• 10 Rekomendasi Album Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Album Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Album Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Album Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Album Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Album Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Album foto tidak pernah lekang oleh waktu untuk menyimpan potret setiap momen hidup. Merek Susan Photo Album, Kokuyo, dan sebagainya memberikan pilihan untuk memastikan foto bersejarah Anda tersimpan dengan baik.

Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan ketika memilih album foto. Artikel di bawah ini akan mengulas cara memilih album foto yang sesuai untuk berbagai kebutuhan. Kami juga akan memberikan rekomendasi album foto yang bisa dipakai untuk setiap momen penting dalam hidup Anda. Karena itu, simak lebih lanjut di bawah ini!
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 11.576 Views
Daftar isi

Cara memilih album foto

Banyak orang memilih album foto dengan berbagai alasan yang tentunya sesuai kebutuhan. Desain yang lucu, harga yang murah, atau bentuk yang bagus akan menjadi dasar dalam memilih album ini. Hal tersebut tidaklah salah, tetapi ada beberapa hal mendasar yang bisa Anda jadikan acuan dalam memilihnya. Apa sajakah itu? Ikuti ulasan berikut ini, yuk!

Pilih yang sesuai dengan cara Anda menata foto

Secara garis besar, ada tiga jenis dari album foto, yakni pocket folder, self adhesive, dan scrapbook. Anda bisa memilihnya berdasarkan kemudahan penyimpanan serta kelebihan masing-masing tipenya. Berikut akan kami ulas perbedaannya.


Pocket folder, menata foto dengan lebih mudah dan rapi

Pocket folder, menata foto dengan lebih mudah dan rapi

Jika mencari album yang mudah untuk menata foto, kami rekomendasikan tipe pocket folder untuk Anda. Album tipe ini dapat menyimpan foto dengan mudah, Anda cukup menyelipkan foto ke masing-masing poket yang tersedia. Karena jumlah poketnya sudah tersedia, Anda juga dapat memperkirakan jumlah foto yang dapat disimpan di sana. 


Belakangan ini, beredar album tipe pocket folder yang dapat menyimpan lebih dari seribu foto di dalam satu album. Selain itu, ada pula album tipe boks yang terdiri dari lima buah album. Masing-masing album tersebut dapat menyimpan foto hingga empat puluh lembar. 


Untuk desain, ada baiknya Anda memilih berdasarkan tema dari foto-foto yang disimpan, seperti pertumbuhan anak atau rekreasi. Anda dapat menyimpan foto dengan satu tema di satu album atau di dalam satu boks album foto.

Sebagai saran, jika Anda membeli album di waktu yang berbeda, pastikan ukurannya sama dengan yang sudah dibeli, ya. Dengan ukuran yang sama ini, semua album dapat disimpan di boks atau rak buku sehingga lebih rapi.

Self adhesive, menyimpan foto dalam berbagai ukuran di tiap halamannya

Self adhesive, menyimpan foto dalam berbagai ukuran di tiap halamannya

Bagi Anda yang ingin menyimpan foto dengan berbagai ukuran, kami rekomendasikan album tipe self adhesive. Anda dapat menyimpan foto pada halaman album yang lengket, lalu menutupnya dengan plastik film transparan di atasnya. Selain itu, Anda bisa menempatkan foto lebih bebas karena album ini dapat menyimpan berbagai ukuran foto. Foto pun dapat diganti dan dipasang kembali sebanyak yang Anda mau.


Nah, salah satu merek yang memproduksi album self adhesive ini adalah Nakabayashi yang berasal dari Jepang. Album keluaran Nakabayashi telah dikenal sebagai album yang tak lekang oleh waktu. Sebabnya, produk ini dilapisi aluminium foil sehingga dapat melindungi foto dari suhu panas, cahaya, serta cuaca lembap. Ditambah lapisan film sebagai penutup, foto-foto hasil inkjet akan terlindungi dan tidak mudah pudar. Namun, sayangnya, produk ini mungkin akan sulit dicari di Indonesia.

Scrapbook, bebas kreasikan foto dengan berbagai hiasan

Scrapbook, bebas kreasikan foto dengan berbagai hiasan

Apabila Anda ingin menyimpan foto dengan berbagai dekorasi yang indah, kami sarankan album foto tipe scrapbook. Dengan menggunakan album ini, Anda dapat mengatur posisi foto, menempel stiker, hingga menulis pesan di halaman polos. Tak ada poket atau halaman yang lengket, menghias album pun jadi lebih mudah.


Untuk menghiasnya, Anda dapat menggunakan washi tape atau tambahkan gambar hasil karya sendiri di album scrapbook. Jika bingung memilih hiasannya, Anda tidak perlu khawatir. Beredar pula di pasaran album scrapbook yang sudah dijual satu set dengan keperluan berkreasinya. Karena itu, kami sarankan album scrapbook untuk Anda yang ingin menikmatinya sebagai hobi.


Akan tetapi, tipe ini tidak memiliki lapisan plastik film. Jika disimpan dalam waktu yang lama, ada kemungkinan foto memudar dan halamannya pun akan berkerut. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk mempunyai cadangan foto selain yang disimpan di album scrapbook.

Pilihlah berdasarkan tipe binding album

Ada dua tipe album berdasarkan binding-nya. Pertama, ada album fixed binding yang jilid halamannya sudah tetap dan tidak bisa diubah. Kedua, album tipe binder binding yang halamannya dapat ditambah atau dikurangi sesuka hati. Berikut ini kami akan memperkenalkan kedua tipe album sehingga Anda dapat memilih yang sesuai untuk keperluan.

Fixed binding, halamannya mudah dibolak-balik

Fixed binding, halamannya mudah dibolak-balik

Fixed binding merupakan tipe album bagi Anda yang merasa tidak perlu mengubah urutan halaman foto. Kelebihan tipe ini adalah Anda dapat memperkirakan jumlah foto yang disimpan dan halamannya mudah pula dibalik.


Tak hanya itu, fixed binding memiliki harga yang relatif murah dibanding album tipe lainnya. Anda pun dapat menemukannya dengan mudah di toko peralatan foto terdekat sehingga memiliki banyak pilihan sesuai selera.

Binder binding, urutan halaman dapat diubah sesuai selera

Binder binding, urutan halaman dapat diubah sesuai selera

Album binder binding disarankan bagi Anda yang kerap mengubah-ubah urutan halaman foto. Untuk desainnya, tipe ini memakai ring atau sekrup yang dapat dibuka tutup. Dengan adanya ring atau sekrup tersebut, Anda dapat menyortir halaman foto laiknya lembaran loose leaf. Hal inilah yang membuat binder binding praktis karena urutan halamannya dapat dibongkar sesuka hati.


Namun, lubang pada halaman album rentan tersangkut di bagian ring dan sekrupnya pun terkadang sulit untuk dibuka. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam membuka tiap halamannya. Meski terlihat lebih rumit dibanding fixed binding, kelebihannya yang dapat mengubah urutan halaman tetap menjadi daya tarik utamanya.

Pilihlah berdasarkan ukuran foto yang ingin Anda simpan

Pilihlah berdasarkan ukuran foto yang ingin Anda simpan

Selain cara memilih di atas, penting pula untuk memilih berdasarkan ukuran foto yang ingin Anda atur. Tipe album pocket folder sendiri biasanya terdiri dari ukuran 3R. Namun, sebaiknya Anda memilih album berukuran besar jika ingin menyimpan foto seperti panorama, 4R, 5R, dan sebagainya.


Untuk foto ukuran panorama, sebaiknya Anda pun memakai album dengan poket besar yang dapat menyimpan foto ukuran 5R. Tipe ini pun dapat dipakai pula untuk menyimpan kartu ucapan yang dikirim oleh kolega. Kartu tersebut pun dapat pula disimpan beserta foto jika berukuran sama dengan kartu pos 4R. Menyimpan foto bersamaan dengan postcard saat traveling pun akan lebih mudah dengan album ukuran besar ini.


Selain itu, beberapa album self adhesive dan scrapbook mencantumkan ukuran dan jumlah foto yang bisa dimasukkan per halamannya. Jika ingin menaruh foto tanpa harus memotongnya, sebaiknya Anda memastikan ukurannya terlebih dahulu sebelum memilih album foto.

Pilihlah warna background pada album sesuai dengan mood foto

Pilihlah warna background pada album sesuai dengan mood foto

Terakhir, kami sarankan Anda memilih album dengan warna background yang sesuai dengan suasana foto di dalamnya. Dengan demikian, album foto pun akan terlihat lebih menarik. Sebagai contoh, pakailah warna putih untuk background foto pernikahan sehingga baju pernikahan pun akan terlihat lebih indah.


Selain itu, warna putih juga akan memberikan suasana cerah sehingga cocok untuk foto keluarga. Sementara pop color seperti merah muda dan biru terang cocok untuk foto anak agar terlihat lebih cute.

10 Rekomendasi album foto terbaik

Berikut ini, kami akan memberikan rekomendasi album foto terbaik untuk menyimpan foto berisi momen kesayangan Anda. Silakan pilih album foto yang sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda.

10
TipeSelf adhesive
Jumlah halaman10
BindingFixed
Ukuran foto4R
Warna backgroundHitam
9
TipePocket folder
Jumlah halaman34
BindingBinder
Ukuran foto4R
Warna backgroundHitam
8
TipePocket folder
Jumlah halaman80
BindingFixed
Ukuran foto4R
Warna backgroundPutih
7
TipePocket Folder
Jumlah halaman32
BindingFixed
Ukuran foto8 cm
Warna backgroundTransparan
6
TipeScrapbook
Jumlah halaman30
BindingBinder
Ukuran fotoX
Warna backgroundHitam
5
TipePocket folder
Jumlah halaman50
BindingBinder
Ukuran foto2R
Warna backgroundHitam
4
TipeScrapbook
Jumlah halaman12
BindingTidak diketahui
Ukuran fotoX
Warna backgroundTidak diketahui
3
TipeSelf adhesive
Jumlah halaman20
BindingFixed
Ukuran fotohingga 10R
Warna backgroundHitam
2
TipePocket folder
Jumlah halaman80
BindingFixed
Ukuran foto3R
Warna backgroundTransparan
1
TipePocket folder dan self adhesive
Jumlah halaman120
BindingFixed
Ukuran foto4R (poket) hingga 10R (self adhesive)
Warna backgroundHitam

Tabel perbandingan produk album foto terbaik

Gambar produk
1
6 Inch 600 Sheets Photo Album 1

2
Kokuyo Novita Photo Album 1

Kokuyo

3
Glory Album Foto Magnetik Jumbo Landscape 1

Glory

4
Eno Scrapbook Album Kit 1

Eno

5
Album Foto Dear Moment 1

6
Vintage Wood Cover Photo Album Book 1

7
Album Foto Mini Universal 1

8
Album Boneka Hewan 1

9
68 Pocket 4 Inch Desktop Calendar 1

10
Susan Photo Album MMB 4RH Selfie 1

Susan Photo Album

Nama produk

6 Inch 600 Sheets Photo Album

Novita Photo Album

Album Foto Magnetik Jumbo Landscape

Scrapbook Album Kit

Album Foto Dear Moment

Vintage Wood Cover Photo Album Book

Album Foto Mini Universal

Album Boneka Hewan

68 Pocket 4 Inch Desktop Calendar

MMB 4RH Selfie

Keunggulan

Album serbabisa untuk menyimpan segala jenis foto Anda!

Expandable album, ketebalan yang menyesuaikan jumlah foto di dalamnya

Serbabisa untuk foto keluarga besar

Satu set album yang mendukung kreasi di rumah

Merapikan foto instax jadi lebih mudah

Cover berbahan kayu yang dapat menjaga tiap halaman di dalamnya

Fashionable untuk menyimpan foto photobox dengan sahabat Anda

Mengajari anak teratur melalui album foto

Album foto mini untuk menemani Anda di meja kerja

Mengoleksi hasil foto selfie Anda sendiri? Mengapa tidak?

HargaRp 600.000,00Rp 145.000,00Rp 45.000,00Rp 140.000,00Rp 65.000,00Rp 166.600,00Rp 84.360,00Rp 119.000,00Rp 99.522,00Rp 62.700,00
TipePocket folder dan self adhesivePocket folderSelf adhesiveScrapbookPocket folderScrapbookPocket FolderPocket folderPocket folderSelf adhesive
Jumlah halaman120802012503032803410
BindingFixedFixedFixedTidak diketahuiBinderBinderFixedFixedBinderFixed
Ukuran foto4R (poket) hingga 10R (self adhesive)3Rhingga 10RX2RX8 cm4R4R4R
Warna backgroundHitamTransparanHitamTidak diketahuiHitamHitamTransparanPutihHitamHitam
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk penyimpan foto lainnya di sini

Anda telah mengetahui lebih mendalam terkait album foto terbaik. Namun, tak hanya album foto yang dapat menyimpan foto kenangan Anda, ada pula bingkai yang bisa dipakai. Kami telah menulis dan membahas bingkai foto terbaik lainnya. Anda dapat membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi album foto terbaik untuk menyimpan momen bersejarah Anda. Anda pun bisa memakainyai untuk disimpan sendiri, dilihat bersama orang terdekat, atau dijadikan sebagai hadiah. Apapun pilihan Anda, jangan sampai momen berharga hilang karena tidak tersimpan dengan baik. Kami harap momen terindah hidup Anda tetap terjaga dengan memilih album foto yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lilin aromaterapi memang sangat cocok digunakan saat Anda sedang lelah dan butuh relaksasi. Diletakkan di dalam kamar, ruang santai, bahkan kamar mandi, semua terasa cocok. Produk bernuansa tradisional dari Kencana Indonesia, atau produk populer dari Bath & Body Works, dapat menjadi pilihan.Lilin aromaterapi juga dapat menjadi opsi hadiah untuk orang terdekat. Bila Anda sedang bimbang dalam memilih lilin aromaterapi yang cocok, barangkali ulasan sepuluh rekomendasi lilin aromaterapi terbaik versi kami akan membantu Anda. Namun, sebelumnya, simaklah cara memilih lilin aromaterapi terlebih dahulu, ya!
    Dekorasi ruangan
    43.357 Views
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto di acara tertentu atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto terbaik untuk dipajang di dinding. Beragam bingkai foto berkualitas ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Mari simak selengkapnya dan temukan produk bingkai foto yang cocok untuk Anda!
    Dekorasi ruangan
    42.621 Views
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Wallpaper dinding adalah pilihan praktis dan relatif terjangkau bagi Anda yang ingin mengganti desain sebuah ruangan. Ada begitu banyak wallpaper dengan berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan perabot rumah Anda. Namun, wallpaper seperti apakah yang tepat untuk dipilih?Kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding untuk membantu Anda memutuskan pilihan. Sebelum itu, simak dulu tips untuk memilih wallpaper dinding terbaik agar tidak salah membuat keputusan. Selamat membaca dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Dekorasi ruangan
    60.820 Views
  • 10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Nah, coba perhatikan, pasti suasana ruangan Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Hal tersebut dikarenakan karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior.Namun, jangan asal meletakkan karpet di ruangan. Ukuran, motif, bahan karpet, dan lainnya akan memengaruhi suasana ruangan Anda. Tips memilih karpet beserta rekomendasi produk-produk terbaik dari merek seperti IKEA akan kami ulas di artikel ini. Penasaran? Yuk, baca informasi selengkapnya.
    Dekorasi ruangan
    30.454 Views
  • 10 Rekomendasi Partisi Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Partisi Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Partisi atau sekat ruangan berperan penting dalam melengkapi interior rumah. Dewasa ini, kebutuhan akan partisi ruangan cantik untuk kebutuhan fungsional maupun dekorasi terus meningkat. Hebatnya, Anda tidak harus selalu pergi ke toko fisik karena membeli partisi ruangan kini dapat dilakukan melalui toko online!Namun, banyaknya model partisi ruangan bisa saja membuat Anda bingung memilih. Jadi, kami akan membahas poin penting dalam memilih partisi ruangan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik, termasuk keluaran IKEA, iDekoru, dan iFurnholic dalam artikel ini. Yuk, temukan partisi ruangan bagus sesuai kebutuhan interior Anda!
    Dekorasi ruangan
    23.945 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Indoor (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik untuk Indoor (Terbaru Tahun 2020)
    Sudah bukan rahasia jika tanaman hias mampu menciptakan nuansa alami di ruangan. Makanya, tanaman hias untuk indoor pun banyak diburu. Menariknya, tanaman hias tak hanya berfungsi sebagai benda dekorasi. Anda bisa menemukan tanaman hias indoor untuk apotek hidup atau yang berfungsi sebagai pembersih udara.Beberapa jenis tanaman hias terbaik untuk indoor adalah monstera, rubber plant, dan lidah mertua. Selain ketiga tanaman hias populer ini, kami juga memilih tanaman hias terbaik untuk indoor lainnya. Mari kita pelajari terlebih dahulu cara memilih dan baru membelinya di online shop. 
    Dekorasi ruangan
    5.074 Views
  • 10 Rekomendasi Bangku Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bangku Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak seperti bangku logam dan material lainnya, bangku kayu akan menimbulkan kesan warm saat ditempatkan di banyak ruangan. Bentuknya pun beragam, ada yang bulat, persegi, bahkan ada juga produk berbentuk segitiga. Selain untuk diduduki, tentu Anda juga bisa menjadikannya sebagai dekorasi ruangan.Kali ini, kami akan membagi tips seputar cara memilih dan merekomendasikan bangku kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai bangku kayu berkualitas dalam artikel ini, salah satunya keluaran IKEA. Yuk, temukan bangku kayu favorit dan jadikan ruangan Anda terkesan semakin cozy sekaligus stylish!
    Dekorasi ruangan
    1.233 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori