• 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)

Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?


Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
  • Pembaharuan terakhir: 27 Oktober 2021
  • 453.614 Views
Daftar isi

Profil pakar: Cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.

Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit

Anda mungkin bertanya-tanya, seberapa efektif pengaruh sabun cuci muka dalam mencerahkan wajah? Mencuci muka adalah tahapan paling awal dalam perawatan kulit. Kulit yang bersih akan lebih siap menerima tahapan perawatan kulit selanjutnya.


Dengan begitu, pemilihan sabun muka yang tepat akan mendukung keberhasilan perawatan kulit secara lebih optimal. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus Anda simak dalam memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Apakah Anda pernah menggunakan sabun mandi, kemudian setelahnya kulit malah menjadi terasa makin kering? Hal itu terjadi karena beberapa sabun wajah memiliki pH basa (di atas 7). 


Padahal, sabun muka yang baik adalah yang memiliki pH sama dengan kulit, yaitu pada pH 5–5,5 (asam). Tidak heran, ketika Anda mencuci wajah dengan menggunakan sabun mandi, pH kulit menjadi tidak normal sehingga kulit menjadi kering. 


Itulah pentingnya mengapa Anda harus memperhatikan pemilihan sabun yang tepat untuk kulit wajah. Walaupun durasi mencuci muka tergolong tidak lama, Anda sebaiknya memilih produk yang benar. Jika fokus Anda ingin mencerahkan kulit, pilihlah sabun wajah yang mengandung kojic acid, vitamin C, arbutin, AHA, galactomyces, dan ekstrak tumbuhan lainnya.

Periksa manfaat dari sabun wajah Anda

Pertama-tama, mari periksa manfaat dari sabun muka yang hendak Anda pilih. Setiap produk tentunya punya keunggulan yang berbeda-beda, ya.

Mengeksfoliasi dan mencegah kusam, gunakan sabun dengan butiran scrub

Mengeksfoliasi dan mencegah kusam, gunakan sabun dengan butiran scrub
Sebagian dari Anda mungkin pernah merasakan kulit yang langsung tampak lebih cerah setelah mencuci muka. Hal ini karena adanya kandungan eksfoliasi pada sabun muka tersebut. Kandungan eksfoliasi seperti butiran scrub memang umum terdapat pada sabun muka untuk kulit kusam.

Dengan butiran scrub, kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam akan tersapu bersih dari wajah Anda. Tidak heran, sabun cuci muka dengan butiran scrub akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Salah satu penyebab kulit terlihat kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Hal ini bisa diselesaikan dengan eksfoliasi agar sel-sel kulit mati dapat diangkat dan kulit tampak lebih cerah. Namun, eksfoliasi dengan menggunakan scrub juga perlu diperhatikan. 


Hal ini karena bila dilakukan berlebihan dan terlalu sering, scrub dapat mengiritasi kulit sampai menyebabkan luka. Karena itu, pilihlah produk dengan ukuran scrub mikro atau kecil. Selain itu, pilihlah produk dengan scrub yang berasal dari biji tumbuhan. Produk ini dapat menghasilkan scrub yang lebih lembut untuk kulit wajah.


Anda tidak disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang tidak diproses terlebih dahulu seperti kopi dan gula. Bahan alami seperti ini memiliki butiran yang terlalu besar dan kasar sehingga bisa menyebabkan micro-tearing. Hal ini dapat menimbulkan banyak masalah kulit yang tidak diinginkan. Eksfoliasi wajah sebaiknya dilakukan sekitar 2–3 kali saja seminggu dengan menggunakan scrub.

Mencerahkan, terdapat dalam vitamin C, kaolin, atau niacinamide

Mencerahkan, terdapat dalam vitamin C, kaolin, atau niacinamide

Selain butiran scrub, kandungan bahan aktif dalam sabun cuci muka juga bisa membantu mencerahkan wajah Anda. Beberapa kandungan yang umum dalam sabun muka untuk mencerahkan adalah vitamin C, kaolin, dan niacinamide.


  • Vitamin C

Vitamin C adalah kandungan yang paling banyak digunakan untuk sabun pencerah wajah. Kandungan vitamin C dikenal dapat mengurangi produksi melanin yang menjadi penyebab kulit kusam. Beberapa produk memiliki kandungan vitamin C dalam bentuk ekstrak buah yang biasanya tertulis di dalam komposisi kemasannya.


  • Kaolin

Di sisi lain, ada kandungan kaolin atau white clay yang mampu menyerap kotoran di kulit wajah. Dengan kandungan kaolin, sel kulit mati akan terangkat tanpa menyebabkan iritasi karena sifatnya lebih lembut daripada scrub. Sabun pencerah wajah yang mengandung kaolin membuat wajah lebih cerah dan warna kulit menjadi merata.


  • Niacinamide

Selain itu, ada juga kandungan niacinamide yang merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Niacinamide dalam sabun muka yang mencerahkan mendorong produksi kolagen pada kulit sehingga mampu mencerahkan kulitNiacinamide juga baik untuk mengatasi permasalahan skin barrier dan jerawat.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Vitamin C sudah ratusan tahun menjadi primadona sebagai kandungan antioksidan yang powerful. Hal ini membuat vitamin C menjadi kandungan yang populer digunakan untuk skincare dan kosmetik. 


Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari vitamin C:

  • Memiliki efek antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan kulit yang menimbulkan keriput halus. 
  • Dapat mencerahkan kulit yang kusam. 
  • Merangsang produksi kolagen dari dalam diri sehingga elastisitas kulit akan senantiasa terjaga. 

Sementara itu, niacinamide juga banyak digunakan sebagai salah satu kandungan skincare karena:

  • Memiliki efek soothing yang dapat menenangkan peradangan di wajah, termasuk jerawat. 
  • Mampu mencerahkan wajah.

Ketahuilah bahwa penggunaan vitamin C dan niacinamide pada saat yang bersamaan perlu diawasi. Hal ini karena hanya beberapa vitamin C jenis tertentu yang dapat bekerja sama dengan niacinamide.

Melembapkan, pilih sabun muka dengan hyaluronic acid dan glycerin

Melembapkan, pilih sabun muka dengan hyaluronic acid dan glycerin

Selain memilih sabun cuci muka yang bisa mencerahkan wajah, cermati pula kandungan pelembap di dalamnya. Kandungan pelembap sangat disarankan dalam sabun cuci muka agar kulit Anda tidak menjadi kering. 


Kulit yang lembap membuat wajah Anda terlihat lebih sehat dan lebih lembut. Beberapa kandungan pelembap dalam sabun cuci muka, di antaranya hyaluronic acid, glycerin, royal jelly, butylene glycol, dan lain-lain.


Setiap kandungan pelembap ini memberikan efek yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kulit Anda. Karenanya, perhatikanlah kondisi kulit Anda selama penggunaan dan segera hentikan apabila terjadi iritasi, ya.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah kandungan alami yang sudah ada di dalam tubuh Anda. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah hyaluronic acid pun berkurang. Karena hyaluronic acid sangat baik untuk melembapkan kulit, sekarang namanya menjadi populer di dunia skincare product.


Hyaluronic acid dan glycerin adalah pelembap golongan humektan yang bekerja dengan cara mengikat air di udara dan menariknya masuk ke dalam kulit. Dengan begitu, kulit pun bisa menjadi senantiasa lembap. 


Jika kondisi kulit kering Anda serius, cobalah memilih pelembab golongan oklusif yang biasanya terbuat dari oil extract tumbuhan. Cobalah kandungan natural, seperti jojoba oil, olive oil, simethicone, dan silikon sehingga efeknya lebih maksimal.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Jenis kulit wajah terbagi menjadi lima jenis, yaitu kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Setiap jenis kulit wajah memerlukan perlakuan yang berbeda-beda. 


Kulit kering akan membutuhkan sabun cuci muka yang mampu melembapkan kulit sekaligus. Sementara kulit berminyak lebih disarankan memilih sabun cuci muka yang dapat mengendalikan produksi sebum.


Begitu pula dengan jenis kulit kombinasi yang membutuhkan perawatan khusus di daerah T-zone. Sementara kulit sensitif sebaiknya memilih sabun cuci muka yang bebas detergen maupun bahan berisiko lainnya.


Dengan mengetahui jenis kulit wajah, Anda akan lebih mudah menemukan sabun cuci muka terbaik. Hasil perawatan Anda pun akan lebih optimal.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sama dengan pemilihan skincare lainnya, pemilihan sabun juga harus disesuaikan dengan tipe kulit. Fungsi utama sabun adalah untuk membersihkan wajah. Karena itu, pilihlah sabun yang benar-benar efektif untuk membersihkan wajah Anda. 


Selain itu, Anda juga bisa melihat kandungan lainnya yang sesuai dengan masalah kulit. Untuk kulit normal, hal ini tentunya tidak menjadi terlalu sulit. Namun, apabila tipe kulit Anda kering, berhati-hatilah saat memilih sabun pencuci muka. 


Bagi pemilik tipe kulit kering, selain sabun dengan pH seimbang, perhatikan juga level detergen pada sabun. Usahakanlah agar Anda memilih sabun dengan busa yang sedikit, tetapi efektif untuk membersihkan kulit. Bagi kulit berminyak, pertimbangkan kandungan yang dapat mengabsorpsi minyak seperti charcoal.

Cermati tekstur sabun muka Anda

Cermati tekstur sabun muka Anda

Selain berdasarkan kandungan dan jenis kulit, mencari sabun cuci muka yang mencerahkan wajah juga harus mempertimbangkan teksturnya. Saat ini, sabun muka tersedia dalam konsistensi yang beragam, seperti gel, clay, facial wash, dan facial foam.


  • Sabun muka gel punya tekstur ringan dan cenderung cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi.
  • Facial wash dan facial foam punya tekstur lembut dengan banyak varian untuk semua jenis kulit.
  • Sabun muka clay punya tekstur rich yang banyak direkomendasikan untuk kulit berminyak.

Jenis sabun cuci muka di atas cukup populer dan mudah Anda temukan di pasaran. Dengan menambahkan air secukupnya, sabun cuci muka akan menghasilkan busa melimpah yang lembut. Selain itu, sabun cair juga dinilai praktis.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Dengan kemajuan inovasi di bidang skincare, kini hadir berbagai sabun wajah dalam bentuk dan tekstur unik. Hal inilah yang dijadikan sebagai salah satu selling point yang ditawarkan oleh berbagai brand.


Sabun berbentuk cair yang umumnya ada di pasaran lebih cocok digunakan oleh kebanyakan orang. Kebanyakan sabun wajah yang digunakan orang berbentuk busa atau foaming wash. Belakangan ini, ada juga produk sabun muka yang sudah disertai brush atau sikat.


Sebenarnya, perbedaan tekstur sabun tersebut tidak terlalu menjadi masalah. Hal ini karena poin yang perlu diperhatikan adalah pH dari sabun, level detergen, pewangi, atau zat aditif lainnya. Semua kandungan ini bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Karena itu, Anda harus lebih teliti lagi membaca ingredient list-nya!

10 Rekomendasi sabun cuci muka terbaik untuk mencerahkan kulit

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun cuci muka terbaik untuk mencerahkan kulit yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa.

10

True to Skin Matcha Oat Gentle Cleanser

Mulai dari Rp 85.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level 5,5–6,5
Kandungan pencerah/pembersihLicorice dan salicylic acid (BHA) 0,01%
Kandungan pelembapHeart leaf, glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, dan allantoin
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia100 ml
9
Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level -
Kandungan pencerah/pembersihNiacinamide dan licorice
Kandungan pelembapSummer plum extract
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia50 ml
8

UnileverPond's Instabright Tone Up Facial Foam

Mulai dari Rp 29.700,00

Jenis kulitKulit berminyak
pH level 0,8–0,9
Kandungan pencerah/pembersihNiacinamide, milk essence, dan glutaboost essence
Kandungan pelembapGlycerin dan butylene glycol
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia100 g
7

UnileverSt. Ives Radiant Skin Pink Lemon & Mandarin Orange Scrub

Mulai dari Rp 69.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level -
Kandungan pencerah/pembersihPink lemon dan kulit jeruk mandarin
Kandungan pelembapGlycerin
Butiran scrub
Ukuran yang tersedia170 g
6

Beiersdorf Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam

Mulai dari Rp 25.500,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level 0,8–0,9
Kandungan pencerah/pembersihPearl micro serum, rucinol, licorice, dan vitamin C
Kandungan pelembap-
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia100 g
5

KLEVERU Sea Buckthorn Cleansing Gel

Mulai dari Rp 77.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level 5,2–5,5
Kandungan pencerah/pembersihSea buckthorn, houttuynia cordata, dan licorice
Kandungan pelembapProvitamin B5/Panthenol, glycerin, dan allantoin
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia100 ml
4

Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Mulai dari Rp 27.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level 0,4–0,5
Kandungan pencerah/pembersihNiacinamide
Kandungan pelembap-
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia50 ml dan 100 ml
3

AvoskinNatural Sublime Facial Cleanser

Mulai dari Rp 109.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level 0,5–0,6
Kandungan pencerah/pembersihNiacinamide dan pentavitin
Kandungan pelembapHyaluronic acid, marula oil, kale extract, dan cactus extract
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia200 g
2
Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level -
Kandungan pencerah/pembersihMineral white clay dan white cocoon
Kandungan pelembapDouble hyaluronic acid dan glycerin
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia50 g dan 120 g
1
Jenis kulitSemua jenis kulit
pH level 0,6–0,7
Kandungan pencerah/pembersihNiacinamide
Kandungan pelembapCollagen
Butiran scrub×
Ukuran yang tersedia100 g

Tabel perbandingan produk sabun cuci muka terbaik untuk mencerahkan kulit

Gambar produk
1
Whitelab Brightening Facial Wash 1

Whitelab

2
Shiseido SENKA Perfect White Clay 1

Shiseido

3
Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser 1

Avoskin

4
Wardah  Lightening Micellar Gentle Wash 1

Wardah

5
KLEVERU  Sea Buckthorn Cleansing Gel 1

KLEVERU

6
Beiersdorf  Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam 1

Beiersdorf

7
Unilever St. Ives Radiant Skin Pink Lemon & Mandarin Orange Scrub 1

Unilever

8
Unilever Pond's Instabright Tone Up Facial Foam 1

Unilever

9
Emina Bright Stuff Whip 1

Emina

10
True to Skin  Matcha Oat Gentle Cleanser 1

True to Skin

Nama produk

Brightening Facial Wash

SENKA Perfect White Clay

Natural Sublime Facial Cleanser

Lightening Micellar Gentle Wash

Sea Buckthorn Cleansing Gel

Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam

St. Ives Radiant Skin Pink Lemon & Mandarin Orange Scrub

Pond's Instabright Tone Up Facial Foam

Bright Stuff Whip

Matcha Oat Gentle Cleanser

Keunggulan

Face wash untuk mencerahkan yang aman untuk bumil dan acne prone

Sabun muka untuk kulit berminyak dan kusam

Sabun cuci muka dengan infused serum!

Mencerahkan wajah tanpa rasa kesat dan kering!

Mengandung vitamin C yang memudarkan bekas jerawat

Cerahkan wajah dengan ekstrak mutiara

Eksfoliasi ringan dengan aroma menyegarkan

Facial foam agar wajah glowing dan bebas kilap

Facial wash untuk mencerahkan wajah dengan harga bersahabat

Sabun cuci muka yang mencerahkan sekaligus menenangkan wajah

Harga mulai dariRp 37.000,00Rp 35.000,00Rp 109.000,00Rp 27.000,00Rp 77.000,00Rp 25.500,00Rp 69.000,00Rp 29.700,00Rp 20.000,00Rp 85.000,00
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit berminyakSemua jenis kulitSemua jenis kulit
pH level 0,6–0,7-0,5–0,60,4–0,55,2–5,50,8–0,9-0,8–0,9-5,5–6,5
Kandungan pencerah/pembersihNiacinamide Mineral white clay dan white cocoonNiacinamide dan pentavitinNiacinamideSea buckthorn, houttuynia cordata, dan licoricePearl micro serum, rucinol, licorice, dan vitamin CPink lemon dan kulit jeruk mandarinNiacinamide, milk essence, dan glutaboost essenceNiacinamide dan licorice Licorice dan salicylic acid (BHA) 0,01%
Kandungan pelembapCollagen Double hyaluronic acid dan glycerinHyaluronic acid, marula oil, kale extract, dan cactus extract-Provitamin B5/Panthenol, glycerin, dan allantoin-GlycerinGlycerin dan butylene glycolSummer plum extractHeart leaf, glycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, dan allantoin
Butiran scrub×××××××××
Ukuran yang tersedia100 g50 g dan 120 g200 g50 ml dan 100 ml100 ml100 g170 g100 g50 ml100 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar sabun wajah

Pertanyaan umum seputar sabun wajah

Setelah menemukan sabun muka yang bagus, bagaimana penggunaan yang tepat? Berikut ini, kami telah merangkum tips dan informasi tambahan yang bisa memaksimalkan perawatan wajah Anda.

Kapan waktu yang tepat untuk memakai sabun cuci muka?

Mencuci muka memang menyegarkan. Namun, penggunaan sabun cuci muka juga tidak boleh berlebihan. Lalu, kapan sebaiknya Anda menggunakan sabun cuci muka?


Jawaban pertanyaan tersebut akan bergantung pada kondisi dan kebutuhan kulit Anda. Idealnya, mencuci muka diperlukan di pagi dan malam hari. Selain itu, mencuci muka juga diperlukan setelah Anda beraktivitas, seperti olahraga atau selepas menggunakan makeup.

Berapa kali kita harus mencuci muka dalam sehari?

Sama halnya dengan yang telah kami sampaikan sebelumnya, frekuensi penggunaan sabun muka Anda juga tidak disarankan berlebihan. Hal ini dapat dipengaruhi oleh jenis kulit Anda.


Kulit kering dan sensitif disarankan mencuci muka 1–2 kali sehari. Sementara kulit berminyak, wajib mencuci muka dua kali sehari agar minyak tidak menumpuk di wajah.


Selain itu, perhatikan pula cara pakai sabun cuci muka yang benar. Pastikan Anda membuat busa terlebih dahulu sebelum menggosokan ke wajah. Saat menggosok pun lakukan dengan lembut dan jangan terlalu kencang, ya. Waktu yang diperlukan untuk mencuci wajah idealnya adalah 2–3 menit saja.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Normalnya, Anda sebaiknya mencuci muka 2–3 kali sehari. Sebaiknya, frekuensinya tidak lebih dari itu karena mencuci muka berlebihan akan berdampak pada skin barrier. Banyak orang berpikir bahwa jerawat merupakan akibat dari kulit yang kotor. 


Namun, meski Anda mencuci muka hingga lima kali sehari pun, jerawat Anda tetap tidak akan sembuh. Justru jika Anda terlalu sering mencuci muka dengan sabun, kulit akan menjadi makin kering dan membuat jerawat makin parah. Jadi, cucilah muka dengan frekuensi yang sewajarnya saja, ya!

Baca juga rekomendasi sabun cuci muka lainnya di sini

Selain sabun muka untuk mencerahkan wajah, jangan lewatkan pula rekomendasi pembersih muka yang bagus di bawah ini! Silakan klik link berikut untuk beragam tips dan review sabun wajah lainnya, ya.

Kesimpulan

Sabun cuci muka yang bagus untuk mencerahkan kulit saat ini sangatlah beragam. Agar menemukan produk yang tepat untuk kulit Anda, jangan lupa untuk selalu menggunakan tips dari kami.


Simak beragam informasi dari ahli serta review  sabun wajah terbaik yang sudah kami himpun untuk Anda. Bagikan ulasan bermanfaat ini pada teman Anda juga, ya. Akhir kata, selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    986.558 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    562.422 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    104.360 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    749.017 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    290.994 Views
  • Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pembersih wajah atau face cleanser berperan penting untuk membersihkan makeup. Anda bisa mendapatkan pembersih wajah yang bagus dalam berbagai jenis, mulai dari oil, gel, milk, sampai balm. Tiap tipe pembersih memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda.Kali ini, mybest original review akan memverifikasi pembersih wajah yang beredar di pasaran. Review ini dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan tiga poin yang menjadi tolok ukur:1. Kemampuan membersihkan2. Kemampuan melembapkan3. Kandungan bahanSetelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik pilihan mybest. Sejumlah merk, seperti Bioré, Cow Brand, sampai COVERMARK ada di sini! Semoga review ini bisa membantu Anda saat memilih.
    Perawatan wajah
    1.154 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori