• 10 Rekomendasi Sepatu Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sepatu Formal Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)

Mengajak bayi ke pesta atau acara formal membuat Anda harus memperhatikan gaya yang tepat untuknya pula. Tidak hanya dari pakaian, tetapi juga sepatu. Apakah Anda masih kebingungan dalam memilih sepatu formal yang tepat untuk bayi?

Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu bayi adalah ukuran dan kenyamanan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta sepuluh rekomendasi sepatu formal bayi terbaik. Brand terkenal seperti Mothercare, Adidas, dan Bubble Gummers juga ada dalam rekomendasi produk. Yuk, simak artikelnya!
  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2020
  • 7.133 Views
Daftar isi

Cara memilih sepatu formal untuk bayi

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Hal yang paling penting adalah kenyamanan untuk kaki bayi. Oleh karena itu, jangan lupa perhatikan hal tersebut, ya!

Pilih ukuran yang sesuai dengan kaki bayi Anda

Ukuran adalah hal yang paling penting dalam memilih sepatu bayi. Apabila ukurannya tidak pas, bayi menjadi tidak nyaman dan kakinya bisa saja terluka. Jadi, pastikan Anda memilih sepatu yang berukuran pas dengan kakinya.

Pilih sepatu dengan panjang insole 0,5 cm lebih besar dari panjang kaki

Pilih sepatu dengan panjang insole 0,5 cm lebih besar dari panjang kaki
Biasanya, para orang tua cenderung memilih sepatu berukuran pas untuk buah hatinya. Namun, apakah Anda tahu bahwa pertumbuhan bayi sangatlah cepat? Sepatu yang tadinya pas akan menjadi kekecilan hanya dalam beberapa bulan saja. Padahal, sepatu yang terlalu kecil akan menghambat pertumbuhan kaki bayi dan berisiko melukainya.
Bahkan, ada beberapa orang yang menambahkan insole tambahan pada sepatu bayinya karena alasan tertentu. Karena kedua alasan tersebut, pilihlah sepatu dengan panjang insole 0,5 cm lebih besar dari panjang kaki si kecil. Berikut ini adalah perkiraan ukuran sepatu bayi berdasarkan usianya yang dapat membantu Anda dalam memilih.

  • 0–6 bulan (size baju 70/BB 9 kg) : 10–12 cm

  • 6 bulan–1,5 tahun (size baju 80/BB 11 kg) : 11–13 cm

  • 1,5–2 tahun (size baju 90/BB 13 kg) : 12–14 cm

  • 2–3 tahun (size baju 95/BB 14 kg) : 13–15 cm

Perhatikan perbedaan ukuran sepatu produksi Indonesia dengan impor

Perhatikan perbedaan ukuran sepatu produksi Indonesia dengan impor
Ada banyak brand sepatu bayi yang diproduksi di luar negeri dan diimpor ke Indonesia. Anda harus memperhatikannya lantaran perbedaan ukuran yang digunakan. Indonesia biasa menggunakan ukuran sepatu Amerika atau Eropa. Sementara itu, sepatu yang diproduksi di negara selain itu memiliki standar ukuran yang berbeda.
Contohnya, Jepang menggunakan ukuran sentimeter untuk mengukur kaki. UK menggunakan satuan ukuran yang lebih kecil seperti 3,4,5, dan seterusnya. Beberapa negara tentunya memberlakukan standar ukuran masing-masing. Oleh karenanya, Anda perlu memeriksa dan menyesuaikan ukuran sepatu dengan kaki bayi terlebih dahulu.

Pilih sepatu dengan bahan insole yang nyaman

Pilih sepatu dengan bahan insole yang nyaman
Dalam memilih sepatu formal, desain dan style biasanya adalah yang pertama kali Anda pikirkan. Namun, sebenarnya kenyamananlah yang harus diutamakan ketika memilih sepatu formal untuk bayi. Insole atau sol bagian dalam adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Meskipun bagian luar sepatu terbuat dari kulit berkualitas, pastikan insole-nya lembut untuk bayi.
Di pasaran, ada beberapa brand yang melakukan kolaborasi dengan dokter anak atau praktisi kesehatan untuk produksi sepatunya. Brand yang seperti itu dijamin memiliki produk yang aman untuk anak Anda. Berbeda dengan memilih sepatu untuk orang dewasa, bagian dalam sepatu untuk bayi harus lebih diutamakan!

Perhatikan pula keamanan outsole dan ujung sepatu

Kenyamanan memang hal utama, tetapi keamanan sepatu juga tidak kalah pentingnya. Periksa sol bagian bawah (outsole) dan ujung sepatunya, lalu pilih yang mudah dipakai saat berjalan.

Pilih rubber sole agar tidak licin ketika dipakai berjalan

Pilih rubber sole agar tidak licin ketika dipakai berjalan
Untuk digunakan berjalan di permukaan yang licin seperti lantai kayu yang lembut atau lantai marmer, rubber sole sangat direkomendasikan. Rubber sole memiliki sifat antiselip sehingga akan mengurangi risiko bayi Anda terjatuh. Selain itu, Anda juga dapat memilih sepatu yang bergerigi agar lebih aman untuk dipakai bayi.

Pastikan sol cukup fleksibel dengan arah ujung sepatu yang benar

Pastikan sol cukup fleksibel dengan arah ujung sepatu yang benar
Sepatu dengan sol yang fleksibel juga patut dipertimbangkan. Tidak hanya itu, pastikan ujung sepatu mengarah ke atas agar bayi tidak mudah terjatuh. Apalagi, sepatu formal cenderung digunakan di tempat dengan permukaan yang licin. Untuk menopang tubuh bayi yang sedang berjalan, sepatu yang fleksibel akan lebih aman.

Kemudahan ketika memasang dan melepas sepatu juga harus diperhatikan!

Kemudahan ketika memasang dan melepas sepatu juga harus diperhatikan!
Dalam memilih sepatu bayi, kemudahan dalam memasang dan melepas sepatu juga sangat penting. Hal ini tidak hanya berpengaruh pada effort orang tua dalam memakaikannya, tetapi juga pada si bayi. Bisa saja bayi Anda menjadi rewel karena proses memasang yang terlalu lama. Karena itu, sepatu dengan hook-and-loop fastener lebih direkomendasikan daripada sepatu bertali. Lalu, jika ingin memilih sepatu yang terbuat dari kulit, pastikan Anda memilih yang lembut.

Pilih sepatu dengan sirkulasi udara yang baik karena bayi mudah berkeringat

Pilih sepatu dengan sirkulasi udara yang baik karena bayi mudah berkeringat
Umumnya, acara formal memerlukan waktu yang lebih lama daripada acara biasa. Karena mudah berkeringat, tanpa disadari kaki bayi akan menjadi basah. Untuk mencegah bakteri tumbuh karena udara pengap di dalam sepatu, pilihlah sepatu dengan sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika sepatu tersebut memiliki lubang ruang udara. Anda juga bisa memilih sepatu yang memiliki insole berbahan handuk untuk menyerap keringat.

10 Rekomendasi sepatu formal bayi terbaik

Nah, pada bagian ini kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi sepatu formal terbaik untuk bayi Anda. Jangan lupa untuk tidak hanya fokus pada desain, tetapi juga bahan yang berkualitas. Semoga panduan cara memilih di atas cukup membantu Anda.
10
Ukuran0-6 bulan (panjang insole : 12 cm) 6-12 bulan (panjang insole : 13 cm) 12-18 bulan (panjang insole : 14 cm)
Antiselip
Sirkulasi udara×
FleksibelTidak tercantum
Mudah dipakai
9
Ukuran1–2 tahun (ukuran outsole : panjang 14 cm, lebar 7,5 cm)
Antiselip✓ (rubber sole)
Sirkulasi udaraMenggunakan bahan yang breathable
Fleksibel
Mudah dipakai
8
UkuranSize 21 : panjang insole 13 cm (0–12 bulan) Size 22 : panjang insole 13,5 cm (1–1,5 tahun) Size 23 : panjang insole 14 cm (2–2,5 tahun)
AntiselipTidak tercantum
Sirkulasi udaraTidak tercantum
Fleksibel
Mudah dipakai
7
UkuranSize 22 : panjang insole 14 cm (1,5–2 tahun) Size 23 : panjang insole 14,6 cm (2 tahun) Size 24 : panjang insole 15,2 cm (2,5 tahun) Size 25 : panjang insole 15,8 cm (3 tahun) Size 26 : panjang insole 16,4 cm (4 tahun)
Antiselip✓ (rubber sole)
Sirkulasi udara×
Fleksibel×
Mudah dipakai×
6
Ukuran6-9 bulan
Antiselip
Sirkulasi udaraBagian luar terbuat dari bahan soft cotton
FleksibelTidak tercantum
Mudah dipakai
5

ClarksCrown Jump Kid

Rp 699.000,00

UkuranUK size chart Size 7 : panjang insole 14,2 cm Size 8 : panjang insole 15,1 cm Size 9 : panjang insole 15,9 cm
AntiselipTidak tercantum
Sirkulasi udaraAda lubang-lubang kecil berbentuk bulat dan segitiga
FleksibelTidak tercantum
Mudah dipakai
4
UkuranSize 18 : panjang insole 10,5 cm | size 19 : panjang insole 11.4 cm | size 20 : panjang insole 11,7 cm | size 21 : panjang insole 12,7 cm | size 22 : panjang insole 13,3 cm | size 23 : panjang insole 14,3 cm | size 24 : panjang insole 14,6 cm | size 25 : panjang insole 15,2 cm | size 26 : panjang insole 15,9 cm | size 27 : panjang insole 16,5 cm | size 28 : panjang insole 17,1 cm | size 29 : panjang insole 17,8 cm | size 30 : panjang insole 18,1 cm | size 31 : panjang insole 19,1 cm | size 32 : panjang insole 19,7 cm | size 33 : panjang insole 20,3 cm | size 34 : panjang insole 21 cm | size 35 : panjang insole 21,9 cm
AntiselipTidak tercantum
Sirkulasi udaraTidak tercantum
Fleksibel×
Mudah dipakai×
3
UkuranSize 1 (0–2 tahun) | size 11–13 (2–4 tahun)
AntiselipTidak tercantum
Sirkulasi udara×
FleksibelTidak tercantum
Mudah dipakai
2

AdidasGazelle 360 Shoes

Rp 375.000,00

UkuranSize 19, 20, 21, 26.5
Antiselip
Sirkulasi udaraTerbuat dari bahan mesh
Fleksibel
Mudah dipakai
1
UkuranSize 3 : panjang insole 11 cm (3–6 bulan) Size 4 : panjang insole 11,5 cm (6–9 bulan) Size 5 : panjang insole 12 cm (9 bulan–1 tahun)
AntiselipTidak tercantum
Sirkulasi udaraTidak tercantum
FleksibelTidak tercantum
Mudah dipakai

Tips untuk mengukur kaki bayi

Agar dapat memilih sepatu yang pas untuk si kecil, Anda perlu mengetahui ukuran kaki bayi Anda. Namun, mengukur kaki bayi dapat menjadi sangat sulit lantaran pergerakan aktifnya. Kami telah menyiapkan beberapa tips yang kiranya dapat membantu Anda. Yuk, langsung simak!

Siapkan alat atau kertas untuk mengukur kaki

Siapkan alat atau kertas untuk mengukur kaki
Apabila Anda ingin mengukur kaki bayi secara akurat, siapkanlah alat khusus atau kertas pengukur kaki. Alat pengukur kaki bayi dapat dibeli dengan mudah secara online di Indonesia. Anda juga dapat mencari aplikasi pengukur yang dapat diunduh secara gratis dari internet.
Mengukur kaki secara manual menggunakan penggaris atau tangan akan menghasilkan hasil yang tidak pasti. Karena itu, jika Anda ingin hasil dalam bentuk angka yang akurat, gunakanlah alat pengukur khusus.

Ukurlah kaki saat bayi sedang berdiri

Ukurlah kaki saat bayi sedang berdiri
Sangatlah penting untuk mengukur kaki bayi Anda disaat ia sedang dalam posisi berdiri. Bagaimanapun, sepatu akan dipakai ketika berjalan sehingga posisi berdiri akan memberi ukuran yang lebih akurat. Anda dapat membantu si kecil berdiri dan menopangnya sambil mengukur kakinya.。

Baca juga rekomendasi produk untuk bayi lainnya di sini!

Selain sepatu, tentunya banyak produk lain yang Anda inginkan untuk menunjang penampilan si kecil. Produk-produk tersebut tidak hanya memiliki desain bagus, tetapi juga nyaman dan aman dipakai bayi. Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan sepuluh rekomendasi sepatu formal terbaik untuk bayi. Apakah ada produk yang paling Anda sukai? Harga dan desain sepatunya pun bervariasi, tetapi semuanya memiliki khas dan kualitas terbaiknya masing-masing.
Sepatu formal untuk bayi tidak kalah pentingnya dengan sepatu sehari-hari. Pilihlah yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Semoga artikel di atas dapat mempermudah Anda ketika memilih sepatu formal untuk si kecil, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk dipakai saat bersantai, sandal memang pilihan yang paling pas dan nyaman. Bukan hanya orang tua saja yang membutuhkan sandal, tetapi juga anak-anak. Namun, memilih sandal untuk anak tidak boleh sembarangan. Pemilihan sandal yang salah dapat menghambat pertumbuhan kaki si kecil, lho!Jika Anda sedang mencari sandal yang mudah digunakan, nyaman, dan tentunya aman dipakai anak, bacalah artikel ini. Anda bisa menemukan tips memilih sandal anak yang tepat beserta rekomendasi merek terbaik. Ada sandal Crocs, Nike, dan masih banyak merek lain yang dapat dijadikan alternatif. Baca hingga akhir, ya! 
    Sepatu anak
    1.622 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat anak kembali bersekolah, Anda tentu harus menyiapkan berbagai keperluan mendasar, seperti alat tulis, buku pelajaran, seragam, dan sepatu. Sepatu merupakan salah satu item penting untuk diperhatikan supaya anak dapat beraktivitas dengan nyaman di sekolah. Untuk membantu Anda mencari sepatu sekolah yang tepat, kami akan menjelaskan beberapa hal penting dalam memilih sepatu sekolah. Karena kebanyakan aturan sekolah mengharuskan sepatu berwarna hitam, kami juga akan memberi rekomendasi produk yang sesuai. Anda bisa mempertimbangkan beberapa merek, seperti Converse, Vans, atau Homyped. Langsung baca artikel di bawah ini, yuk!
    Sepatu anak
    580 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sneakers Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Sneakers Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Semua orang tua tentunya ingin memilih sepatu yang nyaman dipakai oleh bayi atau anak balita, terutama untuk anak yang baru belajar berjalan. Produsen sepatu ternama Nike, New Balance, dan Converse pun menjual sneakers bayi bergaya modis. Selain itu, terdapat juga sepatu lokal asli Indonesia yang berharga terjangkau.Jika Anda masih bingung dalam memilih, kami akan mengulas beberapa produk sneakers bayi yang paling banyak direkomendasikan. Anda bisa memilih mulai dari sepatu yang nyaman di kaki hingga sepatu yang mudah dipasang dan dilepas sendiri oleh anak. Mari disimak!
    Sepatu anak
    1.851 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Boot Hujan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Boot Hujan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu boot hujan biasa digunakan oleh anak-anak mulai dari usia TK sampai sekolah dasar untuk melindungi kakinya dari air. Berbagai tipe boots dengan desain modis serta menggemaskan pun sudah banyak tersedia di pasaran.Dengan banyaknya tipe tersebut, Anda mungkin akan bingung memilih boots yang sesuai untuk anak Anda. Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih boots hujan untuk anak. Tak lupa, ada sepuluh rekomendasi produk terbaik yang sudah kami siapkan. Yuk, kita mulai!
    Sepatu anak
    2.529 Views
  • 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu item yang dapat menunjang penampilan anak laki-laki agar tampil lebih modis dan menggemaskan adalah sandal. Bahkan, sandal juga berfungsi untuk menemani fase latihan berjalan. Ada tiga jenis sandal anak laki-laki yang cukup populer di pasaran saat ini, yaitu flip-flop, slip-on, dan sepatu sandal.Agar Anda tidak salah pilih, di artikel ini kami akan memberikan tips memilih sandal untuk anak laki-laki serta rekomendasi produk terbaiknya. Produk dari berbagai merek ternama, seperti Crocs, Bubblegummers, dan Tamagoo pun bisa dijadikan pilihan. Baca hingga tuntas, ya!
    Sepatu anak
    190 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Boot Hujan Terbaik untuk Balita (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Boot Hujan Terbaik untuk Balita (Terbaru Tahun 2020)
    Rain boots akan melindungi kaki anak-anak saat bermain di luar rumah di hari hujan. Mulai dari desain yang unik, lucu, cute, hingga berwarna-warni, semua tersedia di pasaran. Namun, dari banyaknya variasi produk, rain boots manakah yang paling pas untuk si kecil?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepatu boot hujan terbaik untuk balita. Silakan simak terus artikel kami dan temukanlah produk yang paling pas baginya!
    Sepatu anak
    796 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori