• 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?

Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 13.834 Views
Daftar isi

Cara memilih hand mixer

Efektivitas penggunaan hand mixer ditentukan oleh kemudahan mengatur level kecepatan dan waktu penggunaan jika digunakan terus-menerus. Supaya Anda bisa menggunakan hand mixer sesuai dengan harapan, simaklah ulasan di bawah ini terlebih dahulu sebelum memilih produk.

Pilih produk dengan beragam level kecepatan yang sesuai frekuensi penggunaan

Pilih produk dengan beragam level kecepatan yang sesuai frekuensi penggunaan
Pada umumnya, hand mixer dilengkapi dengan tombol pengatur kecepatan putaran. Hand mixer yang memiliki 3 level kecepatan putaran sudah mampu menguraikan gumpalan, mencampurkan, dan mengembangkan adonan. Lain cerita jika Anda sering menggunakan hand mixer, pilihlah produk dengan 5 atau 10 level kecepatan putaran yang mampu memberikan hasil adonan lebih halus.
Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan sisi kemudahan dalam pemakaiannya. Pastikan Anda dapat mengganti level kecepatan putarannya dengan sebelah tangan saja tanpa kesulitan. Ini adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan karena hand mixer biasanya digunakan hanya dengan sebelah tangan saja. Periksalah produk dengan teliti sebelum membeli, ya.

Pilih yang compact dan ringan agar tangan tidak mudah lelah

Pilih yang compact dan ringan agar tangan tidak mudah lelah
Hand mixer dengan performa tinggi cenderung memiliki bobot yang berat pula. Setinggi apapun performanya, jika sulit digunakan, maka hanya akan merepotkan Anda. Karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk memilih hand mixer berukuran compact dengan bobot yang ringan. Serta, pilihlah produk yang bisa digunakan hanya dengan sebelah tangan saja.
Hand mixer yang bisa digunakan dengan sebelah tangan umumnya memiliki standar berat di bawah 1 kg dan panjang yang tidak lebih dari 20 cm. Pilihlah hand mixer berukuran tersebut supaya tangan Anda tidak cepat lelah saat pemakaian. Kegiatan membuat kue dan memasak pun menjadi terasa lebih menyenangkan. Jangan sampai tangan menjadi pegal hanya karena salah memilih hand mixer.

Pilih produk dengan batas waktu maksimal penggunaan yang cukup lama untuk menghasilkan adonan lembut

Pilih produk dengan batas waktu maksimal penggunaan yang cukup lama untuk menghasilkan adonan lembut
Pilihlah hand mixer dengan batas waktu maksimal penggunaan yang cukup lama. Untuk mendapatkan adonan yang lembut dibutuhkan waktu pengadukan minimal 15 menit. Berbeda jenis kue, maka berbeda pula waktu pengadukan yang diperlukan. Batas waktu maksimal penggunaan hand mixer dalam sekali pakai biasanya tertulis pada manual produk.
Semakin panjang batas waktu penggunaan, semakin kuat pula motor yang ditanamkan pada suatu produk. Bila Anda berencana untuk sering menggunakan hand mixer di keseharian, sebaiknya Anda memilih produk yang waktu maksimal penggunaannya di atas 15 menit. Pastikan hal tersebut supaya hand mixer Anda tidak cepat rusak.

Pilih berdasarkan bahan dan bentuk beater demi keefektifan penggunaan

Beater adalah bagian mixer yang bersentuhan langsung dengan adonan. Bagian ini berfungsi untuk mengaduk adonan. Bahan dan bentuk beater akan menentukan kemudahan pembersihan, kenyamanan penggunaan, dan hasil adukan pada adonan Anda. Carilah hand mixer yang paling mudah untuk Anda gunakan.

Pilih beater yang bisa dilepas pasang dengan bentuk sesuai kebutuhan

Pilih beater yang bisa dilepas pasang dengan bentuk sesuai kebutuhan
Bentuk beater cukup beragam, ada yang ramping dan ada yang berulir. Di samping memilih berdasarkan bentuk beater, pilihlah hand mixer dengan beater yang bisa dilepas pasang supaya lebih praktis dalam perawatan maupun pembersihan.
Beater yang berbentuk ramping membuat adonan tidak mudah menempel. Jenis ini cocok untuk mengaduk adonan meringue atau butter cream karena hasil adukannya akan lebih halus. Kelemahan beater berbentuk ramping ini adalah mudah merusak wadah adonan. Untuk itu, usahakan untuk memilih hand mixer dengan beater yang tidak terlalu tajam di bagian ujungnya.
Sedangkan, beater yang berbentuk ulir bisa Anda gunakan jika menginginkan adonan yang tidak begitu halus. Gunakan masing-masing jenis beater sesuai dengan jenis kue yang ingin Anda buat.

Pilih beater berbahan stainless steel yang tahan lama atau bahan plastik yang tidak berisik saat digunakan

Pilih beater berbahan stainless steel yang tahan lama atau bahan plastik yang tidak berisik saat digunakan
Pada umumnya, beater terbuat dari stainless steel. Bahan ini banyak digunakan karena kuat dan dapat mengaduk adonan dengan mantap. Kelemahannya adalah menimbulkan suara keras bila berbenturan dengan wadah adonan. Benturan ini terkadang membuat wadah dan beater tergores. Pecahan wadah atau beater mungkin saja tercampur ke dalam adonan kue yang sedang Anda buat.
Beater yang terbuat dari plastik memang tidak berisik saat berbenturan dengan wadah dan tidak mudah tergores. Akan tetapi, kurang mantap dalam mengaduk adonan dan mudah patah. Beater dari bahan ini tidak cocok digunakan untuk mengaduk adonan yang padat dan berat. Sebaiknya Anda pertimbangkan baik-baik agar apapun jenis beater yang Anda pilih dapat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih produk dengan fungsi tambahan agar semakin praktis digunakan

Pilih produk dengan fungsi tambahan agar semakin praktis digunakan
Hand mixer yang bisa diberdirikan amat praktis, terutama ketika Anda harus berhenti mengaduk adonan karena harus melakukan hal lain. Ketika Anda melepas tangan dari mixer, Anda harus mencari tempat untuk meletakkannya. Jika ditaruh di meja dapur, beater akan langsung menyentuh dan mengotori permukaan meja. Ini adalah salah satu poin yang harus diperhatikan, terutama bagi Anda yang sering menggunakan hand mixer.
Sementara itu, sebagian besar hand mixer dengan harga terjangkau biasanya tidak menyediakan case atau container penyimpanan. Jika Anda menyimpannya di sembarang tempat, kebersihan hand mixer tidak bisa dijamin. Bagi Anda yang menitikberatkan aspek kehigienisan, alangkah baiknya memilih produk yang menyertakan container penyimpanan.

Pilih produk dengan beater yang mudah dilepas pasang, mudah dibersihkan, dan mudah disimpan

Pilih produk dengan beater yang mudah dilepas pasang, mudah dibersihkan, dan mudah disimpan
Merawat hand mixer sebenarnya cukup merepotkan bila Anda tidak telaten, apalagi jika beater-nya sulit untuk dibersihkan. Pilihlah produk dengan beater yang tidak memiliki poros di tengah dan memiliki bagian dalam yang melebar. Beater seperti ini lebih mudah dicuci. Hand mixer dengan beater yang tidak dapat dilepas pasang akan sulit dibersihkan. Jadi, pastikan produk idaman Anda mudah dibersihkan, ya.

10 Rekomendasi hand mixer terbaik

Nah, setelah mengetahui cara memilih hand mixer, sekarang saatnya kami memperkenalkan sepuluh produk hand mixer terbaik pilihan kami. Produk-produk ini memiliki keunggulannya masing-masing. Anda hanya tinggal memilih produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kantong Anda. Selamat memilih!

Cara menggunakan hand mixer secara efektif

Percuma saja bila Anda mempunyai hand mixer yang mahal dan berkualitas, tetapi tidak tahu cara memakainya dengan benar. Ada 3 poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk menggunakan hand mixer secara efektif yang akan kami kupas secara tuntas. Silakan simak tips-tipsnya berikut ini!

Selalu nyalakan mixer mulai dari level kecepatan paling rendah

Selalu nyalakan mixer mulai dari level kecepatan paling rendah
Tips pertama adalah pastikan Anda memulai dari kecepatan putaran terendah saat menyalakan hand mixer. Mengaduk adonan dengan menambah kecepatan secara bertahap akan menjadikan hasil adonan meringue atau whipped cream Anda lebih sempurna. Menggunakan kecepatan rendah di awal pengadukan juga berguna untuk mencegah adonan terpercik ke segala arah. Jadi, jangan sampai lupa, ya!

Atur kecepatan sesuai dengan tujuan penggunaan

Atur kecepatan sesuai dengan tujuan penggunaan
Tips yang kedua adalah mengatur kecepatan putaran sesuai dengan hasil akhir tekstur adonan yang diinginkan. Berbeda resep kue, maka berbeda pula hasil akhir tekstur adonan yang diperlukan. Pengaturan sederhana seperti ini penting agar kue buatan Anda semakin sempurna teksturnya. Informasi tentang pengaturan kecepatan putaran hand mixer yang diperlukan untuk membuat suatu kue, umumnya bisa Anda lihat pada situs-situs penyedia resep.

Usahakan wadah adonan tetap dalam posisi stabil

Usahakan wadah adonan tetap dalam posisi stabil
Tips yang terakhir adalah usahakan untuk menjaga wadah adonan tetap dalam posisi yang stabil. Saat menggunakan hand mixer, satu tangan Anda akan memegang hand mixer, sementara tangan lainnya harus memegangi wadah yang berisi adonan. Bila wadah adonan bergerak ke sana kemari saat adonan diaduk, hasil adukan adonan bisa jadi tidak sempurna. Letakkan serbet atau kain di bawah wadah agar posisi wadah lebih stabil.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Carilah produk yang sesuai dengan frekuensi penggunaan. Pilih produk dengan beater yang bisa dilepas pasang dan tidak terlalu tajam ujung beater-nya, mudah dibersihkan, dan disimpan. Fungsi tambahan seperti produk yang bisa diberdirikan dan container penyimpanan bisa menjadi pertimbangan.
Supaya pemakaian hand mixer lebih efektif, ingatlah tiga tips yang telah kami paparkan di atas. Selain membantu pemakaian lebih efektif, tentu hand mixer Anda juga tidak akan cepat rusak. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    29.977 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    17.782 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    18.931 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    12.760 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    14.463 Views
  • 10 Rekomendasi Yogurt Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yogurt Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yogurt merupakan jenis olahan susu yang populer karena manfaat dan kelezatannya. Hal tersebut membuat kebutuhan akan mesin pembuat yogurt pun semakin meningkat. Anda akan menemukan berbagai yogurt maker yang praktis dan aman digunakan beredar di pasaran, seperti Ez-Yo, Misushita, Bear, dan sebagainya.Bagi Anda yang belum mengenal atau Anda yang sedang bingung memilih yogurt maker, kami punya solusinya. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi yogurt maker terbaik agar Anda semakin mudah menemukan alat pembuat yogurt yang tepat. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    1.183 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori