• 10 Rekomendasi Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari negeri Cina. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Ditambah ada beberapa abon sapi yang menggunakan tambahan bawang goreng membuatnya semakin lezat.

Apakah Anda termasuk penggemar abon? Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih abon sapi. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas serta merek lainnya juga ada dalam rekomendasi kami kali ini. Ada juga cara membuat abon sapi di rumah. lho!
  • Pembaharuan terakhir: 17 November 2020
  • 9.844 Views
Daftar isi

Cara memilih abon sapi

Memang ada banyak abon sapi yang dapat Anda temui di pasaran. Rasa dan isinya pun beragam. Berikut ini adalah poin yang harus diperhatikan saat memilih abon sapi.

Pilih berdasarkan varian rasa

Pilih berdasarkan varian rasa
Tidak hanya gurih, abon sapi hadir dalam berbagai varian rasa. Meskipun Anda membeli rasa orisinal, setiap produsen pasti memiliki rasa yang berbeda-beda. Ada merek abon yang memiliki cita rasa lebih manis atau gurih dibandingkan dengan abon lainnya. Anda dapat memilihnya dengan selera lidah Anda.
Jika Anda menginginkan abon sapi yang renyah, Anda dapat memilih abon sapi dengan tambahan bawang goreng. Bagi Anda yang doyan pedas, jangan lewatkan juga abon sapi dengan rasa pedas. Pedas gurihnya abon tentu akan sangat menggugah selera makan Anda. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai rasa gurih dapat memilih abon dengan sedikit rasa manis.

Pilih berdasarkan ukuran dan bentuk kemasan

Pilih berdasarkan ukuran dan bentuk kemasan
Selain rasanya, abon sapi juga memiliki ukuran dan bentuk kemasan yang berbeda. Ada abon sapi yang dikemas dalam bentuk pouch dan kaleng. Ukuran abon sapi besar biasanya lebih dari 200 gram dan dapat dijadikan sebagai lauk seluruh keluarga. Jika Anda ingin membeli abon sapi ukuran besar untuk sekeluarga, pilihlah kemasan kaleng. Kemasan kaleng akan memudahkan penyimpanan dan menjaga kualitas abon.
Anda yang ingin berjualan makanan dengan isian abon juga dapat menggunakan abon dengan ukuran besar ini. Pilihlah kemasan pouch plastik untuk ukuran besar karena harganya lebih ekonomis dibandingkan dengan kemasan kaleng.
Jika Anda ingin mengonsumsi abon untuk diri sendiri, Anda dapat memilih kemasan 100 gram. Isi yang tidak terlalu banyak dapat Anda konsumsi dengan lebih singkat. Biasanya kemasan 100 gram berupa kemasan pouch plastik biasa atau dengan zipper.

Periksa sertifikasinya agar aman dikonsumsi

Periksa sertifikasinya agar aman dikonsumsi
Abon sapi merupakan makanan sehingga keamanannya perlu dipastikan. Agar Anda mendapatkan produk yang aman untuk dikonsumsi, perhatikan sertifikasinya. Pilhlah abon sapi yang telah mendapat sertifikasi dari BPOM.
Jika produk tersebut dari Indonesia, usahakan produk tersebut memiliki sertifikasi halal. Sertifikasi halal juga berlaku untuk produk impor, tetapi ada juga sertifikasi halal lainnya seperti dari Malaysia. Sertifikasi halal ini sangat penting untuk Anda yang beragama Islam.
Banyak industri rumah tangga yang memproduksi abon sapi. Namun, terkadang produk ini tidak memiliki sertifikasi BPOM. Jika tidak memiliki sertifikasi BPOM, pastikan produk tersebut memiliki nomor Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Nomor PIRT menjamin produk tersebut diproduksi dengan standar yang sesuai. Ada juga nomor pendaftaran dari Departemen Kesehatan yang dapat menjamin produk yang Anda beli.

10 Rekomendasi abon sapi terbaik

Setelah mengetahui poin-poin dalam memilih abon sapi, berikut ini adalah rekomendasi abon sapi untuk Anda. Abon sapi rekomendasi kami merupakan abon sapi pilihan terbaik yang lezat di lidah.
10
Isi200 gram
RasaOriginal, Pedas
KemasanKaleng
SertifikasiDepartemen Kesehatan, Halal MUI
9
Isi100 gram
RasaOriginal, Pedas, Bawang
KemasanZip lock pouch
SertifikasiBPOM, Halal MUI
8
Isi500 gram
RasaOriginal
KemasanPouch vakum
SertifikasiPIRT
7

Indoabonku Abon Sapi Rasa Bawang Putih

Rp 62.000,00

Isi100 gram
RasaBawang Putih
KemasanKaleng
SertifikasiHalal MUI
6
Isi100 gram
RasaOriginal
KemasanPouch vakum
SertifikasiDepkes, Halal MUI
5
Isi50 gram
RasaOriginal
KemasanAluminium zip lock pouch
SertifikasiPIRT
4
Isi100 gram
RasaOriginal, Pedas
KemasanKaleng
SertifikasiPIRT, Halal MUI
3
Isi230 gram
RasaOriginal
KemasanPouch plastik
SertifikasiDepartemen Kesehatan
2
Isi250 gram
RasaManis, Pedas
KemasanKertas
SertifikasiPIRT
1
Isi250 gram
RasaBawang Pedas
KemasanKaleng
SertifikasiBPOM, Halal MUI

Ayo buat sendiri abon yang enak di rumah!

Ayo buat sendiri abon yang enak di rumah!
Terkadang abon yang beredar di pasaran tidak sesuai dengan selera Anda. Anda dapat membuat sendiri abon di dapur Anda untuk sajian seluruh keluarga. Caranya tergolong mudah dan rasanya dijamin sesuai dengan selera Anda. Berikut ini adalah cara membuat abon sapi di rumah.
Pilihlah daging sapi Has dalam (fillet) karena bagian daging ini bebas lemak. Daging sapi Has dalam merupakan daging yang terletak pada bagian di antara bahu dan tulang panggul bagian belakang. Otot bagian ini jarang digunakan sehingga terasa lebih empuk.
Rebus daging sapi Has dalam dengan daun salam dan sereh sampai lembut. Suwir halus daging yang sudah matang dengan tangan atau pisau. Tumis bumbu halus yang berisi bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan sereh. Masukkan daging yang telah Anda suwir ke dalam tumisan bumbu halus tersebut. Tambahkan bubuk ketumbar, garam, dan gula merah sesuai selera.
Anda juga dapat menambahkan cabai atau rempah-rempah lainnya yang Anda sukai. Tambahkan santan dan masak hingga agak mengering. Terakhir, goreng daging tersebut hingga kering dan keringkan dari minyak. Taburkan bawang goreng sesuai selera Anda.
Selain daging sapi, Anda dapat menggunakan alternatif daging lainnya. Anda dapat membuat abon dari daging ayam atau ikan. Anda juga dapat membuat abon dari bahan lainnya, seperti nangka, keluwih atau timbul, bahkan jantung pisang. Sudah tidak sabar membuat abon sapi rumahan?

Baca juga rekomendasi makanan instan lainnya di sini

Anda yang sibuk mungkin membutuhkan persediaan makanan instan di rumah. Persediaan makanan instan akan sangat menolong ketika lapar meyerang. Selain abon, ada makanan instan lainnya yang beredar di pasaran. Jika Anda tertarik untuk membeli makanan instan, klik tautan di bawah ini. Jangan sampai ada yang terlewat!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini pasti air liur Anda sudah tidak tertahankan. Sebelum membeli abon sapi, perhatikan varian rasa, isi, bentuk kemasan, serta sertifikasi yang tertera pada kemasan. Dapatkan abon yang sesuai dengan selera Anda serta aman untuk dikonsumsi.
Apakah Anda sudah menentukan merek abon mana yang akan Anda beli? Semoga pilihan Anda sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Selamat menikmati abon sapi pilihan!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sereal Granola Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sereal Granola Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sereal granola dengan buah-buahan dan kacang-kacangan mengandung nilai gizi tinggi serta kaya akan serat. Oleh sebab itu, sereal ini tidak hanya cocok sebagai menu sarapan, tetapi juga pilihan ideal saat menjalankan program diet. Ada beragam olahan yang dapat dibuat dari sereal granola. Kami akan menjelaskan tips cara memilih sereal granola yang terbaik.Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi sereal granola terbaik dari beberapa brand, seperti East Bali Cashews, GoLite, dan Granolab. Di akhir artikel, kami juga akan membahas cara mengonsumsi sereal granola yang mungkin dapat Anda praktikkan di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.
    Makanan olahan kering
    38.492 Views
  • 10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Buah adalah sumber nutrisi bagi kesehatan dan kecantikan. Meskipun penting untuk dikonsumsi setiap hari, sebagian dari kita masih sering merasa malas memakannya. Saat malas melanda, bagaimana jika mengganti konsumsi buah segar dengan buah kering?Dengan khasiat yang tetap menyehatkan, buah kering bisa dijadikan alternatif camilan buah segar. Saat ini, telah banyak produsen organik menjual buah-buahan segar yang dikeringkan. Ada pisang, berry, kurma, anggur, dan berbagai buah kering lezat lainnya. Simak artikel dari kami untuk mengetahui cara memilih serta rekomendasi sepuluh buah kering terbaik!
    Makanan olahan kering
    9.883 Views
  • 10 Rekomendasi Kerupuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kerupuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa kerupuk pasti rasanya kurang lengkap. Teksturnya yang renyah dan garing sangat disukai karena makin menambah selera makan. Selain dijadikan teman makan nasi goreng atau mi ayam, kerupuk juga biasa dinikmati sebagai camilan saat santai.Berbagai jenis kerupuk yang enak banyak dijual di pasaran, seperti kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk kulit, kerupuk rambak, dan lain-lain. Di artikel ini, kami akan memberikan ulasan cara memilih kerupuk. Bagi Anda pencinta kerupuk, simaklah artikel ini sampai habis dan temukan kerupuk yang pas untuk teman makan dan juga bersantai Anda!
    Makanan olahan kering
    15.089 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten semakin populer di kalangan penggiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat khusus untuk penderita celiac atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, saat ini makanan tersebut juga banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga kesehatan atau untuk tujuan diet.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga semakin banyak ragamnya. Merek-merek yang dikenal memproduksi makanan bebas gluten di antaranya adalah Javara, Ladang Lima, dan Orgran. Simak tips cara memilih produk makanan bebas gluten dan rekomendasi produk di bawah ini agar Anda tidak salah pilih!
    Makanan olahan kering
    32.481 Views
  • 10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nori atau rumput laut merupakan bahan makanan khas Jepang yang sering digunakan untuk membuat onigiri dan sushi. Tak hanya di Jepang, nori juga sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena terkenal memiliki rasa yang lezat dan gurih. Terlebih lagi, nori memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan dapat dijadikan camilan diet.Karena tingginya permintaan, nori yang dijual pun semakin beragam, seperti nori panggang, berbumbu, hingga nori berlabel MUI. Jika pilihannya sebanyak ini, kita harus membeli yang mana, ya? Tak perlu bingung, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi nori terbaik yang dapat Anda beli secara online.
    Makanan olahan kering
    10.405 Views
  • 10 Rekomendasi Bawang Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bawang Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bawang goreng tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak dan gurih membuatnya digemari oleh hampir semua orang. Saking populernya, makanan yang satu ini sering ditemukan di berbagai jenis masakan seperti nasi goreng, soto ayam, dan lain-lain.Apakah Anda salah satu penggemar bawang goreng? Khusus untuk Anda, pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih bawang goreng yang lezat. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi bawang goreng dari produsen ternama seperti Mezzaluna dan Hj. Mbok Sri. Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Makanan olahan kering
    5.133 Views
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2020)
    Kurma adalah buah yang tumbuh di wilayah gurun, seperti Timur Tengah, Benua Afrika, dan beberapa wilayah di Amerika. Buah ini juga merupakan menu berbuka wajib bagi sebagian orang di Indonesia. Kurma biasa menjadi santapan berbuka bersama secangkir teh panas sebelum kita menjalankan salat Magrib.Menjelang Bulan Ramadan, banyak toko-toko maupun usaha perorangan yang mulai menjual kurma. Ada banyak pilihan yang mungkin membuat Anda bingung, seperti kurma Ajwa, Sukkari, atau Medjool. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjabarkan beberapa cara memilih kurma terbaik serta beberapa rekomendasi produk kurma kepada Anda.
    Makanan olahan kering
    2.004 Views
  • 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sereal merupakan makanan alternatif untuk sarapan yang cukup populer dan disukai anak-anak maupun orang dewasa. Nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup lengkap sehingga mampu memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satu jenis sereal yang banyak digemari adalah sereal gandum. Apakah Anda juga salah satu penggemarnya?Artikel kali ini secara khusus akan membahas tentang sereal gandum. Agar Anda bisa menemukan produk terbaik, kami akan membagikan tips cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk dari produsen ternama, seperti Nestle, Milo, dan Chia-yo. Jadi, baca sampai selesai, ya!
    Makanan olahan kering
    6.820 Views
  • 10 Rekomendasi Sereal Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sereal Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tak ada nasi, sereal jagung pun jadi! Untuk Anda yang mengaku sudah bosan dengan nasi, silakan mencoba sumber makanan alternatif yaitu sereal jagung. Selain terasa lebih light daripada nasi, Anda dapat mengonsumsinya bersama dengan air mineral, yogurt, susu, ataupun smoothie. Kalau mau, langsung dimakan pun bisa. Sereal jagung sering dijadikan opsi untuk anak-anak yang tidak suka sarapan karena cita rasanya bervariasi. Anda bisa memilih merek populer, seperti Nestle, Kellogg's, dan Polococoa sebagai pemanasan. Baru sesudahnya, Anda bisa mencoba sereal jagung rekomendasi lainnya yang ada di artikel ini. Selamat membaca!
    Makanan olahan kering
    1.042 Views
  • 10 Rekomendasi Oatmeal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oatmeal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang berupa tepung kasar dan terbuat dari oat. Oat sendiri adalah jenis biji-bijian yang mengandung serat tinggi serta kaya nutrisi. Oleh karena itu, banyak orang menjadikan oat sebagai salah satu sumber karbohidrat alternatif. Hal itu karena oat dianggap lebih sehat dan baik untuk kesehatan.Bila Anda berencana mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi dalam waktu dekat, kami akan membantu Anda memilihnya. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk oatmeal terbaik, seperti QUAKER, Haverjoy, dan Oatsy. Jadi, silakan simak artikel ini baik-baik!
    Makanan olahan kering
    315 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten semakin populer di kalangan penggiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat khusus untuk penderita celiac atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, saat ini makanan tersebut juga banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga kesehatan atau untuk tujuan diet.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga semakin banyak ragamnya. Merek-merek yang dikenal memproduksi makanan bebas gluten di antaranya adalah Javara, Ladang Lima, dan Orgran. Simak tips cara memilih produk makanan bebas gluten dan rekomendasi produk di bawah ini agar Anda tidak salah pilih!
    Makanan olahan kering
    32.481 Views
  • 10 Rekomendasi Sereal Granola Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sereal Granola Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sereal granola dengan buah-buahan dan kacang-kacangan mengandung nilai gizi tinggi serta kaya akan serat. Oleh sebab itu, sereal ini tidak hanya cocok sebagai menu sarapan, tetapi juga pilihan ideal saat menjalankan program diet. Ada beragam olahan yang dapat dibuat dari sereal granola. Kami akan menjelaskan tips cara memilih sereal granola yang terbaik.Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi sereal granola terbaik dari beberapa brand, seperti East Bali Cashews, GoLite, dan Granolab. Di akhir artikel, kami juga akan membahas cara mengonsumsi sereal granola yang mungkin dapat Anda praktikkan di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.
    Makanan olahan kering
    38.492 Views
  • 10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sereal Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sereal merupakan makanan alternatif untuk sarapan yang cukup populer dan disukai anak-anak maupun orang dewasa. Nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup lengkap sehingga mampu memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satu jenis sereal yang banyak digemari adalah sereal gandum. Apakah Anda juga salah satu penggemarnya?Artikel kali ini secara khusus akan membahas tentang sereal gandum. Agar Anda bisa menemukan produk terbaik, kami akan membagikan tips cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk dari produsen ternama, seperti Nestle, Milo, dan Chia-yo. Jadi, baca sampai selesai, ya!
    Makanan olahan kering
    6.820 Views
  • 10 Rekomendasi Kerupuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kerupuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa kerupuk pasti rasanya kurang lengkap. Teksturnya yang renyah dan garing sangat disukai karena makin menambah selera makan. Selain dijadikan teman makan nasi goreng atau mi ayam, kerupuk juga biasa dinikmati sebagai camilan saat santai.Berbagai jenis kerupuk yang enak banyak dijual di pasaran, seperti kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk kulit, kerupuk rambak, dan lain-lain. Di artikel ini, kami akan memberikan ulasan cara memilih kerupuk. Bagi Anda pencinta kerupuk, simaklah artikel ini sampai habis dan temukan kerupuk yang pas untuk teman makan dan juga bersantai Anda!
    Makanan olahan kering
    15.089 Views
  • 10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nori atau rumput laut merupakan bahan makanan khas Jepang yang sering digunakan untuk membuat onigiri dan sushi. Tak hanya di Jepang, nori juga sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena terkenal memiliki rasa yang lezat dan gurih. Terlebih lagi, nori memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan dapat dijadikan camilan diet.Karena tingginya permintaan, nori yang dijual pun semakin beragam, seperti nori panggang, berbumbu, hingga nori berlabel MUI. Jika pilihannya sebanyak ini, kita harus membeli yang mana, ya? Tak perlu bingung, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi nori terbaik yang dapat Anda beli secara online.
    Makanan olahan kering
    10.405 Views
  • 10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Buah adalah sumber nutrisi bagi kesehatan dan kecantikan. Meskipun penting untuk dikonsumsi setiap hari, sebagian dari kita masih sering merasa malas memakannya. Saat malas melanda, bagaimana jika mengganti konsumsi buah segar dengan buah kering?Dengan khasiat yang tetap menyehatkan, buah kering bisa dijadikan alternatif camilan buah segar. Saat ini, telah banyak produsen organik menjual buah-buahan segar yang dikeringkan. Ada pisang, berry, kurma, anggur, dan berbagai buah kering lezat lainnya. Simak artikel dari kami untuk mengetahui cara memilih serta rekomendasi sepuluh buah kering terbaik!
    Makanan olahan kering
    9.883 Views
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2020)
    Kurma adalah buah yang tumbuh di wilayah gurun, seperti Timur Tengah, Benua Afrika, dan beberapa wilayah di Amerika. Buah ini juga merupakan menu berbuka wajib bagi sebagian orang di Indonesia. Kurma biasa menjadi santapan berbuka bersama secangkir teh panas sebelum kita menjalankan salat Magrib.Menjelang Bulan Ramadan, banyak toko-toko maupun usaha perorangan yang mulai menjual kurma. Ada banyak pilihan yang mungkin membuat Anda bingung, seperti kurma Ajwa, Sukkari, atau Medjool. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjabarkan beberapa cara memilih kurma terbaik serta beberapa rekomendasi produk kurma kepada Anda.
    Makanan olahan kering
    2.004 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori