• 10 Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)

Sepeda hybrid adalah kombinasi antara sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Sepeda ini banyak digemari karena cukup tangguh dan dapat digunakan di berbagai medan. Selain merek Polygon, ada juga Pacific Bike dan United Bike yang menjual sepeda hybrid dengan berbagai model. 


Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih sepeda hybrid yang bagus untuk pemula. Simak pula rekomendasi produknya dan temukan sepeda hybrid terbaik yang siap dibawa melenggak-lenggok di jalanan. Tidak perlu ragu lagi, artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Nasirullah Sitam
  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Clycling vlogger, Nasirullah Sitam

Profil pakar: Clycling vlogger, Nasirullah Sitam
Nasirullah Sitam
Cycling vlogger
Nasirullah Sitam

Nasirullah Sitam memiliki profesi sebagai tenaga kependidikan di salah satu universitas di Yogyakarta. Ia memiliki hobi bersepeda setiap akhir pekan. Kebiasaan bersepeda ini menjadikan Sitam paham tentang berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas bersepeda, terutama untuk pemula. Anda bisa menyapa Sitam di Instagram-nya. Ia juga rutin meng-update kanal YouTube-nya untuk mengunggah vlog bersepeda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepeda hybrid yang cocok untuk pemula

Di bawah ini, terdapat poin-poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih sepeda hybrid untuk pemula. Mari disimak!

Pilih berdasarkan tujuan Anda bersepeda

Pertama-tama, pilihlah sepeda yang sesuai dengan tujuan Anda mengendarainya. Simak informasi di bawah ini dan jadikan sebagai referensi!

Untuk penggunaan harian, pilihlah yang memiliki ban tebal

Untuk penggunaan harian, pilihlah yang memiliki ban tebal

Pasti banyak dari Anda yang menggunakan sepeda untuk keperluan mobilitas sehari-hari, seperti untuk berangkat kerja, pergi ke sekolah, atau lainnya. Nah, jika begitu, pilihlah sepeda berbobot ringan sehingga mudah dikendalikan. Pasalnya, sepeda yang digunakan pada hari libur yang santai dan sepeda harian untuk pergi bekerja tentunya berbeda. 


Saat akan dipakai berangkat ke kantor, tetapi sepeda Anda bermasalah, ini bisa berakibat fatal. Untuk menghindarinya, pilihlah sepeda dengan ban yang tebal dan model yang tangguh. Jika sepeda digunakan setiap hari, adanya keranjang depan untuk membawa barang bawaan tentunya lebih praktis.


Selain itu, sepeda dengan pelindung lumpur dan standar untuk menyandarkan sepeda juga penting. Sepeda hybrid berbeda dengan city bike. Pada kebanyakan sepeda hybrid, aksesori tambahan tersebut hanya digunakan sebagai fitur tambahan saja. Karena itu, jangan lupa untuk memeriksa aksesori tambahan tersebut, khususnya jika Anda menggunakan sepeda sehari-hari.

Untuk hobi bersepeda, pilihlah yang memiliki ban tipis dan ringan

Untuk hobi bersepeda, pilihlah yang memiliki ban tipis dan ringan

Jika Anda ingin menggunakan sepeda untuk melakukan hobi bersepeda, pilihlah sepeda dengan ban tipis yang dapat digerakkan dengan enteng. Motif ban sepeda juga berpengaruh dalam bersepeda. Anda bisa menggunakan ban dengan motif knop (tonjolan) yang tidak terlalu tinggi dan jarak alur agak rapat. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman saat menjalani hobi bersepeda ini.


Jika Anda berencana membawa sepeda untuk perjalanan jauh, periksalah material frame-nya dan pilihlah yang kukuh. Namun, perlu diingat lagi, sepeda hybrid lebih cocok untuk perjalanan yang tidak terlalu jauh atau medium-distance saja. Jika Anda ingin menggunakan sepeda untuk menempuh perjalanan jauh, road bike lebih direkomendasikan. 

Pilih rem yang performanya baik

Pilih rem yang performanya baik

Umumnya, rem sepeda hybrid dibagi menjadi dua tipe: rim brake dan disc brake. Tipe disk brake lebih dianjurkan untuk pemula. Selain memudahkan pengguna untuk mengontrol kecepatan, performa remnya pun terbilang baik meskipun di jalanan yang basah.


Kelebihan dari jenis rem disc brake adalah jarang bermasalah dan perawatannya tergolong mudah. Jadi, para pemula dapat merasa tenang meskipun belum terbiasa dengan perawatan sepeda. Perlu Anda ketahui bahwa daya pengereman rem disc brake lebih kuat. Oleh karena itu, pesepeda pemula harus dapat mengontrol kecepatan dan melakukan pengereman dengan baik.


Selain disk brake, ada juga model V-brakes, cantilever brake, dan caliper brake. Cantilever brake sering digunakan untuk sepeda yang harganya menengah ke bawah. Memang, cantilever brake memiliki kekuatan pengereman yang lebih rendah dibandingkan V-brake. Jadi, jika harus memilih, lebih baik pilihlah tipe V-brake.

Untuk menunjang kestabilan sepeda, pilih ban yang tebal

Untuk menunjang kestabilan sepeda, pilih ban yang tebal

Ban yang tebal memungkinkan sepeda untuk bergerak lebih stabil. Maka, para pemula disarankan memilih ban yang tebal. Jika bannya tebal, sepeda tidak akan mudah goyang dan bantalannya lebih berasa dibandingkan ban yang tipis. Dengan begitu, sepeda akan lebih nyaman digunakan. 


Ban yang tebal dapat dijabarkan dalam dimensi ukuran 700 x 28C yang berarti diameter luar ban adalah 700 mm dan lebar ban adalah 28 mm. Nah, ketebalan 32C atau 28C lebih dianjurkan untuk pemula. Jika mencapai 25C, ketebalan ini akan menyamai road bike sehingga tidak direkomendasikan untuk pemula.

Untuk penggunaan harian, pilihlah sepeda yang memiliki jumlah gigi 7-9 speed

Untuk penggunaan harian, pilihlah sepeda yang memiliki jumlah gigi 7-9 speed

Sepeda hybrid biasanya dilengkapi dengan variable speed gear. Namun, jangkauan speed-nya sangatlah luas mulai dari 1 speed sampai 27 speed. Meskipun begitu, penggunaan sepeda untuk harian sangatlah jarang menggunakan semua gigi.


Makin tinggi jumlah giginya, makin berat pula sepedanya. Jadi, sepeda dengan jumlah gigi 7 speed sampai 9 speed sudah sangat cukup untuk pemula. Namun, jika Anda berencana mengendarai sepeda di jalan tanjakan atau melaju dengan kecepatan 30 km/h atau lebih, pilihlah jumlah gigi yang lebih tinggi.

Pilih berdasarkan material framenya

Pilih berdasarkan material framenya

Material frame dan fork sepeda adalah penentu utama berat dan ketangguhannya. Ada banyak jenis material yang digunakan untuk sepeda, mulai dari hi-ten steel (baja), chromoly, aluminium, alloy, hingga karbon. Material yang paling umum digunakan untuk sepeda adalah aluminium dan alloy.


Alloy adalah material yang cocok untuk pemula karena harganya tidak begitu mahal, tetapi kukuh. Material alloy cukup efektif untuk menyerap guncangan sehingga membuat sepeda mudah dikendarai, enteng, dan lincah untuk manuver. Selain itu, material aluminium dikenal ringan, antikarat, dan harganya terjangkau. Karenanya, material ini dapat dipilih juga untuk para pemula. 


Selanjutnya, ada fork yang merupakan komponen penyangga roda depan yang terbuat dari karbon. Fork yang terbuat dari karbon terbukti lebih unggul dalam menyerap guncangan dibandingkan bahan aluminium. Meskipun performanya bagus, karbon adalah material yang cukup mahal. Untuk itu, Anda dapat mempertimbangkannya nanti setelah terbiasa bersepeda.

Periksa kenyamanan setang kemudinya

Periksa kenyamanan setang kemudinya

Periksalah kenyamanan dari setang kemudi sepeda pilihan Anda dengan saksama. Hal ini penting karena akan berpengaruh terhadap pengoperasian dan dapat mengurangi risiko kelelahan saat tengah mengemudi. Sebaiknya, pastikanlah pegangannya nyaman, mudah digenggam, ketebalannya pas, dan mudah untuk mengerem.


Setang kemudi yang mudah digenggam lebih penting dibandingkan material yang digunakan, lho. Jadi, sebaiknya Anda mencoba menyentuhnya langsung sebelum memilih.


Karena ukuran setang kemudi sepeda beragam, Anda juga harus mengetahui tingkat kenyamanan saat posisi sedang bersepeda. Memilih setang kemudi sepeda yang tidak terlalu lebar ataupun sempit adalah cara yang paling sederhana. Dengan demikian, bahu berada sejajar dengan tangan saat memegang setang kemudi.

Cobalah melakukan test drive agar lebih yakin dengan kenyamanannya

Cobalah melakukan test drive agar lebih yakin dengan kenyamanannya

Berbeda dengan city bike, Anda dianjurkan memeriksa ukuran sepeda hybrid agar nyaman digunakan. Ketinggian sepeda yang tertera di spesifikasinya sangatlah umum. Anda bisa mengetahui ukuran sepeda tersebut dari keterangan XS, S, M, L, XL, ataupun XXL pada frame sepeda. 


Semua ukuran tersebut berkaitan dengan tinggi badan Anda sehingga dapat membantu Anda untuk memilih sepeda yang sesuai. Karena itu, akan lebih baik jika Anda bisa mencobanya secara langsung (test drive) paling tidak sekali supaya mengetahui ukuran yang tepat. 


Bagi pemula, awalnya memang sulit untuk menentukan ukuran yang tepat. Jadi, sebaiknya bertanyalah kepada teknisi tokonya untuk memeriksa ukuran yang pas dengan postur tubuh Anda. Pastikan Anda menemukan ukuran sepeda hybrid yang pas dan dapat dikendarai dengan nyaman.


Selain itu, untuk menentukan sepeda yang cocok, sebaiknya pilihlah yang memiliki banyak variasi ukuran. Jika Anda membeli sepeda hanya karena desainnya bagus, tetapi ukurannya tidak pas, nantinya justru membuat Anda menyesal. Untuk itu, mohon berhati-hati saat memilih.

Untuk pemula, pilihlah sepeda hybrid yang harganya terjangkau

Untuk pemula, pilihlah sepeda hybrid yang harganya terjangkau

Harga sepeda hybrid berkisar antara 2 juta rupiah sampai lebih dari 10 juta rupiah untuk sepeda level profesional. Dari pilihan harga yang beragam tersebut, pilihlah yang harganya di bawah 10 juta rupiah untuk pemula.


Sepeda dengan harga 10 juta rupiah ke atas memang memiliki kemampuan penyerapan getaran yang bagus. Hal ini akan menunjang kenyamanan saat sepeda diajak melaju kencang atau berjalan jauh. Namun, pemula mungkin kesusahan memilih yang disukai karena harus terpaku pada jumlah gigi, ban, dan frame-nya.


Untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan sport bike seperti road bike, boleh saja memilih tanpa terpaku hal-hal tersebut. Namun, jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli sepeda hybrid, pilihlah yang bagus dengan harga di bawah 10 juta rupiah. 

10 Rekomendasi sepeda hybrid terbaik yang cocok untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda hybrid terbaik yang cocok untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nasirullah Sitam.

10
Ban700 x 35C
Berat14,7 kg
RemTektro MD-M280 mechanical disc brake
Jumlah gigi3 x 8 speed
Material frameAlloy
Tinggi pengguna160-190 cm
9
Ban700 x 38C
Berat14,26 kg
RemShimano hydraulic TM 200 disc brake
Jumlah gigi3 x 10 speed
Material frameNew volare
Tinggi penggunaTidak diketahui
8
Ban700C
Berat14,5 kg
RemShimano BR-M365 disc brake
Jumlah gigi10 speed
Material frameAlloy
Tinggi pengguna165-205 cm
7

Decathlon B Twin Triban RC 100 Road Bike

Mulai dari Rp 7.299.000,00

Ban700 x 32C
Berat11,3 kg
RemTektro RL 340 brake levers
Jumlah gigi7 speed
Material frameAluminium
Tinggi pengguna155-200 cm
6
Ban650b x 40C
BeratTidak diketahui
RemHydraulic disc brake
Jumlah gigi18 speed
Material frameAlloy
Tinggi penggunaTidak diketahui
5

GiantEscape 1 Disc

Mulai dari Rp 6.753.000,00

Ban700 x 38C
BeratTidak diketahui
RemTektro HD-R280 hydraulic disc brake
Jumlah gigi9 speed
Material frameAluminium
Tinggi penggunaTidak diketahui
4
Ban700 x 35C
Berat10,6 kg
RemTektro HD-R290 hydraulic disc brake
Jumlah gigi2 x 10 speed
Material frameAluminium
Tinggi pengguna160-190 cm
3
Ban700 x 38C
BeratTidak diketahui
RemMechanical disc brake
Jumlah gigi3 x 10 speed
Material frameChromoly
Tinggi penggunaTidak diketahui
2

DecathlonRiverside 500 Hybrid Bike

8392092

Mulai dari Rp 2.950.000,00

Ban700 x 38C
Berat13,9-14,1 kg
RemMechanical front/rear disc brake
Jumlah gigi9 speed
Material frameAluminium
Tinggi pengguna150-187 cm
1
Ban700 x 40C
Berat15,4 kg
RemShimano BR-M315
Jumlah gigi7 speed
Material frameAlloy
Tinggi pengguna166-205 cm

Tabel perbandingan produk sepeda hybrid terbaik yang cocok untuk pemula

Gambar produk
1
Polygon Heist 2 1

Polygon

2
Decathlon Riverside 500 Hybrid Bike 1

Decathlon

3
United Bike Callister 1

United Bike

4
Polygon Bend FX4 1

Polygon

5
Giant Escape 1 Disc 1

Giant

6
Cannondale Bad Boy 2 1

Cannondale

7
Decathlon  B Twin Triban RC 100 Road Bike 1

Decathlon

8
Polygon Heist 5 1

Polygon

9
Thrill Volare 1.0 1

Thrill

10
Polygon Path 2 1

Polygon

Nama produk

Heist 2

Riverside 500 Hybrid Bike

Callister

Bend FX4

Escape 1 Disc

Bad Boy 2

B Twin Triban RC 100 Road Bike

Heist 5

Volare 1.0

Path 2

Keunggulan

Dilengkapi disc brake yang pakem, aman digunakan di jalanan beraspal yang basah!

Rangka kukuh dengan double-walled aluminium rims yang didesain uniseks

Perjalanan jauh tidak masalah dengan kendali yang stabil

Dirancang menggunakan flatbar untuk posisi bersepeda yang lebih nyaman

Lebih betah berlama-lama di atas sadel dengan D-Fuse seatpost

Disertai lampu LED di seatpost-nya untuk tampilan lebih stylish di malam hari

Transmisi gigi makin mudah dengan rantai tunggal

Dilengkapi tipe rem mutakhir untuk sepeda hybrid

Terbukti nyaman berkat hasil uji coba para atlet Thrill

Didesain untuk urban riding dengan pemindahan gigi yang mulus

Harga mulai dariRp 4.750.000,00Rp 2.950.000,00Rp 9.250.000,00Rp 9.750.000,00Rp 6.753.000,00Rp 9.180.000,00Rp 7.299.000,00Rp 7.200.000,00Rp 6.500.000,00Rp 4.200.000,00
Ban700 x 40C700 x 38C700 x 38C700 x 35C700 x 38C650b x 40C700 x 32C700C700 x 38C700 x 35C
Berat15,4 kg13,9-14,1 kgTidak diketahui10,6 kgTidak diketahuiTidak diketahui11,3 kg14,5 kg14,26 kg14,7 kg
RemShimano BR-M315Mechanical front/rear disc brakeMechanical disc brakeTektro HD-R290 hydraulic disc brakeTektro HD-R280 hydraulic disc brakeHydraulic disc brakeTektro RL 340 brake leversShimano BR-M365 disc brakeShimano hydraulic TM 200 disc brakeTektro MD-M280 mechanical disc brake
Jumlah gigi7 speed9 speed3 x 10 speed2 x 10 speed9 speed18 speed7 speed10 speed3 x 10 speed3 x 8 speed
Material frameAlloy Aluminium ChromolyAluminiumAluminiumAlloyAluminium AlloyNew volareAlloy
Tinggi pengguna166-205 cm150-187 cmTidak diketahui160-190 cmTidak diketahuiTidak diketahui155-200 cm165-205 cmTidak diketahui160-190 cm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar sepeda hybrid

Pertanyaan umum seputar sepeda hybrid

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar sepeda hybrid. Jika Anda masih penasaran dengan sepeda hybrid, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah hybrid bike cocok untuk jarak jauh?

Pada dasarnya, semua sepeda cocok untuk bersepeda jarak jauh. Sepeda hybrid menjadi salah satu opsi para pengguna sepeda untuk melakukan aktivitas perjalanan dalam jarak jauh.


Faktor yang penting untuk bersepeda jarak jauh menggunakan sepeda hybrid adalah kenyamanan sepeda. Karena itu, ukuran frame sepeda, setang kemudi, dan groupset-nya harus diperhatikan.


Selain itu, Anda harus bisa menyesuaikan kemampuan bersepeda dengan jarak yang ingin dituju. Jika bersepeda menggunakan jenis hybrid dilengkapi berbagai bawaan, tentu Anda harus bisa mengatur ritme kayuhan. Dengan demikian, Anda tidak mudah lelah di berbagai medan jalanan. Pastikan juga melengkapi peralatan keselamatan dan patuh lalu lintas di jalan raya.

Baca juga rekomendasi produk sepeda lainnya di sini

Selain sepeda hybrid, Anda juga dapat memilih jenis sepeda lainnya untuk menunjang aktivitas bersepeda. Mulai dari sepeda gunung sampai sepeda balap semua informasinya ada dalam artikel di bawah ini. Pastikan Anda tidak melewatkannya, ya!

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda setelah membaca rekomendasi mengenai sepeda hybrid di atas? Bagi Anda yang akan membeli sepeda hybrid, pastikan sepeda pilihan Anda nyaman dan mudah digunakan, ya. Dengan begitu, bersepeda akan terasa menyenangkan dan tidak menyusahkan. Semoga dengan artikel ini, Anda makin yakin memilih sepeda hybrid yang tepat. Selamat menikmati jalanan kota dari atas sadel sepeda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengapa Anda harus membeli balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda roda tiga merupakan mainan yang mendukung perkembangan anak-anak usia balita. Merek-merek seperti IIMO, Jefferys, dan Fisher Price sudah terkenal dalam produk sepeda roda tiga. Namun, mungkin Anda masih bingung dalam memilih produk terbaik untuk anak Anda.Dari sekian banyak pertimbangan yang dilakukan saat memilih produk, ada beberapa yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah keamanan dan kenyamanan. Di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara memilih sepeda roda tiga terbaik dan juga produk rekomendasinya. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga bisa membuat bingung.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan produk dari berbagai merek yang bagus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Simak informasinya dan temukan road bike terbaik untuk Anda!
    Sepeda
  • 8 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    8 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan delapan sepeda gunung terbaik untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda merk Polygon dikenal berkualitas tinggi. Terdapat macam-macam jenis sepeda Polygon dapat dijumpai di pasaran, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Harga sepeda Polygon pun variatif, tergantung spesifikasi tiap produk. Anda yang belum mengetahui tingkatan atau tipe sepeda Polygon bisa saja kesulitan memilih produk yang tepat.  Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih sepeda Polygon terbaik. Jenis sepeda Polygon yang bagus untuk pemula hingga profesional, seperti CLAIRE24, URBANO 13, dan XTRADA 5 akan Anda temukan. Hanya sepeda Polygon urutan atas yang kami tampilkan untuk Anda. Selamat membaca!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori