• 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021)

Anda mendambakan kulit wajah yang putih dan sehat? Langkah awal untuk mendapatkan kulit yang putih dan sehat adalah mencuci muka. Anda harus memilih sabun cuci muka yang mampu memberikan efek memutihkan dan mencerahkan kulit. Namun, manakah pembersih muka yang terbaik untuk kulit Anda? 


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sabun cuci muka yang bagus. Baca juga tips tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Tak lupa, temukan rekomendasi merk favorit Anda, seperti Laneige, Senka, hingga SK-II. Mari dapatkan kulit putih, sehat, dan glowing!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
Rach Alida Bahaweres
Arisman Riyardi
  • Pembaharuan terakhir: 18 Juni 2021
  • 411.762 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Berkolaborasi dengan certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.

Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Cara memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit

Cara memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya seberapa efektif mencuci muka dalam mencerahkan kulit wajah. Perlu diketahui, mencuci muka adalah tahapan paling awal dalam perawatan kulit. Kulit yang bersih akan siap menerima tahapan perawatan kulit selanjutnya


Dengan begitu, pemilihan sabun cuci muka yang tepat akan mendukung keberhasilan perawatan kulit secara lebih optimal. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus Anda simak dalam memilih sabun cuci muka yang benar.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Apakah Anda pernah menggunakan sabun mandi, kemudian setelahnya kulit malah menjadi terasa makin kering? Hal itu terjadi karena beberapa sabun wajah memiliki pH basa (di atas 7). 


Padahal, sabun muka yang baik adalah yang memiliki pH sama dengan kulit, yaitu pada pH 5–5,5 (asam). Tidak heran, ketika Anda mencuci wajah dengan menggunakan sabun mandi, pH kulit menjadi tidak normal sehingga kulit menjadi kering. 


Itulah pentingnya mengapa Anda harus memperhatikan pemilihan sabun yang tepat untuk kulit wajah. Walaupun durasi mencuci muka tergolong tidak lama, Anda sebaiknya memilih produk yang benar. Jika fokus Anda ingin mencerahkan kulit, pilihlah sabun wajah yang mengandung kojic acid, vitamin C, arbutin, AHA, galactomyces, dan ekstrak tumbuhan lainnya.

Periksa kandungan bahan pemutih wajah

Saat memilih sabun cuci muka yang mampu mencerahkan kulit, baiknya periksa juga kandungan yang ada di dalam produknya. Pada umumnya, sabun cuci muka untuk memutihkan wajah memiliki kandungan untuk mengangkat kotoran, mencerahkan, dan melembapkan kulit. Untuk lebih detailnya, simaklah informasi di bawah ini.

Butiran scrub: Mengeksfoliasi kulit dan mencegah kulit kusam

Butiran scrub: Mengeksfoliasi kulit dan mencegah kulit kusam
Sebagian dari Anda mungkin merasakan kulit yang terlihat lebih cerah setelah mencuci muka. Hal ini karena adanya butiran scrub yang terkandung dalam sabun cuci muka yang Anda gunakan. Butiran scrub ini membantu proses eksfoliasi kulit. 

Dengan butiran scrub, kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam akan tersapu bersih dari wajah Anda. Tidak heran, sabun cuci muka dengan butiran scrub akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Salah satu penyebab kulit terlihat kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Hal ini bisa diselesaikan dengan eksfoliasi agar sel-sel kulit mati dapat diangkat dan kulit tampak lebih cerah. Namun, eksfoliasi dengan menggunakan scrub juga perlu diperhatikan. 


Hal ini karena bila dilakukan berlebihan dan terlalu sering, scrub dapat mengiritasi kulit sampai menyebabkan luka. Karena itu, pilihlah produk dengan ukuran scrub mikro atau kecil. Selain itu, pilihlah produk dengan scrub yang berasal dari biji tumbuhan. Produk ini dapat menghasilkan scrub yang lebih lembut untuk kulit wajah.


Anda tidak disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang tidak diproses terlebih dahulu seperti kopi dan gula. Bahan alami seperti ini memiliki butiran yang terlalu besar dan kasar sehingga bisa menyebabkan micro-tearing. Hal ini dapat menimbulkan banyak masalah kulit yang tidak diinginkan. Eksfoliasi wajah sebaiknya dilakukan sekitar 2–3 kali saja seminggu dengan menggunakan scrub.

Vitamin C, kaolin, dan niacinamide: Mengoptimalkan efek pencerah kulit dan menghilangkan jerawat

Vitamin C, kaolin, dan niacinamide: Mengoptimalkan efek pencerah kulit dan menghilangkan jerawat

Selain butiran scrub, ada kandungan bahan lainnya yang mampu mencerahkan kulit wajah. Beberapa kandungan yang sering ditemui dalam sabun cuci muka adalah vitamin C, kaolin, dan niacinamide


Vitamin C adalah kandungan yang paling banyak digunakan untuk produk pencerah wajah. Kandungan vitamin C dikenal dapat mengurangi produksi melanin yang menjadi penyebab kulit kusam. Beberapa produk memiliki kandungan vitamin C dalam bentuk ekstrak buah yang biasanya tertulis di dalam komposisi kemasannya.


Di sisi lain, kandungan kaolin atau yang akrab disebut white clay mampu menyerap kotoran di kulit wajah. Dengan kandungan kaolin, sel kulit mati akan terangkat tanpa menyebabkan iritasi karena sifatnya lebih lembut daripada scrub. Kulit pun akan terlihat lebih cerah dan warna kulit menjadi merata. 


Selain itu, ada juga kandungan niacinamide. Bahan ini merupakan vitamin B3 untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat. Tidak lupa, niacinamide juga dapat mendorong produksi kolagen pada kulit. Dengan begitu, warna kulit yang terlihat gelap pun dapat kembali cerah.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Vitamin C sudah ratusan tahun menjadi primadona sebagai kandungan antioksidan yang powerful. Hal ini membuat vitamin C menjadi kandungan yang populer digunakan untuk skincare dan kosmetik. 


Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari vitamin C:

  • Memiliki efek antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan kulit yang menimbulkan keriput halus. 
  • Dapat mencerahkan kulit yang kusam. 
  • Merangsang produksi kolagen dari dalam diri sehingga elastisitas kulit akan senantiasa terjaga. 

Sementara itu, niacinamide juga banyak digunakan sebagai salah satu kandungan skincare karena:

  • Memiliki efek soothing yang dapat menenangkan peradangan di wajah, termasuk jerawat. 
  • Mampu mencerahkan wajah.

Ketahuilah bahwa penggunaan vitamin C dan niacinamide pada saat yang bersamaan perlu diawasi. Hal ini karena hanya beberapa vitamin C jenis tertentu yang dapat bekerja sama dengan niacinamide.

Hyaluronic acid, glycerin, dan lainnya: Efektif melembapkan kulit

Hyaluronic acid, glycerin, dan lainnya: Efektif melembapkan kulit

Nah, selain dapat mencerahkan, pilihlah produk yang sekaligus dapat melembapkan kulit Anda. Hal ini disarankan agar kulit Anda tidak menjadi kering. Kulit yang lembap dapat membuat wajah Anda terlihat lebih sehat dan lebih lembut. 


Beberapa kandungan yang dapat melembapkan tersebut adalah hyaluronic acid, glycerin, royal jelly, butylene glycol, dan lain-lain. Sebelum membeli, periksa juga apakah kandungan yang dapat melembapkan ada di sabun cuci muka pilihan Anda.


Perlu diingat, kandungan bahan tersebut memiliki efek yang berbeda-beda tergantung pada jenis kulit Anda. Karena itu, perhatikanlah kondisi kulit Anda selama masa penggunaan dan hentikan apabila tidak cocok.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah kandungan alami yang sudah ada di dalam tubuh Anda. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah hyaluronic acid pun berkurang. Karena hyaluronic acid sangat baik untuk melembapkan kulit, sekarang namanya menjadi populer di dunia skincare product.


Hyaluronic acid dan glycerin adalah pelembap golongan humektan yang bekerja dengan cara mengikat air di udara dan menariknya masuk ke dalam kulit. Dengan begitu, kulit pun bisa menjadi senantiasa lembap. 


Jika kondisi kulit kering Anda serius, cobalah memilih pelembab golongan oklusif yang biasanya terbuat dari oil extract tumbuhan. Cobalah kandungan natural, seperti jojoba oil, olive oil, simethicone, dan silikon sehingga efeknya lebih maksimal.

Pilih berdasarkan teksturnya

Pilih berdasarkan teksturnya

Terdapat dua jenis sabun cuci muka yang dapat Anda temukan yaitu sabun cuci muka dengan tekstur bubuk dan cair. Sabun cuci muka bubuk adalah bentuk inovasi kecantikan yang muncul baru-baru ini. 


Penggunaan sabun cuci muka ini adalah dicampur dengan air biasa atau air hangat untuk menghasilkan busa. Produk bertekstur bubuk memiliki daya simpan lebih panjang dibandingkan tekstur lainnya karena tidak memiliki kandungan air. 


Lalu, yang kedua adalah sabun cuci muka bertekstur cair. Sabun cuci muka bertekstur cair paling populer dan mudah ditemukan di pasaran. Hanya dengan meneteskan air secukupnya, cairan sabun akan menghasilkan busa yang melimpah. Tekstur cair banyak diminati karena penggunaannya yang praktis dan tidak ribet. 

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Dengan kemajuan inovasi di bidang skincare, kini hadir berbagai sabun wajah dalam bentuk dan tekstur unik. Hal inilah yang dijadikan sebagai salah satu selling point yang ditawarkan oleh berbagai brand.


Sabun berbentuk cair yang umumnya ada di pasaran lebih cocok digunakan oleh kebanyakan orang. Kebanyakan sabun wajah yang digunakan orang berbentuk busa atau foaming wash. Belakangan ini, ada juga produk sabun muka yang sudah disertai brush atau sikat.


Sebenarnya, perbedaan tekstur sabun tersebut tidak terlalu menjadi masalah. Hal ini karena poin yang perlu diperhatikan adalah pH dari sabun, level detergen, pewangi, atau zat aditif lainnya. Semua kandungan ini bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Karena itu, Anda harus lebih teliti lagi membaca ingredient list-nya!

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Jenis kulit wajah terbagi menjadi lima jenis, yaitu kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Setiap jenis kulit wajah memerlukan perlakuan yang berbeda-beda. 


Misalnya, pemilik kulit wajah kering membutuhkan sabun cuci muka yang mampu melembapkan kulit sekaligus. Sebaliknya, pemilik kulit wajah berminyak disarankan memilih produk yang dapat mengendalikan produksi keringat.


Begitu pula dengan jenis kulit wajah kombinasi yang membutuhkan perawatan khusus di daerah zona T atau T-zone. Bagi pemilik kulit wajah sensitif, sebaiknya memilih produk yang aman di kulit, tanpa detergen, dan tanpa pewangi.


Dengan mengetahui jenis kulit wajah tersebut, Anda jadi lebih mudah mendapatkan produk yang cocok di kulit. Hasilnya pun akan lebih optimal dan tentunya dapat mencerahkan kulit Anda.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sama dengan pemilihan skincare lainnya, pemilihan sabun juga harus disesuaikan dengan tipe kulit. Fungsi utama sabun adalah untuk membersihkan wajah. Karena itu, pilihlah sabun yang benar-benar efektif untuk membersihkan wajah Anda. 


Selain itu, Anda juga bisa melihat kandungan lainnya yang sesuai dengan masalah kulit. Untuk kulit normal, hal ini tentunya tidak menjadi terlalu sulit. Namun, apabila tipe kulit Anda kering, berhati-hatilah saat memilih sabun pencuci muka. 


Bagi pemilik tipe kulit kering, selain sabun dengan pH seimbang, perhatikan juga level detergen pada sabun. Usahakanlah agar Anda memilih sabun dengan busa yang sedikit, tetapi efektif untuk membersihkan kulit. Bagi kulit berminyak, pertimbangkan kandungan yang dapat mengabsorpsi minyak seperti charcoal.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

WardahC-defense Energizing Creamy Wash

Mulai dari Rp 20.500,00

Spesialis
mybest

BeiersdorfNivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Foam

Mulai dari Rp 15.600,00

Spesialis
mybest

Johnson & JohnsonClean & Clear Clear Fairness Cleanser

Mulai dari Rp 20.000,00

10 Rekomendasi sabun cuci muka terbaik untuk mencerahkan kulit

Selanjutnya, terdapat sepuluh rekomendasi sabun cuci muka yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah Anda. Produk-produk di bawah ini tentunya sudah mengantongi sertifikat keamanan dari BPOM, lho. Jadi, selain produknya dapat memutihkan wajah, tentunya juga aman digunakan. Selamat memilih!

10

BeiersdorfNivea Sparkling White Whitening Foam

86724 (867240480005)

Mulai dari Rp 17.000,00

Isi100 ml
Jenis kulitNormal, kering
TeksturCair
Kandungan pencerah/pembersihGlycyrrhiza glabra (licorice) leaf extract, sodium ascorbyl phosphate (vitamin C)
Kandungan pelembapGlycerin, propylene glycol, panthenol
Butiran scrubX
9

InnisfreeBrightening Pore Facial Cleanser

Mulai dari Rp 180.000,00

Isi150 ml
Jenis kulitNormal, kering, kombinasi, berminyak
TeksturCair
Kandungan pencerah/pembersihNiacinamide, ekstrak Jeju hallabong (vitamin C), kaolin (white clay), ethyl ascorbyl ether (vitamin C)
Kandungan pelembapGlycerin, propanediol, panthenol
Butiran scrubX
8
Isi120 g
Jenis kulitNormal, kering
TeksturCair
Kandungan pencerah/pembersihKaolin (white clay)
Kandungan pelembapPEG-8, glycerin, aluminum hydroxide, sodium hyaluronate, sodium acetylated hyaluronate, hydrolyzed silk
Butiran scrubX
7

AmorepacificLaneige Multi Deep-Clean Cleanser

Mulai dari Rp 256.000,00

Isi150 ml
Jenis kulitNormal, kering
TeksturCair
Kandungan pencerah/pembersihPapain enzyme, ekstrak blueberry
Kandungan pelembapGlycerin, PEG-32, butylene glycol, propylene glycol, camellia sinensis leaf extract, mannitol, hydrolyzed wheat protein, PEG-75
Butiran scrubX
6
Isi50 g
Jenis kulitNormal, kering, kombinasi, sensitif
TeksturBubuk
Kandungan pencerah/pembersihAgar, rice starch
Kandungan pelembapGlycerin, tocopherol (vitamin E)
Butiran scrubX
5

KaneboSuisai Beauty Clear Powder Wash

Mulai dari Rp 159.600,00

Isi32 pcs
Jenis kulitNormal, kering, berminyak, kombinasi
TeksturBubuk
Kandungan pencerah/pembersih Sodium cocoyl Isethionate, sodium C12-14 olefin sulfonate, sodium lauroyl glutamate, sodium myristoyl glutamate, sodium myristoyl glutamate, potassium laurate
Kandungan pelembap Butylene glycol, polyquaternium-51, lactic acid
Butiran scrubX
4

UnileverSt. Ives Energizing Coconut & Coffee Face Scrub

Mulai dari Rp 53.820,00

Isi170 g
Jenis kulitNormal, kering, sensitif
TeksturCair
Kandungan pencerah/pembersihScrub (bubuk kulit kenari), titanium dioxide
Kandungan pelembapGlycerin
Butiran scrub✔︎
3

Johnson & JohnsonNeutrogena Deep Clean Brightening Foaming Cleanser

Mulai dari Rp 52.500,00

Isi100 g
Jenis kulitNormal, berminyak, kering
TeksturCair
Kandungan pencerah/pembersihMorus alba root extract, ascorbyl glucoside, vitamin C
Kandungan pelembapGlycerin, PEG-8, propylene glycol, butylene glycol, camellia sinensis leaf extract, lactic acid
Butiran scrubX
2

The Body ShopDrops Of Light Brightening Cleansing Foam

94721

Mulai dari Rp 199.000,00

Isi125 ml
Jenis kulitNormal, kering
TeksturCair
Kandungan pencerah/pembersih3-O-ethyl ascorbic acid (vitamin C derivatif)
Kandungan pelembap Glycerin, butylene glycol, caprylyl glycol
Butiran scrubX
1

SK-II Facial Treatment Cleanser

#00730870307762

Mulai dari Rp 580.000,00

Isi120 gr
Jenis kulitSemua jenis kulit
TeksturCair
Kandungan pencerah/pembersih PITERA™
Kandungan pelembapPropylene glycol, sodium PCA, butylene glycol, saccharomyces cerevisiae extract, dipotassium glycyrrhizate
Butiran scrubX

Tabel perbandingan produk sabun cuci muka terbaik untuk mencerahkan kulit

Gambar produk
1
SK-II  Facial Treatment Cleanser 1

SK-II

2
The Body Shop Drops Of Light Brightening Cleansing Foam 1

The Body Shop

3
Johnson & Johnson Neutrogena Deep Clean Brightening Foaming Cleanser 1

Johnson & Johnson

4
Unilever St. Ives Energizing Coconut & Coffee Face Scrub 1

Unilever

5
Kanebo Suisai Beauty Clear Powder Wash 1

Kanebo

6
FANCL Cleansing Powder  1

FANCL

7
Amorepacific Laneige Multi Deep-Clean Cleanser 1

Amorepacific

8
Shiseido Senka Perfect White Clay 1

Shiseido

9
Innisfree Brightening Pore Facial Cleanser 1

Innisfree

10
Beiersdorf Nivea Sparkling White Whitening Foam 1

Beiersdorf

Nama produk

Facial Treatment Cleanser

Drops Of Light Brightening Cleansing Foam

Neutrogena Deep Clean Brightening Foaming Cleanser

St. Ives Energizing Coconut & Coffee Face Scrub

Suisai Beauty Clear Powder Wash

Cleansing Powder

Laneige Multi Deep-Clean Cleanser

Senka Perfect White Clay

Brightening Pore Facial Cleanser

Nivea Sparkling White Whitening Foam

Keunggulan

Jadikan kulit sebening kristal dengan kandungan PITERA™

Facial foam yang menghaluskan kulit dengan kombinasi vitamin C dan alga merah

Membersihkan kotoran di pori kulit sampai 99,9%, sahabat untuk kulit berminyak!

Memberikan energi bagi kulit yang lelah dengan ekstrak kopi

Komedo hilang, travelling bersama teman jadi lebih percaya diri!

Menyempurnakan tahapan perawatan kulit wajah Anda

Multi deep clean cleanser-nya mengangkat sekaligus semua kotoran di kulit

Facial wash dengan white clay yang mencerahkan wajah tanpa membuat kulit kering

Ekstrak Jeju Hallabong-nya mengencangkan dan mencerahkan kulit

Bahannya yang ringan cocok digunakan kulit remaja

Harga mulai dariRp 580.000,00Rp 199.000,00Rp 52.500,00Rp 53.820,00Rp 159.600,00Rp 269.000,00Rp 256.000,00Rp 57.040,00Rp 180.000,00Rp 17.000,00
Isi120 gr125 ml100 g170 g32 pcs50 g150 ml120 g150 ml100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulitNormal, keringNormal, berminyak, keringNormal, kering, sensitifNormal, kering, berminyak, kombinasiNormal, kering, kombinasi, sensitifNormal, keringNormal, keringNormal, kering, kombinasi, berminyakNormal, kering
TeksturCairCairCairCairBubukBubukCairCairCairCair
Kandungan pencerah/pembersih PITERA™3-O-ethyl ascorbic acid (vitamin C derivatif)Morus alba root extract, ascorbyl glucoside, vitamin CScrub (bubuk kulit kenari), titanium dioxide Sodium cocoyl Isethionate, sodium C12-14 olefin sulfonate, sodium lauroyl glutamate, sodium myristoyl glutamate, sodium myristoyl glutamate, potassium laurateAgar, rice starchPapain enzyme, ekstrak blueberryKaolin (white clay)Niacinamide, ekstrak Jeju hallabong (vitamin C), kaolin (white clay), ethyl ascorbyl ether (vitamin C)Glycyrrhiza glabra (licorice) leaf extract, sodium ascorbyl phosphate (vitamin C)
Kandungan pelembapPropylene glycol, sodium PCA, butylene glycol, saccharomyces cerevisiae extract, dipotassium glycyrrhizate Glycerin, butylene glycol, caprylyl glycolGlycerin, PEG-8, propylene glycol, butylene glycol, camellia sinensis leaf extract, lactic acidGlycerin Butylene glycol, polyquaternium-51, lactic acidGlycerin, tocopherol (vitamin E)Glycerin, PEG-32, butylene glycol, propylene glycol, camellia sinensis leaf extract, mannitol, hydrolyzed wheat protein, PEG-75PEG-8, glycerin, aluminum hydroxide, sodium hyaluronate, sodium acetylated hyaluronate, hydrolyzed silkGlycerin, propanediol, panthenolGlycerin, propylene glycol, panthenol
Butiran scrubXXX✔︎XXXXXX
Tautan produk

Poin yang harus diingat saat mencuci muka

Poin yang harus diingat saat mencuci muka

Setelah Anda menemukan sabun yang cocok di kulit, gunakanlah produk tersebut secara tepat. Ada produk yang dapat digunakan setiap hari dan ada juga yang tidak. Untuk itu, periksalah sesuai dengan instruksi dan review yang ada. Dengan begitu, hasilnya akan lebih optimal dan Anda akan terhindar dari iritasi. 


Selain itu, pastikan sabun cuci muka menghasilkan busa dahulu, lalu ratakanlah ke wajah Anda dengan lembut. Jangan menggosokkannya dengan kasar. Hal penting lainnya adalah jangan mencuci muka terlalu lama, cukup lakukan dalam waktu 2–3 menit.


Terakhir, basuh wajah Anda dengan air dan pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel. Agar kulit wajah terasa lebih relaks, basuhlah muka Anda dengan air hangat.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Normalnya, Anda sebaiknya mencuci muka 2–3 kali sehari. Sebaiknya, frekuensinya tidak lebih dari itu karena mencuci muka berlebihan akan berdampak pada skin barrier. Banyak orang berpikir bahwa jerawat merupakan akibat dari kulit yang kotor. 


Namun, meski Anda mencuci muka hingga lima kali sehari pun, jerawat Anda tetap tidak akan sembuh. Justru jika Anda terlalu sering mencuci muka dengan sabun, kulit akan menjadi makin kering dan membuat jerawat makin parah. Jadi, cucilah muka dengan frekuensi yang sewajarnya saja, ya!

Baca juga rekomendasi sabun cuci muka lainnya di sini

Dari informasi di atas, Anda dapat mengetahui sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit. Selain itu, masih banyak produk-produk sabun cuci muka yang dapat Anda coba. Jika Anda ingin tahu lebih lagi mengenai sabun cuci muka lainnya, baca juga rekomendasinya di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk mencerahkan kulit? Untuk hasil maksimal, Anda dapat menambah tahapan perawatan wajah lainnya seperti serum atau pelembap setelah mencuci muka. 

Dengan begitu, wajah Anda akan tampak bersinar tanpa kehilangan kelembapan alami kulit. Semoga melalui rekomendasi ini Anda dapat menemukan solusi dari masalah kulit wajah Anda, ya. Selamat mencoba dan dapatkan kulit sehat dan bercahaya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain Cethapil, Garnier, Pond’s, dan Acnes, masih banyak produk facial wash untuk kulit berjerawat. Untuk membantu Anda memilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    894.320 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat terlihat kempis, ternyata bekas jerawat masih bisa menimbulkan masalah. Bekas jerawat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi lebih baik jika Anda menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat.Salah satu caranya, Anda bisa memilih serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kami akan menjabarkan tips memilih dan memberikan rekomendasi serum penghilang bekas jerawat, seperti produk The Ordinary, Kiehl’s, Wardah, dan lainnya. Simak juga komentar dan informasi tambahan dari dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    495.062 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merk, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya sampai habis!
    Perawatan wajah
    687.025 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    612.413 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu momok bagi kulit adalah munculnya jerawat pada wajah. Untungnya, kini ada banyak brand yang memproduksi moisturizer untuk kulit berjerawat, baik dari lokal maupun internasional. Wardah, Sensatia Botanicals, dan Innisfree merupakan beberapa contohnya. Tiap-tiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bersifat non-comedogenic, ada yang cocok untuk mengatasi jerawat pada remaja, dan lainnya. Namun, manakah yang paling tepat untuk digunakan? Kali ini dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, akan memberikan komentar mengenai pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Yuk, simak!
    Perawatan wajah
    614.529 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi. Dengan demikian, sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit yang baru. Proses eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kami akan memperkenalkan Anda dengan berbagai jenis produk eksfoliasi, serta memberikan tips memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga memberi rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Segera simak artikel ini dan temukan produk eksfoliasi yang pas untuk Anda.
    Perawatan wajah
    142.905 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker tidak hanya bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah, tetapi juga menenangkan kulit dan pikiran. Salah satu masker yang perlu dicoba adalah masker bubuk. Tersedia masker bubuk dari berbagai bahan, seperti kopi, teh hijau, dan bahan-bahan organik lainnya. Namun, sebelum memilih produk, mari simak tips memilih yang akan kami bahas.Sepuluh rekomendasi masker bubuk terbaik juga bisa Anda temukan pada artikel ini. Produk-produk seperti Ovale Powder Mask, Aztec Secret Indian Healing Clay, dan Jordanie Peel Off Powder Mask dapat Anda temukan di sana. Tanpa berlama-lama, langsung kita mulai pembahasannya, yuk!
    Perawatan wajah
    2.576 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori