1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan ibu
  6. >
  7. 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Perubahan hormon saat kehamilan sering membuat kulit lebih sensitif. Akibatnya, kulit jadi mudah berjerawat serta lebih rentan saat terkena sinar matahari. Untuk mengatasinya, aplikasikan sunscreen untuk ibu hamil terutama ketika keluar rumah.

Kali ini kami akan membahas tentang kandungan sunscreen yang aman untuk ibu hamil. Tips memilih sunscreen yang bagus untuk bumil serta rekomendasi produk dari merek terbaik juga telah kami siapkan. Ada Sensatia Botanicals, Mama's Choice, serta CeraVe. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari disimak untuk menemukan sunscreen untuk ibu hamil yang bagus!

Diperbaharui 06-09-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apakah ibu hamil boleh memakai sunscreen/sunblock?

Apakah ibu hamil boleh memakai sunscreen/sunblock?

Paparan sinar matahari yang berlebih adalah salah satu sumber terjadinya berbagai permasalahan kulit. Noda hitam, kulit kusam dan menggelap, jerawat, hingga kanker kulit merupakan beberapa contoh dampak dari sinar matahari. Karena itu, penggunaan sunscreen sangat dianjurkan demi mencegah efek buruk radiasi sinar ultraviolet.


Namun, bagaimana dengan ibu hamil? Bolehkah ibu hamil memakai sunscreen? Ini adalah pertanyaan yang sering dikemukakan oleh banyak orang. Selama masa kehamilan, terjadi perubahan hormon yang memengaruhi kondisi kulit. Alhasil, kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari sehingga lebih mudah memerah, gatal, dan terasa terbakar.


Karena itu, penggunaan sunscreen untuk ibu yang sedang mengandung masih disarankan, terutama jika harus beraktivitas di luar ruangan. Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil sebaiknya menggunakan sunblock dengan minimal SPF 30 saat berada di bawah sinar matahari.


Namun, tentu Anda tidak bisa memilih sembarang sunblock, ya. Pasalnya, tidak semua sunscreen aman untuk bumil. Sebenarnya, produk seperti apa yang aman digunakan oleh ibu hamil? Agar Anda tidak bingung, kami akan membahasnya di bawah ini. Silakan baca artikel ini hingga selesai, ya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen/sunblock untuk ibu hamil

Pada bagian ini, kami akan menjabarkan empat poin yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen untuk ibu hamil. Silakan perhatikan dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan produk yang cocok dan aman dipakai selama masa kehamilan.

① Periksa kandungan bahannya, sebisa mungkin pilih yang minim iritasi

Munculnya masalah kulit selama masa kehamilan merupakan hal yang lumrah terjadi. Namun, bagi ibu hamil, masalah-masalah tersebut dapat memunculkan kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap janin. Karena itu, demi meredakan rasa khawatir, penting untuk mengecek bahan kandungan sunblock yang aman untuk ibu hamil.

Untuk mencegah iritasi, pilihlah produk yang termasuk physical sunscreen

Untuk mencegah iritasi, pilihlah produk yang termasuk physical sunscreen
Hal utama yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen ibu hamil adalah memastikan jenis kandungan tabir suryanya. Ada dua jenis tabir surya yang biasa digunakan dalam sunscreen yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen.

Chemical sunscreen memiliki manfaat tabir surya yang tinggi, tetapi sayangnya mudah mengiritasi kulit. Sunblock jenis ini dicirikan dengan keberadaan avobenzone, oxybenzone, octocrylene, dan lain-lain.


Di sisi lain, physical sunscreen lebih lembut di kulit sehingga lebih aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tingkat perlindungan yang ditawarkan physical sunscreen lebih rendah, tetapi justru memberi keuntungan karena tidak membebani kulit. Kandungan yang digunakan dalam physical sunscreen adalah titanium dioxide dan zinc oxide.


Dilansir dari U.S Food and Drug Administration, titanium dioxide dan zinc oxide bahkan termasuk dalam kategori GRASE. Kategori ini menunjukkan bahwa kedua bahan tersebut diakui aman dan efektif untuk menangkal bahaya sinar matahari


Selain itu, menurut salah satu jurnal dalam National Library of Medicine, pengaplikasian zinc oxide berulang kali tidak akan membuatnya terserap oleh kulit. Namun, pastikan kandungan titanium dioxide dan zinc oxide dalam sunblock tidak lebih dari 25%. Hal tersebut merupakan poin penting demi memastikan sunscreen aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Supaya lebih aman, pilihlah produk organik atau yang ditujukan untuk kulit sensitif

Supaya lebih aman, pilihlah produk organik atau yang ditujukan untuk kulit sensitif
Anda tentu akan lebih tenang jika memilih sunscreen dengan kandungan bahan yang ramah di kulit. Meskipun belum tentu lebih aman, pertimbangkanlah menggunakan sunblock dengan kandungan bahan organik atau bahan alami yang berasal dari tumbuhan. Bahan-bahan tersebut cenderung tidak menghasilkan residu.

Selain untuk ibu hamil, sunscreen berbahan organik sering digunakan untuk pemilik kulit sensitif dan bayi. Bahkan, kandungan tersebut juga aman untuk ibu menyusui juga, lho.


Namun, meski mengandung bahan organik, terkadang sunscreen masih bisa menimbulkan iritasi akibat sisa-sisa bahan yang tidak dimurnikan. Oleh sebab itu, kami sangat menyarankan Anda melakukan test patch untuk memastikan kecocokannya dengan kulit.

② Pilih produk dengan SPF dan PA yang sesuai kebutuhan

Pilih produk dengan SPF dan PA yang sesuai kebutuhan
Kulit akan lebih rentan terbakar oleh sinar matahari saat hamil. Karena itu, dalam memilih sunscreen untuk bumil, penting untuk memastikan bahwa kandungan SPF dan PA-nya sesuai dengan kebutuhan. Untuk penggunaan sehari-hari, sunscreen dengan SPF 30 dan PA++ sudah cukup melindungi kulit.

Tentu berbeda lagi bila Anda berencana untuk berada di luar rumah dalam jangka waktu lama. Pada kondisi tersebut, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF dan PA yang lebih tinggi. Kami juga sangat menyarankan Anda untuk membeli beberapa tabir surya dengan SPF yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya secara bergantian sesuai kebutuhan.

③ Lebih disarankan untuk memilih produk tanpa pewangi

Lebih disarankan untuk memilih produk tanpa pewangi

Kehamilan akan membuat indra penciuman Anda lebih sensitif akibat adanya perubahan hormon. Meskipun sebelum hamil Anda menyukai wewangian, saat hamil Anda bisa saja menjadi mual karena aroma tertentu. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih sunscreen atau sunblock tanpa pewangi. Terlebih, keberadaan pewangi juga dapat merangsang terjadinya iritasi pada kulit.


Akan tetapi, ada beberapa produsen yang menggunakan pewangi alami pada produknya. Jika Anda menemukan sunscreen dengan pewangi alami, cek mengenai kekuatan aroma tersebut. Untuk memastikannya, Anda bisa mencobanya langsung di toko atau membaca review pengguna di internet.

④ Utamakan produk yang mudah dibersihkan demi mencegah masalah kulit

Utamakan produk yang mudah dibersihkan demi mencegah masalah kulit
Untuk membersihkan sunscreen, biasanya Anda perlu menggunakan sabun pembersih. Namun, ada beberapa sunscreen atau sunblock yang tidak mudah dihilangkan dengan pembersih yang ringan. Supaya kulit terjaga kesehatannya, pilihlah sunscreen yang mudah dibersihkan.

Ketika Anda melakukan kegiatan di area outdoor, menangkal paparan sinar matahari sangatlah penting. Pada saat seperti itu, sunscreen yang waterproof akan lebih membantu. Meski cenderung sulit dibersihkan, tidak masalah jika Anda hanya menggunakannya sesekali. Sementara untuk aktivitas sehari-hari, sunscreen yang mudah dibersihkan lebih tepat untuk dipakai.

10 Rekomendasi sunscreen/sunblock terbaik untuk ibu hamil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk ibu hamil yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sensatia Botanicals

Surf Naked Sunscreen Lotion

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion 1枚目

Nikmati berenang tanpa rasa khawatir

2

Drunk Elephant

Umbra Sheer Physical Daily Defense SPF 30

Drunk Elephant Umbra Sheer Physical Daily Defense SPF 30 1枚目

Cegah munculnya kerutan dan garis halus

3

Mama's Choice

Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++ 1枚目

Sanggup mengatasi kekeringan kulit dengan kandungannya yang kaya pelembap

4

Johnson & Johnson

Aveeno Positively Mineral Sensitive Skin Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

Johnson & Johnson Aveeno Positively Mineral Sensitive Skin Sunscreen Broad Spectrum SPF 50 1枚目

Makeup menempel lebih apik setelah pemakaian sunscreen ini

5

CeraVe

Hydrating Mineral Sunscreen SPF 50 Face Lotion

CeraVe Hydrating Mineral Sunscreen SPF 50 Face Lotion 1枚目

Efektif memperbaiki kerusakan skin barrier

6

Kiehl’s

Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen 1枚目

Formulanya sangat lembut untuk kulit berjerawat

7

Johnson & Johnson

Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Lotion Broad Spectrum SPF 60+

Johnson & Johnson  Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Lotion Broad Spectrum SPF 60+ 1枚目

Kandungan SPF tertinggi, tetapi bebas minyak

8

Innisfree

Perfect UV Protection Cream Triple Care SPF50+/PA+++

Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care SPF50+/PA+++ 1枚目

Tiga manfaat untuk kulit dalam satu produk!

9

Shiseido

Ultimate Sun Protection Lotion WetForce for Sensitive Skin and Children SPF 50+ Sunscreen

Shiseido Ultimate Sun Protection Lotion WetForce for Sensitive Skin and Children SPF 50+ Sunscreen 1枚目

Tak ada white cast meski diaplikasikan dengan buru-buru

10

Babyganics

SPF 50+ Sunscreen

Babyganics SPF 50+ Sunscreen 1枚目

Antipedih saat terkena mata

Perincian produk
Close
No.1

Sensatia BotanicalsSurf Naked Sunscreen Lotion

Mulai dari Rp150.000,00

Nikmati berenang tanpa rasa khawatir

Berenang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk dilakukan selama masa kehamilan. Namun, pastikan Anda selalu mengaplikasikan Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion sebelum berenang, ya. Sunscreen tanpa silikon ini mengandung beeswax yang bekerja dengan membentuk lapisan tahan air sekaligus mengunci kelembapan kulit.

Selain itu, produk ini diperkaya minyak bunga matahari yang efektif menghidrasi dan mempunyai manfaat antibakteri. Produk ini merupakan salah satu sunscreen lokal yang aman untuk ibu hamil karena paling minim bahan kandungan. Busui pun dapat menggunakan produk ini, lho! Dengan segala kelebihannya, sunscreen ini dipasarkan dengan harga yang relatif paling murah di antara lainnya. Menarik, bukan?

No.2

Drunk ElephantUmbra Sheer Physical Daily Defense SPF 30

Mulai dari Rp525.000,00

Cegah munculnya kerutan dan garis halus

Merek sunscreen lainnya yang aman untuk ibu hamil ialah Drunk Elephant. Produk ini kaya akan antioksidan berkat keberadaan algae extract, raspberry seed oil, dan marula oil. Alhasil, penggunaan sunblock ini ampuh menghindarkan kulit dari efek buruk radikal bebas akibat paparan sinar matahari.

Sunscreen ini juga mengandung sunflower extract yang berfungsi sebagai agen anti-aging. Untuk Anda yang ingin senantiasa tetap awet muda dan bebas kerutan, tak ada salahnya mencoba sunblock ini.

No.3

Mama's ChoiceDaily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Mulai dari Rp139.000,00

Sanggup mengatasi kekeringan kulit dengan kandungannya yang kaya pelembap

Kulit yang cenderung kering dan kusam merupakan hal yang sering dialami ibu hamil akibat perubahan hormon. Jika Anda mengalami hal tersebut, gunakanlah sunscreen produksi Mama's Choice ini. Produk ini diperkaya dengan banyak bahan pelembap aktif, antara lain hyaluronic acid, sodium hyaluronate, glycerin, hingga shea butter.


Sunscreen ini juga mengandung rice extract yang ampuh untuk membuat kulit lebih bercahaya. Bisa dibilang produk ini adalah gabungan antara pelembap dan sunblock yang aman untuk ibu hamil. Meski hanya mengandung SPF 20, produk ini tetap ampuh menangkal efek radiasi matahari.

No.4

Johnson & JohnsonAveeno Positively Mineral Sensitive Skin Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

Mulai dari Rp259.000,00

Makeup menempel lebih apik setelah pemakaian sunscreen ini

Bagi Anda yang harus mengaplikasikan makeup, mineral sunscreen produksi Aveeno ini sangat tepat untuk dijadikan pilihan. Meski teksturnya terasa creamy dan agak lengket, sunscreen ini justru memberikan hasil akhir powdery pada kulit. Hasilnya, makeup akan menempel dengan lebih apik di kulit. Sunscreen ini juga diperkaya oat yang dapat menjaga kelembapan kulit sekaligus menutrisinya agar tetap sehat.

No.5

CeraVeHydrating Mineral Sunscreen SPF 50 Face Lotion

Mulai dari Rp390.000,00

Efektif memperbaiki kerusakan skin barrier

Apabila Anda merasakan tanda-tanda kerusakan skin barrier, segeralah beralih ke CeraVe Hydrating Sunscreen Face Lotion. Sunscreen yang satu ini diformulasikan dengan tiga jenis ceramide sehingga efektif mengembalikan fungsi barrier kulit.

Dilengkapi hyaluronic acid dan niacinamide, kondisi kulit Anda akan cepat membaik dengan produk ini. Selain itu, produk ini mempunyai SPF 50 sehingga ampuh menghindarkan kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

No.6

Kiehl’sUltra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen

Mulai dari Rp545.000,00

Formulanya sangat lembut untuk kulit berjerawat

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen termasuk aman digunakan untuk ibu hamil yang berjerawat. Pasalnya, roduk ini terbuat dari 100% mineral yang teksturnya ringan dan lembut. Jadi, baik kulit sensitif maupun berjerawat tidak mudah iritasi.

Produk ini juga mengandung vitamin E yang akan melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Uniknya lagi, sunscreen ini sedikit lebih berwarna dibandingkan produk lainnya sehingga dapat meningkatkan warna kulit. Kulit pun akan terlihat lebih sehat dan cerah meski tanpa makeup.

No.7

Johnson & Johnson Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Lotion Broad Spectrum SPF 60+

Mulai dari Rp219.000,00

Kandungan SPF tertinggi, tetapi bebas minyak

Apabila Anda gemar menghabiskan waktu di luar ruangan dalam jangka waktu lama, ingatlah untuk selalu mengaplikasikan sunscreen ini. Sunscreen Neutrogena ini memiliki SPF tertinggi dibandingkan produk lainnya sehingga bisa memberi perlindungan lebih maksimal.

Formulanya pun bebas minyak dan cepat diserap sehingga tidak akan meninggalkan kesan oily pada kulit. Jadi, kulit Anda akan tetap terasa ringan setelah memakainya.

No.8

InnisfreePerfect UV Protection Cream Triple Care SPF50+/PA+++

Mulai dari Rp210.000,00

Tiga manfaat untuk kulit dalam satu produk!

Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care ditujukan untuk Anda yang antiribet. Produk asal Korea ini menawarkan tiga manfaat sekaligus dalam satu produk. Selain memberikan perlindungan dari sinar UV, sunblock ini juga dapat mencegah kerut dan mencerahkan kulit wajah, lho. Semua itu berkat keberadaan teh hijau asal Jeju, serta ekstrak minyak bunga matahari.
No.9

ShiseidoUltimate Sun Protection Lotion WetForce for Sensitive Skin and Children SPF 50+ Sunscreen

Mulai dari Rp515.000,00

Tak ada white cast meski diaplikasikan dengan buru-buru

Sunscreen Shiseido ini mempunyai formula yang mudah diratakan, cepat kering, dan memberikan hasil akhir menyatu dengan kulit. Dengan begitu, produk ini tidak meninggalkan white cast setelah diaplikasikan pada kulit. Pilihan yang tepat untuk Anda yang sering terburu-buru saat menggunakan sunblock.


Selain itu, produk ini dibuat dengan menggunakan teknologi WetForce. Teknologi tersebut akan membantu sunblock lebih efektif dalam melindungi dari sinar UV saat terkena air atau keringat.

No.10

BabyganicsSPF 50+ Sunscreen

Mulai dari Rp130.000,00

Antipedih saat terkena mata

Bagi Anda yang gemar menyentuh area wajah, pemilihan Babyganics SPF 50+ Sunscreen adalah langkah yang tepat. Produk satu ini mengandung formula tear free sehingga tidak pedih saat tanpa sengaja terkena mata.

Karena itu, sunscreen ini juga sangat nyaman dipakai oleh anak-anak. Produk ini bahkan sudah teruji secara klinis, serta diperkaya bahan baku organik. Anda pun bisa mengaplikasikannya pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

Kandungan sunscreen/sunblock yang perlu dihindari ibu hamil

Selain tips memilih sunscreen, kami juga akan membahas hal-hal yang harus dihindari saat Anda ingin membeli produknya. Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin bahwa sunscreen yang dipilih benar-benar aman sehingga tidak menimbulkan masalah selama kehamilan.

Hindari sunscreen yang mengandung banyak bahan kimia sintetis dan bahan yang mengiritasi

Hindari sunscreen yang mengandung banyak bahan kimia sintetis dan bahan yang mengiritasi
Selama hamil, Anda tidak direkomendasikan menggunakan sunscreen atau sunblock dengan kandungan alkohol. Kandungan ini umumnya banyak ditemukan pada sunscreen jenis spray. Selain itu, hindari pula produk-produk yang mengandung bahan kimia sintetis seperti surfaktan.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kulit akan cenderung lebih sensitif selama masa kehamilan. Nah, bahan-bahan tersebut dapat mengiritasi kulit dan berisiko tidak aman jika digunakan dalam jangka panjang.


Bahan kimia sintetis yang biasanya terkandung dalam sunscreen adalah carbomer, polyethylene, paraben, sodium laureth sulfate, dan glyceryl stearate. Pastikan Anda memeriksa tabel komposisi dengan saksama, lalu pilih produk dengan bahan kimia sesedikit mungkin.

Hindari sunscreen dengan nano partikel dan jenis spray agar tidak masuk ke dalam tubuh

Hindari sunscreen dengan nano partikel dan jenis spray agar tidak masuk ke dalam tubuh
Di antara banyaknya jenis tabir surya, ada produk yang berbentuk spray dan mist. Namun saat Anda hamil, hindari sunscreen spray karena rentan terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. 


Sunscreen cair, krim, dan losion lebih tepat digunakan meski penggunaannya sedikit merepotkan. Bila terpaksa menggunakan tipe spray, semprotkan sunscreen di telapak tangan, jauh dari wajah. Setelah itu, barulah oleskan sunscreen ke wajah dan area lain.


Selain itu, ada pendapat yang menyarankan untuk menghindari sunscreen dengan nano partikel karena dapat terserap oleh tubuh. Namun, belum ada penelitian pasti tentang bahaya dan efek buruknya sehingga Anda tidak perlu terlalu risau. Jika Anda masih ragu, memilih sunscreen tanpa nano partikel adalah langkah terbaik.

Tips dari dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Sesuai dengan rekomendasi dari American Academy of Pediatrics, bayi juga perlu diproteksi dengan sunscreen. Bayi di bawah enam bulan bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 15 pada area kecil seperti wajah dan punggung tangan. Bayi berusia enam bulan ke atas bisa menggunakan sunscreen SPF 15–30 pada semua area kulit yang terpajang matahari.


Nah, bagaimana cara memilih sunscreen terbaik untuk bayi dan anak-anak? Mari simak tipsnya berikut ini.

  1. Pilihlah UV filter mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide yang lebih aman untuk kulit sensitif
  2. Sebisa mungkin hindari UV filter kimia terutama oxybenzone yang dihubungkan dengan gangguan hormonal ringan.
  3. Pilihlah sunscreen tanpa parfum untuk mengurangi risiko iritasi.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kulit lainnya bagi ibu hamil dan menyusui di sini

Selain menggunakan sunscreen untuk ibu hamil, Anda juga perlu memakai produk perawatan khusus lainnya. Kami telah menuliskan beberapa artikel yang akan bermanfaat bagi kulit Anda selama masa kehamilan dan menyusui. Ada cream wajah untuk ibu hamil dan menyusui, kosmetik yang aman untuk ibu hamil, dan lainnya. Selengkapnya, mari kunjungi artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Sunscreen/sunblock merupakan produk skincare yang harus selalu digunakan, terutama bila Anda sering berada di bawah sinar matahari. Namun, saat memasuki masa kehamilan, Anda wajib memilih sunscreen yang aman untuk bumil. 


Demi keamanan, pastikan Anda selalu menggunakan physical sunscreen. Selain itu, periksalah seluruh kandungan bahan pada produk yang dipilih. Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda menemukan sunblock yang paling tepat untuk ibu hamil. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer