mybest
Pakaian

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Toilet training diperlukan untuk melatih kemandirian anak dalam menggunakan toilet. Untuk membantu mereka, Anda mungkin membutuhkan celana toilet training dalam proses tersebut. Di pasaran, tersedia beragam jenis celana dengan berbagai kelebihan dan bahan. Dengan banyaknya pilihan tersebut, tak heran jika Anda kebingungan dalam memilih produk.

Tenang saja, kami akan membantu Anda menemukan rekomendasi toilet training pants terbaik. Beberapa merek training pants yang bagus adalah CuddleMe, Minikinizz, dan I am Cotton. Selain itu, masih ada banyak rekomendasi dari merek lainnya. Jadi, baca terus informasinya hingga akhir, ya!
Diperbaharui 14/07/2023
Dona Handayani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Dona Handayani

Dona Handayani merupakan lulusan dari Universitas Multimedia Nusantara jurusan jurnalistik. Kecintaannya terhadap kegiatan riset dan menulis sudah melekat sejak masih duduk di bangku SMA. Selain pernah bekerja di bidang perhotelan dan perusahaan startup fashion, saat ini, ibu satu anak ini menjadi content writer di mybest Indonesia. Berbekal pengalaman riset dan jam terbang penulisannya, Dona banyak berkontribusi untuk penulisan topik kecantikan, ibu & anak, fesyen, serta artikel pakar dengan topik lainnya.

Profil Dona Handayani
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu celana toilet training?

Apa itu celana toilet training?

Celana toilet training adalah celana yang biasa dipakai untuk melatih balita buang air di toilet. Celana ini bentuknya mirip dengan celana dalam pada umumnya, hanya saja bahannya lebih tebal. Tujuan anak dipakaikan celana ini adalah untuk melatih kesadaran serta refleks anak dalam membuang air. 


Salah satu fungsi training pants adalah sebagai transisi pembiasaan dari menggunakan popok ke celana dalam biasa. Kenapa tidak langsung memakai celana dalam biasa saja? Toilet training pants didesain agar bisa menahan satu kali pipis, tetapi terasa lembap di bagian dalam. Hal ini untuk membuat anak merasakan ketidaknyamanan dan belajar menggunakan toilet. Selain itu, celana ini juga dibuat untuk mencegah kemungkinan terburuk seperti terpeleset oleh air seni sendiri. 


Banyak orang yang merasa kecewa saat membeli training pants karena mereka sering menyamakannya dengan clodi. Perbedaan training pants dan clodi adalah kemampuan daya serapnya. Clodi lebih bisa menampung pipis anak, kurang lebih 3-4 kali dan tidak langsung merembes. Sebaliknya, training pants hanya bisa menampung satu kali pipis dan jika tidak cepat diganti akan merembes.

Kapan celana potty training mulai dibutuhkan?

Kapan celana potty training mulai dibutuhkan?
Untuk melakukan toilet training, dibutuhkan komitmen dari orang tua. Keberhasilan tiap anak pun berbeda-beda tergantung pribadi masing-masing anak serta ketekunan orang tua. Jadi, kapan sebaiknya orang tua memberikan pendidikan toilet training? Jawabannya adalah saat anak sudah bisa diajak komunikasi dua arah.

Jika anak sudah bisa mengutarakan keinginan dan bisa mendengarkan arahan dari Anda, cobalah untuk memulainya. Toilet training tidak dilakukan berdasarkan umur karena perkembangan tiap anak berbeda-beda. Jika di umur satu tahun anak Anda sudah bisa melakukan komunikasi dua arah, Anda bisa memulainya lebih awal. 


Namun, jika si kecil masih belum terlihat bisa berkomunikasi dua arah di umur tiga tahun, Anda tak perlu memaksakannya. Celana toilet training adalah item yang praktis dan berguna. Meskipun beberapa anak bisa melakukan toilet training tanpa celana latihan, sebaiknya Anda menyiapkan 1–2 potong celana ini. Anda bisa membeli celana tambahan setelah melihat hasil latihan si kecil.

Cara memilih celana toilet training

Berikut adalah beberapa penjelasan yang perlu Anda perhatikan saat memilih toilet training pants anak. Pastikan Anda membacanya sampai habis supaya tidak salah pilih.
1

Pertimbangkan tipe celana berdasarkan keunggulan dan kekurangannya

Celana potty training tersedia dalam dua tipe bahan outer, yaitu kain dan kertas. Tiap-tiap tipe memiliki keunggulan dan kekurangan. Jadi, periksa dan sesuaikan produk dengan kebutuhan anak!

Bahan kain, bisa digunakan berulang kali

Bahan kain, bisa digunakan berulang kali
Bahan kain dapat membuat si kecil peka terhadap sensasi basah di celana ketika dia pipis. Selain itu, anak akan merasa tidak lagi seperti bayi karena celana berbahan kain ini mirip seperti celana biasa. Dengan kelebihan tersebut, celana bahan kain sangat direkomendasikan untuk anak yang sudah memberikan tanda kesiapan untuk toilet training.


Selain ekonomis karena bisa digunakan berulang kali, celana bahan kain biasanya juga memiliki desain yang lucu. Sayangnya, bahan ini memiliki daya serap yang rendah dibandingkan bahan kertas sehingga kerap bocor dan membuat pakaian basah. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa ketebalan inner saat memilih celana berbahan kain.

Bahan kertas sekali pakai, berdaya serap tinggi dan tidak mudah bocor

Bahan kertas sekali pakai, berdaya serap tinggi dan tidak mudah bocor
Celana toilet training berbahan kertas memiliki karakteristik yang mirip dengan diaper sekali pakai. Dengan daya serap yang sangat baik, bahan ini bisa menampung hingga tiga kali buang air sehingga tidak mudah bocor. Namun, selayaknya diaper pada umumnya, celana berbahan kertas akan membuat si kecil tidak menyadari bahwa celananya basah.

Bahan ini juga tidak ekonomis karena hanya bisa digunakan sekali. Ketika anak sudah beberapa kali melakukan toilet training, gunakan celana berbahan kertas hanya pada saat bepergian jauh. Meskipun begitu, di Indonesia tidak banyak yang menjual celana toilet training sekali pakai seperti ini. Jadi, produk ini agak sulit ditemukan di supermarket atau e-commerce

2

Pakaikan celana dengan 2 lapis inner untuk di rumah dan 6 lapis inner untuk bepergian

Pakaikan celana dengan 2 lapis inner untuk di rumah dan 6 lapis inner untuk bepergian
Celana toilet training yang berbahan kain biasanya terdiri dari 2 lapis inner, 3 lapis inner, hingga 6 lapis inner. Makin tebal inner-nya, makin sulit bocor pula celananya. Akan tetapi, inner yang tebal juga akan membuat celana susah kering ketika basah. Jadi, pilihlah celana dengan inner dua atau tiga lapis untuk di rumah dan enam lapis untuk bepergian.
3

Pertimbangkan celana yang inner-nya bisa dilepas agar lebih cepat kering

Pertimbangkan celana yang inner-nya bisa dilepas agar lebih cepat kering
Bagi Anda yang tidak punya waktu banyak untuk mencuci, pilihlah training pants anak yang inner-nya bisa dilepas. Inner yang berada di dalam dengan kain yang ada di luar biasanya disambung dengan jahitan di bagian pinggang. 

Berkat bentuknya yang unik, celana tipe ini akan lebih mudah kering ketika dijemur. Hanya saja, celana yang inner-nya bisa dilepas masih sangat jarang ditemukan di toko online Indonesia.

4

Perhatikan bahan dari celana toilet training

Saat memilih celana toilet training, orang tua sering kali hanya melihat bahan celana secara keseluruhan. Padahal, bahan inner dan outer celana biasanya berbeda. Maka dari itu, sebelum membeli, periksalah bahan dari kedua sisi celana. Jika informasinya tidak tertera, Anda bisa menanyakan kepada penjual. 

Bagian outer: Bersifat breathable agar tidak membuat gerah

Bagian outer: Bersifat breathable agar tidak membuat gerah

Material kain yang biasa digunakan pada outer training pants adalah katun. Namun, ada pula seller yang menjual produk dengan bahan poliester. Bahan poliester dikenal sebagai bahan yang tahan air, tetapi panas dan membuat gerah. 


Meski lebih bisa menahan pipis si kecil, bahan poliester kurang terasa nyaman karena tidak breathable. Agar si kecil nyaman beraktivitas, sebaiknya pilih outer celana berbahan katun

Bagian inner: Bisa menyerap sempurna, tetapi tetap lembut di kulit

Bagian inner: Bisa menyerap sempurna, tetapi tetap lembut di kulit

Jika Anda memutuskan untuk memilih training pants anak berbahan kain, pastikan kainnya lembut saat disentuh. Bahan yang dipakai untuk inner biasanya adalah kain handuk, pile, gauze, dan microfiber


Kain pile akan terasa lembut saat terkena kulit. Sementara itu, kain gauze memiliki sirkulasi udara yang akan membuat kulit tetap nyaman. Jadi, pilihlah produk dengan material yang nyaman untuk anak Anda, ya!

5

Cari ukuran yang pas dengan anak

Cari ukuran yang pas dengan anak
Memilih ukuran celana potty training yang pas dengan anak Anda juga penting untuk dilakukan. Berbeda dengan pakaian, celana yang terlalu besar akan membuatnya mudah bocor. Supaya nyaman, pilihlah celana yang ukurannya pas dengan lingkar pinggang dan lingkar paha anak Anda. 

Jadi, pastikan Anda mengukur kaki dan pinggang anak terlebih dahulu sebelum membelinya. Lalu, cek detail ukuran yang biasanya tertera pada deskripsi boks seller. Jangan jadikan umur atau berat anak sebagai patokan karena bisa saja berbeda dengan ukuran yang sebenarnya. 

6

Pilih motif yang lucu untuk meningkatkan antusiasme anak

Pilih motif yang lucu untuk meningkatkan antusiasme anak
Biarkan anak Anda memilih toilet training pants dengan motif favorit mereka. Jika menggunakan celana dengan motif yang disukai, anak akan lebih antusias dan segan mengotori celananya. Anda pun bisa bekerja sama dengan si kecil untuk menjadikan proses toilet training menjadi lebih menyenangkan.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi celana toilet training terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk celana toilet training terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Leleoncare

6 Layer Popok Celana Dalam

Leleoncare 6 Layer Popok Celana Dalam 1

Rp60.000

Agak Mahal

Terdiri dari enam lapis inner, lebih tebal dan bebas khawatir

2

GOL Baby

Training Pants 4 Layer

GOL Baby Training Pants 4 Layer 1

Rp25.000

Agak Murah

Ketebalan yang pas untuk kenyamanan anak

3

Kuru Baby

Training Pant Pants

Kuru Baby Training Pant Pants  1

Rp19.999

Agak Murah

Bahannya dijamin antigerah, pas untuk anak yang aktif

4

CuddleMe

Adjustable Training Pants

CuddleMe  Adjustable Training Pants 1

Rp26.910

Agak Murah

Sesuaikan ukuran pinggangnya sesuka hati!

5

Satu Keluarga

Popok Kain BayiP79

Satu Keluarga Popok Kain Bayi 1

Rp16.794

Lebih Murah

Motif timbulnya lucu dan bantu melatih sensorik si kecil

6

Minikinizz

Klodiz Training Pants

Minikinizz Klodiz Training Pants 1

Rp42.500

Menengah

Celana dengan motif eksklusif dan teruji aman

7

Einmilk

Popok Celana Rok 360

Einmilk Popok Celana Rok 360 1

Rp99.000

Lebih Mahal

Tidur makin nyaman berkat desain celana atau rok yang loose

8

Ningrat

Pottypant Minky

Ningrat Pottypant Minky 1

Rp49.000

Menengah

Karetnya elastis, bisa melar menyesuaikan bentuk tubuh anak

9

Royale Bebe

Celana Anak (Training Pants)

Royale Bebe Celana Anak (Training Pants) 1

Rp66.000

Agak Mahal

Tersedia dalam banyak motif yang lucu dan menggemaskan

10

I am Cotton

Training Pants

I am Cotton Training Pants 1

Rp55.000

Agak Mahal

Sudah bersertifikat SNI, para bunda makin yakin memilihnya

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Leleoncare6 Layer Popok Celana Dalam

6 Layer Popok Celana Dalam 1
Sumber: shopee.co.id
6 Layer Popok Celana Dalam 2
Sumber: shopee.co.id
6 Layer Popok Celana Dalam 3
Sumber: shopee.co.id
6 Layer Popok Celana Dalam 4
Sumber: shopee.co.id
6 Layer Popok Celana Dalam 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp60.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp60.000
Agak Mahal

Terdiri dari enam lapis inner, lebih tebal dan bebas khawatir

Kelebihan:

  • Mampu menahan pipis satu kali (sesuai review, jika tidak langsung diganti tetap akan merembes keluar)

Kekurangan:

  • Area paha tidak melar, anak yang berpaha besar mungkin akan merasa kurang nyaman

Apakah Anda berencana mengajak si kecil bepergian di masa toilet training mereka? Anda tentu khawatir si kecil akan sulit menahan pipis di mobil atau transportasi lain yang hendak Anda naiki. Solusinya, Anda bisa memakai Leleoncare training pants ini. 


Celana ini terdiri dari enam lapis inner yang membuatnya jadi lebih tebal dan mampu menahan pipis satu kali. Anda tak perlu khawatir lagi jika si kecil kelepasan pipis di tengah jalan. Meskipun tebal, bahannya nyaman dipakai dan tidak terasa gerah. Jadi, si kecil akan tetap merasa nyaman selama perjalanan. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

GOL BabyTraining Pants 4 Layer

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Ketebalan yang pas untuk kenyamanan anak

Kelebihan:

  • Bahannya lembut, nyaman dipakai dan tidak membuat alergi

Kekurangan:

  • Kurang menampung pipis, pipis tetap mengalir keluar jika volumenya banyak 

GOL Baby Training Pants terbuat dari bahan kain yang lembut. Ketebalan produk ini juga pas, tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Anak yang sedang aktif bermain di rumah pasti akan merasa nyaman saat menggunakan produk ini. Bagian inner-nya tidak akan menghalangi aktivitas anak sehingga mereka lebih bebas bergerak saat bermain. Anak pasti akan menyukainya mulai dari pertama kali pemakaian. 

No.3

Kuru BabyTraining Pant Pants

Harga referensi
Rp19.999
Agak Murah

Bahannya dijamin antigerah, pas untuk anak yang aktif

Kelebihan:

  • Bahannya sejuk dan dapat menyerap keringat sehingga meminimalkan ruam

Kekurangan:

  • Di informasi seller tertera terdiri dari enam lapis inner, tetapi bahan inner tipis dan mudah bocor

Anak Anda superaktif dan susah diam? Beberapa training pants umumnya memiliki bahan yang tebal serta tidak menyerap keringat. Alhasil, keringat yang menumpuk dan tidak terserap membuat area selangkangan si kecil menjadi ruam. 


Dengan produk ini, anak Anda tidak akan merasakan hal tersebut. Celana toilet training yang satu ini dijamin sejuk dan menyerap keringat. Bagian karetnya juga tidak ketat sehingga anak yang kulitnya sensitif tidak akan alergi dan ruam. 

No.4

CuddleMe Adjustable Training Pants

Harga referensi
Rp26.910
Agak Murah

Sesuaikan ukuran pinggangnya sesuka hati!

Kelebihan:
  • Bagian pinggangnya adjustable, bisa disesuaikan dengan besar pinggang anak
  • Bisa dicuci menggunakan mesin cuci

Kekurangan:

  • Kurang cocok dipakai tidur karena pipis bisa bocor lewat samping 

CuddleMe Adjustable Training Pants tersedia dalam fitur adjustable waist. Anda bisa menyesuaikan ukuran celana ini sesuai dengan pinggang si kecil. Jadi, produk ini cocok untuk anak yang punya pinggang atau perut besar. Lapisan luar dan dalam celana ini juga terbuat dari katun terry yang terasa lembut saat disentuh. Selain itu, lapisan inner-nya yang tipis tidak akan membuat si kecil jadi gerah. 

No.5

Satu KeluargaPopok Kain BayiP79

Harga referensi
Rp16.794
Lebih Murah

Motif timbulnya lucu dan bantu melatih sensorik si kecil

Kelebihan:

  • Bahan inner terbuat dari bahan handuk yang lembut, breathable, dan cepat menyerap
  • Karet pinggangnya fleksibel, tidak terlalu ketat

Kekurangan:

  • Bagian tag merek terdapat di dalam celana sehingga bisa membuat gatal dan tak nyaman jika tidak digunting

Produk dari Satu Keluarga ini cocok untuk si kecil yang senang bereksplorasi. Berbagai motif yang lucu dibordir timbul sehingga akan membuat anak Anda tertarik untuk menyentuhnya. Motif timbul ini bisa sekaligus dijadikan latihan sensorik untuk anak. Ada berbagai pilihan motif bergambar hewan yang lucu-lucu. Ajak si kecil memilih sesuai binatang kesukaan mereka agar mereka makin semangat memakainya!

No.6

MinikinizzKlodiz Training Pants

Harga referensi
Rp42.500
Menengah

Celana dengan motif eksklusif dan teruji aman

Kelebihan:

  • Bentuknya menyerupai celana dalam pada umumnya, bagian lingkar paha dan pinggang tidak dibuat mengerut agar lebih nyaman


Kekurangan:

  • Ukurannya kecil, beberapa review menyarankan menaikkan satu ukuran dibandingkan ukuran aslinya

Produk asli Indonesia ini sudah lolos uji material di Intertek sehingga material yang digunakan dijamin aman untuk anak Anda. Pada bagian lingkar paha dibuat tidak mengerut untuk menghindari bekas merah pada kulit. Produk ini juga memiliki desain eksklusif yang di-update sesuai dengan tren saat ini.


Selain itu, lapisan penyerapnya berbahan microsuede yang lebih cepat kering dan mudah dibersihkan. Karena itu, Klodiz Training Pants cocok untuk anak yang baru mulai melakukan toilet training. Namun, produk ini memiliki standar ukuran yang lebih kecil dibandingkan produk lainnya. Kami sarankan untuk memilih satu ukuran lebih besar dari ukuran anak Anda.
No.7

EinmilkPopok Celana Rok 360

Popok Celana Rok 360 1
Sumber: shopee.co.id
Popok Celana Rok 360 2
Sumber: shopee.co.id
Popok Celana Rok 360 3
Sumber: shopee.co.id
Popok Celana Rok 360 4
Sumber: shopee.co.id
Popok Celana Rok 360 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp99.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp99.000
Lebih Mahal

Tidur makin nyaman berkat desain celana atau rok yang loose

Kelebihan:

  • Antibocor belakang dan tidak merembes saat dipakai pipis 
  • Dapat dicuci dengan mesin cuci

Kekurangan:

  • Karena modelnya bolong bawah, jika dipakai saat berdiri, pipis tetap akan mengalir lewat kaki

Sedang mencari training pants yang pas dipakai saat tidur siang atau malam? Anda bisa mencoba celana training pants berikut ini. Modelnya loose dan nyaman dipakai. Jika biasanya celana toilet training akan langsung merembes saat si kecil ngompol, produk yang satu ini lebih menahannya. 


Jadi, ompol si kecil tidak akan merembes ke kasur langsung. Sayangnya, model ini tidak direkomendasikan saat anak bermain atau berdiri karena pipis anak bisa mengalir lewat kaki. 

No.8

NingratPottypant Minky

Harga referensi
Rp49.000
Menengah

Karetnya elastis, bisa melar menyesuaikan bentuk tubuh anak

Kelebihan:

  • Bagian pinggangnya melar dan superelastis, pas untuk anak dengan perut besar 


Kekurangan:

  • Bahan terlalu tebal dan bulky, tidak cocok dipakai saat bepergian

Anak Anda bertubuh sekal, padat, dan berisi? Celana yang ukurannya tidak pas atau sempit bisa membuat kulit anak menjadi merah dan ruam. Risiko tersebut kian meningkat apabila kulit anak Anda bertipe sensitif. Jika seperti itu, lebih baik mereka mencoba celana potty training dari Ningrat. 


Bagian pinggang dan kakinya terbuat dari karet elastis yang melar. Seberapa besar pun ukuran pinggang dan kaki anak, pasti muat dan tidak terasa sempit. Lapisan inner-nya juga tidak terlalu tebal, hanya dua lapis saja. Pastinya akan terasa sangat nyaman!

No.9

Royale BebeCelana Anak (Training Pants)

Harga referensi
Rp66.000
Agak Mahal

Tersedia dalam banyak motif yang lucu dan menggemaskan

Kelebihan:

  • Antibocor, tidak langsung tembus ke celana luar meski bagian dalam tetap terasa basah

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup besar untuk anak yang kecil atau mungil

Motif training pants anak yang lucu dan menggemaskan bisa membuat anak jadi tertarik memakainya. Jika Anda kesulitan membujuk si kecil memakai celana toilet training, pilihkan saja produk ini. 


Motifnya ada banyak, semuanya lucu-lucu dan sangat menarik. Warnanya pun sangat colorful dan eye-catching. Minta si kecil untuk pilih karakter yang paling mereka sukai. Dijamin, mereka pasti akan memakainya secara sukarela! 

No.10

I am CottonTraining Pants

Harga referensi
Rp55.000
Agak Mahal

Sudah bersertifikat SNI, para bunda makin yakin memilihnya

Kelebihan:

  • Bahan training pants-nya tebal dan breathable

Kekurangan:

  • Lapisan handuk di bagian inner tidak bisa dilepas 

Buat anak jangan coba-coba, lebih baik beli produk yang sudah pasti terjamin aman seperti I am Cotton ini. Produk lokal yang terkenal dengan produk-produk bayi berwarna polos ini kini mengeluarkan celana potty training juga.


Bahannya tak perlu diragukan lagi karena lembut, sejuk, dan nyaman di kulit. Ditambah lagi, semua produk I am Cotton sudah mengantongi sertifikat SNI dan bebas bahan berbahaya. Jika Anda mencari produk yang cocok untuk kulit sensitif anak Anda, pilihlah produk ini!

Kiat sukses toilet training anak

Pada bagian ini, kami akan memberikan Anda beberapa kiat supaya proses toilet training berjalan lancar. Simak dan cobalah untuk melakukannya di rumah!

Gunakan toilet khusus anak

Gunakan toilet khusus anak
Ukuran toilet orang dewasa terlalu besar untuk anak-anak sehingga membuat posisi duduk si kecil tidak stabil. Dalam keadaan seperti itu, anak menjadi sulit mengejan. Karena itu, gunakan kursi toilet khusus anak untuk membantu si kecil.

Di pasaran, tersedia tiga tipe toilet anak, yaitu tipe jongkok, duduk, dan potty seat. Tipe jongkok dan duduk adalah toilet berukuran kecil yang sering disebut potty chair.


Sementara itu, potty seat biasanya berbentuk seperti bantal yang diletakkan di toilet orang dewasa sebagai tempat duduk anak. Sebagian besar toilet anak memiliki desain yang lucu, anak pun jadi lebih antusias untuk toilet training!

Cobalah mendesain interior kamar mandi

Cobalah mendesain interior kamar mandi
Agar anak senang pergi ke toilet, Anda bisa mendekor interior kamar mandi dengan hiasan atau stiker dinding yang menarik. Kamar mandi yang gelap bisa membuat si kecil takut dan enggan memasukinya. Untuk itu, gantilah pencahayaan dengan lampu yang lebih terang.

Menambahkan karpet kamar mandi berwarna cerah juga bisa dijadikan salah satu cara yang efektif. Lalu, cobalah sediakan buku cerita bergambar di toilet untuk menarik perhatian si kecil. Dengan beberapa cara tersebut, anak akan menjadi lebih senang berada di toilet.

Manfaatkan stiker hadiah untuk meningkatkan motivasi anak

Manfaatkan stiker hadiah untuk meningkatkan motivasi anak
Memanfaatkan stiker hadiah atau stiker reward setelah si kecil berhasil ke toilet juga bisa menambah semangat anak, lho. Anda bisa memberikan stiker pada setiap proses toilet training sampai jumlah stiker bertambah banyak sebagai tanda keberhasilannya

Anak-anak pasti akan senang karena keberhasilannya dihargai dengan hadiah stiker. Lalu, secara alami mereka akan pergi ke kamar mandi dengan sendirinya ketika merasa ingin buang air.

Gunakan mainan favoritnya sebagai stimulasi

Gunakan mainan favoritnya sebagai stimulasi
Ketika sedang asyik bermain, anak biasanya tidak menghiraukan ajakan Anda untuk ke kamar mandi. Di saat seperti itu, gunakan mainan favorit anak Anda untuk mengajaknya! Anda juga bisa mengajari cara menggunakan toilet dengan mainan favoritnya supaya anak lebih tertarik.

Baca juga rekomendasi toilet anak dan perlengkapan mandi anak di sini

Salah satu kiat sukses melakukan toilet training adalah menggunakan toilet yang sesuai untuk anak. Nah, di bawah ini kami sudah merangkum toilet terbaik untuk anak yang bisa Anda pilih. Selain itu, ada juga sampo dan sabun khusus anak yang bisa digunakan untuk mereka membersihkan tubuh. Baca selengkapnya di tautan berikut ini, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Toilet training membutuhkan kesabaran. Pada awal percobaan, pasti akan terjadi banyak kesalahan yang membuat pakaian dan lantai mudah kotor. 

Akan tetapi, teruslah melatih secara perlahan sambil memberikan stimulasi sebanyak mungkin agar anak tetap tertarik dan termotivasi. Pilihlah celana toilet training yang bahannya lembut, tidak mudah bocor, dan bermotif lucu. Dengan celana yang sesuai, proses toilet training pasti akan terasa menyenangkan!

5 Rekomendasi Celana Toilet Training terbaik

No. 1: Leleoncare6 Layer Popok Celana Dalam

No. 2: GOL BabyTraining Pants 4 Layer

No. 3: Kuru BabyTraining Pant Pants

No. 4: CuddleMe Adjustable Training Pants

No. 5: Satu KeluargaPopok Kain BayiP79

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.