• 10 Rekomendasi Garam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Garam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Garam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Garam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Garam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Garam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Garam memiliki fungsi vital untuk memberikan cita rasa pada suatu hidangan sehingga selalu ada di rak dapur masyarakat Indonesia. Kerennya, garam tidak hanya berfungsi sebagai bumbu, tetapi juga untuk bahan pengawet makanan alami, hingga mengobati penyakit gondok!

Untuk mendapatkan semua manfaat baik di atas, pastikan Anda memilih garam terbaik rekomendasi dari kami. Selain merek Javara dan Big Tree Farms, adakah merek lain yang bisa dipilih? Yuk, pelajari apa saja poin penting dalam memilih garam terbaik yang ada di pasaran!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Widyanti Yuliandari
  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2021
  • 34.659 Views
Daftar isi

Cara memilih garam terbaik

Menarik untuk diketahui, garam tidak hanya memiliki rasa yang asin, tetapi juga pahit dan sedikit asam. Oleh karena itu, kami akan memaparkan tiga poin penting tentang tips memilih garam terbaik yang sesuai dengan selera Anda.

Pilih garam berdasarkan tujuan pemakaian

Sebelum memilih, tentukanlah tujuan pemakaiannya. Apakah Anda ingin memakai garam untuk memperkaya rasa hidangan atau ingin dipakai pada momen-momen tertentu saja?

Untuk meningkatkan nafsu makan, pilih garam bumbu

Untuk meningkatkan nafsu makan, pilih garam bumbu
Jika ingin meningkatkan nafsu makan seseorang, Anda dapat mengandalkan garam bumbu dibandingkan garam jenis lainnya. Garam bumbu mampu mengeluarkan cita rasa asli dari suatu bahan masakan hingga menstimulasi nafsu makan seseorang. Hal ini bisa terjadi berkat adanya penambahan bumbu dan rempah dari garam bumbu.
Rempah-rempah memang sengaja ditambahkan di dalam garam bumbu agar terasa lebih lezat. Oleh karenanya, silakan memilih garam berdasarkan tujuan pemakaian dan jenis bahan.
Jika Anda menginginkan garam bumbu dengan cita rasa yang kuat, garam seperti crazy salt dengan rasa bawang merah dan putih bisa dijadikan pilihan. Garam jenis ini memiliki rasa yang umami sehingga cocok dipakai untuk segala jenis hidangan.

Pilih garam bermineral untuk memperkaya rasa masakan

Pilih garam bermineral untuk memperkaya rasa masakan
Jenis garam bermineral dapat menjadi pilihan jika Anda ingin membuat masakan dengan cita rasa yang benar-benar lezat. Hal ini dikarenakan garam mineral memiliki kadar mineral yang lebih tinggi dari sodium sehingga mampu meningkatkan rasa dari suatu bahan makanan. Anda juga harus memastikan kandungan kalium dan magnesium juga tercantum di kemasan produk.
Sebagai tambahan informasi, kandungan natrium (sodium) adalah yang menyebabkan suatu garam memiliki rasa asin. Dengan kata lain, jika Anda memilih garam bernatrium, rasa masakan Anda akan menjadi lebih asin.
Garam dengan kandungan mineral yang lebih tinggi dari natrium, khususnya untuk garam bermagnesium, cenderung memiliki rasa yang lebih lezat. Penyebabnya adalah garam jenis ini mampu mendorong proses pematangan dan fermentasi bahan makanan sehingga rasa aslinya bisa keluar dengan sempurna. Jadi, pilihlah garam yang lebih banyak mengandung mineral dibandingkan natrium untuk membuat rasa makanan lebih beragam.

Temukan garam dengan warna dan bentuk yang menarik

Bagi Anda yang hobi memasak, garam dengan bentuk dan warna yang unik pun bisa menjadi topik obrolan menarik. Terlebih lagi, saat Anda memasak bersama beberapa sahabat.
Baru-baru ini, garam dengan tampilan menarik dan unik semakin diminati karena terkesan lebih high-class. Beberapa jenis garam dengan bentuk dan warna unik di antaranya adalah truffle salt, bamboo charcoal salt (garam arang bambu) yang membuat masakan terlihat hitam, smoked salt (garam asap), dan Himalayan salt (garam Himalaya) yang berwarna pink. Anda pun dapat menyantap makanan dengan kelezatan yang selevel dengan masakan di restoran hanya dengan memakai jenis garam unik tersebut.
Garam jenis ini juga bisa membuat food plating terlihat lebih fancy. Walaupun hanya ditambahkan di sudut hidangan, garam ini bisa langsung menjadi pusat perhatian bagi siapa saja yang melihatnya. Untuk digunakan sebagai aksen, Anda bisa memakai garam berbentuk piramida dan plate-like flake salt.
Menariknya, garam ini dapat mengubah bahan makanan sederhana seperti daging panggang dan salad (selada) menjadi lebih kaya rasa. Anda dapat mencicipi perpaduan antara daging dan rasa asli garam sehingga makanan biasa saja bisa naik kelas, lezat, dan nikmat.

Tentukan ukuran dan tingkat keasinan garam sesuai dengan jenis hidangan

Berikutnya, kami akan menjelaskan cara memilih garam terbaik sesuai dengan jenis bahan utama hidangan. Anda dapat mengombinasikan antara ukuran butiran garam dan level keasinan dari ringan hingga kuat berdasarkan jumlah natriumnya. Yuk, cari tahu kombinasi paling pas untuk mengeluarkan cita rasa autentik dari setiap bahan masakan!

Daging merah dan ikan segar: Butiran garam besar dan kasar dengan rasa asin yang kuat

Daging merah dan ikan segar: Butiran garam besar dan kasar dengan rasa asin yang kuat
Daging merah dan ikan segar identik dengan cita rasa alami yang kuat. Oleh karena itu, Anda dapat menambahkan butiran garam berukuran besar dan kasar dengan rasa asin yang kuat, seperti pink rock salt. Dengan demikian, hasil olahan makanan Anda akan terasa asin, tetapi tidak kehilangan rasa alaminya.
Ketika Anda memilih pink rock salt, pilihlah yang tidak mengandung biji-bijian hitam ataupun bahan asing lainnya. Satu lagi, garam berwarna pink gelap biasanya mengandung banyak zat besi sehingga lebih cocok dengan bahan makanan berwarna merah.

Daging dan ikan berwarna cerah: Butiran garam besar yang tidak terlalu asin

Daging dan ikan berwarna cerah: Butiran garam besar yang tidak terlalu asin
Rasa alami daging dan white fish dengan warna cerah akan keluar saat Anda mengunyahnya. Oleh karena itu, kami merekomendasikan garam dengan butiran besar, tetapi tidak terlalu asin. Dengan demikian, Anda dapat merasakan kombinasi antara lelehan garam dan rasa alami bahan saat mengunyahnya.

Makanan digoreng dan berminyak: Garam lembut dengan rasa asin yang kuat

Makanan digoreng dan berminyak: Garam lembut dengan rasa asin yang kuat
Khusus untuk hidangan yang berminyak, Anda dapat memilih garam dengan tekstur lembut dan rasa asin yang kuat, seperti French Lorraine rock salt. Garam jenis ini mudah digunakan dan gampang menyatu dengan bahan makanan karena ukurannya yang relatif kecil.
Selain itu, garam ini bisa membuat hidangan Anda memiliki cita rasa alami yang kuat tanpa adanya tambahan rasa lainnya. Makanan yang digoreng pun menjadi lebih fresh dan terasa lebih ringan.

Segala jenis masakan: Garam berukuran sedang dengan rasa asin yang standar

Segala jenis masakan: Garam berukuran sedang dengan rasa asin yang standar
Setidaknya, Anda harus memiliki satu jenis garam yang universal alias bisa cocok dipakai untuk pelbagai jenis masakan. Pasalnya, garam jenis ini pasti akan lebih mudah untuk digunakan. Anda dapat mempertimbangkan garam laut dengan karakteristik bentuk yang sedang dan terasa lebih segar. Pastikan garam tersebut bisa cocok dengan semua jenis makanan.
Sebenarnya, cocok atau tidaknya suatu jenis garam tergantung pada rasa dari bahan utamanya. Beberapa jenis garam yang kami jelaskan di sini adalah garam yang mudah Anda jumpai di pusat perbelanjaan atau supermarket. Saat ingin mencari tahu ukuran butiran garam, Anda dapat memakai butiran garam meja sebagai ukuran standar atau ukuran medium dari garam kebanyakan. Dengan demikian, Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah butiran garam yang Anda pilih lebih besar atau lebih kecil dibandingkan butiran garam meja.
Selain itu, Anda juga mesti memperhatikan karakteristik dari setiap bahan makanan. Misalnya, untuk makanan dengan rasa yang kuat, Anda harus memilih garam dengan rasa asin yang kuat pula. Untuk makanan dengan rasa yang ringan, Anda dapat memilih garam yang rasa asinnya akan menyebar saat dikunyah.
Terakhir, rasa asin akan berubah tergantung intensitas pemberian bumbu dan kondisi fisik hari itu. Kesimpulannya, hal terpenting yang perlu diperhatikan saat memilih garam adalah bagaimana kita mengaplikasikannya di makanan. Perbedaan terbesar antara garam dengan bumbu yang lain adalah rasa hidangan atau bahan makanan akan sedikit berubah, tetapi tidak terlalu mencolok.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi garam terbaik

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan produk-produk garam yang dapat dengan mudah Anda beli via internet. Setiap produk mempunyai keunggulan masing-masing. Silakan memilih garam yang dapat meningkatkan rasa hidangan Anda.
10
JenisGaram kasar Himalaya
Isi500 gr
Negara asalPakistan
9
JenisGaram meja
Isi200 gr
Negara asalIndonesia
8

Frontier AlderSmoked Salt Grinder

Rp 201.323,00

JenisGaram laut asap
Isi90 gr
Tempat asalAmerika
7
JenisGaram laut bumbu black pepper
Isi120 gr
Negara asalIndonesia
6
JenisGaram laut
Isi240 gr
Negara asalIndonesia
5

LohasNatural Black Salt

Rp 141.000,00

JenisGaram hitam
Isi500 gr
Negara asalIndia
4

Fleur De Sel Le Saunier De Camargue by Christian Carrel

Rp 367.000,00

JenisGaram kaviar
Isi125 gr
Negara asalPrancis
3

TartufLangheWhite Truffle Salt

Rp 132.000,00

JenisGaram truffle
Isi30 gr
Negara asalItalia
2
JenisGaram meja
Isi85 gr
Negara asalIndonesia
1
JenisGaram Himalaya organik
Isi250 gr
Negara asalIndonesia

Tabel perbandingan produk garam terbaik

Gambar produk
1
Pura Indonesia Organic Himalayan Salt 1

Pura Indonesia

2
Javara Fine Grain Salt-Pet Jar 1

Javara

3
TartufLanghe White Truffle Salt 1

TartufLanghe

4
Fleur De Sel  Le Saunier De Camargue by Christian Carrel 1

Fleur De Sel

5
Lohas Natural Black Salt 1

Lohas

6
Big Tree Farms Fine Grain Sea Salt 1

Big Tree Farms

7
Jay’s Kitchen Black Pepper Seasalt 1

Jay’s Kitchen

8
Frontier Alder Smoked Salt Grinder 1

Frontier Alder

9
Garena Garam Kurang Natrium 1

Garena

10
OM Natural Himalayan Rock Salt 1

OM

Nama produk

Organic Himalayan Salt

Fine Grain Salt-Pet Jar

White Truffle Salt

Le Saunier De Camargue by Christian Carrel

Natural Black Salt

Fine Grain Sea Salt

Black Pepper Seasalt

Smoked Salt Grinder

Garam Kurang Natrium

Natural Himalayan Rock Salt

Keunggulan

Menjalani program diet tak lagi semenderita dulu

Produk artisan bebas kimia yang sedang hits!

Cara paling manjur untuk membuat hidangan hangat dan dingin lebih kaya rasa!

Menarik! Butiran garamnya berwarna abu-abu dan pink

Garam yang dapat dipakai untuk pengobatan

Terbuat dari 100% air laut Bali!

Memasak bebas ribet dengan garam 2-in-1!

Rasa autentik dari pengasapan kayu, dijamin bebas penyedap dan minyak

Kandungan natrium 40% lebih rendah dari garam biasa!

Jaga tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan garam Himalaya

HargaRp 53.100,00Rp 22.500,00Rp 132.000,00Rp 367.000,00Rp 141.000,00Rp 49.000,00Rp 30.000,00Rp 201.323,00Rp 11.250,00Rp 21.533,00
JenisGaram Himalaya organikGaram mejaGaram truffleGaram kaviarGaram hitamGaram lautGaram laut bumbu black pepperGaram laut asapGaram mejaGaram kasar Himalaya
Isi250 gr85 gr30 gr125 gr500 gr240 gr120 gr90 gr200 gr500 gr
Negara asalIndonesiaIndonesiaItaliaPrancisIndiaIndonesiaIndonesiaAmerikaIndonesiaPakistan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk bumbu dapur asin lainnya di sini!

Selain garam, ada pelbagai jenis bumbu lain yang dapat dipakai untuk meningkatkan kualitas rasa suatu hidangan, baik yang alami ataupun instan. Jika Anda mencari yang praktis, pertimbangkan untuk memilih bumbu dengan kemasan compact yang tidak memakan tempat dan bisa dibawa ke mana saja dengan mudah. Berikut ini beberapa rekomendasi bumbu dapur dengan rasa asin yang dapat Anda beli di online shop.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan jenis garam yang paling sesuai dengan kebutuhan? Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata garam memiliki rasa yang cukup beragam, ya! Semua ini kembali dengan banyak dan tidaknya kandungan sodium selama proses pengolahannya. Oleh karena itu, mulai saat ini Anda dapat memilih jenis garam yang sesuai dengan bahan utama masakan dan jenis hidangan yang akan dibuat. Happy cooking!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    21.970 Views
  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    135.273 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    123.323 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    76.144 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    121.640 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    70.308 Views
  • 10 Rekomendasi Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gula sering digunakan dalam masakan, camilan, teh, dan kopi sebagai penambah rasa manis. Meskipun akhir-akhir ini banyak ditemukan pemanis tanpa kalori, hanya gula yang bisa memberikan rasa manis yang kuat. Anda mungkin sering melihat berbagai jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, gula rendah kalori, dan lain-lain.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda dalam menemukan gula terbaik. Kami tidak hanya akan memberitahu cara memilihnya, tetapi juga rekomendasi produk dari Tropicana Slim, GULAKU, maupun Ricoman. Temukan gula dengan rasa dan karakteristik yang cocok dengan selera Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    7.787 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori