1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Perlengkapan bekal
  6. >
  7. 10 Food Container Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Food Container Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Food Container Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Food Container Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Food Container Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Food Container Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Food Container Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Menyimpan makanan akan sangat terbantu apabila menggunakan food container. Kini banyak produk yang memiliki fungsi sebagai kotak makanan yang juga kompatibel dengan microwave dan freezer. Keunggulan setiap produk berbeda-beda, seperti fitur rubber seal ataupun katup udara. Tupperware dan LocknLock adalah contoh merek food container yang bagus.

 

Kali ini kami akan merekomendasikan produk food container plastik atau bahan lainnya yang aman digunakan. Hanya produk berkualitas terbaik yang akan Anda temukan. Sebelum memilihnya, bacalah ulasan cara memilih food container di bawah ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi.
Diperbaharui 12-20-2022
Pakar
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun. Kegemarannya terhadap dunia masak memasak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun media sosialnya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa posting-annya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu lainnya.

Profil Inov Pelawi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih food container

Dalam memilih food container, ada empat poin penting yang harus Anda perhatikan. Supaya tidak bingung, kami akan menjelaskan keempat poin tersebut di bawah ini. 

① Ketahui material yang digunakan

Ketahui material yang digunakan

Pada umumnya, food container terbuat dari kaca, plastik, dan enamel. Simaklah perbedaannya berikut.


  • Produk berbahan plastik mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Bahkan food container thin wall yang berbahan plastik tipis juga kian digemari. Karena ekonomis serta fleksibel untuk membungkus batagor, rujak, dan beragam makanan lainnya, tidak heran banyak penjual makanan menggunakannya.

  • Produk berbahan kaca memiliki ketahanan terhadap aroma yang kuat. Bagian dalamnya pun dapat terlihat karena transparan. 

  • Food container enamel mampu menahan aroma dan warna makanan. Produk berbahan enamel pun mudah dicuci serta memiliki beragam desain menarik. Selain itu, bahan enamel pada food container tidak memiliki pori ataupun goresan. Dengan demikian, bakteri dan lumut tidak punya tempat untuk berkembang di dalamnya.

Apa pun bahannya, sebaiknya pilih food container yang memiliki wadah atau penutup transparan. Jadi, Anda bisa dengan mudah melihat isinya. 

② Agar kualitas dan kesegaran tetap terjaga, cek keberadaan rubber seal dan katup

Agar kualitas dan kesegaran tetap terjaga, cek keberadaan rubber seal dan katup

Fungsi utama food container memang untuk menyimpan makanan. Namun, fungsinya yang paling penting adalah menjaga kualitas makanan tetap segar. Dengan begitu, kualitas makanan tidak berubah meski disimpan dalam waktu yang lama.


Pada umumnya, food container dengan rubber seal dan katup dapat menahan udara luar masuk ke dalam wadah. Hal ini bagus karena perubahan udara dapat mendorong tumbuhnya jamur dan bakteri.


Penyimpanannya pun cenderung memiliki daya tahan yang lebih tinggiRubber seal akan membantu mencegah isi wadah berhamburan keluar saat food container terjatuh. Jadi, produk dengan rubber seal pasti lebih aman digunakan.

③ Perhatikan kedalaman celah penutup untuk mencegah kebocoran

Perhatikan kedalaman celah penutup untuk mencegah kebocoran

Bicara food container, salah satu hal yang membuat pusing adalah produk yang mudah bocor. Mungkin banyak dari Anda memiliki pengalaman kebocoran saat mengeluarkan food container dari kulkas. 


Di sinilah rubber seal sangat berperan! Rubber seal akan merekatkan bagian wadah dan penutup dengan rapat agar tidak mudah bocor. Namun, pastikan rubber seal terpasang dengan benar pada celah penutup agar terhindar dari kebocoran.


Ada juga food container yang antibocor meskipun tanpa rubber seal. Biasanya produk tanpa rubber seal yang antibocor memiliki celah yang lebih dalam pada bagian pinggir penutup. Sebelum membeli, sebaiknya Anda memperhatikan hal tersebut.


Memilih produk yang antibocor akan sangat menguntungkan Anda. Anda jadi bisa menggunakan wadah tersebut untuk berbagai kebutuhan. Bagi Anda yang ingin menyimpan makanan berkuah, pastikan wadah tertutup dengan rapat, ya!

④ Periksa kapasitas dan ukuran produk

Periksa kapasitas dan ukuran produk

Makin banyak food container, makin banyak pula space yang diperlukan untuk menyimpannya. Hal ini juga berlaku untuk produk ukuran kecil. Jadi, kemudahan dalam menyimpan pun penting saat memilih food containerProduk yang bisa disusun lebih praktis karena tidak terlalu memakan tempat


Susunlah food container sesuai dengan jenis bahan makanannya. Hal ini akan memudahkan dalam menyusun dan mencarinya saat dibutuhkan. Sebab itu, lebih baik pilih food container dari brand yang sama daripada membeli produk secara terpisah.


Hal penting lainnya adalah memilih ukuran food container sesuai dengan kebutuhan. Gunakan food container yang ukurannya lebih besar untuk lauk. Untuk penyimpanan nasi, gunakan wadah yang berbeda. Anda yang tinggal sendiri akan sangat terbantu dengan hal ini.


Wadah yang berkapasitas 500 ml akan sangat berguna untuk menyimpan makanan sisa. Ukuran ini bisa digunakan di mana saja.

10 Rekomendasi food container terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk food container terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Inov Pelawi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Deja Vu

Food Container

Deja Vu Food Container 1枚目

Kian rapat menutup berkat pengunci ganda plus silicone seal

2

VOOVA

Food Storage Container

VOOVA Food Storage Container 1枚目

Modelnya simpel dan mudah diatur saat disimpan

3

Victory

Thin Wall Bento 4 Sekat

Victory Thin Wall Bento 4 Sekat 1枚目

Simpan empat jenis makanan secara terpisah

4

Micoe

Kotak Makan Stainless Steel 304

Micoe Kotak Makan Stainless Steel 304 1枚目

Sangat awet dan penutupnya pun transparan

5

IKEA

PRUTA

IKEA PRUTA 1枚目

Ukurannya bervariasi untuk berbagai kebutuhan

6

Tupperware

Classy Crystalline Collection

Tupperware Classy Crystalline Collection 1枚目

Lebih praktis dengan fungsi 3-in-1

7

LocknLock

Home Party Gift Set

LocknLock Home Party Gift Set 1枚目

Food container kedap air dan kedap udara

8

Tupperware

Fresh Mint Collection

Tupperware Fresh Mint Collection 1枚目

Dial pada penutup sebagai pengingat waktu penyimpanan

9

LocknLock

EZ Lock Food Container 650 ml

LocknLock EZ Lock Food Container 650 ml 1枚目

Dilengkapi skala ukuran kapasitas untuk mengetahui kapasitas sisa makanan

10

IKEA

REDA

IKEA REDA 1枚目

Alternatif pengganti mangkuk dengan penyimpanan yang ringkas

Perincian produk
Close
No.1

Deja VuFood ContainerHSB139

Mulai dari Rp49.000,00

Kian rapat menutup berkat pengunci ganda plus silicone seal

Adanya pengunci di kedua sisi membuat tutup produk ini melekat lebih kuat. Tidak hanya itu, bagian dalam tutupnya juga dilengkapi silicone seal sehingga sangat optimal mencegah udara keluar masuk.


Dengan keunggulan tersebut, nyatanya produk ini memiliki harga yang masih ramah kantong. Bila Anda butuh food container yang tutupnya mampu mengunci dengan sangat rapat, produk ini solusinya.

No.2

VOOVAFood Storage Container

Mulai dari Rp40.400,00

Modelnya simpel dan mudah diatur saat disimpan

Produk VOOVA yang satu ini adalah food container dengan model simpel. Anda tentu bisa menggunakannya untuk menyimpan MPASI. Produk ini cocok sekali digunakan sebagai wadah penyimpanan makanan sisa. Anda hanya perlu menyimpannya di dalam kulkas dan bisa dipanaskan keesokan harinya.


Bentuknya compact, tidak masalah jika diselipkan ke dalam kulkas yang penuh dengan stok makanan. Dengan wadah yang transparan, Anda juga dapat dengan mudah melihat kualitas makanan di dalamnya. Pencinta produk minimalis jangan sampai melewatkan food container ini, ya!

No.3

VictoryThin Wall Bento 4 Sekat

Mulai dari Rp1.937,00

Simpan empat jenis makanan secara terpisah

Untuk menempatkan empat hidangan secara rapi dan terpisah, food container thin wall yang bagus merek Victory ini adalah pilihannya. Dirancang bersekat, food container ini siap digunakan untuk menyimpan empat jenis makanan sekaligus.


Tenang saja karena plastik yang digunakan berkualitas food grade sehingga makanan Anda terjamin kualitasnya. Harganya sangat ramah kantong, food container ini juga cocok Anda gunakan untuk usaha katering.

No.4

MicoeKotak Makan Stainless Steel 304

Mulai dari Rp398.000,00

Sangat awet dan penutupnya pun transparan

Satu set container box yang bagus merek Micoe ini terdiri dari tiga unit yang berbeda ukuran. Dilengkapi penutup transparan, Anda bisa dengan mudah mengetahui kondisi makanan di dalamnya. Penutupnya pun dikelilingi silikon sehingga wadah ini antibocor.


Micoe merupakan produsen spesialis produk berbahan stainless steel. Jadi, kualitas bahannya sudah tidak diragukan. Bahannya tahan lama dan antikarat. Dapatkan food container metal yang ketahanannya mumpuni dengan membeli produk ini!

No.5

Ukurannya bervariasi untuk berbagai kebutuhan

IKEA PRUTA terdiri dari tujuh belas buah wadah dengan berbagai ukuran. Bila Anda mencari food container yang opsi ukurannya sangat variatif, pilih saja produk ini. Produk ini juga dapat disusun sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan bahan mentah di kulkas.

Wadahnya yang transparan akan memudahkan Anda untuk melihat isinya. Perawatannya pun mudah karena kompatibel dengan dishwasher. Selain itu, material produk ini BPA-free dan dapat didaur ulang. Sayangnya produk ini mungkin akan bocor apabila Anda menyimpan makanan yang berair. Jadi, harap hati-hati.
No.6

TupperwareClassy Crystalline Collection

Mulai dari Rp1.485.000,00

Lebih praktis dengan fungsi 3-in-1

Pencinta produk multifungsi wajib membeli produk ini. Classy Crystalline Collection merupakan produk baru dari Tupperware yang memiliki desain modern dan warna segar. Produk ini memiliki fungsi 3-in-1. Selain untuk penyimpanan, produk ini juga bisa dihangatkan dan dijadikan sebagai wadah penyajian.


Penyimpannya pun tidak memakan banyak space karena produk dapat disusun rapi secara nesting. Pada bagian tutup, terdapat slot sendok sehingga Anda bisa dengan mudah menutupnya tanpa terganjal. Anda juga akan mendapat bonus empat jenis sendok yang disesuaikan dengan tiap-tiap wadah.

No.7

LocknLockHome Party Gift Set

Mulai dari Rp549.000,00

Food container kedap air dan kedap udara

Selain Tupperware, food container yang bagus merek LocknLock ini juga memiliki kualitas mumpuni, lho! Berkat keberadaan empat pengunci, produk ini menjadi kedap udara dan antitumpah. Produk ini juga tergolong aman karena sudah melalui öko test (tes produk) dan mendapatkan grade SEHR GUT (sangat baik). 

Pengunci pada penutupnya didesain bergelombang agar mudah dibuka dan ditutup. Keistimewaan lainnya yaitu produk dikemas di dalam gift box. Jadi, produk ini juga cocok Anda pilih untuk dijadikan hadiah ulang tahun atau pernikahan.

No.8

TupperwareFresh Mint Collection

Mulai dari Rp329.000,00

Dial pada penutup sebagai pengingat waktu penyimpanan

Jika Anda sedang mencari food container khusus untuk penyimpanan di dalam freezer, produk ini adalah jawabannya. Tutup produk ini dilengkapi dial yang dapat diatur. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan waktu dimasukkannya makanan ke dalam freezer. Fitur ini berfungsi mengetahui kelayakan makanan untuk dikonsumsi.


Selain itu, tutupnya ketat dan cukup rapat untuk menahan udara masuk dan keluar. Jadi, aroma makanan tidak akan tercampur dengan udara luar. Ujung sudutnya juga dilengkapi tube agar mudah dibuka.

No.9

LocknLockEZ Lock Food Container 650 ml

Mulai dari Rp33.000,00

Dilengkapi skala ukuran kapasitas untuk mengetahui kapasitas sisa makanan

LocknLock EZ Lock Food Container ini memiliki skala ukuran kapasitas pada bagian wadahnya. Anda bisa dengan mudah mengetahui kapasitas sisa makanan yang ada di dalamnya. Bentuknya bulat memanjang, Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan makanan kering pelengkap meja tamu Anda. 

Memiliki ketahanan yang baik, produk ini mampu menahan beban hingga 50 kg saat disusun. Selain itu, makanan dapat dipanaskan dalam waktu singkat dengan floor home design yang meningkatkan konduktivitas terma. Jika Anda ingin mengetahui kapasitas makanan yang tersedia dalam sekali lirik, pilih saja produk ini.

No.10

Alternatif pengganti mangkuk dengan penyimpanan yang ringkas

Food container IKEA REDA ini memiliki lima ukuran dalam satu paket. Anda bisa menyimpan makanan seperti ham, keju, atau makanan sisa lainnya. Saat tidak digunakan, wadah yang lebih kecil bisa dimasukkan ke dalam wadah yang lebih besar.

Bagi Anda yang tinggal sendiri dan tidak ingin banyak perabot, pilih saja produk ini. Bentuknya bulat melengkung, Anda dapat menjadikannya sebagai mangkuk. Ingin membawa bekal ke kantor? Anda juga dapat menggunakan food container ini.

Metode penyimpanan food container yang rapi

Metode penyimpanan food container yang rapi

Apabila food container yang ukurannya berbeda disusun begitu saja, banyak space akan terbuang. Solusinya adalah Anda bisa menggunakan keranjang plastik untuk penyimpanannya.

Susun food container sesuai dengan ukuran ke dalam keranjang yang diletakkan di laci. Hal ini dapat mencegah food container tergelincir saat disimpan di laci atau kabinet. Anda juga akan lebih mudah memakainya jika disusun berdasarkan ukuran.

Saat menyimpan, susun wadah dan penutup di keranjang secara terpisah. Simpan wadah food container dengan cara menumpuknya dan letakkan tutupnya secara vertikal. Dengan cara ini, penyimpanan menjadi lebih maksimal.


Jika food container sudah terlalu banyak, ada baiknya untuk menyortir. Pastikan produknya masih lengkap dengan tutup dan tidak rusak. Kerusakan pada food container bisa membuat bahan makanan menurun kualitasnya.

Tips menghilangkan bau pada kontainer makanan dari cooking influencer kami, Inov Pelawi

Tips menghilangkan bau pada kontainer makanan dari cooking influencer kami, Inov Pelawi

Anda bisa mencuci food container menggunakan air yang cenderung panas dan sabun cuci piring agar bau tidak membandel. Setelah dicuci, segera keringkan kontainer makanan dengan lap atau tisu dapur.

Baca juga rekomendasi produk tempat makan lainnya di sini

Sebenarnya, hampir semua food container dapat Anda jadikan sebagai wadah bekal. Akan tetapi, ada beberapa jenis wadah bekal dengan tujuan penggunaan khusus. Untuk lebih detailnya, baca juga artikel kami tentang tempat makan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Anda sudah tahu produk mana yang akan dipilih? Kali ini kami telah menjelaskan tipe food container dan bahan yang digunakan. Sebelum berbelanja, tidak ada salahnya Anda mengecek produknya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. 

Anda juga perlu hati-hati dalam menyimpan food container. Pintar-pintarlah dalam memilih produk. Produk yang tepat akan menjadi sangat bermanfaat. Nah, jangan sampai salah pilih, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer