• 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kamera menjadi perlengkapan yang sangat penting untuk mendokumentasikan kegiatan. Salah satu merek kamera yang cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna adalah Lumix. Beberapa seri yang cukup laris di pasaran di antaranya adalah Lumix DC-GF10 dan Lumix DMC-G7K.

Namun, bagaimana cara memilih kamera Lumix terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Melalui artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera Lumix terbaik untuk Anda. Kami juga akan mengulas tips cara memilih kamera Lumix agar Anda tidak salah pilih. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 31 Juli 2020
  • 3.537 Views
Daftar isi

Cara memilih kamera Lumix

Beberapa seri pada kamera Lumix memiliki fitur dan teknologi yang berbeda. Supaya Anda dapat memiliki kamera Lumix yang dapat berfungsi secara maksimal, simak panduan di bawah ini, ya!

Sesuaikan dengan level penggunaan kamera

Tidak semua orang membutuhkan kamera dengan fitur yang tinggi. Selain memperhitungkan faktor ekonomi, membeli kamera akan lebih baik jika disesuaikan dengan tingkat keterampilan Anda.

Untuk pemula, pilih Lumix Digital Cameras

Untuk pemula, pilih Lumix Digital Cameras
Banyak orang yang merasa kurang percaya diri saat menggunakan kamera yang terlihat kecil. Padahal, kamera digital cukup baik untuk Anda yang sedang memasuki tahap belajar. Dengan menguasai teknik pengambilan gambar melalui kamera digital, Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai jenis kamera. Untuk itu, bagi Anda yang sedang memulai memotret, pilihlah kamera Lumix jenis digital.
Untuk kamera digital, Lumix memiliki beberapa tipe yang dijual di pasaran, seperti selfie, kompak, prosumer, dan waterproof. Umumnya, jenis kamera digital memiliki badan yang lebih ringkas dan ringan dibanding tipe DSLM (Digital Single Lens Mirrorless) dan S Cameras.
Ada beberapa jenis kamera digital dari Lumix yang terkenal, seperti Lumix DC-LX100M2, Lumix DMC-SZ10, dan Lumix DC-FT7GA. Ketiga kamera tersebut sangat direkomendasikan untuk Anda yang baru memulai atau belajar memotret.

Untuk level menengah, pilih kamera DSLM

Untuk level menengah, pilih kamera DSLM
Jika Anda sudah mulai mahir memotret atau level menengah, biasanya Anda sudah memahami teknik memotret dan komposisi foto. Saat Anda sudah menguasai keduanya, Anda akan membutuhkan kamera dengan fitur yang cukup canggih. Kebutuhan dalam memotret subjek gambar pun semakin tidak terbatas. Dengan begitu, Anda akan membutuhkan ukuran dan jenis lensa yang lebih spesifik.
Untuk level menengah, kami menyarankan Anda untuk menggunakan kamera Lumix DSLM. Seri ini umumnya menawarkan kecepatan tinggi, kontras AF presisi tinggi, hingga video dengan format 4K.
Beberapa seri yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah Lumix DMC-G85, Lumix DMC-G7K, dan Lumix DC-GF9K. Ketiga kamera ini memiliki harga yang cukup tinggi, tetapi sangat cocok untuk Anda yang skill fotografinya sudah lumayan jago.

Untuk fotografer profesional, pilih Lumix S Cameras

Untuk fotografer profesional, pilih Lumix S Cameras
Seorang profesional akan dituntut untuk memiliki hasil foto maupun video yang lebih berkualitas. Untuk itu, seorang profesional yang bergerak di bidang jasa foto dan video akan membutuhkan peralatan yang lebih canggih.
Pada level ini, kami menyarankan Anda untuk menggunakan kamera Lumix S Cameras. Seri kamera ini merupakan produk yang dikembangkan Lumix untuk jenis kamera bersensor full frame. Tidak hanya itu, seri kamera ini juga mampu merekam video dengan kualitas minimal 4K, bahkan hingga 6K. Beberapa seri kamera yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah Lumix S1R dan Lumix DC-S1H.

Perhatikan ukuran sensornya

Sensor pada sebuah kamera berfungsi untuk menangkap gambar dan menyimpannya pada media penyimpanan. Umumnya, kamera memiliki tiga ukuran yang akan menentukan besarnya gambar yang terekam. Namun, pada kamera Lumix jenis sensor yang digunakan hanya dua, yakni Full Frames dan Micro Four Thirds. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan berikut ini.

Full Frame : Ukuran gambar lebih tajam dan lebar

Full Frame : Ukuran gambar lebih tajam dan lebar
Sensor kamera ini memiliki ukuran sensor yang banyak disukai oleh fotografer dan videographer profesional. Dengan ukuran sensor yang lebih luas, kamera Lumix dengan sensor full frame mampu menangkap menghasilkan gambar yang lebih baik.
Umumnya, gambar yang dihasilkan oleh kamera Lumix bersensor full frame memiliki kelebihan pada ketajaman, kedalaman warna, dan lebar gambar. Di sisi lain, harga kamera Lumix bersensor full frame jauh lebih mahal dibandingkan lainnya.

Micro Four Thirds : Gambar akan mengalami pemotongan dua kali dari full frame

Micro Four Thirds : Gambar akan mengalami pemotongan dua kali dari full frame
Dalam dunia fotografi, terdapat istilah crop factor, yakni rasio perbandingan dari dimensi sensor kamera terhadap format yang sudah menjadi referensi. Kamera Lumix dengan sensor full frame dianggap sebagai format terbesar. Sementara sensor Micro Four Thirds atau M4/3 merupakan format terkecil. Meski begitu, sensor Micro Four Thirds memiliki keunggulan.
Saat menggunakan kamera Lumix dengan sensor Micro Four Thirds, Anda akan mendapatkan gambar yang dengan crop factor sebesar dua kali. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera dengan sensor Micro Four Thirds tentunya sudah sangat memuaskan. Selain itu, pengguna kamera Lumix sensor Micro Four Thirds memiliki banyak pilihan dan variasi lensa dibanding lensa full frame.

Sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan

Selain menyesuaikan dengan level atau skill Anda, terdapat poin lain yang harus Anda pertimbangkan saat ingin membeli kamera. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa poin berikut ini!

Untuk sekadar hobi dan kebutuhan traveling, pilih kamera yang mudah dibawa

Untuk sekadar hobi dan kebutuhan traveling, pilih kamera yang mudah dibawa
Fotografi dalam kegiatan traveling menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Dengan semakin populernya media sosial, penggunaan kamera menjadi syarat untuk menunjukkan eksistensi diri. Namun, terkadang banyak orang yang merasa repot membawa peralatan fotografi yang terlalu berat. Untuk itu, kebanyakan orang cenderung lebih memilih membawa kamera saku saat traveling.
Beberapa contoh kamera Lumix yang ringkas digunakan saat traveling adalah Lumix DC-GF10, Lumix DC-LX100M2, dan Lumix DMC-SZ10. Tidak hanya nyaman dibawa saat traveling dan perjalanan jauh, kamera ini juga dapat menunjang Anda dalam menekuni dunia fotografi. Baik foto lanskap, portrait, jalanan, menjadi nyaman dibidik melalui kamera yang ringkas.

Untuk memotret di dalam air, pilih kamera waterproof

Untuk memotret di dalam air, pilih kamera waterproof
Saat melakukan perjalanan ke pantai, tak jarang orang yang menyimpan kameranya karena takut terkena cipratan air laut. Selain dapat menyebabkan korosi, cipratan air laut yang masuk ke dalam mesin akan cepat merusak kamera. Akibatnya, perjalanan Anda tidak terdokumentasikan dengan baik. Jika Anda sering berwisata ke pantai atau laut, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membeli kamera yang tahan air.
Seperti namanya, kamera waterproof atau tahan air dikhususkan untuk Anda yang ingin memotret di lingkungan yang basah. Jika Anda ingin melakukan penyelaman dan snorkeling, sangat disarankan untuk menggunakan kamera yang dapat digunakan hingga kedalaman minimal 10 meter. Salah satu kamera Lumix terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Lumix DC-FT7GA.

Untuk kebutuhan komersil, pilih kamera dengan sensor full frame dan output video 4K

Untuk kebutuhan komersil, pilih kamera dengan sensor full frame dan output video 4K
Semakin berkembangnya teknologi digital menuntut industri foto dan perfilman untuk memproduksi video yang berkualitas. Supaya dapat diputar dan disaksikan pada layar lebar, syarat minimal sebuah video haruslah berkualitas Full HD. Namun untuk saat ini, mulai banyak industri perfilman yang membutuhkan foto dan video dengan format 4K.
Lumix memang dikenal sebagai merek kamera dengan hasil gambar yang detail dan tajam. Sebagian besar kamera Lumix sudah dapat melakukan perekaman video dalam format 4K. Teknologi 4K ini juga dikembangkan untuk kebutuhan fotografi profesional, seperti 4K photos, post focus, dan focus stacking.
Bagi Anda yang memiliki profesi fotografer maupun film maker, ada baiknya untuk menggunakan kamera Lumix dengan sensor full frame. Hasil gambar pada kamera ini akan lebih tajam dan jernih dibandingkan dengan kamera dengan sensor Micro Four Thirds. Selain itu, bidang pandang yang dihasilkan akan lebih luas dibandingkan sebuah kamera bersensor lebih kecil.

10 Rekomendasi kamera Lumix terbaik

Di bawah ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk kamera Lumix terbaik yang dapat Anda gunakan. Rekomendasi produk di bawah ini juga mengulas tentang fitur masing-masing dari seri kamera. Selamat memilih!
10

PanasonicLumix Slim Camera

DMC-SZ10

Rp 4.360.000,00

JenisLumix Digital Cameras
Piksel16 megapiksel
Format videoHD (1280 x 720 piksel)
SensorTidak disebutkan
9

PanasonicLumix Digital Single Lens Mirrorless Camera

DC-GF9K

Rp 4.500.000,00

JenisDSLM
Piksel16,84 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)
SensorMicro Four Thirds
8

PanasonicLumix Digital Single Lens Mirrorless Camera

DC-GF10

Rp 6.749.000,00

JenisDSLM
Piksel16,84 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)
SensorMicro Four Thirds
7
JenisLumix Digital Cameras
Piksel20,4 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)
SensorTidak disebutkan
6
JenisDSLM
Piksel16,84 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)
SensorMicro Four Thirds
5

PanasonicLumix S1H Digital Mirrorless Camera

DC-S1H

Rp 59.990.000,00

JenisLumix S Cameras
Piksel24,20 megapiksel
Format video6K (5328 x 4000 piksel)
SensorFull frame
4
JenisLumix Digital Cameras
Piksel17 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)
SensorTidak disebutkan
3
JenisDSLM
Piksel21,77 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)
SensorMicro Four Thirds
2
JenisLumix S Cameras
Piksel47,3 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)
SensorFull frame
1
JenisDSLM
Piksel16 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)
SensorMicro Four Thirds

Tabel perbandingan produk kamera Lumix terbaik

Gambar produk
1
Panasonic Lumix 1

Panasonic

2
Panasonic Lumix 1

Panasonic

3
Panasonic Lumix 1

Panasonic

4
Panasonic Lumix 1

Panasonic

5
Panasonic Lumix S1H Digital Mirrorless Camera 1

Panasonic

6
Panasonic Lumix 4K Mirrorless 1

Panasonic

7
Panasonic Lumix 4K Tough Camera 1

Panasonic

8
Panasonic Lumix Digital Single Lens Mirrorless Camera 1

Panasonic

9
Panasonic Lumix Digital Single Lens Mirrorless Camera 1

Panasonic

10
Panasonic Lumix Slim Camera 1

Panasonic

Nama produk

Lumix

Lumix

Lumix

Lumix

Lumix S1H Digital Mirrorless Camera

Lumix 4K Mirrorless

Lumix 4K Tough Camera

Lumix Digital Single Lens Mirrorless Camera

Lumix Digital Single Lens Mirrorless Camera

Lumix Slim Camera

Keunggulan

Semakin mudah menghapus objek gambar yang tidak Anda butuhkan

Merekam tanpa batas dengan slot ganda kartu memori penyimpanan

Didukung fitur canggih seperti grading log gamma dan slow-motion

Kamera saku beresolusi tinggi untuk perjalanan santai

Kamera mirrorless full frame dengan kualitas format video 6K

Dual Image Stabilizer yang membantu Anda merekam subjek gambar tanpa blur

Kamera tahan air untuk Anda yang hobi menyelam dan snorkeling

Kecil dan ringkas, membuat konten video beresolusi 4K jadi mudah

Desainnya bercorak kulit, tersedia empat pilihan warna

Kamera pocket dengan filter foto yang siap diunggah ke sosial media

HargaRp 6.575.000,00Rp 52.990.000,00Rp 20.999.000,00Rp 11.900.000,00Rp 59.990.000,00Rp 9.385.000,00Rp 3.987.500,00Rp 6.749.000,00Rp 4.500.000,00Rp 4.360.000,00
JenisDSLMLumix S CamerasDSLMLumix Digital CamerasLumix S CamerasDSLMLumix Digital CamerasDSLMDSLMLumix Digital Cameras
Piksel16 megapiksel47,3 megapiksel21,77 megapiksel17 megapiksel24,20 megapiksel16,84 megapiksel20,4 megapiksel16,84 megapiksel16,84 megapiksel16 megapiksel
Format video4K (3840 x 2160 piksel)4K (3840 x 2160 piksel)4K (3840 x 2160 piksel)4K (3840 x 2160 piksel)6K (5328 x 4000 piksel)4K (3840 x 2160 piksel)4K (3840 x 2160 piksel)4K (3840 x 2160 piksel)4K (3840 x 2160 piksel)HD (1280 x 720 piksel)
SensorMicro Four ThirdsFull frameMicro Four ThirdsTidak disebutkanFull frameMicro Four ThirdsTidak disebutkanMicro Four ThirdsMicro Four ThirdsTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kamera terbaik di sini

Selain sepuluh produk kamera Lumix yang sudah kami bahas di atas, terdapat beberapa merek lain yang sudah kami siapkan. Anda dapat membandingkannya terlebih dahulu sebelum benar-benar membeli. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami telah memilih beberapa artikel kamera yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk lebih jelasnya, simaklah artikel berikut ini!

Kesimpulan

Secara kualitas, kamera Lumix adalah jenis kamera yang memiliki fitur dan teknologi tercanggih. Apakah sekarang Anda sudah memiliki gambaran mengenai kamera Lumix mana yang paling sesuai untuk Anda?
Seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Dalam memilih kamera Lumix, sebaiknya Anda perlu menyesuaikan terhadap level dan kebutuhan penggunaannya. Apakah untuk pekerjaan profesional atau sekadar hobi? Tentukan segera kamera Lumix impian Anda!

Artikel terkait

  • 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Wi-Fi SD card adalah alat penyimpanan data yang dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi. Dengan SD card ini, Anda tidak perlu menyambungkan perangkat menggunakan kabel data untuk memindahkan data. Anda dapat menghubungkannya dengan jaringan Wi-Fi dan langsung memindahkan data Anda ke perangkat lainnya.Tidak banyak produsen yang memproduksi Wi-Fi SD card. Akan tetapi, untuk mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan beberapa tips memilih untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan produk rekomendasi untuk Anda pilih. Anda dapat memilih berdasarkan merek, harga, serta fitur lain yang dimiliki. Jadi, ikuti kami, ya!
    Komputer & kamera
    1.560 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    6.664 Views
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan menggunakan action camera atau kamera aksi, Anda bisa mendapatkan “first person view” untuk merasakan sensasi nyata dari gambar yang dihasilkan. Kamera semacam ini sering digunakan untuk merekam olahraga ekstrem, lanskap saat berkendara, hingga atlet yang sedang bertanding. GoPro, Olympus, Ricoh, dan Sony merupakan beberapa perusahaan yang terdepan dalam memproduksi action camera.Setiap produsen memiliki keunggulan masing-masing, seperti kualitas gambar 4K, fitur wide angle, hingga penahan guncangan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kamera aksi, serta merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Silakan merujuk artikel ini guna menemukan kamera yang Anda idamkan!
    Komputer & kamera
    23.095 Views
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun belakangan, banyak orang menggunakan monopod untuk menunjang pemakaian kamera, termasuk untuk selfie. Dibandingkan tripod, monopod lebih ringkas dan mudah dibawa. Selain itu, monopod dapat membantu menahan guncangan, serta lebih trendy bagi generasi masa kini.Saat ini, telah banyak merek monopod di pasaran, seperti Takara, Spigen, dan GoPro. Agar Anda tidak bingung, di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih monopod. Kami juga bakal  merekomendasikan produk monopod terbaik untuk keperluan outdoor, travel, event dan kegiatan lainnya. Dengan memilih monopod yang tepat, kegiatan berfoto Anda tentu akan lebih menyenangkan.
    Komputer & kamera
    2.682 Views
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tripod merupakan alat yang berfungsi untuk menyangga dan mengatur posisi kamera. Tripod juga dapat membantu Anda memotret dengan komposisi yang lebih stabil. Walaupun bentuknya terlihat sama, terdapat perbedaan dari segi tinggi kaki, material, kapasitas, pan head, dan lainnya. Pemilihan tripod juga tergantung pada tipe kamera, baik DSLR, mirrorless, maupun kamera video.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih tripod serta memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Produk dari BEIKE, Attanta, dan Manfrotto bisa menjadi pilihan untuk Anda. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!
    Komputer & kamera
    38.577 Views
  • 10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2020)
    Agar kamera tetap dalam kondisi terbaik, Anda perlu membersihkannya dengan cermat. Jika Anda langsung mengelap lensa kamera saat ada debu yang menempel, hal ini justru berisiko membuat lensa tergores. Nah, Anda bisa menggunakan blower untuk membersihkan debu dari lensa!Saat ini di pasaran terdapat berbagai jenis blower sehingga mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Karena itu, kini kami akan menginformasikan beberapa poin mengenai cara memilih blower kamera. Kami juga akan memperkenalkan beberapa rekomendasi produknya, seperti JJC, Kingjoy, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    842 Views
  • 10 Rekomendasi Camera Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Camera Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Camera grip merupakan item yang berguna dalam fotografi. Item tersebut berperan untuk menstabilkan gambar saat snapshot, video, dan selfie. Namun, karena jenisnya yang beragam seperti jenis strap dan hand grip, Anda pun pasti akan bingung saat memilihnya. Ditambah lagi, setiap brand memiliki keunikannya masing-masing. Kali ini, kami akan memberitahu Anda cara memilih camera grip. Kami juga akan memberikan rekomendasi camera grip dari berbagai produsen seperti Sony, GoPro, Canon, dan Joby. Nah, baca artikel kami sampai habis dan temukan camera grip favorit Anda!
    Komputer & kamera
    416 Views
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Komputer & kamera
    299 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Komputer & kamera
    238 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Canon merupakan salah satu produsen kamera yang sudah cukup terkenal dan digemari banyak pengguna. Misalnya saja EOS 8D, PowerShot G7 Mark III, atau EOS 90D yang sudah banyak digunakan para profesional. Namun, bagaimana bagi Anda yang baru memulai hobi fotografi? Tentu saja akan merasa kesulitan dalam memilih kamera terbaik, bukan? Melalui artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon bagi para pemula hingga kebutuhan profesional. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk kamera Canon terbaik di setiap tipe sensornya. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Komputer & kamera
    117 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    167.946 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    103.293 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    126.301 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    82.573 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    107.627 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, khususnya untuk rumpun sains. Namun, software yang digunakan untuk perkuliahan sering kali membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Anda mungkin saja belum memiliki gambaran jelas mengenai cara menentukan laptop yang tepat.Jika Anda seorang mahasiswa rumpun sains, artikel ini ditujukan untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih laptop untuk kebutuhan perkuliahan di program studi sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!
    Komputer & kamera
    19.993 Views
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Camera stabilizer merupakan penyeimbang dan peredam goyangan pada kamera saat ada pergerakan ketika kita mengambil video. Tidak hanya digunakan oleh fotografer profesional, stabilizer juga populer di kalangan penikmat hobi videografi. Dengan menggunakan stabilizer, Anda bisa mengambil video dengan mulus tanpa risiko blur.Jenis camera stabilizer sangat bervariasi tergantung pada bentuk dan fungsinya. Bahkan sekarang sudah ada stabilizer untuk smartphone! Kali ini kami akan merekomendasikan camera stabilizer dengan pertimbangan beberapa poin penting dalam memilih produk terbaik. Temukanlah camera stabilizer yang paling tepat untuk Anda!
    Komputer & kamera
    18.932 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori