• 10 Merk Garam yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Garam yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Garam yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Garam yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Garam yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Garam yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Garam memiliki fungsi vital untuk memberikan cita rasa pada suatu hidangan. Baiknya lagi, garam tidak hanya berfungsi sebagai bumbu, tetapi juga untuk bahan pengawet makanan alami, hingga mengobati penyakit gondok. Di pasaran, garam hadir dalam berbagai jenis, seperti garam Himalaya, garam nonrafinasi, dan lainnya.

Untuk mendapatkan garam yang baik untuk kesehatan, pastikan Anda memilih garam terbaik rekomendasi dari kami. Selain merek Javara dan Pura Indonesia, tentunya ada merek lain yang bisa dipilih. Yuk, pelajari apa saja poin penting dalam memilih garam terbaik yang ada di pasaran!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa manfaat garam?

Apa manfaat garam?

Garam merupakan mineral yang terdiri dari Natrium Klorida (NaCl). Garam memiliki rasa asin yang dihasilkan dari air laut. Dalam satu liter air laut, biasanya terkandung 35 gram garam dengan salinitas 3,5%. Air laut kemudian dialirkan ke kolam evaporasi dangkal yang dihubungkan oleh kanal buatan. Setelah melalui proses penguapan alami, air perlahan menghilang, meninggalkan garam untuk dipanen.


Selain memberikan rasa pada makanan, garam juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat dari garam akan didapat apabila seseorang mengonsumsinya dalam jumlah yang disarankan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan konsumsi garam tidak lebih dari 5 gram dalam sehari


Lalu, apa saja kebaikan yang dimiliki garam? Berikut ini beberapa manfaat garam bagi kesehatan:


  • meningkatkan fungsi tiroid;
  • menjaga tubuh tetap terhidrasi;
  • mencegah tekanan darah rendah; dan
  • mengatasi gejala cystic fibrosis.

Cara memilih garam

Menarik untuk diketahui, garam tidak hanya memiliki rasa yang asin, tetapi juga pahit dan sedikit asam. Oleh karena itu, kami akan memaparkan tiga poin penting tentang tips memilih garam terbaik yang sesuai dengan selera Anda.

Pilih garam berdasarkan tujuan pemakaian

Sebelum memilih, tentukanlah tujuan pemakaiannya. Apakah Anda ingin memakai garam untuk memperkaya rasa hidangan atau ingin dipakai pada momen-momen tertentu saja?

Garam bumbu, untuk meningkatkan nafsu makan

Garam bumbu, untuk meningkatkan nafsu makan
Jika ingin meningkatkan nafsu makan seseorang, Anda dapat mengandalkan garam bumbu dibandingkan garam jenis lainnya. Garam bumbu mampu mengeluarkan cita rasa asli dari suatu bahan masakan hingga menstimulasi nafsu makan seseorang. Hal ini bisa terjadi berkat adanya penambahan bumbu dan rempah pada garam bumbu.

Rempah-rempah memang sengaja ditambahkan di dalam garam bumbu agar terasa lebih lezat. Jika Anda menginginkan cita rasa yang kuat, garam dengan tambahan rasa bawang merah dan putih bisa dijadikan pilihan. Garam jenis ini memiliki rasa yang umami sehingga cocok dipakai untuk segala jenis hidangan.

Garam bermineral, untuk memperkaya rasa masakan

Garam bermineral, untuk memperkaya rasa masakan
Jenis garam bermineral dapat menjadi pilihan jika Anda ingin membuat masakan dengan cita rasa yang benar-benar lezat. Hal ini karena garam mineral memiliki kadar mineral yang lebih tinggi dari sodium sehingga mampu meningkatkan cita rasa makanan. Anda juga harus memastikan kandungan kalium dan magnesium pada kemasan produknya.

Kandungan natrium (sodium) menyebabkan garam memiliki rasa asin. Dengan kata lain, jika Anda memilih garam bernatrium, rasa masakan Anda akan menjadi lebih asin. Garam dengan kandungan mineral yang lebih tinggi dari natrium, khususnya garam bermagnesium, cenderung memiliki rasa yang lebih lezat. 


Penyebabnya, garam jenis ini mampu mendorong proses pematangan dan fermentasi bahan makanan sehingga rasa aslinya bisa keluar dengan sempurna. Jadi, pilihlah garam yang lebih banyak mengandung mineral dibandingkan natrium untuk membuat rasa makanan lebih beragam.

Tentukan berdasarkan warna dan bentuk garam

Tentukan berdasarkan warna dan bentuk garam
Bagi Anda yang hobi memasak, garam dengan bentuk dan warna yang unik pun bisa menjadi pilihan menarik. Baru-baru ini, garam dengan tampilan menarik makin diminati karena terkesan lebih high-class. Beberapa jenis garam dengan bentuk dan warna unik di antaranya adalah


  • Truffle salt (garam truffle) yang mengandung serpihan truffle.
  • Bamboo charcoal salt (garam arang bambu) yang membuat masakan terlihat hitam.
  • Smoked salt (garam asap).
  • Himalayan salt (garam Himalaya) yang berwarna pink.

Garam jenis ini juga bisa membuat food plating terlihat lebih fancy. Walaupun hanya ditambahkan di sudut hidangan, garam ini bisa langsung menjadi pusat perhatian bagi siapa saja yang melihatnya. Untuk digunakan sebagai aksen, Anda bisa memakai garam berbentuk piramida dan plate-like flake salt.


Menariknya, garam ini dapat mengubah bahan makanan sederhana seperti daging panggang dan salad menjadi lebih kaya rasa. Anda dapat mencicipi perpaduan daging dan rasa asli garam sehingga makanan biasa saja bisa naik kelas, lezat, dan nikmat.

Cari ukuran dan tingkat keasinan garam sesuai dengan jenis hidangan

Berikutnya, kami akan menjelaskan cara memilih garam terbaik sesuai dengan jenis bahan utama hidangan. Anda dapat mengombinasikan antara ukuran butiran garam dan level keasinan, baik yang ringan maupun yang kuat berdasarkan jumlah natriumnya. Yuk, cari tahu kombinasi paling pas untuk mengeluarkan cita rasa autentik dari setiap bahan masakan!

Daging merah dan ikan segar: Butiran garam besar dan kasar dengan rasa asin yang kuat

Daging merah dan ikan segar: Butiran garam besar dan kasar dengan rasa asin yang kuat
Daging merah dan ikan segar identik dengan cita rasa alami yang kuat. Oleh karena itu, Anda dapat menambahkan butiran garam berukuran besar dan kasar dengan rasa asin yang kuat, seperti pink rock salt. Dengan demikian, hasil olahan makanan Anda akan terasa asin, tetapi tidak kehilangan rasa alaminya.

Ketika Anda memilih pink rock salt, pilih yang tidak mengandung biji-bijian hitam atau bahan asing lainnya. Satu lagi, garam berwarna pink gelap biasanya mengandung banyak zat besi sehingga cocok dengan bahan makanan berwarna merah.

Daging dan ikan berwarna cerah: Butiran garam besar yang tidak terlalu asin

Daging dan ikan berwarna cerah: Butiran garam besar yang tidak terlalu asin
Rasa alami dari daging dan white fish dengan warna cerah akan keluar saat Anda mengunyahnya. Oleh karena itu, kami merekomendasikan garam dengan butiran besar, tetapi tidak terlalu asin. Dengan demikian, Anda dapat merasakan kombinasi antara lelehan garam dan rasa alami bahan saat mengunyahnya.

Makanan digoreng dan berminyak: Garam lembut dengan rasa asin yang kuat

Makanan digoreng dan berminyak: Garam lembut dengan rasa asin yang kuat
Khusus untuk hidangan yang berminyak, Anda dapat memilih garam dengan tekstur lembut dan rasa asin yang kuat. Garam jenis ini mudah digunakan dan mudah menyatu dengan bahan makanan karena ukurannya yang relatif kecil

Selain itu, garam ini bisa membuat hidangan Anda memiliki cita rasa alami yang kuat tanpa adanya tambahan rasa lainnya. Makanan yang digoreng pun menjadi lebih fresh dan terasa lebih ringan.

Segala jenis masakan: Garam berukuran sedang dengan rasa asin yang standar

Segala jenis masakan: Garam berukuran sedang dengan rasa asin yang standar
Setidaknya, Anda harus memiliki satu jenis garam yang universal atau cocok digunakan untuk pelbagai jenis masakan. Anda dapat mempertimbangkan garam laut dengan karakteristik bentuk yang sedang dan terasa lebih segar. Anda dapat memakai butiran garam meja sebagai ukuran standar atau ukuran medium dari garam kebanyakan. 

Cocok atau tidaknya suatu jenis garam juga tergantung pada rasa dari bahan utamanya. Misalnya, untuk makanan dengan rasa yang kuat, Anda harus memilih garam dengan rasa asin yang kuat pula. Selain itu, rasa asin akan berubah tergantung intensitas pemberian bumbu dan kondisi bahan pada hari itu.

Lihat segmentasi konsumennya

Lihat segmentasi konsumennya

Dalam memilih garam, Anda juga harus menentukan segmentasi konsumennya. Banyak produk garam yang khusus dibuat untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti hipertensi. Selain itu, penderita penyakit ginjal pun demikian. Mereka harus membatasi asupan natrium harian. Oleh karena itu, garam yang bisa dikonsumsi oleh mereka adalah garam yang rendah natrium. 


Menurut WHO, pemilihan garam untuk anak umur 2 sampai 15 tahun (di luar periode menyusui dan MPASI) harus disesuaikan dengan kebutuhan energinya. Hal yang terpenting, garam yang dipilih untuk bayi dan anak harus sudah melalui proses difortifikasi dan beryodium.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi garam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk garam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

The Spice LabIndia Black Kala Namak Sea Salt - Black Himalayan

Mulai dari Rp 140.000,00

JenisGaram hitam
Negara asalIndia
9
JenisGaram bumbu
Negara asalIndonesia
8
JenisGaram kasar Himalaya
Negara asalPakistan
7
JenisGaram meja
Negara asalIndonesia
6
JenisGaram laut
Negara asalIndonesia
5
JenisGaram truffle
Negara asalItalia
4
JenisGaram meja
Negara asalIndonesia
3
JenisGaram Himalaya organik
Negara asalIndonesia
2
JenisGaram laut bumbu black pepper
Negara asalIndonesia
1
JenisGaram meja
Negara asalIndonesia

Tabel perbandingan produk garam terbaik

Gambar produk
1
Garena Garam Kurang Natrium 1

Garena

2
Jay’s Kitchen Black Pepper Seasalt 1

Jay’s Kitchen

3
Pura Indonesia Organic Himalayan Salt 1

Pura Indonesia

4
Refina Garam Meja 1

Refina

5
Geofoods Salt and Truffles 1

Geofoods

6
Hydrofarm Suka - Java Sea Salt 1

Hydrofarm

7
Javara Fine Grain Salt-Pet Jar 1

Javara

8
OM Natural Himalayan Rock Salt 1

OM

9
Cairo Food Seasoned Salt 1

Cairo Food

10
The Spice Lab India Black Kala Namak Sea Salt - Black Himalayan 1

The Spice Lab

Nama produk

Garam Kurang Natrium

Black Pepper Seasalt

Organic Himalayan Salt

Garam Meja

Salt and Truffles

Suka - Java Sea Salt

Fine Grain Salt-Pet Jar

Natural Himalayan Rock Salt

Seasoned Salt

India Black Kala Namak Sea Salt - Black Himalayan

Keunggulan

Kandungan natrium 40% lebih rendah, cocok untuk penderita hipertensi

Memasak bebas repot dengan garam 2 in 1!

Memiliki efek detoksifikasi, pas untuk Anda yang sedang diet

Garam meja yang diolah dengan teknologi refinery

Garam mewah dengan campuran jamur truffle

Terbuat dari 100% air laut, tanpa bahan kimia tambahan

Produk artisan bebas kimia yang hits!

Jaga tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan garam Himalaya

Taburan yang pas untuk kentang goreng atau camilan lainnya

Garam yang dapat dipakai untuk pengobatan

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 33.800,00Rp 97.000,00Rp 4.888,00Rp 99.000,00Rp 52.500,00Rp 28.000,00Rp 48.900,00Rp 25.000,00Rp 140.000,00
JenisGaram mejaGaram laut bumbu black pepperGaram Himalaya organikGaram mejaGaram truffleGaram lautGaram mejaGaram kasar HimalayaGaram bumbuGaram hitam
Negara asalIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesiaItaliaIndonesiaIndonesiaPakistanIndonesiaIndia
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar garam

Pertanyaan umum seputar garam

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar garam. Jika Anda masih penasaran dengan garam, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah garam bahaya bagi tubuh?

Garam berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Asupan garam yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti osteoporosis, hipertensi, dan ginjal. Seperti dijelaskan sebelumnya, garam merupakan jenis natrium. 


Konsumsi natrium yang berlebihan dapat menarik lebih banyak air ke dalam aliran darah. Ketika volume darah meningkat, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompanya ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat meregangkan dinding pembuluh darah dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Apa fungsi air garam dan kapan waktu terbaik meminumnya?

Waktu yang tepat untuk meminum air garam adalah pagi hari saat perut masih kosong. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat ketika mengonsumsi air garam:


  • membantu sistem pencernaan;
  • mengeluarkan racun dari tubuh;
  • melawan penyakit lever;
  • memperbaiki kualitas tidur;
  • melawan infeksi;
  • mengatasi edema;
  • mencegah asam lambung; dan
  • membuat tubuh lebih berenergi.

Apa perbedaan sea salt dan Himalayan salt?

Dari segi komposisi, kandungan mineral dalam Himalayan salt lebih baik daripada sea salt. Anda pun dapat menyantap makanan dengan kelezatan yang sama dengan masakan di restoran hanya dengan memakai jenis garam Himalaya.

Baca juga rekomendasi produk garam lainnya di sini

Selain garam meja, ada pelbagai jenis garam lain yang dapat dipakai untuk meningkatkan kualitas rasa suatu hidangan. Jika Anda ingin tahu garam beryodium, garam masala, atau garam Himalaya, cek saja rekomendasinya berikut ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan jenis garam yang paling sesuai dengan kebutuhan? Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata garam memiliki rasa yang cukup beragam. Semua ini kembali dengan banyak dan tidaknya kandungan sodium selama proses pengolahan. Oleh, karena itu, mulai saat ini, pilihlah jenis garam yang sesuai dengan bahan utama masakan dan jenis hidangan yang akan dibuat. Happy cooking!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Lada Hitam Bubuk Terbaik  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lada Hitam Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masakan Indonesia terkenal kaya akan rempah-rempah. Salah satu rempah yang sering dipakai dalam memasak adalah lada hitam bubuk dengan rasa hangat, sedikit pahit, dan pedas. Selain kaya rasa, manfaat lada hitam bubuk untuk kesehatan juga tak main-main.Dewasa ini, produk lada hitam bisa ditemukan dengan harga dan kemasan yang bervariasi, mulai dari sachet hingga botol. Supaya Anda tidak salah pilih, kali ini kami akan berbagi tips-tips memilih bubuk lada hitam. Sepuluh rekomendasi merek lada hitam bubuk yang bagus juga telah kami siapkan. Ada Koepoe Koepoe, Lemonilo, serta RASA. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori