10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?

Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!

Daftar isi

Cara memilih hand mixer

Efektivitas penggunaan hand mixer ditentukan oleh kemudahan mengatur level kecepatan dan waktu penggunaan jika digunakan terus-menerus. Supaya Anda bisa menggunakan hand mixer sesuai dengan harapan, simaklah ulasan di bawah ini terlebih dahulu sebelum memilih produk.

Pilih produk dengan beragam level kecepatan yang sesuai frekuensi penggunaan

Pilih produk dengan beragam level kecepatan yang sesuai frekuensi penggunaan

Pada umumnya, hand mixer dilengkapi dengan tombol pengatur kecepatan putaran. Hand mixer yang memiliki 3 level kecepatan putaran sudah mampu menguraikan gumpalan, mencampurkan, dan mengembangkan adonan. Lain cerita jika Anda sering menggunakan hand mixer, pilihlah produk dengan 5 atau 10 level kecepatan putaran yang mampu memberikan hasil adonan lebih halus.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan sisi kemudahan dalam pemakaiannya. Pastikan Anda dapat mengganti level kecepatan putarannya dengan sebelah tangan saja tanpa kesulitan. Ini adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan karena hand mixer biasanya digunakan hanya dengan sebelah tangan saja. Periksalah produk dengan teliti sebelum membeli, ya.

Pilih yang compact dan ringan agar tangan tidak mudah lelah

Pilih yang compact dan ringan agar tangan tidak mudah lelah

Hand mixer dengan performa tinggi cenderung memiliki bobot yang berat pula. Setinggi apapun performanya, jika sulit digunakan, maka hanya akan merepotkan Anda. Karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk memilih hand mixer berukuran compact dengan bobot yang ringan. Serta, pilihlah produk yang bisa digunakan hanya dengan sebelah tangan saja.

Hand mixer yang bisa digunakan dengan sebelah tangan umumnya memiliki standar berat di bawah 1 kg dan panjang yang tidak lebih dari 20 cm. Pilihlah hand mixer berukuran tersebut supaya tangan Anda tidak cepat lelah saat pemakaian. Kegiatan membuat kue dan memasak pun menjadi terasa lebih menyenangkan. Jangan sampai tangan menjadi pegal hanya karena salah memilih hand mixer.

Pilih produk dengan batas waktu maksimal penggunaan yang cukup lama untuk menghasilkan adonan lembut

Pilih produk dengan batas waktu maksimal penggunaan yang cukup lama untuk menghasilkan adonan lembut

Pilihlah hand mixer dengan batas waktu maksimal penggunaan yang cukup lama. Untuk mendapatkan adonan yang lembut dibutuhkan waktu pengadukan minimal 15 menit. Berbeda jenis kue, maka berbeda pula waktu pengadukan yang diperlukan. Batas waktu maksimal penggunaan hand mixer dalam sekali pakai biasanya tertulis pada manual produk.

Semakin panjang batas waktu penggunaan, semakin kuat pula motor yang ditanamkan pada suatu produk. Bila Anda berencana untuk sering menggunakan hand mixer di keseharian, sebaiknya Anda memilih produk yang waktu maksimal penggunaannya di atas 15 menit. Pastikan hal tersebut supaya hand mixer Anda tidak cepat rusak.

Pilih berdasarkan bahan dan bentuk beater demi keefektifan penggunaan

Beater adalah bagian mixer yang bersentuhan langsung dengan adonan. Bagian ini berfungsi untuk mengaduk adonan. Bahan dan bentuk beater akan menentukan kemudahan pembersihan, kenyamanan penggunaan, dan hasil adukan pada adonan Anda. Carilah hand mixer yang paling mudah untuk Anda gunakan.

Pilih beater yang bisa dilepas pasang dengan bentuk sesuai kebutuhan

Pilih beater yang bisa dilepas pasang dengan bentuk sesuai kebutuhan

Bentuk beater cukup beragam, ada yang ramping dan ada yang berulir. Di samping memilih berdasarkan bentuk beater, pilihlah hand mixer dengan beater yang bisa dilepas pasang supaya lebih praktis dalam perawatan maupun pembersihan.

Beater yang berbentuk ramping membuat adonan tidak mudah menempel. Jenis ini cocok untuk mengaduk adonan meringue atau butter cream karena hasil adukannya akan lebih halus. Kelemahan beater berbentuk ramping ini adalah mudah merusak wadah adonan. Untuk itu, usahakan untuk memilih hand mixer dengan beater yang tidak terlalu tajam di bagian ujungnya.

Sedangkan, beater yang berbentuk ulir bisa Anda gunakan jika menginginkan adonan yang tidak begitu halus. Gunakan masing-masing jenis beater sesuai dengan jenis kue yang ingin Anda buat.

Pilih beater berbahan stainless steel yang tahan lama atau bahan plastik yang tidak berisik saat digunakan

Pilih beater berbahan stainless steel yang tahan lama atau bahan plastik yang tidak berisik saat digunakan

Pada umumnya, beater terbuat dari stainless steel. Bahan ini banyak digunakan karena kuat dan dapat mengaduk adonan dengan mantap. Kelemahannya adalah menimbulkan suara keras bila berbenturan dengan wadah adonan. Benturan ini terkadang membuat wadah dan beater tergores. Pecahan wadah atau beater mungkin saja tercampur ke dalam adonan kue yang sedang Anda buat.

Beater yang terbuat dari plastik memang tidak berisik saat berbenturan dengan wadah dan tidak mudah tergores. Akan tetapi, kurang mantap dalam mengaduk adonan dan mudah patah. Beater dari bahan ini tidak cocok digunakan untuk mengaduk adonan yang padat dan berat. Sebaiknya Anda pertimbangkan baik-baik agar apapun jenis beater yang Anda pilih dapat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih produk dengan fungsi tambahan agar semakin praktis digunakan

Pilih produk dengan fungsi tambahan agar semakin praktis digunakan

Hand mixer yang bisa diberdirikan amat praktis, terutama ketika Anda harus berhenti mengaduk adonan karena harus melakukan hal lain. Ketika Anda melepas tangan dari mixer, Anda harus mencari tempat untuk meletakkannya. Jika ditaruh di meja dapur, beater akan langsung menyentuh dan mengotori permukaan meja. Ini adalah salah satu poin yang harus diperhatikan, terutama bagi Anda yang sering menggunakan hand mixer.

Sementara itu, sebagian besar hand mixer dengan harga terjangkau biasanya tidak menyediakan case atau container penyimpanan. Jika Anda menyimpannya di sembarang tempat, kebersihan hand mixer tidak bisa dijamin. Bagi Anda yang menitikberatkan aspek kehigienisan, alangkah baiknya memilih produk yang menyertakan container penyimpanan.

Pilih produk dengan beater yang mudah dilepas pasang, mudah dibersihkan, dan mudah disimpan

Pilih produk dengan beater yang mudah dilepas pasang, mudah dibersihkan, dan mudah disimpan

Merawat hand mixer sebenarnya cukup merepotkan bila Anda tidak telaten, apalagi jika beater-nya sulit untuk dibersihkan. Pilihlah produk dengan beater yang tidak memiliki poros di tengah dan memiliki bagian dalam yang melebar. Beater seperti ini lebih mudah dicuci. Hand mixer dengan beater yang tidak dapat dilepas pasang akan sulit dibersihkan. Jadi, pastikan produk idaman Anda mudah dibersihkan, ya.

10 Rekomendasi hand mixer terbaik

Nah, setelah mengetahui cara memilih hand mixer, sekarang saatnya kami memperkenalkan sepuluh produk hand mixer terbaik pilihan kami. Produk-produk ini memiliki keunggulannya masing-masing. Anda hanya tinggal memilih produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kantong Anda. Selamat memilih!

10. Cosmos CM-1579

10. Cosmos CM-1579

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 178.000

Dilengkapi dengan container yang memudahkan penyimpanan

Dilengkapi dengan container, Anda tidak perlu lagi bingung mencari tempat penyimpanan beater setelah dibersihkan. Lebih praktis dan tentu saja lebih higienis. Hand mixer dari Cosmos ini dapat menghaluskan adonan lebih cepat berkat Turbo Knob yang dimilikinya. Anda dapat mengatur kecepatan pengadukan dengan 5 level kecepatan putaran.

Memiliki sistem thermostat overheat protection, aliran listrik akan diputus secara otomatis apabila suhu motor telah melampaui batas yang ditentukan. Anda bisa menggunakan hand mixer berdaya 200 watt ini tanpa rasa khawatir. Bagi Anda yang ingin menyimpan beater dan kneader dengan rapi dan tetap higienis, produk yang satu ini patut dicoba.

9. Miyako Hand Mixer HM-620

9. Miyako Hand Mixer HM-620

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 138.000

Produk terjangkau yang mudah digunakan, bahkan bagi pemula

Hand mixer dari Miyako ini memiliki 5 level kecepatan putaran dengan pulse. Produk ini menyediakan fitur yang memadai dengan harga ramah di kantong, apalagi konsumsi daya listriknya hanya 190 watt saja. Karena cara pemakaian hand mixer ini sangat simpel, Anda yang merasa masih pemula bisa menggunakannya tanpa kesulitan.

Hand mixer ini dapat mencampur adonan yang berjenis semisolid maupun semiliquid. Anda cukup menggeser tombol speed ke kanan untuk menambah kecepatan dan geser tombol ke kiri untuk mengurangi kecepatan, lebih praktis dan effortless. Kneader dan beater-nya dapat dilepas pasang dan terbuat dari stainless steel food grade yang aman.

8. Sharp Libre EMH-15L

8. Sharp Libre EMH-15L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 278.000

Desain mainstream minimalis yang memudahkan penggunaan

Dari segi desain, produk hand mixer dari Sharp ini memang terlihat sangat biasa. Namun, justru itulah yang membuat pengguna akan merasa lebih familiar dan lebih mudah menggunakannya. Terbuat dari material polikarbonat yang kokoh dan awet digunakan untuk jangka panjang, konsumsi daya yang diperlukan pun hanya 210 watt saja, hemat ya!

Beater-nya yang dapat dilepas pasang, terbuat dari bahan stainless steel berkualitas dan antikarat. Dilengkapi dengan 5 level kecepatan putaran, mengaduk adonan kue pun menjadi lebih praktis. Ditambah dengan fitur tombol turbo di bagian depan mixer, kekuatan putaran dapat bertambah untuk waktu yang singkat. Biar pun kecil, tapi tetap bertenaga!

7. Electrolux EHM-2000

7. Electrolux EHM-2000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 370.000

Hadir dengan pegangan yang antiselip, terasa aman dan nyaman

Hand mixer ini memiliki pegangan yang nyaman, aman, dan mudah untuk digunakan. Produk ini dilengkapi dengan pegangan antiselip untuk mengurangi persentase kecelakaan dalam penggunaannya. Atur kecepatan putaran sesuai kebutuhan Anda dengan 5 level pengatur kecepatan yang dimiliki mixer ini. Konsumsi listriknya pun hanya 250 watt.

Produk dari Electrolux ini juga dilengkapi dengan beater berbahan stainless steel yang mudah dibersihkan. Dengan motor bersuara tenang, tetapi bertenaga kuat, hand mixer ini mampu membuat adonan teraduk rata dalam hitungan menit saja. Mengaduk adonan yang tadinya melelahkan, pasti jadi menyenangkan dengan menggunakan hand mixer ini.

6. Oxone Cute Hand Mixer OX-203

6. Oxone Cute Hand Mixer OX-203

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 280.000

Tampil dengan bentuk yang ramping dan kecil, hemat tempat!

Apakah Anda merasa bosan dengan warna hand mixer yang umumnya hanya hitam dan putih saja? Kalau begitu, Anda perlu cek produk yang satu ini! Produk keluaran Oxone ini tersedia dalam pilihan warna orange dan tosca yang ceria. Tidak hanya warna, desainnya pun stylish dan nyaman digenggam. Pilihan tepat untuk Anda yang berjiwa modern!

Masalah kualitas tidak perlu diragukan lagi, karena hand mixer ini dibuat dari bahan premium pilihan. Dilengkapi dengan motor berdaya 200 watt dan 5 level kecepatan mengaduk, produk ini mampu mengaduk adonan dengan cepat. Bentuknya yang kecil dan ramping juga tidak akan makan banyak tempat di lemari penyimpanan Anda.

5. Philips Daily Collection Mixer HR1559/10

5. Philips Daily Collection Mixer HR1559/10

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 435.000

Dilengkapi dengan mangkuk berpenggerak otomatis yang berdaya listrik rendah

Meskipun terlihat seperti stand mixer, produk dari Philips ini bisa dilepas dan dijadikan hand mixer. Hanya dengan mengonsumsi listrik sebesar 170 watt saja, mixer ini mampu melembutkan adonan 30% lebih cepat. Dengan 5 level kecepatan putaran yang bisa dipilih dan tombol turbo untuk mempercepat putaran, mengaduk adonan terasa lebih mudah dan cepat.

Mixer ini memiliki beater yang berbentuk kerucut supaya percampuran udara dalam adonan akan lebih maksimal. Adonan yang dihasilkan pun lebih lembut dan halus. Hadir dengan tambahan mangkuk berpenggerak otomatis yang terdapat perekat di bagian bawah, mesin tidak akan tergelincir saat Anda menggunakannya di kecepatan paling besar sekalipun.

4. Black + Decker 300W Hand Mixer M350

4. Black + Decker 300W Hand Mixer M350

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 229.300

Mengaduk semakin cepat rata dengan motor penggerak bertenaga besar yang powerful

Black + Decker dikenal sebagai produsen alat elektronik rumah tangga yang mengedepankan powerfulness dalam produknya. Kini produsen tersebut telah menghadirkan hand mixer bertenaga yang bisa membuat pekerjaan mengaduk adonan jadi lebih ringan. Dengan daya 300 watt, hand mixer ini menghasilkan tenaga putaran yang besar.

Tidak hanya bertenaga besar yang bisa diatur dengan 5 level kecepatan, hand mixer ini juga mudah disimpan dan dirawat. Dilengkapi dengan quick beater lock & beater eject button, beater dan dough hook-nya dapat dilepas pasang hanya dengan menekan satu tombol. Praktis dan mudah dibersihkan. Anda tidak suka repot? Coba produk yang satu ini!

3. Bosch Hand Mixer White/ Anthracite MFQ4020

3. Bosch Hand Mixer White/ Anthracite MFQ4020

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 900.000

Performa super powerful tanpa timbulkan suara bising

Salah satu keluhan saat menggunakan hand mixer adalah suara motornya yang berisik. Nah, bagi Anda yang merasa terganggu dengan suara bising yang dihasilkan mixer, Anda perlu melirik produk ini. Tidak hanya hening, hand mixer ini juga dibuat dengan desain yang ergonomis serta ditanami motor berdaya 450 watt yang bertenaga untuk performa terbaik.

Produk asli Jerman ini memiliki desain modern yang nyaman digenggam sehingga jari tangan Anda tidak sakit saat menggenggamnya terlalu lama. Dilengkapi 5 level kecepatan putaran dan sepasang beater FineCreamer berbahan stainless steel yang sangat efisien, produk ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin membuat kue dengan tenang di rumah.

2. Kenwood Hand Mixer White HM620

2. Kenwood Hand Mixer White HM620

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.075.000

Si compact hemat tempat dan mudah disimpan dengan cara yang unik

Salah satu masalah yang timbul saat hendak menyimpan hand mixer adalah kabel yang kusut, boros tempat, dan beater yang tercecer ke mana-mana. Masalah ini tidak akan timbul bila Anda menggunakan produk yang satu ini karena produk ini bisa disimpan dengan cara yang unik. Hand mixer dapat ditata hingga rapi dengan mudah saat hendak disimpan.

Hand mixer ini dibekali dengan motor berdaya 350 watt serta beater dan kneader berbahan stainless steel yang tahan lamaDengan 5 level kecepatan putaran, produk ini bisa menjadi asisten yang baik di dapur Anda. Hand mixer ini dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi sehingga bisa berumur panjang bila dirawat dengan benar.

1. KitchenAid 9-Speed Hand Mixer KHM926ER

1. KitchenAid 9-Speed Hand Mixer KHM926ER

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.538.000

Tangguh mencampur bahan adonan yang kasar sekalipun

Bahan pelengkap seperti kacang atau chocolate chips kadang dicampurkan juga ke dalam adonan kue. Mengaduknya secara manual dengan tangan akan butuh waktu dan tenaga. Nah, hand mixer ini bisa melakukannya untuk Anda. Dilengkapi dengan The Stainless Steel Turbo Beater™, produk ini mampu mengaduk rata bahan adonan yang kasar sekalipun!

Dilengkapi dengan 9 level kecepatan putaran, produk ini juga ideal untuk mengaduk adonan berat seperti adonan roti bahkan kentang tumbuk. Ditambah dengan Soft Start Feature, Anda tidak perlu khawatir terkena cipratan saat mengganti level kecepatan. Apabila Anda memang ingin serius dalam bidang patisserie, tidak ada salahnya berinvestasi pada mixer high-end ini.

Cara menggunakan hand mixer secara efektif

Percuma saja bila Anda mempunyai hand mixer yang mahal dan berkualitas, tetapi tidak tahu cara memakainya dengan benar. Ada 3 poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk menggunakan hand mixer secara efektif yang akan kami kupas secara tuntas. Silakan simak tips-tipsnya berikut ini!

Selalu nyalakan mixer mulai dari level kecepatan paling rendah

Selalu nyalakan mixer mulai dari level kecepatan paling rendah

Tips pertama adalah pastikan Anda memulai dari kecepatan putaran terendah saat menyalakan hand mixer. Mengaduk adonan dengan menambah kecepatan secara bertahap akan menjadikan hasil adonan meringue atau whipped cream Anda lebih sempurna. Menggunakan kecepatan rendah di awal pengadukan juga berguna untuk mencegah adonan terpercik ke segala arah. Jadi, jangan sampai lupa, ya!

Atur kecepatan sesuai dengan tujuan penggunaan

Atur kecepatan sesuai dengan tujuan penggunaan

Tips yang kedua adalah mengatur kecepatan putaran sesuai dengan hasil akhir tekstur adonan yang diinginkan. Berbeda resep kue, maka berbeda pula hasil akhir tekstur adonan yang diperlukan. Pengaturan sederhana seperti ini penting agar kue buatan Anda semakin sempurna teksturnya. Informasi tentang pengaturan kecepatan putaran hand mixer yang diperlukan untuk membuat suatu kue, umumnya bisa Anda lihat pada situs-situs penyedia resep.

Usahakan wadah adonan tetap dalam posisi stabil

Usahakan wadah adonan tetap dalam posisi stabil

Tips yang terakhir adalah usahakan untuk menjaga wadah adonan tetap dalam posisi yang stabil. Saat menggunakan hand mixer, satu tangan Anda akan memegang hand mixer, sementara tangan lainnya harus memegangi wadah yang berisi adonan. Bila wadah adonan bergerak ke sana kemari saat adonan diaduk, hasil adukan adonan bisa jadi tidak sempurna. Letakkan serbet atau kain di bawah wadah agar posisi wadah lebih stabil.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Carilah produk yang sesuai dengan frekuensi penggunaan. Pilih produk dengan beater yang bisa dilepas pasang dan tidak terlalu tajam ujung beater-nya, mudah dibersihkan, dan disimpan. Fungsi tambahan seperti produk yang bisa diberdirikan dan container penyimpanan bisa menjadi pertimbangan.

Supaya pemakaian hand mixer lebih efektif, ingatlah tiga tips yang telah kami paparkan di atas. Selain membantu pemakaian lebih efektif, tentu hand mixer Anda juga tidak akan cepat rusak. Semoga artikel ini bermanfaat!