• 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)

Apakah gigi Anda terasa ngilu saat terkena makanan panas atau minuman dingin? Bisa saja Anda memiliki gigi yang sensitif. Rasa ngilu akibat gigi berlubang atau sensitif tentunya terasa sangat menyiksa, ya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Kali ini, kami bekerja sama dengan drg. Joseph Gunawan dalam memberikan tips memilih pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif. Temukan juga rekomendasi pasta gigi yang bagus untuk gigi sensitif, seperti dari merek Pepsodent, Sensodyne, dan Systema. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih pasta gigi khusus gigi sensitif, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drg. Joseph Gunawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dentist, drg. Joseph Gunawan

Profil pakar: Dentist, drg. Joseph Gunawan

Joseph Gunawan adalah seorang dokter gigi yang memiliki passion di bidang estetika. Ia lulus dengan gelar summa cum laude dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran pada 2019.


Saat ini, dokter gigi yang juga merupakan seorang content creator dan entrepreneur ini sedang bekerja di klinik swasta di kota Bandung. Sehari-hari, pria yang akrab dipanggil Joseph ini sering membagikan konten mengenai kesehatan gigi melalui akun media sosialnya.

Apa penyebab gigi sensitif?

Apa penyebab gigi sensitif?

Gigi memiliki lapisan terluar yang disebut dengan email atau enamel. Ketika lapisan enamel rusak, lapisan dentin di bawahnya akan terekspos dan mudah terpapar oleh berbagai rangsangan. Rangsangan di sini bisa berupa makanan yang bersifat asam, minuman panas, atau es krim. Rasa ngilu yang timbul akibat rangsangan tersebut merupakan gejala gigi sensitif.

Ada beberapa macam penyebab gigi sensitif. Salah satunya adalah penggunaan pasta gigi yang mengandung bahan abrasif (perusak enamel gigi) dalam jumlah banyak. Gigi sensitif juga bisa disebabkan menyikat gigi terlalu keras, bertambahnya usia, dan pemutihan gigi (bleaching).


Gigi berlubang dan penyakit periodontal juga menjadi salah satu penyebab utamanya. Karena itu, sangat penting untuk merawat kesehatan gigi secara rutin setiap harinya.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Rasa sensitif pada gigi disebabkan oleh rangsangan terhadap cairan dentin. Cairan dentin dapat terangsang dengan mudah apabila lapisan gigi mengalami kerusakan seperti penipisan. Selain itu, ada juga kemungkinan rangsangan yang tidak disebabkan penipisan, tetapi karena saluran tubuli dentin yang tebal. Karena alasan ini, gigi pasien bisa saja menjadi lebih sensitif. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pasta gigi untuk gigi sensitif

Jadi, pasta gigi seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk perawatan gigi sensitif? Berikut ini akan kami paparkan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih pasta gigi untuk gigi sensitif. Jadikan sebagai referensi Anda sebelum membeli, ya!

Pilihlah produk dengan kandungan bahan aktif yang melindungi gigi sensitif

Untuk pencegahan gigi sensitif, gunakan pasta gigi yang mengandung bahan aktif untuk perawatan. Berikut ini akan kami ulas kandungan-kandungan yang efektif untuk menangani gigi sensitif.

Kalium nitrat (potassium nitrate) sebagai pemblokir sinyal rasa sakit

Kalium nitrat (potassium nitrate) sebagai pemblokir sinyal rasa sakit
Untuk mencegah nyeri atau ngilu akibat gigi sensitif, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung kalium nitrat. Senyawa kalium akan memblokir sinyal rasa sakit yang ditransmisikan dari saraf gigi sehingga rasa ngilu akibat stimulasi dari dentin dapat dicegah

Dengan penggunaan yang teratur, perlahan-lahan frekuensi rasa ngilu akan berkurang. Jadi, pasta gigi yang mengandung kalium nitrat sangat disarankan untuk dipakai sehari-hari.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Kalium nitrat dapat mengurangi tekanan cairan dentin yang melewati tubuli-tubuli dentin. Dengan begitu, kandungan ini dapat mengurangi aktivitas saraf sensorik yang terdapat pada gigi. Saat aktivitas saraf sensorik berkurang, sinyal saraf sakit atau linu ke otak juga akan berkurang. Berkat hal ini, Anda tidak akan merasakan sakit akibat gigi sensitif.

Aluminum lactate melindungi gigi dari rangsangan luar

Aluminum lactate melindungi gigi dari rangsangan luar
Aluminum lactate efektif untuk meringankan stimulan yang berasal dari dentin. Jika Anda sudah merasakan ngilu, pilih pasta gigi yang mengandung gabungan aluminum lactate dan kalium nitrat. 

Pada dentin terdapat saluran kecil yang disebut pipa dentin atau dentinal tubules. Di dalam pipa dentin terdapat lubang kecil yang berguna untuk transmisi saraf. Aluminum lactate berperan untuk melindungi dentinal tubules dan menjaga saraf agar terhindar dari rangsangan-rangsangan eksternal.

Periksa keberadaan kandungan fluoride yang berfungsi memperbaiki dentin

Periksa keberadaan kandungan fluoride yang berfungsi memperbaiki dentin
Untuk mengurangi rasa sensitif pada gigi, sangat diperlukan upaya pemulihan dentin yang telah terekspos dengan cara memperbaiki enamel gigi. Untuk hal tersebut, Anda bisa memilih pasta gigi yang mengandung fluoride

Kandungan tersebut dapat meningkatkan remineralisasi gigi dan menutup kembali enamel gigi yang hilang akibat menyikat gigi atau sebab lainnya. Dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride secara teratur, gigi Anda terhindar dari demineralisasi yang melarutkan enamel gigi. Dengan begitu, dentin gigi akan menjadi lebih kuat.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Lubang gigi biasanya berawal melalui proses demineralisasi struktur gigi atau peluruhan struktur gigi. Proses demineralisasi sendiri disebabkan oleh asam dan bakteri. Karena struktur gigi yang melemah, gigi menjadi lebih gampang berlubang. Kandungan fluoride dapat membantu meningkatkan laju remineralisasi untuk mengembalikan stuktur dan mineral gigi yang rusak.

Pilih produk yang dapat mencegah penyakit periodontal

Pilih produk yang dapat mencegah penyakit periodontal

Gigi sensitif dapat juga disebabkan oleh penyakit periodontal yang menyerang gusi. Jika Anda dapat mencegah penyakit pada gusi, gigi sensitif pun bisa dihindari. Apabila Anda merasa gusi sering sakit, pilihlah produk yang menggabungkan pencegahan penyakit gusi dan perawatan gigi sensitif.

Isopropyl methylphenol, cetylpyridinium chloride, dan triclosan adalah beberapa jenis bahan antiseptik yang berfungsi mencegah penyakit periodontal. Pasta gigi dengan kandungan asam traneksamat dan ekstrak siwak juga direkomendasikan karena memiliki manfaat anti-inflamasi. Selain itu, ada juga kandungan tokoferol asetat yang efektif memperlancar peredaran darah.
drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Untuk mencegah penyakit gusi, Anda harus menggunakan alat serta bahan pembersih gigi yang tepat dan lengkap. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara membersihkan gigi dengan baik. Alat dan bahan yang dapat digunakan antara lain adalah sikat gigi berbulu lembut serta pasta gigi ber-fluoride. Selain itu, gunakan juga benang gigi dan sikat interdental apabila diperlukan.

Pertimbangkan produk organik atau herbal yang alami

Pertimbangkan produk organik atau herbal yang alami
Pasta gigi untuk gigi sensitif juga tersedia dalam jenis organik atau herbal. Sebagian besar kandungannya adalah bahan alami dan tidak mengandung antioksidan serta bahan abrasif

Mungkin ada beberapa produk organik yang tidak mengandung fluoride. Akan tetapi, hal ini tidak jadi masalah karena fungsi fluoride telah digantikan oleh kandungan bahan alami di dalamnya. Bagi Anda yang ingin keamanan lebih untuk gigi, jenis ini bisa dijadikan pilihan.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Belakangan ini, banyak sekali produk herbal yang dinilai dapat membersihkan gigi dengan baik. Beberapa merek bahkan menonjolkan kandungan bahan alami pada produknya. Namun, nyatanya kebanyakan kandungan dari produk-produk tersebut hanyalah ekstrak bahan alami.


Sementara itu, bahan-bahan herbal, seperti siwak, charcoal, dan lainnya tidak dapat digunakan terpisah dari bahan kandungan pasta gigi. Karena itu, untuk menjaga kesehatan gigi yang sempurna, gunakanlah pasta gigi dengan kandungan yang tepat dan terbukti efektif.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Joseph Gunawan.  

10
Pilihan isi120 g
Kandungan bahan aktifSerbuk kayu siwak, fluoride, kalsium, daun sirih, minyak cengkeh
9
Pilihan isi200 g
Kandungan bahan aktifStrontium chloride hexahydrate, calcium glycerophosphate, esktrak white tea, xylitol, ekstrak Aloe vera, esktrak green tea
8

UnileverPepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment

Mulai dari Rp 39.500,00

Pilihan isi105 g
Kandungan bahan aktifCalcium silicate, Sodium monofluorophosphate (fluoride), sodium phosphate
7
Pilihan isi105 g
Kandungan bahan aktifPotassium nitrate, aluminum lactate, sodium hydroxide
6
Pilihan isi63 g, 124 g, 160 g
Kandungan bahan aktifPotassium nitrate, allantoin, zinc gluconate, silica, enzim amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase, lysozyme, lactoferrin, vitamin E, colostrum
5
Pilihan isi100 g, 160 g
Kandungan bahan aktifSodium fluoride, potassium nitrate, hydrated silica, zinc citrate, sodium hydroxide
4

UnileverPepsodent Sensitive Mineral Expert Enamel Care

Mulai dari Rp 30.675,00

Pilihan isi100 g
Kandungan bahan aktifHydroxyapatite, potassium citrate, sodium monofluorophosphate (fluoride), zinc citrate, sodium hydroxide
3
Pilihan isi100 g
Kandungan bahan aktifCalcium sodium phosphosilicate (Novamin), sodium fluoride, hydrated silica
2
Pilihan isi80 g
Kandungan bahan aktifCalcium, allantoin, sodium monofluorophosphate (fluoride), sodium benzoate, allantoin, tea tree oil, vitamin C, calcium carbonate
1

Triple AceAntiplaque Total Solutions Toothpaste

Mulai dari Rp 28.500,00

Pilihan isi75 g, 110 g, 180 g
Kandungan bahan aktifEkstrak Arnica montana, esktrak cengkeh, cloxifenol, sodium monofluorophosphate (fluoride), calcium carbonate, triclosan, sodium silicate

Tabel perbandingan produk pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif

Gambar produk
1
Triple Ace Antiplaque Total Solutions Toothpaste 1

Triple Ace

2
Dentova Plus 1

Dentova

3
GSK Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh 1

GSK

4
Unilever Pepsodent Sensitive Mineral Expert Enamel Care 1

Unilever

5
GSK Sensodyne Multi Action 1

GSK

6
Enzim 40 Plus 1

Enzim

7
Lion Wings Systema Pro Sensitive 1

Lion Wings

8
Unilever Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment 1

Unilever

9
Longrich  White Tea MultiEffect Toothpaste 1

Longrich

10
Miswak Utama Siwak F Sensitive 1

Miswak Utama

Nama produk

Antiplaque Total Solutions Toothpaste

Plus

Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh

Pepsodent Sensitive Mineral Expert Enamel Care

Sensodyne Multi Action

40 Plus

Systema Pro Sensitive

Pepsodent Sensitive Mineral Expert Sensitivity Treatment

White Tea MultiEffect Toothpaste

Siwak F Sensitive

Keunggulan

Perlindungan optimal dari berbagai masalah mulut yang mengganggu

Tidak mengandung bahan berbahaya, bisa digunakan oleh anak-anak dan ibu hamil

Membentuk lapisan mineral gigi 1,5 kali lebih kuat dari lapisan alami

Mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik!

Perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi dan mulut

Hindarkan berbagai masalah mulut pada usia 40 tahun ke atas

Meredakan gusi bengkak dan berdarah serta mencegahnya datang kembali

Terbukti secara klinis efektif mengembalikan lapisan mineral pada gigi

Aman untuk pemakaian jangka panjang

Produk berbahan alami untuk meredakan ngilu, mencegah plak, dan karang gigi

Harga mulai dariRp 28.500,00Rp 17.000,00Rp 45.320,00Rp 30.675,00Rp 35.305,00Rp 14.000,00Rp 20.400,00Rp 39.500,00Rp 100.800,00Rp 21.725,00
Pilihan isi75 g, 110 g, 180 g80 g100 g100 g100 g, 160 g63 g, 124 g, 160 g105 g105 g200 g120 g
Kandungan bahan aktifEkstrak Arnica montana, esktrak cengkeh, cloxifenol, sodium monofluorophosphate (fluoride), calcium carbonate, triclosan, sodium silicateCalcium, allantoin, sodium monofluorophosphate (fluoride), sodium benzoate, allantoin, tea tree oil, vitamin C, calcium carbonateCalcium sodium phosphosilicate (Novamin), sodium fluoride, hydrated silicaHydroxyapatite, potassium citrate, sodium monofluorophosphate (fluoride), zinc citrate, sodium hydroxideSodium fluoride, potassium nitrate, hydrated silica, zinc citrate, sodium hydroxidePotassium nitrate, allantoin, zinc gluconate, silica, enzim amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase, lysozyme, lactoferrin, vitamin E, colostrumPotassium nitrate, aluminum lactate, sodium hydroxideCalcium silicate, Sodium monofluorophosphate (fluoride), sodium phosphateStrontium chloride hexahydrate, calcium glycerophosphate, esktrak white tea, xylitol, ekstrak Aloe vera, esktrak green teaSerbuk kayu siwak, fluoride, kalsium, daun sirih, minyak cengkeh
Tautan produk

Tips dari dokter gigi kami, drg. Joseph Gunawan

Tips dari dokter gigi kami, drg. Joseph Gunawan

Untuk mengurangi rasa sakit, Anda dapat mengoleskan pasta gigi ke seluruh permukaan gigi terlebih dahulu sebelum menyikatnya. Setelah mendiamkannya selama lima menit, Anda bisa lanjut menyikat gigi seperti biasa. Hal ini dapat membantu zat aktif pada pasta gigi untuk bekerja lebih lama.


Cara menyikat gigi yang benar memang sangat penting untuk diperhatikan. Meskipun begitu, sebaiknya Anda mengenali juga bahan yang dapat digunakan untuk meredakan gigi sensitif.


Pada beberapa kasus, hipersensitivitas gigi bisa terjadi akibat penurunan gusi karena cara menyikat gigi yang salah. Untuk mengatasinya, Anda perlu memperbaiki cara menyikat gigi agar gusi tidak makin turun. Hal ini penting agar permukaan gigi tidak terekspos lebih parah.

Baca juga rekomendasi produk pasta gigi lainnya di sini

Selain pasta gigi untuk gigi sensitif, masih banyak produk pasta gigi yang bisa Anda beli untuk merawat kesehatan gigi. Jika Anda penasaran apa saja pilihannya, silakan cek tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Gigi sensitif dapat membuat Anda terganggu karena rasa ngilu yang dirasakan ketika gigi terkena makanan panas atau dingin. Usahakan pilih pasta gigi untuk gigi sensitif yang mengandung bahan aktif, seperti kalium nitrat, aluminum lactate, atau fluoride.

Penting juga untuk memilih produk yang dapat mencegah penyakit gusi karena penyakit ini erat kaitannya dengan gigi sensitif. Jadikan artikel ini referensi Anda untuk memilih pasta gigi khusus gigi sensitif!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat karena berbagai produk hadir dengan kandungan dan manfaat yang berbeda. Di pasaran ada berbagai merek pasta gigi yang bisa Anda temukan, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Formula. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride atau tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat. 
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi yang bagus untuk memutihkan gigi. Kami juga akan mengulas rekomendasi pasta gigi keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat untuk gigi tampak putih memesona!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik online maupun di apotik. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merk, mulai dari Nu Skin sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi. 
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan gigi yang dapat mengatasi berbagai masalah mulut. Sakit gigi, sariawan, sampai bau mulut bisa Anda atasi jika rutin menggunakannya. Berbagai merk obat kumur yang bagus, seperti Minosep, Sensodyne, dan Listerine juga mudah Anda temukan di pasaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mouthwash terbaik. Tidak ketinggalan, kami juga akan membagikan rekomendasi obat kumur yang tepat untuk Anda. Jangan lupa, cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin memilihnya. Langsung saja, mari disimak!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Di pasaran tersedia berbagai pilihan produk, mulai dari pasta gigi anak yang mengandung fluoride, xylitol, dan sebagainya. Saat ini Anda bahkan bisa menemukan pasta gigi untuk anak 6 bulan yang aman jika tertelan. Pemilihan pasta gigi anak yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, kami sudah menyiapkan tips memilih pasta gigi anak yang bagus sekaligus rekomendasi produknya. Ada beragam merek, seperti Pigeon, Kodomo, hingga Pepsodent. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Munculnya masalah gusi, seperti gusi yang turun, berdarah, bengkak, hingga abses, ternyata bukan hal sepele, lho. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi untuk sakit gigi saja, tetapi harus memakai produk khusus. Pasta gigi khusus untuk mengatasi gusi yang sering bengkak biasanya mengandung bahan antibakteri atau anti-inflamasi.Kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk yang bagus dari berbagai merek. Pepsodent, Sensodyne, hingga Enzim merupakan beberapa contohnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Ciptadent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Ciptadent Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sikat gigi merek Ciptadent merupakan salah satu produk perawatan gigi dan gusi terbaik di pasaran. Selain terkenal awet, sikat gigi Ciptadent mempunyai harga jual yang cukup terjangkau. Varian sikat giginya juga beragam, lho! Ciptadent Crystal Clean, Ciptadent Extra Clean, Ciptadent Perfect Care, dan Ciptadent Diamond Clean merupakan beberapa contohnya.Kemasan sikat gigi ini juga bermacam-macam, ada yang satuan ataupun kemasan isi 3. Supaya Anda tidak kebingungan, kali ini kami ingin membahas beberapa tips memilih sikat gigi Ciptadent yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk terbaik juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Perawatan gigi & mulut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori