10 Rekomendasi Garam Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Garam Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Garam merupakan salah satu bahan makanan yang tak dapat dipisahkan dari kebutuhan dapur. Selain digunakan untuk bumbu masakan, mineral berbentuk kristal yang berasal dari air laut ini mampu menjadi bahan pengawet makanan alami, bahkan mencegah penyakit seperti gondok jika mengandung yodium.

Pada kesempatan ini, kami akan memaparkan beberapa produk garam terbaik yang dipasarkan secara online di Indonesia. Sebelum itu, akan dijelaskan poin-poin seputar garam yang menarik untuk Anda ketahui. Jadi kami harap Anda menyimak artikel berikut sampai habis.

Daftar isi

Jenis-jenis garam

Mungkin yang Anda ketahui, rasa dari garam hanyalah asin saja. Memang pada umumnya garam yang dipasarkan di Indonesia memiliki rasa yang demikian. Namun sebenarnya, ada juga garam yang memiliki rasa sedikit pahit, bahkan sedikit asam, namun ini sangat jarang sekali ditemui di sini. Hal tersebut dipengaruhi tempat di mana garam tersebut berasal, serta bagaimana cara pengolahannya.

Perbedaan jenis garam menurut bahan bakunya

Menurut bahan bakunya, garam dibagi menjadi dua jenis, yakni garam laut dan garam batu. Sebenarnya ada juga garam danau yang dibuat dari air danau berair asin yang dikumpulkan dan diproses. Namun, kali ini kami akan menjelaskan garam laut dan garam batu saja, yang masih dapat Anda temui di Indonesia.

Garam laut

Garam laut

Garam laut terbuat dari air laut yang umumnya dikeringkan lewat sinar matahari, kemudian direbus sampai menguap kelembapannya, untuk menjadi garam utuh. Garam laut lebih banyak mengandung mineral daripada garam batu. Karena Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan, Anda akan banyak membaca tentang garam laut dalam artikel berikut.

Garam batu

Garam batu

Sebenarnya garam berikut tidak cukup umum digunakan di Indonesia, namun Anda masih dapat mencarinya di pasaran. Ia terbuat dari air laut yang mengkristal menjadi batu, kemudian batu tersebut  diolah menjadi garam.

Rasa garam batu lebih asin daripada garam laut karena kandungan natriumnya lebih tinggi. Warna dan rasanya bisa berbeda, tergantung dari mana garam tersebut berasal. Garam batu yang bewarna merah muda, umumnya mengandung zat besi.

Jenis garam berdasarkan cara pembuatannya

Berdasarkan metode pembuatannya, garam dapat dibagi menjadi beberapa tipe yakni garam matahari, garam dapur, dan garam penyulingan. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Garam alami

Garam alami

Garam jenis ini merupakan garam yang dibuat dengan cara paling tradisional karena proses pembuatannya hanya mengandalkan sinar matahari (solar) dan angin saja. Dikarenakan prosesnya yang alami, banyak sekali kandungan mineral laut yang tetap ‘menempel’ pada garam jenis ini seperti, sodium klorida, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya. Di Indonesia, kita bisa banyak menemui garam jenis ini tanpa adanya merek, namun belum layak untuk dikonsumsi. Jika sudah masuk kategori layak konsumsi, biasanya garam ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Garam olahan (garam dapur)

Garam olahan (garam dapur)

Garam olahan adalah garam yang dibuat dengan melarutkan garam murni (garam matahari) dengan air laut, kemudian dipanaskan. Dalam pembuatannya, garam ini ditambahkan dengan mineral-mineral seperti yodium dan lain sebagainya. Biasanya  garam jenis ini dikenal dengan sebutan garam dapur. Garam ini merupakan garam yang ekonomis dan banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Garam penyulingan

Garam penyulingan

Yang terakhir adalah garam penyulingan. Proses pembuatannya hampir sama dengan garam olahan, yakni melarutkan garam murni dengan air. Tapi hasil akhir dari proses pembuatan garam ini hanya mengandung 100% natrium klorida saja, karena tidak dicampurkan bahan apapun saat proses pembuatannya. Garam jenis ini merupakan garam yang paling sedikit kandungan mineralnya daripada jenis-jenis yang disebutkan sebelumnya. Meski begitu, kita tidak bisa menyebutnya sebagai garam yang buruk dibanding yang lain.

Cara memilih garam

Tentu Anda sepakat jika garam disebut sebagai salah satu kunci penting masakan-masakan yang ada di dunia. Namun, rasa asli tiap-tiap masakan dipengaruhi juga oleh garam yang biasa digunakan. Misalkan, Anda akan memasak rendang yang harusnya menggunakan garam laut sebagai bumbunya, tentu hasil masakan akan berbeda jika Anda menggantinya dengan garam batu. Jadi, pada bagian berikut kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih garam yang sesuai dengan keperluan Anda.

Garam yang paling pas untuk masakan Indonesia adalah garam laut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, negara kita Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh laut. Jadi tentu garam laut adalah garam yang paling sering digunakan sebagai bumbu masakan-masakan yang ada. Umumnya, garam yang ada di Indonesia memberikan rasa asin dan gurih pada setiap masakan. Tetapi, ada beberapa fungsi lain dari garam laut yang cukup umum kita temui di Indonesia seperti berikut ini.

Garam untuk mengawetkan makanan

Garam untuk mengawetkan makanan

Di Indonesia, garam merupakan bahan alami yang digunakan untuk mengawetkan makanan seperti timun (acar), ikan, dan lain-lain. Garam memiliki kemampuan untuk menyerap air yang ada di makanan-makanan tersebut. Sifat air sendiri dapat merusak makanan jika dibiarkan dalam beberapa waktu, sehingga makanan bisa basi ataupun busuk.

Garam bisa mencegah perubahan warna pada makanan

Garam bisa mencegah perubahan warna pada makanan

Jika potongan apel kita biarkan terlalu lama, maka warnanya akan berubah menjadi kekuningan. Anda dapat menjaga apel tersebut untuk tidak berubah warna dengan menggunakan garam. Adanya garam akan menghambat proses oksidasi dan perubahan warna pada makanan tersebut.

Garam dapat menghilangkan amis ikan laut

Garam dapat menghilangkan amis ikan laut

Ikan laut umumnya punya bau yang amis. Jika cara pengolahannya benar, maka bau tersebut dapat lenyap. Salah satu bahan yang dapat kita gunakan adalah garam. Ketika membakar ikan laut, gunakanlah sedikit garam selain bumbu yang Anda gunakan. Hal ini dapat menjaga rasa ikan serta menekan bau amisnya.

Garam batu untuk makanan Italia dan Perancis, garam laut untuk masakan Chinese

Garam batu untuk masakan Itali atau Prancis, garam laut untuk makanan Chinese

Garam batu punya karakter yang kuat dan benar-benar asin. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk digunakan bumbu hidangan daging dan makanan-makanan yang umum dikonsumsi di Eropa.

Di Perancis, garam batu dicampurkan dengan bahan-bahan herbal serta truffle yang terkenal sebagai bumbu. Campuran ini mampu menghilangkan bau amis pada daging, dan memberikan aksen yang kuat pada kudapan yang Anda konsumsi.

Di Italia, garam batu digunakan untuk hidangan seperti roast chicken salad yang dipanggang bumbu lada hitam. Garam batu juga dapat dicampur dengan minyak zaitun sebagai olesan pada focaccia.

Sedangkan masakan Chinese sendiri, lebih familier dengan penggunaan garam laut, hampir sama dengan Indonesia. Penggunaannya dicampur bersama peppermint dan paprika untuk memasak ayam goreng.

Garam untuk kebutuhan kecantikan dan relaksasi

Garam untuk kebutuhan kecantikan dan relaksasi

Selain kudapan, garam juga berfungsi untuk keperluan kecantikan dan relaksasi. Secara khusus kita harus menggunakan garam alami untuk keperluan ini.

Jika Anda memasukkan garam pada air bak tempat Anda berendam, air tersebut dapat melancarkan aliran darah serta metabolisme tubuh. Suhu tubuh dapat turun, bahu yang kaku Anda pun bisa rileks.

Selain itu, garam memiliki fungsi untuk melembutkan keratin dan menghilangkan zat-zat limbah yang menempel pada kulit Anda. Gosokkan garam secara perlahan pada kulit Anda agar menjadi cantik dan sehat. Dalam hal ini, Anda harus memilih garam alami berbentuk halus supaya tidak melukai kulit.

10 Rekomendasi garam untuk Anda

Di bagian berikut, kami akan memperkenalkan produk-produk garam yang beredar di internet untuk Anda. Setiap produk mempunyai aspek-aspek yang diunggulkan, jadi usahakan memilih garam yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda.

10. OM Natural Himalayan Rock Salt

10. OM Natural Himalayan Rock Salt

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 225.000

Garam batu Himalaya murni

OM Natural Himalayan Rock Salt berasal dari air laut yang membeku menjadi batu di daerah Himalaya. Warna pink dari garam Himalaya merupakan indikasi akan banyaknya kandungan mineral pada garam tersebut, terutama kandungan zat besi.

Beberapa manfaat dari garam berikut antara lain membantu mengembalikan ion tubuh yang hilang, mengatur kadar air, menyeimbangkan asam tubuh, mengatasi kram otot, menurunkan tekanan darah, dan lain-lain. Sangat pas untuk Anda yang ingin mencoba mengganti garam dapur di rumah Anda dengan bahan yang lebih alami.

9. Garam Garena

9. Garam Garena

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.250

Garam dengan kadar natrium 40%

Untuk Anda yang ingin mengurangi konsumsi natrium dengan alasan kesehatan, Garena bisa menjadi alternatif yang tepat bagi Anda. Tercatat hanya 40% kandungan natrium dalam produk berikut, namun ia tetap memiliki cita rasa yang sama seperti garam lainnya.

Garam ini bisa Anda gunakan sebagai pengganti garam dapur Anda di rumah. Penggunaan produk ini untuk konsumsi sehari-hari juga dapat mendukung Anda yang sedang melakukan program diet. Selain itu, dengan mengonsumsi garam ini juga dapat menekan kemungkinan datangnya penyakit seperti hipertensi, jantung, ginjal, bahkan rasa sakit ketika menstruasi.

8. Javara Pemuteran Bali Temple Sea Salt

8. Javara Pemuteran Bali Temple Sea Salt

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.000

Garam laut yang pas sebagai garnis

Garam berikut ini merupakan garam laut yang didapat dari air laut kaya mineral di pantai Pemuteran, Bali. Untuk menjadi garam yang seperti demikian, ia melalui 2 proses yakni proses penyulingan air laut untuk mendapatkan air laut suling yang murni, dan pengeringan dengan bantuan rumah surya.

Proses pembuatan alami tersebut memberikan cita rasa yang baik pada garam ini. Pilihan tepat untuk Anda yang mencari garam yang cocok untuk garnis makanan penutup yang berkarakter gurih, ataupun untuk makanan kecil lainnya.

7. Jay’s Kitchen Seasalt

7. Jay's Kitchen Seasalt

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 53.000

Garam laut yang kaya akan mineral dan nutrisi

Untuk Anda yang ingin memanggang, membuat kue, memasak atau mencari garam tabur, Jay’s Seasalt bisa jadi pilihan yang tepat. Bahan utama produk ini diambil dari perairan Bali yang dikenal memiliki cita rasa asin yang khas. Di dalam Jay’s Salt Sea, terkandung banyak mineral dan nutrisi.

Proses pembuatan produk ini masih dilakukan dengan metode tradisional yang secara turun temurun diwariskan oleh petani-petani garam Bali sejak dulu hingga kini. Garam ini memiliki tekstur yang kasar. Selain jenis original sea salt, ada beberapa varian garam lain yang dikeluarkan oleh Jay’s Kitchen.

6. Big Tree Farms Fine Grain Sea Salt

6. Big Tree Farms Fine Grain Sea Salt

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.000

Garam halus yang cocok untuk kebutuhan dapur Anda

Big Tree Farms Fine Grain Sea Salt terbuat dari 100% air laut Bali yang kaya akan mineral. Air laut tersebut melewati proses penyulingan untuk mendapatkan kristal garam terbaik yang dilanjutkan pada penjemuran langsung di bawah sinar matahari. Hasilnya, kristal-kristal halus garam dengan cita rasa natural. sedap dan mengandung banyak mineral alami.

Garam ini cocok untuk berbagai keperluan dapur Anda seperti penyedap masakan, bumbu untuk memanir daging, penambah rasa pada hidangan salad, dan jenis-jenis masakan lainnya karena teksturnya yang halus. Big Tree Farms Fine Grain Sea Salt dikemas dalam packaging yang punya tampilan premium.

5. Lohas Natural Black Salt

5. Lohas Natural Black Salt

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Garam hitam Pakistan untuk masakan khas Asia Selatan

Garam hitam merupakan jenis garam yang banyak digunakan pada masakan khas Asia Selatan seperti Bangladesh, India, Nepal serta Pakistan. Garam ini memiliki aroma khas layaknya sulfur pada telur rebus. Para vegan kerap menjadikan garam berikut sebagai pengganti cita rasa telur pada masakan mereka.

Garam berikut juga dimanfaatkan untuk pengobatan Ayurveda, pengobatan tradisional yang berasal dari negara India. Ia dipercaya dapat melancarkan pencernaan serta mengurangi heartburn (rasa panas di dada yang biasanya terjadi sehabis makan).

4. Le Saunier De Camargue Fleur De Sel by Christian Carrel

4. Le Saunier De Camargue Fleur De Sel by Christian Carrel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Garam batu Prancis yang mengandung berbagai mineral alami

Le Saunier De Camargue Fleur De Sel merupakan garam yang berasal dari Prancis. Warnanya berona abu-abu dan sedikit pink pada butiran-butirannya, sangat menarik ketika melihat paduan warna tersebut sebagai garnis makanan Anda. Cara pembuatan garam laut ini masih menggunakan proses tradisional, yakni dijemur di bawah sinar matahari secara langsung, sehingga menghasilkan garam murni yang nikmat dengan kualitas tinggi.

Fluer de Sel sendiri dapat diterjemahkan sebagai garam bunga atau lebih dikenal dengan garam kaviar. Garam berikut mengandung potasium, kalsium, magnesium, tembaga, dan yodium. Sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan eksplorasi masakan a la francaise. Garam ini juga cocok untuk dipadukan dengan salad.

3. Big Tree Farms Coarse Kechil Sea Salt

3. Big Tree Farms Coarse Kechil Sea Salt

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 57.700

Garam laut kasar dengan packaging premium

Anda akan menemukan bentuk butiran-butiran yang menarik pada garam ini yang mungkin berbeda dengan garam lainnya. Butiran-butirannya berbentuk segitiga kecil sehingga cocok untuk mempercantik makanan Anda seperti salad dan lain sebagainya. Garam berikut berasal dari penyilingan air laut dari pesisir timur Pulau Dewata yang terkenal memiliki cita rasa khas jika kita bandingkan dengan air laut di daerah lain.

Selain bentuk garamnya yang unik, packaging yang ditawarkan produk ini berbeda dan punya kesan premium. Big Tree Farms Coarse Kechil Sea Salt cocok sebagai penyedap makanan, bumbu untuk memanir daging, penambah rasa pada salad ataupun masakan yang lain. Karena pengolahannya yang masih tradisional, dapat dipastikan produk ini mengandung mineral-mineral alam yang berasal dari laut.

2. Javara Fine Grain Salt

2. Javara Fine Grain Salt

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.100

Garam laut artisan tanpa campuran zat kimia

Untuk Anda yang mencari garam untuk keperluan segala kuliner yang berbau Indonesia, Javara Fine Grain Salt bisa menjadi solusinya. Garam berikut ini merupakan garam murni, tidak mengandung pemutih, tidak mengandung pengawet, juga tidak mengandung zat adiktif.

Javara Fine Grain Salt dibuat dari air murni yang kaya mineral dari garis pantai Bali Timur. Proses pembuatannya masih menggunakan metode tradisional para petani Bali yang menggabungkan penyulingan air laut lewat batuan vulkanik, serta proses kristalisasi air menjadi bubuk garam dalam rumah surya.

1. Pura Himalayan Salt

1. Pura Himalayan Salt

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.300

Garam batu asal Himalaya yang mengandung banyak manfaat

Pura Himalayan Salt merupakan produk yang mengambil bahan baku dari garam batu di daerah Himalaya. Pura mengklaim garam berikut bebas dari polusi. Dalam proses pembuatannya menjadi garam yang layak untuk konsumsi, Pura Himalayan Salt tidak dicampurkan dengan zat kimia apapun, baik yodium, pengawet, atau pemutih.

Hasil garam berikut diperoleh dari proses yang alami (tanpa ekstraksi). Sebuah pilihan yang sangat menguntungkan untuk Anda yang ingin melakukan program diet, karena garam ini dapat menyeimbangkan tingkat gula darah hingga melancarkan tekanan darah. Ia juga dapat berfungsi sebagai detoks, serta dapat memberikan kualitas tidur yang baik untuk penggunanya.

Kesimpulan

Dari beberapa produk garam yang telah kami jelaskan, dapat disimpulkan bahwa setiap garam memiliki karakteristik yang berbeda tergantung pada daerah asalnya. Untuk itu, pilihlah garam yang sesuai dengan kebutuhan Anda.