1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Snack (Makanan Ringan) Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Snack (Makanan Ringan) Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Snack (Makanan Ringan) Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Snack (Makanan Ringan) Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Snack (Makanan Ringan) Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Snack (Makanan Ringan) Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Snack (Makanan Ringan) Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Makanan ringan atau snack tentu sangat nikmat dimakan kapan saja, baik saat kerja maupun saat santai. Snack juga wajib dibawa saat Anda pergi piknik. Ada banyak pilihan snack Indonesia sampai snack impor yang dapat Anda nikmati. Camilan yang renyah, gurih, manis, sampai pedas bisa Anda pilih.

Kami akan merekomendasikan snack terenak yang kekinian dan viral di reels. Ada juga rekomendasi snack rendah kalori dan snack jadul yang lezat. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Simak tips dari kami untuk memilih snack yang enak disantap kapan saja.

Diperbaharui 01-10-2023
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace menemukan lowongan sebagai freelance writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace menemukan passion-nya di dalam dunia menulis. Grace hobi menjelajahi supermarket untuk menemukan makanan dan minuman yang menarik untuk dicoba. Review makanan dan minuman tersebut dibagikan dalam akun Instagram pribadinya. Berbekal dari hobi tersebut, kini Grace menjadi seorang content creator di Lemon8. Grace juga gemar membaca informasi terbaru tentang kesehatan, perawatan rambut, wajah, dan tubuh serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih snack (makanan ringan)

Chiki mungkin menjadi salah satu snack terfavorit di Indonesia. Namun, masih ada banyak snack enak lainnya yang tak boleh Anda lewatkan. Untuk itu, simak dahulu tips dari kami untuk memilih snack yang enak.

① Kenali cita rasa macam-macam snack

Ada beragam cita rasa makanan ringan, seperti makanan ringan manis, gurih, dan pedas. Anda tentu memiliki selera snack tersendiri, bukan?

Snack gurih, rasa gurihnya bikin ketagihan

Snack gurih, rasa gurihnya bikin ketagihan

Ada banyak makanan ringan dengan cita rasa gurih. Anda bisa memilih mulai dari keripik kentang, Chiki, keripik singkong, sampai keripik tempe. Pilihan rasa snack dengan rasa gurih cukup banyak, seperti keju, BBQ, bulgogi, rumput laut, dan ayam bakar.


Kebanyakan snack dengan rasa gurih menggunakan penguat rasa MSG yang bikin Anda ketagihan. Sebetulnya, belum ada riset yang menunjukkan hasil adanya bahaya dari MSG. Meski begitu, jangan sampai Anda mengonsumsi camilan ini secara berlebihan karena kadar natriumnya yang cukup tinggi. Konsumsi natrium yang terlalu tinggi dapat meningkatkan tekanan darah.


Kini tersedia snack gurih tanpa MSG. Harganya memang lebih mahal dibandingkan snack gurih dengan MSG. Meski begitu, snack gurih tanpa MSG dapat menjadi alternatif camilan yang lebih sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Rasanya juga tak kalah lezat dengan snack ber-MSG.

Snack manis, membuat mood lebih baik

Snack manis, membuat mood lebih baik

Snack manis merupakan makanan favorit para sweet tooth. Makanan ringan dengan cita rasa manis bisa berupa keripik buah dan popcorn. Anda juga bisa menemui jenis camilan manis dari snack jadul, seperti tengteng dan nougat.


Banyak anggapan mengenai camilan manis yang bisa membuat mood Anda lebih baik. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Beberapa penelitian justru menunjukkan sebaliknya. Makanan manis dapat memicu perasaan menjadi lebih buruk. 


Banyak sekali faktor yang memengaruhi kondisi psikis dan hubungannya dengan konsumsi suatu makanan. Meski begitu, jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi camilan manis. Kandungan gula di dalam camilan manis tergolong cukup tinggi. Carilah snack rendah gula apabila ingin lebih aman.

Snack pedas, memberikan tantangan tersendiri

Makanan ringan dengan cita rasa pedas banyak ditemui di Indonesia. Tren tantangan mencoba makanan ringan pedas pun banyak beredar di media sosial. Tak heran jika makanan ringan dengan cita rasa pedas sering menjadi viral.


Ada beragam camilan pedas, seperti keripik pedas dan makaroni pedas. Anda bisa menemui beragam level camilan pedas tersebut, mulai dari yang level pedas ringan sampai sangat pedas. Salah satu camilan pedas yang viral di TikTok adalah keripik Paqui One Chip Challenge. 


Meski mengonsumsi camilan pedas memang memiliki kenikmatan tersendiri, Anda tetap harus berhati-hati, ya. Jika Anda memiliki permasalahan asam lambung, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi camilan pedas. Mengonsumsi camilan pedas yang berlebihan dapat merusak dinding lambung Anda. Camilan pedas dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih.

② Selain snack Indonesia, pertimbangkan snack dari negara lain yang populer

Selain snack Indonesia, pertimbangkan snack dari negara lain yang populer
Sumber: snnp.co.th

Selain snack dari Indonesia, snack impor juga banyak menjadi incaran. Snack impor tentunya memiliki cita rasa yang berbeda dari snack lokal. Perbedaan cita rasa ini yang membuat orang menjadi penasaran dengan snack impor.


Snack Korea, snack Thailand, dan snack Jepang sering menjadi incaran bagi penggemar makanan ringan. Kini Anda bisa dengan mudah mendapatkannya dari marketplace ataupun situs jasa titip yang ada. Poin penting yang perlu dipastikan oleh para umat muslim dalam memilih snack impor adalah keterangan halal. Anda bisa memastikan soal kehalalan produk tersebut sebelum membelinya, ya.


Jika Anda masih penasaran tentang snack impor, kami juga punya artikelnya untuk Anda. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan snack impor asal Korea dan Thailand yang enak!

③ Periksa tabel nutrisi dari camilan

Periksa tabel nutrisi dari camilan

Ngemil memang bikin ketagihan. Anda mungkin saja menghabiskan lebih dari sebungkus makanan ringan sendirian dalam sekali makan. Hal ini tentu saja dirasa kurang baik untuk kesehatan. Porsi makanan ringan memang tampak sedikit, tetapi mengandung kalori yang cukup besar jika langsung dihabiskan. Untuk itu, selalu perhatikan tabel nutrisi dari camilan tersebut.


  • Kalori menjadi poin pertama yang perlu Anda perhatikan. Camilan yang dibuat dengan proses digoreng akan memiliki angka kalori yang lebih tinggi. Untuk itu, pastikan kembali kalori camilan per saji ataupun per kemasannya. Kedua angka kalori ini bisa saja berbeda karena dalam satu kemasan bisa jadi terbagi atas beberapa kali saji. Dengan begitu, Anda bisa menjaga berat badan dan kesehatan dengan mengonsumsi camilan secara bijak.

  • Anda juga harus memperhatikan kandungan gula di dalam camilan. Camilan manis mengandung lebih banyak gula. Mengonsumsi gula berlebih juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Batas maksimal konsumsi gula per hari di Indonesia adalah 50 gram. Jumlah ini sudah termasuk gula dalam setiap makanan yang dimasak, makanan kemasan, ataupun gula yang ditambahkan pada snack.

  • Kandungan natrium juga tidak boleh Anda lewatkan, terutama untuk camilan gurih. Zat utama pembentuk garam ini tergolong cukup tinggi, terutama yang mengandung MSG. Kebutuhan natrium orang dewasa per hari adalah sekitar 1.500–2.300 mg. Mengonsumsi natrium yang berlebih tidak baik untuk kesehatan Anda karena dapat menyebabkan hipertensi.

  • Kandungan kolesterol dan lemak jenuh juga sebaiknya tidak luput dari perhatian. Batas maksimal konsumsi kolesterol harian adalah 200 mg. Sementara itu, batas lemak jenuh maksimal yaitu 20–30 mg per harinya. Apabila asupan kolesterol dan lemak jenuh tidak terkontrol, risiko penyakit degeneratif, seperti obesitas, stroke, dan penyakit jantung, bisa timbul.

Supaya Anda bisa mengonsumsi snack dengan nikmat tanpa berlebihan, cobalah untuk mengonsumsi dengan sedikit porsi terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda menghabiskan snack secara berlebihan.

④ Pertimbangkan untuk memilih snack rendah kalori saat diet

Tak ada larangan untuk mengonsumsi snack saat diet. Mengonsumsi camilan bahkan sangat disarankan saat Anda sedang menjalankan diet dengan defisit kalori. Namun, jangan asal memilih snack untuk diet.


Anda bisa memilih snack yang diolah dengan cara dipanggang. Dengan begitu, kalori snack tersebut akan lebih rendah dibandingkan snack yang digoreng. Snack yang dipanggang memang memiliki rasa yang berbeda dengan snack yang digoreng. Meski begitu, rasanya tetap enak di lidah.


Snack rendah kalori juga bisa dipilih dari jenis yang tidak mengandung banyak topping atau tambahan bahan. Tambahan bahan tersebut seperti taburan gula, krim, whip cream, caramel, meses, dan sebagainya. Snack yang minim tambahan topping tentu tidak memberikan tambahan kalori yang besar.


Pastikan juga Anda mengonsumsi snack sesuai dengan porsinya. Jangan sampai Anda mengonsumsi snack rendah kalori secara berlebihan, ya.

10 Rekomendasi snack (makanan ringan) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk snack (makanan ringan) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Garudafood

Chocolatos Wafer Roll

Garudafood Chocolatos Wafer Roll 1枚目

Wafer roll terlaris dengan isian yang melimpah

2

Indofood

Chiki Balls

Indofood Chiki Balls 1枚目

Snack jadul yang masih banyak diminati sampai sekarang

3

Tays Bakers

Tricks

Tays Bakers Tricks 1枚目

Snack rendah kalori untuk diet, kurang dari 100 kkal

4

Oishi

Sponge Crunch

Oishi Sponge Crunch 1枚目

Teksturnya renyah dengan isian manis di bagian tengah

5

Makaroni Ngehe

Makaroni Kering

Makaroni Ngehe Makaroni Kering 1枚目

Makaroni kering hits dengan beragam pilihan rasa dan level pedas

6

Srinanaporn

Bento Seafood Snack

Srinanaporn Bento Seafood Snack 1枚目

Snack juhi asal Thailand dengan rasa manis pedas yang lezat

7

Matoh Foods

Matoh Cassava Chips

Matoh Foods Matoh Cassava Chips 1枚目

Keripik singkong tanpa MSG dan pengawet, rasanya tetap enak!

8

Mamee

Mister Potato X Daebak Ghost Pepper Crisps

Mamee Mister Potato X Daebak Ghost Pepper Crisps 1枚目

Snack pedas viral di TikTok, cuma buat para pemberani!

9

Indomaret

Popcorn Caramel

Indomaret Popcorn Caramel 1枚目

Popcorn caramel Indomaret yang rasanya mewah

10

Nuts Holic

Nuts Holic Almond

Nuts Holic Nuts Holic Almond 1枚目

Camilan kacang almond kekinian asal Korea yang halal

Perincian produk
Close
No.1

GarudafoodChocolatos Wafer Roll

Mulai dari Rp2.200,00

Wafer roll terlaris dengan isian yang melimpah

Sejak kemunculannya, Chocolatos Wafer Roll sudah menjadi favorit para konsumen. Daya tarik dari Chocolatos Wafer Roll ini adalah isiannya yang melimpah. Agar wafer roll ini lebih nikmat, dinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas sebelum disantap, ya.


Wafer roll ini dikemas terpisah satu per satu sehingga lebih higienis. Jadi, Anda tak perlu khawatir isinya melempem. Chocolatos Wafer Roll bisa menjadi pilihan camilan manis terbaik sebagai isian bekal harian Anda ataupun anak-anak.

No.2

Snack jadul yang masih banyak diminati sampai sekarang

Chiki adalah snack jadul yang tetap banyak diminati sampai sekarang. Bagi anak-anak generasi 90-an, Chiki pasti sangat identik dengan tazos. Meski kini sudah tidak ada tazos di dalam kemasan Chiki, snack ini tetap membawa kesan nostalgia tersendiri.


Chiki Balls dibuat dalam ukuran bite size yang membuat camilan ini lebih praktis disantap. Memang banyak orang berpendapat bahwa ukuran Chiki sekarang lebih kecil dibandingkan versi Chiki terdahulu. Namun, apabila Anda mencari snack jadul yang rasanya masih enak sampai sekarang, Chiki Balls adalah jawabannya.

No.3

Snack rendah kalori untuk diet, kurang dari 100 kkal

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet turun berat badan dan defisit kalori, mencari makanan ringan memang lebih tricky. Anda perlu mencari tahu proses pengolahannya sekaligus kalorinya. Nah, sekarang Anda tak perlu lagi kebingungan mencari makanan ringan yang enak untuk diet defisit kalori.


Anda bisa memilih Tricks yang merupakan keripik kentang tanpa digoreng. Kalori per konsumsinya pun hanya 70 kkal saja. Tiap kepingnya tetap renyah dan rasa gurihnya sangat menggoyang lidah. Jadi, diet Anda akan tetap lancar tanpa perlu mengurangi konsumsi snack.

No.4

Teksturnya renyah dengan isian manis di bagian tengah

Sponge Crunch dari Oishi merupakan camilan yang wajib dicoba para sweet tooth. Snack ini memiliki bentuk seperti sponge yang permukaannya tidak rata. Camilan dengan tekstur renyah ini memiliki lapisan selai di tengahnya. Dengan begitu, teksturnya akan makin kaya di mulut Anda.


Menariknya lagi, Sponge Crunch dikemas dalam zip lock bag. Kemasan ini memudahkan Anda menyimpannya saat tidak habis dikonsumsi. Sponge Crunch juga bisa menjadi camilan yang enak dibawa saat pergi piknik bersama orang terkasih.

No.5

Makaroni NgeheMakaroni Kering

Mulai dari Rp9.000,00

Makaroni kering hits dengan beragam pilihan rasa dan level pedas

Siapa yang tidak suka dengan makaroni kering? Renyah dan gurihnya makaroni kering pasti membuat Anda tidak berhenti ngemil. Makaroni Ngehe atau MaHe menawarkan beragam varian rasa makaroni kering yang lezat. Anda juga dapat memilih level pedas dari makaroni tersebut. Tak cuma makaroni saja, coba juga camilan renyah viral lainnya dari MaHe, ya!

No.6

SrinanapornBento Seafood Snack

Mulai dari Rp17.000,00

Snack juhi asal Thailand dengan rasa manis pedas yang lezat

Snack juhi ini menjadi salah satu oleh-oleh populer yang sering dibeli saat orang jalan-jalan ke Thailand. Bento Seafood Snack merupakan snack juhi yang dibalut dengan lapisan glaze manis pedas. Rasa gurih, pedas, dan manis berpadu sempurna dalam camilan ini. Camilan asal Thailand ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai seafood.

No.7

Matoh FoodsMatoh Cassava Chips

Mulai dari Rp13.000,00

Keripik singkong tanpa MSG dan pengawet, rasanya tetap enak!

Apabila Anda mencari keripik bebas gluten yang tanpa MSG, pertimbangkanlah Matoh. Matoh adalah keripik singkong lokal tanpa tambahan MSG serta pengawet. Matoh dapat menjadi pilihan snack renyah terbaik untuk seluruh anggota keluarga.


Tiap keping keripik singkong Matoh dibuat dengan potongan yang cukup tipis. Bumbunya pun berpadu dengan sempurna. Meski tanpa MSG, rasa Matoh tetap lezat untuk disantap saat senggang ataupun saat bekerja.

No.8

MameeMister Potato X Daebak Ghost Pepper Crisps

Mulai dari Rp19.400,00

Snack pedas viral di TikTok, cuma buat para pemberani!

Ghost pepper atau bhut jolokia adalah cabai terpedas di dunia. Kini ada banyak snack dan mi instan yang menggunakan cabai terpedas ini. Rasa pedasnya membuat para pencinta makanan pedas penasaran, ya.


Salah satu challenge viral di TikTok adalah dari Mister Potato X Daebak Ghost Pepper. Isinya adalah keripik kentang berwarna hitam dengan taburan ghost pepper. Meski begitu, rasa pedasnya masih tergolong tidak mematikan, ya. 

No.9

Popcorn caramel Indomaret yang rasanya mewah

Popcorn selalu menjadi camilan yang enak untuk menemani waktu drama marathon Anda. Belakangan ini ada satu produk popcorn rasa karamel yang rasanya sanggup menyaingi rasa popcorn mahal. Penasaran? Cobalah snack dari Indomaret ini.


Popcorn rasa karamel dari Indomaret memiliki rasa manis karamel yang gurih dan manis. Selain itu, aromanya benar-benar sangat menggugah selera. Rasanya hampir menyamai rasa popcorn karamel dari bioskop juga, lho. Para penggemar popcorn wajib mencoba snack Indonesia yang satu ini!

No.10

Nuts HolicNuts Holic Almond

Mulai dari Rp18.000,00

Camilan kacang almond kekinian asal Korea yang halal

Jika Anda suka ngemil kacang-kacangan, kami merekomendasikan snack Korea ini. Camilan ini merupakan camilan kacang almond yang dibalut dengan bumbu. Di samping itu, kacang almond merupakan pilihan yang cukup sehat bagi Anda yang sedang diet. Terlebih lagi, snack ini sudah memilih sertifikasi halal.


Salah satu rasa terfavoritnya adalah Nuts Holic Honey Butter Almond yang manis dan gurih. Jika Anda suka rasa pedas, Anda bisa mencoba varian Hot Spicy Almond untuk rasa yang lebih pedas. Selain itu, tak ada salahnya juga untuk mencoba rasa stroberinya yang manis.

Pertanyaan umum seputar snack

Pertanyaan umum seputar snack

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar snack. Jika Anda masih penasaran dengan snack, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah boleh makan snack setiap hari?

Sejatinya, snack merupakan bagian dari pengaturan pola makan secara keseluruhan. Makan snack membantu mengontrol kadar gula darah dan sebagai pemasok energi dan zat gizi selain waktu makan utama. 


Berikut ini jenis snack yang diperbolehkan untuk dikonsumsi setiap hari 

  1. Snack dengan kandungan gula, garam, dan lemak yang seimbang
  2. Tidak mengandung zat adiktif dan bahan tambahan pangan berbahaya
  3. Mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh

Baca juga rekomendasi minuman untuk melengkapi snack di sini

Kurang lengkap rasanya jika snack tidak ditemani dengan minuman yang enak. Es kopi susu bisa menjadi teman Anda untuk menikmati snack sambil bekerja. Selain itu, teh kemasan dan minuman soda dingin dapat menemani Anda yang sedang chill. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan minuman yang enak untuk teman ngemil!

Kesimpulan

Makanan ringan atau snack rasanya menjadi makanan yang wajib Anda simpan. Makanan ringan sangat enak dinikmati sambil bekerja, belajar, ataupun saat bersantai. Ada banyak pilihan makanan ringan, mulai dari makanan ringan legendaris sampai yang viral.


Kebanyakan makanan ringan memiliki kalori yang tinggi per konsumsinya. Oleh karena itu, pastikan juga Anda tetap mengimbangi waktu ngemil dengan gaya hidup sehat, ya. Selamat memilih camilan yang enak!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer