• 10 Rekomendasi Jaket Parka Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Jaket Parka Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Jaket Parka Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Jaket Parka Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Jaket Parka Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Jaket Parka Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)

Anda pasti mengenal fashion item pria yang satu ini. Ya, jaket parka yang dulunya dipakai oleh angkatan militer luar negeri, kini dimodifikasi hingga menjadi kebutuhan fashion. Tak hanya dipakai saat cuaca sedang ekstrem, jaket parka bahkan bisa Anda pakai dalam keseharian Anda.


Beberapa merek, seperti Visval, CONSINA, dan Respiro menyajikan berbagai desain yang unik. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih jaket parka serta cara merawat jaket parka kesayangan Anda. Tak lupa, kami juga menyediakan ulasan jaket parka terbaik untuk Anda. Jadi, jangan lewatkan artikel kami, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Budi Setiadi
  • Pembaharuan terakhir: 17 Maret 2021
  • 41.569 Views
Daftar isi

Perbedaan jaket dengan parka

Perbedaan jaket dengan parka

Apakah Anda pernah bertanya-tanya, apa perbedaan jaket biasa dan jaket parka? Meski tampak sama, nyatanya keduanya punya perbedaan yang mendasar. Hal yang paling mudah terlihat adalah dari segi ukurannya.


Jaket pada umumnya memiliki panjang sampai pinggang saja. Namun, jaket parka punya ukuran yang lebih panjang hingga di bawah pinggang. Tujuan desain yang demikian adalah untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. 


Umumnya, parka didesain dengan bahan antiair pada lapisan luar dan wol asli maupun sintetis pada lapisan dalam. Desain parka terus dimodifikasi tiap tahunnya. Namun, tujuan utamanya tetaplah sama, yaitu menjaga tubuh tetap hangat dan terlindung dari hujan.

Cara memilih jaket parka untuk pria

Saat ini, telah hadir banyak desain jaket parka dengan berbagai keunikan. Agar menemukan desain yang tepat, mari simak tips memilih jaket parka untuk pria berikut ini.

Periksa fitur yang tersedia

Jaket parka yang ada saat ini memiliki banyak perbedaan dengan jaket parka pada desain awalnya. Yang menarik, banyak jaket parka dengan fitur inovatif yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

Untuk menghadapi tantangan cuaca: Waterproof, windproof, dan breathability

Untuk menghadapi tantangan cuaca: Waterproof, windproof, dan breathability

Tujuan utama penggunaan jaket parka adalah untuk melindungi diri Anda dari cuaca ekstrem. Saat memilih jaket parka, jangan lupa untuk mencermati fitur yang biasa tertera pada labelnya. Utamakan memilih jaket parka yang waterproof, windproof, dan memiliki breathability yang baik. 


Waterproof merupakan kemampuan bahan jaket menahan air, sedangkan windproof adalah kemampuan bahan jaket menahan angin. Kedua fitur ini memiliki kekuatan yang sebanding. Maksudnya, kemampuan jaket parka untuk menahan air sama dengan kemampuannya menahan embusan angin.


Namun, bahan waterproof dan windproof umumnya dapat memerangkap panas tubuh dalam jaket. Oleh karena itu, Anda perlu mencermati bahan dengan breathability yang baik. Breathability adalah kemampuan bahan untuk melepaskan panas tubuh ke luar jaket. 

Detail fungsional: Hoodie, velcro, saku, dan adjustable cord

Detail fungsional: Hoodie, velcro, saku, dan adjustable cord

Selain fitur untuk menghadapi cuaca, jaket parka juga dilengkapi dengan detail yang fungsional. Sebelum membawa pulang jaket yang Anda suka, silakan cermati apakah jaket Anda dilengkapi dengan hoodie, velcro, dan detail lainnya.


Hoodie sangat berguna untuk melindungi kepala Anda dari hujan, panas, dan cuaca berangin. Hampir semua jaket memiliki detail ini. Jaket parka dengan hoodie yang dapat dilepas pasang atau memiliki saku khusus akan sangat menyenangkan.


Selanjutnya, pastikan jaket parka Anda dilengkapi velcro atau perekat pada bagian ritsleting depan dan pergelangan tangan. Penambahan velcro dapat mencegah air dan angin masuk melalui celah ritsleting. Selain itu, velcro juga berguna untuk menyesuaikan ukuran pergelangan tangan Anda.


Hal penting lain yang perlu Anda cek adalah keberadaan adjustable cord. Tali pengencang ini umumnya berada pada pinggang dan hoodie. Tali pengencang ini dapat digunakan untuk menyesuaikan ukuran pinggang atau untuk merapatkan hoodie Anda.

Kenali bahan pembuatnya

Jaket parka dibuat dengan bahan yang berbeda-beda. Tiap bahan memiliki keunggulan tersendiri. Mari kenali bahan jaket parka berikut ini.

Cotton twill, nyaman untuk pemakaian sehari-hari

Cotton twill, nyaman untuk pemakaian sehari-hari

Cotton twill merupakan bahan dengan karakter yang halus dan tidak kaku. Cotton twill terbuat dari serat kapas yang mudah menyerap keringat. Seratnya yang lembut, nyaman dipakai saat cuaca dingin maupun panas.


Cotton twill juga biasa dijumpai pada celana pria. Bahan ini dapat dikenali dari bentuk tenunannya yang miring. Daya tahan dan kemampuan bahan ini menyerap keringat cukup baik sehingga jaket berbahan cotton twill cocok digunakan sehari-hari.

Kanvas, kuat dan memberikan tampilan kasual

Kanvas, kuat dan memberikan tampilan kasual

Berbeda dengan cotton twill, kain kanvas memiliki karakter kaku dan keras. Kain kanvas terkenal dengan ketebalannya sehingga banyak disukai para desainer jaket. Selain itu, kain kanvas juga punya daya tahan yang kuat dan tahan lama.


Kain kanvas terdiri dari beberapa macam tipe dengan ketebalan yang berbeda-beda, seperti kanvas marsoto dan baby canvas. Kanvas marsoto adalah yang paling tebal dan biasa digunakan untuk jenis jaket adventure.

Taslan, cocok digunakan pada musim hujan

Taslan, cocok digunakan pada musim hujan

Kain taslan merupakan kain yang termasuk dalam kategori material waterproof. Taslan memiliki serat karet yang menutupi pori-pori kain sehingga secara otomatis tahan terhadap air dan angin. Kain taslan juga biasa digunakan dalam pembuatan jas hujan. 


Kain taslan memiliki sifat elastis, antiair, antiangin, antijamur, dan antiminyak. Perawatan jaket parka berbahan taslan sangat mudah dan bahkan lebih cepat kering daripada kain katun. Tekstur kain taslan hampir mirip dengan kain katun sehingga tetap nyaman di kulit. 

Nilon, ringan dan bebas bergerak

Nilon, ringan dan bebas bergerak

Sama seperti taslan, nilon juga termasuk dalam kategori material waterproof. Perbedaannya terletak pada ketebalan nilon yang berada di bawah taslan. Karakteristik kain nilon adalah ringan, tidak mudah robek, dan elastis. 


Nilon memiliki tekstur halus dan tidak menyerap air sehingga lebih cepat kering apabila terkena basah. Jaket parka dengan bahan nilon lebih tahan terhadap kotoran, bakteri, jamur, dan serangga, serta mudah dibersihkan.

Gunakan jaket dengan desain warna yang polos

Gunakan jaket dengan desain warna yang polos

Salah satu poin yang tak kalah penting dalam pemilihan jaket parka adalah warnanya. Selain menyesuaikan dengan tampilan, warna jaket parka juga punya fungsi lain.


Warna gelap umumnya dipilih karena tidak mudah kotor. Namun, warna gelap lebih menyerap panas sehingga tidak cocok digunakan pada siang hari. Bila Anda berada di alam bebas, jaket parka berwarna gelap juga akan membuat Anda susah terlihat. Jadi, untuk tujuan adventure usahakan untuk memilih warna yang cerah, ya.


Selain itu, kami juga menyarankan Anda untuk memilih jaket parka dengan desain satu warna saja. Makin sedikit warna yang ditampilkan, menandakan makin sedikit jahitan yang digunakan sebagai sambungan. Jahitan yang sedikit ini memperkecil potensi celah yang dapat ditembus air maupun angin.

Temukan ukuran yang sedikit lebih besar

Temukan ukuran yang sedikit lebih besar

Soal pemilihan ukuran, sebaiknya Anda tidak memilih jaket parka yang terlalu pas atau terlalu besar. Tujuan utamanya adalah agar Anda tetap leluasa dalam bergerak. Jaket parka yang sedikit lebih besar akan nyaman digunakan berlapis dengan baju Anda.


Bila Anda membawa tas kecil, Anda juga bisa memasukannya ke dalam jaket Anda. Selain terlindung dari air hujan, tas Anda juga akan lebih aman ketika berada di tempat umum.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

UniqloMen Ultra Light Down Parka

Mulai dari Rp 650.000,00

10 Rekomendasi jaket parka terbaik untuk pria

Setelah mengetahui cara memilih jaket parka yang tepat, mari beralih ke bagian selanjutnya. Berikut ini adalah ulasan sepuluh jaket parka terbaik dari kami. Temukan jaket parka yang Anda suka!

10

Roughneck 1991 Stuff Commander Parka Purple

PK96

Mulai dari Rp 250.000,00

MaterialParka katun
Fitur-
DetailEmpat saku bagian depan
Ukuran yang tersedia S–XL
9

UNKL347 Zorila (Semi) Parka Olive Jacket

Mulai dari Rp 415.000,00

MaterialKanvas
Fitur-
DetailEmpat saku di bagian depan dan adjustable cord
Ukuran yang tersedia S–XL
8

KENTJaket Outdoor Parka Cougle Original Hijau Army

C - 19

Mulai dari Rp 250.000,00

MaterialTaslan jasper mix katun bilabong
FiturWaterproof, windprrof, dan jahitan double
DetailEnam saku, ritsleting, dan kancing
Ukuran yang tersedia M–XL
7

Cotton GoodsReaves Navy Parka Jacket

Mulai dari Rp 369.900,00

MaterialMayer (sejenis parasut)
FiturWater repellent dan windproof ringan
DetailSaku luar dan dalam dengan snap button, adjustable cord, lapisan furing, dan ritsleting dengan snap button
Ukuran yang tersedia S–XL
6
MaterialPoliester
FiturWaterproof
DetailRitsleting dengan kancing, adjustable cord pada hoodie, saku luar, dan saku dalam
Ukuran yang tersedia S–XXL
5

Visval Felton Parka Jacket

Mulai dari Rp 429.000,00

MaterialBaby canvas
FiturWaterproof
DetailSembilan saku multiguna, vislon zipper, lining furing, snap button, nylon button, YKK zipper, dan hidden storage
Ukuran yang tersedia M–XL
4

TorchJaket Parka Gabriel - Olive

Mulai dari Rp 578.000,00

Material-
FiturWindproof
DetailSaku luar dan dalam, hoodie dengan adjustable cord, kompartemen khusus smartphone, velcro di bagian tangan, dan ritsleting dengan kancing
Ukuran yang tersedia M–XL
3

HUMBLEZINGRapunji Yellow Taslan Parka

Mulai dari Rp 475.000,00

MaterialTaslan dan polar cotton
FiturWaterproof
DetailSaku dengan kancing, hoodie dengan adjustable cord, karet pada lengan, dan ritsleting dengan kancing
Ukuran yang tersedia S–XL
2
MaterialCanvas
FiturWaterproof
DetailSaku di bagian depan dengan vertical zip closure, saku dalam, hoodie, dan velcro adjustable circle
Ukuran yang tersedia L–XXL
1
Material-
Fitur100% Windproof
DetailEmpat saku luar, tiga saku dalam, adjustable air vent, zipper, adjustable cuff, dan hoodie yang dapat dilepas
Ukuran yang tersedia S–XXL

Tabel perbandingan produk jaket parka terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Respiro ANTARCTIC TR1.3 1

Respiro

2
CONSINA  Moscva 1

CONSINA

3
HUMBLEZING Rapunji Yellow Taslan Parka 1

HUMBLEZING

4
Torch Jaket Parka Gabriel - Olive 1

Torch

5
Visval  Felton Parka Jacket 1

Visval

6
Cottonology  Parka Gryson Black 1

Cottonology

7
Cotton Goods Reaves Navy Parka Jacket 1

Cotton Goods

8
KENT Jaket Outdoor Parka Cougle Original Hijau Army 1

KENT

9
UNKL347  Zorila (Semi) Parka Olive Jacket 1

UNKL347

10
Roughneck 1991  Stuff Commander Parka Purple 1

Roughneck 1991

Nama produk

ANTARCTIC TR1.3

Moscva

Rapunji Yellow Taslan Parka

Jaket Parka Gabriel - Olive

Felton Parka Jacket

Parka Gryson Black

Reaves Navy Parka Jacket

Jaket Outdoor Parka Cougle Original Hijau Army

Zorila (Semi) Parka Olive Jacket

Stuff Commander Parka Purple

Keunggulan

Perlindungan 100% dari embusan angin

Jaket dengan banyak kompartemen untuk keamanan ganda

Tetap hangat dan fashionable

Jaket parka dengan kompartemen khusus untuk smartphone

Detail multiguna untuk mendukung penuh aktivitas Anda

Ukuran panjang untuk tubuh yang lebih hangat

Fitur ideal untuk para pengendara motor

Jahitan ganda untuk usia pakai yang lebih lama

Jaket semi parka untuk aktivitas santai

Desain simpel untuk dipakai sehari-hari

Harga mulai dariRp 550.000,00Rp 375.000,00Rp 475.000,00Rp 578.000,00Rp 429.000,00Rp 375.000,00Rp 369.900,00Rp 250.000,00Rp 415.000,00Rp 250.000,00
Material-CanvasTaslan dan polar cotton-Baby canvasPoliesterMayer (sejenis parasut)Taslan jasper mix katun bilabongKanvasParka katun
Fitur100% WindproofWaterproofWaterproofWindproofWaterproofWaterproofWater repellent dan windproof ringanWaterproof, windprrof, dan jahitan double--
DetailEmpat saku luar, tiga saku dalam, adjustable air vent, zipper, adjustable cuff, dan hoodie yang dapat dilepasSaku di bagian depan dengan vertical zip closure, saku dalam, hoodie, dan velcro adjustable circleSaku dengan kancing, hoodie dengan adjustable cord, karet pada lengan, dan ritsleting dengan kancingSaku luar dan dalam, hoodie dengan adjustable cord, kompartemen khusus smartphone, velcro di bagian tangan, dan ritsleting dengan kancingSembilan saku multiguna, vislon zipper, lining furing, snap button, nylon button, YKK zipper, dan hidden storageRitsleting dengan kancing, adjustable cord pada hoodie, saku luar, dan saku dalamSaku luar dan dalam dengan snap button, adjustable cord, lapisan furing, dan ritsleting dengan snap buttonEnam saku, ritsleting, dan kancingEmpat saku di bagian depan dan adjustable cordEmpat saku bagian depan
Ukuran yang tersedia S–XXLL–XXLS–XLM–XLM–XLS–XXLS–XLM–XLS–XLS–XL
Tautan produk

Ketahui cara merawat jaket parka yang benar

Ketahui cara merawat jaket parka yang benar

Jaket parka banyak dibuat dengan berbagai jenis kain dan teknologi waterproof. Cara mencuci jaket parka tentu tidak sama dengan mencuci baju biasa. Jika proses mencucinya tidak tepat, kain dan keefektifan fungsi jaket parka akan menjadi kurang maksimal, lho.


Oleh karena itu, selalu perhatikan label cara perawatan atau pencucian yang tertera sebelum mencuci jaket parka Anda. Setelah itu, pastikan saku jaket parka Anda kosong, kendurkan semua tali, dan buka hoodie-nya.


Kebanyakan jaket parka tidak boleh direndam terlalu lama atau bahkan tidak boleh direndam sama sekali. Jika jaket Anda boleh direndam, sebaiknya gunakan detergen cair, detergen dengan pH netral, atau sabun bayi.


Rendamlah jaket dengan air dingin dan hindari waktu perendaman yang terlalu lama. Agar lebih aman, cuci jaket parka Anda dengan tangan. Jangan memeras jaket parka, hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung, dan jangan menyetrikanya.

Baca juga rekomendasi produk jaket lainnya di sini!

Selain ulasan tentang jaket parka, kami juga punya ulasan menarik lainnya, lho. Di bawah ini, kami punya pilihan artikel mengenai ragam jaket yang bisa Anda jadikan referensi. Tak perlu bingung memilih jaket lagi, temukan ulasan jaket terbaik hanya di sini! 

Kesimpulan

Cuaca Indonesia terkadang bisa sangat terik atau sangat dingin. Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari jaket, parka adalah item yang wajib Anda punya. Berkat inovasi para desainer, kini jaket parka bisa Anda gunakan kapan saja dan di mana saja. 


Pada artikel di atas, kami sudah memberikan tips memilih jaket parka yang tepat. Sekarang, saatnya Anda menentukan parka yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda diminta memilih satu celana yang bisa diandalkan untuk setiap kesempatan, celana chino-lah jawabannya. Pada awalnya, celana chino terbuat dari bahan katun twill yang kemudian disebut sebagai “chino” dalam bahasa Spanyol. Seiring berjalannya waktu, celana chino menjadi celana favorit pria karena bahannya yang kuat dan lentur.Tersedia dalam berbagai warna, celana chino juga mudah dikombinasikan untuk berbagai gaya. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih celana chino serta merekomendasikan beberapa produk terbaik, misalnya keluaran Tolliver, Jack Nicklaus, dan Vengoz. Temukan celana yang pas untuk melengkapi penampilan Anda!
    Pakaian pria
    28.574 Views
  • 10 Merk Sweater Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sweater Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Sweater merupakan jenis baju luaran dengan bahan tebal dan biasanya dipakai saat cuaca dingin. Selain melindungi tubuh dari udara dingin, sweater sanggup menunjang penampilan Anda. Modelnya pun beragam, seperti pullover sweater polos dengan crewneck, v-neck cardigan, sampai vest sweater.Dalam artikel ini kami akan membahas sweater khusus pria. Berbagai merek pakaian ternama, seperti Marks & Spencer dan Tommy Hilfiger, ada dalam rekomendasi kami. Merek distro lokal pun tak kalah menariknya, contohnya Reclays, Kale, dan Gomuda. Yuk, simak sampai akhir dan temukan model sweater pria dengan harga yang cocok di kantong!
    Pakaian pria
    20.676 Views
  • 10 Merk Celana Pendek Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Celana Pendek Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Celana pendek kini tidak hanya sekadar dipakai untuk bersantai di rumah. Celana pendek atau shorts telah bertransformasi menjadi salah satu fashion item yang bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Selain antigerah, celana pendek juga bisa membuat pemakainya bergerak lebih bebas dan tampil lebih kasual. Banyaknya bahan, model, dan merk celana pendek mungkin membuat Anda bingung. Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih celana pendek pria yang bagus untuk Anda. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk branded, seperti adidas, Billabong, dan Consina. Teruslah membaca sampai akhir, ya!
    Pakaian pria
    20.930 Views
  • 10 Rekomendasi Sukajan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sukajan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sukajan adalah jaket yang berasal dari Jepang dengan desain gambar yang khas. Mengusung model bomber atau varsity, jaket sukajan memiliki ornamen gambar yang sangat beragam, seperti motif naga, harimau, dan lainnya. Namun, banyaknya jaket sukajan yang tersedia di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan apa itu jaket sukajan beserta cara memilihnya. Kami pun turut merekomendasikan produk terbaik dengan beragam desain dan merk, seperti Erigo, Memphis Origins, Dailybased, dan lainnya. Sudah siap tampil keren dan stylish dengan jaket sukajan?
    Pakaian pria
    4.095 Views
  • 10 Rekomendasi Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jaket hoodie adalah fashion item yang tidak terlewatkan dalam koleksi busana pria. Baik produk beritsleting maupun tanpa ritsleting, keduanya sangat menarik untuk dimiliki. Saat ini, jaket hoodie memiliki desain sangat variatif, bahkan produk yang bisa di-custom pun sudah tersedia di pasaran.Dalam artikel ini, Anda akan menemukan poin mengenai cara memilih jaket hoodie untuk pria. Daftar rekomendasi jaket hoodie terbaik untuk pria pun akan kami berikan.. Ada jaket hoodie keren untuk pria keluaran W.Essentiels, Jack Nicklaus dan sebagainya, pilihlah yang paling Anda suka.
    Pakaian pria
    19.117 Views
  • 10 Merk Kemeja Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kemeja Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kemeja merupakan pakaian yang wajib dimiliki pria, khususnya untuk menghadiri acara formal. Namun belakangan ini, kemeja pria hadir dalam berbagai model sehingga tidak terbatas untuk acara formal saja. Misalnya merk UNIQLO, Cardinal, dan Eiger yang memiliki desain kemeja pria kasual atau santai. Kemeja yang Anda gunakan juga berperan penting dalam membentuk karakter dan menciptakan kesan pertama. Untuk itu, jangan sampai salah dalam memilih dan membeli kemeja. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih kemeja yang bagus untuk pria. Silakan simak baik-baik, ya!
    Pakaian pria
    19.141 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori