• 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Panasonic merupakan salah satu produsen kamera yang sudah meluncurkan banyak seri kamera dengan merek LUMIX. Beberapa seri kamera LUMIX yang bagus dan laris di antaranya adalah LUMIX DC-GF9K, LUMIX DMC-LX10, dan LUMIX DC-S1R. 

Bagaimana cara memilih kamera LUMIX terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Lewat artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera LUMIX terbaik sesuai kebutuhan. Kamera LUMIX harganya beragam, Anda juga akan memperoleh gambaran terkait hal tersebut dalam artikel ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 April 2022
Daftar isi

Cara memilih kamera LUMIX

Ada baiknya Anda membeli kamera LUMIX sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Berikut akan kami jelaskan lebih dalam.

Perhitungkan kemampuan fotografi Anda

Tidak semua orang membutuhkan kamera kaya fitur. Selain memperhitungkan faktor ekonomi, akan lebih baik jika Anda juga membeli kamera sesuai tingkat keterampilan fotografi Anda.

Untuk pemula, pilih LUMIX Digital Cameras

Banyak orang merasa kurang percaya diri saat menggunakan kamera digital yang rata-rata terlihat kecil. Padahal, kamera digital cukup ideal untuk Anda yang sedang belajar fotografi. 

Dengan menguasai teknik pengambilan gambar menggunakan kamera digital, Anda akan lebih mudah menggunakan berbagai jenis kamera. Untuk itu, bagi Anda yang sedang dalam tahap belajar, pilihlah seri LUMIX Digital Cameras.


Umumnya, jenis kamera ini memiliki badan compact dengan lensa yang tidak dapat dilepas atau digantiTerdapat seri LUMIX Digital Cameras yang terkenal, seperti LUMIX DC-GF10, LUMIX DMC-FZ300, dan LUMIX DC-FT7GA. Meskipun dari segi ukuran dan lensa terlihat kecil, ketiga seri kamera tersebut mampu menghasilkan gambar yang sangat memuaskan.  

Untuk level menengah, pilih G Mirrorless (DSLM) Cameras

Jika Anda sudah mulai mahir fotografi, biasanya Anda sudah memahami teknik memotret dan komposisi foto. Saat Anda sudah menguasai keduanya, Anda akan membutuhkan kamera dengan fitur yang lebih canggih. 


Terlebih lagi, kebutuhan dalam memotret pun makin tidak terbatas. Dengan begitu, Anda akan membutuhkan ukuran dan jenis lensa yang lebih spesifik.


Untuk level menengah, kami menyarankan Anda untuk menggunakan kamera LUMIX G Mirrorless (DSLM) Cameras. Jenis kamera ini umumnya menawarkan kecepatan tinggi, autofokus presisi tinggi, hingga perekaman video dengan format 4K. Beberapa seri yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah LUMIX DC-G9, LUMIX DC-GF9K, dan LUMIX DMC-GX7. 

Untuk fotografer profesional, pilih LUMIX S Cameras

Fotografer profesional akan dituntut untuk memiliki hasil foto dan video yang lebih berkualitas. Untuk itu, seorang profesional yang bergerak di bisnis jasa foto dan video akan membutuhkan peralatan canggih.


Pada level ini, kami menyarankan Anda menggunakan kamera LUMIX S Cameras. Seri kamera ini merupakan produk yang dikembangkan LUMIX untuk jenis kamera bersensor full frame


Tidak hanya itu, seri kamera ini juga mampu merekam video dengan kualitas minimal 4K, bahkan hingga 6K. Beberapa seri kamera yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah DC-S1RBODY dan DC-S1HBODY.

Kenali jenis sensornya

Umumnya, kamera memiliki tiga ukuran sensor yang akan menentukan besarnya gambar yang terekam. Namun, pada kamera LUMIX, jenis sensor yang digunakan hanya dua, yakni Full Frame dan Micro Four Thirds (MFT). Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan berikut ini.

Sensor full frame, hasilkan gambar tajam dan lebar

Kamera jenis ini memiliki area sensor berukuran 36 mm x 24 mm, atau sama dengan ukuran frame film 35 mm. Kamera dengan sensor full frame banyak disukai oleh fotografer dan videographer profesional.


Sensor ini memiliki kemampuan untuk menangkap lebih banyak cahaya sehingga mempermudah Anda untuk menentukan fokus. Berkat kemampuan ini, Anda dapat memotret gambar dengan mudah meski dalam kondisi gelap (low light). 


Umumnya, gambar yang dihasilkan kamera LUMIX full frame memiliki keunggulan pada tingkat ketajaman, kedalaman warna, dan lebar gambar. Dengan kualitasnya yang ciamik, harga kamera LUMIX bersensor full frame dijual lebih mahal dibanding seri lainnya. Sementara dari sisi bodi kamera, jenis kamera ini memiliki ukuran yang lebih besar dan berat. 

Sensor Micro Four Third, sistem ringkas plus bodi ringan

Kamera LUMIX merupakan salah satu merek kamera mirrorless yang mengusung sensor Micro Four Third atau MFT. Micro Four Third merupakan sistem pada kamera digital yang tidak menggunakan cermin pada bodi kameranya. Komponen cermin ini digantikan dengan electronic viewfinder seperti yang digunakan pada kamera compact


Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membidik gambar melalui viewfinder. Dengan bantuan layar LCD, Anda dapat melihat langsung gambar yang akan dipotret. Saat kualitas gambar dianggap sudah cukup, Anda bisa langsung mengabadikannya.


Saat menggunakan kamera LUMIX bersensor Micro Four Thirds, Anda juga akan mendapatkan gambar dengan crop factor sebesar dua kali. Meski demikian, kualitas gambar yang dihasilkan kamera ini tentunya sudah sangat cukup untuk keperluan komersial. Untuk itu, keterampilan dalam memotret sangatlah diperlukan. 

Sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan

Selain menyesuaikan dengan level atau tingkat keterampilan, terdapat poin lain yang harus Anda pertimbangkan saat ingin membeli kamera LUMIX. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa poin berikut ini!

Untuk kebutuhan traveling, pilih kamera yang mudah dibawa

Fotografi dalam kegiatan traveling menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Namun, banyak orang merasa repot bila harus membawa peralatan fotografi yang terlalu berat. Jika demikian, membawa kamera saku saat traveling adalah solusi yang bijak.


Beberapa contoh kamera LUMIX yang ringkas dibawa saat traveling adalah LUMIX DC-GF10. Tidak hanya nyaman dibawa saat traveling dan perjalanan jauh, kamera ini juga dapat menunjang Anda menekuni dunia fotografi. Baik foto lanskap, portrait, maupun jalanan, Anda akan lebih nyaman membidik subjek gambar melalui kamera yang ringkas.

Untuk memotret di dalam air, pilih kamera waterproof

Saat melakukan perjalanan ke pantai, tak jarang orang menyimpan kameranya karena takut terkena cipratan air laut. Selain dapat menyebabkan korosi, cipratan air laut yang masuk ke dalam mesin dapat merusak kamera. Akibatnya, perjalanan Anda tidak terdokumentasikan dengan baik. Jika Anda sering berwisata ke pantai atau laut, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membeli kamera yang tahan air.

Seperti namanya, kamera waterproof atau kamera tahan air dikhususkan untuk Anda yang ingin memotret tanpa khawatir terkena air. Mungkin Anda ingin melakukan penyelaman dan snorkeling. Jika demikian, sangat disarankan untuk menggunakan kamera yang dapat digunakan hingga kedalaman minimal 10 meter. Salah satu kamera LUMIX terbaik yang dapat Anda gunakan adalah LUMIX Digital Camera DC-FT7GA.

Untuk kebutuhan komersil, pilih kamera dengan sensor full frame dan output video 4K

Makin berkembangnya teknologi digital menuntut industri foto dan perfilman untuk memproduksi video yang berkualitas. Supaya dapat diputar dan disaksikan pada layar lebar, syarat minimal sebuah video haruslah berkualitas Full HD. Namun, untuk saat ini mulai banyak industri perfilman yang membutuhkan video dengan format 4K.

Sebagian besar kamera LUMIX sudah dapat melakukan perekaman video dalam format 4K, bahkan hingga 6K. Teknologi ini juga dikembangkan untuk kebutuhan fotografi profesional, seperti 4K photos, post focus, dan focus stacking


Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer atau film maker, ada baiknya untuk menggunakan kamera LUMIX bersensor full frame. Hasil gambar kamera ini akan lebih luas, tajam, dan jernih dibandingkan dengan kamera bersensor Micro Four Thirds. Adapun kamera LUMIX untuk video yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah LUMIX DC-S1HBODY dan LUMIX DC-S1RBODY. 

Untuk mengurangi blur, pilih kamera dengan image stabilizer

Jika Anda senang memotret foto portrait dan merekam video, memilih kamera yang dibekali fitur stabilisasi gambar sangatlah penting. Fitur ini berfungsi untuk meminimalkan gambar blur akibat guncangan dari tangan. Saat ini, sudah banyak seri kamera yang dibekali fitur 4-axis stabilizer atau stabilisasi gambar pada 4 sumbu. Adanya fitur tersebut memungkinkan Anda memotret dan merekam dengan lebih stabil.

Untuk memotret di tempat gelap, pilih kamera ber-ISO tinggi

Sensitivitas ISO pada kamera juga wajib diperhatikan. Bila kamera Anda memiliki sensitivitas ISO yang tinggi, Anda tidak akan kesulitan melakukan pemotretan di tempat yang minim cahaya. Misalnya, saat Anda ingin memotret milkyway di malam hari atau memotret subjek gambar di ruangan yang gelap. Dalam kasus ini, Anda dapat menggunakan ISO pada angka 1000 atau lebih.

Untuk dramatic effect, pilih kamera dengan slow motion dan fitur sejenis lainnya

Fitur lain yang dapat digunakan untuk membuat video lebih dramatis juga patut untuk dipertimbangkan. Misalnya saja, fitur slow motion, timelapse, dan fitur sejenis lainnya. Adanya fitur-fitur tersebut akan memudahkan Anda menjadikan adegan-adegan penting kian menyita perhatian.

10 Rekomendasi kamera LUMIX terbaik

Di bawah ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk kamera LUMIX terbaru. Kamera LUMIX murah yang bagus pun kami tampilkan untuk Anda.

10

Panasonic LUMIX Digital Camera

DMC-LX10

Mulai dari Rp 9.499.000,00

JenisLUMIX Digital Cameras
SensorMicro Four Third
Piksel efektif20,1 megapiksel
ISO efektif80–25600
Format video4K (3840 x 2160)
Berat0,31 kg
Image stabilizerHYBRID O.I.S. (Optical Image Stabilizer) dan 5 sumbu
9

PanasonicLUMIX Digital Camera

DC-FT7GA

Mulai dari Rp 3.870.000,00

JenisLUMIX Digital Cameras
SensorMicro Four Third
Piksel efektif20,4 megapiksel
ISO efektif80–6400
Format video4K (3840 x 2160)
Berat0,32 kg
Image stabilizerPOWER O.I.S. (Optical Image Stabilizer)
8

PanasonicLUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

DC-GF10

Mulai dari Rp 6.999.000,00

JenisDSLM (Digital Single Lens Mirrorless)
SensorMicro Four Third
Piksel efektif16 megapiksel
ISO efektif100–25600
Format video4K (3840 x 2160)
Berat0,27 kg
Image stabilizerMEGA O.I.S. (Optical Image Stabilizer)
7

PanasonicLUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

DMC-G7K

Mulai dari Rp 7.499.000,00

JenisDSLM (Digital Single Lens Mirrorless)
SensorMicro Four Thirds
Piksel efektif16 megapiksel
ISO efektif100–25600
Format video4K (3840 x 2160)
Berat0,41 kg
Image stabilizerTidak disebutkan
6

PanasonicLUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

DC-GF9K

Mulai dari Rp 5.999.000,00

JenisDSLM (Digital Single Lens Mirrorless)
SensorMicro Four Thirds
Piksel efektif16 megapiksel
ISO efektif100–25600
Format video4K (3840 x 2160)
Berat0,269 kg
Image stabilizerMega O.I.S. (Optical Image Stabilizer)
5

PanasonicLUMIX GH5 4K Mirrorless ILC Camera Body

DC-GH5KBODY

Mulai dari Rp 22.999.000,00

JenisDSLM (Digital Single Lens Mirrorless)
SensorMicro Four Thirds
Piksel efektif20,33 megapiksel
ISO efektif100–25600
Format videoC4K (4096 x 2160)
Berat0,725 kg
Image stabilizer5-axis Dual I.S. 2.0
4

PanasonicLUMIX Digital Camera

DMC-FZ300

Mulai dari Rp 6.499.000,00

JenisLUMIX Digital Cameras
SensorMicro Four Thirds
Piksel efektif12,1 megapiksel
ISO efektif100–6400
Format video4K (3840 x 2160)
Berat0,69 kg
Image stabilizer5-Axis HYBRID O.I.S.+ (Optical Image Stabilizer Plus)
3

PanasonicLUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

DC-G9

Mulai dari Rp 19.999.000,00

JenisDSLM (Digital Single Lens Mirrorless)
SensorMicro Four Thirds
Piksel efektif20,33 megapiksel
ISO efektif100–25600
Format video4K (3840 x 2160)
Berat0,658 kg
Image stabilizer5-axis Dual I.S. 2.0
2

PanasonicLUMIX S1H Digital Mirrorless Camera

DC-S1HBODY

Mulai dari Rp 59.990.000,00

JenisDigital Single Lens Mirrorless (LUMIX S Cameras)
SensorFull frame
Piksel efektif24,2 megapiksel
ISO efektifTidak disebutkan
Format videoC4K (4096 x 2160)
BeratTidak disebutkan
Image stabilizer5-axis dual I.S. 2 Stability
1

PanasonicLUMIX S1R Body, Digital Mirrorless Camera

DC-S1RBODY

Mulai dari Rp 52.990.000,00

JenisDSLM (Digital Single Lens Mirrorless)
SensorFull frame
Piksel efektif47,30 megapiksel
ISO efektifTidak disebutkan
Format video4K (3840 x 2160)
BeratTidak disebutkan
Image stabilizer5-AXIS BODY I.S dan DUAL I.S

Tabel perbandingan produk kamera LUMIX terbaik

Gambar produk
1
Panasonic LUMIX S1R Body, Digital Mirrorless Camera 1

Panasonic

2
Panasonic LUMIX S1H Digital Mirrorless Camera 1

Panasonic

3
Panasonic LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera  1

Panasonic

4
Panasonic LUMIX Digital Camera  1

Panasonic

5
Panasonic LUMIX GH5 4K Mirrorless ILC Camera Body 1

Panasonic

6
Panasonic LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera  1

Panasonic

7
Panasonic LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera  1

Panasonic

8
Panasonic LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera  1

Panasonic

9
Panasonic LUMIX Digital Camera  1

Panasonic

10
Panasonic  LUMIX Digital Camera 1

Panasonic

Nama produk

LUMIX S1R Body, Digital Mirrorless Camera

LUMIX S1H Digital Mirrorless Camera

LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

LUMIX Digital Camera

LUMIX GH5 4K Mirrorless ILC Camera Body

LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

LUMIX Digital Single Lens Mirrorless Camera

LUMIX Digital Camera

LUMIX Digital Camera

Keunggulan

Memori melimpah berkat dual memory card slot

Rekam video 6K nonstop tanpa takut overheat

Fitur video log-nya hasilkan video sinematik dramatis

Bisa zoom hingga 24x atau setara lensa 600mm

Akurat melacak objek foto yang bergerak cepat

Hasilkan foto panorama yang artistik

LCD-nya dapat dilipat dan diputar dengan mudah

Asyik untuk selfie, tampilannya pun stylish

Kamera waterproof dengan hasil gambar yang tajam

Kamera saku berteknologi canggih

Harga mulai dariRp 52.990.000,00Rp 59.990.000,00Rp 19.999.000,00Rp 6.499.000,00Rp 22.999.000,00Rp 5.999.000,00Rp 7.499.000,00Rp 6.999.000,00Rp 3.870.000,00Rp 9.499.000,00
JenisDSLM (Digital Single Lens Mirrorless)Digital Single Lens Mirrorless (LUMIX S Cameras)DSLM (Digital Single Lens Mirrorless)LUMIX Digital CamerasDSLM (Digital Single Lens Mirrorless)DSLM (Digital Single Lens Mirrorless)DSLM (Digital Single Lens Mirrorless)DSLM (Digital Single Lens Mirrorless)LUMIX Digital CamerasLUMIX Digital Cameras
SensorFull frame Full frame Micro Four ThirdsMicro Four ThirdsMicro Four ThirdsMicro Four Thirds Micro Four Thirds Micro Four Third Micro Four Third Micro Four Third
Piksel efektif47,30 megapiksel24,2 megapiksel20,33 megapiksel12,1 megapiksel20,33 megapiksel16 megapiksel16 megapiksel 16 megapiksel20,4 megapiksel20,1 megapiksel
ISO efektifTidak disebutkanTidak disebutkan100–25600100–6400100–25600100–25600100–25600100–2560080–640080–25600
Format video4K (3840 x 2160)C4K (4096 x 2160)4K (3840 x 2160)4K (3840 x 2160)C4K (4096 x 2160)4K (3840 x 2160)4K (3840 x 2160)4K (3840 x 2160)4K (3840 x 2160)4K (3840 x 2160)
BeratTidak disebutkanTidak disebutkan0,658 kg0,69 kg0,725 kg0,269 kg0,41 kg0,27 kg0,32 kg0,31 kg
Image stabilizer5-AXIS BODY I.S dan DUAL I.S5-axis dual I.S. 2 Stability 5-axis Dual I.S. 2.05-Axis HYBRID O.I.S.+ (Optical Image Stabilizer Plus) 5-axis Dual I.S. 2.0Mega O.I.S. (Optical Image Stabilizer)Tidak disebutkanMEGA O.I.S. (Optical Image Stabilizer)POWER O.I.S. (Optical Image Stabilizer)HYBRID O.I.S. (Optical Image Stabilizer) dan 5 sumbu
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kamera terbaik di sini

Selain kamera LUMIX yang sudah kami bahas di atas, terdapat beberapa merek lain yang sudah kami siapkan. Silakan klik tautan di bawah ini untuk melihat produk kamera terbaik dari kami. 

Kesimpulan

Secara kualitas, kamera LUMIX adalah jenis kamera yang memiliki fitur dan teknologi yang cukup canggih. Apakah Anda sudah memiliki gambaran mengenai kamera LUMIX mana yang paling sesuai untuk Anda?


Seperti sudah kami jelaskan di atas, dalam memilih kamera LUMIX, sebaiknya Anda perlu menyesuaikan terhadap level dan kebutuhan penggunaannya. Apakah Anda akan menggunakannya untuk pekerjaan profesional atau sekadar hobi? Yuk, tentukan segera kamera LUMIX impian Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera 2 jutaan tentu memiliki perbedaan kualitas dengan kamera yang harganya tinggi. Namun, saat ini sudah banyak beredar produk yang fiturnya tak kalah canggih dari tipe high-end. Hanya saja memilih kamera digital low-end yang bagus bukanlah hal yang mudah.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih kamera digital terbaik harga 2 jutaan. Khusus untuk Anda, Kami juga akan berbagi rekomendasi produk Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya. Jenisnya pun beragam. Dari kamera mirrorless sampai prosumer, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Mari disimak!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
  • 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera digital compact atau kamera pocket adalah kamera yang memiliki ukuran kecil. Meskipun demikian, hasil kamera ini mampu bersaing dengan jenis kamera lain seperti mirrorless dan DSLR. Saat ini, ada perusahaan besar, seperti SONY, Canon, Fujifilm, dan Nikon memproduksi beragam kamera pocket yang bagus.Kamera pocket tersebut didesain khusus sesuai dengan kebutuhan. Ada kamera profesional, ada juga kamera traveling. Harganya juga bervariasi, ada yang murah, ada pula yang mahal. Hal ini dipengaruhi dengan merek, fitur, dan perusahaan pembuat kamera pocket. Jika Anda sedang mencari kamera pocket terbaik, bacalah artikel ini!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Canon adalah salah satu merek kamera terkenal dan banyak digemari oleh pengguna. Fitur-fitur canggih dan spesifikasi yang lengkap membuat kamera Canon banyak dicari, baik oleh pemula maupun profesional. Ada berbagai jenis kamera Canon yang tersedia di pasaran. Namun, tipe kamera Canon seperti apa yang harus dipilih? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh kamera Canon terbaik, mulai dari IXUS 285 HS, Canon EOS 1500D, Canon EOS R, dan lainnya. Yuk, baca terus artikel ini selengkapnya!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    YI Technology merupakan merk dari anak perusahaan Xiaomi yang memproduksi beragam kamera terbaru. Ada beberapa produk terbaik kamera YI, seperti YI Action Camera, YI Home, YI Discovery, 360 VR, hingga YI-M1 Mirrorless. Penggunaan kamera ini pun beragam, mulai dari sport camera hingga security camera yang bagus untuk memantau rumah Anda. Jika Anda tertarik dengan YI camera, silakan baca ulasan lengkap di sini. Kami akan membahas cara memilih kamera YI yang bagus beserta spesifikasi dan bocoran harga-harganya yang terjangkau. Bacalah review kamera YI dan temukan produk yang Anda butuhkan di sini!
    Kamera digital
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori