• 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Perubahan hormon saat kehamilan sering membuat kulit lebih sensitif. Akibatnya, kulit jadi mudah berjerawat serta lebih rentan saat terkena sinar matahari. Untuk mengatasinya, aplikasikan sunscreen untuk ibu hamil terutama ketika keluar rumah.

Kali ini kami akan membahas tentang kandungan sunscreen yang aman untuk ibu hamil. Tips memilih sunscreen yang bagus untuk bumil serta rekomendasi produk dari merek terbaik juga telah kami siapkan. Ada Sensatia Botanicals, Mama's Choice, serta CeraVe. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari disimak untuk menemukan sunscreen untuk ibu hamil yang bagus!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 09 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apakah ibu hamil boleh memakai sunscreen/sunblock?

Apakah ibu hamil boleh memakai sunscreen/sunblock?

Paparan sinar matahari yang berlebih adalah salah satu sumber terjadinya berbagai permasalahan kulit. Noda hitam, kulit kusam dan menggelap, jerawat, hingga kanker kulit merupakan beberapa contoh dampak dari sinar matahari. Karena itu, penggunaan sunscreen sangat dianjurkan demi mencegah efek buruk radiasi sinar ultraviolet.


Namun, bagaimana dengan ibu hamil? Bolehkah ibu hamil memakai sunscreen? Ini adalah pertanyaan yang sering dikemukakan oleh banyak orang. Selama masa kehamilan, terjadi perubahan hormon yang memengaruhi kondisi kulit. Alhasil, kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari sehingga lebih mudah memerah, gatal, dan terasa terbakar.


Karena itu, penggunaan sunscreen untuk ibu yang sedang mengandung masih disarankan, terutama jika harus beraktivitas di luar ruangan. Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil sebaiknya menggunakan sunblock dengan minimal SPF 30 saat berada di bawah sinar matahari.


Namun, tentu Anda tidak bisa memilih sembarang sunblock, ya. Pasalnya, tidak semua sunscreen aman untuk bumil. Sebenarnya, produk seperti apa yang aman digunakan oleh ibu hamil? Agar Anda tidak bingung, kami akan membahasnya di bawah ini. Silakan baca artikel ini hingga selesai, ya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen/sunblock untuk ibu hamil

Pada bagian ini, kami akan menjabarkan empat poin yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen untuk ibu hamil. Silakan perhatikan dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan produk yang cocok dan aman dipakai selama masa kehamilan.

Periksa kandungan bahannya, sebisa mungkin pilih yang minim iritasi

Munculnya masalah kulit selama masa kehamilan merupakan hal yang lumrah terjadi. Namun, bagi ibu hamil, masalah-masalah tersebut dapat memunculkan kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap janin. Karena itu, demi meredakan rasa khawatir, penting untuk mengecek bahan kandungan sunblock yang aman untuk ibu hamil.

Untuk mencegah iritasi, pilihlah produk yang termasuk physical sunscreen

Untuk mencegah iritasi, pilihlah produk yang termasuk physical sunscreen
Hal utama yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen ibu hamil adalah memastikan jenis kandungan tabir suryanya. Ada dua jenis tabir surya yang biasa digunakan dalam sunscreen yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen.

Chemical sunscreen memiliki manfaat tabir surya yang tinggi, tetapi sayangnya mudah mengiritasi kulit. Sunblock jenis ini dicirikan dengan keberadaan avobenzone, oxybenzone, octocrylene, dan lain-lain.


Di sisi lain, physical sunscreen lebih lembut di kulit sehingga lebih aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tingkat perlindungan yang ditawarkan physical sunscreen lebih rendah, tetapi justru memberi keuntungan karena tidak membebani kulit. Kandungan yang digunakan dalam physical sunscreen adalah titanium dioxide dan zinc oxide.


Dilansir dari U.S Food and Drug Administration, titanium dioxide dan zinc oxide bahkan termasuk dalam kategori GRASE. Kategori ini menunjukkan bahwa kedua bahan tersebut diakui aman dan efektif untuk menangkal bahaya sinar matahari


Selain itu, menurut salah satu jurnal dalam National Library of Medicine, pengaplikasian zinc oxide berulang kali tidak akan membuatnya terserap oleh kulit. Namun, pastikan kandungan titanium dioxide dan zinc oxide dalam sunblock tidak lebih dari 25%. Hal tersebut merupakan poin penting demi memastikan sunscreen aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Supaya lebih aman, pilihlah produk organik atau yang ditujukan untuk kulit sensitif

Supaya lebih aman, pilihlah produk organik atau yang ditujukan untuk kulit sensitif
Anda tentu akan lebih tenang jika memilih sunscreen dengan kandungan bahan yang ramah di kulit. Meskipun belum tentu lebih aman, pertimbangkanlah menggunakan sunblock dengan kandungan bahan organik atau bahan alami yang berasal dari tumbuhan. Bahan-bahan tersebut cenderung tidak menghasilkan residu.

Selain untuk ibu hamil, sunscreen berbahan organik sering digunakan untuk pemilik kulit sensitif dan bayi. Bahkan, kandungan tersebut juga aman untuk ibu menyusui juga, lho.


Namun, meski mengandung bahan organik, terkadang sunscreen masih bisa menimbulkan iritasi akibat sisa-sisa bahan yang tidak dimurnikan. Oleh sebab itu, kami sangat menyarankan Anda melakukan test patch untuk memastikan kecocokannya dengan kulit.

Pilih produk dengan SPF dan PA yang sesuai kebutuhan

Pilih produk dengan SPF dan PA yang sesuai kebutuhan
Kulit akan lebih rentan terbakar oleh sinar matahari saat hamil. Karena itu, dalam memilih sunscreen untuk bumil, penting untuk memastikan bahwa kandungan SPF dan PA-nya sesuai dengan kebutuhan. Untuk penggunaan sehari-hari, sunscreen dengan SPF 30 dan PA++ sudah cukup melindungi kulit.

Tentu berbeda lagi bila Anda berencana untuk berada di luar rumah dalam jangka waktu lama. Pada kondisi tersebut, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF dan PA yang lebih tinggi. Kami juga sangat menyarankan Anda untuk membeli beberapa tabir surya dengan SPF yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya secara bergantian sesuai kebutuhan.

Lebih disarankan untuk memilih produk tanpa pewangi

Lebih disarankan untuk memilih produk tanpa pewangi

Kehamilan akan membuat indra penciuman Anda lebih sensitif akibat adanya perubahan hormon. Meskipun sebelum hamil Anda menyukai wewangian, saat hamil Anda bisa saja menjadi mual karena aroma tertentu. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih sunscreen atau sunblock tanpa pewangi. Terlebih, keberadaan pewangi juga dapat merangsang terjadinya iritasi pada kulit.


Akan tetapi, ada beberapa produsen yang menggunakan pewangi alami pada produknya. Jika Anda menemukan sunscreen dengan pewangi alami, cek mengenai kekuatan aroma tersebut. Untuk memastikannya, Anda bisa mencobanya langsung di toko atau membaca review pengguna di internet.

Utamakan produk yang mudah dibersihkan demi mencegah masalah kulit

Utamakan produk yang mudah dibersihkan demi mencegah masalah kulit
Untuk membersihkan sunscreen, biasanya Anda perlu menggunakan sabun pembersih. Namun, ada beberapa sunscreen atau sunblock yang tidak mudah dihilangkan dengan pembersih yang ringan. Supaya kulit terjaga kesehatannya, pilihlah sunscreen yang mudah dibersihkan.

Ketika Anda melakukan kegiatan di area outdoor, menangkal paparan sinar matahari sangatlah penting. Pada saat seperti itu, sunscreen yang waterproof akan lebih membantu. Meski cenderung sulit dibersihkan, tidak masalah jika Anda hanya menggunakannya sesekali. Sementara untuk aktivitas sehari-hari, sunscreen yang mudah dibersihkan lebih tepat untuk dipakai.

10 Rekomendasi sunscreen/sunblock terbaik untuk ibu hamil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk ibu hamil yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10
Kandungan tabir suryaOctisalate 5%, titanium dioxide 3%, zinc oxide 6%
Bahan kimiaPhenoxyethanol
Kandungan bahan utama lainOrganic coconut oil, organic glycerin, tomato seed oil, sunflower seed oil, cranberry seed oil, organic nigela sativa seed oil, organic shea butter
TeksturKrim
Aman untuk kulit sensitif
SPF dan PASPF 50+
Pewangi sintetisX
Kemudahan pembersihanDapat dibersihkan dengan air
9

ShiseidoUltimate Sun Protection Lotion WetForce for Sensitive Skin and Children SPF 50+ Sunscreen

Mulai dari Rp 515.000,00

Kandungan tabir suryaTitanium dioxide 9,1%, zinc oxide 19,3%
Bahan kimiaPEG-10 dimethicone
Kandungan bahan aktif lainRaspberry fruit extract, Aloe vera leaf extract
TeksturCair
Aman untuk kulit sensitif
SPF dan PASPF 50+
Pewangi sintetisX
Kemudahan pembersihanBersihkan dengan cleansing oil untuk hasil optimal
8

InnisfreePerfect UV Protection Cream Triple Care SPF50+/PA+++

Mulai dari Rp 210.000,00

Kandungan tabir suryaZinc oxide, titanium dioxide
Bahan kimiaPhenoxyethanol
Kandungan bahan utama lainCamellia sinensis leaf extract, sunflower seed oil
TeksturKrim yang padat
Aman untuk kulit sensitifTidak tercantum
SPF dan PASPF 50+ dan PA+++
Pewangi sintetis
Kemudahan pembersihanMemerlukan double cleansing
7

Johnson & Johnson Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Lotion Broad Spectrum SPF 60+

Mulai dari Rp 219.000,00

Kandungan tabir suryaTitanium dioxide 4,9%, zinc oxide 4,7%
Bahan kimiaGlyceryl stearate, benzyl alcohol, BHT, methylisothiazolinone
Kandungan bahan utama lainBeeswax
TeksturKrim yang padat
Aman untuk kulit sensitif
SPF dan PASPF 60+
Pewangi sintetisX
Kemudahan pembersihanDapat dibersihkan dengan air
6

Kiehl’sUltra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen

Mulai dari Rp 545.000,00

Kandungan tabir suryaTitanium dioxide 15%
Bahan kimiaPEG-8 laurate, phenoxyethanol
Kandungan bahan utama lainVitamin E
TeksturCair
Aman untuk kulit sensitif
SPF dan PASPF 50 dan PA+++
Pewangi sintetisX
Kemudahan pembersihanTidak tercantum
5

CeraVeHydrating Mineral Sunscreen SPF 50 Face Lotion

Mulai dari Rp 390.000,00

Kandungan tabir suryaTitanium dioxide 9%, zinc oxide 7%
Bahan kimiaGlyceryl stearate, PEG-8 laurate, carbomer, phenoxyethanol
Kandungan bahan utama lainNiacinamide, ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOP, sodium hyaluronate
TeksturKrim
Aman untuk kulit sensitif
SPF dan PASPF 50
Pewangi sintetisX
Kemudahan pembersihanDapat dibersihkan dengan air
4

Johnson & JohnsonAveeno Positively Mineral Sensitive Skin Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

Mulai dari Rp 259.000,00

Kandungan tabir suryaZinc oxide 21,6%
Bahan kimiaPhenoxyethanol
Kandungan bahan utama lainOat kernel flour
TeksturKrim
Aman untuk kulit sensitif
SPF dan PASPF 50
Pewangi sintetisX
Kemudahan pembersihanDapat dibersihkan dengan air
3

Mama's ChoiceDaily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Mulai dari Rp 139.000,00

Kandungan tabir suryaTitanium dioxide, zinc oxide
Bahan kimiaGlyceryl stearate SE
Kandungan bahan utama lainRice extract, hyaluronic acid, sodium hyaluronate, shea butter, glycerin
TeksturKrim
Aman untuk kulit sensitif
SPF dan PASPF 20 dan PA++
Pewangi sintetisX
Kemudahan pembersihanTidak tercantum
2

Drunk ElephantUmbra Sheer Physical Daily Defense SPF 30

Mulai dari Rp 525.000,00

Kandungan tabir suryaZinc oxide 20%
Bahan kimiaPhenoxyethanol
Kandungan bahan utama lainSunflower shoot extract, astaxanthin-rich algae extract, raspberry seed oil, Aloe vera leaf extract, marula oil, grape juice extract
TeksturKrim yang padat
Aman untuk kulit sensitif
SPF dan PASPF 30
Pewangi sintetisX
Kemudahan pembersihanTidak tercantum
1

Sensatia BotanicalsSurf Naked Sunscreen Lotion

Mulai dari Rp 150.000,00

Kandungan tabir suryaZinc oxide 20%
Bahan kimiaX
Kandungan bahan utama lainSunflower seed oil, beeswax
TeksturKrim yang padat
Aman untuk kulit sensitifTidak tercantum
SPF dan PATidak tercantum
Pewangi sintetis X
Kemudahan pembersihanDapat dibersihkan dengan air

Tabel perbandingan produk sunscreen/sunblock terbaik untuk ibu hamil

Gambar produk
1
Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion 1

Sensatia Botanicals

2
Drunk Elephant Umbra Sheer Physical Daily Defense SPF 30 1

Drunk Elephant

3
Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++ 1

Mama's Choice

4
Johnson & Johnson Aveeno Positively Mineral Sensitive Skin Sunscreen Broad Spectrum SPF 50 1

Johnson & Johnson

5
CeraVe Hydrating Mineral Sunscreen SPF 50 Face Lotion 1

CeraVe

6
Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen 1

Kiehl’s

7
Johnson & Johnson  Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Lotion Broad Spectrum SPF 60+ 1

Johnson & Johnson

8
Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care SPF50+/PA+++ 1

Innisfree

9
Shiseido Ultimate Sun Protection Lotion WetForce for Sensitive Skin and Children SPF 50+ Sunscreen 1

Shiseido

10
Babyganics SPF 50+ Sunscreen 1

Babyganics

Nama produk

Surf Naked Sunscreen Lotion

Umbra Sheer Physical Daily Defense SPF 30

Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Aveeno Positively Mineral Sensitive Skin Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

Hydrating Mineral Sunscreen SPF 50 Face Lotion

Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen

Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Lotion Broad Spectrum SPF 60+

Perfect UV Protection Cream Triple Care SPF50+/PA+++

Ultimate Sun Protection Lotion WetForce for Sensitive Skin and Children SPF 50+ Sunscreen

SPF 50+ Sunscreen

Keunggulan

Nikmati berenang tanpa rasa khawatir

Cegah munculnya kerutan dan garis halus

Sanggup mengatasi kekeringan kulit dengan kandungannya yang kaya pelembap

Makeup menempel lebih apik setelah pemakaian sunscreen ini

Efektif memperbaiki kerusakan skin barrier

Formulanya sangat lembut untuk kulit berjerawat

Kandungan SPF tertinggi, tetapi bebas minyak

Tiga manfaat untuk kulit dalam satu produk!

Tak ada white cast meski diaplikasikan dengan buru-buru

Antipedih saat terkena mata

Harga mulai dariRp 150.000,00Rp 525.000,00Rp 139.000,00Rp 259.000,00Rp 390.000,00Rp 545.000,00Rp 219.000,00Rp 210.000,00Rp 515.000,00Rp 130.000,00
Kandungan tabir suryaZinc oxide 20%Zinc oxide 20%Titanium dioxide, zinc oxideZinc oxide 21,6%Titanium dioxide 9%, zinc oxide 7%Titanium dioxide 15%Titanium dioxide 4,9%, zinc oxide 4,7%Zinc oxide, titanium dioxideTitanium dioxide 9,1%, zinc oxide 19,3%Octisalate 5%, titanium dioxide 3%, zinc oxide 6%
Bahan kimiaXPhenoxyethanolGlyceryl stearate SEPhenoxyethanolGlyceryl stearate, PEG-8 laurate, carbomer, phenoxyethanolPEG-8 laurate, phenoxyethanolGlyceryl stearate, benzyl alcohol, BHT, methylisothiazolinonePhenoxyethanolPEG-10 dimethiconePhenoxyethanol
Kandungan bahan utama lainSunflower seed oil, beeswaxSunflower shoot extract, astaxanthin-rich algae extract, raspberry seed oil, Aloe vera leaf extract, marula oil, grape juice extractRice extract, hyaluronic acid, sodium hyaluronate, shea butter, glycerinOat kernel flourNiacinamide, ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOP, sodium hyaluronateVitamin EBeeswaxCamellia sinensis leaf extract, sunflower seed oilRaspberry fruit extract, Aloe vera leaf extractOrganic coconut oil, organic glycerin, tomato seed oil, sunflower seed oil, cranberry seed oil, organic nigela sativa seed oil, organic shea butter
TeksturKrim yang padatKrim yang padatKrimKrimKrimCairKrim yang padatKrim yang padatCairKrim
Aman untuk kulit sensitifTidak tercantumTidak tercantum
SPF dan PATidak tercantumSPF 30SPF 20 dan PA++SPF 50SPF 50SPF 50 dan PA+++SPF 60+SPF 50+ dan PA+++SPF 50+SPF 50+
Pewangi sintetis XXXXXXXXX
Kemudahan pembersihanDapat dibersihkan dengan airTidak tercantumTidak tercantumDapat dibersihkan dengan airDapat dibersihkan dengan airTidak tercantumDapat dibersihkan dengan airMemerlukan double cleansingBersihkan dengan cleansing oil untuk hasil optimalDapat dibersihkan dengan air
Tautan produk

Kandungan sunscreen/sunblock yang perlu dihindari ibu hamil

Selain tips memilih sunscreen, kami juga akan membahas hal-hal yang harus dihindari saat Anda ingin membeli produknya. Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin bahwa sunscreen yang dipilih benar-benar aman sehingga tidak menimbulkan masalah selama kehamilan.

Hindari sunscreen yang mengandung banyak bahan kimia sintetis dan bahan yang mengiritasi

Hindari sunscreen yang mengandung banyak bahan kimia sintetis dan bahan yang mengiritasi
Selama hamil, Anda tidak direkomendasikan menggunakan sunscreen atau sunblock dengan kandungan alkohol. Kandungan ini umumnya banyak ditemukan pada sunscreen jenis spray. Selain itu, hindari pula produk-produk yang mengandung bahan kimia sintetis seperti surfaktan.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kulit akan cenderung lebih sensitif selama masa kehamilan. Nah, bahan-bahan tersebut dapat mengiritasi kulit dan berisiko tidak aman jika digunakan dalam jangka panjang.


Bahan kimia sintetis yang biasanya terkandung dalam sunscreen adalah carbomer, polyethylene, paraben, sodium laureth sulfate, dan glyceryl stearate. Pastikan Anda memeriksa tabel komposisi dengan saksama, lalu pilih produk dengan bahan kimia sesedikit mungkin.

Hindari sunscreen dengan nano partikel dan jenis spray agar tidak masuk ke dalam tubuh

Hindari sunscreen dengan nano partikel dan jenis spray agar tidak masuk ke dalam tubuh
Di antara banyaknya jenis tabir surya, ada produk yang berbentuk spray dan mist. Namun saat Anda hamil, hindari sunscreen spray karena rentan terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. 


Sunscreen cair, krim, dan losion lebih tepat digunakan meski penggunaannya sedikit merepotkan. Bila terpaksa menggunakan tipe spray, semprotkan sunscreen di telapak tangan, jauh dari wajah. Setelah itu, barulah oleskan sunscreen ke wajah dan area lain.


Selain itu, ada pendapat yang menyarankan untuk menghindari sunscreen dengan nano partikel karena dapat terserap oleh tubuh. Namun, belum ada penelitian pasti tentang bahaya dan efek buruknya sehingga Anda tidak perlu terlalu risau. Jika Anda masih ragu, memilih sunscreen tanpa nano partikel adalah langkah terbaik.

Tips dari dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Sesuai dengan rekomendasi dari American Academy of Pediatrics, bayi juga perlu diproteksi dengan sunscreen. Bayi di bawah enam bulan bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 15 pada area kecil seperti wajah dan punggung tangan. Bayi berusia enam bulan ke atas bisa menggunakan sunscreen SPF 15–30 pada semua area kulit yang terpajang matahari.


Nah, bagaimana cara memilih sunscreen terbaik untuk bayi dan anak-anak? Mari simak tipsnya berikut ini.

  1. Pilihlah UV filter mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide yang lebih aman untuk kulit sensitif
  2. Sebisa mungkin hindari UV filter kimia terutama oxybenzone yang dihubungkan dengan gangguan hormonal ringan.
  3. Pilihlah sunscreen tanpa parfum untuk mengurangi risiko iritasi.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kulit lainnya bagi ibu hamil dan menyusui di sini

Selain menggunakan sunscreen untuk ibu hamil, Anda juga perlu memakai produk perawatan khusus lainnya. Kami telah menuliskan beberapa artikel yang akan bermanfaat bagi kulit Anda selama masa kehamilan dan menyusui. Ada cream wajah untuk ibu hamil dan menyusui, kosmetik yang aman untuk ibu hamil, dan lainnya. Selengkapnya, mari kunjungi artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Sunscreen/sunblock merupakan produk skincare yang harus selalu digunakan, terutama bila Anda sering berada di bawah sinar matahari. Namun, saat memasuki masa kehamilan, Anda wajib memilih sunscreen yang aman untuk bumil. 


Demi keamanan, pastikan Anda selalu menggunakan physical sunscreen. Selain itu, periksalah seluruh kandungan bahan pada produk yang dipilih. Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda menemukan sunblock yang paling tepat untuk ibu hamil. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Anda baru melahirkan sang buah hati, tetapi khawatir produksi ASI kurang mencukupi? Tenang saja, kini banyak produk ASI booster yang aman untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Ada berbagai bentuk dan rasa produk ASI booster yang dijual di pasaran.Bingung mau pilih yang mana? Simak tips dari kami untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda. Produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Asifit, Mom Uung, dan Herbs of Gold, ada dalam rekomendasi kami. Jangan lewatkan juga komentar dari bidan Ony Christy di artikel ini. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat proses menyusui, tidak hanya bayi saja yang membutuhkan nutrisi. Ibu pun harus memenuhi tubuhnya dengan gizi seimbang. Hal ini penting dilakukan agar nantinya bayi Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi susu khusus ibu menyusui.Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih susu ibu menyusui yang bagus. Temukan juga beberapa rekomendasi merk susu ibu menyusui, seperti Prenagen, Anmum, atau Lactamil. Yuk, temukan produk susu ibu menyusui pilihan Anda dan berikanlah yang terbaik bagi si buah hati!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Pelindung puting merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi beragam masalah saat menyusui bayi. Wanita biasanya memiliki ketakutan tersendiri dalam hal menyusui. Ada yang khawatir akan kelancaran ASI, ada juga yang putingnya terasa sakit atau terluka saat menyusui. Kesulitan menyusui juga dapat dikarenakan depresi atau masalah puting yang rata.Karena itu, kini kami akan menjelaskan cara memilih pelindung puting yang tepat. Bidan Ony Christy juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Beberapa produk rekomendasi yang bagus, dari merek Medela, Bevavar, dan Pigeon, pun akan kami ulas. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2022)
    Breastfeeding atau menyusui adalah kesempatan para ibu untuk memperkuat ikatan dengan si kecil. Akan tetapi, ada kalanya Anda direpotkan dengan ASI yang sering bocor sehingga membuat bra cepat kotor. Payudara juga mudah iritasi karena sisa-sisa ASI yang menempel. Pada saat seperti itu, breast pad adalah solusinya.Terdapat dua tipe breast pad yaitu disposable dan washable. Namun, mana yang sebaiknya Anda pilih? Kami akan mengulasnya di sini sekaligus memperkenalkan rekomendasi produknya, mulai dari Pigeon, MOOIMOM, Medela, dan lainnya. Buatlah waktu Anda dengan si kecil makin menyenangkan dengan breast pad yang tepat!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2022)
    Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak akar, batang, bunga, atau buah-buahan tanaman tertentu. Minyak ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan cocok pula digunakan oleh ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil membutuhkan ketenangan fisik dan mental supaya bisa menjalani proses kehamilannya dengan bahagia.Untuk itu, ibu hamil disarankan memakai essential oil. Namun, ada banyak merek yang bagus di pasaran, seperti Young Living, Organic Supply Co, dan sebagainya. Agar tidak bingung, kami akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda. Sebelum itu, yuk ketahui manfaat essential oil untuk ibu hamil!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Rekomendasi Celana Legging Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Celana Legging Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Legging adalah salah satu item yang populer dan dibutuhkan di kalangan ibu hamil. Kami akan merekomendasikan legging hamil yang bisa digunakan dalam berbagai kondisi, baik dalam cuaca panas maupun dingin. Kelenturan, keawetan, dan jenis bahan tentu merupakan faktor terpenting yang dibutuhkan untuk pakaian wanita hamil. Untuk membantu Anda memilih legging hamil yang tepat, kami akan membahas tips memilihnya di bawah ini. Selain itu, kami juga akan mengulas berbagai merek legging hamil yang bagus, seperti Mooimom, Naimax, dan Mama's Choice. Selamat menyimak hingga akhir!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori