 1

Mama's Choice

5
Kimia Farma Asifit 1

Kimia Farma

6
Kalbe  Lactamor 1

Kalbe

7
Alamon Herbs ASI Booster 1

Alamon

8
Tempo Natural Product Vitonal-ASI 1

Tempo Natural Product

9
Legendairy Milk Milkapalooza 1

Legendairy Milk

10
Bossi Bossi ASI 1

Bossi

Nama produk

Asi Booster (Pelancar Asi)

Teh Pelancar ASI

Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Almond Milk Powder (ASI Booster)

Asifit

Lactamor

Herbs ASI Booster

Vitonal-ASI

Milkapalooza

Bossi ASI

Keunggulan

Perpaduan daun kelor dan ikan gabus demi ASI lancar

Bantu mendukung penambahan berat badan bayi

Nutrisinya superkomplet untuk tumbuh kembang si kecil!

Suplemen seduh dengan rasa nikmat, cara asyik mendapatkan nutrisi

Bahannya bantu lancarkan ASI dan jaga imun busui

Diperkaya dengan vitamin B12 yang dibutuhkan ananda

ASI menjadi lancar dan kental, buah hati pun senang!

Menjaga nafsu makan ibu dan bayi

Suplemen dari bahan-bahan organik agar ASI banyak

Mengandung tiga bahan yang paling busui butuhkan!

Harga mulai dariRp 70.000,00Rp 38.700,00Rp 255.000,00Rp 109.000,00Rp 77.000,00Rp 167.000,00Rp 135.000,00Rp 32.500,00Rp 375.000,00Rp 210.000,00
Kandungan bahanEkstrak daun kelor, daun katuk, dan ikan gabusFenugreek, adas, dan jintan hitam (habbatussauda)Fish oil dan Dunaliella salinaFenugreek, daun katuk, kacang almon, dan ekstrak kurmaEkstrak daun katukEkstrak biji fenugreek dan daun katukEkstrak almon, daun katuk, dan fenugreekDaun katuk dan temulawakDaun kelor organik, daun jelatang organik, adas organik, akar shatavari organikFenugreek, daun katuk, dan daun kelor
Kandungan nutrisiProtein (albumin), antioksidanProtein, karbohidrat, kalsium, lemak, fitoestrogenAsam folat, yodium, DHA & EPA, dan vitamin C, kalsiumDHA, kalsium, protein, vitamin C, vitamin A, dan vitamin BVitamin B1, B2, B6, B12Vitamin B12Serat dan phytoestrogenZat besi, vitamin A, protein, lemak, serat, kurkuminProtein, kalsium, zat besiZat besi, vitamin C, asam lemak, diosgenin
Bentuk suplemenKapsulTehKapsulBubukKapletKapletKapsulKapsulKapsulKapsul
Dosis dan aturan pakai2 x 2 kapsul per hari3–4 kantong teh per hari2 kapsul per hariCampur 3–4 sdm bubuk ke 150 ml air hangat3 x 1–2 kaplet per hari1–2 kaplet 3 kali per hari2 kali per hari sesudah makan3 x 1–2 kapsul per hari3 x 2 kapsul per hari1–3 kapsul per hari
Isi30 dan 60 kapsul20 kantong teh60 dan 120 kapsul200 gram3 setrip @ 10 kaplet6 setrip @ 10 kaplet30 kapsul6 setrip @ 5 kapsul60 dan 180 kapsul60 kapsul
Tautan produk
10
Kandungan bahanFenugreek, daun katuk, dan daun kelor
Kandungan nutrisiZat besi, vitamin C, asam lemak, diosgenin
Bentuk suplemenKapsul
Dosis dan aturan pakai1–3 kapsul per hari
Isi60 kapsul
9
Kandungan bahanDaun kelor organik, daun jelatang organik, adas organik, akar shatavari organik
Kandungan nutrisiProtein, kalsium, zat besi
Bentuk suplemenKapsul
Dosis dan aturan pakai3 x 2 kapsul per hari
Isi60 dan 180 kapsul
8

Tempo Natural ProductVitonal-ASI

Mulai dari Rp 32.500,00

Kandungan bahanDaun katuk dan temulawak
Kandungan nutrisiZat besi, vitamin A, protein, lemak, serat, kurkumin
Bentuk suplemenKapsul
Dosis dan aturan pakai3 x 1–2 kapsul per hari
Isi6 setrip @ 5 kapsul
7
Kandungan bahanEkstrak almon, daun katuk, dan fenugreek
Kandungan nutrisiSerat dan phytoestrogen
Bentuk suplemenKapsul
Dosis dan aturan pakai2 kali per hari sesudah makan
Isi30 kapsul
6
Kandungan bahanEkstrak biji fenugreek dan daun katuk
Kandungan nutrisiVitamin B12
Bentuk suplemenKaplet
Dosis dan aturan pakai1–2 kaplet 3 kali per hari
Isi6 setrip @ 10 kaplet
5
Kandungan bahanEkstrak daun katuk
Kandungan nutrisiVitamin B1, B2, B6, B12
Bentuk suplemenKaplet
Dosis dan aturan pakai3 x 1–2 kaplet per hari
Isi3 setrip @ 10 kaplet
4

Mama's ChoiceAlmond Milk Powder (ASI Booster)

Mulai dari Rp 109.000,00

Kandungan bahanFenugreek, daun katuk, kacang almon, dan ekstrak kurma
Kandungan nutrisiDHA, kalsium, protein, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B
Bentuk suplemenBubuk
Dosis dan aturan pakaiCampur 3–4 sdm bubuk ke 150 ml air hangat
Isi200 gram
3

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Mulai dari Rp 255.000,00

Kandungan bahanFish oil dan Dunaliella salina
Kandungan nutrisiAsam folat, yodium, DHA & EPA, dan vitamin C, kalsium
Bentuk suplemenKapsul
Dosis dan aturan pakai2 kapsul per hari
Isi60 dan 120 kapsul
2
Kandungan bahanFenugreek, adas, dan jintan hitam (habbatussauda)
Kandungan nutrisiProtein, karbohidrat, kalsium, lemak, fitoestrogen
Bentuk suplemenTeh
Dosis dan aturan pakai3–4 kantong teh per hari
Isi20 kantong teh
1
Kandungan bahanEkstrak daun kelor, daun katuk, dan ikan gabus
Kandungan nutrisiProtein (albumin), antioksidan
Bentuk suplemenKapsul
Dosis dan aturan pakai2 x 2 kapsul per hari
Isi30 dan 60 kapsul

Cara alami tingkatkan produksi ASI

Konsumsi suplemen dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan produksi ASI. Namun, Anda juga harus memperhatikan hal-hal penting lain agar produksi ASI menjadi lancar. Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar kuantitas ASI bisa optimal.

Menyusui lebih sering

Menyusui lebih sering

Produksi ASI dipengaruhi oleh stimulasi yang diberikan si kecil saat menyusu. Saat bayi melekatkan mulutnya pada payudara Anda, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin dan prolaktin. Hormon prolaktin berfungsi untuk memproduksi ASI, sedangkan hormon oksitosin berperan dalam memperlancar pengeluaran ASI.


Selain dari faktor hormon, produksi ASI juga akan lebih banyak dengan adanya stimulus, contohnya bayi yang menyusu. Makin sering Anda menyusui, ASI yang dihasilkan tubuh pun akan makin banyak. Memompa ASI di antara jam-jam menyusui juga bisa membantu mengoptimalkan produksi ASI.

Menggunakan kedua payudara saat menyusui

Menggunakan kedua payudara saat menyusui

Saat menyusui, pastikan kedua payudara mendapatkan stimulasi yang sama dari buah hati. Menyusui si kecil menggunakan kedua payudara secara bergantian dapat mengoptimalkan aliran ASI. Hal ini dilakukan agar kedua payudara menerima pesan yang sama saat produksi ASI dan persiapan cadangan ASI.


Biarkan si kecil menyusu dari payudara pertama hingga ia mulai melambat. Setelah itu, langsung tawarkan ia ASI dari payudara yang satunya.

Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat

Zat gizi memainkan peran yang sangat vital selama menyusui. Pada periode ini, Anda akan membagikan zat gizi yang dikonsumsi dengan si kecil melalui ASI. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar kebutuhan bayi terpenuhi dengan baik. Lalu, apa makanan yang dapat membuat ASI lancar?


Pada dasarnya, Anda harus mengonsumsi makanan yang padat gizi. Anda dapat mengombinasikan panganan laut, daging dan unggas, serta sayuran. Sisipkan buah-buahan, seperti alpukat, melon, pisang, dan jeruk. Perhatikan juga konsumsi asam folat, kalsium, vitamin C, vitamin A, yodium, dan zat besi.

Mengendalikan stres

Mengendalikan stres

Stres yang tak terkendali dapat menyebabkan penurunan produksi ASI. Stres juga bisa memengaruhi berat badan bayi, merusak pola makan ibu, dan memengaruhi kualitas ASI


Untuk itu, temukan cara terbaik Anda dalam mengontrol stres. Curahkan keluh kesah kepada suami, keluarga, dan teman dekat. Pertimbangkan pula aktivitas yang dapat menenangkan pikiran, seperti melakukan pijat relaksasi, berolahraga ringan, hingga menonton drama favorit.

Baca juga rekomendasi barang kebutuhan ibu menyusui lainnya di sini

Selain suplemen, ibu menyusui juga membutuhkan barang keperluan lainnya, seperti breast pad hingga pompa ASI. Kami memiliki beberapa artikel yang mengulas barang kebutuhan busui. Anda dapat membaca rekomendasi produk keperluan ibu menyusui melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Suplemen membantu melancarkan ASI pada ibu yang membutuhkan. Konsumsi suplemen juga bisa dipertimbangkan jika Anda sulit mencukupi nutrisi dari makanan. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu.


Perhatikan pula pola makan Anda dan minumlah air putih dengan cukup. Nutrisi dari makanan tetap menjadi prioritas agar tubuh tetap sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menyusui. Tetap semangat, pejuang ASI!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Asam folat adalah zat yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Sayangnya, kebutuhan tersebut belum tentu terpenuhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen asam folat. Terdapat beberapa merek yang bagus, seperti Folamil Genio, Blackmores, dan Natures Plus. Merek apa yang cocok untuk Anda?Untuk membantu Anda, kami akan mengulas poin-poin mengenai suplemen asam folat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya sekaligus menjelaskan cara yang tepat untuk mengonsumsi asam folat. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  •  10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak semua bakteri merugikan manusia. Beberapa bakteri juga memberikan manfaat yang menakjubkan, termasuk untuk pencernaan dan sistem imun. Kelompok bakteri baik ini disebut dengan probiotik. Untuk meningkatkan populasi bakteri baik di dalam tubuh, penggunaan suplemen probiotik bisa dipertimbangkan. Ada banyak suplemen probiotik yang bagus di apotek dan toko online. Untuk memandu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen probiotik. Review suplemen probiotik untuk orang dewasa dan anak-anak dari berbagai merek juga akan kami sajikan. Anda bisa memilih produk Liprolac, Rillus, hingga L-BIO®. Mari simak pembahasannya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kerontokan rambut sering menjadi permasalahan bagi segala usia. Perbaikan pola makan sering kali tidak cukup membantu pertumbuhan rambut sehingga Anda perlu mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Ada berbagai merek suplemen untuk rambut dengan beragam kandungan di dalamnya, mulai dari Puritan's Pride, Blackmores, Pantogar, dan sebagainya.Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara memilih suplemen penumbuh rambut yang bagus. Kami juga akan membahas beberapa bahan serta vitamin yang penting untuk membantu pertumbuhan rambut seperti keratin dan biotin. Ada juga produk yang bisa mengatasi rambut rontok sekaligus menyuburkan dan melebatkan rambut. Yuk, disimak!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori