1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2023)

Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?


Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.

Diperbaharui 10-08-2022
Pakar
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan. Berbekal pengetahuan di bidang beauty, dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Profil dr. Dessy Esa S.
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Maria Kartika Cahyaningtyas

Maria Kartika Cahyaningtyas, atau akrab dipanggil Maria, merupakan wanita yang sering menulis tentang produk kecantikan. Ia sendiri mencoba banyak beauty products untuk mendapatkan produk yang pas di kulit dan rambut. Ia sangat mengikuti perkembangan produk lipstick, serum, dan sampo. Tidak hanya itu, Maria kadang menulis seputar interior dan furnitur. Ia sering melakukan eksperimen mix-and-match untuk mendekorasi ruangannya. Maria sendiri merupakan lulusan Hubungan Internasional dari Universitas Brawijaya. Ia pernah menjadi content writer di sebuah media komunitas filsafat.

Profil Maria Kartika Cahyaningtyas
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit

Anda mungkin bertanya-tanya, seberapa efektif pengaruh sabun cuci muka dalam mencerahkan wajah? Mencuci muka adalah tahapan paling awal dalam perawatan kulit. Kulit yang bersih akan lebih siap menerima tahapan perawatan kulit selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus Anda simak dalam memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit.

① Periksa manfaat dari sabun wajah Anda

Pertama-tama, mari periksa manfaat dari sabun muka yang hendak Anda pilih. Setiap produk tentunya punya keunggulan yang berbeda-beda, ya.

Sabun dengan butiran scrub: Mengeksfoliasi dan mencegah kusam

Sabun dengan butiran scrub: Mengeksfoliasi dan mencegah kusam
Sebagian dari Anda mungkin pernah merasakan kulit yang langsung tampak lebih cerah setelah mencuci muka. Hal ini karena adanya kandungan eksfoliasi pada sabun muka tersebut. Kandungan eksfoliasi seperti butiran scrub memang umum terdapat pada sabun muka untuk kulit kusam.

Dengan butiran scrub, kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam akan tersapu bersih dari wajah Anda. Tidak heran, sabun cuci muka dengan butiran scrub akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Salah satu penyebab kulit terlihat kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Hal ini bisa diselesaikan dengan eksfoliasi agar sel-sel kulit mati dapat diangkat dan kulit tampak lebih cerah. Namun, eksfoliasi dengan menggunakan scrub juga perlu diperhatikan.


Bila dilakukan berlebihan dan terlalu sering, scrub dapat mengiritasi kulit sampai menyebabkan luka. Karena itu, pilihlah produk dengan ukuran scrub mikro atau kecil. Selain itu, pilihlah produk dengan scrub yang berasal dari biji tumbuhan. Produk ini dapat menghasilkan scrub yang lebih lembut untuk kulit wajah.


Anda tidak disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang tidak diproses terlebih dahulu, seperti kopi dan gula. Bahan alami seperti ini memiliki butiran yang terlalu besar dan kasar sehingga bisa menyebabkan micro-tearing. Hal ini dapat menimbulkan banyak masalah kulit yang tidak diinginkan. Eksfoliasi wajah sebaiknya dilakukan sekitar 2–3 kali saja seminggu dengan menggunakan scrub.

Sabun dengan vitamin C, kaolin, dan niacinamide: Mencerahkan wajah

Sabun dengan vitamin C, kaolin, dan niacinamide: Mencerahkan wajah

Selain butiran scrub, kandungan bahan aktif dalam sabun cuci muka juga bisa membantu mencerahkan wajah Anda. Beberapa kandungan yang umum dalam sabun muka untuk mencerahkan adalah vitamin C, kaolin, dan niacinamide.


  • Vitamin C

Vitamin C adalah kandungan yang paling banyak digunakan untuk sabun pencerah wajah. Kandungan vitamin C dikenal dapat mengurangi produksi melanin yang menjadi penyebab kulit kusam. Beberapa produk memiliki kandungan vitamin C dalam bentuk ekstrak buah yang biasanya tertulis di dalam komposisi kemasannya.


  • Kaolin

Di sisi lain, ada kandungan kaolin atau white clay yang mampu menyerap kotoran di kulit wajah. Dengan kandungan kaolin, sel kulit mati akan terangkat tanpa menyebabkan iritasi karena sifatnya lebih lembut daripada scrub. Sabun pencerah wajah yang mengandung kaolin membuat wajah lebih cerah dan warna kulit menjadi merata.


  • Niacinamide

Selain itu, ada juga kandungan niacinamide yang merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Niacinamide dalam sabun muka mendorong produksi kolagen sehingga mampu mencerahkan kulitNiacinamide juga baik untuk mengatasi permasalahan skin barrier dan jerawat.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Vitamin C sudah ratusan tahun menjadi primadona sebagai kandungan antioksidan yang powerful. Hal ini membuat vitamin C menjadi kandungan yang populer digunakan untuk skincare dan kosmetik.


Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari vitamin C:

  • Memiliki efek antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan kulit yang menimbulkan keriput halus.
  • Dapat mencerahkan kulit yang kusam.
  • Merangsang produksi kolagen dari dalam diri sehingga elastisitas kulit akan senantiasa terjaga.

Sementara itu, niacinamide juga banyak digunakan sebagai salah satu kandungan skincare karena:

  • Memiliki efek soothing yang dapat menenangkan peradangan di wajah, termasuk jerawat.
  • Mampu mencerahkan wajah.

Ketahuilah bahwa penggunaan vitamin C dan niacinamide pada saat yang bersamaan perlu diawasi. Hal ini karena hanya beberapa vitamin C jenis tertentu yang dapat bekerja sama dengan niacinamide.

Hyaluronic acid dan glycerin: Melembapkan kulit

Hyaluronic acid dan glycerin: Melembapkan kulit

Selain memilih sabun cuci muka yang bisa mencerahkan wajah, cermati pula kandungan pelembap di dalamnya. Kandungan pelembap sangat disarankan dalam sabun cuci muka agar kulit Anda tidak menjadi kering.


Kulit yang lembap membuat wajah Anda terlihat lebih sehat dan lebih lembut. Beberapa kandungan pelembap dalam sabun cuci muka, di antaranya hyaluronic acid, glycerin, royal jelly, butylene glycol, dan lain-lain.


Setiap kandungan pelembap ini memberikan efek yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kulit Anda. Karena itu, perhatikanlah kondisi kulit selama penggunaan dan segera hentikan apabila terjadi iritasi.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah kandungan alami yang sudah ada di dalam tubuh Anda. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah hyaluronic acid pun berkurang. Karena hyaluronic acid sangat baik untuk melembapkan kulit, sekarang namanya menjadi populer di dunia skincare product.


Hyaluronic acid dan glycerin adalah pelembap golongan humektan yang bekerja dengan cara mengikat air di udara dan menariknya masuk ke dalam kulit. Dengan begitu, kulit pun bisa menjadi senantiasa lembap.


Jika kondisi kulit kering Anda serius, cobalah memilih pelembap golongan oklusif yang biasanya terbuat dari oil extract tumbuhan. Cobalah kandungan natural, seperti jojoba oil, olive oil, simethicone, dan silikon sehingga efeknya lebih maksimal.

② Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Jenis kulit wajah terbagi menjadi empat jenis, yaitu kulit normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Selain itu, ada juga kondisi kulit yang sensitif. Setiap jenis kulit wajah memerlukan perlakuan yang berbeda-beda.


  • Kulit kering, membutuhkan sabun cuci muka yang mampu melembapkan kulit sekaligus.
  • Kulit berminyak, lebih disarankan memilih sabun cuci muka yang dapat mengendalikan produksi sebum.
  • Kulit kombinasi, membutuhkan perawatan khusus di daerah T-zone.
  • Kondisi kulit sensitif, sebaiknya memilih sabun cuci muka yang bebas detergen atau bahan berisiko lainnya.

