10 Rekomendasi Snack Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Snack Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Anda suka ngemil? Konsumsilah snack gandum yang sehat sebagai camilan Anda. Snack yang mengandung banyak serat ini dapat dengan mudah Anda temui di supermarket atau minimarket, bahkan secara online. Namun, snack gandum seperti apa yang baik untuk kesehatan Anda?

Ada berbagai merek snack gandum, seperti Roma, Koko Krunch, Crich, dan banyak lainnya. Kami akan memberikan cara memilih snack gandum yang tepat serta rekomendasinya. Kami juga akan menjelaskan manfaat snack gandum untuk kesehatan Anda. Ayo simak artikel berikut ini!

Daftar isi

Manfaat snack gandum untuk kesehatan

Manfaat snack gandum untuk kesehatan

Gandum merupakan keluarga serealia atau padi-padian. Agar dapat dijadikan snack, gandum harus diolah terlebih dahulu menjadi tepung. Tepung gandum terbuat dari kulit ari (bran), endosperma, dan lembaga (germ) gandum. Keseluruhannya digiling bersamaan tanpa dipisahkan terlebih dahulu sehingga tepung gandum memiliki warna kecokelatan dan tekstur yang lebih kasar. Tepung gandum memiliki kandungan serat pangan yang tinggi, protein, vitamin B, vitamin E, dan kandungan lainnya.

Kandungan serat pangan yang tinggi pada tepung gandum membuatnya baik untuk kesehatan pencernaan. Serat pangan yang tinggi juga membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, snack dari gandum rendah kalori dapat menjadi camilan bagi Anda yang sedang berdiet. Snack gandum juga baik untuk Anda penderita diabetes karena low GI.

Cara memilih snack gandum

Manfaat snack gandum memang banyak untuk kesehatan. Berikut adalah cara memilih snack gandum yang baik untuk kesehatan Anda. Simak terus agar Anda tidak salah memilih.

Pilih jenis snack gandum sesuai kebutuhan Anda

Pilih jenis snack gandum sesuai kebutuhan Anda

Ada berbagai jenis snack gandum yang dapat Anda temui di pasaran. Anda dapat menemui cereal, biskuit, snacks bar, dan keripik yang terbuat dari gandum. Semuanya dapat Anda jadikan sebagai camilan yang sehat di sela-sela aktivitas Anda.

Untuk Anda dengan aktivitas yang tinggi dapat memilih biskuit gandum atau snack bar sebagai camilan pengganjal perut. Snack bar tidak hanya mengandung gandum, tetapi juga biji-bijian lainnya dan juga buah. Snack bar dapat menjadi pilhan yang lebih sehat dan mengenyangkan untuk Anda. Biskuit, cookiescrackers, dan keripik dapat Anda sajikan saat bersantai sendiri maupun bersama rekan-rekan.

Seperti yang sudah Anda ketahui, cereal dapat Anda jadikan sebagai alternatif sarapan pagi. Cereal sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa. Selain sebagai sarapan, bentuk kepingan cereal yang kecil juga dapat dijadikan sebagai camilan.

Pilih varian rasa yang Anda sukai

Pilih varian rasa yang Anda sukai

Jika Anda lebih menyukai cita rasa manis, Anda dapat memilih biskuit dengan lapisan selai, cereal, dan snack bars. Biskuit hadir dalam berbagai pilihan rasa selai, seperti cokelat, kacang, dan buah-buahan. Snack gandum dalam bentuk cereal memiliki rasa cokelat yang juga menjadi favorit anak-anak. Cereal dapat Anda jadikan sebagai sarapan bagi Anda dan keluarga. Sementara snack bars hadir dalam berbagai pilihan rasa, seperti buah, kacang, dan cokelat.

Bagi Anda yang lebih menyukai cita rasa gurih, Anda dapat memilih biskuit tanpa selai. Biskuit gandum tanpa selai memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis. Ada juga keripik dari gandum yang dapat Anda nikmati dalam berbagai varian rasa gurih. Tentu saja Anda harus memilih keripik gandum yang dipanggang agar lebih sehat.

Perhatikan label kemasan

Agar manfaat snack gandum lebih terasa bagi kesehatan, Anda harus memperhatikan label kemasannya. Apa saja yang harus Anda perhatikan? Berikut poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih snack gandum.

Perhatikan kandungan tepung gandum

Perhatikan kandungan tepung gandum

Saat memilih snack gandum, perhatikan kandungan tepung gandum yang tertera pada kemasan. Pilihlah kandungan tepung gandum di atas 30%. Kandungan tepung gandum utuh di atas 30% membuat tekstur yang lebih padat serta serat pangan yang lebih tinggi. Jika Anda menemukan camilan dari gandum di bawah 30%, pastikan camilan tersebut mencampurkan biji-bijian lainnya. Campuran biji-bijian lainnya dapat meningkatkan kadar serat pangan camilan tersebut.

Namun, banyak merek yang tidak mencantumkan banyaknya kandungan tepung gandum dalam produknya. Dalam hal ini, Anda dapat memastikan bahwa tepung gandum adalah bahan utama dengan melihat urutan penulisan bahan-bahan. Anda dapat mengetahui bahwa kandungannya lebih banyak tepung gandum jika tepung gandum dicantumkan paling awal.

Perhatikan kandungan gula dan kalori

Perhatikan kandungan gula dan kalori

Ketika sedang menjalani diet, kandungan gula dalam makanan sangat perlu diperhatikan. Pilihlah snack gandum dengan kandungan gula sampai 10 gram per konsumsinya. Di samping itu, perhatikan juga jumlah kalori per konsumsi. Dengan memperhatikan jumlah kalori per konsumsi, Anda dapat memperhitungkan jumlah snack yang Anda makan. Selanjutnya hitung kalori harian Anda agar tidak melebihi batas yang dianjurkan.

Pilih snack yang dipanggang agar lebih rendah lemak

Pilih snack yang dipanggang agar lebih rendah lemak

Pilihlah snack gandum yang dipanggang, terutama untuk keripik. Makanan yang dipanggang memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan yang digoreng. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan snack yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

10 Rekomendasi snack gandum terbaik

Setelah mengetahui tips memilih snack gandum yang sehat, berikut ini kami sajikan beberapa produk rekomendasinya. Kami akan memberikan berbagai snack gandum yang sehat dan juga nikmat untuk Anda.

10. Mammos Wheat Cracker

10. Mammos Wheat Cracker

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 38.000

Lebih banyak protein untuk otot Anda

Anda sedang giat berolahraga? Cobalah snack gandum asal Korea yang mengandung kacang kedelai ini. Kandungan proteinnya tergolong tinggi, yaitu 10 g per 100 gram. Kandungan protein yang tinggi dapat membantu pembentukan otot serta pembakaran lemak dan mengenyangkan lebih lama.

Kandungan tepung gandum 47,8%
Kalori 375 kkal (per 100 gram)
Gula Tidak disebutkan
Serat pangan Tidak disebutkan
Rasa Original

9. Crich Crackers

9. Crich Crackers

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 45.000

Rasa lebih nikmat dengan fermentasi 24 jam

Cita rasa dan aroma crackers ini didapatkan dari fermentasi ragi selama 24 jam. Fermentasi ragi selama 24 jam menghasilkan crackers yang lebih beraroma. Bentuk crackers ini juga unik, yaitu persegi panjang dengan titik-titik belah di tengahnya. Anda dapat membagi 2 crackers dengan sempurna.

Selain tepung gandum, Crich Crackers juga mengandung wheat bran atau kulit ari gandum. Kandungan wheat bran membuat teksturnya semakin padat. Tidak hanya tekstur, kandungan serat pangannya juga lebih banyak. Kandungan seratnya dapat membantu memperlancar pencernaan Anda.

Kandungan tepung gandum 45%
Kalori 423 kkal (per 100 gram)
Gula 2 gram
Serat pangan 6,8 gram
Rasa Original

8. Roma Biskuit Sari Gandum Sandwich

8. Roma Biskuit Sari Gandum Sandwich

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.500

Krim susu lezat dan sehat

Harga Roma Biskuit Sari Gandum Sandwich sangat bersahabat, terutama untuk kantong pada pelajar. Meskipun ekonomis, rasanya juga tidak kalah enaknya dengan camilan lainnya. Perpaduan renyahnya biskuit gandum dan lembutnya krim susunya sangat pas.

Krim pada biskuit sandwich ini memiliki cita rasa susu yang creamy dan lezat. Tersedia dalam 2 varian rasa krim, susu & cokelat dan selai kacang. Jika Anda lebih menyukai cita rasa asin, Anda dapat memilih rasa selai kacang yang gurih.

Kandungan tepung gandum 35,31%
Kalori 150 kkal (per 29 gram)
Gula 6 gram
Serat pangan Tidak disebutkan
Rasa Susu & cokelat, selai kacang

7. Wasa Sandwich

7. Wasa Sandwich

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Para penyuka camilan keju tidak boleh ketinggalan camilan gandum yang satu ini. Isian keju di tengahnya memiliki berbagai varian rasa yang menarik. Meskipun menggunakan cheese powder, rasa kejunya tergolong lezat jika dipadukan dengan crispbread.

Anda dapat memilih rasa cheese tomato & basil untuk pilihan rasa yang lebih segar. Tidak hanya rasa keju, Wasa Sandwich juga memiliki rasa lainnya. Jika Anda seorang vegan, Anda dapat memilih varian rasa hummus yang segar tanpa keju.

Kandungan tepung gandum 46%
Kalori 449 kkal (per 100 gram)
Gula 2,5 gram
Serat pangan Tidak disebutkan
Rasa Mild cheese, cheese & chives, cheese tomato & basil, cheese & French herbs, hummus

6. Nabisco Wheat Thins Reduced Fat

6. Nabisco Wheat Thins Reduced Fat

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 227.000

Isi lebih banyak untuk dinikmati bersama keluarga

Berkumpul bersama seluruh anggota keluarga tidak lengkap tanpa adanya camilan. Jadikan Nabisco Wheat Thins Reduced Fat sebagai camilan bersama yang sehat. Isinya cukup banyak untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga Anda.

Crakers satu ini memiliki ukuran yang tipis sehingga sangat renyah ketika digigit. Rasa manis dan asinnya akan memuaskan lidah Anda. Produk ini tidak mengandung perasa dan pewarna buatan sehingga ramah untuk anak-anak.

Kandungan tepung gandum 72,41%
Kalori 120 kkal (per 29 gram)
Gula 4 gram
Serat pangan 3 gram
Rasa Original

5. Nestle Koko Krunch Maxx

5. Nestle Koko Krunch Maxx

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 19.500

Cereal cokelat lengkap dengan vitamin dan mineral

Siapa tidak kenal dengan Koko Krunch? cereal Koko Krunch ini mungkin juga jadi salah satu favorit Anda ketika kecil. Berbeda dengan Koko Krunch biasanya, Koko Krunch Maxx memiliki isian krim cokelat yang lembut dan meleleh di mulut.

Anda dapat menjadikan cereal ini sebagai pengganti sarapan untuk si kecil. Selain sebagai sarapan, Koko Krunch Maxx juga enak untuk dijadikan sebagai camilan. Di dalamnya sudah terkandung vitamin dan asam mineral yang baik untuk pertumbuhan.

Kandungan tepung gandum 27%
Kalori 135 kkal (per 30 gram)
Gula 9 gram
Serat pangan 5,6 gram
Rasa Cokelat

4. Van Der Meulen Melba Toast Volkoren

4. Van Der Meulen Melba Toast Volkoren

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 49.500

Rendah lemak, rendah kalori, diet aman!

Snack gandum asal Belanda ini merupakan kreasi dari 4 generasi Bakers Van der Muelen. Resep yang digunakan membuat toast ini sangat renyah di setiap gigitannya. Bahan yang digunakan untuk toast ini merupakan bahan-bahan organik. Anda dapat menikmatinya dengan krim keju, irisan salmon, dan lainnya.

Kandungan lemaknya pun sangat rendah, hanya 1,5 gram per 20 gram. Rendahnya kandungan lemak serta lemak jenuhnya sangat aman untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Ramah juga untuk Anda yang sedang menjalani diet.

Kandungan tepung gandum 85%
Kalori 79 kkal (per 20 gram)
Gula 0,5 gram
Serat pangan 1,7 gram
Rasa Original

3. Nature’s Bakery Whole Wheat Fig Bar

3. Nature's Bakery Whole Wheat Fig Bar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.900

Lebih banyak pilihan rasa menarik!

Nature’s Bakery Whole Wheat Fig Bar merupakan snack gandum bebas bahan GMO. Anda dapat menikmati camilan ini setelah selesai berolahraga atau di tengah-tengah jam sibuk Anda. Isian pasta buah fig di tengahnya akan menambah energi Anda. Dikemas dalam kemasan satuan memudahkan Anda untuk membawanya ke mana saja.

Snack gandum ini memiliki lebih banyak varian rasa buah-buahan. Varian rasa yang banyak ini tidak menggunakan perasa buatan. Seluruh varian rasanya menggunakan buah asli dan perasa alami yang aman untuk tubuh. Produk ini juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai produk ramah vegan.

Kandungan tepung gandum Tidak disebutkan
Kalori 100 kkal (per 28 gram)
Gula 10 gram
Serat pangan 2 gram
Rasa Pumpkin spice, lemon, apple cinnamon, strawberry, raspberry, blueberry, original, peach apricot

2. Kalbe Fitchips

2. Kalbe Fitchips

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.900

Renyah, gurih, dan guilty free!

Para penggemar keripik tidak boleh ketinggalan snack gandum yang satu ini. Pasalnya sangat sulit menggantikan rasa MSG dan renyahnya keripik yang biasa Anda makan. Fitchips merupakan keripik sehat berasal dari gandum serta biji-bijian yang dipanggang.

Tidak hanya dipanggang, Fitchips juga tidak menggunakan MSG dalam pengolahannya. Meskipun tanpa MSG, rasa Fitchips ini tetap gurih dan tidak membuat haus. Fitchips tersedia dalam 3 varian rasa. Jika Anda menyukai rasa manis gurih, Anda dapat memilih rasa Honey BBQ.

Kandungan tepung gandum 16,5%
Kalori 70 kkal (per 15 gram)
Gula 1 gram
Serat pangan 1 gram
Rasa Seaweed, honey BBQ, cheese & herbs

1. Julie’s Oat 25 Ten Grains

1. Julie's Oat 25 Ten Grains

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.500

Cookies sehat kaya serat

Jika Anda sering mengalami konstipasi, Anda harus lebih banyak mengonsumsi serat. Bukan hanya tepung gandum, snack ini juga mengandung 10 grains lainnya. Grains kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Banyaknya grains yang terkandung di dalamnya dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Meskipun mengandung banyak grainscookies ini tetap nikmat untuk dikonsumsi. Perpaduan rasa manis, susu, dan serat pas untuk dinikmati menjadi camilan.

Kandungan tepung gandum Tidak disebutkan
Kalori 496,78 kcal (per 100 gram)
Gula 18,04 gram
Serat pangan 4,3 gram
Rasa Susu

Baca juga rekomendasi snack terbaik lainnya di sini

Mengonsumsi camilan memang sangat menyenangkan, apalagi di saat bersantai. Ada banyak jenis snack yang dapat Anda temui. Memilih snack yang Anda sukai tentu tidak terlalu sulit, tetapi mungkin Anda menginginkan rekomendasi snack yang enak. Jika Anda tertarik untuk mencoba camilan lainnya, Anda dapat membacanya pada tautan berikut.

Kesimpulan

Tidak terlalu sulit memilih snack gandum untuk dikonsumsi. Pastikan kandungan tepung gandum pada snack tersebut agar Anda dapat mendapatkan manfaatnya. Selain itu, perhatikan pula kandungan serat pangan serta kalori camilan tersebut. Pilih juga snack dengan rasa yang paling Anda sukai.

Semoga Anda terbantu dengan artikel ini. Yuk, segera pesan snack gandum favorit Anda dan jangan sampai kehabisan. Stay healthy!