• 10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Interior ruangan di rumah atau kantor Anda tentunya akan semakin cantik bila dilengkapi dengan sebuah lampu, termasuk yang diletakkan pada meja. Dilihat dari fungsinya, salah satu dari beragam lampu yang sering digunakan adalah lampu untuk meja belajar atau meja kerja.

Jenis lampu yang digunakan untuk meja ini mampu memberikan efek yang berbeda pada pencahayaan ruangan. Kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa istilah terkait lampu meja yang perlu Anda ketahui, dan memberikan rekomendasi lampu yang cocok untuk meja belajar maupun meja kerja Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 6.219 Views
Daftar isi

Cara memilih lampu meja belajar

Saat membeli lampu meja belajar, sebagian dari kita mungkin hanya melihat dari segi desainnya saja tanpa memperhatikan jenis lampu yang digunakan. Padahal, jenis lampu yang digunakan suatu produk akan mempengaruhi pencahayaan pada ruangan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis lampu yang biasanya digunakan untuk pada lampu meja belajar.

Lampu neon dan lampu LED

Lampu meja belajar yang sering kita temui biasanya menggunakan lampu jenis LED. Selain hemat energi, lampu jenis ini juga tergolong tahan lama serta menghasilkan panas yang lebih sedikit. Akhir-akhir ini, lampu jenis LED menjadi populer sehingga harganya pun mulai turun. Akan tetapi, masih banyak konsumen yang belum begitu mengerti tentang lampu jenis LED. Banyak yang lebih memilih lampu jenis neon karena harganya yang memang tergolong lebih murah dibanding lampu LED.
Berdasarkan pencahayaan dari suatu lampu, ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui. Di antaranya, lm, lx, K, dan Ra. Berikut ini akan kami jelaskan satu per satu.

Apa itu lm?

Apa itu lm?
Meskipun lampu LED lebih hemat energi dibandingkan lampu neon, tetap saja sulit membandingkan kecerahannya jika diukur dari besarnya watt yang dimiliki. Untuk memudahkannya, tingkat kecerahan ini dinyatakan dalam satuan Lumen (lm), yang merupakan nilai numerik untuk mewakili jumlah cahaya yang dipancarkan dari sumber ke segala arah. Semakin besar nilai lm, semakin tinggi juga jumlah cahayanya.

Apa itu lx?

Apa itu lx?
Banyaknya arus cahaya yang datang pada satu unit bidang disebut dengan illuminance, atau biasa juga disebut dengan kecerahan, dan dinyatakan dalam satuan Lux (lx). Sebagai contoh, sebuah lampu yang jaraknya terlalu jauh dari objek akan menyebabkan illuminance-nya menjadi lebih gelap. Sebut saja lampu yang digunakan khusus untuk membaca, membutuhkan kecerahan sekitar 500 lx agar penggunaannya bisa maksimal.

Apa itu K?

Apa itu K?
Sebuah lampu biasanya ada yang berwarna kuning atau putih. Satuan untuk warna tersebut dinyatakan dalam Kelvin (K). Sehingga semakin rendah nila K sebuah lampu, maka cahaya yang dipancarkannya akan semakin lembut (kuning), seperti cahaya pada lilin. Sebaliknya, jika semakin tinggi nilai K, maka cahayanya pun semakin terang (putih) dan jernih.

Apa itu Ra?

Apa itu Ra?
Colour rendering menunjukkan kualitas cahaya yang dihasilkan dari sebuah lampu, di mana cahaya yang dihasilkan bisa berbeda tergantung pada sumber cahayanya (seperti cahaya alami dari sinar matahari). Dalam artian, semakin dekat kualitas cahaya yang dihasilkan suatu lampu dengan warna yang dihasilkan cahaya alami, berarti lampu tersebut memiliki colour rendering yang tinggi. Satuan untuk mengukur banyaknya colour rendering tersebut dinyatakan dalam satuan Ra. Secara umum, nilai 80 atau lebih merupakan sumber cahaya alami dengan colour rendering yang tinggi.

Akan lebih praktis jika ada sistem pengontrol cahaya dan penyesuaian sudut

Akan lebih praktis jika ada sistem pengontrol cahaya dan penyesuaian sudut
Lampu meja belajar yang dilengkapi sistem pengontrol cahaya dan penyesuaian sudut akan memaksimalkan penggunaannya dalam keseharian Anda. Cahaya yang Anda perlukan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, untuk membaca Anda bisa mengatur pencahayaannya agar tidak terlalu terang. Begitu pula untuk penyesuaian sudut yang dimiliki sebuah lampu meja belajar, Anda bisa mengatur dan menyesuaikan sudut mana yang memerlukan pencahayaan lebih terang dalam membantu aktivitas Anda.

Jenis pemasangan lampu meja belajar dan sumber dayanya

Ada beberapa cara pemasangan lampu meja belajar yang bisa Anda aplikasikan. Berikut ini bisa Anda pilih:

Tipe klem, untuk menghemat ruang pada meja Anda

Tipe klem, untuk menghemat ruang pada meja Anda
Pemasangan lampu meja belajar jenis klem ini, diaplikasikan dengan cara menjepit bagian bawah lampu dengan alat tambahan, kemudian dipasang pada pinggiran meja Anda. Tampilannya akan terlihat seperti gambar di atas, bodi lampu akan menempati sebagian kecil permukaan meja Anda.

Tipe portabel, mudah dibawa ke mana-mana

Tipe portabel, mudah dibawa ke mana-mana
Ada dua tipe lampu meja belajar yang portable. Ada yang menggunakan kabel USB dan memperoleh daya dari komputer sehingga lampu dapat menyala. Serta, ada pula lampu belajar tanpa kabel USB, yaitu menggunakan baterai untuk memperoleh daya. Tipe lampu belajar seperti ini sangat nyaman jika dibawa ke mana-mana. Namun, perlu diingat, bahwa cahaya yang dihasilkan agak redup jika dibandingkan dengan lampu yang menggunakan listrik sebagai sumber dayanya.

10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, selanjutnya kami akan merekomendasikan lampu meja belajar berdasarkan harga, fungsi, cara pemasangan dan tingkat kecerahan lampunya.

10. Cody Magnifier Working Lamp 928

Rp 177.500,00

9. ShiGen SG-406 3 in 1

Rp 175.000,00

8. Remax Dawn RT-E195

Rp 248.900,00

7. Dimmable Touch LED Light RGB Base LD-06S

Rp 300.000,00

Remax6. Remax RT-E185

SKU: RT-E185

Rp 289.000,00

IKEA5. IKEA Jansjo Lampu USB LED

502.912.33

Rp 185.000,00

4. Philips DYNA Grey LED

Rp 455.123,00

IKEA3. IKEA Forsa Work Lamp

801.467.63

Rp 522.000,00

Taigeer2. Philips Scope LED

Rp 759.000,00

Aukey1. Aukey LED LT-T1

SKU: LT-T1

Rp 875.500,00

Kesimpulan

Saat ini di pasaran tersedia berbagai macam desain serta harga lampu meja belajar dengan fungsi dan kelebihannya masing-masing. Sebelum membeli sebuah lampu meja, cermati dan pahami dengan baik produk seperti apa yang Anda butuhkan.
Kami harap artikel kali ini bisa menjadi referensi dalam memilih lampu meja yang paling cocok untuk Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda merasa lelah, sakit kepala, pegal, atau mood Anda jelek saat bangun tidur? Hal ini bisa terjadi karena Anda salah memilih kasur, sehingga tidur Anda tidak berkualitas. Saat ini banyak produk kasur matras yang dijual dari berbagai produsen seperti Uniland, Elite, Comforta, Inoac dan sebagainya dengan berbagai keunggulan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kasur matras yang biasa dipakai sehari-hari di rumah. Kami juga akan merekomendasikan kasur yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Mari ikuti ulasan kami, agar Anda tidak salah pilih!
    Interior, furnitur
    41.538 Views
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    Menyulap tampilan dinding menjadi baru memang sedikit merepotkan. Namun, kini tersedia alternatif yang praktis dan cukup terjangkau untuk mengubah tampilan dinding sesuai keinginan Anda. Untuk Anda yang mudah bosan dengan desain ruangan yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba wallpaper sticker.Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding dengan berbagai motif, seperti motif kayu, pemandangan alam, dan sebagainya. Sebelumnya kami juga akan membagi tips cara memilih wallpaper dinding. Bagi Anda yang sedang mencari wallpaper dinding, silakan simak artikel berikut, ya!
    Interior, furnitur
    25.659 Views
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang menyukai tanaman bunga, Anda dapat menatanya lebih rapi menggunakan rak bunga. Tak hanya untuk menata tanaman, rak bunga pun dapat dijadikan dekorasi untuk meningkatkan tampilan interior rumah. Namun, banyaknya jenis rak bunga mungkin akan membuat Anda sedikit kesulitan dalam memilihnya.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rak bunga terlebih dahulu. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik untuk Anda, salah satunya keluaran IKEA. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah menentukan rak bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Interior, furnitur
    24.454 Views
  • 10 Rekomendasi Sofa Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sofa Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun dapat digunakan sebagai tempat tidur, sofa bed yang dapat dilipat menjadi sofa adalah salah satu barang yang membuat penggunaan ruangan menjadi lebih efektif. Untuk Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar, sofa bed akan menjadi sangat multifungsi dan berguna. Anda dapat menghemat ruangan dan menaruh barang.Kami akan memberikan tips cara memilih sofa bed yang berguna dan terbaik untuk Anda. Selain itu, melalui artikel ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk dari merek seperti IKEA dan The Olive House yang bisa didapatkan di Lazada, Tokopedia, atau Blibli. Semoga Anda mendapatkan sofa bed yang bagus serta sesuai dengan keinginan Anda.
    Interior, furnitur
    11.447 Views
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pemilihan meja belajar tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, ada beberapa brand yang varian meja belajarnya terjamin kualitasnya, seperti dari Ikea, Funika, dan Infinity.Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan membeli meja belajar baru, kami akan membantu Anda dengan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda pertimbangkan. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Yuk, dibaca!
    Interior, furnitur
    13.286 Views
  • 10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Nah, coba perhatikan, pasti suasana ruangan Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Hal tersebut dikarenakan karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior.Namun, jangan asal meletakkan karpet di ruangan. Ukuran, motif, bahan karpet, dan lainnya akan memengaruhi suasana ruangan Anda. Tips memilih karpet beserta rekomendasi produk-produk terbaik dari merek seperti IKEA akan kami ulas di artikel ini. Penasaran? Yuk, baca informasi selengkapnya.
    Interior, furnitur
    13.638 Views
  • 10 Rekomendasi Hiasan Dinding Terbaik dari Kayu (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hiasan Dinding Terbaik dari Kayu (Terbaru Tahun 2020)
    Mempercantik ruangan menggunakan hiasan dinding sudah lazim dilakukan belakangan ini. Terlebih bila hiasannya berbahan kayu, ruangan Anda akan terkesan makin menawan. Tidak hanya berbeda ukuran, masing-masing hiasan dinding dari kayu juga memiliki keunggulan tersendiri.Dalam artikel ini, Anda akan menemukan tips cara memilih hiasan dinding dari kayu. Tidak lupa juga kami sertakan daftar berisi sepuluh rekomendasi hiasan dinding terbaik dari kayu. Dengan begitu, menemukan produk yang paling sesuai untuk Anda pun terasa makin mudah. Segera miliki hiasan dinding berkualitas tinggi dari kayu dan jadikan ruangan lebih memesona!
    Interior, furnitur
    117 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori