10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Interior ruangan di rumah atau kantor Anda tentunya akan semakin cantik bila dilengkapi dengan sebuah lampu, termasuk yang diletakkan pada meja. Dilihat dari fungsinya, salah satu dari beragam lampu yang sering digunakan adalah lampu untuk meja belajar atau meja kerja.

Jenis lampu yang digunakan untuk meja ini mampu memberikan efek yang berbeda pada pencahayaan ruangan. Kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa istilah terkait lampu meja yang perlu Anda ketahui, dan memberikan rekomendasi lampu yang cocok untuk meja belajar maupun meja kerja Anda.

Daftar isi

Cara memilih lampu meja belajar

Saat membeli lampu meja belajar, sebagian dari kita mungkin hanya melihat dari segi desainnya saja tanpa memperhatikan jenis lampu yang digunakan. Padahal, jenis lampu yang digunakan suatu produk akan mempengaruhi pencahayaan pada ruangan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis lampu yang biasanya digunakan untuk pada lampu meja belajar.

Lampu neon dan lampu LED

Lampu meja belajar yang sering kita temui biasanya menggunakan lampu jenis LEDSelain hemat energi, lampu jenis ini juga tergolong tahan lama serta menghasilkan panas yang lebih sedikit. Akhir-akhir ini, lampu jenis LED menjadi populer sehingga harganya pun mulai turun. Akan tetapi, masih banyak konsumen yang belum begitu mengerti tentang lampu jenis LED. Banyak yang lebih memilih lampu jenis neon karena harganya yang memang tergolong lebih murah dibanding lampu LED.

Berdasarkan pencahayaan dari suatu lampu, ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui. Di antaranya, lm, lx, K, dan Ra. Berikut ini akan kami jelaskan satu per satu.

Apa itu lm?

Apa itu lm?

Meskipun lampu LED lebih hemat energi dibandingkan lampu neon, tetap saja sulit membandingkan kecerahannya jika diukur dari besarnya watt yang dimiliki. Untuk memudahkannya, tingkat kecerahan ini dinyatakan dalam satuan Lumen (lm), yang merupakan nilai numerik untuk mewakili jumlah cahaya yang dipancarkan dari sumber ke segala arah. Semakin besar nilai lm, semakin tinggi juga jumlah cahayanya.

Apa itu lx?

Apa itu lx?

Banyaknya arus cahaya yang datang pada satu unit bidang disebut dengan illuminance, atau biasa juga disebut dengan kecerahan, dan dinyatakan dalam satuan Lux (lx). Sebagai contoh, sebuah lampu yang jaraknya terlalu jauh dari objek akan menyebabkan illuminance-nya menjadi lebih gelap. Sebut saja lampu yang digunakan khusus untuk membaca, membutuhkan kecerahan sekitar 500 lx agar penggunaannya bisa maksimal.

Apa itu K?

Apa itu K?

Sebuah lampu biasanya ada yang berwarna kuning atau putih. Satuan untuk warna tersebut dinyatakan dalam Kelvin (K). Sehingga semakin rendah nila K sebuah lampu, maka cahaya yang dipancarkannya akan semakin lembut (kuning), seperti cahaya pada lilin. Sebaliknya, jika semakin tinggi nilai K, maka cahayanya pun semakin terang (putih) dan jernih.

Apa itu Ra?

Apa itu Ra?

Colour rendering menunjukkan kualitas cahaya yang dihasilkan dari sebuah lampu, di mana cahaya yang dihasilkan bisa berbeda tergantung pada sumber cahayanya (seperti cahaya alami dari sinar matahari). Dalam artian, semakin dekat kualitas cahaya yang dihasilkan suatu lampu dengan warna yang dihasilkan cahaya alami, berarti lampu tersebut memiliki colour rendering yang tinggi. Satuan untuk mengukur banyaknya colour rendering tersebut dinyatakan dalam satuan Ra. Secara umum, nilai 80 atau lebih merupakan sumber cahaya alami dengan colour rendering yang tinggi.

Akan lebih praktis jika ada sistem pengontrol cahaya dan penyesuaian sudut

Akan lebih praktis jika ada sistem pengontrol cahaya dan penyesuaian sudut

Lampu meja belajar yang dilengkapi sistem pengontrol cahaya dan penyesuaian sudut akan memaksimalkan penggunaannya dalam keseharian Anda. Cahaya yang Anda perlukan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, untuk membaca Anda bisa mengatur pencahayaannya agar tidak terlalu terang. Begitu pula untuk penyesuaian sudut yang dimiliki sebuah lampu meja belajar, Anda bisa mengatur dan menyesuaikan sudut mana yang memerlukan pencahayaan lebih terang dalam membantu aktivitas Anda.

Jenis pemasangan lampu meja belajar dan sumber dayanya

Ada beberapa cara pemasangan lampu meja belajar yang bisa Anda aplikasikan. Berikut ini bisa Anda pilih:

Tipe klem, untuk menghemat ruang pada meja Anda

Jenis klem untuk menghemat ruang pada meja Anda

Pemasangan lampu meja belajar jenis klem ini, diaplikasikan dengan cara menjepit bagian bawah lampu dengan alat tambahan, kemudian dipasang pada pinggiran meja Anda. Tampilannya akan terlihat seperti gambar di atas, bodi lampu akan menempati sebagian kecil permukaan meja Anda.

Tipe portabel, mudah dibawa ke mana-mana

Tipe portable yang menggunakan USB

Ada dua tipe lampu meja belajar yang portable. Ada yang menggunakan kabel USB dan memperoleh daya dari komputer sehingga lampu dapat menyala. Serta, ada pula lampu belajar tanpa kabel USB, yaitu menggunakan baterai untuk memperoleh daya. Tipe lampu belajar seperti ini sangat nyaman jika dibawa ke mana-mana. Namun, perlu diingat, bahwa cahaya yang dihasilkan agak redup jika dibandingkan dengan lampu yang menggunakan listrik sebagai sumber dayanya.

10 Rekomendasi Lampu Meja Belajar Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, selanjutnya kami akan merekomendasikan lampu meja belajar berdasarkan harga, fungsi, cara pemasangan dan tingkat kecerahan lampunya.

10. Cody Magnifier Working Lamp 928

10. Cody Magnifier Working Lamp 928

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 177.500

Lampu meja dengan banyak kegunaan

Selain untuk meja kerja atau meja belajar, lampu yang satu ini juga berguna untuk membaca dan pekerjaan service. Produk ini didesain dengan rangka yang kuat dan memiliki tinggi 68 cm serta bisa ditekuk untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Produk ini dibekali dengan lampu hemat listrik dan juga dilengkapi dengan kaca pembesar yang bisa berputar 360°. Kaca pembesar ini dibuat khusus bagi para pekerja yang membutuhkan kejelian atau untuk membaca tulisan-tulisan yang berukuran kecil.

9. ShiGen SG-406 3 in 1

9. ShiGen SG-406 3 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 175.000

Lampu meja 3 in 1: dijepit, didudukkan, dan ditempel di dinding

Produk lampu meja belajar ini terbuat dari material besi berkualitas tinggi. Bodinya bisa ditekuk ke dalam tiga sudut sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda bisa menggunakan tiga jenis lampu untuk produk ini, yaitu lampu pijar, LED bulb, dan CFL (lampu lilin atau lampu tornado).

Lampu meja ini bisa Anda aplikasikan dalam tiga cara, yaitu dijepit pada pinggiran meja, didudukkan pada permukaan meja, atau ditempel di dinding. Produk ini juga dilengkapi dengan tombol on/off pada bodinya, serta kabel sepanjang 127 cm.

8. Remax Dawn RT-E195

8. Remax Dawn Lampu Meja Belajar RT-E195

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 248.900

Lampu meja belajar dengan tiga pilihan kecerahan lampu

Produk lampu meja belajar dari Remax ini tergolong portable dengan baterai berkapsitas 700 mAhsehingga bisa Anda bawa ke mana-mana tanpa perlu dicolok. Bagian kaki lampu ini juga didesain dengan klip yang bisa dijepit pada pinggiran meja Anda atau cukup meletakkannya saja pada permukaan meja.

Di samping itu, lampu meja belajar ini dibekali lampu LED yang awet digunakan dalam jangka waktu yang lama, serta terdiri dari 3 pilihan kecerahan lampu yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi ruangan Anda. Leher lampu ini juga bisa ditekuk untuk diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Dimmable Touch LED Light RGB Base LD-06S

7. Dimmable Touch LED Light RGB Base - LD-06S

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 300.000

Tombol sensor untuk memudahkan pengaturan tingkat kecerahan lampu

Lampu meja ini mempunyai dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai lampu tidur dan juga untuk meja belajar Anda. Produk ini dibekali dengan lampu LED yang berkualitas, serta menggunakan baterai yang bisa diisi ulang sehingga penggunaannya akan lebih lama.

Lampu meja belajar ini didesain dengan unik dan dibekali fitur tombol sensor yang berfungsi mengatur kecerahan lampunya. Produk ini juga dilengkapi dengan lampu jenis RGB yang warnanya bisa Anda ganti menyesuaikan suasana hati Anda.

6. Remax RT-E185

6. Remax RT-E185

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 289.000

Lampu meja dengan fitur canggih

Lampu meja belajar keluaran Remax yang satu ini didesain elegan dengan bodi yang mampu dilipat hingga 180°. Bagian kaki lampu juga dilengkapi dengan fitur touch panel untuk menyalakan dan mematikan lampu.

Kelebihan lainnya dari produk ini adalah bagian bodinya dilengkapi layar kecil yang menampilkan informasi suhu ruangan serta jam digital untuk menunjukkan waktu. Produk ini juga dibekali lampu LED dan dilengkapi sistem eye protection untuk melindungi mata Anda dari paparan cahaya lampu secara langsung.

5. IKEA Jansjo Lampu USB LED

5. IKEA Jansjo Lampu USB LED

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 185.000

Daya ketahanan lampu hingga 20.000 jam!

Keunggulan produk dari IKEA tentunya sudah tidak diragukan lagi. Kali ini kami merekomendasikan lampu meja belajar yang didesain dengan model colokan USB. Anda bisa memperoleh daya untuk menyalakan lampu cukup dengan mencolokkannya pada komputer Anda.

Material lampu belajar ini terbuat dari baja berkualitas. Bodinya juga fleksibel dan bisa ditekuk ke arah manapun yang Anda inginkan. Di samping itu, produk ini menggunakan lampu jenis LED yang daya ketahanan lampunya mampu bertahan selama 20.000 jam!

4. Philips DYNA Grey LED

4. Philips DYNA Grey LED

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 455.123

Lampu meja ukuran mini dengan banyak kelebihan

Lampu belajar produk Philips ini hadir dengan ukuran yang tergolong kecil, tetapi mempunyai banyak kelebihan. Di antaranya adalah produk ini dibekali lampu jenis LED berwarna putih dengan tingkat kecerahan sebesar 270 lm. Cahaya yang dihasilkan juga “hangat” dan mampu menciptakan suasana yang nyaman.

Kelebihan lain pada produk ini adalah lampu yang mampu bertahan hingga 15.000 jam atau setara dengan 15 tahun dengan 3 jam pemakaian per harinya! Lampu yang digunakan juga hemat energi sehingga membantu Anda menekan pengeluaran untuk pembayaran listrik.

3. IKEA Forsa Work Lamp

3. IKEA Forsa Work Lamp

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 522.000

Lampu kerja desain klasik untuk mempercantik interior ruangan

Satu lagi produk dari IKEA yang menjadi rekomendasi pada artikel ini adalah IKEA Forsa, sebuah lampu meja yang didesain dengan tinggi 35 cm dan mempunyai panjang kabel 1,8 m. Modelnya yang klasik akan terlihat cantik untuk interior ruangan Anda.

Desain bagian kepala produk ini akan mengarahkan cahaya dari bohlam agar fokus dan terarah. Namun perlu diperhatikan bahwa bohlam untuk produk ini dijual terpisah. IKEA sendiri merekomendasikan untuk menggunakan lampu LED chandelier putih opal E14 yang mempunyai tingkat kecerahan 400 lm.

2. Philips Scope LED

2. Philips Scope LED - Hijau

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 759.000

Lampu meja dengan fitur anti silau

Produk lampu meja belajar dari Philips ini hadir dengan lampu LED yang berkualitas yang menghasilkan cahaya terang berwarna putih alami. Lampu meja belajar ini juga didesain dengan sudut yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan Anda.

Produk ini dibekali lampu hemat energi sehingga bisa mengurangi tagihan listrik Anda. Selain itu, lampu meja ini juga dilengkapi dengan lensa optik berbentuk sarang lebah yang menjadikan distribusi cahaya lebih merata. Fitur anti silau pada produk ini juga dapat membantu menjaga kesehatan mata.

1. Aukey LED LT-T1

1. Aukey LED LT-T1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 875.500

4 mode lampu untuk membaca, belajar, santai dan tidur

Produk yang satu ini tergolong paling mahal jika dibandingkan dengan produk lain yang kami rekomendasikan. Namun, ini tentunya sebanding dengan dengan 4 mode lampu yang ditawarkan, yaitu mode membaca, belajar, santai dan lampu tidur. Produk ini juga memiliki 5 tingkat keterangan lampu yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Fitur lain dari produk ini adalah adanya port USB yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai lampunya. Desainnya juga mudah ditekuk hingga 180°. Lampu keluaran Aukey ini dilengkapi dengan teknologi eye protection yang melindungi mata Anda dari paparan cahaya langsung.

Kesimpulan

Saat ini di pasaran tersedia berbagai macam desain serta harga lampu meja belajar dengan fungsi dan kelebihannya masing-masing. Sebelum membeli sebuah lampu meja, cermati dan pahami dengan baik produk seperti apa yang Anda butuhkan.

Kami harap artikel kali ini bisa menjadi referensi dalam memilih lampu meja yang paling cocok untuk Anda, ya!