• 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Hand mixer merupakan peralatan dapur yang memberi kemudahan bagi Anda untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya, khususnya hand mixer mini, untuk membuat MPASI si kecil. Alat praktis ini merupakan perlengkapan penting untuk rumah tangga.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih hand mixer terbaik sekaligus memberi sepuluh rekomendasi produk yang bagus. Hand mixer merek Philips, Miyako, Han River, dan Signora ada di sini. Anda juga akan menemukan tips tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Temukan review setiap produknya di bawah ini, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Inov Pelawi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Agustus 2022
Daftar isi

Berkolaborasi dengan cooking influencer, Inov Pelawi

Berkolaborasi dengan cooking influencer, Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun.

Kegemarannya terhadap dunia masak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun Instagram-nya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa kontennya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu.

Kenali perbedaan hand mixer dan stand mixer

Kenali perbedaan hand mixer dan stand mixer

Saat hendak membeli mixer, bisa jadi Anda bingung menentukan mixer yang sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya, mixer terbagi menjadi dua jenis, yaitu stand mixer dan hand mixer. Keduanya memiliki banyak perbedaan sehingga Anda harus mengenalinya sebelum membeli.


  • Stand mixer

Sebaliknya, stand mixer atau mixer berdiri bisa dikatakan juga sebagai mixer otomatis. Mixer ini memiliki dudukan permanen dan mangkuk adonan sebagai pelengkapnya. Kapasitas dan kekuatan standing mixer lebih besar sehingga lebih cocok untuk kebutuhan usaha. Hal ini jugalah yang membuat harga stand mixer lebih tinggi.


  • Hand mixer

Mixer ini dioperasikan menggunakan tangan atau bisa disebut mixer manual. Karena menggunakan tangan, ukuran dan kekuatannya tentu disesuaikan dengan kemampuan tangan manusia. Oleh sebab itu, hand mixer lebih cocok untuk kebutuhan harian rumah tangga atau bisnis kecil rumahan.


Namun, belakangan ini ada juga hand mixer dengan dudukan yang dapat dilepas-pasang. Tujuannya adalah untuk membantu Anda agar dapat bekerja lebih efisien. Anda tinggal memasang hand mixer pada dudukan sehingga Anda bisa menggunakan kedua tangan untuk mengerjakan hal lain.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Hand mixer memiliki desain yang lebih sederhana dan simpel dibandingkan stand mixer. Bentuk hand mixer lebih kecil dibandingkan stand mixer yang umumnya lumayan besar dan berat. Perbedaan yang paling signifikan antara hand mixer dan stand mixer terletak pada bentuk dan cara memakainya.


Untuk hand mixer, Anda harus terus memegangnya ketika sedang mencampur adonan. Hal ini berlaku baik untuk hand mixer manual maupun elektrik. Sebaliknya, stand mixer dapat dibiarkan bekerja begitu saja ketika dioperasikan. Dengan stand mixer, Anda bisa mengerjakan hal lainnya ketika menunggu adonan diaduk.

Cara memilih hand mixer

Supaya Anda bisa menggunakan hand mixer sesuai dengan kebutuhan, simaklah ulasan berikut terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa menemukan produk yang paling tepat untuk dimiliki.

Sesuaikan ukuran dan beratnya agar tangan tidak mudah lelah

Sesuaikan ukuran dan beratnya agar tangan tidak mudah lelah
Hand mixer biasanya digunakan dengan sebelah tangan saja. Karena itu, akan sangat merepotkan jika bobotnya terlalu berat karena jadi sulit digunakan. Jika Anda hendak membeli hand mixer untuk pemakaian tidak menentu, Anda cukup memilih produk berukuran mini. 

Walaupun Anda perlu hand mixer untuk intensitas dan pekerjaan yang lebih berat, Anda bisa memilih produk standar. Namun, agar tetap nyaman dipakai, sebaiknya pilih hand mixer dengan bobot maksimal 2 kg


Selain bobot, perhatikan juga desain dan kemudahan saat menggenggam handle-nya. Pilihlah produk yang panjangnya tidak lebih dari 20 cm. Dengan panjang maksimal 20 cm, tombol pengatur kecepatan pun akan lebih mudah dioperasikan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Hand mixer harus digunakan dengan tangan langsung. Karena itu, kecepatan mengaduk adonan juga sangat bergantung pada seberapa kencang dan cepatnya Anda memutar pergelangan tangan


Karena hal ini, Anda bisa merasa pegal dengan lebih cepat ketika menggunakannya, apalagi bila ukuran mesinnya besar dan berat. Ditambah lagi, Anda juga harus memegang mangkuk tempat Anda mengaduk adonan agar tetap stabil.

Pilih yang level kecepatannya sesuai dengan kebutuhan pemakaian

Pilih yang level kecepatannya sesuai dengan kebutuhan pemakaian
Pada umumnya, hand mixer dilengkapi dengan tombol pengatur kecepatan putaran. Dengan mengatur kecepatan mixer, tekstur dan tampilan makanan bisa diatur. Untuk membuat dessert, kami menyarankan hand mixer yang memiliki setidaknya tiga level kecepatan putaran. Mixer ini sudah mampu menguraikan gumpalan, mencampur, dan mengembangkan adonan. 

Anda hendak membuat adonan bertekstur sangat halus seperti whipped cream dan meringue? Jika demikian, pilihlah hand mixer dengan lima atau sepuluh level kecepatan putaran. 


Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan sisi kemudahan dalam pemakaiannya. Pastikan Anda dapat mengganti level kecepatan putarannya dengan sebelah tangan saja tanpa kesulitan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Setiap mixer memiliki tingkat kecepatan yang berbeda-beda. Namun, biasanya hand mixer hanya memiliki tiga level kecepatan. Tingkat kecepatan mixer juga turut memengaruhi hasil akhir kue yang Anda hasilkan nantinya. 


Selain itu, karena hand mixer hanya digunakan dengan satu tangan saja, pastikan fitur kontrol pengaturan kecepatannya tidak rumit. Sebaiknya Anda memilih produk dengan tombol speed yang mudah digeser agar kecepatannya bisa diatur dengan praktis.

Pastikan hand mixer punya sirkulasi yang baik

Pastikan hand mixer punya sirkulasi yang baik
Waktu pengadukan yang diperlukan untuk tiap jenis adonan bisa berbeda-beda. Selain itu, adonan juga memiliki tekstur dan bobot yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh pada kinerja mesin hand mixer. Selama beroperasi, mesin akan mengeluarkan panas sehingga penting untuk memilih produk yang memiliki rongga pembuang panas

Untuk menjaga keawetan mesin hand mixer, beberapa produsen juga memiliki pengaturan maksimal mesin dapat bekerja. Biasanya info ini terdapat dalam manual produk.


Sebagai informasi, untuk mendapatkan adonan yang lembut, biasanya dibutuhkan waktu pengadukan minimal 15 menit. Bila Anda berencana untuk menggunakan hand mixer sehari-hari, pilihlah produk yang waktu maksimal penggunaannya di atas 15 menit.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Sebaiknya, Anda jangan menggunakan stand mixer terlalu lama agar motor penggeraknya tidak panas. Jika Anda mengaduk jumlah adonan di atas kemampuan mixer, mixer akan bekerja lebih keras sehingga akan mudah rusak. 


Biarkan stand mixer beristirahat jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu lama. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya panas berlebih pada motor listrik yang bisa membuatnya rusak.

Pertimbangkan produk yang pengaduknya bisa digonta-ganti sesuai kebutuhan

Pertimbangkan produk yang pengaduknya bisa digonta-ganti sesuai kebutuhan
Bentuk pengaduk hand mixer cukup beragam dengan fungsi yang berbeda-beda. Karena itu, akan lebih baik jika Anda membeli produk yang pengaduknya beragam dan dapat dilepas-pasang. 

  • Pengaduk yang paling umum ada di pasaran disebut sebagai beater atau pengocok. Fungsinya adalah untuk mengaduk adonan yang ringan, contohnya telur dan krim. Anda juga bisa memakainya untuk adonan kue yang cenderung cair dan ringan. 

  • Hand mixer akan lebih lengkap jika dibekali dengan pengaduk berbentuk ulir atau dough hook. Dough hook berfungsi untuk mengaduk adonan yang lebih berat dan padat, seperti roti atau pizza

Namun, makin beragam bentuk pengaduk yang ditawarkan, makin tinggi pula harganya. Jadi, pilihlah jenis pengaduk sesuai jenis adonan yang akan Anda buat.


Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Pengaduk pada hand mixer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencampurkan bahan-bahan kue menjadi adonan. Terdapat beberapa jenis beater yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis kue yang ingin dibuat. 


Dengan mengetahui fungsi serta berbagai jenis pengaduk pada stand mixer, kegagalan dalam membuat kue bisa diminimalkan. Jadi, Anda dapat membuat kue dengan lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa menjaga agar baling-baling pengaduk pada mixer tidak mudah rusak.

Tentukan bahan beater yang cocok dengan penggunaan

Pengaduk hand mixer bersentuhan langsung dengan adonan dan berfungsi untuk mencampurnya. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan adonan sesuai keinginan, Anda juga perlu mempertimbangkan materialnya.

Bahan stainless steel: Kuat dan tahan lama

Bahan stainless steel: Kuat dan tahan lama

Pengaduk hand mixer pada umumnya terbuat dari bahan stainless steel. Bahan ini kuat, tahan lama, dan dapat mengaduk adonan dengan mantap. Kelemahannya, stainless steel menimbulkan suara keras bila berbenturan dengan wadah adonan. Benturan tersebut juga dapat menyebabkan beater atau wadah Anda tergores. 

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Bahan stainless steel merupakan bahan yang kukuh. Bahan ini dapat memberikan kinerja yang tinggi karena kuat dan tidak mudah patah ataupun penyok akibat benturan. Beater dengan material stainless steel juga mudah dibersihkan dari segi perawatan karena mempunyai tekstur yang rata. Bahan ini juga tidak berpori sehingga sangat kuat dan awet.

Bahan plastik: Tidak membuat wadah tergores

Bahan plastik: Tidak membuat wadah tergores

Di sisi lain, beater yang terbuat dari plastik lebih menarik karena tidak mudah menggores wadah dan lebih silent. Namun, jenis ini lebih mudah patah dan kurang mantap dalam mengaduk adonan. 


Beater dari bahan ini juga cenderung kurang efektif mengaduk adonan yang padat dan berat. Hal tersebut membuat mixer dengan beater berbahan plastik makin jarang ditemukan pada masa sekarang.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Sangat disayangkan bahwa beater yang terbuat dari bahan plastik lebih cepat menjadi kusam. Meski begitu, bahan plastik termasuk bahan yang tahan terhadap karat karena di dalamnya tidak terdapat unsur logam. Karena itu, bahan ini cukup aman dan mudah dirawat. 

Utamakan produk yang mudah dibersihkan dan mudah disimpan

Utamakan produk yang mudah dibersihkan dan mudah disimpan
Dengan banyaknya peralatan dapur, hand mixer yang compact dan tidak banyak memakan ruang menjadi makin populer. Namun, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan mengenai ukuran hand mixer, yaitu:

  • Jika Anda jarang menggunakan hand mixer, pilih yang ukurannya tidak akan mengganggu saat tidak digunakan. Selain itu, Anda akan lebih mudah menyimpan hand mixer jika dimensinya ramping.

  • Bagi Anda yang menggunakan hand mixer setiap hari, sebaiknya pilih produk yang menyertakan container penyimpanan. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan beater di bawah badan utama hand mixer. Anda juga akan lebih dimudahkan saat mau memakainya kembali karena barang tidak tercecer.
Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Setelah hand mixer selesai digunakan, pastikan Anda mencabut kabel listriknya dari steker. Setelah itu, pisahkan badan mixer dari bagian pengocoknya. Untuk membersihkan badan mixer, Anda bisa menggunakan tisu atau kain lap bersih. Setelah dicuci, keringkan bagian mixer dengan kain lembut, lalu simpan kembali di tempat yang kering dan aman.

Periksa konsumsi daya dari hand mixer yang Anda pilih

Periksa konsumsi daya dari hand mixer yang Anda pilih
Konsumsi daya juga menjadi poin yang harus diperhatikan ketika Anda menggunakan hand mixer. Konsumsi daya ini turut berpengaruh pada kinerja mesin hand mixer. Makin tinggi konsumsi dayanya, makin kuat pula mesinnya. Konsumsi daya hand mixer sendiri bervariasi, mulai dari 40450 watt.

Tentu makin tinggi konsumsi dayanya, makin tinggi pula tenaga listik yang digunakan. Hal ini ada pengaruhnya pada tagihan listrik di rumah Anda. Karena itu, perhatikan juga rasio cost and performance sebelum membeli hand mixer incaran.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Mixer dengan tingkat kecepatan tinggi biasanya membutuhkan daya listrik yang besar pula. Oleh karena itu, Anda juga harus memilih mixer yang disertai dengan daya listrik yang memadai. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya listrik rumah yang padam ketika proses pembuatan kue.

10 Rekomendasi hand mixer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hand mixer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 14 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Han River Hand Mixer HRDDQ01WT memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, KitchenAid 9-Speed Hand Mixer yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 8 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Han River Hand Mixer 1

Han River

2
Miyako  Hand Mixer 1

Miyako

3
BOLDe Super Mix Turbo Hand Mixer 1

BOLDe

4
Philips Daily Collection Mixer 1

Philips

5
Cosmos Hand Mixer Cosmic New Generation 1

Cosmos

6
Mito Electronic Hand Mixer 1

Mito Electronic

7
Pandaoma Wireless Electric Portable Hand Mixer 1

Pandaoma

8
KitchenAid 9-Speed Hand Mixer 1

KitchenAid

9
Signora Hand Mixer Digital 1

Signora

10
Panasonic Hand Mixer 1

Panasonic

Nama produk

Hand Mixer

Hand Mixer

Super Mix Turbo Hand Mixer

Daily Collection Mixer

Hand Mixer Cosmic New Generation

Hand Mixer

Wireless Electric Portable Hand Mixer

9-Speed Hand Mixer

Hand Mixer Digital

Hand Mixer

Keunggulan

Harganya murah dan enteng dipegang

Mixer tangan yang simpel dan ekonomis dari Miyako

Disertai dudukan mixer untuk mempermudah peletakan dan menjaga pengaduk tetap higienis

2-in-1, bisa dijadikan mixer tangan dan stand mixer

Hand mixer dua ratus ribuan yang sudah dilengkapi thermostat overheat protection

Hadir dengan desain bodi yang lebih modern dan stylish

Hand mixer mini yang rechargable dan praktis untuk mixing ringan sehari-hari

Tangguh mencampur bahan adonan yang kasar sekalipun!

Memiliki 16 level kecepatan dan timer juga!

Nyaman digenggam dan lebih fleksibel dengan kabel yang panjang

Harga mulai dariRp 169.000,00Rp 179.000,00Rp 299.000,00Rp 682.500,00Rp 206.000,00Rp 619.000,00Rp 250.000,00Rp 2.500.000,00Rp 1.180.000,00Rp 496.000,00
Konsumsi daya180 watt190 watt250 watt170 watt200 watt150 watt20 watt85–230 watt400 watt175 watt
Kontrol kecepatan7 level5 level5 level5 level5 level5 level3 level9 level16 level5 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hookBeater dan dough hookBeater dan dough hookBeater dan dough hookBeater dan dough hookBeater dan dough hookWhisk (round balloon whisk dan oval balloon whisk)Turbo beater, dough hook, 16-wire whisk, mixing rodBeater dan dough hookBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelTidak disebutkanStainless steelStainless steelStainless steel
Dimensi19 cm × 7 cm × 10 cm (panjang pegangan × lebar bagian depan × tinggi bagian belakang)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan6,4 cm × 9,5 cm × 20,5 cm (lebar × kedalaman × tinggi)±5,08 cm × 5,08 cm × 40,64 cm (lebar × kedalaman × tinggi)Tidak disebutkan9,3 cm × 19,5 cm × 15,1 cm (lebar × kedalaman × tinggi)
Berat600 g1,3 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan700 g±1 kgTidak disebutkan1,08 kg
Tautan produk
10
Konsumsi daya175 watt
Kontrol kecepatan5 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steel
Dimensi9,3 cm × 19,5 cm × 15,1 cm (lebar × kedalaman × tinggi)
Berat1,08 kg
9
Konsumsi daya400 watt
Kontrol kecepatan16 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steel
DimensiTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
8

KitchenAid9-Speed Hand Mixer

KHM926

Mulai dari Rp 2.500.000,00

Konsumsi daya85–230 watt
Kontrol kecepatan9 level
Aksesori pengadukTurbo beater, dough hook, 16-wire whisk, mixing rod
Material pengadukStainless steel
Dimensi±5,08 cm × 5,08 cm × 40,64 cm (lebar × kedalaman × tinggi)
Berat±1 kg
7

PandaomaWireless Electric Portable Hand Mixer

M236

Mulai dari Rp 250.000,00

Konsumsi daya20 watt
Kontrol kecepatan3 level
Aksesori pengadukWhisk (round balloon whisk dan oval balloon whisk)
Material pengadukTidak disebutkan
Dimensi6,4 cm × 9,5 cm × 20,5 cm (lebar × kedalaman × tinggi)
Berat700 g
6

Mito ElectronicHand Mixer

MX 200

Mulai dari Rp 619.000,00

Konsumsi daya150 watt
Kontrol kecepatan5 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steel
DimensiTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
5

CosmosHand Mixer Cosmic New Generation

CM-1659

Mulai dari Rp 206.000,00

Konsumsi daya200 watt
Kontrol kecepatan5 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steel
DimensiTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
4

PhilipsDaily Collection Mixer

HR1559/40

Mulai dari Rp 682.500,00

Konsumsi daya170 watt
Kontrol kecepatan5 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steel
DimensiTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
3

BOLDeSuper Mix Turbo Hand Mixer

Mulai dari Rp 299.000,00

Konsumsi daya250 watt
Kontrol kecepatan5 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steel
DimensiTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
2
Konsumsi daya190 watt
Kontrol kecepatan5 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steel
DimensiTidak disebutkan
Berat1,3 kg
1
Konsumsi daya180 watt
Kontrol kecepatan7 level
Aksesori pengadukBeater dan dough hook
Material pengadukStainless steel
Dimensi19 cm × 7 cm × 10 cm (panjang pegangan × lebar bagian depan × tinggi bagian belakang)
Berat600 g

Tips menggunakan hand mixer secara efektif

Ada tiga poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk menggunakan hand mixer secara efektif. Ketiganya akan kami kupas secara tuntas. Silakan simak tipsnya berikut ini!

Selalu nyalakan mixer mulai dari level kecepatan paling rendah

Selalu nyalakan mixer mulai dari level kecepatan paling rendah
Tips pertama adalah pastikan Anda memulai dari kecepatan putaran terendah. Mengaduk adonan dengan menambah kecepatan secara bertahap akan menjadikan hasil adonan lebih sempurna. Penggunaan kecepatan rendah di awal pengadukan juga berguna untuk mencegah adonan memercik ke segala arah.
Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Poin ini penting untuk diingat untuk menghindari bahan berhamburan keluar atau masuk ke dalam mesin yang bisa mengakibatkan kerusakan. Menyalakan mixer langsung dengan kecepatan tinggi juga dapat meningkatkan terjadinya percikan listrik. Selain itu, hal ini dapat menurunkan daya penggunaan dari mixer itu sendiri.

Atur kecepatan sesuai dengan tujuan penggunaan

Atur kecepatan sesuai dengan tujuan penggunaan
Tips yang kedua adalah mengatur kecepatan putaran sesuai dengan hasil akhir tekstur adonan yang diinginkan. Berbeda resep kue, berbeda pula hasil akhir tekstur adonan yang diperlukan. 

Pengaturan sederhana seperti ini penting agar kue buatan Anda makin sempurna teksturnya. Namun, bagaimana jika Anda tidak mengetahui tentang pengaturan kecepatan putaran hand mixer yang diperlukan untuk membuat kue? Tenang saja, umumnya hal tersebut bisa Anda lihat pada situs-situs web penyedia resep.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Jika Anda ingin menaikkan kecepatan baling-baling mixer, naikkanlah kecepatannya secara bertahap. Naikkan perlahan-lahan dari angka satu ke angka dua dan seterusnya sambil memasukkan bahan-bahan secara bertahap pula. Pastikan baling-baling mixer masuk dan terendam di dalam bahan adonan sebelum menyalakan mixer agar bahan-bahan tidak berhamburan keluar

Usahakan wadah adonan tetap dalam posisi stabil

Usahakan wadah adonan tetap dalam posisi stabil
Tips terakhir adalah usahakan untuk menjaga wadah adonan tetap dalam posisi yang stabil. Saat menggunakan hand mixer, satu tangan Anda akan memegang hand mixer, sementara tangan lainnya memegangi wadah berisi adonan. Bila wadah adonan mudah bergeser, hasil adukan adonan bisa jadi tidak sempurna. Letakkan serbet atau kain di bawah wadah agar posisi wadah lebih stabil.
Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Salah satu kekurangan dari penggunaan hand mixer adalah mangkuk wadah adonan harus terus ditahan agar tetap stabil. Untuk mengatasinya, Anda dapat membungkus bagian bawah mangkuk dengan handuk atau lap kain tebal agar lebih stabil. Handuk juga bisa digunakan untuk mengurangi kemungkinan adonan kue terciprat serta meredam suara yang berisik.

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk membuat kue di sini

Selain hand mixer, mungkin Anda akan membutuhkan perlengkapan lainnya, seperti loyang kue, cetakan kue, dan microwave oven. Jika begitu, simak lebih jauh melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Pilihlah hand mixer dengan beater yang mudah dibersihkan, disimpan, serta tidak tajam agar tidak menggores wadah. Fungsi tambahan seperti produk yang bisa berdiri atau container penyimpanan juga bisa dipertimbangkan.

Selain itu, supaya pemakaian hand mixer lebih efektif, ingatlah tiga tips yang telah kami paparkan di atas. Selain membantu pemakaian lebih efektif, hand mixer Anda juga jadi tidak cepat rusak. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas portable adalah kompor yang biasanya memiliki bentuk mini dan penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya kompor gas meledak. Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih kompor gas portable yang bagus lengkap dengan rekomendasi produk terbaik. Anda bisa menemukan produk kompor gas portable dari berbagai merek, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas merupakan peralatan dapur yang sangat penting digunakan untuk mendukung kebutuhan rumah tangga. Dengan kompor gas, Anda dapat memasak secara lebih cepat, mudah, dan hemat. Salah satu merek kompor gas yang populer adalah Rinnai. Perusahaan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen kompor gas yang bagus dan berkualitas. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk kompor gas Rinnai terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kompor gas Rinnai 1 tungku, 2 tungku, hingga 5 tungku yang dapat Anda pilih. Untuk itu, baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Regulator kompor gas berfungsi untuk mengatur tekanan yang akan disalurkan dari tabung gas ke kompor. Sudah bukan rahasia lagi, pemilihan regulator gas perlu dilakukan secara saksama. Jika Anda tidak memilih regulator gas yang bagus, bisa timbul risiko yang tak diinginkan seperti tabung gas meledak.Regulator gas Winn, Miyako, dan Quantum merupakan beberapa merek yang patut Anda pertimbangkan. Namun, bila Anda masih bingung membedakan ciri regulator gas yang bagus, simaklah tips memilih berikut ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik lengkap dengan harga regulator gas di akhir artikel. Selamat membaca!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas saat ini hadir dalam beragam pilihan model dan fitur. Dari modelnya Anda pasti sudah akrab dengan kompor meja dan kompor gas tanam. Namun, kini telah hadir juga kompor gas oven, kompor portable, dan kompor gas infrared. Beragam kompor gas ini hadir dalam pilihan satu tungku, dua tungku, hingga empat tungku. Apabila Anda bingung menentukan kompor yang bagus, mari ikuti ulasan kami. Kami akan mengulas merek kompor gas terbaik, seperti Rinnai, Quantum, dan Modena. Anda juga akan mendapatkan tips memilih kompor gas yang tepat. Jadi, simak terus, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Selang Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selang Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selang gas berfungsi untuk menyalurkan gas dari tabung ke tungku. Produk ini bisa menjadi sahabat sekaligus musuh di dapur. Sebagai alat penting dalam memasak, pastikan untuk memilih selang gas terbaik dan aman untuk dapur Anda.Oleh karena itu, kami akan menyajikan cara memilih selang gas terbaik dengan beragam merek dan harga. Anda akan menemukan pula rekomendasi produk-produk yang bagus, seperti Quantum. Jika Anda mencari selang gas meteran, Anda akan menjumpai merek Solid dan Propeller. Yuk, mari baca lebih lanjut artikel kami.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Timbangan Digital Terbaik untuk Dapur (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Digital Terbaik untuk Dapur (Terbaru Tahun 2022)
    Timbangan dapur digital memainkan peranan penting saat Anda ingin mengukur bahan makanan dalam jumlah sedikit. Anda dapat menemukan timbangan dapur digital atau sering disebut juga timbangan kue dengan berbagai variasi bentuk dan performa. Mulai dari produk yang harganya murah, tahan air, sampai yang mudah dibersihkan, semuanya mudah ditemukan di online shop.Sebelum Anda menentukan pilihan, mari simak cara memilih timbangan digital untuk dapur guna mendapatkan produk terbaik. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh timbangan dapur digital terbaik yang bagus dari berbagai merek seperti Taffware dan Idealife. Mari simak terus artikel ini!
    Peralatan masak
  • 10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Panci Steamer (Kukusan) Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk Anda yang sedang diet dan pantang gorengan, Anda perlu alat masak yang tepat untuk mendukung aktivitas memasak Anda. Panci steamer adalah alat masak yang dapat dipertimbangkan untuk memulai gaya hidup sehat Anda. Dengan alat ini, Anda dapat mengukus sayur, lauk, hingga menghangatkan camilan, seperti siomai dan bakpao.Jika Anda hendak membelinya, simak tips memilih panci kukus terbaik yang kami siapkan di bawah ini. Rekomendasi merek food steamer yang bagus, seperti IKEA, Tupperware, dan Oxone juga akan kami review. Artikel ini telah ditinjau oleh cook kami, Debbie Ariesthea.
    Peralatan masak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori