• 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020)

Bagi sebagian besar bayi yang baru lahir, ASI merupakan makanan pertamanya. ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi ketika belum dapat mengonsumsi makanan lainnya. Anda dapat mengonsumsi berbagai suplemen untuk memperlancar ASI serta menjaga kesehatan Anda.

Beberapa merek, seperti Asifit, Herbilogy, Blackmores, mungkin sangat familiar di telinga Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih suplemen untuk ibu menyusui serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasinya.
  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2019
  • 18.882 Views
Daftar isi

Kenali asupan penting untuk ibu menyusui

Kenali asupan penting untuk ibu menyusui
Ibu yang menyusui akan membagi nutrisi di dalam tubuhnya dengan bayi yang dikandungnya. Alasan tersebut membuat ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang normal. Asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak.
Ibu menyusui membutuhkan 500 kkal lebih banyak pada 6 bulan pertama dan 400 kkal pada 6 bulan berikutnya. Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi lebih banyak makanan. Anda dapat mengonsumsi lebih banyak protein karena protein merupakan sumber energi terbesar. Selain kalori, ibu menyusui juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih banyak. Namun, perhatikan jenis makanan yang Anda pilih agar tetap sehat.

Perlukah mengonsumsi suplemen?

Perlukah mengonsumsi suplemen?
Suplemen untuk ibu menyusui banyak terdapat di pasaran. Jika Anda memiliki permasalahan dalam produksi ASI, Anda dapat mengonsumsi suplemen tersebut. Tentunya Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ASI.
Beberapa suplemen mungkin memiliki efek samping. Selain itu, ada kemungkinan bahan-bahan herbal dari suplemen tersebut juga dikonsumsi oleh bayi melalui air susu. Jika terjadi reaksi terhadap tubuh Anda maupun bayi, segera hentikan pemakaiannya.

Cara memilih suplemen untuk ibu menyusui

Agar nutrisi selama laktasi terpenuhi, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen yang tepat. Perhatikan poin-poin berikut agar Anda tidak salah memilih suplemen.

Periksa bahan-bahannya

Ada berbagai jenis suplemen untuk ibu menyusui. Kebanyakan memang ditujukan untuk memperbanyak produksi ASI. Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Bahan-bahan seperti daun katuk, fenugreek, serta vitamin sangat dibutuhkan ibu menyusui. Berikut adalah bahan-bahan yang biasanya ada di dalam suplemen ibu menyusui.

Fenugreek dan daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI

Fenugreek dan daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI
Fenugreek merupakan rempah penyedap makanan yang biasa digunakan pada daerah Timur Tengah. Biji dari tanaman dengan nama latin Trigonella foenum-graecum ini bermanfaat untuk kesehatan. Fenugreek mengandung vitamin B, asam folat, zat besi, mangan, kalium, natrium, zinc, kalsium, dan magnesium.
Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan manfaat fenugreek dalam meningkatkan produksi ASI, fenugreek telah lama digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Selain memperlancar ASI, fenugreek juga dapat membantu metabolisme serta memperlancar pencernaan.
Namun, beberapa penelitian menyatakan efek samping dari mengonsumsi fenugreek, seperti diare, bau pada air seni, hingga pembengkakan pada wajah. Jika Anda ingin mengonsumsi fenugreek, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.
Selain fenugreek, orang Indonesia sudah sangat akrab dengan daun katuk. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI. Sebuah penelitian menyatakan bahwa daun katuk dapat meningkatkan ekspresi genetik terkait hormon prolaktin dan oksitosin. Keduanya merupakan hormon yang berperan selama masa laktasi. Daun katuk dewasa memiliki zat papaverine yang berperan dalam membantu laktasi.

Kalsium dan vitamin D untuk menjaga kepadatan tulang

Kalsium dan vitamin D untuk menjaga kepadatan tulang
Selama masa laktasi, semua nutrisi dari ibu akan diserap oleh bayi. Agar kebutuhan kalsium Anda tetap terjaga pilihlah suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D. Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium di dalam tulang. Suplemen yang mengandung kalsium sangat cocok jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi susu berkalsium. Konsumsi kalsium juga membantu menjaga Anda dari risiko osteoporosis setelah melahirkan.

Vitamin C agar tetap fit selama menyusui

Vitamin C agar tetap fit selama menyusui
Seorang ibu yang sedang menyusui kerap kali harus terbangun tengah malam untuk menyusui sang buah hati. Belum lagi bayi yang harus menyusu beberapa kali dalam sehari. Keadaan ini sering kali membuat stamina Anda drop. Suplemen yang mengandung vitamin C akan membantu menjaga sistem imun Anda sehingga tidak mudah sakit.

Asam folat mengontrol pembentukan sel baru

Asam folat mengontrol pembentukan sel baru
Konsentrasi asam folat pada ibu menyusui akan berkurang karena diserap oleh bayi. Asam folat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel-sel baru. Asam folat juga membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah yang normal. Konsumsi asam folat yang dianjurkan bagi ibu menyusui adalah 500 mg per harinya.
Pastikan Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat selama kehamilan sampai laktasi. Selain itu, asam folat juga terkandung pada kacang-kacangan, brokoli, bayam, alpukat, dan telur. Selain penting untuk Anda, asam folat juga dibutuhkan oleh bayi. Asam folat akan membantu pembentukan sel-sel, terutama sel-sel otak si kecil.

Pilih ukuran dan bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi

Pilih ukuran dan bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi
Mengonsumsi suplemen laktasi dapat berjalan selama beberapa bulan. Pilihlah suplemen yang mudah untuk dikonsumsi sehingga tidak merepotkan Anda. Ukuran suplemen sangat penting ketika memilih suplemen. Jika Anda memiliki kesulitan dalam menelan obat, pilihlah suplemen dengan ukuran tablet yang kecil. Anda juga dapat memilih suplemen dalam bentuk serbuk yang dapat larut dalam minuman, teh, sampai susu.
Agar memudahkan Anda dalam mengonsumsi suplemen, Anda dapat memilih suplemen yang jumlah konsumsi hariannya tidak terlalu banyak. Pilihlah suplemen yang maksimal dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

Pilih suplemen bebas bahan tambahan

Pilih suplemen bebas bahan tambahan
Nutrisi dari suplemen yang Anda konsumsi tentu juga akan diserap oleh bayi. Pilihlah suplemen yang bebas bahan tambahan, seperti pewarna, pengawet, pemanis, dan perasa. Selain baik untuk bayi, suplemen bebas bahan tambahan juga baik untuk Anda konsumsi. Bahan-bahan tambahan buatan tersebut dapat berdampak buruk terhadap kesehatan Anda.

10 Rekomendasi suplemen untuk ibu menyusui

Setelah mengetahui tentang cara memilihnya, berikut ini adalah rekomendasi suplemen ibu menyusui untuk Anda. Ada berbagai merek dengan berbagai bentuk suplemen yang dapat Anda pilih.
KandunganEkstrak daun katuk, vitamin B kompleks
BentukTablet
Jumlah konsumsi3 x 1-2 tablet per hari
Bahan tambahanX
KandunganGoat’s rue
BentukKapsul
Jumlah konsumsi4 x 1 kapsul per hari
Bahan tambahanX
KandunganAsam folat, vitamin C, potassium, magnesium
BentukSerbuk
Jumlah konsumsi2-3 sachet per hari
Bahan tambahanX
KandunganDaun katuk
BentukSerbuk
Jumlah konsumsi1 sendok teh per hari
Bahan tambahanX
KandunganFenugreek, Moringa, Curcuma, anise, fennel, habbatussauda
BentukTeh
Jumlah konsumsi3-4 kantong teh per hari
Bahan tambahanX
KandunganKacang almon
BentukSerbuk
Jumlah konsumsi34 gram per konsumsi
Bahan tambahanX
KandunganFenuugreek seed, blessed thistle
BentukTablet
Jumlah konsumsi1 tablet per hari
Bahan tambahanX
KandunganPump Princess: Nigella sativa, fennel seed, dill seed<br>Liquid Gold: Goat’s rue, milh thisthle, shatavari root, fennel seed Milkapalooza: Moringa leaf, neetle leaf, fennel seed, shatavari root
BentukKapsul
Jumlah konsumsi3 x 2 kapsul per hari
Bahan tambahanX
KandunganAsam folat, iodine, vitamin D3, omega-3
BentukKapsul
Jumlah konsumsi1 x 2 kapsul per hari
Bahan tambahanX
KandunganFenugreek, alfalfa, blessed thistle, milk thistle, fennel
BentukKapsul
Jumlah konsumsi2 kapsul per hari
Bahan tambahanX

Cara alami tingkatkan produksi ASI

Cara alami tingkatkan produksi ASI
Selain mengonsumsi suplemen, Anda juga dapat meningkatkan produksi ASI secara alami. Anda dapat melakukan pijat payudara menggunakan minyak zaitun atau minyak bayi. Gerakan memijat payudara dapat dilakukan pada bagian atas, bawah, samping, dan areola.
Gunakan minyak zaitun atau minyak bayi saat memijat dan bersihkan agar aman ketika menyusui bayi Anda. Memijat payudara juga dapat membantu Anda lebih rileks dan menghindari bengkak pada payudara.
Saat menyusui, Anda juga harus memperhatikan pola hidup Anda. Meskipun Anda harus menjaga bayi, perhatikan jam tidur Anda. Jam tidur yang cukup serta konsumsi makanan yang sehat ditambah dengan berolahraga dapat membantu produksi ASI.
Perhatikan juga konsumsi air harian Anda jangan sampai dehidrasi. Jika cairan tubuh berkurang, produksi ASI juga ikut berkurang. Konsumsilah 3 liter air per hari atau 13 gelas air agar Anda tetap terhidrasi.
Frekuensi menyusui si kecil juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Menyusui 8 kali per hari dapat membantu produksi ASI Anda. Ketika menyusui, perhatikan posisi, cara menyusui, serta lamanya. Jika Anda ibu yang bekerja dan melakukan pumping, usahakan untuk pumping setiap 5 jam. Anda juga tetap harus menyusui langsung bayi Anda.

Baca juga rekomendasi barang kebutuhan ibu menyusui lainnya di sini

Selain suplemen, ibu yang baru melahirkan juga membutuhkan barang keperluan lainnya, seperti breast pad, pompa ASI, dan lain sebagainya. Anda dapat membaca rekomendasi barang-barang keperluan ibu menyusui pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Suplemen memang terkadang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Jika Anda membutuhkannya, jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam suplemen agar sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat agar produksi ASI tetap lancar. Semoga Anda mendapatkan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetap sehat selama menyusui!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    177.901 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    93.670 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    74.995 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    55.578 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    55.149 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    50.129 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah anak Anda mengenakan helm saat bersepeda? Walaupun tidak ada keharusan untuk selalu mengenakan helm, ingatlah akan fungsi utama helm, yaitu untuk melindungi keselamatan diri anak. Kini, banyak produk helm sepeda yang beredar di pasaran. Ada yang memiliki gambar karakter, beragam desain, bentuk dan ukuran. Anda tidak perlu bingung dalam memilihnya. Kami akan memberitahu cara memilih helm sepeda untuk anak dengan baik, serta merekomendasikan helm sepeda terbaik untuk anak Anda.
    Ibu & anak
    1.230 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori