mybest
Masker

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenerelogist]
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenerelogist] 1
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenerelogist] 2
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenerelogist] 3
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenerelogist] 4
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenerelogist] 5

10 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenerelogist]

Penggunaan skincare tidak hanya terbatas untuk kaum wanita. Dengan aktivitas yang lebih padat dan paparan polutan, kulit pria sebenarnya juga membutuhkan skincare. Salah satu pilihan skincare untuk perawatan adalah masker. Lalu, bagaimana memilih masker wajah pria yang bagus?

Kami bersama dr. Dinda Saraswati, telah menyusun cara memilih masker wajah terbaik untuk pria. Di sini, kami akan memberitahu Anda cara melihat kandungan masker yang aman untuk kulit berminyak, kering, sensitif, bahkan berjerawat. Berbagai merek masker wajah, seperti Azarine, The Originote, atau Innisfree ada di daftar rekomendasi kami. Simak terus ulasannya sampai habis!

Diperbaharui 29/11/2023
dr. Dinda Saraswati
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

dr. Dinda Saraswati M, Sp.DVE menyelesaikan pendidikan dokter spesialis dermatovenereologi estetik di Universitas Gadjah Mada tahun 2019. dr. Dinda merupakan owner dan founder dari Mydervia Dermatologi Clinic Yogyakarta yang merupakan klinik kulit dan kelamin serta estetika yang terpadu. Saat ini, dr. Dinda juga berpraktek di RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta.

Profil dr. Dinda Saraswati
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa manfaat masker wajah untuk pria?

Apa manfaat masker wajah untuk pria?

Sebagai tambahan dalam basic skincare, masker wajah memberikan banyak manfaat untuk kulit pria, seperti:


  • berfungsi sebagai oil control,
  • mengatasi jerawat,
  • mencerahkan warna kulit, dan
  • melembapkan kulit.

Kulit wajah pria pada dasarnya lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak lebih banyak daripada wanita. Jadi, kulit pria kerap kali mengalami kulit berminyak, berjerawat, dan kusam. Namun, pemilihan masker untuk kulit pria sama saja dengan masker yang biasa digunakan oleh wanita. 


Oleh karena itu, meski suatu produk masker wajah tak memiliki label "for men", Anda sebenarnya tetap bisa menggunakannya. Poin paling penting dalam memilih masker untuk pria adalah menyesuaikannya dengan jenis dan permasalahan kulit.

dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

Penggunaan masker hanya berupa tambahan saja di luar skincare basic. Skincare basic sendiri meliputi face wash, moisturizer, dan sunscreen. Jadi, penggunaan masker memang tidak terlalu menjadi prioritas.


Oleh karena kulit pria tergolong lebih tebal dan kuat dari wanita, pria sebetulnya bisa menggunakan masker setiap hari. Meski begitu, Anda juga harus menyesuaikan bahan masker dengan bahan aktif dalam skincare harian Anda. Idealnya, masker dipakai 1-2 kali saja per minggu.

Cara memilih Masker Wajah untuk Pria

Kulit pria memang memiliki karakteristik tersendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan cara memilih masker pria yang tepat. Simak poin berikut ini untuk menemukan masker sesuai kebutuhan kulit Anda!

1

Kulit pria umumnya cenderung berminyak, utamakan untuk memilih masker jenis clay mask

Kulit pria umumnya cenderung berminyak, utamakan untuk memilih masker jenis clay mask
Kebanyakan pria memiliki tipe kulit yang berminyak. Pria dengan tipe kulit seperti ini bisa memprioritaskan masker yang efektif menyerap minyak berlebih seperti clay mask atau masker bubuk. Clay mask merupakan masker berbahan dasar kaolin atau bentonite yang dapat menyerap minyak berlebih dari kulit. Nah, clay mask hadir dalam bentuk wash off mask dan peel off mask. Berikut ini karakteristik keduanya.

  • Wash off mask / rinse off mask
Wash off mask adalah masker yang dioleskan ke wajah. Anda perlu menunggu beberapa saat sebelum membilasnya. Masker seperti ini biasanya diformulasikan dengan tambahan scrub yang efektif mengangkat kotoran pada pori-pori kulit.

  • Peel off mask: Hindari apabila kulit Anda cenderung sensitif
Peel off mask merupakan masker yang penggunaannya perlu dikelupas. Proses pengelupasan masker akan membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada kulit Anda. Meski begitu, masker peel off tidak disarankan diaplikasikan ke kulit sensitif karena bisa meningkatkan risiko iritasi.

Selain clay mask, masker bubuk dengan bahan utama tepung beras juga bisa menjadi opsi pemilihan untuk kulit berminyak. Tepung beras efektif menyerap minyak berlebih sehingga akan membuat kulit wajah terasa kesat setelah pemakaian. Harap diingat bahwa pemilik kulit berminyak sangat tidak disarankan menggunakan sleeping mask. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Sleeping mask mengandung lebih banyak pelembap dan sifatnya oklusif atau menutupi pori-pori. Kulit berminyak yang produksi minyaknya sudah menutupi pori-pori akan makin bermasalah jika menggunakan sleeping mask.

  • Lama penggunaan sleeping mask cukup lama yaitu semalaman. Penggunaan sleeping mask yang menutupi pori-pori kulit berminyak dalam waktu lama berpotensi menimbulkan jerawat dan iritasi pada kulit.
dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

Tahapan paling penting dalam perawatan kulit harian pria, terutama kulit yang berminyak, adalah penggunaan face wash. Face wash mengandung surfaktan yang efektif melarutkan minyak berlebih, mengangkat sel-sel kulit mati, dan kotoran.

2

Jika kulit berminyak disertai jerawat dan komedo, prioritaskan masker dengan kombinasi bahan anti-acne, seperti tea tree oil, Centella asiatica, dan salicylic acid

Jika kulit berminyak disertai jerawat dan komedo, prioritaskan masker dengan kombinasi bahan anti-acne, seperti tea tree oil, Centella asiatica, dan salicylic acid

Kotoran mudah menempel dan menumpuk pada kulit berminyak. Penumpukan kotoran tersebut menyumbat pori-pori dan membuat bakteri penyebab jerawat sekaligus komedo tumbuh subur. Sebagai informasi, komedo sebetulnya adalah jerawat atau acne, tetapi tidak meradang.

Untuk kulit berminyak yang berkomedo dan memiliki jerawat meradang, pilihlah kandungan anti-acne. Anti-acne merupakan bahan yang dapat mengatasi penyebab jerawat dan komedo. Bahan anti-acne meliputi bahan oil control, antibakteri, anti-inflamasi, dan eksfoliasi. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Oil control: Kandungan yang efektif mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit berminyak. Contoh oil control adalah BHA (salicylic acid), niacinamide, dan tea tree oil

  • Antibakteri: Merupakan bahan yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Antibakteri yang banyak digunakan dalam produk acne care adalah tea tree oil.

  • Anti-inflamasi: Dikenal juga sebagai soothing agent, merupakan bahan yang membantu meredakan iritasi atau peradangan jerawat. Centella asiatica, mugwort (Artemisia vulgaris), Aloe vera, allantoin, dan green tea banyak digunakan sebagai soothing agent.

  • Eksfoliasi kimia: Meliputi alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA). Eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati dalam kulit.

Untuk mengatasi jerawat, Anda perlu mencari sheet mask dengan kombinasi bahan-bahan tersebut. Kami akan memberikan beberapa contoh kombinasi bahan di dalam masker yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat:

Centella asiatica extract + Houttuynia cordata extract + Melaleuca alternifolia (tea tree) extract + Allantoin

Houttuynia cordata (heartleaf) extract Niacinamide + Artemisia vulgaris (mugwort) extract + Salicylic acid + Camellia sinensis powder + Allantoin
dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

Anda tetap perlu memeriksa kandungan skincare yang biasa Anda gunakan selain masker. Jika Anda sudah menggunakan rangkaian skincare dengan soothing agent, Anda bisa memilih masker anti-acne.


Sebaliknya, jika Anda rutin memakai skincare anti-acne, penggunaan clay mask malah bisa mengiritasi kulit. Hal tersebut karena rata-rata perawatan kulit berjerawat cenderung membuat kulit makin kering. Jika Anda rutin menggunakan skincare anti-acne, sebaiknya Anda memilih masker dengan kandungan soothing agent yang juga efektif melembapkan kulit.

Jika kulit berjerawat Anda cenderung sensitif, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu

Jika kulit berjerawat Anda cenderung sensitif, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu
Sebagian pria mungkin memiliki kulit berminyak yang cenderung sensitif sehingga mudah sekali berjerawat. Salah satu ciri kulit sensitif adalah kulit yang terasa "cekit-cekit" atau tingling sensation saat menggunakan skincare. Jika Anda memiliki tipe kulit seperti itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan masker wajah.

Alih-alih menyelesaikan masalah jerawat, salah memilih masker malah akan menambah masalah kulit Anda. Kulit berminyak yang sensitif hingga mudah berjerawat membutuhkan bahan khusus. Anda tidak bisa memilih bahan anti-acne yang strong, seperti tea tree oil dan salicylic acid.

Setelah berkonsutasi dengan dokter dan melakukan serangkaian perawatan untuk kulit sensitif berjerawat, Anda mungkin disarankan menggunakan soothing mask. Soothing mask bermanfaat untuk meredam efek iritasi saat Anda melakukan treatment di dokter kulit atau menggunakan krim dokter.
dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

Acne prone skin yang cenderung sensitif berbeda dengan acne prone skin biasa. Ada beberapa cara yang dilakukan dokter kulit untuk menentukan apakah kulit Anda adalah acne prone skin yang sensitif atau bukan.


  • Dilihat dari tingkat keparahan jerawat, jerawat sedang sampai berat berupa pustule atau nodule. Bisa jadi pasien tersebut memiliki permasalahan kulit sensitif. Namun, melihat dengan mata saja belum 100% pasti acne prone skin tersebut adalah tipe kulit sensitif.
  • Acne prone skin yang cenderung sensitif akan mudah mengalami tingling sensation. Sensasi "cekit-cekit" tersebut biasa terjadi saat diberikan treatment atau krim dari dokter kulit.
  • Kulit yang sensitif juga rentan mengalami sensasi terbakar dan kemerahan saat terpapar sinar matahari.

Jadi, menentukan apakah acne prone skin tersebut sensitif atau tidak, perlu dilakukan oleh dokter.
3

Untuk pria yang memiliki kulit berminyak dan kusam, cari masker dengan kandungan pencerah, seperti vitamin C, arbutin, dan licorice extract

Untuk pria yang memiliki kulit berminyak dan kusam, cari masker dengan kandungan pencerah, seperti vitamin C, arbutin, dan licorice extract
Untuk mengatasi kulit berminyak yang tampak kusam, Anda bisa mengutamakan masker dengan kandungan brightening. Kandungan brightening bekerja dengan cara mengatur produksi melanin pada kulit. Brightening agent yang umum terdapat dalam sheet mask adalah vitamin C, arbutin, dan licorice extract. Selain itu, Anda bisa mengombinasikan kandungan pencerah dengan kandungan oil control dan eksfoliasi.

Untuk memeriksa ada tidaknya kombinasi tersebut, Anda bisa melihatnya di belakang kemasan produk. Contoh kandungan oil control dan eksfoliasi adalah:


  • salicylic acid dan niacinamide
  • salicylic acid, glycolic acid, dan vitamin C. 

Biasanya, produk dengan komposisi seperti ini memiliki klaim "acne-care" atau "brightening" pada kemasannya.


Jika Anda sudah rutin menggunakan skincare yang mengandung bahan pencerah, sebaiknya gunakan masker brightening 1-2 kali saja per minggu. Menggunakan terlalu banyak bahan pencerah, terutama kandungan vitamin C, bisa berpotensi membuat kulit Anda teriritasi. Hal ini berlaku juga jika Anda menggunakan skincare untuk eksfoliasi. Jika Anda sudah menggunakan skincare eksfoliasi untuk mencerahkan, gunakanlah masker dengan soothing agent untuk meredam efek eksfoliasi tersebut
dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

Anda bisa menggunakan masker untuk mencerahkan kulit setiap hari jika skincare routine Anda tidak mengandung bahan pencerah. Namun, menggunakan masker setiap hari, terutama sheet mask, pasti akan memerlukan banyak bujet.

Jika Anda ingin mendapatkan efek mencerahkan optimal, utamakan jenis sheet mask

Jika Anda ingin mendapatkan efek mencerahkan optimal, utamakan jenis sheet mask
Sheet mask bisa menjadi pilihan jenis masker terbaik untuk membantu mencerahkan kulit. Sheet mask merupakan masker berbentuk lembaran yang kaya akan essence. Cara penggunaannya yang diletakkan di wajah dan didiamkan selama 10-20 menit akan menjaga kandungan bahan aktif agar tidak menguap.

Penggunaan sheet mask juga bisa meningkatkan suhu kulit sehingga pembuluh darah lebih melebar. Dengan demikian, kulit akan lebih siap menerima dan menyerap bahan aktif dalam sheet mask, misalnya bahan-bahan pencerah.

Namun, pria dengan kulit berminyak perlu memperhatikan kandungan pelembap dalam sheet mask. Hal ini penting agar tidak membuat kulit makin berminyak dan berpotensi menyebabkan jerawat. Pilihlah sheet mask dengan pelembap yang ringan, seperti glycerin, hyaluronic acidi, butylene glycol, atau ceramide. Sebaliknya, hindari sheet mask dengan pelembap yang oklusif (menutupi pori), seperti squalane, petrolatum, dan kandungan minyak.

4

Jika pori-pori besar menjadi masalah Anda, fokuskan pada kandungan eksfoliasi untuk membersihkan pori-pori, seperti AHA, BHA, dan PHA

Jika pori-pori besar menjadi masalah Anda, fokuskan pada kandungan eksfoliasi untuk membersihkan pori-pori, seperti AHA, BHA, dan PHA
Permasalahan yang kerap kali dialami oleh pria dengan kulit berminyak adalah tampilan pori yang besar. Tampilan pori tersebut bisa disebabkan oleh tumpukan minyak dan kotoran pada pori-pori. Untuk mengatasinya, fokuskan pada kandungan eksfoliasi yang terkandung di dalam masker, seperti AHA, BHA, dan PHA.

  • AHA (alpha hydroxy acid)
AHA bekerja di lapisan kulit teratas untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Contoh AHA adalah glycolic acid, lactic acid, dan citric acid

  • BHA (beta hydroxy acid)
BHA efektif mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan memberikan oil control. BHA atau salicylic acid adalah asam yang larut lemak sehingga efektif masuk ke dalam lapisan kulit terdalam. 

  • PHA (polyhydroxy acid): Pilih jika kulit Anda sensitif
PHA adalah turunan dari AHA, tetapi ukuran molekulnya lebih besar sehingga pas untuk kulit berminyak yang sensitif. Dengan ukuran molekul yang besar, PHA tidak langsung masuk ke dalam kulit. Dengan begitu, efek iritasinya rendah dan sifatnya lebih gentle, tetapi tetap memberikan eksfoliasi. Gluconolactone, galactose, dan lactobionic acids adalah PHA yang digunakan dalam skincare.

Nah, Anda bisa memilih masker dengan kombinasi bahan eksfoliasi di atas. Berikut ini adalah contoh komposisi masker yang bisa Anda pertimbangkan untuk kulit berminyak dengan pori-pori besar:


Salicylic acid + Glycolic acid + Citric acid

Citric acid (1 ppm) + Salicylic acid (1 ppm) + Lactobionic acid (1 ppm)

Jika Anda masih kesulitan menemukan ingredients list sebuah masker, carilah masker dengan label "pore refining" atau "pore clarifying". Masker-masker seperti ini biasanya mengandung bahan oil control sekaligus bahan eksfoliasi untuk pori-pori.
dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati

Mengatasi pori-pori besar memang tidak bisa cepat. Pori-pori besar berkaitan dengan tekstur kulit sehingga Anda perlu sabar dalam melakukan treatment. Treatment tersebut tentunya harus dilakukan oleh dokter kulit dan ditambah dengan penggunaan skincare routine yang tepat.

5

Bagaimana jika Anda masuk kategori pria dengan kulit kering? Pilih sheet mask atau sleeping mask yang melembapkan kulit

Beberapa pria mengalami masalah kulit kering yang dapat menjadi hambatan dalam mencapai kulit yang sehat dan terawat. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda perlu memilih masker wajah yang tepat. Salah satu solusi yang efektif adalah menggunakan sheet mask atau sleeping mask yang diformulasikan khusus untuk melembapkan kulit. Simak uraian lengkapnya berikut ini.

Utamakan untuk memilih sheet mask atau sleeping mask untuk pria dengan kulit kering

Utamakan untuk memilih sheet mask atau sleeping mask untuk pria dengan kulit kering
Meski umumnya kulit pria cenderung berminyak, tetap saja ada pria dengan tipe kulit yang kering. Untuk pria dengan tipe kulit kering, pilihlah sheet mask atau sleeping mask.

  • Sheet mask: Bisa digunakan kapan saja dan lebih praktis 
Sheet mask memiliki essence melimpah dan kaya akan pelembap yang dapat menghidrasi kulit kering dan sensitif. Dalam beberapa menit penggunaan, sheet mask sanggup memberikan kelembapan ekstra untuk kulit kering Anda. Namun, penggunaan sheet mask tidak boleh dilakukan semalaman karena berpotensi menimbulkan folikulitis atau radang folikel yang menimbulkan jerawat.

  • Sleeping mask: Hanya untuk perawatan malam hari dengan waktu penggunaan lebih panjang
Sleeping mask digunakan dalam durasi lebih panjang dibandingkan sheet mask yaitu semalaman. Durasi penggunaan tersebut membuat pelembap dapat menyerap sempurna ke dalam kulit. Namun, jika kulit kering Anda mudah berjerawat, hindari penggunaan sleeping mask karena berpotensi mencetuskan jerawat.

Selain itu, Anda sebaiknya tidak menggunakan masker berbahan clay bila jenis kulit Anda kering. Clay mask diformulasikan dengan bahan utama yang menyerap minyak. Jika dipakai oleh pemilik kulit kering, jenis masker ini berisiko membuat kulit makin kering karena minyak alami kulit terangkat. Alhasil, kulit kering pun akan mengalami iritasi karena hilangnya kelembapan.

Cek adanya kombinasi beberapa kandungan pelembap yang lebih efektif melembapkan kulit kering

Cek adanya kombinasi beberapa kandungan pelembap yang lebih efektif melembapkan kulit kering
Selain jenis masker, cek juga kandungan pelembapnya. Untuk kulit kering, prioritaskan masker yang mengandung tiga pelembap sekaligus, yaitu oklusif, humektan, dan emolien. Dengan ketiga jenis pelembap ini dalam satu masker, kulit akan mendapatkan kelembapan yang lebih maksimal.

  • Humektan: Bekerja dengan cara menarik air dari atmosfer atau lapisan kulit terdalam/dermis. Contoh humektan adalah AHA dalam konsentrasi rendah, glycerin, heparan sulfate, hyaluronic acid, propylene glycol, sugar sorbitol, urea.

  • Emolien: Akan mengisi celah di antara sel untuk memperbaiki skin barrier dan melembutkan kulit. Ceramide, kolesterol, dan fatty acid adalah beberapa contoh emolien.

  • Oklusif: Pelembap ini membuat lapisan/film pada permukaan kulit untuk mencegah penguapan air. Contoh pelembap oklusif adalah kandungan oil, petrolatum, silicone, squalane, propylene glycol.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kulit kering atau sangat kering, pilih masker dengan kombinasi tiga kandungan pelembap ini. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah penguapan air. Selain melihat klaim, periksalah komposisi bahan di belakang kemasan masker untuk memastikan adanya ketiga jenis pelembap tersebut. 


Glycerin + Hydroxyethyl urea + Butylene glycol + Ceramide NP + Sodium hyaluronate + Sodium hyaluronate crosspolymer + Hydrolyzed hyaluronic acid + Squalane
6

Untuk kulit pria yang sensitif, prioritaskan masker dengan label hypoallergenic; Hindari juga masker yang mengandung iritan

Untuk kulit pria yang sensitif, prioritaskan masker dengan label hypoallergenic; Hindari juga masker yang mengandung iritan
Terakhir, untuk pria yang memiliki tipe kulit sensitif, prioritaskan masker berlabel hypoallergenic atau "diformulasikan untuk kulit sensitif". Masker seperti ini minim bahan iritan meski masker dengan label tersebut cukup sulit ditemukan. Tidak masalah, Anda hanya perlu memperhatikan ingredients list secara jeli.

Kandungan iritan bisa berupa benzyl alcohol, cetyl alcohol, alcohol denate, fragrance, ataupun parfum. Kandungan essential oil dan peppermint pun sebaiknya dihindari pemilik kulit sensitif. Masker dengan kandungan alkohol sebetulnya belum tentu berbahaya untuk kulit sensitif. Fatty alcohol, seperti butylene glycol atau propylene glycol, merupakan jenis alkohol yang aman digunakan dan berperan sebagai pelembap untuk kulit.

Selain minim bahan iritan, temukan masker dengan pH yang mendekati pH kulit yaitu sekitar 5,5. Masker ataupun skincare dengan pH yang mendekati pH kulit memiliki risiko iritasi yang rendah. Sebagai catatan, masker yang hypoallergenic atau bebas bahan iritan, serta memiliki pH 5,5 belum tentu 100% aman untuk kulit sensitif. Uji coba tetap perlu Anda lakukan untuk mencari masker terbaik untuk kulit sensitif Anda.

dr. Dinda Saraswati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dinda Saraswati
Banyak anggapan bahwa pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari produk dengan kandungan paraben dan alkohol. Sebetulnya, paraben dan alkohol banyak digunakan dalam formula skincare. Peran alkohol adalah sebagai pelarut, sedangkan paraben menjaga produk skincare dari bakteri sehingga masa simpannya lebih lama.

Alkohol pun punya banyak jenis. Alkohol yang digunakan dalam produk skincare dan sudah BPOM pasti merupakan alkohol yang skin-grade atau aman untuk kulit. Produk yang sudah lolos BPOM pun rata-rata mengandung paraben. Tentunya jumlah dan jenis paraben di dalam skincare sudah diatur konsentrasinya agar tidak berbahaya untuk kulit. Produk skincare dengan organic compound tanpa paraben pasti akan lebih cepat berjamur.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Masker Wajah untuk Pria Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Masker Wajah untuk Pria terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 29 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Isi
Rekomendasi jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
Tipe
Kandungan lain
Kemasan
Area pemakaian
Kandungan anti-acne
Kandungan brightening
Kandungan anti-aging
Durasi pemakaian
All-day/night
Nomor BPOM
1

Himalaya

Purifying Neem Face Mask

Himalaya Purifying Neem Face Mask 1

Rp9.100

Lebih Murah

Mengurangi sekresi minyak, kulit pun tampak lebih segar

Neem, kunyit

Propylene glycol

50 ml, 100 ml, 150 ml

Kulit berminyak dan berjerawat

Clay mask

Tidak ada

Tube

Seluruh bagian wajah

Bentonite, neem extract

Kunyit

Tidak ada

10-15 menit

Tidak diketahui

NA17180200631

2

Azarine®

Purifying Deep Cleansing Mask

Azarine® Purifying Deep Cleansing Mask 1

Rp65.000

Agak Murah

Ampuh hilangkan kotoran di kulit, wajah terlihat lebih bersih sepanjang hari

12 Veggie GreenTox, encapsulated charcoal, kaolin, ceramide 3

Glycerin, Aloe barbadensis leaf juice extract, Brassica campestris sprout extract

60 g

Semua jenis kulit

Clay mask

Chlorphenesin, henoxyethanol, aqua, stearic acid, dan lainnya

Jar

Wajah

Centella asiatica extract

Curcuma longa (turmeric) root extract

Ceramide

10-15 menit

Tidak diketahui

NA18200200925

3

The Originote

BHA Charcoal Clay Mask

The Originote BHA Charcoal Clay Mask 1

Rp65.000

Agak Murah

Kulit jadi lebih kencang dan bebas minyak berkat kombinasi BHA dan arang bambu

BHA, probiotic, charcoal

Glycerin, butylene glycol, panthenol

50 g

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

Clay mask

Ceramide NP, betaine salicylate, licorice root extract, sodium hyaluronate, dan lainnya

Tube

Wajah

Salicylic acid, niacinamide

Kaolin, niacinamide

BIsabolol

10-15 menit

Tidak diketahui

NA18220201016

4

Innisfree

Super Volcanic Pore Clay Mask

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 1

Rp225.000

Lebih Mahal

Masker clay legendaris dengan formula dan kemasan baru!

Jeju volcanic cluster & spheres, AHA

Butylene glycol, glycerin

100 ml

Kulit berminyak dan kombinasi

Tidak diketahui

Clay mask

Trehalose, tocopherol (vitamin E)

Jar

Seluruh area wajah

Tidak ada

Citrus unshiu peel extract

Lactic acid

10 menit

Tidak diketahui

NA26190205138

5

MS Glow

Charcoal Clay mask

MS Glow Charcoal Clay mask 1

Rp125.000

Agak Mahal

Raih kulit putih bersinar dan nikmati kelembutan pembersihan dalam sekali pakai!

Charcoal

Propylene glycol, butylene glycol, propylene glycol, lecithin, glycerine, linoleic acid, linolenic acid

100 g

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

Clay mask

Disodium EDTA, PEG-40 hydrogenated castor oil, ethanol, aqua, DMDM hydantoin, finished fragrances, fragrance, magnesium aluminum silicate

Jar

Wajah

Vitis vinifera seed extract, hamamelis virginiana extract, sodium ascorbyl phosphate

Arbutin, glutathione

Vitis vinifera seed extract, tocopheryl acetate

15-20 menit

Tidak diketahui

NA18190205534

6

SOMETHINC

Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask

SOMETHINC Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask 1

Rp98.000

Menengah

Dapatkan kulit bebas minyak hanya dengan sepuluh menit

Bentonite clay, kaolin, bamboo charcoal

Glycerin, betaine, butylene glycol, propylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract, sodium hyaluronate, Scutellaria baicalensis root extract

60 g

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

Wash-off mask

Xanthan gum, hydrogenated lecithin, allantoin, dan lainnya

Tube

Wajah dan leher

Centella asiatica extract, Chamomilla recutita flower extract

Kaolin

Sodium hyaluronate

10 menit

All-day/night

NA18210200719

7

Whitelab

Bamboo Charcoal Brightening Gel Mask

Whitelab Bamboo Charcoal Brightening Gel Mask 1

Rp84.300

Menengah

Ampuh atasi kulit kusam dan lelah

Bamboo charcoal, niacinamide, HyaluComplex-10

Niacinamide, HyaluComplex-10, glycerin

60 g

Semua jenis kulit

Gel mask

Bambusa vulgaris water, tocopheryl acetate, allantoin, dan lainnya

Jar

Wajah

Salicylic acid

Niacinamide

Tidak ada

15 menit

Tidak diketahui

NA18210201853

8

Elvicto

Brightening Black Mask

Elvicto Brightening Black Mask 1

Rp110.000

Menengah

Dirancang dengan tujuh bahan pencerah, kulit pun berkilau alami tanpa cela

Niacinamide, Aloe vera extract, Alwhite-7 TM, niacinamide, glutathione

Propylene glycol. butylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract, niacinamide

50 ml

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

Peel-off mask

Tranexamic acid, polysorbate-20, sodium sulphite, Saurus chinensis extract, dan lainnya

Tube

Wajah

Niacinamide, citric acid

Niacinamide, glutathione, arbutin

Tidak diketahui

15-20 menit

All-day/night

NA18210201659

9

Oh Man!

Oh Mask

Oh Man! Oh Mask 1

Rp100.000

Menengah

Mampu detoksifikasi kulit pria dan berikan perlindungan optimal

Extract of green tea leaf, guava leaf, indian lotus leaf, angelica root, charcoal

Green tea leaf extract

60 g

Kulit berminyak, kulit kusam

Tidak diketahui

Clay mask

French clay

Jar

Wajah

Green tea leaf extract, charcoal

Guava leaf extract, charcoal, Angelica root extract,

Green tea leaf extract

15 menit

Tidak diketahui

NA18190205375

10

Freeman

Polishing Charcoal & Black Sugar Gel Mask

Freeman Polishing Charcoal & Black Sugar Gel Mask 1

Rp96.800

Menengah

Rasakan kelembutan kulit dengan kombinasi masker dan scrub, sempurna untuk perawatan wajahmu!

Charcoal, black sugar

Sucrose, propylene glycol, coconut extract

175 ml

Semua jenis kulit

Gel mask

Carbomer, Maranta arundinacea root extract, Macrocystis pyrifera extract, Aleurites moluccana extract, dan lainnya

Tube

Wajah, leher

Lavandula angustifolia oil, papaya fruit extract

Kaolin

Papaya fruit extract

5-7 menit

Tidak diketahui

NA52210200011

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

HimalayaPurifying Neem Face Mask

Purifying Neem Face Mask 1
Sumber: himalayawellness.id
Purifying Neem Face Mask 2
Sumber: shopee.co.id
Purifying Neem Face Mask 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp9.100
Lebih Murah
Harga referensi
Rp9.100
Lebih Murah

Mengurangi sekresi minyak, kulit pun tampak lebih segar

Himalaya Purifying Neem Face Mask dengan kandungan utama neem mampu mengatasi jerawat berkat sifat antibakteri alaminya. Formulanya efektif mempurifikasi kulit, membantu mengatasi masalah jerawat, dan mencegah timbulnya peradangan.


Selain itu, formulanya diklaim mampu mengontrol sekresi minyak yang berlebihan. Hasilnya, kulit lebih bersih dan segar! Masker ini cocok untuk Anda, pemilik kulit berjerawat yang kerap banjir minyak di permukaan kulit wajah.

Kandungan utamaNeem, kunyit
Kandungan pelembapPropylene glycol
Isi50 ml, 100 ml, 150 ml
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan berjerawat
Aman untuk kulit sensitif
TipeClay mask
Kandungan lainTidak ada
KemasanTube
Area pemakaian Seluruh bagian wajah
Kandungan anti-acneBentonite, neem extract
Kandungan brighteningKunyit
Kandungan anti-agingTidak ada
Durasi pemakaian10-15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA17180200631
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Azarine®Purifying Deep Cleansing Mask

Harga referensi
Rp65.000
Agak Murah

Ampuh hilangkan kotoran di kulit, wajah terlihat lebih bersih sepanjang hari

Masker pembersih Azarine memberikan pengalaman pembersihan mendalam dengan formula unik. Kandungan 12 ekstrak tumbuhan hijau pada produk ini dapat membantu menghaluskan dan membebaskan kulit dari jerawat. Bagi Anda yang memiliki masalah komedo pada kulit, clay mask Azarine ini merupakan pilihan tepat. 

Dirancang khusus untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih, masker ini akan membersihkan pori-pori Anda tanpa mengeringkan kulit. Selain itu, bahan-bahannya yang berkualitas tinggi menjadikan masker ini mampu mengurangi kilap dan meningkatkan tekstur kulit.
Kandungan utama12 Veggie GreenTox, encapsulated charcoal, kaolin, ceramide 3
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe barbadensis leaf juice extract, Brassica campestris sprout extract
Isi60 g
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
TipeClay mask
Kandungan lainChlorphenesin, henoxyethanol, aqua, stearic acid, dan lainnya
KemasanJar
Area pemakaian Wajah
Kandungan anti-acneCentella asiatica extract
Kandungan brightening Curcuma longa (turmeric) root extract
Kandungan anti-agingCeramide
Durasi pemakaian10-15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA18200200925
View all
No.3

The OriginoteBHA Charcoal Clay Mask

Harga referensi
Rp65.000
Agak Murah

Kulit jadi lebih kencang dan bebas minyak berkat kombinasi BHA dan arang bambu

Masker The Originote dengan formula BHA dan arang bambu memberikan sensasi kencang dan kesegaran pada kulit pria. Dirancang untuk membersihkan pori-pori secara mendalam, masker ini membantu mengurangi minyak berlebih, mencegah jerawat, dan meningkatkan elastisitas kulit. 


Cocok untuk pria dengan kulit kombinasi hingga berminyak, produk ini memberikan perawatan optimal untuk mendapatkan tampilan yang lebih fresh. The Originote BHA Charcoal Clay Mask adalah solusi efektif bagi pria yang menginginkan kulit yang sehat dan berenergi.

Kandungan utamaBHA, probiotic, charcoal
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, panthenol
Isi50 g
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
TipeClay mask
Kandungan lainCeramide NP, betaine salicylate, licorice root extract, sodium hyaluronate, dan lainnya
KemasanTube
Area pemakaian Wajah
Kandungan anti-acneSalicylic acid, niacinamide
Kandungan brighteningKaolin, niacinamide
Kandungan anti-agingBIsabolol
Durasi pemakaian10-15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA18220201016
View all
No.4

InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask

Harga referensi
Rp225.000
Lebih Mahal

Masker clay legendaris dengan formula dan kemasan baru!

Anda pasti tidak asing dengan masker yang satu ini. Masker Innisfree ini hadir dengan formula dan kemasan baru. Dalam sekali pemakaian, masker ini bisa mengangkat 98% sebum berlebih berkat kandungan Jeju Volcanic Cluster & Spheres dan AHA. 


Dengan pemakaian teratur, masker ini akan membantu memperbaiki tampilan dan tekstur kulit secara keseluruhan. Jika pori-pori bersih, jerawat pun akan enggan muncul pada wajah Anda.

Kandungan utamaJeju volcanic cluster & spheres, AHA
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin
Isi100 ml
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan kombinasi
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
TipeClay mask
Kandungan lainTrehalose, tocopherol (vitamin E)
KemasanJar
Area pemakaian Seluruh area wajah
Kandungan anti-acneTidak ada
Kandungan brighteningCitrus unshiu peel extract
Kandungan anti-agingLactic acid
Durasi pemakaian10 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA26190205138
View all
No.5

MS GlowCharcoal Clay mask

Harga referensi
Rp125.000
Agak Mahal

Raih kulit putih bersinar dan nikmati kelembutan pembersihan dalam sekali pakai!

MS Glow Charcoal Clay Mask hadir sebagai solusi bagi pria yang menginginkan kulit lebih putih dan glowing. Bahan yang terkandung dalam masker ini memberikan kelembutan dalam membersihkan pori-pori, mengangkat kotoran, dan meratakan warna kulit. Formula uniknya juga membantu mengurangi kelebihan minyak, menjadikan kulit tampak segar dan bersinar.

Cocok untuk semua jenis kulit, produk ini memberikan efek cerah yang tahan lama. Nikmati pengalaman perawatan wajah yang efektif dan dapatkan kulit putih dan bercahaya dengan MS Glow Charcoal Clay Mask.

Kandungan utamaCharcoal
Kandungan pelembapPropylene glycol, butylene glycol, propylene glycol, lecithin, glycerine, linoleic acid, linolenic acid
Isi100 g
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
TipeClay mask
Kandungan lainDisodium EDTA, PEG-40 hydrogenated castor oil, ethanol, aqua, DMDM hydantoin, finished fragrances, fragrance, magnesium aluminum silicate
KemasanJar
Area pemakaian Wajah
Kandungan anti-acneVitis vinifera seed extract, hamamelis virginiana extract, sodium ascorbyl phosphate
Kandungan brightening Arbutin, glutathione
Kandungan anti-agingVitis vinifera seed extract, tocopheryl acetate
Durasi pemakaian15-20 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA18190205534
View all
No.6

SOMETHINCMugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask

Harga referensi
Rp98.000
Menengah

Dapatkan kulit bebas minyak hanya dengan sepuluh menit

SOMETHINC adalah salah satu brand skincare yang terbilang baru, tetapi berhasil mencuri perhatian. Kelengkapan varian produknya dan harganya yang merakyat membuat nama SOMETHINC ramai di pasaran. Di sisi lain, SOMETHINC juga makin dikenal karena brand ambassador-nya, Han So-hee. 


Selain karena hal-hal di atas, kualitas dan khasiat produknya juga sangat menarik. Salah satunya adalah produk clay mask Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask ini. Gunakan dalam 10 menit, jerawat dan iritasi pada wajah pun dapat diatasi secara tuntas!

Kandungan utamaBentonite clay, kaolin, bamboo charcoal
Kandungan pelembapGlycerin, betaine, butylene glycol, propylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract, sodium hyaluronate, Scutellaria baicalensis root extract
Isi60 g
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
TipeWash-off mask
Kandungan lainXanthan gum, hydrogenated lecithin, allantoin, dan lainnya
KemasanTube
Area pemakaian Wajah dan leher
Kandungan anti-acneCentella asiatica extract, Chamomilla recutita flower extract
Kandungan brighteningKaolin
Kandungan anti-agingSodium hyaluronate
Durasi pemakaian10 menit
All-day/nightAll-day/night
Nomor BPOMNA18210200719
View all
No.7

WhitelabBamboo Charcoal Brightening Gel Mask

Harga referensi
Rp84.300
Menengah

Ampuh atasi kulit kusam dan lelah

Kulit kusam, kering, dan mudah berjerawat merupakan tanda-tanda kulit wajah sedang lelah. Untuk memulihkannya, Anda bisa menggunakan Bamboo Charcoal Brightening Gel Mask. Kombinasi bamboo charcoal, niacinamide, dan HyaluComplex-10 pada produk ini mampu mencerahkan, melembapkan, serta menghaluskan kulit. Masker pria ini juga dilengkapi salicylic acid yang secara efektif membersihkan pori-pori kulit sehingga komedo dan jerawat berkurang.

Kandungan utamaBamboo charcoal, niacinamide, HyaluComplex-10
Kandungan pelembapNiacinamide, HyaluComplex-10, glycerin
Isi60 g
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
TipeGel mask
Kandungan lainBambusa vulgaris water, tocopheryl acetate, allantoin, dan lainnya
KemasanJar
Area pemakaian Wajah
Kandungan anti-acneSalicylic acid
Kandungan brighteningNiacinamide
Kandungan anti-agingTidak ada
Durasi pemakaian15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA18210201853
View all
No.8

ElvictoBrightening Black Mask

Harga referensi
Rp110.000
Menengah

Dirancang dengan tujuh bahan pencerah, kulit pun berkilau alami tanpa cela

Elvicto Brightening Black Mask adalah masker yang dirancang khusus untuk memberikan kecerahan pada kulit. Dengan kandungan tujuh bahan pencerahnya, masker ini membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama bagi pria yang mengalami masalah kulit kusam atau memiliki bekas jerawat. 


Penggunaan rutin masker ini dapat memberikan hasil yang lebih merata, membuat kulit terasa lebih segar. Nikmati manfaat perawatan kulit yang efektif dengan Elvicto Brightening Black Mask untuk mendapatkan tampilan wajah yang lebih berseri.

Kandungan utamaNiacinamide, Aloe vera extract, Alwhite-7 TM, niacinamide, glutathione
Kandungan pelembapPropylene glycol. butylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract, niacinamide
Isi50 ml
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
TipePeel-off mask
Kandungan lainTranexamic acid, polysorbate-20, sodium sulphite, Saurus chinensis extract, dan lainnya
KemasanTube
Area pemakaian Wajah
Kandungan anti-acneNiacinamide, citric acid
Kandungan brighteningNiacinamide, glutathione, arbutin
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Durasi pemakaian15-20 menit
All-day/nightAll-day/night
Nomor BPOMNA18210201659
View all
No.9

Oh Man!Oh Mask

Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Mampu detoksifikasi kulit pria dan berikan perlindungan optimal

Produk ini adalah solusi sempurna untuk memperbaiki dan mendetoksifikasi kulit wajah pria dari efek buruk polutan dan sinar UV. Dengan formula khusus yang mengandung bahan alami, masker ini membantu mengangkat kotoran, meremajakan kulit, dan memberikan perlindungan maksimal.

Cocok untuk pria dengan gaya hidup aktif, masker ini menyegarkan dan memberikan nutrisi essensial untuk menjaga kulit tetap sehat. Nikmati sensasi perawatan wajah yang efektif dengan Oh Man! Oh Mask. Kulit jadi lebih bersih, sehat, dan siap menghadapi tantangan sehari-hari.

Kandungan utamaExtract of green tea leaf, guava leaf, indian lotus leaf, angelica root, charcoal
Kandungan pelembapGreen tea leaf extract
Isi60 g
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak, kulit kusam
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
TipeClay mask
Kandungan lainFrench clay
KemasanJar
Area pemakaian Wajah
Kandungan anti-acneGreen tea leaf extract, charcoal
Kandungan brighteningGuava leaf extract, charcoal, Angelica root extract,
Kandungan anti-agingGreen tea leaf extract
Durasi pemakaian15 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA18190205375
View all
No.10

FreemanPolishing Charcoal & Black Sugar Gel Mask

Harga referensi
Rp96.800
Menengah

Rasakan kelembutan kulit dengan kombinasi masker dan scrub, sempurna untuk perawatan wajahmu!

Freeman Polishing Charcoal & Black Sugar Gel Mask menghadirkan kombinasi sempurna antara masker dan scrub untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Selain arang bambu, masker ini juga mengandung gula hitam sebagai scrub lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Formula uniknya memberikan sensasi penyegaran dan membantu meningkatkan tekstur kulit.

Masker ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama bagi Anda yang mencari produk serbaguna untuk memanjakan kulit wajah. Nikmati pengalaman perawatan wajah yang menyeluruh dengan Freeman Polishing Charcoal & Black Sugar Gel Mask. Kulit Anda dijamin jadi lebih halus dan bercahaya.

Kandungan utamaCharcoal, black sugar
Kandungan pelembapSucrose, propylene glycol, coconut extract
Isi175 ml
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Aman untuk kulit sensitif
TipeGel mask
Kandungan lainCarbomer, Maranta arundinacea root extract, Macrocystis pyrifera extract, Aleurites moluccana extract, dan lainnya
KemasanTube
Area pemakaian Wajah, leher
Kandungan anti-acneLavandula angustifolia oil, papaya fruit extract
Kandungan brighteningKaolin
Kandungan anti-agingPapaya fruit extract
Durasi pemakaian5-7 menit
All-day/nightTidak diketahui
Nomor BPOMNA52210200011
View all

5 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria terbaik

No. 1: HimalayaPurifying Neem Face Mask

No. 2: Azarine®Purifying Deep Cleansing Mask

No. 3: The OriginoteBHA Charcoal Clay Mask

No. 4: InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask

No. 5: MS GlowCharcoal Clay mask

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Masker Wajah untuk Pria Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenerelogist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.