Dengan mengetahui jenis dan kondisi kulit wajah, Anda akan lebih mudah menemukan sabun cuci muka terbaik. Hasil perawatan Anda pun akan lebih optimal.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sama dengan pemilihan skincare lainnya, pemilihan sabun juga harus disesuaikan dengan tipe kulit. Fungsi utama sabun adalah untuk membersihkan wajah. Karena itu, pilihlah sabun yang benar-benar efektif untuk membersihkan wajah Anda.


Selain itu, Anda juga bisa melihat kandungan lainnya yang sesuai dengan masalah kulit. Untuk kulit normal, hal ini tentunya tidak menjadi terlalu sulit. Namun, apabila tipe kulit Anda kering, berhati-hatilah saat memilih sabun pencuci muka.


Bagi pemilik tipe kulit kering, selain sabun dengan pH seimbang, perhatikan juga level detergen pada sabun. Usahakan agar Anda memilih sabun dengan busa yang sedikit, tetapi efektif untuk membersihkan kulit. Bagi kulit berminyak, pertimbangkan kandungan yang dapat mengabsorpsi minyak seperti charcoal.

③ Cermati tekstur sabun muka Anda

Cermati tekstur sabun muka Anda

Selain berdasarkan kandungan dan jenis kulit, mencari sabun cuci muka yang mencerahkan wajah juga harus mempertimbangkan teksturnya. Saat ini, sabun muka tersedia dalam konsistensi yang beragam, seperti gel, clay, facial wash, dan facial foam.


  • Sabun muka gel, punya tekstur ringan dan cenderung cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi.
  • Facial wash dan facial foam, punya tekstur lembut dengan banyak varian untuk semua jenis kulit.
  • Sabun muka clay, punya tekstur rich yang banyak direkomendasikan untuk kulit berminyak.

Jenis sabun cuci muka di atas cukup populer dan mudah Anda temukan di pasaran. Dengan menambahkan air secukupnya, sabun cuci muka akan menghasilkan busa melimpah yang lembut. Selain itu, sabun cair juga dinilai praktis.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Dengan kemajuan inovasi di bidang skincare, kini hadir berbagai sabun wajah dalam bentuk dan tekstur unik. Hal inilah yang dijadikan sebagai salah satu selling point yang ditawarkan oleh berbagai brand.


Sabun berbentuk cair yang umumnya ada di pasaran lebih cocok digunakan oleh kebanyakan orang. Kebanyakan sabun wajah yang digunakan orang berbentuk busa atau foaming wash. Belakangan ini, ada juga produk sabun muka yang sudah disertai brush atau sikat.


Sebenarnya, perbedaan tekstur sabun tersebut tidak terlalu menjadi masalah. Hal ini karena poin yang perlu diperhatikan adalah pH dari sabun, level detergen, pewangi, atau zat aditif lainnya. Semua kandungan ini bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Karena itu, Anda harus lebih teliti lagi membaca ingredient list-nya!

10 Rekomendasi sabun cuci muka terbaik untuk mencerahkan kulit

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun cuci muka terbaik untuk mencerahkan kulit yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Whitelab

Brightening Facial Wash

Whitelab Brightening Facial Wash 1枚目

Face wash untuk mencerahkan yang aman bagi acne-prone skin

2

Emina

Bright Stuff Facial Wash

Emina Bright Stuff Facial Wash 1枚目

Facial wash untuk mencerahkan wajah dengan harga bersahabat

3

Beiersdorf

Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam

Beiersdorf  Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam 1枚目

Cerahkan wajah dengan ekstrak mutiara

4

KLEVERU

Sea Buckthorn Cleansing Gel

KLEVERU  Sea Buckthorn Cleansing Gel 1枚目

Mengandung vitamin C yang memudarkan bekas jerawat

5

Shiseido

SENKA Perfect White Clay

Shiseido SENKA Perfect White Clay 1枚目

Sabun muka untuk kulit berminyak dan kusam

6

Wardah

Crystal Secret Foaming Cleanser with Natural AHA+PHA

Wardah Crystal Secret Foaming Cleanser with Natural AHA+PHA 1枚目

Efektif bersihkan kotoran dan sel kulit mati pada wajah

7

Skintific

Low pH Facial Cleanser

Skintific Low pH Facial Cleanser 1枚目

Tidak hanya mencerahkan, tetapi juga aman untuk kulit sensitif

8

Avoskin

Natural Sublime Facial Cleanser

Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser 1枚目

Sabun cuci muka dengan infused serum!

9

Unilever

Pond's Instabright Tone Up Facial Foam

Unilever Pond's Instabright Tone Up Facial Foam 1枚目

Facial foam agar wajah glowing dan bebas kilap

10

True to Skin

Matcha Oat Gentle Cleanser

True to Skin  Matcha Oat Gentle Cleanser 1枚目

Sabun cuci muka yang mencerahkan sekaligus menenangkan wajah

Perincian produk
Close
No.1

WhitelabBrightening Facial Wash

Mulai dari Rp38.000,00

Face wash untuk mencerahkan yang aman bagi acne-prone skin

Kelebihan:

  • Tidak membuat muka tertarik
  • Bisa dipakai oleh anak usia 12 tahun ke atas

Kekurangan:

  • Terdapat kandungan SLS dan parfum yang mungkin akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit sensitif

Sedang mencari sabun cuci muka untuk mencerahkan yang aman untuk acne-prone skin? Whitelab jawabannya. Face wash yang mencerahkan wajah ini juga bisa dipakai pada kulit berjerawat serta aman untuk bumil dan busui.


Kandungan utama sabun muka ini ada pada niacinamide dan collagen. Perpaduan bahan ini menyamarkan noda hitam, membantu mengatasi jerawat, sekaligus anti-aging. Dengan sabun ini, minyak pada wajah akan terangkat, kulit terasa halus, dan cerah.

No.2

EminaBright Stuff Facial Wash

Mulai dari Rp29.000,00

Facial wash untuk mencerahkan wajah dengan harga bersahabat

Kelebihan:

  • Harga relatif terjangkau, cocok untuk remaja
  • Tidak mengandung SLS, etanol, dan paraben

Kekurangan:

  • Memiliki kandungan parfum, kurang cocok untuk kulit yang sensitif terhadap pewangi

Skincare berkualitas tak melulu mahal. Bila Anda mencari sabun cuci muka yang harganya terjangkau dan mudah dicari, coba saja Emina. Facial wash untuk mencerahkan wajah yang satu ini tak perlu diragukan lagi.


Kombinasi kandungan summer plum extract dan vitamin B3-nya mencerahkan serta membersihkan wajah dari kotoran dan polutan. Bila digunakan rutin, wajah Anda akan tampak cerah dalam 14 hari, lho!

No.3

Beiersdorf Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam

Mulai dari Rp30.600,00

Cerahkan wajah dengan ekstrak mutiara

Kelebihan:

  • Membuat wajah lebih cerah dan kenyal
  • Tidak meninggalkan kesan licin setelah dibilas

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan perlu menggunakan pelembap setelah pemakaian

Anda sedang mencari sabun wajah yang bisa mengatasi noda hitam? Nivea punya facial foam yang tepat untuk kebutuhan tersebut. Sabun muka Nivea ini mampu mencerahkan wajah berkat kandungan pearl micro serum, rucinol, licorice, dan vitamin C.


Keempat bahan ini bekerja sama dalam mencerahkan dan mencegah terbentuknya melanin penyebab kulit menggelap. Dengan begitu, noda hitam dan bekas jerawat akan tersamarkan. Akan tetapi, facial foam ini memiliki kandungan alcohol denat sehingga pemilik kulit kering perlu berhati-hati.

No.4

KLEVERU Sea Buckthorn Cleansing Gel

Mulai dari Rp77.700,00

Mengandung vitamin C yang memudarkan bekas jerawat

Kelebihan:

  • Bebas kandungan SLS/SLES
  • Aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui
  • Tidak membuat kulit terasa kering setelah pemakaian

Kekurangan:

  • Harganya sedikit pricey

Lelah dengan bekas jerawat yang tak kunjung pudar? Coba pertimbangkan cleansing gel untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat dari Kleveru. Sabun muka ini diperkaya sea buckthorn yang mengandung vitamin C 15x lebih banyak dari jeruk.


Tak hanya cerah, produksi kolagen pada kulit Anda juga akan meningkat. Menariknya, sabun muka ini bebas dari alkohol, paraben, SLS/SLES, pewarna buatan, dan parfum. Dengan demikian, sabun muka ini aman untuk kulit sensitif, bahkan ibu hamil dan menyusui.

No.5

ShiseidoSENKA Perfect White Clay

Mulai dari Rp63.000,00

Sabun muka untuk kulit berminyak dan kusam

Kelebihan:
  • Teksturnya foamy, lembut ketika digunakan
  • Tidak membuat wajah seperti tertarik

Kekurangan:

  • Memiliki kandungan alkohol dan parfum, kurang cocok untuk kulit yang sensitif terhadap kandungan tersebut

Kulit berminyak rawan kusam karena debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Tenang saja, hal itu tidak menjadi masalah jika Anda memakai SENKA Perfect White Clay. Facial foam yang mencerahkan wajah ini mengandung clay yang mampu mengangkat kotoran di wajah hingga ke pori-pori.


Kekuatan pencerahnya 5x lebih kuat sehingga kulit wajah akan tampak lebih cerah dengan pemakaian teratur. Anda juga tak perlu khawatir wajah jadi kering karena sabun muka ini mengandung double hyaluronic acid yang superlembap!

No.6

WardahCrystal Secret Foaming Cleanser with Natural AHA+PHA

Mulai dari Rp35.500,00

Efektif bersihkan kotoran dan sel kulit mati pada wajah

Kelebihan:

  • Terdapat kandungan AHA dan BHA yang berfungsi sebagai exfoliator
  • Teksturnya mild saat diaplikasikan

Kekurangan:

  • Mengandung SLS dan fragrance, kulit yang sensitif perlu berhati-hati menggunakannya

Bagi Anda yang ingin melakukan eksfoliasi, sebaiknya pilih sabun cuci muka ini. Sabun cuci muka yang bagus untuk memutihkan ini memiliki kandungan AHA dan BHA yang efektif hempaskan sel kulit mati. Dengan begitu, wajah akan mengalami regenerasi yang membuatnya tampak segar dan bebas kusam. Ditambah lagi, ekstrak edelweiss yang dimilikinya mampu membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

No.7

SkintificLow pH Facial Cleanser

Mulai dari Rp119.000,00

Tidak hanya mencerahkan, tetapi juga aman untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Tidak membuat wajah seperti tertarik
  • Aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Tidak tersedia ukuran yang lebih besar

Jangan gunakan sembarang face wash bila Anda memiliki kulit sensitif. Agar kulit sensitif Anda tetap terlindungi, kami sarankan produk ini. Facial wash SKINTIFIC ini memiliki pH yang seimbang dan aman digunakan oleh semua jenis kulit. Extra mild cleansing agent yang dimilikinya pun akan membersihkan kulit sensitif dari kotoran dan sebum tanpa membuatnya teriritasi.

No.8

AvoskinNatural Sublime Facial Cleanser

Mulai dari Rp119.000,00

Sabun cuci muka dengan infused serum!

Kelebihan:

  • Bebas kandungan paraben dan SLS
  • Tidak membuat wajah seperti tertarik

Kekurangan:

  • Untuk ukuran 100 ml, harganya cukup pricey

Sabun cuci muka yang mencerahkan mungkin terdengar biasa. Namun, bagaimana dengan sabun muka dengan ekstrak serum? Manfaat sabun pencerah semacam ini bisa Anda rasakan dengan Avoskin.


Sabun cuci muka untuk mencerahkan ini mengandung hyaluronic acid dan niacinamide yang dipadukan dengan berbagai natural ingredients. Sabun muka ini juga low pH dan bebas alkohol. Jadi, selain kulit cerah, skin barrier dan kelembapan kulit Anda akan terjaga.

No.9

UnileverPond's Instabright Tone Up Facial Foam

Mulai dari Rp37.100,00

Facial foam agar wajah glowing dan bebas kilap

Kelebihan:

  • Bebas kandungan etanol dan paraben
  • Aromanya relaxing


Kekurangan:

  • Mengandung parfum, orang yang sensitif dengan kandungan ini perlu berhati-hati

Mau wajah cerah seketika setelah mencuci muka? Sabun cuci muka yang satu ini bisa mewujudkannya. Facial foam untuk mencerahkan wajah dari Pond's ini memberikan efek tone up dalam sekali coba. Hal tersebut karena sabun wajah Pond's ini mengandung milk essence dan whitening ingredients.


Sabun cuci muka ini mengangkat kotoran penyebab kusam, mengurangi kilap pada wajah, dan membuat kulit terasa halus. Namun, sabun cuci muka untuk kulit kusam ini mengandung parfum. Bila kulit Anda sensitif, hati-hati dalam menggunakannya, ya.

No.10

True to Skin Matcha Oat Gentle Cleanser

Mulai dari Rp86.000,00

Sabun cuci muka yang mencerahkan sekaligus menenangkan wajah

Kelebihan:

  • Aroma teh hijaunya calming
  • Tidak mengandung SLS, alkohol, dan pewangi buatan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan ukuran

Punya kulit sensitif dan berjerawat, tetapi ingin mencoba sabun muka yang mencerahkan? Anda bisa mencoba sabun muka dari True to Skin berikut ini. Cleansing gel ini merupakan pembersih wajah dengan pH balanced yang tingkat keasamannya menyerupai kulit Anda.


Kandungan utamanya terdiri dari oat dan beragam pelembap yang membersihkan kulit dengan lembut. Ditambah dengan bahan pencerah, sabun cuci muka ini mampu membersihkan sekaligus mencerahkan wajah. Sabun muka ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Pertanyaan umum seputar sabun wajah

Pertanyaan umum seputar sabun wajah

Setelah menemukan sabun muka yang bagus, bagaimana penggunaan yang tepat? Berikut ini, kami telah merangkum tips dan informasi tambahan yang bisa memaksimalkan perawatan wajah Anda.

Kapan waktu yang tepat untuk memakai sabun cuci muka?

Jawaban pertanyaan tersebut akan bergantung pada kondisi dan kebutuhan kulit Anda. Idealnya, mencuci muka dilakukan pada pagi dan malam hari. Selain itu, mencuci muka juga diperlukan setelah Anda beraktivitas, seperti olahraga atau selepas menggunakan makeup.

Berapa kali harus mencuci muka dalam sehari?

Kulit kering dan sensitif disarankan mencuci muka 1–2 kali sehari. Sementara itu, pemilik kulit berminyak wajib mencuci muka dua kali sehari agar minyak tidak menumpuk di wajah.


Selain itu, perhatikan pula cara pakai sabun cuci muka yang benar. Pastikan Anda membuat busa terlebih dahulu sebelum menggosokkan ke wajah. Saat menggosok pun lakukan dengan lembut, ya. Waktu yang diperlukan untuk mencuci wajah idealnya adalah 2–3 menit saja.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Normalnya, Anda sebaiknya mencuci muka 2–3 kali sehari. Sebaiknya, frekuensinya tidak lebih dari itu karena mencuci muka berlebihan akan berdampak pada skin barrier. Banyak orang berpikir bahwa jerawat merupakan akibat dari kulit yang kotor.


Namun, meski Anda mencuci muka hingga lima kali sehari pun, jerawat Anda tetap tidak akan sembuh. Justru jika Anda terlalu sering mencuci muka dengan sabun, kulit akan menjadi makin kering dan membuat jerawat makin parah. Jadi, cucilah muka dengan frekuensi yang sewajarnya saja.

Baca juga rekomendasi sabun cuci muka lainnya di sini

Kesimpulan

Sabun cuci muka yang bagus untuk mencerahkan kulit saat ini sangatlah beragam. Agar menemukan produk yang tepat untuk kulit Anda, jangan lupa untuk menerapkan tips dari kami.


Simak beragam informasi dari ahli serta review  sabun wajah terbaik yang sudah kami himpun untuk Anda. Silakan bagikan ulasan bermanfaat ini pada teman Anda juga. Akhir kata, selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer