10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2018)

Gigi sensitif ditandai dengan adanya rasa ngilu ketika gigi terkena makanan yang panas atau dingin. Rasa ngilu ini disebabkan oleh rusaknya lapisan enamel gigi yang mengakibatkan lapisan dentin yang berada di bawahnya terekspos.

Rasa ngilu pada gigi ini dapat memicu stres karena menimbulkan rasa tidak nyaman dan makanan yang dimakan menjadi tidak enak. Pada kesempatan ini kami akan memberikan tips mengatasi gigi sensitif dan juga 10 rekomendasi pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif. Check this out!

Daftar isi

Apa yang dimaksud dengan gigi sensitif?

Apakah Anda pernah mengalami gigi terasa ngilu saat terkena es krim/minuman dingin? Atau gusi terasa sakit pada saat menggosok gigi? Maka hal tersebut merupakan pertanda bahwa Anda mengalami hiperetensia atau gigi sensitif.

Gejala gigi sensitif

Gejala gigi sensitif

Gigi memiliki lapisan terluar yang disebut dengan lapisan email atau enamel. Ketika lapisan enamel rusak, maka lapisan dentin di bawahnya akan terekspos dan mudah terpapar oleh berbagai rangsangan, seperti makanan yang bersifat asam, minuman panas, atau es krim.

Pada dentin terdapat tubulus yang berisi cairan yang berhubungan langsung dengan cairan pada pulpa saraf. Ketika dentin terekspos, maka cairan tersebut akan mengirim sinyal ke saraf di pulpa dan menghantarkan rangsangan pada otak sehingga terjadilah reaksi nyeri atau ngilu pada gigi. Gejala ini disebut dengan hiperetensia atau gigi sensitif.

Penyebab gigi sensitif

Penyebab gigi sensitif

Yang dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif adalah :

  • rusaknya lapisan enamel gigi akibat beberapa hal, seperti menggosok gigi terlalu keras, penggunaan pasta gigi yang mengandung bahan abrasif (perusak enamel gigi) dalam jumlah banyak, sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam, soda, atau alkohol;
  • penurunan gusi yang melindungi bagian akar gigi seiring dengan pertambahan usia, juga akibat menggosok gigi terlalu keras, atau karena adanya peradangan dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Kita dapat mencegah terjadinya gigi sensitif dengan menjaga pola hidup sehari-hari, seperti mengurangi asupan makanan yang bersifat asam atau alkohol, menggunakan sedotan ketika meminum minuman bersoda, tidak menggosok gigi terlalu keras, menggunakan sikat gigi yang lembut, serta menggunakan pasta gigi yang dapat melindungi lapisan enamel.

Cara memilih pasta gigi untuk gigi sensitif

Berikut kami akan memaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih pasta gigi untuk gigi sensitif. Anda dapat memperhatikan poin-poin berikut dan menemukan pasta gigi yang tepat untuk Anda.

Pilihlah pasta gigi yang mengandung bahan obat

Pilihlah pasta gigi yang mengandung bahan obat

Penggunaan pasta gigi yang mengandung bahan obat efektif dalam pencegahan maupun penyembuhan gigi sensitif. Bahan obat yang biasa digunakan adalah kalium nitrat dan aluminium laktat. Berikut cara kerja masing-masing obat tersebut.

Kalium nitrat

Kalium nitrat bekerja dengan cara berubah menjadi ion kalium, kemudian akan membentuk “ion pelindung” di sekitar pulpa gigi. Ion pelindung ini melindungi gigi dari iritasi yang dapat disebabkan oleh perubahan suhu makanan dan mencegah terjadinya gigi sensitif.

Aluminium laktat

Aluminium laktat bekerja dengan cara membentuk pelindung pada dentin sehingga ketika dentin terekspos dengan iritasi eksternal, cairan dalam dentin tidak akan bereaksi menghantarkan sinyal, dan tidak akan terjadi ngilu pada gigi.

Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluorida

Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluorida

Fluorida dalam pasta gigi berfungsi untuk proses remineralisasi gigi. Mineral ini sangat dibutuhkan gigi untuk memperkuat lapisan email dan melindungi dentin gigi. Fluorida juga membantu melindungi gigi dengan cara mencegah bakteri untuk menempel pada gigi. Seperti Anda ketahui, bakteri merupakan salah satu sumber iritasi eksternal karena menghasilkan asam yang dapat membuat email gigi terkikis. Dengan berkurangnya bakteri yang menempel pada gigi, maka email gigi akan lebih terjaga dan kita akan terhindar dari masalah gigi sensitif.

Mencegah penyakit pada gusi agar terhindar dari gigi sensitif

Mencegah penyakit pada gusi agar terhindar dari gigi sensitif

Gigi sensitif dapat juga disebabkan oleh adanya penyakit pada gusi. Karena gusi bertugas untuk melindungi dentin gigi bagian bawah. Sehingga, jika Anda dapat mencegah penyakit pada gusi, maka gigi sensitif pun dapat dihindari. Akan sangat efektif jika Anda menggunakan pasta gigi yang menggabungkan kerja antara pencegahan penyakit gusi dan pencegahan impuls sinyal nyeri. Sehingga kita dapat sekaligus memperoleh manfaat penyembuhan dan juga pencegahan gigi sensitif.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif

Saat ini sudah banyak merek pasta gigi yang juga menyediakan perawatan untuk gigi sensitif dalam produknya. Berikut rekomendasi dari kami yang dapat Anda gunakan sebagai acuan pemilihan pasta gigi untuk Anda gunakan sehari-hari.

10. Longrich Toothpaste

10. Longrich Toothpaste

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Pasta gigi dengan bahan alami White Tea dan Xylitol

Pasta gigi Longrich menggunakan berbagai bahan alami seperti white tea dan xylitol yang baik untuk mengurangi sensitifitas gigi. Bahan-bahan tersebut membuat pasta gigi ini selain berfungsi untuk mengurangi rasa ngilu, juga berguna untuk menguatkan akar gigi dan mencegah terjadinya karang gigi.

Jika Anda mencari pasta gigi yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga, pasta gigi ini sangat cocok sekali. Hal ini karena pasta gigi ini tidak mengandung fluorida sehingga aman digunakan oleh anak-anak. Produk yang telah memiliki sertifikat ISO 9001 dan ISO 14001 ini juga aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

9. Lavera Basis Sensitive Kids Tooth Gel

9. Lavera Basis Sensitive Kids Tooth Gel

kjLihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Gel gigi untuk perlindungan gigi anak

Produk yang berupa gel ini tidak menggunakan fluorida dan juga surfaktan (bahan pembuat busa) dalam formulanya. Hal ini membuat produk ini aman untuk digunakan anak-anak, karena anak-anak masih cenderung menelan pasta gigi yang digunakannya. Jika fluorida tertelan dan terakumulasi dalam tubuh dalam jumlah banyak maka akan memberikan efek samping yang cukup bahaya.

Kandungan alami xylitol yang merupakan zat aktif dalam produk ini tidak hanya berfungsi sebagai pemanis alami tapi juga sebagai antikariogenik dan dapat mencegah bakteri membuat plak dan menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi. Produk ini cocok untuk anak Anda yang memiliki gigi sensitif.

8. Sensodyne Cool Gel

8. Sensodyne Cool Gel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.000

Produk dengan gel biru yang menyegarkan

Jika Anda menyukai produk gel, Anda dapat mencoba Sensodyne Cool Gel ini. Merek yang mengkhususkan produknya untuk gigi sensitif ini hadir dalam bentuk gel biru yang dilengkapi dengan rasa mint sehingga memberikan efek lebih segar di mulut. Zat aktif dalam Sensodyne adalah fluorida dan potassium nitrate yang dapat meringankan sensitivitas gigi dan mengembalikan mineral gigi.

Setelah Anda menggunakan produk ini Anda akan menyukai gel birunya karena memberikan sensasi dingin di mulut. Selain itu, rasa ngilu pada gigi sensitif akan berkurang bahkan lama kelamaan menjadi hilang jika digunakan dengan teratur. Gunakanlah pasta gigi ini 2 kali dalam sehari setiap hari untuk memperoleh hasil maksimal.

7. Siwak F Sensitive Pasta Gigi

7. Siwak F Sensitive Pasta Gigi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.400

Pasta gigi herbal untuk gigi sensitif

Jika Anda penggemar produk herbal, maka pasta gigi ini dapat menjadi pilihan. Pasta gigi ini mengandung berbagai bahan herbal seperti serbuk kayu siwak, ekstrak sirih, serta minyak cengkeh yang berguna untuk menguatkan gigi dan memberi kesegaran pada mulut. Siwak sendiri, atau dikenal dengan sebutan miswak, merupakan bagian yang lembut dan berserat dari akar pohon ara.

Siwak mengandung berbagai mineral dan bahan alami lainnya yang mampu untuk membunuh bakteri merugikan dalam mulut. Selain bahan herbal, Siwak F Sensitive juga mengandung bahan aktif fluorida yang dapat menghambat pembentukan plak pada gigi, dan juga potassium nitrate yang berfungsi untuk mencegah rasa ngilu pada gigi.

6. Dentova Plus

6. Dentova Plus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.400

Pasta gigi yang dapat merangsang pembentukan jaringan baru

Jika Anda sedang mengalami gigi ngilu disertai sariawan, Anda dapat mencoba produk yang satu ini. Zat aktif allantoin yang terkandung dalam pasta gigi ini mampu merangsang pertumbuhan jaringan baru, sehingga dapat mempercepat penyembuhan sariawan, gusi berdarah, atau luka lainnya dalam mulut. Kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat membantu mencegah terjadinya sariawan di kemudian hari.

Fungsi utama pasta gigi ini sendiri didapat dari kandungan kalsium dan juga fluorida yang dapat memperkuat gigi, menutup lubang-lubang kecil, dan juga mencegah terjadinya plak. Produk ini aman untuk digunakan ibu hamil dan pengguna kawat gigi.

5. Systema Pro Sensitive

5. Systema Pro Sensitive

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 20.800

Produk dengan tambahan kandungan bahan alami GK2 dan IPMP

Produk ini ditujukan untuk Anda yang sedang memiliki gigi sensitif yang diakibatkan oleh gusi bengkak atau gusi berdarah. Kandungan dipotassium glycyrrhizinate (GK2) sebagai anti alergi dan isopropyl methylphenol (IPMP) sebagai anti inflamasi membuat pasta gigi ini dapat menyembuhkan gusi bengkak dan berdarah yang sudah terbukti berdasarkan penelitian.

Pasta gigi ini juga memiliki kandungan kalium nitrat dan juga aluminium laktat sehingga produk ini dapat mengurangi sensitivitas pada gigi sekaligus memberikan perlindungan yang tahan lama. Setelah menggunakan pasta gigi ini dengan teratur, Anda akan dapat menyantap makanan kesukaan Anda kembali tanpa disertai rasa ngilu pada gigi.

4. Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh

4. Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh

Lihat produk ini  di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Pasta gigi yang dilengkapai dengan teknologi Novamin

Produk yang telah menggunakan teknologi Novamin ini cocok untuk Anda yang memiliki gigi ngilu cukup parah. Sodium monofluorophosphate dan calcium sodium phosphosilicate yang terdapat di dalam Novamin ini akan membentuk lapisan mineral gigi yang 1,5 kali lebih kuat dari lapisan alami dentin. Lapisan tersebut berguna untuk mengurangi sensitivitas gigi dan juga mencegah terjadinya gigi berlubang.

Kandungan zat tambahan limonene dan linalool dalam pasta gigi ini berfungsi sebagai antibakteri dan tambahan rasa lemon, sehingga dapat menambah rasa segar yang lebih lama bagi penggunanya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah pasta gigi ini dua kali sehari.

3. Pepsodent Sensitive Expert Gum Care

3. Pepsodent Sensitive Expert Gum Care

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 25.950

Pasta gigi dengan mineral HAP

Pensodent Sensitive Expert memiliki mineral HAP (hydroxyapatite) yang membedakan produk ini dengan produk untuk gigi sensitif lainnya. Mineral HAP merupakan mineral yang sama untuk membentuk lapisan dentin gigi, dimana mineral ini dapat menutup lubang-lubang kecil (tubuli) pada dentin gigi sehingga rasa ngilu akibat gigi sensitif dapat berkurang hingga 30%.

Kombinasi antara mineral HAP, potassium citrate, dan sodium monofluorophosphate membuat produk ini dapat melindungi gigi dalam waktu yang lama. Bagi Anda yang sedang mengalami gigi sensitif disertai dengan gusi bengkak, Anda dapat menggunakan pasta gigi ini. Karena dalam produk ini juga terdapat zat aktif zinc citrate yang berguna untuk memperkuat dan melindungi gusi.

2. Colgate Sensitive Whitening

2. Colgate Sensitive Whitening

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.550

Pasta gigi untuk gigi sensitif yang juga dapat memutihkan gigi

Meskipun memutihkan gigi merupakan salah satu penyebab gigi sensitif, namun dengan komposisi yang tepat maka rasa ngilu akibat gigi sensitif dapat berkurang dan gigi tetap putih bebas noda. Bagi penderita gigi sensitif yang memiliki gigi kuning akibat rokok atau kopi, Anda dapat menggunakan produk ini. Kandungan yang bertanggung jawab untuk memutihkan gigi dan membersihkan noda adalah hydrated silica dan poloxamer 407.

Pemakaian produk ini dengan teratur terbukti mengurangi gigi sensitif dan juga membuat gigi Anda tampak putih alami. Kandungan fluorida dalam pasta gigi yang telah memiliki label halal ni membuat produk ini tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 6 tahun.

1. Sensodyne Multi Action

1. Sensodyne Multi Action

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.900

Pasta gigi dengan perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi dan mulut

Jika Anda sedang dalam perawatan gigi sensitif namun membutuhkan kondisi mulut yang selalu prima, kami merekomendasikan agar Anda menggunakan produk ini. Pasta gigi ini memberikan banyak manfaat dalam satu produk. Manfaat yang ditawarkan antara lain adalah mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif, mencegah gigi berlubang, dan mencegah penimbunan plak pada gigi.

Adanya kandungan Cocamidopropyl Betaine dan Zinc Citrate menjadikan produk ini juga dapat digunakan untuk merawat dan menguatkan gusi, serta mencegah terjadinya sariawan. Namun banyaknya manfaat yang diberikan, membuat produk ini memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dari produk lainnya.

Kesimpulan

Gigi sensitif dapat membuat Anda terganggu karena rasa ngilu tajam yang dirasakan ketika gigi terkena makanan panas atau dingin sehingga Anda harus membatasi makanan dan minuman yang dikonsumi. Namun kesensitifan gigi tersebut dapat berkurang atau lama kelamaan hilang dengan menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif.

Pasta gigi untuk gigi sensitif yang ada di pasaran kini sudah cukup banyak dan menawarkan berbagai manfaat tambahan. Anda dapat memilih pasta gigi yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Ingatlah untuk menggosok gigi dua kali sehari dengan lembut dan rutin setiap hari hingga rasa ngilu tersebut hilang. Jadi, pasta gigi manakah yang Anda pilih?